pedoman dpp tahun 2015

Upload: kristiyono-fl

Post on 09-Mar-2016

251 views

Category:

Documents


23 download

DESCRIPTION

Pedoman DPP tahun 2015. Paroki Santo Thomas Kelapadua Depok

TRANSCRIPT

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    i

    PEDOMAN PELAKSANAAN

    DEWAN PASTORAL PAROKI SANTO THOMAS

    1. Cetakan Pertama (1997) dicetuskan oleh Rm. T. Suhardi dengan konsep Pelayanan Terpadu dan Menyeluruh yang kemudian disusun oleh FX. Djoko Pranowo (editor), Augustinus R. Dahar, JF. Liest Pranowo, yang disyahkan oleh Bapak Uskup Mgr. Michael C. Angkur pada tanggal 26 Oktober 1996 pada Perayaan Ekaristi Penutupan Lustrum I Paroki Santo Thomas, sebagai edisi ad experimentum (sementara, percobaan).

    2. Cetakan Kedua (2003) merupakan edisi revisi pertama edisi revisi (pertama) resmi.

    3. Cetakan ketiga (2006) edisi revisi (kedua) resmi.

    4. Cetakan keempat (2009) edisi revisi (ketiga) resmi.

    5. Cetakan Kelima (2015) merupakan edisi revisi (ke empat) oleh tim yang terdiri dari : Pengurus DPPH tahun 2012-2015.

    Diterbitkan oleh : Dewan Pastoral Paroki Santo Thomas Kelapa Dua, Keuskupan Bogor

    Cetakan V : Kelapa Dua - Depok, Juni 2015

    Untuk kalangan sendiri

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    ii

    PAROKI SANTO THOMAS

    PENGANTAR

    Pedoman Pastoral adalah pegangan yang penting sebagai panduan kerja dan karya bagi seluruh pengurus dari mulai tingkat lingkungan hingga paroki. Adanya Pedoman dimaksudkan untuk dapat menyatukan langkah agar organisasi dapat berjalan dalam jalur yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, yaitu untuk mengabarkan kabar Sukacita Injil kepada sesama, yang merupakan tugas utama Gereja yang terus berkembang.

    Penyusunan revisi Pedoman Pastoral Dewan Pastoral Paroki Santo Thomas tahun 2015 merupakan revisi yang kelima dan perbaikan dilakukan berkaitan dengan perubahan stuktur organisasi DPP tahun 2015, dimana terdapat koordinator baru (Koordinator Bidang Organisasi, Perkumpulan dan Kelompok Kategorial) dan adanya perubahan nama koordinator bidang (Koordinator Bidang Umum) dan ada beberapa seksi yang mengalami perubahan nama dan penambahan seksi baru.

    Adanya perubahan tersebut dimaksudkan untuk dapat menjawab tantangan dan kebutuhan akan organisasi kerja yang efisien dalam melaksanakan karya pastoral di Paroki Santo Thomas pada masa mendatang, dan memberikan ruang gerak yang luas dalam melakukan revitalisasi organisasi di masa mendatang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi Gereja di Santo Thomas dimasa mendatang.

    Sebagaimana diketahui sebelumnya untuk kelompok kategorial dan perkumpulan disisipkan hanya pada bidang-bidang terkait seperti : Perkumpulan Doa Karismatik Katolik (PDKK), di bawah pengawasan Bidang Pewartaan dan Kesaksian. Hal ini menyulitkan dari segi perkembangan PDKK itu sendiri maupun bidang bidang Pewartaan dan Kesaksian.

    Sejalan dengan itu, memasuki usia yang ke 25 pada tahun 2016, karya pastoral paroki harus semakin hidup dan berdaya guna demi perkembangan iman umat yang ada di dalamnya. Hal yang memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan menata organisasi sesuai dengan perkembangan kebutuhan.

    Dengan adanya revisi pedoman pastoral ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi seluruh pengurus, baik di tingkat paroki, Stasi, Wilayah maupun Lingkungan, dan tentunya harapan akan pemahaman tugas dalam lingkup masing-masing dapat dipahami dengan baik, sehingga usaha untuk memberikan sukacita yang penuh kepada seluruh umat dapat terpenuhi.

    Kelapa Dua, 14 Juni 2015

    Pastor Kepala Paroki Santo Thomas

    RD. Robertus Eeng Gunawan

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    iii

    PEMBUKAAN

    ARAH KEBIJAKAN PASTORAL PAROKI SANTO THOMAS

    Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu...

