pengertian ilmu ekonomi 1. kelangkaan (scarcity), menyangkut : - kuantitas sesuai kebutuhan

of 23/23
A. PENGERTIAN ILMU EKONOMI 1. KELANGKAAN (SCARCITY), MENYANGKUT : - KUANTITAS SESUAI KEBUTUHAN - KUALITAS BAIK - DI SETIAP TEMPAT - KAPAN SAJA (WAKTU) DIBUTUHKAN 2. PILIHAN-PILIHAN (CHOICE) 3. BIAYA KESEMPATAN (OPORTUNITY COST)

Post on 21-Mar-2016

295 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Pengertian Ilmu Ekonomi 1. Kelangkaan (Scarcity), menyangkut : - kuantitas sesuai kebutuhan - Kualitas baik - di setiap Tempat - kapan saja (Waktu) dibutuhkan 2. Pilihan-pilihan (choice) 3. Biaya Kesempatan ( oportunity cost). Kesimpulan - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

ILMU EKONOMI

Pengertian Ilmu Ekonomi1. Kelangkaan (Scarcity), menyangkut : - kuantitas sesuai kebutuhan - Kualitas baik - di setiap Tempat - kapan saja (Waktu) dibutuhkan2. Pilihan-pilihan (choice) 3. Biaya Kesempatan (oportunity cost)

1KesimpulanIlmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya-sumber daya yang langka (dengan dan tanpa uang), dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya. B. Masalah-masalah EkonomiBarang apa yang harus diproduksi dan Berapa banyak ??Bagaimana cara memproduksinyaUntuk siapa barang dan jasa diproduksi?Page #C. Mengapa Belajar Ilmu EkonomiMemperbaiki cara berpikir yang membantu dalam pengambilan keputusanHarta yang sangat berharga dalam diri manusia adalah pikiran. Dengan pikiran kita mampu menganalisis, menilai benar salah, baik buruk dan menentukan pilihan. Metode-metode dalam ilmu ekonomi akan meningkatkan kemampuan berpikir dan mengambil keputusan.Membantu memahami masyarakatsebagai mahluk sosial kita tidak pernah berhenti berinteraksi. Menurut ilmu ekonomi interaksi manusia terjadi lewat pertukaran (pasar). Sejarah mengatakan bahwa melalui pertukaran manusia berupaya mengatasi kelangkaan.

LOGOClick to edit Master text stylesSambungan.Membantu memahami masalah-masalah internasional (global)Di tingkat internasional interaksi antar individu secara langsung tidak terjadi tetapi lebih mewakili kelompok (negara/perusahaan). Bermanfaat dalam membangun masyarakat demokrasiEkonom memandang demokratisasi sangat penting dalam rangka memperbaiki alokasi sumber daya, karena lebih mencerminkan aspirasi masyarakat kebanyakan.

LOGOClick to edit Master text stylesD. Metodologi Ilmu EkonomiTeori EkonomiTeori adalah pernyataan atau sekumpulan pernyataan tentang sebab akibat, aksi-reaksiDaya guna dan validitas sebuah teori diukur dari kemampuan dan keakuratannya menjelaskan dan memprediksi gejala-gejala yang diamati

2. Model EkonomiPendapatan RT:Upah, bunga, sewa,dividenPerusahaanFaktor Produksi RT:Tenaga kerja, modal, tanah, kewirausahaanOutput Perusahaan :Barang dan jasaPendapatan Perusahaan :Konsumsi Rumah tanggaRumah tanggaABCD3. Metode Deduktif dan InduktifMetode deduktif adalah metode pengambilan keputusan untuk hal-hal khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum. Mis. Bila harga suatu barang meningkat maka permintaan akan barang tersebut menurun.Metode Induktif adalah mengambil kesimpulan untuk hal-hal umum dari hal khusus. 4. Ceteris Paribus dan Fallacy of Composition Yang dmaksud ceteris paribus adalah dalam analisis ekonomi (hubungan dua variabel) harus disadari bahwa kesimpulan yang ditarik berdasarkan asumsi variabel-variabel lain dianggap tidak berubah. contoh : jika permintaan thd jasa bus antar kota akan turun jika harga tiket naik, dg asumsi harga tiket Kereta Api tidak berubah.

Fallacy of Composition adalah apa yang baik dalam skala kecil belum tentu baik dalam skala besar(keseluruhan).misal : hemat itu baik untuk individu, tetapi jika semua orang berhemat maka permintaan agregat rendah & pertumbuhan ekonomi pun rendah.

5. Ekonomi Positif dan Ekonomi Normatif contoh Pernyataan Ekonomi positif Apabila produksi semen turun maka harganya akan naikContoh pernyataan normatif Usaha menaikkan kesejhateraan masyarakat harus dilakukan dg berusaha agar tambahan pendapatan dinikmati secara merata oleh seluruh golongan pendudukD. Perkembangan Ilmu EkonomiKata ekonomi berasal dari kata bahasa Yunani yaitu Oikos Nomos yg artinya menurut orang-orang barat adl Management of household or estate (tata laksana rumah tangga atau kepemilikan)

Ilmu ekonomi diberi gelar the oldest art, and the newest science (Seni yg tertua & Ilmu Pengetahuan yg termuda).

Salah satu filosof yg terkenal adl : ARISTOTELES(384 322 SM) cucu Socrates murid Plato, teorinya yg terkenal adl : pada setiap barang yg kita miliki terdapat dua manfaat/penggunaan yaitu nilai pakai & nilai tukar. Teorinya ini dikenal dg nama Teori Nilai

ARISTOTELES dijuluki sebagai Ahli Ekonomi yg pertama.

