pmmc news edisi xxi nop des 2013

Upload: se-asia-publisentra

Post on 04-Jun-2018

221 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    1/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Tajuk Utama 1- 3

    Kaleidoskop Bisnis Farmasi 2013PMMC : Merry Christmas & Happy New Year 2014Usaha Farmasi : Merry Christmas & Happy NewYear 2014Lunch Meeting GPFI, PMMC dan ProdusenParacetamol

    Dari Anggota 4 - 27

    Seminar ISPE: Vendor Qualification 2013Dukungan Sri Paduka KGPAA Sri Paku Alam IXterhadap acara ACCSQ TMHSPWG ke-20Kaleidoskop Kegiatan GPFI - PMMC bersamaKemenkes, BPOM, IDI, Perbakin dan usaha farmasiIndonesia.

    Siapa Kita 28CONGRATULATIONS! Tianjin TianyaoSelamat dan Sukses atas terselenggaranyaRAKERNAS bidang Industri GPFI 2013

    Tajuk Utama

    Pharma Materials Management Clube-mail:[email protected] 1

    bersambung hal. 3

    Tahun 2013 merupakan tahunyang menggoncang bisnis farmasidi Indonesia, diawali akuisisibeberapa industri farmasi lokal

    oleh perusahaan asing karenatidak mampu untuk meng-upgradeindustrinya, penghentian ijin edarobat-obatan Dekstro tunggal,Carisoprodol, pembatasan edarobat OTC "green dot dan blue dot",permasalahan e-catalog, persaingankurang sehat antar bisnis farmasidan bahan baku paracetamol yangtercemar bakteri.

    Isu-isu yang merebak dikalanganbisnis farmasi Indonesia, diawaltahun 2013 sampai akhir tahun

    Di pembukaan CPhI SEA 2012 , saat itu bapak Ir. RoyA. Sparringa, M.App.Sc., Ph.D mewakili BPOM dalampembukaan CPhI SEA pertama tersebut 10 Mei 2012,Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta .

    Selamat atas diangkatnya bapak Ir.Roy A. Sparringa, M.App.Sc., Ph.Dsebagai Kepala Badan POM semoga bisamenjadikan Industri farmasi Indonesialebih maju dalam mendukung derajatkesehatan masyarakat Indonesia

    KALENDER & AGENDAGP FARMASI DAN PMMC TAHUN 2014 akansegera BEREDAR.TERIMA KASIH atas peran serta perusahaanbapak dan ibu di tahun 2013.

    BREAKING NEWS

    PMMCM E D I A K O M U N I K A S I P E N J U A L & P E M B E L I F A R M A S I

    Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Beberapa faktor yang mengoncang bisnis farmasiIndonesia ,membuat Industri farmasi Indonesia mengalami

    banyak kendala di 2013 .

    KaleidoskopBisnis Farmasi 2013

    Jakarta - GP Farmasi Indonesia, PMMC, PT EnsevalPutera Megatrading Tbk dan Changsu Huagangprodusen bahan baku paracetamol, mengadakanpertemuan membahas mengenai isu bahan bakuparacetamol yang tercemar mikroba di hotelBorobudur, 26 Nopember lalu.

    Ketua Umum GP Farmasi Indonesia bapakJohannes Setijono, Bendahara Umum bapakHamadi Wijaya, Direktur Eksekutif bapakDarojatun Sanusi, Ketua Umum PMMC bapakKendrariadi, Deputy Sales Director bapak MuliaLie serta Top Management PT Enseval Putra

    Lunch MeetingGPFI, PMMCdan ProdusenParacetamol

    bersambung hal. 3

    www.pmmc.or. id

    News

    foto: hp://www.ickr.com/photos/sehatnegeriku

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    2/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