    (Bdk. Lukas 5 : 4) Paroki Santo Thomas dalam perjalanan waktu di tahun 2016 nanti akan memasuki usia 25 tahun, tepatnya pada tanggal 23 Maret 2016. Suatu perjalanan yang singkat untuk suatu pertumbuhan Gereja dalam berkarya, tapi suatu perjalanan panjang dalam melaksanakan perannya untuk mewartakan kabar sukacita Kristus di kecamatan Cimanggis dan Tapos, Kota Depok.

    Sejalan dengan perkembangan umat yang terus meningkat jumlahnya dan dinamika yang terus berkembang dari tahun ke tahun dalam karya Pastoral, sudah selayaknya Paroki Santo Thomas terus melaksanakan pembinaan iman umat dan pembenahan fasilitas fisik.

    Dalam usia yang sudah seperempat abad itu, tentunya wajah Paroki Santo Thomas diharapkan dapat menjadi sebuah komunitas yang lebih terbuka bagi terwujudnya kerjasama yang baik dalam berpastoral di Paroki Santo Thomas, maupun dalam lingkup yang lebih luas.

    Untuk itu perlu dilakukan pembenahan dalam organisasi yang dapat memberikan jawaban atas tuntutan perkembangan umat Paroki Santo Thomas antara lain :

    1. Pembenahan Struktur Organisasi DPP

    2. Pembaharuan Pedoman Kerja DPP

    3. Penerbitan Pedoman Keuangan Paroki

    4. Penertiban Administrasi Data Umat

    5. Peningkatan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pem-bangunan iman umat, sehingga mampu menjadi komunitas Paroki yang siap berhadapan dengan perubahan yang terjadi.

    Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat tercipta kondisi yang memungkinkan peran serta umat terbangkitkan dan gairah hidup menggereja menggelora dalam diri umat Paroki Santo Thomas.

    Selain itu, keberadaan Stasi di Sukatani, Kecamatan Tapos, yang terus mengalami perkembangan, membutuhkan penanganan dan perhatian yang lebih. Kebutuhan akan hidup menggereja di kawasan tersebut sudah amat mendesak dan mengarah pada kebutuhan terwujudnya sebuah paroki baru di masa mendatang.

    Dengan demikian karya pastoral di Dekanat Utara Keuskupan Bogor akan lebih bergairah dengan munculnya paroki baru dan semakin dapat meluaskan pewartakan Injil di Kawasan Depok dan sekitarnya.

    Mengacu pada Visi Keuskupan Bogor dan Paroki St. Thomas yaitu Paroki Santo Thomas Kelapa Dua menjadi communio dari aneka komunitas basis yang beriman mendalam, solider, dan dialogal, memasyarakat dan misioner. Sangatlah tepat apabila memasuki usia yang baru dan dalam menjawab tantangan zaman, Kepengurusan DPP Periode Tahun 20152018 mencanangkan tema : Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu... (Bdk. Lukas 5 : 4).

    Kata bertolak ke tempat yang lebih dalam mengandung makna bahwa kita sebagai pengikut Kristus harus lebih berani mewartakan Karya yang dipercayakan kepada kita ke sudut-sudut pewartaan yang selama ini belum pernah tersentuh dan dirasakan di Paroki Santo Thomas.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    iv

    VISI

    Visi Paroki Santo Thomas mengacu Visi Keuskupan Bogor, yaitu :

    Paroki Santo Thomas Kelapa Dua menjadi communio dari aneka komunitas basis yang beriman mendalam, solider dan dialogal,

    memasyarakat dan misioner Communio

    Yaitu suatu persekutuan, paguyuban dan persaudaraan yang :

    a. memelihara hubungan kesatuan dengan Allah melalui Yesus Kristus dalam Roh Kudus;

    b. memelihara hubungan kesatuan dengan Gereja Universal, Gereja Partikular dan antar umat sendiri;

    c. memelihara hubungan kesatuan dengan orang-orang lain, dengan kebudayaan dan agama-agama lain. Komunitas Basis

    Yaitu satuan umat yang :

    a. relatif kecil dan mudah berkumpul secara berkala untuk mendengarkan Sabda Tuhan;

    b. berbagi pengalaman dan masalah hidup sehari-hari dan mencari pemecahan-nya dalam terang Kitab Suci;

    c. berusaha mengambil bagian dan mewujudkan misi Yesus Kristus.

    Beriman mendalam

    Umat Paroki Santo Thomas Kelapa Dua yang beriman mendalam :

    a. umat yang mempunyai hubungan akrab dengan Allah;

    b. hidupnya selalu meneladan hidup Yesus dan dijiwai oleh Roh Kudus;

    c. iman yang merasuk dalam hati dan budi, mendarah daging dalam diri pribadi serta nampak dalam sikap dan perilaku.

