pedoman ta d4

Download Pedoman TA D4

Post on 17-Jul-2015

344 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN TUGAS AKHIR MAHASISWA

TIM PENYUSUN PROGRAM STUDI REKAYASA JALAN DAN JEMBATAN DIPLOMA IV

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA JURUSAN TEKNIK SIPIL 2010

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karuniaNya penyusunan Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa ini dapat diselesaikan.

Berdasarkan kurikulum, Tugas Akhir merupakan suatu tugas yang wajib diselesaikan mahasiswa semester VIII. Tugas Akhir sebagai persyaratan untuk menyelesaikan studinya pada Program Studi Rekayasa Jalan Dan Jembatan DIV Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Samarinda.

Untuk memudahkan mahasiswa dalam menyusun Tugas Akhir serta sebagai pedoman bagi pembimbing dalam melakukan pembimbingan dan penulisan, maka disusunlah Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir ini.

Dalam penyusunan Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir ini masih belum sempurna, untuk itu perlu kiranya sumbang saran dari berbagai pihak demi kesempurnaannya.

Samarinda, Maret 2010 Tim Penyusun, Prodi Rekayasa Jalan Dan Jembatan DIV

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL................................................................................ KATA PENGANTAR.............................................................................. DAFTAR ISI............................................................................................ BAB I PENDAHULUAN....................................................................... 1.1. Pengertian Tugas Akhir.................................................... 1.2. Batasan dan Aturan Umum............................................... BAB II PEMBIMBING.................... 2.1. Kriteria........................... 2.2. Uraian Tugas.................. 2.3. Pengangkatan dan penggantian pembimbing.......... 2.4. Team Tugas Akhir............................... BAB III PROSEDUR PENYUSUNAN 3.1. Prasyarat........................................... 3.2. Kegiatan penulisan Tugas Akhir........................... BAB IV BENTUK DAN SISTEMATIKA PENULISAN........................ BAB V ISI LAPORAN......................................... BAB VI METODOLOGI PENULISAN LAPORAN.................................. i ii iii 1 1 1

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Pengertian Tugas Akhir Tugas Akhir (TA) adalah karya ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian atau pembahasan sesuatu yang berkaitan dengan bidang kajian keilmuan Teknik Sipil dengan tujuan untuk menunjukkan adanya kemampuan dan sikap berpikir ilmiah secara mandiri dalam diri mahasiswa sebagai salah satu mata kuliah pada Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan jenjang Diploma 4 (D4) Politeknik Negeri

Samarinda. Mata kuliah Tugas Akhir ini memiliki bobot 4 SKS yang ekuivalen dengan 9 jam pertemuan perminggu.

1.2. Batasan dan Aturan Umum Tugas Akhir (TA) sah dan berlaku apabila telah disetujui oleh Team TA Program Studi/dosen pembimbing. Tugas Akhir (TA) dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan, Jurusan Teknik Sipil dibawah pengawasan pembimbing, sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Sain Terapan (SST). Laporan TA disusun berdasarkan data proyek yang sedang/sudah berjalan dengan batasan waktu 2 tahun, data dari hasil penelitian yang dilakukan atau data dari tempat berbeda yang dapat diselesaikan dengan metode yang sama. Ruang lingkup atau batasan materi TA adalah : a. jalan meliputi : perencanaan geometrik, perkerasan dan RAB; perencanaan perkerasan, RAB dan metode pelaksanaan; perbandingan metode perencanaan tebal perkerasan dan RAB; pengukuran (topografi), geometrik & perkerasan evaluasi

kerusakan jalan.

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

b. jembatan meliputi : perhitungan struktur atas jembatan atau struktur bawah jembatan, RAB (bentang > 30 m); perhitungan lengkap (bangunan atas dan bawah), RAB

(bentang < 30); dinding penahan tanah dengan dua metode, RAB; metode pelaksanaan (manajemen proyek) untuk bentang > 30 m.

c. teknik lalu lintas tingkat pelayanan jalan (LOS) dengan pemecahannya; perencanaan ulang simpangan bersignal (traffic light).

d. penelitian material untuk bahan jalan dan jembatan; lalu lintas dalam dan luar kota serta sarana dan prasarananya; lain-lain yang berhubungan dengan rekayasa jalan dan jembatan.

