pengantar teknologi informasi

Download PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Post on 07-Aug-2015

68 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PD

F -X C h a n ge

PD

F -X C h a n ge

O W !

N

y

bu

to

k

lic

C

m

C

lic

k

to

bu

y

N.c

O W !

w

.d o

c u -tr a c k

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

w

o

.d o

c u -tr a c k

.c

BAB I Informasi dan Sistem Informasi1.1 DataData adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Data bisa merupakan bahan untuk diskusi, pengambilan keputusan, perhitungan, atau pengukuran. Bentuk data adalah kumpulan huruf-huruf dalam bentuk kata atau kalimat, suara, gambar diam dan bergerak, baik dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Data dapat berupa angka-angka, simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Contoh : Data Hasil Informasi : jam kerja para karyawan, tarif para karyawan perjamnya, : penghasilan kotor tiap karyawan : jumlah gaji yang harus dibayar oleh perusahaan

1.2 InformasiInformasi adalah hasil dari pengolahan data, tetapi tidak semua hasil pengolahan tersebut bisa menjadi informasi, Tiga hal penting yang harus diperhatikan yaitu: Informasi merupakan hasil pengolahan data. Memberikan makna atau arti. Berguna atau bermanfaat Sedangkan Mc Leod mengatakan suatu informasi yang berkualitas harus memiliki ciri-ciri : Akurat artinya informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Pengujian terhadap ini biasanya dilakukan melalui pengujian yang dilakukan dua orang atau lebih yang berbeda dan apabila hasil pengujian tersebut menghasilkan hasil yang sama maka dianggap data tersebut akurat. Tepat waktu artinya informasi itu tersedia atau ada pada saat informasi tersebut diperlukan. Relevan artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika kebutuhan informasi ini untuk suatu organisasi maka informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi diberbagai tingkatan dan bagian yang ada dalam organisai tersebut.

Halaman : 1

o

m

ww

ww

PD

F -X C h a n ge

PD

F -X C h a n ge

O W !

N

y

bu

to

k

lic

C

m

C

lic

k

to

bu

y

N.c

O W !

w

.d o

c u -tr a c k

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Lengkap artinya informasi harus diberikan secara lengkap.Misalnya informasi tentang penjualan tidak ada bulannya atau tidak ada data fakturnya.

w

o

.d o

c u -tr a c k

.c

1.3 Hubungan Data dan InformasiPengolahan data adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti berupa suatu Informasi. Informasi adalah hasil dari kegiatan Pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berartidari sauatu kejadian. Jadi Pengolahan Data Elektronik adalah Manipulasi dari data kedalam bentuk yang yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat Elektronik, yaitu Komputer. Dalam pengembangan sistem informasi orang banyak terjebak dalam situasi dimana mereka mengumpulkan data terlebih dahulu tanpa tahu informasi yang diperlukan, karena dalam menghasilkan informasi kita terlebih dahulu harus tahu informasi yang diperlukan selanjutnya kita harus tahu bagaimana mengolah suatu data menjadi informasi. Jika informasi yang diperlukan sudah ditentukan dengan baik dan tidak ada masalah dibidang pengolahan maka selanjutnya kita baru menentukan data apa yang harus disediakan. Definisi bahwa informasi merupakan hasil pengolahan data melahirkan pemikiran lain.Apakah suatu proses pengolahan data hanya terjadi satu kali?, bagaimana kalau setelah diproses, diproses lagi ? apakah informasi hasil pengolahan yang diolah kembali tetap merupakan informasi atau menjadi data.

Data

Proses

Informasi

Gambar 1.1 Model dasar system informasi

Data

Proses

Info ?

A

ProsesA/B A:A Sesaat kemudian

Info

Gambar 1.2 Perbedaan data dan informasi Pada saat tertentu data dan informasi berbeda. Tetapi pada saat yang lain sesuatu yang telah menjadi informasi mungkin menjadi data pada pengolahan selanjutnya, atau sesuatu yang menjadi informasi bagi si A, bagi si B mungkin merupakan data yang harus diolah lebih lanjut guna menghasilkan informasi.Halaman : 2

o

m

ww

ww

PD

F -X C h a n ge

PD

F -X C h a n ge

O W !

