permainan bulu tangkis

Download Permainan bulu tangkis

Post on 08-Nov-2015

220 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Materi permainan bulu tangkis kelas 10

TRANSCRIPT

Pengertian Bulutangkis

Rizki yogatama x.iis-3PERMAINAN BULU TANGKISPengertian Bulu tangkisBulutangkis (Badminton) adalah bentuk permainan yang dilakukan oleh dua orang (dalam permainan tunggal) atau empat orang (dalam permainan ganda). Menggunakan rangkaian bulu yang ditata dalam sepotong gabus (shuttlecock) sebagai bolanya, dan raket sebagai alat pemukulnya, di atas sebidang lapangan. SEJARAH BULU TANGKISOlah ragayang dimainkan dengan kok dan raket, kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut diIndiadanRepublik Rakyat Tiongkok.

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis. Mereka adalah:1. Tunggal putra2. Tunggal putri3. Ganda putra4. Ganda putri5. Ganda campuran

PERLENGKAPAN PERMAINAN BULU TANGKIS1.NetDi tengah-tengah lapangan, net berdiri dengan tinggi 155 cm di bagian tepi. Net merupakan pembatas berupa jaring yang membentang antara 2 bidang permainan dan diikatkan pada tiang.

2.RaketDi tengah daun raket terdapat jaring yang dibuat dari senar (string) berupa tali plastic sintetis. Senar yang baik adalah senar yang bias dipasang sekencang-kencangnya tetapi tdak mudah putus (dengan tarikan 21-24 ukuran kekencangan raket), agar dapat memantulkanshuttlecockyang dipukul dengan kencang dan cepat. Raket standar memiliki ukuran panjang 66-68 cm lebar kepala 22 cm. Untuk raket berbahan karbon, beratnya adalah 85 gram.

3.Kok (Shuttlecock)Kok biasanya terbuat dari bulu angsa buatan pabrik yang umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan oleh IBF. Berat kok sekitar 5,67 gram. Bulu angsa atau bulu ayam yang menancap pada gabus yang dibungkus kulit berwarna putih berjumlah antara 14-16 buah, dan diikat 2 tali. Jenis inilah yang selalu dipakai untuk kejuaraan resmi. Di luar negeri, banyak pula digunakan kok dari karet, baik untuk gabus dan bulunya. Namun umumnya, kok jenis ini hanya untuk latihan.

4.LapanganLapangan bulutangkis berukuran 610 x 1340 cm, yang dibagi dalam bidang bidang, masing-masing dua sisi berlawanan. Ada garis tunggal, ada garis ganda, juga ada ruang yang memberi jarak antara pelaku dan penerima servis.

TEKNIK DASAR BERMAIN BULU TANGKIS1.Cara memegang raket (Grip)a.Cara Memegang RaketForehand1. Pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping. Pegang raket dengan cara seperti ''jabat tangan''. Bentuk ''V'' tangan diletakkan pada bagian gagang raket.2. Tiga jari, yaitu jari tengan, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.3. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.

b. Cara Memegang RaketBackhandUntuk backhand griop, geser ''V'' tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

C.Cara memegang raket dengan model American grip Letakan raket di lantai, lalu ambil dan ambil dan peganganglah pada ujung tangkainya dengan cara memegang pukul kasur. Bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangakai yang luas, sedangkan permukaan raket sejajar dengan posisi lantai.

d.Cara memegang raketCombination Grip (Pegangan Campuran)

Combination grip adalah cara memegang raket dengan mengubah cara pegangan raket yang disesuakan dengan arah datangnya shuttleccok dan jenis pukulan. Model ini merupakan kombinasi antara forehand grip dan backhand grip.

2. Gerakan kaki (footwork)Kecepatan gerak kaki untuk bisa menghasilkan pukulan yang berkualitas. Gerak langkah ke depan, belakang, samping saat memukul kok dengan memperhatikan keseimbangan. Gerak langkah meluncur cepat sangat efektif dalam memukul da hindari berdiri dengan telapak kaki saat menunggu datangnya kok.