    PT. MERINDO MAKMURPERKANTORAN KENCANA NIAGA

    Jl. Taman Aries Blok D1 - 2K & L,Kembangan, Jakarta 11620 Indonesia

    T +62 21 5858581 (hunng), 58906030F +62 21 585 8570

    PT. TUNGGAL JAYA PLASTIC INDUSTRY

    Jl. Raya Karanggan Muda Kav.A,Kec. Gunung Putri

    Kab. Bogor 16963 West Java INDONESIA, PO BOX37 CBI 16900

    Phone: 62-21-8677888, Fax : [email protected]

    www.tunggaljaya.co.id

    Importer and Wholesaler of Raw Materials

    PT. Dian Langgeng Mulia

    Kawasan Industri Era Prima, Blok I - 10Jl. Daan Mogot Km. 21 No.1, Tangerang 15122

    INDONESIA

    Phone : +62-21-2951-6204

    Merry ChristmasHappy New Year 2014

    Pemimpin Umum: Kendrariadi,Pemimpin Redaksi:Aryo BaskoroRedaktur Pelaksana: Budi PEditor & Foto:Teguh P Herlambang

    Penanggung jawab kolom: Johanes, Franky, FitriDesign: [email protected] : www.pmmc.or.id

    Susunan RedaksiPMMC News

    PT. PAMERAN NIAGA INDONESIA3/F Aquarius Building,

    7, Jalan Sultan Iskandar MudaPondok Indah, Jakarta 12240, Indonesia

    Tel: +62 21 729 2662 Fax: +62 21 729 3539

    website :www.ubmindonesia.com

    PT. AVESTA CONTINENTAL PACKJl. Raya Bekasi km 28,5 Bekasi

    Bekasi-West Java 17133, Jawa Barat, Indonesiaphone (021) 8841088 (hunng)

    fax (021) 8841545 / 8893625www.avesta.co.id

    www.pmmc.or. id

    PMMCNews

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    3/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    banyak kita jumpai informasimengenai akuisisi industri farmasilokal yang tidak mampu untukmeng-upgrade industrinya.

    Beban berat untuk mengikutistandar GMP dan cGMP yangditerapkan oleh Regulator,membuat industri farmasilokal menjual industrinya keperusahaan farmasi asing. Matinyaindustri farmasi lokal bisa terjadibilamana Regulator memperketatstandar GMP dan cGMP padaindustri farmasi lokal menengah.Berbondong-bondong industrilokal menengah akan menjualnyakepada industri farmasi asing. Adaindustri farmasi lokal menengahyang berkeinginan diakuisisi olehindustri farmasi asing denganalasan karena industri asinglebih mengedepankan kemajuanteknologi industri farmasinyadibandingkan diakuisisi olehindustri farmasi lokal besar dansecara finacial industri farmasiasing lebih mumpuni dibandingkanindustri farmasi lokal besar.

    Industri farmasi Indonesiamengalami beberapa terpaandahsyat di pertengahan tahun,penarikan ijin edar Dekstrotunggal & Karisopordol dipasarankarena banyak penyalahgunaandikalangan pelajar. Hal tersebutberdampak ditariknya ijin edarDekstro tunggal dan Karisopordoldi Indonesia oleh BPOM.Penarikan ijin edar tersebutmembuat industri farmasi diIndonesia mengalami kerugianyang besar dan industri farmasidiberi batas waktu oleh BPOMhingga pertengahan tahun 2014.

    BPOM selakuperpanjangantangan daripemerintah, juga membatasi

    peredaran obat OTC baik itublue dot maupun green dot,hal tersebut berdampat sangatmerugikan kalangan industrifarmasi Indonesia. Banyaknyaindustri farmasi Indonesiayang bermain di obat OTC, bisamengalami turunnya pendapatandi pasar obat OTC.