Perkembangan selanjutnya.Pada zaman pertengahan sebelum zaman renaissance, Dimana Gereja Menguasai kegiatan perekonomian. Kaum pedagang dianggap penjahat & pencuri, hanya karena mereka mengambil laba dari usahanya.

Dasar kegiatan ekonomi adalah pada agama. Salah satu tokoh gereja yg terkenal adl St. Thomas Aquinas (1225 1274) menyatakan bahwa :- Waktu adalah milik Tuhan shg tidak boleh / jgn dijual dg uang.- Seseorang miskin itu karena sudah ditakdirkan oleh sang pencipta

Pada zaman renaissance (kebangkitan) yg dipelopori oleh para bangsawan & para pedagang terjadi pemberontakan thd kekuasaan gereja, itulah awal merebaknya paham sekularisme & keluarnya ilmu pengetahuan dari nuansa agama & ketuhanan.Paham MerkantilisPaham Merkantilis artinya jual beli / saudagarMuncul pada abad pertengahan dimasa kekuasaan Raja-Raja.Pelopornya adl Jean Baptiste Colbert yg merupakan Menteri Keuangan Raja Lodewijk XIV dari Perancis.

Paham ini menghendaki sistem perekonomian dimana negara ikut campur seluas-luasnya thd dunia usaha & meningkatkan perdagangan Luar negeri.Sumber kekayaan negara adl Commerce (perdagangan).Keburukannya Para bangsawan dibebaskan dari Pajak tetapi petani & rakyat jelata harus membayarnyaPaham FisiokratPaham ini ditentang Paham Fisiokrat yg dipelopori oleh Francois Quesnay. Beliau merup. Dokter pribadi Raja Lodewijk XV. Paham fisiokrat artinya Alam penguasa kekayaan.Paham ini menekankan bahwa hanya pertanianlah yg dpt menghasilkan kekayaan dan pajak harus ditanggung oleh Pemilik Tanah.Paham fisiokrat didukung oleh :- John Locke, seorang negarawan yg menyerukan pentingnya kebebasan politik.

- Sir Isaac Newton, teorinya mengatakan bhw bumi,planet2,bintang2, msg2 berikut massa, kecepatan & gravitasinya semuanya itu berjalan teratur & harmonis. Oleh karena itu manusiapun hrs dibiarkan bebas berusaha, supaya juga tjd keharmonisan

- Hugo grotius, terkenal sbg Bapak Hukum Internasionalmenekankan agar diusahakan terjadinya hukum2 alamiah bagi masy & kebebasan manusiawi.Teori Ekonomi KlasikPada Tahun 1723-1790 seorang Profesor dari Skotlandia yg bekerja sbg Atase Perdagangan Kedutaan Besar Inggris di Prancis. Yg bernama ADAM SMITH menerbitkan buku pada Tahun 1776 yg berjudul Inquiri into the nature and causes of the wealth of nations , perekonomian adalah sebuah sistem yang memiliki kemampuan penstabil otomatis untuk mnjaga keseimbangannya. Sehingga beliau dijuluki Bapak Ilmu Ekonomi modern.

Tokoh-Tokoh Teori Ekonomi KlasikJean Baptiste Say (1767-1832) adalah seorang ekonom Prancis yang melontarkan pendapat yg sekarang dikenal dengan Hukum Say yaitu barang dan jasa yang diproduksi pasti terserap oleh permintaan sampai tercapai keseimbangan pasar.Thomas Robert Malthus adalah seorang pakar yg dijuluki Bapak Ilmu PendudukDavid Richardo terkenal dg teori Hukum hasil yg semakin menurun.

Revolusi KeynesTerjadinya kelesuan ekonomi dunia pada tahun 1929-1933 yang dikenal dengan great depression yang terjadi dalam waktu yang lama menyebabkan timbul masalah-masalah baru.Seorang ekonom Inggris bernama John maynard Keynes melalui bukunya yang berjudul The general theory of employment, interest and money yang terbit pada tahun 1936. Revolusi Keynes sambungan..Pokok pikiran teori keynes :Diperhatikannya dimensi global (makro) dalam analisis ilmu ekonomi.Pentingnya Peranan pemerintah dalam analisis kebijakan ekonomi melalui kebijakan yg disebut KEBIJAKAN FISKAL.Perlunya studi-studi empiris sehingga tidak lagi menggunakan metode deduktif tetapi metode induktif.

Keynes dihormati sebagai Bapak Ilmu Ekonomi makro sekaligus ekonom perintis studi induktif.ALIRAN EKONOMI NEO KLASIKDipelopori oleh John Stuart Mills (1848)Aliran ini berpendapat bhw jika terjadi masalah dlm perekonomian, biar perekonomian itu sendiri yg memperbaikinya.Diperkenalkannya KEBIJAKAN MONETER yaitu jika timbul masalah ekonomi, maka cukuplah diadakan penyesuaian2 di bidang moneter saja spt : menyesuaikan jumlah uang yang beredar & suku bunga.Maka paham ini disebut juga Paham Monetarism.E. Ruang Lingkup Ilmu EkonomiTeori Ekonomi MikroDisebut juga dg PRICE THEORY (Teori Harga) atau THEORY OF FIRM (Teori tentang perusahaan).Interaksi di pasar barangTingkah laku pembeli dan penjualInteraksi di pasar faktor Produksi

Teori Ekonomi MakroDisebut juga dg EMPLOYMENT THEORY (Teori Kesempatan Kerja) tujuan pembahasanya adl keadaan Full EmploymentPenentuan tingkat kegiatan perekonomian negaraPengeluaran AgregatMengatasi pengangguran dan inflasi