3. Sikap dan PosisiBerat badan tetap bertumpu pada kedua kaki agar seimbang. Tekuk kedua lutut dan berdiri dengan ujung kaki sehingga posisi pinggang tetap tegak. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu didepannya. Lengan dengan siku bengkok di samping badan sehingga lengan bagian atas yang memegang raket bebas bergerak. Kepala raket lebih tinggi dari kepala kita.

4.Hitting Position( posisi memukul )Overhead ( atas ) untuk right handed adalah posisi badan menyamping dengan arah net. Posisi kaki kanan di belakang kaki kiri. Saat memukul harus terjadi eprpindahan berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri. Posisi badan harus dibelakang bola yang akan dipukul. Untukunderheadposisi kaki kanan selalu di depan dan kaki kiri dibelakang. Lutut kanan dibengkokkan, kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul.Footworkmaju mundur.

5.Teknik Pukulana.Service adalah pukulan pertama yang harus dilakukan, bagaimana aturan service akan kita bahas di halaman berbeda, yang penting yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apa saja pukulan yang dapat dilalukan saat service. Ada beberapa pilhan pukulan saat service, yang pertama Low Service, memukul cock dengan pelan dari belakang garis service dan cock akan meluncur pelan dan hanya sedikit lebih tinggi dari net, cock akan jatuh di belakang garis service lawan. Yang kedua adalah Long Service, yaitu memukul cock sehingga cock akan melambung tinggi dan akan jatuh sedikit di depan batas service bagian belakang. Long Service dapat juga disebut flick service. Yang ketiga adalah drive service

b.Pukulan lob atau clearPukulan Clear adalah pukulan dari posisi belakang lapangan menuju posisi belakang lapangan lawan dengan cock masih berada di atas kepala lawan meskipun lawan sudah berdiri di posisi belakang lapangan, cock akan jatuh di posisi belakang lapangan lawan tidak jauh dari garis paling belakang.

C.Pukulan dropshotDrop berarti jatuh, drop shot adalah pukulan yang membuat cock terjatuh dekat dengan net lawan, pukulan ini cukup ampuh bila posisi lawan sedang agak jauh dari net, karena cock meluncur hanya sedikit lebih tinggi dari net maka cock cepat juga jatuhnya, bila lawan terlambat memukulnya kembali, cock akan segera jatuh.

d.Pukulan smashSmash adalah pukulan dari tengah atau dari belakang lapangan ketika cock masih berjarak cukup di atas kepala, cock yang dapat di smash adalah cock yang dipukul oleh lawan dengan pukulan clear atau flick, karena kedua pukulan ini menyebabkan cock melambung dan akan berada di atas kepala dengan jarak yang cukup memadai untuk dibalas dengan pukulan smash. Pukulan smash menyebabkan cock meluncur ke bawah dengan cepat, sehingga cock akan meluncur lurus dan tajam, cock akan jatuh ke bagian belakang atau tengah lapangan lawan.

e.Pukulan drive atau mendatarDrive adalah pukulan datar dan kecetapan sedang, dengan ketinggian sedikit di atas kepala, sejajar, atau sedikit di bawah kepala, pukulan drive dapat dilakukan dari arah belakang jika cock tidak cukup tinggi untuk di smash, atau dari arah tengah, dan bisa juga dari arah depan atau dekat net. Karena cock posisinya tidak terlalu tinggi, cock juga akan segera jatuh ke lapangan.

f.Permainan net kill (netting)Net kill adalah pukulan dari dekat net, biasanya net kill digunakan untuk membalas pukulan drop shot atau net shot, kecepatan dan arah cock mirip dengan smash, cock yang baru saja melewat net langsung dipukul dengan sudut seperti smash yaitu ke bawah, cock akan meluncur dengan lurus dan tajam.

Recommended

View more >