    Program e-catalog untupenyediaan obat yangdigelontorkan oleh pemerintahuntuk mendukung SJSN jugamengalami permasalahan besar.Implementasi e-Catalog bisamenyebabkan perang hargadi dalam usaha bisnis farmasi,dan harga akan mengalamipenurunan yang sangatmenekan. Banyaknya industrifarmasi yang tidak bisa masukuntuk memenuhi kebutuhane-catalog obat, juga tersendatnyapembayaran pengadaan obat yangterdaftar didalam e-catalog olehpemerintah. Akibatnya banyakindustri farmasi di Indonesiayang mengalami kerugiaan yangmempengaruhi keuangan diindustri farmasi.

    Isu beberapa bulan ini, bahanbaku paracetamol yang diproduksi oleh Changshu HuagangPharmaceutical Co Ltd China yangtercemar mikroba. Penggunaanbahan baku paracetamol yangdiproduksi oleh ChangshuHuagang Pharmaceutical CoLtd, banyak digunakan olehindustri farmasi indonesia.Bahan baku paracetamol yangdiimpor dari Changshu HuagangPharmaceutical Co Ltd Chinarelatif lebih murah dibandingkan

    dengan produsen lainnya yangberasal dari China.

    Kenaikan Tarif Dasar Listrik

    (TDL) untuk industri, berdampakbesar di industri farmasi Indonesia.Bengkaknya pengeluaran untukTDL, mengurangi laba dari bisnisfarmasi dan bisnis-bisnis lainnya.

    Kenaikan upah buruh yangterjadi dua bulan lalu, buruhmenuntut kenaikan upah sekitar50%, mempunyai dampak yangsangat besar dalam bisnis industrifarmasi. Di DKI Jakarta, buruhmenuntut kenaikan upah sebesarRp. 3,7jt dan yang disepakati olehpemerintah DKI Jakarta sebesar

    Rp. 2,6jt perbulan. Hal ini menjadibengkaknya pengeluaran diindustri farmasi Indonesia.

    Di awal Desember ini diisukankembali mengenai sertifikasi halalterhadap obat dan makananyang tengah di proses MajelisUlama Indonesia (MUI) dalamRancangan Undang-Undang (RUU)Jamina Produk Halal yang tengahberjalan di DPR. Menurut KetuaDewan Penasehat GP FarmasiIndonesia bapak Anthony Charlesmenegaskan sejumlah kendalaakan dihadapi dalam upayapemberian sertifikasi halal produk

    farmasi. Bukan saja perihal biayamelainkan juga karena tidak adaindustri farmasi yang benar-benar

    milik Indonesia. Juga disampaikanDirjen Bina Farmasi dan Alat-alat Kesehatan KementerianKesehatan (Kemenkes) ibuMaura Linda Sitanggang. "Bahkanuntuk satu jenis obat bisa jadiuntuk di seluruh dunia hanyasatu perusahaan farmasi yangmemproduksinya. Itu yang kitatidak bisa kontrol halal atautidaknya, lagi pula proses bahanbaku menjadi obat tersebut

    juga tidak sebentar melainkanberdasarkan hasil riset puluhan

    tahun, jadi tidak bisa asal diganti"menurut ibu Linda kepadawartawan.

    Bagamana industri farmasi diIndonesia bisa bersaing denganbaik dan berkembang secaramerata, sementara peranpemeritah dalam mengambilkebijakan kurang mendukungindustri farmasi ? (tph)

    Megatrading dan Mr Dai ZhingMing CEO atau pemilik salah satuChangsu Huagang Ltd menghadiripertemuan tersebut.

    Pertemuan dan sekaligus makansiang skaligus juga membicarakankomitmen Changsu Huagangdalam hal mutu atau kualitas yangmengacu ke standard internasionaldan mencari peluang kerjasamadengan pelaku usaha farmasiIndonesia untuk membuka atauinvestasi pabrik bahan bakufarmasi di Indonesia. Mr Dai ZhingMing menyepakati kemungkinan

    besar akan berinvestasi pabrikbahan baku farmasi di Indonesia.

