poin t.pustaka n pembahasan 2013

9
Acara 1. Tekanan Osmosis Cairan Sel Tinjauan Pustaka 1. Jelaskan mengenai difusi, osmosis, plasmolisis, dan deplasmolisis. 2. Apakah yang dimaksud dengan plasmolisis insipien? 3. Mengapa digunakan larutan sukrosa dan apa fungsinya? 4. Mengapa larutan sukrosa dibuat dalam berbagai konsentrasi? 5. Mengapa digunakan daun Rhoeo discolor? 6. Rumus Tekanan Osmosis Pembahasan 1. Berapakah hasil tekanan osmosis yang diperoleh? 2. Jelaskan faktor -faktor yang mempengaruhi tekanan osmosis. 3. Bahas grafik hubungan antara konsentrasi sukrosa dengan persentase sel terplasmolisis. Mewmpengaruhi 50% tidak mempengaruhi sel plasmolisisi Acara 2. Pengangkutan air melalui Xilem Tinjauan Pustaka 1. Jelaskan fungsi xilem dan floem! 2. Jelaskan mekanisme transpor air pada tanaman. 3. Jelaskan faktor -faktor yang mempengaruhi proses transpor air pada tanaman! Pembahasan 1. Mengapa digunakan cabang batang tanaman Allamanda cathartica dalam praktikum ini? 2. Mengapa digunakan tanaman dengan morfologi dan jumlah daun yang relatif sama? 3. Bandingkan hasil yang diperoleh pada masing-masing perlakuan! Mengapa? 4. Bandingkan kondisi tanaman pada akhir pengamatan pada masing- masing perlakuan. Mengapa? Acara 3. Transpirasi Tinjauan Pustaka 1. Jelaskan yang dimaksud dengan transpirasi! 2. Bagaimanakah mekanisme transpirasi? Jelaskan! 3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi transpirasi! 4. Mengapa digunakan daun tanaman Begonia sp. Dan Dieffenbachia sp.?

Upload: sri-nopitasari

Post on 11-Aug-2015

189 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Semanagaaaat Proposaaal

TRANSCRIPT

Acara 1. Tekanan Osmosis Cairan Sel

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan mengenai difusi, osmosis, plasmolisis, dan deplasmolisis.2. Apakah yang dimaksud dengan plasmolisis insipien?3. Mengapa digunakan larutan sukrosa dan apa fungsinya?4. Mengapa larutan sukrosa dibuat dalam berbagai konsentrasi?5. Mengapa digunakan daun Rhoeo discolor?6. Rumus Tekanan Osmosis

Pembahasan1. Berapakah hasil tekanan osmosis yang diperoleh?2. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan osmosis.3. Bahas grafik hubungan antara konsentrasi sukrosa dengan persentase sel

terplasmolisis.

Mewmpengaruhi 50% tidak mempengaruhi sel plasmolisisiAcara 2. Pengangkutan air melalui Xilem

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan fungsi xilem dan floem!2. Jelaskan mekanisme transpor air pada tanaman.3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses transpor air pada tanaman!

Pembahasan1. Mengapa digunakan cabang batang tanaman Allamanda cathartica dalam praktikum

ini?2. Mengapa digunakan tanaman dengan morfologi dan jumlah daun yang relatif sama?3. Bandingkan hasil yang diperoleh pada masing-masing perlakuan! Mengapa?4. Bandingkan kondisi tanaman pada akhir pengamatan pada masing-masing perlakuan.

Mengapa?

Acara 3. Transpirasi

Tinjauan Pustaka

1. Jelaskan yang dimaksud dengan transpirasi!2. Bagaimanakah mekanisme transpirasi? Jelaskan!3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi transpirasi!4. Mengapa digunakan daun tanaman Begonia sp. Dan Dieffenbachia sp.?5. Apakah fungsi dari kertas kobalt klorid dan tuliskan reaksi yang terjadi

Pembahasan

1. Bandingkan perlakuan angin, tanpa angin, dan kontrol? Lebih cepat mana? Mengapa?2. Bandingkan hasil yang teramati pada 2 spesies! Lebih cepat mana? Mengapa?3. Bandingkan transpirasi yang terjadi pada permukaan atas dan bawah daun! Lebih

cepat mana? Mengapa?

Acara 4. Membuat larutan Hara untuk Melihat Gejala Kahat

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan yang dimaksud dengan gejala kahat.2. Apakah yang dimaksud dengan unsur esensial dan non esensia?berikan contohnya.3. Jelaskan mengenai unsur makro dan mikro! Berikan masing-masing contohnya.4. Apakah yang dimaksud dengan unsur mobile dan immobile? Beri contoh!5. Apakah yang dimaksud dengan medium minimal?6. Apakah yang dimaksud dengan klorosis? Jelaskan penyebabnya.