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

BAB II PEMBIMBING

Mahasiswa yang melakukan proses penulisan tugas akhir, memperoleh pengarahan atau bimbingan dari 2 (dua) orang pembimbing yang telah memenuhi syarat dan berkemampuan untuk membimbing penulisan tugas akhir serta telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Samarinda. 2.1. Kriteria Pembimbing adalah staf pengajar Program Studi Jalan Jembatan atau staf pengajar yang diperbantukan pada Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Samarinda yang mempunyai kriteria sebagai berikut: a) berpendidikan minimal S2 serumpun untuk pembimbing I dan untuk pembimbing II minimal S1 serumpun; b) cakap dalam bidang ilmu yang diambil sebagai pokok bahasan tugas akhir; c) bersedia bertindak sebagai pembimbing mahasiswa yang bersangkutan, dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana yang tercantum dalam uraian tugas pembimbing. 2.2. Uraian Tugas Pembimbing bertanggung jawab untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa pada semua tahapan kegiatan dalam proses penyusunan tugas akhir sampai dengan tersusunnya hasil pembahasan yang memenuhi syarat. a) mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam membuat proposal tugas akhir; b) mendamipingi dalam pelaksanaan seminar proposal tugas akhir; c) mengarahakan dan membimbing mahasiswa dalam menetapkan pokok penulisan tugas akhir; d) mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam pelaksanaan proses penulisan tugas akhir;

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

e) bimbingan dan pengarahan dilalukan sekurang-kurangnya 6 (enam) kali pertemuan dari masing-masing pembimbing, terhitung sejak pengajuan judul. Setiap kegiatan bimbingan mahasiswa harus memiliki bukti berupa catatan yang memuat tanggal kegiatan, materi bimbingan dan tanda tangan pembimbing; f) pembimbing berhak merevisi judul dan mengarahkan penulisan tugas akhir mahasiswa yang berorientasi pada terapan, model atau desain; g) pembimbing I memberikan bimbingan dititik beratkan pada isi materi dan tatacara penulisan tugas akhir serta pembimbing II di titik beratkan pada teknik penulisan tugas akhir serta menyempurnakan isi materi; h) pembimbing I atau pembimbing II wajib mendampingi mahasiswa dalam sidaing tugas tugas akhir. 2.3. Pengangkatan dan penggantian pembimbing Pengangkatan dan penggantian pembimbing diatur sebagai berikut : a) jumlah pembimbing minimal 1 (satu) orang dan maksimal 2 (dua) orang; b) pembimbing I diusulkan oleh mahasiswa dan pembimbing II ditetapkan oleh tim tugas akhir/atau ketua program studi Rekayasa Jalan dan Jembatan lewat Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Samarinda. c) seorang pembimbing I hanya dapat membimbing 2 orang mahasiswa, bila lebih dari 2 orang mahasiswa akan ditentukan oleh tim tugas akhir /atau ketua program studi Rekayasa Jalan dan Jembatan; d) apabila karena sesuatu hal yang dipandang perlu untuk penggantian pembimbing, maka penggantian tersebut harus dengan persetujuan tim tugas akhir dan diketahui ketua Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan lewat Surat Keputusan Direktur Politeknik Negeri Samarinda. 2.4. Tim Tugas Akhir Tim tugas akhir adalah staf pengajar Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan yang di koordinir oleh Sekretaris Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan dan diangkat melalui Surat Tugas.

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

BAB III PROSEDUR PENYUSUNAN

Tugas akhir disusun oleh mahasiswa yang telah memenuhi syarat akademik dan administrasi, dengan mengikuti prosedur akademik untuk dipertanggung jawabkan dalam ujian. Prosedur penyusunan tugas akhir meliputi prasyarat yang harus dipenuhi mahasiswa serta kegiatan penulisan tugas akhir. 3.1. Prasyarat Sebelum melaksanakan penyusunan tugas akhir, mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : a) telah melakukan Praktek Kerja Lapangan; b) telah lulus dari semester VII (tujuh); c) terdaftar sebagai mahasiswa pada semester yang sedang berjalan. 3.2. Kegiatan penulisan Tugas Akhir Kegiatan pembuatan tugas akhir dilaksanakan oleh mahasiswa yang meliputi pengajuan rencana judul tugas akhir, penetapan pembimbing, pelaksanaan penulisan tugas akhir, pelaksanaan seminar, pelaksanaan ujian, penilaian tugas akhir, hasil sidang tugas akhir dan penyerahan tugas akhir. 3.2.1. Pengajuan Rencana Judul Tugas Akhir Kegiatan ini dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut : a) setelah mempunyai rencana judul dan topik yang berhubungan dengan bidang ilmu (program studi), mahasiswa mencari data awal (informasi awal), apakah mungkin topik tersebut dapat diteliti /atau dibahas, melalui observasi (penjajakan); b) setelah mengadakan observasi mahasiswa mengajukan rencana judul atau topik kepada Pembimbing dan mendaftarkan kepada tim tugas akhir Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan.

Pedoman Tugas Akhir (TA) Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan D4

3.2.2. Penetapan Pembimbing Setelah meneliti rencana judul dan topik yang diajukan mahasiswa, kemudian mahasiswa menentukan Pembimbing I dan tim tugas akhir menetapkan pembimbing II dengan persetujuan Ketua Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan. Penunjukan pembimbing oleh mahasiswa dan tim tugas akhir sesuai dengan bidang dan keahlian staf pengajar. Ketua Program St