pengertian · web view terdiri dari segitiga siku sama kaki dan sebuah segitiga siku 60 dan...

Click here to load reader

Post on 22-Jul-2020

2 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Pengertian

GAMBAR TEKNIK

Gambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud dari seorang sarjana teknik. Oleh karena itu gambar sering juga disebut sebagai “bahasa teknik” atau “bahasa untuk sarjana teknik”.

Perbandingan antara bahasa dan gambar diperlihatkan pada tabel di bawah ini. Seperti tampak pada tabel, standar gambar merupakan tata bahasa dari suatu bahasa.

Penerusan informasi adalah fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar. Gambar bagaimanapun juga adalah “bahasa teknik”, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif.

Dalam hal bahasa, kalimat pendek dan ringkas harus mencakup keterangan-keterangan dan pikiran-pikiran yang berlimpah. Hal ini hanya dapat dicapai oleh kemampuan, karir dan watak dari penulis. Di lain pihak keterangan dan pikiran demikian hanya dapat dimengerti oleh pembaca yang terdidik.

Keterangan-keterangan dalam gambar, yang tidak dapat dinyatakan dalam bahasa, harus diberikan secukupnya sebagai lambang-lambang. Oleh karena itu, berapa banyak dan berapa tinggi mutu keterangan yang dapat diberikan dalam gambar, tergantung dari bakat perancang gambar (design drafter). Sebagai juru gambar sangat penting untuk memberikan gambar yang “tepat” dengan mempertimbangkan pembacanya. Untuk pembaca, penting juga berapa banyak keterangan yang dapat dibacanya dengan teliti dari gambar.

Tabel 5.1 Bahasa dan Gambar

Lisan

Kalimat

Gambar

Indra

Akustik

Visual

Visual

Ekspresi

Suara

Kalimat

Gambar

Aturan

Tata Bahasa

Standar Gambar

A. ALAT GAMBAR TEKNIK

1. PENGGARIS

Untuk menggambar diperlukan bermacam-macam penggaris, antara lain penggaris T, segitiga,

a. Penggaris Segitiga

Terdiri dari segitiga siku sama kaki dan sebuah segitiga siku 60° dan diginakan untuk membuat garis-garis sejajar, sudut-sudut istimewa dan garis yang saling tegak lurus.

Perlu diperhatikan pada saat menggunakan mistar segitiga pensil harus runcing dan bulat lurus, karena hampir semua mistar segitiga bertepi dan bersiku terhadap tebalnya; jadi pada gerakan penarikan garis gambar sebaiknya dilakukan dengan cara memutar pensil supaya didapatkan garis gambar merata.

Jenis mistar ada 450 dan mistar 600 keduanya adalah segitiga siku-siku

Gambar.1 penggaris t dan segitiga dalam penggunaan

b. Penggaris –T

Sebuah penggaris – T terdiri dari sebuah kepala dan sebuah daun. Garis-garis horizontal ditarik dengan penggaris –T ini, dengan menekankan kepalanya pada tepi kiri dari meja gambar, dan menggesernya keatas atau ke bawah. Supaya hasil dari garis-garis dapat sejajar benar, kepala dari penggaris ini harus betul-betul diikat pada daunnya.

Gambar. 2. Mistar Gambar

Gambar.3. Cara menggunakan penggaris T

2. JANGKA

Macam-macam jangka teknik

a. Jangka gambar

Jangka gambar adalah alat untuk membuat lingkaran dan mencari garis tengah.

Pada saat menggunakan jangka pada saat memutar kepala jangka hendaknya jangka itu agak miring ± 600 hal dilakukan supaya jarum tidak lepas pada titik pusatnya.

Cara menggunakan jangka

1. Disesuaikan dengan ukuran obyek yang digambar, misalnya jangka besar untuk menggambar lingkaran berdiameter 100-200 mm; jangka menengah untuk lingkaran 20-100 mm; dan jangka kecil untuk lingkaran berdiameter 5-30 mm.

2. Disesuaikan dengan fungsinya, karena setiap jangka belum tentu berfungsi untuk menggambar lingkaran, misalnya jangka ukur lebih tepat digunakan untuk membuat ukuran obyek (benda yang digambar).

Gambar bagian jangka

Berdasarkan penggunaannya jangka terbagi atas:

1) Jangka besar, digunakan untuk menggambar lingkaran dengan diameter 100 sampai 200 mm.

2) Jangka menengah, digunakan untuk menggambar lingkaran dengan diameter 20 sampai 100 mm.

3) Jangka kecil, digunakan untuk menggambar lingkaran dengan diameter 5 sampai 30 mm.

b. Jangka titik

Jangka penitik adalah sebuah jangka yang digunakan sebagai alat untuk menitik atau meraba dan untuk menentukan jarak antara titik atau antara garis sesuatu gambar teknik. Jangka ini terdiri dari jarum yang tajam. Jangka penitik adalah sebuah jangka yang digunakan sebagai alat untuk meneliti atau meraba; untuk menentukan jarak antar titik atau antar garis sesuatu gambar teknik. Jangka ini merupakan sebuah jangka yang kedua belah ujungnya terdiri dari jarum yang tajam, seperti terlihat pada gambar dibawah Cara untuk menentukan sesuatu jarak antar titik atau garis yang hendak ditarik dalam gambar cukup dengan menguraikan di atas mistar pengukur hingga rnendapatkan jarak titik yang dikehendaki yang kemudian dipindahkan di atas kertas gambar. Sebaliknya apabila akan meneliti atau mengukur sesuatu

3. PENSIL

Pensil adalah alat gambar yang paling banyak dipakai untuk latihan menggambar atau menggambar gambar teknik dasar. Pensil gambar terdiri dari batang pensil dan isi pensil.