Pembahasan1. Mengapa digunakan tanaman Vigna sinensis?2. Jelaskan fungsi penghilangan kotiledon.3. Mengapa perlu dilakukan penggantian larutan hara seminggu sekali.4. Bahas hasil yang diperoleh : bagaimana tinggi tanaman, jumlah daun dan keadaan

tanaman pada masing-masing medium. Mengapa?

Acara 5. Pengaruh Suhu dan Cahaya Terhadap Fotosintesis

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan mengenai fotosintesis, proses di dalamnya, serta reaksi-reaksi yang terjadi.2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi laju fotosintesis? Jelaskan.3. Apa hubungan antara suhu-cahaya terhadap laju fotosintesis?4. Bagaimana hubungan antara laju fotosintesis dengan aktifitas enzim fotosintesis.5. Bagaimana hubungan antara laju fotosintesis dengan panjang gelombang cahaya?6. Jenis cahaya apa yang dapat dipergunakan dalam reaksi fotosintesis7. Enzim apa saja yang bekerja dalam reaksi fotosintesis.

Pembahasan1. Bandingkan jumlah gelembung pada tiap perlakuan suhu! Mengapa?2. Bandingkan jumlah gelembung pada tiap perlakuan intensitas cahaya! Mengapa?3. Jika suhu dan intensitas cahaya selalu tinggi, apa pengaruhnya terhadap laju

fotosintesis? Jelaskan!4. Laju fotosintesis pada tanaman air ditunjukkan dengan apa? Jelaskan dengan

persamaan reaksi fotosintesis secara sederhana.5. Apa kaitan antara suhu, intensitas cahaya dan warna kertas filter dalam

mempengaruhi laju fotosintesis?

Acara 6. Karbohidrat dalam daun

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan mengenai fotosintesis, proses di dalamnya, serta hasil fotositesis.2. Jelaskan mengenai amilum, struktur, dan cara pengujian kandungan amilum.3. Jelaskan mengenai simpanan amilum di daun.4. Perbedaan struktur daun Dikotil dan Monokotil.

Pembahasan1. Bandingkan hasil yang diperoleh antara bagian daun yang ditutup dan tidak ditutup.

Mengapa demikian?2. Bandingkan hasil yang diperoleh antara permukaan atas daun dan bawah daun.

Mengapa demikian?

3. Bandingkan hasil yang diperoleh antara daun monokotil dan dikotil. Mengapa demikian?

4. Bagaimana pengaruh struktur daun Dikotil/Monokotil terhadap pembentukan amilum?

5. Jelaskan proses/mekanisme kerja yang dilakukan dalam praktikum beserta penjelasan masing-masing bahan yang digunakan : J-KJ, kertas timah, Alkohol, waterbath dll.

6. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.

Acara 7. Pengaruh Suhu terhadap Respirasi Kecambah

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan pengertian respirasi beserta persamaan reaksinya.2. Jelaskan tahap-tahap/fase-fase yang terjadi dalam respirasi.3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi respirasi? Jelaskan.4. Jelaskan pengaruh suhu terhadap laju respirasi.5. Bagaimana Enzim mempengaruhi laju respirasi?6. Apa yang dimaksud dengan Q10?

Pembahasan1. Jelaskan proses/mekanisme kerja yang dilakukan dalam praktikum beserta penjelasan

masing-masing bahan yang digunakan : NaOH, Hcl, BaCl2, Phenolptalin, 2. Bagaimanakah persamaan reaksi pada saat titrasi?3. Berapa nilai Q10 yang diperoleh? Jelaskan artinya.4. Berdasarkan hasil, apakah terjadi kenaikan atau penurunan laju respirasi? Mengapa

dan jelaskan.

Acara 8. Daerah Tumbuh

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan yang dimaksud dengan daerah tumbuh!2. Sebut dan jelaskan zona-zona pertumbuhan pada akar dan batang.3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan!

Pembahasan1. Bahas hasil: Proyeksikan (bandingkan dan kaitkan) hasil dengan zona-

zona tumbuh pada akar dan batang!2. Bandingkan penambahan panjang pada akar dan batang.3. Bagaimanakah membedakan zona pertumbuhan pada akar maupun batang?

Acara 9. Kurva Sigmoid dan Pertumbuhan DaunTinjauan Pustaka

1. Jelaskan mengenai kurva sigmoid dan fase-fase yang terjadi di dalamnya.2. Mengapa daun mengalami fase stationer dan kemudian sanescense.3. Bagaimana peran cahaya terhadap pertumbuhan4. Apa itu klorofil dan protoklorofil5. Jelaskan tentang etiolasi.

