perubahan harga

Download PERUBAHAN HARGA

Post on 09-Oct-2015

18 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PERUBAHAN HARGA

PERUBAHAN HARGAKELOMPOK 3 :

MUSTIKA MURNIC1C109029HERLINA PRATIWIC1C109054FX ERWAN LAWANTOC1C109079M. NUR AKBARC1C109097APRIADI RAMADHANC1C109109M. BERRI WALDYC1C109111

TEORI AKUNTANSIBAB 141PERUBAHAN HARGAPerubahan HargaPerubahan Daya Beli UangPerubahan Nilai2Perlakuan akuntansi terhadap perubahan atau selisih harga.Masalah akuntansi dalam kondisi yg di dalamnya harga-harga berubah.Akuntansi Perubahan Nilai / Akuntansi harga-harga berubah3Rerangka Akuntansi PokokRerangka akuntansi pokok akan menghasilkan statement keuangan dasar.

Paton dan Littleton menegaskan bahwa data dasar hendaknya merupakan angka yang terandalkan yaitu obyektif dan dapat diverifikasi.

Kos historis merupakan data dasar yang menjadi basis penyusunan statement keuangan dasar.

Statement keuangan dasar pada umumnya dianggap memadai untuk tujuan pertanggungjelasan manajemen

4Keterbatasan sebagai data dasarKos sebagai bahan olah yang diukur dengan unit moneter, akuntansi harus beranggapan bahwa daya beli uang stabil sedangkan dalam realitasnya tidak demikian. Pemakai statement keuangan berkepentingan dengan masa sekarang dan mendatang dalam pengambilan keputusannyaSehingga akuntansi kurang memberi informasi untuk kepentingan tersebut kalau informasinya hanya didasarkan pada data historis.

5Sebagai data dasar, dalam kondisi perubahan kos historis menghadapi 3 masalah fundamental:

6Persepsi atau selera orang terhadap manfaat atau nilai barang tertentu dapat pula menyebabkan perubahan nilai yang akhirnya mempengaruhi harga barang tersebut. Masalah PenilaianNilai aset individual atau spesifik akan berubah kalau dibandingkan dengan aset tertentu yang lain meskipun daya beli uang tidak berubah.

Akuntansi menghadapi masalah dalam hal ini karena kos tercatat untuk suatu Aset tidak lagi menggambarkan nilai Aset tersebut7Model akuntansi untuk menghadapi masalah penilaianAKUNTANSI NILAI SEKARANG

pengukurannilainya bergantung pada dasar penilaian yang dianut yaitu kos sekarang atau nilai keluaran sekarang.

8Masalah Unit PengukurkarenaDengan demikian..Perubahan tingkat harga secara umum dalam ekonomi suatu negara (inflasi). perubahan harga suatu barang pada dua saat yang berbeda belum tentu menunjukkan perbedaan nilai atau manfaat barang.Daya beli uang dapat berubah sehingga unit moneter sebagai pengukur nilai tidak bersifat homogenus lagi kalau dikaitkan dengan waktu9Sehingga penjumlahan kos vertikal atau horisontal sebenarnya tidak bermakna lagiAkuntansi menghadapi masalah ini karena kos yang diukur satuan rupiah nominal tidak lagi homogenus untuk beberapa posModel akuntansi untuk mengatasi hal ini sering disebut akuntansi tingkat harga umum10Akuntansi Tingkat Harga UmumDengan adanya model ini, rupiah yang tidak dikonversi atau rupiah seperti apa adanya disebut rupiah nominalBila perubahan nilai dan daya beli terjadi bersama-sama, pengaruh keduanya terhadap kos historis harus ditunjukkan dalam pelaporan keuangan. mengatasinyaAKUNTANSI KOS SEKARANG/RUPIAH KONSTAN11Masalah Pemertahanan KapitalUntuk menentukan laba dengan mempertahankan kapital, tiga hal penting dalam mengukur kapital harus dipertimbangkan yaitu:

Dasar penilaian,Skala pengukuran, dan Jenis kapital terutama dalam hal terjadi perubahan harga atau nilai

Masalah pemertahanan kapital dalam perubahan harga berkaitan dengan jenis kapital yang harus dipertahankan yaitu finansial atau fisis.12Bila jenis kapital diperhatikan,model akuntansi untuk mengatasi masalah perubahan harga adalah:KOS SEKARANG/KAPITAL FISISSering juga disebut dengan akuntansi nilai pengganti yang secara teknis sama dengan akuntansi kos sekarang,

Perbedaannya terletak pada penyajian dan interpretasi jumlah rupiah untuk mempertahankan kapital statemen laba-rugi13Pos Moneter & NonmeterPos moneter berhubungan dengan aliran kasPos non moneter berhubungan dengan aliran potensi jasa fisik (non kas)

Aset moneter : klaim untuk menerima sejumlah rupiah di masa depan tanpa memperhatikan perubahan daya beli uang. Mis : kas, deposito, investasi dalam obligasi, piutang dagang, piutang weselAset non moneter : Aset yang mengandung jumlah unit rupiah yang berubah dengan berjalannya waktu. Mis : Persediaan barang dagangan, fasilitas fisik, dan investasi dalam saham

1415PERUBAHAN HARGA UMUMMencerminkan kenaikan atau penurunan nilai tukar satuan uang atau dikenal dengan perubahan daya beli.

