pencerahan tentang pengelola kompetisi dan pengelola pertandingan liga sepakbola

Download PENCERAHAN TENTANG PENGELOLA KOMPETISI DAN PENGELOLA PERTANDINGAN LIGA SEPAKBOLA

Post on 29-Oct-2015

196 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

PENCERAHAN TENTANG PENGELOLA KOMPETISI DAN PENGELOLA PERTANDINGAN LIGA SEPAKBOLA PADA WORKSHOP LIGA PENDIDIKAN INDONESIA 2013

TRANSCRIPT

PENCERAHAN TENTANGPENGELOLA KOMPETISI DAN PENGELOLA PERTANDINGAN LIGA SEPAKBOLA DI INDONESIA

OLEH : M. ACHWANI

WORKSHOP LIGA PENDIDIKAN INDONESIA PIALA PRESIDEN TINGKAT SMP SEDERAJATHOTEL TWIN PLAZA, JAKARTA, 24-26 JUNI 2013.

DAFTAR ISI/HALAMAN : PENGANTAR, 3 PENDAHULUAN, 4-5 GARIS BESAR TUGAS PENGELOLA KOMPETISI, 6 GARIS BESAR TUGAS PENGELOLA PERTANDINGAN, 7 PERSYARATAN DAN KEWAJIBAN TUAN RUMAH PENYELENGGARA PERTANDINGAN, 8 ORGANISASI PENGELOLA PERTANDINGAN/PANITIA PERTANDINGAN, 9 PATUT DIPERHATIKAN PENGELOLA PERTANDINGAN, 9 DAFTAR NAMA DELEGASI, OFISIAL PERTANDINGAN DAN PANITIA PERTANDINGAN, 10 AKOMODASI DAN TRANSPORTASI, 10 SEKRETARIAT PANITIA PERTANDINGAN DAN SEKRETARIAT PERTANDINGAN DI STADION, 11 INFORMASI BAGI PANITIA PERTANDINGAN, 11 LATIHAN DI STADION, 12 WASIT DAN PENGAWAS PERTANDINGAN, 12 AIR MINERAL, LONDRI DAN TANGGUNGAN PANITIA PERTANDINGAN, 12 PEMERIKSAAN STADION, LAPANGAN ALTERNATIF DAN LAPANGAN LATIHAN, 13 PERTEMUAN KOORDINASI PERTANDINGAN/PERTEMUAN TEKNIK, 14 PROTOKOL, GARIS BESAR SEREMONI SEBELUM PERTANDINGAN, 15 PERSIAPAN PADA HARI PERTANDINGAN, 16-17 BANGKU CADANGAN DAN AREA TEKNIK, 18 WAKTU ISTIRAHAT, 18 SETELAH PERTANDINGAN, KONPRENSI PERS, 19 FORMULIR-FORMULIR PERTANDINGAN, 20 URUTAN WAKTU MENUNJU TENDANGAN AWAL, 21 PENUTUP, 22.PENGANTAR

BADAN OTORITAS PENYELENGGARA KOMPETISI SEPAKBOLA DI INDONESIA YANG BERWENANG MELAKUKAN PENGELOLAAN KOMPETISI MENURUT JENJANGNYA IA DISEBUT PENGELOLA KOMPETISI, SALAH SATUNYA ADALAH BADAN LIGA SEPAKBOLA AMATIR INDONESIA (BLAI) SEBAGAI PENGELOLA KOMPETISI SELURUH JENJANG AMATIR DAN KELOMPOK USIA DI LINGKUNGAN PSSI.

SEDANGKAN PESERTA KOMPETISI ADALAH KLUB ANGGOTA PSSI, DIMANA BILA YANG BERSANGKUTAN BERTINDAK SEBAGAI TUAN RUMAH PENYELENGGARA PERTANDINGAN IA BERWENANG MELAKUKAN PENGELOLAAN PERTANDINGAN KANDANG, IA DISEBUT SEBAGAI PENGELOLA PERTANDINGAN.

SESUAI DENGAN KEWENANGAN YANG DIBERIKAN ORGANISASI SEPAKBOLA NASIONAL ATAU PSSI, PENGELOLA KOMPETISI BERTUGAS SERTA BERTANGGUNG JAWAB MENYIAPKAN, MENYELENGGARAKAN, MENGAWASI DAN MEMBUAT LAPORAN LENGKAP SEUSAI PENYELENGGARAAN KOMPETISI DISEMUA JENJANG YANG MENJADI KEWENANGANNYA.

