peng antar bio kim 2010

23
 Pendahuluan Apa itu Biokimia? Defnisi: Bios = Yunani, artinya “hidup” “Kimia mahluk hidup; Kimia yang terjadi dan menjadi ciri kehidupan “Biokimia adalah kimia dari !ahan"!ahan dan proses"proses yg terjadi dlm tu!uh mahluk hidup; se!agai upaya utk memahami proses kehidupan dari sisi kimia

Upload: muliii

Post on 06-Oct-2015

234 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

BIOKIMIA

TRANSCRIPT

  • PendahuluanApa itu Biokimia? Definisi:

    Bios = Yunani, artinya hidup Kimia mahluk hidup; Kimia yang terjadi dan menjadi ciri kehidupan.

    Biokimia adalah kimia dari bahan-bahan dan proses-proses yg terjadi dlm tubuh mahluk hidup; sebagai upaya utk memahami proses kehidupan dari sisi kimia.

  • Pemahaman bentuk dan fungsi biologis dari sudut pandang kimiaBertujuan utk memahami interaksi molekul-molekul tak hidup yg menghasilkan fenomena kompleks dan efisien yg menjadi ciri-ciri kehidupan serta menjelaskan keseragaman kimia dari kehidupan yg beragam.

  • Kebanyakan komponen kimia organisme hidup merupakan senyawa organik yg berunsur atom C, yang secara kovalen diikat oleh atom-atom C lainnya dan oleh H, O dan NBila komponen kimia organisme hidup diisolasi dan diteliti satu persatu, molekul-molekulnya adalah molekul-molekul yg pd dasarnya merupakan benda tdk hidup.

  • Karakteristik Zat Hidup

    1. Susunannya rumit ttp terorganisasi dan rapi. Struktur dlm yg teratur terdiri dari susunan molekul kimia organik yg kompleks Susunan ini sangat berbeda dari zat tak hidup yg ada disekelilingnya: tanah, air, batuan --- campuran yg tak teratur dari berbagai senyawa kimia sederhana.2. Fungsi khas dari setiap komponen didalamnya Organ-organ terdiri dari jaringan-jaringan . Jaringan terdiri dari sel, kesemuanya berfungsi secara kompleks.

  • 3. EnergiKeduanya menyerap energi : Zat hidup dan zat tak hidupZat hidup : Mampu utk mengekstrak, menggunakan dan mengubah energi lingkungannya dlm btk zat gizi organik atau energi pancaran sinar matahari, mampu membangun dan mempertahankan struktur kompleknya. Zat tak hidup : Tidak mampu menggunakan energi secara terencana utk mempertahankan strukturnya atau utk melakukan kerja, shg cenderung terurai utk mencapai keseimbangan dgn lingkungannya.

  • 4. Kemampuan utk berkembang biak Self Reflication Suatu sifat yg dipandang sebagai inti dari keadaan hidup. Zat tak hidup tdk mempunyai kemampuan utk tumbuh mengadakan reproduksi menjadi benda-benda yg sama dlm masa, btk dan struktur internalnya dari generasi ke generasi.

  • BiomolekulSenyawa organik pd organisme hidup sangat bervariasi dan banyak diantaranya yg molekulnya besar dan kompleks.Semua jenis molekul yg menyusun organisme hidup ini disebut biomolekul, yg satu dgn yang lain mengadakan reaksi dan interaksi shg memberikan ciri kehidupan pd organisme.

  • Dari hasil penelitian para ahli ternyata bahwa:biomolekul tersusun dari molekul yg sederhana, semua biomolekul di dlm organisme hidup menggunakan unit molekul penyusun yg sama, dan karenanya tampaknya diturunkan dari asal yg sama, identitas tiap spesies atau,organisme dipertahankan oleh sekumpulan asam nukleat dan protein, yg khas bagi organisme yg bersangkutan, dansemua biomolekul mempunyai fungsi spesifik di dlm sel

  • Fungsi Biomolekul di Dlm Sel1. Protein, (a) sebagai enzim, (b) sebagai alat transpor bahan makanan, (c) sebagai racun, (d) sebagai antibodi, (e) sebagai hormon, dan (f) sebagai pembentuk membran sel.2. Asam Nukleat (a) sebagai faktor genetika, (b) sebagai koenzim, (c) sebagai molekul penyimpan energi, (d) sebagai senyawa yg berperan dlm sintesis protein.

  • Fungsi Biomolekul di Dlm Sel3. Polisakarida (a) sumber energi, (b) sebagai energi cadangan dalam bentuk glikogen (c) sebagai komponen dalam struktur membran dan dinding sel.4. Lipid (a) pembentuk struktur membran sel (b) sebagai hormon, (c) sumber energi.

