pemaknaan remaja sma, orvina myrilla, fikom, o: iya cha kalo dari luar daerah kasian ya cha. eh...

Download Pemaknaan Remaja SMA, Orvina Myrilla, FIKOM, O: Iya cha kalo dari luar daerah kasian ya cha. Eh terus

If you can't read please download the document

Post on 07-Jan-2020

1 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Team project ©2017  Dony Pratidana S. Hum | Bima Agus Setyawan S. IIP 

     

     

     

     

     

    Hak cipta dan penggunaan kembali: Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama anda mencantumkan nama penulis dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.

    Copyright and reuse: This license lets you remix, tweak, and build upon work non-commercially, as long as you credit the origin creator and license it on your new creations under the identical terms.

  • LAMPIRAN

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • LAMPIRAN TRANSKRIP WAWANCARA

    Kegiatan wawancara

    Tanggal : 29 September 2017

    Tempat : Restaurant Nanny’s Pavillon Pondok Indah Mall

    Identitas informan

    Nama : Icha Ayu Shafira

    Usia : 17 Tahun

    Sekolah : SMA Hangtuah I Jakarta

    Latar Belakang

    Latar belakang Agama : Islam

    Latar belakang Pendidikan : Sekolah Menegah Atas (SMA)

    PERTEMUAN I

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • (Penulis menunggu informan datang di Nannys Pavillon Pondok Indah Mall)

    (Informan datang menemui penulis)

    I: Kak orvina ya?

    (Penulis berdiri bersalaman dengan informan)

    O: Iya..Icha ya?

    I: Iya kak, maaf ya kak telat soalnya tadi aku ke dokter gigi dulu dan ternyata ngantri jadi agak

    lama hehe

    O: Nggak papa ca..aku juga belum lama ko disini. Kamu apa kabar?

    I: Baik kak Alhamdulillah, kak kalo gak salah kakak tu yang ngurus anak gadsam pas malam

    final bukan sih? Kayak mirip atau icha halu haha

    O: Aku iya bener yang ngurus kalian dari baju sampe perform sampe di backstage itu. Emang

    kamu masih inget?

    I: Ih inget dong kak, kakak yang waktu itu sama kak Imanuel terus kan yang ngurus kitanya?

    O: Haha kamu mah inget El nya dulu cha itu bukan akunya.

    I: Eh tapi bener kan ka? Haha

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • O: Bener cha iya aku yang urus kalian. Aku juga yang briefing kamu karna kamu kan ketua

    finalis Gadsam tuh nah aku sama El yang ngasih arahan segala macem haha, ku kira kamu udah

    lupa lho. Apalagi pas aku Line kamu ga ada bahasan ke arah situ jadi aku kira aku hanyalah

    butiran debu cha.

    I: Engga kak aku inget banget aku kan soalnya nge follow IGnya kak El tuh nah aku mau nyari

    kakak mau aku follow juga tapi aku lupa nama kakak kan unik tuh jadinya ga inget-inget. Kalo

    kak El kan gampang diafal haha maaf ya kak.

    O: Haha aku kira kalian udah pada lupa sama aku apalagi kamu kan termaksud runner up jadi

    aku pikir siapalah saya haha.

    I: Enggaklah kak hahaha kakak mah..

    O: Eh iya cha sambil pesen lho kamu mau makan apa minum apa?

    (Penulis dan Informan memesan makanan dan minuman)

    I: Aku air mineral aja kak udah, aku lagi diet soalnya.

    O: Haha cha diet apaan badan kamu udah sekurus ituloh.

    I: Hmm..engga kak ini mah udah agak gendutan. Dulu pas gadsam tuh aku lagi masa kurus

    ditambah pas karantina kan emang berat dan males makan gitu jadinya berat aku turun deh.

    O: Emang dulu berapa berat kamu? Sekarang berapa?

    I: Dulu pas gadsam tuh aku 52 kak sekarang 55 huhu.

    O: Yampun cha tapi kan kamu tinggi jadi keliatan bagus bagus aja lho.

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • I: Iya kak Cuma kan kalo emang mau jadi model tuh dibutuhin sekurus mungkin kak.

    O: Eh iya kamu sekolah dimana sih cha?

    I: Ih kakak mah pasti gatau haha. Di Hangtuah 1 kak.

    O: Dimana tuh? Deket Bintaro ya?

    I: Tuhkan pasti gatau haha. Di seskoal kak, seskoal itu di Cipulir.

    O: Oh kalo seskoalnya aku tau kalo sekolah kamu aku pernah denger aja gatau dimana persisnya.

    I: Iya kan haha bener,

    O: Kamu lagi sibuk apa nih cha? Udah pernah dipanggil ke Gadis lagi belum setelah kamu lulus

    nih?

    I: Udah kak udah dua kali. Tapi gitu kak udah pada ga kenal karna kan karyawanya udah banyak

    yang resign kan kak kaya ka inang, ka shinta, ka ocha gitu-gitu kan udah engga ada jadi aku

    ketemu karyawan baru jadi ga begitu cocok.

    O: Iya yang aku denger juga gitu pada resigni. Terakhir kemaren tuh ka chawi sama ka inang.

    Padahal mereka yang nangganin kamu ya.

    I: Iya kak jadinya ga nyambung karna belum pernah kenal sebelumnya.

    O: Eh ngomong-ngomong kamu waktu itu runner up berapa sih?

    I: Aku runner up terfavorit pembaca kak.

    O: Oh gitu, dulu kamu pengen jadi Gadsam gara-gara apa? Emang udah langganan majalahnya?