N

y

bu

to

k

lic

C

m

C

lic

k

to

bu

y

N.c

O W !

w

.d o

c u -tr a c k

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

w

o

.d o

c u -tr a c k

.c

1.4. Definisi Sistem informasiSystem adalah kumpulan dari subsistem apapun baik phisik maupun non phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerjasama secara harmonis untu mencapai satu tujuan.Sedangkan informasi didefinisikan sebagai hasil pengolahan data yang berarti dan bermanfaat, jadi dari kedua definisi ini dapat menarik suatu definisi baru dari system informasi sebagai kumpulan dari subsistem apapun baik phisik dan nonphisik yang saling berhubungansatu sama lain dan bekerjasama satu sama lain secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna. Laudon dalam bukunya Management informasi system:New approaches to Organization & Technology mengatakan bahwa system informasi merupakan komponen-komponen yang saling berhubungan dan bekerjasama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi tersebut untuk mendukung proses pengambilan keputusan, koordinasi, dan pengendalian. McKeown dalam bukunyaManagement information system:Managing with computers menyatakan bahwa system informasi merupakan gabungan dari komputer dan user yang mengelola perubahan data menjadi informasi serta menyimpan data dan informasi tersebut.

1.5 Alat pengolah dalam Sistem informasiMateri ini dibahas lebih mendetail dibidang psikologi dan kecerdasan buatan ( Artificial Intelegence ). Karena itu di dalam menyusun urutan daftar alat pengolah suatu sistem informasi, susunannya diawali dengan otak sebagai alat pengolah petama yang digunakan oleh manusia, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Data

ProsesAlat pemroses/pengolah data: Otak (Utama) Manual (Bantuan) Mekanik (Bantuan) Elektrik (Bantuan) Elektronik (Bantuan)

Informasi

Gambar 1.3 Alat-alat pengolah dalam sistem informasi

1.5.1. OtakManusia dalam otaknya memiliki dua macam memori , yaitu memori jangka panjang dan jangka pendek.Maltin mengatakan memori jangka pendek adalah memori yang kita gunakan saat kita bekerja atau berdiskusi sedangkan memori jangka panjang digunakan untuk jangka waktu yang lama.Memori jangkaHalaman : 3

o

m

ww

ww

PD

F -X C h a n ge

PD

F -X C h a n ge

O W !

N

y

bu

to

k

lic

C

m

C

lic

k

to

bu

y

N.c

O W !

w

.d o

c u -tr a c k

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI pendek hanya mampu mengingat kurang dari 13 detik sedangkan memori jangka panjang mengingat jauh lebih lama.Rangsangan yang masuk melalui memori jangka pendek akan diteruskan ke memori jangka panjang tergantung kepada persepsi yang muncul. Winograd dan Flores dalam bukunya Computer and Cognition menyatakan bahwa bekerja itu pada dasarnya adalah melakukan sesuatu berdasarkan informasi yang masuk dan persepsi yang dimiliki,jadi dalam setiap aktivitas manusia mengambil keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan atau tidak melakukan sesuatu tergantung kepada informasi yang diterima oleh otaknya dan persepsi muncul tentang informasi tersebut berdasarkan informasi yang dimilikinya.

w

o

.d o

c u -tr a c k

.c

1.5.2 ManualSejak jaman dahulu umat manusia berusaha mencari alat bantu yang mampu untuk menambah kemampuannya untuk mengingat.Kemampuan mengingat pada waktu itu lebih banyak diperlukan untuk mengingat pada waktu itu lebih banyak diperlukan untuk mengingat masalah jumlah.Upaya itu muncul saat itu adalah membuat lambing-lambang yang mencerminkan jumlah yang dimilikinya, sebagai contoh mereka menggambar hewan di dinding gua untuk mengingat hewan yang mungkin dimilikinya. Perubahan peradaban dan kebutuhan menuntut mereka untuk menciptakan alat-alat baru yang dapat digunakan selain untuk mengolah data untuk mengingat, sehingga akhirnya mereka menemukan alat tulis menulis yang sangat modern saat itu seperti Abacus ( Shiphoa ) dan sampai saat ini masih kita pakai, yaitu pen dan ink dengan berbagai variasi produknya seperti ballpoint/pulpen dan lain sebagainya. Tetapi walaupun budaya manusia telah menemukan pen dan ink untuk membantu mengingat sesuatu akan tetapi peran otak manusia tetap sangat dominan untuk memahami cara menulis, membaca, dan menginterpresentasikan apa yang ditulis. Selain ink dan pen ada alat bantu manusia untuk mengingat dan mengolah apa yang diingatnya yang kita kenal sebagai alat manual. Dibarat dinamakan abacus sedang ditimur dinamakan shiphoa.

1.5.3 MekanikSeperti halnya alat bantu pengolah manual, munculnya alat bantu pengolah mekanik pun didesak kebutuhan diantaranya diperlukan suatu alat untuk bisa menghasilkan suatu tulisan lebih cepat,lebih rapih. Ada dua macam alat mekanik yang membantu otak manusia dalam menghasilkan suatu informasi saat itu yaitu mesin tik dan mesin penjumlah.

Halaman : 4

o

m

ww

ww

PD

F -X C h a n ge

PD

F -X C h a n ge

O W !

N

y