Perubahan tersebut dapat disebabkan pada umumnya oleh kekuatan-kekuatan faktor ekonomik seperti tersedianya uang atau kecepatan beredarnya uang dibandingkan dengan tersedianya barang atau jasa dalam perekonomian suatu negara16PERUBAHAN HARGA SPESIFIKPerubahan harga spesifik terjadi karena berbagai faktor, antara lain : perubahan selera konsumen, perubahan tekhnologi, dan jasa tertentu yang tersedia dalam masyarakat

Perubahan harga spesifik dalam pasar masukan akan mengakibatkan kenaikan atau penurunan kos aset yang akhirnya mempengaruhi biaya bagi perusahaan.

Sementara itu, harga spesifik dalam pasar keluaran akan menaikkan atau penurunan pendapatan bagi perusahaan.17PERUBAHAN HARGA RELATIFMengukur tingkat penyimpangan perubahan harga barang atau jasa tertentu terhadap perubahan akibat perubahan tingkat harga umum seluruh barang dan jasa

Perubahan harga relatif adalah perubahan harga setelah pengaruh perubahan daya beli dikeluarkan atau diperhitungkan

Perubahan harga relatif perubahan daya beli, dengan diperhitungkannya daya beli, maka akan terjadi perubahan harga yang spesifik.

18AKUNTANSI DAYA BELI KONSTANTujuannya adalah mempertahankan kapital atas dasar daya beli.

Dalam operasinya perusahaan akan menggunakan atau mengorbankan daya beli aset untuk memperoleh aset lain dalam rangka menghasilkan pendapatan.

Dengan konsep ini, daya beli dapat menjadi golongan kapital yang lain yaitu kapital daya beli. Kapital daya beli sebenarnya merupakan kapital finansial.

19AKUNTANSI KOS SEKARANGTujuannya adalah mengukur laba suatu perioda dengan mempertahankan capital semula.Dasar pengukuran dalam kaitan dengan perubahan harga :

Kos pengganti.penekanan diletakkan pada kos penggantian Aset yang dikuasai perusahaan dengan Aset yang sejenis atau sama fungsinya.Nilai jual sekarang.kos sekarang Aset diukur atas dasar harga Aset seandainya pada saat sekarang perusahaan memilih untuk menjual Aset tersebut alih-alih memakainya untuk operasi.Nilai terealisasi harapan.pendekatan ini sama dengan nilai jual sekarang hanya pengukuran dilakukan atas dasar nilai sekarang aliran kas masa datang yang diterima dari Aset atau dibayar untuk Aset atau utang bersangkutan.

20Sumber Informasi dan Teknik pengukuranPengindeksan, dari pihak eksternal atau catatan historis oleh internal perusahaanPenghargaan Langsung, teknik ini membebankan secara langsung bahan dan tenaga kerja ke suatu Aset atau kelompok AsetPengkosan unit, teknik ini digunakan untuk menaksir kos reproduksi suatu barangPenghargaan fungsional, teknik ini digunakan untuk menentukan kos pengganti suatu fungsi produksi atau pemrosesan dan bukannya suatu Aset secara individual atau kelompok Aset yang masing-masing berdiri sendiri

21Berikut perbedaan akuntansi daya beli konstan dan biaya sekarang:Akuntansi daya beli konstanAkuntansi biaya sekarangMengatasi masalah unit pengukurmerevisi atau mengevaluasi Aset moneter pada akhir periodeMenggunakan indek harga umum karena sasarannya perubahan harga umumMengabaikan laba atau rugi penahanan pada saat revaluasiMengungkapkan laba atau rugi daya beli atas Aset moneter netoLaba atau rugi sebagai selisih lebih bermakna sebagai penyesuaian capital daripada komponen laba dalam rangka pemertahanan kapitalMengatasi masalah penilaianMerevisi atau merevaluasi Aset nonmoneter secara terus-menerusMenggunakan indeks harga spesifik karena sasarannya perubahan harga spesifikMengabaikan laba atau rugi daya beliMengungkapkan laba atau rugi penahanan atas Aset nonmoneter netoLaba atau rugi sebagai selisih lebih bermakna sebagai komponen laba daripada penyesuaian capital dalam rangka pemertahanan kapital22AKUNTANSI HIBRIDAMenggabungkan keunggulan akuntansi daya beli dan akuntansi kos sekarang.

Penggabungan akuntansi daya beli dan akuntansi kos sekarang akan mengatasi kelemahan yang terdapat pada masing-masing pendapatan.23STANDAR AKUNTANSI PERUBAHAN HARGASFAS No. 33Pelaporan berbasis kos sekarang dan daya beli konstan diwajibkan untuk perusahaan yang memenuhi kriteria. SFAS No. 82Hanya pelaporan berbasis kos sekarang diwajibkan. SFAS No. 89Pelaporan pengaruh perubahan harga hanya bersifat anjuran.

24KesimpulanPerubahan harga adalah perbedaan jumlah rupiah yang dapat digunakan untuk membeli barang atau jasa yang sama pada waktu yang berbeda.

Rerangka akuntansi pokok di dasarkan pada asumsi bahwa daya beli uang stabil sepanjanng masa.

Agar kualitas keterandalan dan keberpautan dapat dicapai, rerangka akuntansi pokok harus dilengkapi dengan informasi perubahan harga untuk menunjukan pengaruhnya terhadap laba dan posisi keuangan.

25

Recommended

View more >