polarisasi lingkaran

Download Polarisasi Lingkaran

Post on 11-Dec-2014

125 views

Category:

Documents

15 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Polarisasi Lingkaran Anggota Kelompok : Surya Fadli Winda ( 140310100066 ) Wildan Putra Sonjaya ( 140310100068 ) Niko Fahadi ( 140310100074 )Polarisasi Polarisasi adalah peristiwa perubahan arah getar gelombang cahaya yang acak menjadi satu arah getar. Terpolarisasi atau terkutub artinya memiliki satu arah getar tertentu saja, seperti pada gambar berikut : Polarisasi hanya terjadi pada gelombang-gelombang yang memiliki arah getaran tegak lurus dengan arah rambatannya Sehingga gelombang transversal dapat mengalami polarisasi. Oleh karena cahaya atau gelombang elektromagnet termasuk gelombang transversal, maka dapat mengalami polarisasi. Gambar gelombang EM Persamaan umum polarisasi gelombang Jika 2 gelombang tersebut bersuperposisi , maka akan menghasilkan resultan yang dinamakan polarisasi gelombang ( ) ( ) ( )2 2 2( , )r x yE z t E E = +2 2 2 2 20 0cos ( ) cos ( )r x yE E kz wt x E kz wt y c = + +Polarisasi terbagi 3 : Polarisasi linier terjadi bila gelombang tersebut hanya bergetar pada satu bidang getar (datar) yaitu amplitudo dan arah medan tetap Polarisasi Melingkar polarisasi ini terjadi apabila 2 gelombang bersuperposisi dimana amplitudo tetap tetapi arah medan berubah-ubah dengan perbedan fasa = , Polarisasi eliptis polarisasi ini terjadi apabila 2 gelombang bersuperposisi dimanan amplitudo dan arah medan berubah-ubah dengan perbedaan fasa melebihi090090Polarisasi ini terjadi apabila 2 gelombang mengadakan superposisi

Jika : beda fasa = 90 E0x = E0y,danEx / E0x = cos dan Ey / E0y = sin cuuSehingga diperoleh persamaan lingkaran/sirkular : Untuk memperjelas pemahaman kita ,marilah kita lihat video berikut ini : Bagaimana bisa sebuah filter polarisasi membuat gelombang terpolarisasi melingkar? Cahaya terpolarisasi linier diubah menjadi cahaya polarisasi sirkuler dengan memperlambat salah satu komponen dari medan listrik ,dengan cara memberi gangguan pada cahaya , Hal ini dicapai dengan pengaturan atom pada kristal polarisator sehingga bahan mentransmisikan cahaya pada kecepatan yang berbeda.

Question !! How to decide whether this represents right circularpolarization or left circular polarization ? ).....2at| =).....2bt| = Answer : Dengan menggunakan telapak tangan kita , dimana jari tangan menunjukkan arah rotasi dari medan listrik (E). Sedangkan ibu jari menunjukkan arah rambatan gelombang polarisasi apakah merambat maju (foward moving) atau merambat Mundur (backward moving) Example : Oleh karena itu kita dapat Mengelompokan polarisasi Melingkar ke kanan atau kiri dengan gelombang merambat maju atau mundur sebagaiberikut : Untuk memperjelas pemahaman kita ,marilah kita Lihat video berikut ini : Right Hand Circular Polarization (RHCP) Animation - YouTube Aplikasi Polarisasi lingkaran Bidang Militer Protective Systems Circular Polarization Antenna Dengan polarisasi circular dapat menghilangkan kegagalan Suatu sinyal diterima ataupun diberikan pemancar (antena) ,serta yang paling utama sinyal bisa menyesuaikan bentuk Terhadapan medan yang dilaluinya kendaraan militer ,sehingga Dapat mendeteksi musuh disekitarnya dengan baik. Bidang fotography CPF ( Circular Polarizing Filter) CPF- No effectCPF-Max effect CPF No effect ( terlihat ada refleksi di kanan botol ) CPF Max effect ( terlihat refleksi di kanan botol hilang )