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • I: Aku udah langganan dari SMP deh kalo ga salah. Aku suka dan penggen langganan yak arena

    isinya menarik kak gaya pakaianya tuh bagus. Terus disitu ka nada yang halaman khusus untuk

    pemptretan anak-anak Gadis sampul tuh kalo gak salah rubrik Gaya namanya, nah karena itu aku

    suka aku jadi terinspirasi jadi Gadsam karna kan emang basic aku udah sekolah modeling tuh.

    Terus aku tertarik juga sama fashion dan mama juga nyuruh terus untuk daftar.

    O: Oh kamu sekolah modeling juga. Emang cita-citanya pengen jadi model berarti ya?

    I: Iya kak emang cita-cita dan suka di dunia fashion karena kan luas kan kak, modeling juga luas

    tuh. Gadis sampul juga modeling, emang aku suka sih dunia itu.

    O: Terus sekolah gimana dong kamu banyak kegiatan gitu?

    I: Iya kak, aku juga sekolah ya cuma gitu-gitu aja kak. Cuma numpang ijazah aja karna aku juga

    gabisa milih mau modeling atau sekolah. Tapi alhamdulillahnya ya sekolah aku mendukung

    banget jadi selalu ngasih izin kalo emang aku ada acara modeling atau kaya Gadsam gitu.

    O: Oh emang sekolah kamu bangga ya kan kamu positif juga kegiatanya jadi membawa nama

    baik sekolah juga ya.

    I: Nah iya kak gitu hehe sekolah juga tenar kan kalo aku terkenal.

    O: Haha bisa aja kamu. Terus kamu tuh dulu langganan majalah Gadis emang pengen sendiri

    atau disuruh mama?

    I: Aku langganan mau sendiri tapi yang bayarin mama dan yang dorong aku supaya daftar

    Gadsam ya mama juga. Mama yang pengen banget anaknya jadi model apalagi aku kan anak

    perempuan satu sendiri.

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • O: Emang kamu berapa bersaudara cha?

    I: Aku cuma dua bersaudara kak, adek aku cowok. Kak maaf aku boleh ga ke toilet dulu

    sebentar?

    (Informan meminta izin untuk ke kamar mandi)

    O: Boleh dong..

    (Informan pergi ke kamar mandi)

    (Informan sampai ke restaurantI kembali)

    O: Udaah cha?

    I: Udah kak hehe mau nanya apa lagi? Yuk lanjutin.

    O: Oh makanya mama kamu dorong kamu Gadsam ya? Mama kamu dulunya Gadsam juga

    emangnya?

    I: Engga kak yang Gadsam tuh ada sepupu aku namanya Dara anak 2014 deh kalo gak salah.

    Nah karirnya dia tuh lumayan bagus ka sehabis Gadsam jadi suka ada di FTV sama iklan gitu

    makanya itu kayaknya yang ngebuat mama pengen aku jadi Gadsam.

    O: Dara? Kayaknya aku pernah denger deh. Yang sekarang anak UI FE bukan sih?

    I: Iya kak,kenal ya?

    O: Haha engga Cuma aku kan pas magang harus tau finalis Gadsam di tahun sebelumnya biar

    pas ada pemotretan aku ga bener-bener buta itu siapa makanya aku follow dia di IG.

    I: Oh aku kira kakak kenal.

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • O: Terus setelah lulus Gadsam kamu pernah pemotretan apa aja? Seru banget deh.

    I: Pemotretan rubrik Gaya semua kak. Ih engga kak ga seru haha Gadis mah pelit.

    O: Loh gimana maksudnya?

    I: Iya kan aku pikir ya kalo dipanggil pemotretan tuh dibayar taunya enggak. Terus Gadis tu kalo

    manggil tu itu itu doang kak makanya yang lain ga ke bagian, aku aja udah hampir setaun baru

    dua kali dipanggil.

    O: Hmm.. emang siapa aja yang biasanya dipanggil?

    I: Itu kak naura sama Keren ka, itu mereka sering banget kak. Hampir tiap sesi kali kak.

    O: Terus emang bayaranya berapa tuh?

    I: Aku kan baru dua kali kak dipanggil, nah pas pertama tuh apa ya..aku agak kagok gitu kan nah

    terus itu diomel-omelin tuh sama ka Shinta nah karna itu kagok aku jadinya Cuma dibayar 200

    doang.

    O: Oh iya? Demi apa Cuma dikasih 200?

    I: Iya kak sampe mama aku tuh ngomel gitu tuh karna emang udah dibayar Cuma 200 terus

    dibayarnya bener-bener lamaaa banget kak kaya dua bulan berikutnya gitu.

    O: Oh gitu. Terus terus nih, kamu kan udah langganan Gadis dari SMP tuh terus kamu ngerasa

    ga ada pengaruh gitu gak sama fashion kamu sebelum dan sesudah Gadsam?

    Pemaknaan Remaja SMA..., Orvina Myrilla, FIKOM, 2018

  • I: Aku sih ngerasa banget kak karna emang sebelumnya aku tuh gaya fashion-nya tuh boyish gitu

    jadi lebih ke tomboy banget banget Cuma karna aku mau masuk dan daftar Gadsam aku jadi

    merubah penampilan aku lebih ke cewek gitu sih kak.

    O: Oh ya?

    I: Iya ka aku juga dibantu sama mama sih ka pokoknya yang mendorong aku banget tu mama

    karna mama tuh bolak balik bilang “Cha kamu tuh cowo