SEDANGKAN PENGELOLA PERTANDINGAN BERKEWAJIBAN MELAKSANAKAN PERTANDINGAN SESUAI JADWAL BILA IA DITETAPKAN ATAU DITUNJUK OLEH PENGELOLA KOMPETISI SEBAGAI TUAN RUMAH PENYELENGGARA PERTANDINGAN PADA SISTEM PERTANDINGAN TURNAMEN KANDANG, ATAU PADA SISTEM PERTANDINGAN KANDANG-TANDANG SAAT MENJALANI PERTANDINGAN KANDANG.

BERKAITAN DENGAN PENGELOLA KOMPETISI, PENGELOLA PERTANDINGAN YANG DITUNJUK BERTUGAS, BERTANGGUNG JAWAB MENYIAPKAN DAN MELAKSANAKAN PERTANDINGAN. BERKEWAJIBAN MELAPORKAN SEUSAI PERTANDINGAN KANDANG YANG DILAKSANAKANNYA KEPADA PENGELOLA KOMPETISI, DENGAN MENERAPKAN ORGANISASI PERTANDINGAN STANDAR UNTUK MENGORGANISIR DAN MENATA RAPIH PERTANDINGAN, DENGAN TUJUAN AGAR PERTANDINGAN DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK, AMAN, TERTIB DAN LANCAR. PENDAHULUAN PENGELOLA KOMPETISI BEKERJA MENYIAPKAN, MENYELENGGARAKAN, MENGAWASI DAN MENETAPKAN TUAN RUMAH PENYELENGGARA PERTANDINGAN DAN BERKOORDINASI DENGAN PENGELOLA PERTANDINGAN ATAU PANITIA PERTANDINGAN LOKAL/PANPEL, YANG BEKERJA MENYIAPKAN DIRI SEJAK DITETAPKAN TUAN RUMAH PENYELENGGARA PERTANDINGAN DALAM SISTEM PERTANDINGAN TURNAMEN KANDANG, ATAU PADA SISTEM PERTANDINGAN KANDANG-TANDANG.

KLUB YANG BERSANGKUTAN SEJAK AWAL HARUS MENYUSUN DAN MENETAPKAN STRUKTUR, KOMPOSISI SERTA PERSONIL PANITIA PERTANDINGAN, YANG MEMILIKI PENGETAHUAN, KECAKAPAN DAN PENGALAMAN UNTUK MENDUKUNG KELANCARAN TUGAS MENURUT POSISI DAN FUNGSINYA MASING-MASING SERTA SESUAI PENGATURAN TUGAS DAN WEWENANG YANG DITETAPKAN BAGI ANGGOTA PANITIA PERTANDINGAN.

AGAR SEGERA BISA BEKERJA MENYIAPKAN SARANA FASILITAS YANG MEMENUHI PERSYARATAN DAN KEWAJIBAN SEBAGAI TUAN RUMAH PENYELENGGARA PERTANDINGAN, SEBAGAIMANA DIATUR DALAM PERATURAN UMUM PERTANDINGAN (PUP) PSSI, PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN (PKP) KOMPETISI SESUAI JENJANGNYA SERTA PERATURAN LAINNYA YANG ADA KAITANNYA DENGAN PERTANDINGAN.

SEMUA YANG DIKERJAKAN PENGELOLA PERTANDINGAN HARUS SESUAI DENGAN PERENCANAAN PROGRAM KEGIATAN, PENJADWALAN KEGIATAN DAN PENGANGGARAN YANG MATANG SESUAI KEBUTUHAN DAN KEMAMPUAN YANG ADA.

SUPAYA SEMUA TUGAS DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PENGELOLA PERTANDINGAN DAPAT DILAKSANAKAN DENGAN BAIK, IA PERLU MEMPERHATIKAN ATAU MENGGUNAKAN PANDUAN ORGANISASI PERTANDINGAN (MATCH ORGANISATION)/MANAJEMEN EVEN (EVENT MANAGEMENT) SEPERTI YANG DITERBITKAN AFC, ATAU DENGAN BEBERAPA PENYESUAIAN SEBAGAI REFERENSI SEBAGAIMANA DIPAPARKAN PADA TULISAN INI, YANG DAPAT DIPERGUNAKAN OLEH TUAN RUMAH PENYELENGGARA PERTANDINGAN (PENGELOLA PERTANDINGAN). OLEH KARENA ITU PENGELOLA PERTANDINGAN DIDALAM MENYUSUN PROGRAM KEGIATAN, DISAMPING MEMBUAT GARIS BESARNYA JUGA HARUS MEMBUAT DETIL PROGRAMNYA, SEHINGGA SEMUA ORANG YANG TERLIBAT DALAM PENGELOLAAN PERTANDINGAN MENJADI TAHU APA YANG AKAN DILAKUKAN, KAPAN HARUS DILAKUKAN, DIMANA DILAKUKANNYA, SIAPA YANG MELAKUKANNYA DAN SARANA FASILITAS APA YANG DIPERGUNAKAN.