Pembahasan 1. Sesuaikah hasil yang didapat dengan bentuk kurva sigmoid sesuai teori?jelaskan!

6. Bandingkan kurva sigmoid pada perlakuan gelap dan terang! Mengapa demikian?7. Mengapa dipilih tanaman yang berbatang lurus?

Acara 10. Fototropisme

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan yang dimaksud dengan fototropisme.2. Bagaimanakah mekanisme terjadinya fototropisme?3. Jelaskan pigmen-pigmen yang berperan dalam fototropisme.

Pembahasan1. Berdasarkan hasil, filter mana yang paling efektif dalam mempengaruhi fototropisme?

Bandingkan dengan teori.2. Mengapa dalam percobaan ini digunakan berbagai macam filter?

Acara 11. Geotropisme

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan yang dimaksud dengan geotropisme.2. Sebutkan 3 teori yang menyebutkan tentang geotropisme. Jelaskan.

Pembahasan1. Bahas mengenai perbandingan arah pertumbuhan kecambah yang ditumbuhkan secara

vertikal dan horizontal! Mengapa demikian?2. Bandingkan hasil pada kecambah yang akarnya dipotong dan tidak dipotong pada

masing-masing perlakuan! Mengapa?3. Jelaskan tujuan pemotongan ujung akar.4. Mengapa digunakan kertas buram?

Acara 12. Pengaruh Auksin terhadap Pertumbuhan akar

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan tentang auksin.2. Jelaskan pengaruh auksin terhadap pertumbuhan akar tanaman.3. Jelaskan mengenai IAA beserta rumus kimia dan struktur bangunnya.

Pembahasan1. Bagaimanakah pengaruh auksin terhadap panjang dan jumlah akar?2. Bandingkan hasil yang diperoleh pada masing-masing konsentrasi.3. Bagaimanakah pengaruh cahaya terhadap aktivitas auksin?4. Bandingkan hasil yang diperoleh antara kontrol dan perlakuan.

Acara 13. Pengaruh Kinetin terhadap Pertumbuhan Kecambah

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan mengenai kinetin: beserta struktur, rumus kimia dan fungsinya.

2. Bagaimanakah mekanisme kerja kinetin?3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kerja kinetin?4. Apa perbedaan antara hormon dengan zat pengatur tumbuh.

Pembahasan1. Bandingkan antara kecambah yang ditumbuhkan di tempat gelap dan terang!

Mengapa?2. Bandingkan antara kontrol dan perlakuan. Mengapa?

Acara 14. Perkecambahan dalam Gelap dan Terang

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan mengenai tahapan perkecambahan biji.2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perkecambahan biji? Jelaskan. 3. Jelaskan mengenai etiolasi dan pengaruhnya terhadap perkecambahan.4.

Pembahasan1. Mengapa digunakan tanaman Vigna sinensis?2. Bahas hasil: Bandingkan berat total, berat kotiledon dan panjang kotiledon

antara perlakuan gelap dan terang! Mengapa demikian?3. Bandingkan morfologi daun pada perlakuan gelap dan terang! Mengapa?4. Mengapa digunakan kecambah umur 0, 1, 2, 3, 5, dan 7?

Acara 15. Dormansi karena Kulit Biji yang Keras

Tinjauan Pustaka1. Jelaskan mengenai perkecambahan biji beserta tahap-tahapnya.2. Jelaskan yang dimaksud dengan dormansi.3. Jelaskan faktor-faktor penyebab dormansi, serta bagaimanakah cara pematahanan

dormansi tersebut?Pembahasan

1. Sebutkan cara mematahkan dormansi akibat biji yang keras!2. Manakah perlakuan yang lebih efektif untuk mematahkan dormansi biji? Fisika atau

kimia? Mengapa?3. Mengapa kulit biji yang keras menyebabkan biji sulit berkecambah?

Jelaskan mekanisme yang terjadi sehingga perlakuan kimia dan fisika dapat mematahkan dormansi!

Acara 16. Pengaruh Zat Penghambat terhadap Perkecambahan Biji.

Tinjauan Pustaka1. Bagaimanakah tahap-tahap perkecambahan biji?2. Sebut dan jelaskan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh biji agar dapat

berkecambah!Pembahasan

1. Zat penghambat apa sajakah yang terdapat dalam buah tomat dan jeruk?2. Zat penghambat manakah yang paling efektif menghambat perkecambahan?3. Bagaimana mekanisme penghambatan zat penghambat tersebut?

4. Bandingkan hasil yang diperoleh pada masing-masing perlakuan!5. Apakah fungsi pencucian dengan akuades?