    Selesai pertemuan dan jamuanmakan siang bersama, pengurusGP Farmasi Indonesia bersamatamu memberikan kejutan kepadabapak Hamadi dengan merayakanhari ulang tahun beliau. BapakHamadi diperkenankan meniup 3buah lilin ulang tahun dan semuayang hadir dalam pertemuantersebut memberikan selamatkepada bapak Hamadi.

    (kr/tph)

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 3

    Lunch Meeng GPFI, PMMC dan Produsen Paracetamol - lanjutan halaman 1

    Kaleidoskop Bisnis Farmasi 2013 - lanjutan halaman 1

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    4/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

    Jakarta -ISPE pada 13 Nopember 2013mengadakan seminar mengenai VendorQualification yang digelar di Gedung Titan

    Center di Bintaro Tangerang.Seminar tersebut diikuti oleh 135 peserta dari

    industri farmasi dan distributor bahan bakuobat.Seminar yang diawali oleh presentasi dari

    Deputi I Pengawas Produk Terapetik danNapza Badan POM RI, ibu Retno Tyas Utamidan dilanjutkan oleh Direktur PengawasanDistribusi Produk Terapetik dan PKRT ibuRatna Irawati.Topik Kualifikasi Pemasok sesuai dengan

    Aspek Cara Distribusi Obatyang Baik di angkat oleh ibu Ratna Irawati.Topik tersebut antara lain mengangkat

    kerangka pengawasan pre dan post marketobat, peraturan terkait pengelolaan obat,analisis resiko dalam import bahan baku obatserta regulasi yang terkait.Dalam sesi yang sama, bapak Agus Prabowo

    Direktur Pengawasan Produksi ProdukTerapetik dan PKRT menyampaikan topikKualifikasi Pemasok dalam kacamata CPOByang ditetapkan oleh Badan POM RI.Beliau menjelaskan secara umum kondisi

    bahan baku obat di Indonesia, tantangan

    pengawasan obat dan bahan baku obat,strategi pengawasan bahan baku obat danpenerapan CPOB untuk kualifikasi pemasokbahan baku obat. Bapak Agus berharapkedepan, industri farmasi Indonesia semakinmampu menghasilkan produk obat-obatanyang berkualitas.Dalam sesi selanjutnya, seminar tersebut

    dilanjutkan dengan presentasi para ahlidibidang bahan baku menjelaskan kualifikasipemanufaktur dan pemasok serta teknikdalam pelaksanaan audit.

    (sumber: ispeindonesia.org/foto: eea / tph)

    Yogjakarta- Suasana penuh keramahandan keakraban terasakan ketika tim panitiaTMHS-PWG mengadakan audiensi kepadaWakil Gubernur DIY Sri Paku Alam IX pada hariRabu tanggal 14 November 2013. Tim panitiaterdiri dari Direktur Penilaian Obat Tradisional,Suplemen dan Kosmetik Badan Pengawas Obat

    dan Makanan (BPOM) RI Dra. Frida Tri Hadiati,Apt.; APSKI (Asosiasi Pengusaha SuplemenKesehatan Indonesia) Patrick L. Kalona; KepalaBidang Sertifikasi dan Layanan Informasikonsumen BBPOM di Yogyakarta Dra. DyahSulistyorini, M.Sc., Apt.; Kasubdit SurveilanKeamanan Obat Tradisional, Suplemen Makanandan Kosmetik BPOM RI Dra. Rosita, Apt., M.Epid.;Kasie Surveilan Keamanan Obat Tradisional danSuplemen Makanan BPOM RI Erayadi Soekaryo,S.Si., Apt.; dan staf BBPOM di Yogyakarta JokoSuharyono.

    Tujuan audiensi tersebut adalah untukmeminta dukungan Sri Paku Alam IX dalamacara pertemuan the 20th ASEAN Consultative

    Committee for Standards and Quality (ACCSQ)Traditional Medicines and Health SupplementsProducts Working Group (TMHS-PWG) yangdiselenggarakan di Hotel Royal AmbarrukmoYogyakarta tanggal 11-16 November 2013sekaligus meminta kesediaan beliau untukmembuka acara pada tanggal 15 November2013.

