penyuluhan oke

Download Penyuluhan Oke

Post on 24-Dec-2015

216 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

N

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

..PERTUMBUHAN..

Apa itu PERTUMBUHAN ?Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisis anak dalam panjang/tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala.Berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran organ individu dan hal ini dapat diukur melalui ukuran berat, ukuran panjang, besar lingkaran kepala. Semua hal ini memerlukan proses pemantauan yang tepat.Pemantauan pertumbuhan berguna untuk menilai status gizi anak.

BAGAIMANA MELIHAT PERTUMBUHAN ANAK ??

BERAT BADAN

Untuk menilai hasil peningkatan atau penurunan semua jaringan yang ada pada tubuh (tulang, otot,lemak, cairan tubuh )Anak telanjang, popok pastikan kering/besih Taruh bayi di bagian tengah timbangan Di atas usia 36 bulan, gunakan alat timbang berdiri (anak berdiri tanpa pegangan)Anak atau remaja, kenakan baju tipis/ringanAnak-remaja, berdiri di bagian tengah timbangan

TUJUAN :CARA PENGUKURAN :

PERTUMBUHAN BERAT BADAN SESUAI USIA

TINGGI BADAN

Pengukuran tinggi badan untuk menilai status perbaikan gizi disamping faktor genetik.TB meningkat sampai tinggi maksimal dicapai, meningkat pesat pada usia bayi dan remaja dan berhenti pada usia 18 20 tahun

LINGKARKEPALA

Lingkar kepala anak diukur dengan menggunakan grafik lingkar kepala Nelhaus (1968).Grafik bayi laki-laki cukup bulan dimulai dengan ukuran 32-38 cm, sedangkan grafik bayi perempuan cukup bulan dimulai dari ukuran 31-37 cm.Lingkar kepala di bawah -2 SD disebut mikrosefali dan bila ukurannya di atas +2 SD disebut makrosefali.Lingkar kepala diukur setiap bulan pada tahun pertama, setiap 3 bulan pada tahun ke dua, dan setiap 6 bulan pada usia 3 sampai 5 tahun.

TUMBUH

1. Perubahan proporsi bentuk tubuh sejak 2 bulan masa fetal dewasa

2. Kurva kecepatan pertumbuhan tinggi badan (lahir dewasa)Masa pertumbuhan cepat: (0-2 th)Masa pertumbuhan lambat: (2-12 th)Masa pertumbuhan cepat kembali: (12-18 th)Masa pertumbuhan lambat ( berhenti): laki: 20 th, pr: 18 th

PERTUMBUHAN ALAT REPRODUKSIPerubahan primer pada masa pubertas adalah tanda-tanda/perubahan yang menentukan sudah mulai berfungsi optimalnya organ reproduksi pada manusia.

Pada pria Gonad atau testis yang terletak di skrotum, di luar tubuh, pada usia 14 tahun baru sekitar 10% dari ukuran matang. Kemudian terjadi pertumbuhan pesat selama 1 atau 2 tahun, setelah itu pertumbuhan menurun, testis sudah berkembang penuh pada usia 20 atau 21 tahun. Kalau fungsi organ-organ pria sudah matang, maka biasanya mulai terjadi mimpi basah.Pada wanita - Semua organ reproduksi wanita tumbuh selama masa puber, meskipun dalam tingkat kecepatan yang berbeda. Berat uterus anak usia 11 atau 12 tahun berkisar 5,3 gram, pada usia 16 rata-rata beratnya 43 gram. Tuba falopi,dan vagina juga tumbuh pesat pada saat ini. Petunjuk pertama bahwa mekanisme reproduksi anak perempuan menjadi matang adalah datangnya menstruasi.

Perubahan sekunder pada masa pubertasadalah perubahan-perubahan yang menyertai perubahan primer yang terlihat dari luar.

Pada perempuan: lengan dan tungkai kaki bertambah panjang, pertumbuhan payudara, tumbuh bulu-bulu halus disekitar ketiak dan vagina, panggul mulai melebar, tangan dan kaki bertambah besar, tulang-tulang wajah mulai memanjang dan membesar.

Pada pria: lengan dan tungkai kaki bertambah panjang, tangan dan kaki bertambah besar; pundak dan dada bertambah besar dan membidang, otot menguat, tulang wajah memanjang dan membesar tidak tampak seperti anak kecil lagi, tumbuh jakun, tumbuh rambut-rambut di ketiak, sekitar muka dan sekitar kemaluan, suara menjadi besar; keringat bertambah banyak; kulit dan rambut mulai berminyak.