  • Tingkat (hierarki) dalam struktur sel

    Bagian yg paling sederhana dari suatu biomolekul adalah senyawa dasar yg disebut prekursor, seperti N2, CO2 atau H2O yang mempunyai bobot molekul 18 - 44. Molekul prekursor jauh lebih kecil dari makromolekul protein, dan sebaliknya bila dibandingkan dgn nukleus, protein jauh lebih kecil. Maka terdapat suatu urutan tingkatan dari molekul dasar (prekursor) sampai makromolekul yang bobot molekulnya sampai 109

  • HIRARKI SUSUNAN ORGANISASI SEL

    CO2H2ON2

    Sumber senyawaKimia disekeliling BM 18-44Senyawa antaraBM. 50-250Molekul pembentukBM. 100-350MakromolekulBM. 103 109Supra molekulBM. 106 - 109Organel sel Ribosa Asam Piruvat Asetat Karbamil - ketoMalatMalonatfosfat Mono nuk-Asam MonoAs. Lemakleotida amino sakaridagliserol Asam ProteinPoliLipidaNukleatSakarida Enzim kompleks RibosomaSistem kontroktil Lipo proteinInti sel Mithokhondria Kloroplas SEL

  • Sel

    Karena hampir semua reaksi biokimia berlangsung di dlm sel, maka utk, mempelajari biokimia mutlak diperlukan pengetahuan yg mendalam tentang struktur sel. Sel merupakan unit struktur dan fungsional organisme hidupOrganisme yg terkecil terdiri atas satu sel, dan disebut organisme monoseluler, sebaliknya manusia mengandung minimal 1014 sel , dan disebut organisme multiseluler

  • SelSel yg merupakan bagian dari organisme terdiri dari 3 tipe.1. Sel prokariotik. Contoh dari type ini adalah sel bakteri Escherichia coli 2. Sel eukariotik, seperi sel hepatosit atau sel hati. Kedua sel ini memperoleh energinya dari oksida molekul nutrien organik yang diperoleh dari sekitarnya3. sel fotosintetikmemperoleh energinya dari sinar matahari

  • SelBerdasarkan cara memperoleh energinya, maka sel dibagi 2, yaitu:Sel autotropik , yaitu yg memperoleh energi dari sinar matahari Sel ini memanfaatkan CO2 sebagai sumber C dan energi matahari sehingga membentuk gula. 6 CO2 + 6 H2O hv C6H12O6 + 6 O2 gula

  • Sel2. Sel heterotropik, ialah sel yg memperoleh energi dari lingkungannya dgn memecah molekul-molekul organik yang diterimanya dan menghasilkan energi

    C6H12O6 + 6 O2 6 CO2 + 6 H2 O

  • Struktur SelStruktur sel terdiri dari:Sel Prokariotik memiliki satu membran, tidak memiliki nukleus atau inti sel, dan juga tidak mempunyai organel lain yang bermembran seperti mitokondria atau retikulum endoplasmaSel prokariotik meliputi eubakteria., ganggang biru-hijau, spirokheta, rickettsia, dan organisme yang menyerupai mikoplasma atau pleuropnemonia. Sel prokariotik memperbanyak diri sebagian besar dengan pembelahan aseksual.

  • Struktur Sel2. Sel eukariotik Kebanyakan sel eukariotik 1000 - 10.000 kali lebih besar daripada sel prokariotik.Semua sel dari organisme tingkat tinggi seperti hewan dan tumbuhan, adalah sel eukariotik.Sel eukariotik mengandung satu inti yang memiliki membran.

  • Fungsi organel di dalam sel

    Membran sel Bersifat permeabel selektif. Di dalamnya terdapat sistem transpor aktif untuk Na+ dan K+, glukosa, asam-asam amino dan nutrien lain, serta enzim.Dinding sel Dinding sel juga bersifat permiabel selektif, shg molekul air, nutrien tertentu dan ion logam dpt mudah melewatinya. Inti sel atau Nukleus Di dalam inti sel terdapat DNA yang bergabung dgn histon dan terorganisasi di dlm kromosom

  • Fungsi organel di dlm selSelama mitosis, kromosom mengalami replikasi DNA dan memisahkan kromosom anakan. Di dalam nukleus terdapat nukleolus yang kaya akan RNA.Ribosom Ribosom adalah tempat sintesis protein.Mitokondria Mitokondria merupakan mesin tenaga dari sel, di mana karbohidrat, lipid dan asam-asam amino dioksidasi menjadi CO2 dan H2O.

  • Fungsi organel di dlm selBadan Golgi Badan golgi berfungsi mengeluarkan (ekskresi) produki sel seperti protein ke luar sel. Juga membantu pembentukan membran plasma dan membran lisosom.Lisosom.Fungsi lisosom di dalam sel adalah mencernakan bahan yg masuk sel dgn cara fagositosis atau pinositosis. Juga mencernakan bagian sel yang mati.

  • Fungsi organel di dlm selRetikulum endoplasma Protein disintesis dengan melekatnya ribosom di luar membran retikulum endoplasma. Sehingga retikulum endoplasma tidak hanya merupakan tempat sintesis protein, tetapi juga menyalurkan hasil sintesis ke dalam sitoplasma.

  • Fungsi organel di dlm selKloroplas adalah reseptor energi cahaya, dan kemudian mengubahnya menjadi energi kimia yaitu ATP untuk biosintesis glukosa,; atau biomolekul organik lain, dari karbondioksida, air dan prekursor lainVakuola. Vakuola merupakan tempat pembuangan sisa produksi sel, sehingga kadarnya makin lama makin besar dan kadang-kadang zat-zat tersebut mengkristal.

    * **