    Pertemuan tersebut diikuti oleh perwakilan10 negara ASEAN, dan perwakilan asosiasiASEAN di bidang obat tradisional dan suplemenkesehatan, yaitu AATMI (ASEAN Alliance ofTraditional Medicines Industry), AAHSA (ASEANAlliance of Health Supplement Association) sertaobserver industri obat tradisional dan suplemen

    kesehatan.ACCSQ TMHS-PWG merupakan forum

    kerjasama yang telah dibentuk sejak tahun 2004di antara negara-negara ASEAN di bidang ObatTradisional dan Suplemen Makanan, di bawahASEAN Economic Community (AEC). Blue printAEC menetapkan komunitas dengan pilar-pilar sebagai berikut; pasar tunggal dan basisproduksi regional, kawasan berdaya saing tinggi,kawasan dengan pembangunan ekonomi yangmerata, dan integrasi dengan perekonomiandunia. Sehingga untuk mewujudkan haltersebut diperlukan integrasi ASEAN denganmeningkatkan kerja sama antar negara-negaraanggota ASEAN dengan cara menyelaraskan

    peraturan dan persyaratan teknis dalam rangkamenjamin mutu, keamanan dan efikasi/manfaatobat tradisional dan suplemen makanan yangdipasarkan di ASEAN, mengurangi hambatanperdagangan obat tradisional dan suplemenmakanan serta meningkatkan daya saing produkobat tradisional dan suplemen makanan.

    Hal tersebut menjadi bahasan utama dengan

    Sri Paduka Paku Alam IX yang terlihat antusiasmendengarkan penjelasan ketua panitia, Dra.Frida Tri Hadiati, Apt.

    Daerah Istimewa Yogyakarta merupakandaerah yang sangat potensial untukpengembangan industri obat tradisionalsehingga keberadaannya harus dikawal terus

    menerus dengan meningkatkan pemahamanpara pelaku usaha terhadap standar yangberlaku, serta dapat diterima oleh pasar lokaldan internasional. Sri Paduka Paku Alam IXmengharapkan dengan adanya acara ACCSQTMHS-PWG ini dapat berdampak padapeningkatan daya tawar produk dalam negeri didunia internasional dan membawa manfaat bagipeningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah.

    Selanjutnya beliau mengharapkan BadanPOM RI dapat terus-menerus memberikanedukasi kepada masyarakat bagaimana memilihobat tradisional yang baik dan bermutu sertaterjamin keamanannya sehingga masyarakatdapat melindungi dirinya sendiri dari bahaya

    yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaanobat tradisional, juga edukasi kepada pelakuusaha sehingga para pelaku usaha selalumenghasilkan produk secara bertanggung jawab.Di akhir pertemuan, Sri Paduka Paku Alam IXmenyatakan kesediaan beliau untuk membukaacara pertemuan 20th ACCSQ TMHS-PWG diantara kesibukan beliau yang sangat padat.

    ISPE: Seminar "Vendor Qualification"2013

    Dukungan Sri Paduka KGPAA Sri Paku Alam IXterhadap Acara ACCSQ TMHSPWG ke-20

    Bahan baku obat mempengaruhi bentuk dari mutu obat, khasiat dan keamanan obat,untuk itu industri farmasi perlu melakukan kualifikasi pemasok bahan baku serta

    mengetahui apa yang terjadi dari mata rantai pasakan bahan baku tersebut.

    sumber: http://www.pom.go.id

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    5/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 5

    KaleidoskopKegiatan PMMC & GP Farmasi Indonesia 2013

    Baksos GP Farmasi Indonesia, PMMC dan Kemkes RI

    di Timika/Agats Papua3 - 5 januari 2013

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    6/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan PMMC dan GP Farmasi Indonesia 2013