PEKERJAAN YANG DILAKUKAN SEMUANYA HARUS TEPAT WAKTU, DITEMPAT YANG TELAH DITENTUKAN, DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BENAR-BENAR DITUGASKAN UNTUK KEPERLUAN ITU, DENGAN MEMPERGUNAKAN SARANA FASILITAS YANG TELAH DIPERSIAPKAN.

MEMBAGIKAN INFORMASI, MELAKUKAN KOMUNIKASI DAN KOORDINASI DIANTARA SEMUA YANG TERLIBAT DALAM PENGELOLAAN PERTANDINGAN HARUS DILAKUKAN TERUS MENERUS, DENGAN MAKSUD UNTUK MEMASTIKAN SEMUA DAPAT TERLAKSANA TEPAT WAKTU, MENCIPTAKAN KESELARASAN DAN KERJASAMA YANG BAIK DIANTARA ANGGOTA PANITIA PERTANDINGAN GUNA MENCAPAI TUJUAN YANG HENDAK DICAPAI YAITU PELAKSANAAN PERTANDINGAN YANG BERJALAN DENGAN BAIK, AMAN, TERTIB DAN LANCAR.

SUPAYA SEMUA PEKERJAAN BISA DILAKUKAN DENGAN BAIK DAN TUJUAN BISA DICAPAI, MAKA PANITIA PERTANDINGAN PERLU MENJADWALKAN SECARA BERKALA RAPAT PERSIAPAN ATAU PELATIHAN SDM, DIJADWALKAN SECARA MATRIK DAN KRONOLOGIS, GUNA MENYIAPKAN SEGALA SESUATUNYA DENGAN MATANG. JUGA LAKUKAN SETIAP SESUDAH PERTANDINGAN, UNTUK MENGEVALUASI MAUPUN PERBAIKAN PADA PERTANDINGAN BERIKUTNYA, SERTA MEMBUAT LAPORAN LENGKAP PELAKSANAAN PERTANDINGAN.

UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN SEBUAH ATAU SERANGKAIAN PERTANDINGAN YANG AKAN DILAKUKAN, MAKA DUKUNGAN ANGGARAN UNTUK MEMBIAYAI SEMUA PROGRAM KEGIATAN YANG TELAH DITETAPKAN SEBELUMNYA HARUSLAH MENCUKUPI.

LEBIH JAUH TENTANG PENGELOLA KOMPETISI DAN PENGELOLA PERTANDINGAN SBB : GARIS BESAR TUGAS PENGELOLA KOMPETISI

MEMBUAT PERENCANAAN KOMPETISI MENURUT JENJANGNYA, KALENDER KOMPETISI, FORMAT KOMPETISI, PROMOSI DAN DEGRADASI, BANYAKNYA KLUB PESERTA KOMPETISI, SISTEM PERTANDINGAN KOMPETISI PENUH KANDANG-TANDANG ATAU KOMPETISI SETENGAH TURNAMEN KANDANG, PEMBAGIAN WILAYAH ATAU PEMBAGIAN GRUP. WAKTU PENDAFTARAN KEIKUT SERTAAN KLUB PADA KOMPETISI DIMAKSUD. WAKTU PELAKSANAAN PENDAFTARAN PEMAIN, PENGESAHAN PEMAIN ATAU MELAKUKAN SKRINING TERLEBIH DAHULU BILA ADA BATAS USIA. MEMBUAT KARTU TANDA PENGENAL BAGI PEMAIN, OFISIAL, MEDIA, PANITIA PERTANDINGAN DLL. PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN, MANUAL KOMPETISI, JADWAL PERTANDINGAN, MENGENAI SPONSOR DLSB. MEMBUAT DAN MENGIRIMKAN SURAT PEMBERITAHUAN KEPADA SEMUA KLUB PESERTA PERIHAL KOMPETISI YANG AKAN DISELENGGARAKAN, BERIKUT SEMUA HAL YANG HARUS DIINFORMASIKAN KEPADA YANG BERSANGKUTAN. MEMBUAT DAN MENGIRIMKAN SURAT PERMOHONAN IJIN PENYELENGGARAAN KOMPETISI KEPADA PIHAK KEPOLISIAN. MELAKUKAN INSPEKSI DAN VERIFIKASI KEPADA SEMUA KLUB PESERTA KOMPETISI. MENYAMPAIKAN HASIL INSPEKSI DAN VERIFIKASI KEPADA SEMUA KLUB PESERTA KOMPETISI. KONPRENSI PERS ATAU MERILIS KETERANGAN PERS, MELAKUKAN PUBLIKASI BERKAITAN DENGAN PERSIAPAN DAN PENYELENGGARAAN KOMPETISI. MELAKUKAN WORKSHOP UNTUK MEMBERIKAN PENCERAHAN TENTANG BERBAGAI PENGETAHUAN YANG ADA KAITANNYA DENGAN PENYELENGGARAAN KOMPETISI KEPADA SDM KLUB PESERTA. SELAIN ITU MELAKUKAN PERTEMUAN MANAJER UNTUK MEMBAHAS TENTANG PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN DAN MANUAL KOMPETISI. PENGESAHAN PEMAIN ATAU SETELAH MELALUI PROSES SKRINING BILA ADA BATAS USIA. LAUNCHING KOMPETISI DAN MENYELENGGARAKAN TURNAMEN MENJELANG KOMPETISI (BILA ADA). MENYIAPKAN ACARA PERTANDINGAN PEMBUKAAN RESMI PENYELENGGARAAN KOMPETISI.GARIS BESAR TUGAS PENGELOLA PERTANDINGAN