Pensil gambar yang diproduksi pabrik mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda-beda. Tingkat kekerasan tersebut dilambangkan dengan huruf yang merupakan singkatan dari Bahasa Inggris seperti: F untuk Firm, H untuk Hard dan B untuk Black.

Ada tiga golongan kekerasan pensil, yang masing-masing dibagi lagi dalam tingkat kekerasan. Golongan tersebut adalah keras (H), sedang (F) dan lunak (B). Golongan keras dari 9H sampai 4H, golongan sedang dari 3H sampai B dan golongan lunak dari 2B sampai dengan 7B. Sayang sekali derajat kekerasan pensil ini masih belum di standarkan sepenuhnya, karena itu dianjurkan untuk menggunakan satu merk pensil saja agar lebih tepat derajat kekerasannya.

Untuk belajar gambar dianjurkan menggunakan pensil dengan tingkat kekerasan H dan 2H dimana H digunakan untuk menggambar garis yang tipis dan 2H untuk menebalkan garis.

Untuk mendapatkan garis dengan ketebalan yang merata dari ujung ke ujung, maka kedudukan pensil batang sewaktu menarik garis harus dimiringkan 60° dan selama menarik garis, pensil diputar dengan telunjuk dan ibu jari.

Cara lain menggunakan pensil

a. Pensil tegak lurus dengan bidang gambar

b. Bila digunakan untuk menarik garis, saat memegangnya sambil diputar.

c. Selalu dijaga tingkat ketebalan dan kehitamannya agar tetap konstan (terutama untuk pensil non mekanis).

Pensil Gambar Berdasarkan Bentuk

1) Pensil Batang

Pada pensil ini, antara isi dan batangnya menyatu. Untuk menggunakan pensil ini harus diraut terlebih dahulu. Habisnya isi pensil bersamaan dengan habisnya batang pensil.

Gambar pensil batang

Gambar pensil batang dan ujung pensil (benar, benar, salah)

2) Pensil Mekanik

Pensil mekanik, antara batang dan isi pensil terpisah. Jika Isi pensil habis dapat diisi ulang. Batang pensil tetap tidak bisa habis. Pensil mekanik memiliki ukuran berdasarkan diameter mata pensil, misalnya 0.3 mm, 0.5 mm dan 1.0 mm. Gambar pensil mekanik dapat dilihat pada gambar

Untuk membuat garis menggunakan pensil mekanik, posisi pensil harus tegak lurus, supaya garis yang dihasilkan mempunyai ketebalan yang sama. Hal yang perlu diingat adalah jangan memanjangkan isi pensil terlalu panjang karena isi pensil akan mudah patah atau putus.

Gambar pensil mekanik

4. Mal Gambar

Mal digunakan untuk memudahkan dan mengefisienkan waktu dalam pengerjaan gambar dalam bentuk lingkaran-lingkaran kecil, ellips, segi enam dan garis-garis lengkung lainnya. Mal yang beredar saat ini banyak terbuat dari plastik dan mika bening yang ukurannya dibuat berdasarkan standar.

Jenis-jenis mal tersebut antara lain:

a. Mal Huruf dan Angka

Mal huruf dan angka adalah sebuah alat gambar yang digunakan untuk menggambar huruf dan angka, agar diperoleh tulisan yang rapi dan seragam dan mengikuti standar ISO.

Gambar Mal huruf dan angka

b. Mal Lengkung

Mal lengkung berfungsi untuk melukiskan garis-garis lengkung istimewa yang tidak bisa dilukiskan oleh jangka dan alat lainnya, seperti garis lengkung diagram dan grafik

Gambar Mal huruf dan angka

c. Mal Lingkaran

Untuk membuat lingkaran-lingkaran kecil selain menggunakan jangka orleon dan jangka pegas, juga dapat dilakukan dengan mal lingkaran. Lingkaran kecil yang dapat dibuat dengan menggunakan mal lingkaran mulai dari diameter 1 mm sampai dengan 36 mm.

Gambar Mal huruf dan angka

d. Mal Bentuk

Untuk membuat gambar geometri dan simbol-simbol tertentu dengan cepat digunakan mal bentuk.

Gambar Mal huruf dan angka

e. Mal Ellips

Mal ellips digunakan untuk membuat bentuk ellips-ellips kecil. Sama dengan mal lingkaran, mal ellips juga dilengkapi dengan empat garis sumbu.

Gambar Mal huruf dan angka

5. Penghapus Dan Pelindung Penghapus

Penghapus terbuat dari karet atau plastik dan digunakan untuk membuang atau menghapus garis yang salah. Penghapus yang baik harus dapat menghilangkan garis garis yang tidak diinginkan dan tidak merusak kertasnya.

Pelindung penghapus ini dipakai bila kita ingin menghilangkan garis salah, dimana garis ini berdekatan dengan garis-garis lain yang diperlukan. Dengan alat ini garis-garis yang perlu dapat terlindung dari penghapusan

Gambar Mal huruf dan angka

6. Papan Gambar dan Meja Gambar

Papan gambar adalah papan yang digunakan untuk landasan kertas gambar. Papan gambar terbuat dari papan kayu atau bahan lain yang mempunyai sifat-sifat setaraf, sedangkan jenis kayu papan gambar yang baik harus berpori dan berserat halus, lagi pula tidak akan meliuk dalam perubahan suhu dan cuaca yang bagaimanapun. Meng

View more