    Bak Sosial SOS Childrens Villages Cibubur18 Januari 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    7/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan PMMC dan GP Farmasi Indonesia 2013

    Bak Sosial Dapur Umum Korban Banjir Jakarta18 Januari 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 7e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 7

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    8/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Vendor Visit dan Sharing Experience PMMC4 Februari 2013

    Kaleidoskop Kegiatan PMMC dan GP Farmasi Indonesia 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    9/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 7Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

    SE-ASIAPublisentra

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    10/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Bak Sosial korban Gunung Merapi5 Februari 2013

    Kaleidoskop Kegiatan PMMC dan Perbakin 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    11/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Pameran CPhI SEA20 - 22 Maret 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI, PMMC dan UBM 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 11

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    12/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Launching of IndoMedica ExpoIDI, PMMC, GP Farmasi dan Krista Media

    11 April 2013

    Kaleidoskop Kegiatan IDI, PMMC dan GP Farmasi Indonesia 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    13/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    ACCSQ Pharmaceucal Product Working GroupBali - Indonesia, 13 - 17 Mei 2013

    Kaleidoskop Kegiatan BPOM, GP Farmasi Indonesia dan PMMC 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 13

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    14/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan PMMC dan ISPE 2013

    Seminar bersama ISPE21 - 22 Mei 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    15/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Bhak Sosial di Muko-Muko Bengkulu13 - 16 Juni 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI, PMMC dan Perbakin 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 15

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    16/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Pameran CPhI China GPFI, PMMC danPelaku Usaha Farmasi Indonesia

    24 - 28 Juni 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI, PMMC dan UBM 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    17/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI dan PMMC 2013

    Vendor Visit GPFI, PMMC danPelaku Usaha Farmasi ke BOSTA

    24 - 28 Juni 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 17

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    18/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

    Kaleidoskop Kegiatan BPOM, GPFI dan PMMC 2013

    Pertemuan BPOM, GPFI &PMMC22 Juli 2013

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    19/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan PMMC dan Usaha Farmasi 2013

    Buka Puasa BersamaPMMC dan Stakeholder25 Juli 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 19

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    20/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI dan PMMC 2013

    Buka Puasa BersamaGPFI dan PMMCJuli 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    21/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan PMMC dan UBM 2013

    Pameran CPhI Brasil6 - 8 Agustus 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 19

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    22/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan IDI, GPFI, PMMC danKrista Media 2013

    Pameran IndoMedica

    Expo bersama IDI,PMMC, GP Farmasi danKrista Media26 - 29 Agustus 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    23/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan BPOM, GPFI, PMMC dan Krista Media 2013

    Halal Bihalal BPOM, GPFI,PMMC & Krista Media

    2 September 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 23

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    24/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI, PMMC dan UBM 2013

    Pameran CPhI WorlwideFrankfurt Jerman22 24 Oktober 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    25/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI, PMMC dan UBM 2013

    UBM Global NetworkingDinner23 Oktober 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 25

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    26/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI, PMMC dan Krista Media 2013

    Pameran IPEX Indonesia30 Oktober - 2 Nopember 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    27/28

    PMMCnewsVol. XXI Nopember - Desember 2013

    Pharma Materials Management Club e-mail:[email protected]

    Kaleidoskop Kegiatan GPFI dan PMMC 2013

    Rakernas bidang IndustriGP Farmasi Indonesia

    Surakarta - Jawa Tengah7 Nopember 2013

    e-mail:[email protected] Pharma Materials Management Club 27

    Foto :gpfi - jateng

  • 8/13/2019 PMMC News Edisi XXI Nop Des 2013

    28/28

    PMMC news Vol. XXI Nopember - Desember 2013

    Selamat & Suksesatas terselenggaranya Rapat Kerja Nasional

    BIDANG INDUSTRI TAHUN 2013GABUNGAN PERUSAHAAN FARMASI INDONESIA

    ateng