MENYIAPKAN STADION TEMPAT PERTANDINGAN, LAPANGAN ALTERNATIF DAN LAPANGAN LATIHAN. MENYIAPKAN PERLENGKAPAN YANG AKAN DIPERGUNAKAN PADA PERTANDINGAN DI STADION. MENGINFORMASIKAN TEMPAT AKOMODASI YANG LAIK KEPADA KLUB TAMU. MENYIAPKAN AKOMODASI BAGI DELEGASI PSSI, OFISIAL PERTANDINGAN. MENYIAPKAN TRANSPORTASI BAGI KLUB TAMU, DELEGASI PSSI, OFISIAL PERTANDINGAN. MENYIAPKAN TIKET PERTANDINGAN SESUAI KAPASITAS TEMPAT DUDUK TRIBUN STADION. MENYIAPKAN ANGGARAN PERTANDINGAN SESUAI PERENCANAAN ATAU PEMROGRAMAN KEGIATAN. MENGURUS PERIJINAN DAN BANTUAN TENAGA KEAMANAN DARI PIHAK KEPOLISIAN. MENYIAPKAN TENAGA KESEHATAN. MENYIAPKAN PERSONIL PETUGAS PERTANDINGAN DAN SKRINING BILA ADA BATAS USIA. MENYIAPKAN DAN MELAKSANAKAN SKRINING PEMAIN BILA ADA BATAS USIA. MENJADWALKAN LATIHAN DAN UJI COBA BAGI KLUB YANG AKAN BERTANDING. KONPRENSI PERS ATAU MERILIS KETERANGAN PERS DAN PUBLIKASI TENTANG PERTANDINGAN. MENDAMPINGI PENGAWAS PERTANDINGAN DAN WASIT MELAKUKAN INSPEKSI KE STADION TEMPAT PERTANDINGAN, LAPANGAN ALTERNATIF DAN LAPANGAN LATIHAN SEHARI SEBELUM PERTANDINGAN. DILANJUTKAN MELAKUKAN PERTEMUAN DENGAN PENGAWAS PERTANDINGAN UNTUK MEMBAHAS ATAU MENGECEK KESIAPAN PELAKSANAAN PERTANDINGAN SECARA KESELURUHAN. MELAKUKAN GLADI RESIK DIBAWAH KOORDINASI PENGAWAS PERTANDINGAN DI STADION. MELAKSANAKAN PERTEMUAN TEKNIK YANG DIPIMPIN PENGAWAS PERTANDINGAN. MENGECEK KESIAPAN AKHIR DI STADION BERSAMA PENGAWAS PERTANDINGAN DAN GC DI PAGI ATAU DI SIANG HARI SEBELUM PERTANDINGAN. MENJUAL TIKET PERTANDINGAN. MELAKSANAKAN PERTANDINGAN. MEMBUAT LAPORAN PELAKSANAAN PERTANDINGAN.PERSYARATAN DAN KEWAJIBAN TUAN RUMAH PENYELENGGARAAN PERTANDINGANSEBAGAIMANA PANDUAN PUP PSSI, PKP KOMPETISI, ORGANISASI PERTANDINGAN DAN KETENTUAN LAIN.

MEMBENTUK PANITIA PERTANDINGAN LOKAL SEBAGAI PENGELOLA P

Recommended

View more >