    Solider

    Umat Paroki Santo Thomas Kelapa Dua berusaha :

    a. memiliki kepekaan dan melibatkan diri dalam keprihatinan masyarakat, terutama terhadap kaum yang lemah dan tersisih dalam perjuangan mencapai kehidupan yang lebih baik;

    b. memiliki kepedulian terhadap kelestarian dan keutuhan lingkungan hidup;

    c. turut merasakan kegembiraan dan kecemasan sesama.

    Dialogal

    Umat Paroki Santo Thomas Kelapa Dua menyadari bahwa :

    a. Gereja bagaikan sakramen keselamatan yang diutus untuk membangun relasi dengan sesama yang berbeda budaya, suku, asal, dan agama/keyakinan dalam usaha menciptakan kerukunan dan persaudaraan yang sejati;

    b. Gereja bersama seluruh anggota masyarakat berusaha membangun tatanan masyarakat yang lebih bersatu dan bersaudara, serta melihat orang lain sebagai teman seperjalanan menuju dunia yang lebih baik.

    Memasyarakat

    Umat Paroki Santo Thomas Kelapa Dua yang memasyarakat adalah :

    a. Umat yang hadir, melibatkan diri, dan berperan aktif dalam membangun masyarakat;

    b. Umat yang imannya bertumbuh dan berakar dalam budaya setempat;

    c. Umat yang kehadirannya tidak menjadi orang asing bagi masyarakat di sekelilingnya;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    v

    d. Umat yang mampu menjadi garam, ragi dan terang dunia, menjadi saksi Kristus di tengah masyarakat, diterima dan disenangi orang lain karena sifatnya yang baik dan terpuji.

    Misioner

    Umat Paroki Santo Thomas Kelapa Dua yang misioner adalah :

    a. umat yang siap sedia diutus mewartakan Kabar Gembira dan membagikan cinta kasih,

    b. umat yang juga ikut bertanggungjawab secara nyata terhadap perkembangan Gereja Lokal di Keuskupan Bogor, Gereja di Indonesia dan Gereja Universal.

    MISI

    Paroki Santo Thomas Kelapa Dua mengadirkan Kerajaan Allah dengan mengabdikan diri secara aktif, meningkatkan relasi dan mutu keimanan, meningkatkan martabat manusia, melalui penataan mekanisme dan organisasi serta pemberdayaan potensi umat basis Paroki Santo Thomas Kelapa Dua Paroki adalah persekutuan umat beriman kristiani yang dibentuk secara tetap dalam Gereja Partikular dan yang reksa pastoralnya, di bawah Uskup Diosesan, dipercayakan kepada pastor-paroki sebagai gembalanya sendiri. Oleh pastor-paroki yang dipanggil mengambil bagian dalam pelayanan Kristus, untuk menjalankan tugas mengajar, menguduskan dan memimpin jemaat bekerjasama dengan imam-imam lainnya dibantu kaum beriman kristiani awam menurut norma hukum. Semua itu disatukan dalam Roh Kudus melalui Sabda dan Perayaan Ekaristi, sehingga terbentuk Gereja Paroki yang di dalamnya Gereja Kristus yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik sungguh-sungguh hadir dan berkarya. (bdk. KHK 1983, Kan 515; 519). Menghadirkan Kerajaan Allah

    Paroki Santo Thomas Kelapa Dua berusaha untuk menjadikan nilai-nilai kristiani sungguh-sungguh terwujud, dan secara nyata dihayati sebagai dasar, pedoman, dan tujuan dalam hidup dan karya sehari-hari oleh Gereja itu sendiri dan masyarakat sekitarnya. Mengabdikan diri secara aktif

    Paroki Santo Thomas Kelapa Dua berusaha menjadikan hidup dan karya sebagai pelayanan bagi orang lain dalam mengembangkan hidup, iman, dan penghayatannya. Pelayanan tersebut dilaksanakan bukan dengan menunggu adanya permintaan, anjuran atau paksaan, tetapi terdorong oleh gerakan hati yang tulus, serta proaktif atas inisiatif sendiri mendatangi dan menawarkan pelayanan. Prinsipnya hanya dengan melayani dan memberikan diri kepada sesama, pada akhirnya paroki semakin berkembang ke arah pemenuhan sebagai pengikut Kristus. Meningkatkan relasi dan mutu keimanan

    Paroki Santo Thomas Kelapa Dua berusaha untuk menghidupkan kembali relasi iman yang solider dan dialogal di antara sesama saudara seiman. Selain itu juga berupaya meningkatkan mutu iman sehingga komunitas basis kristiani menjadi lebih baik dan dapat diandalkan sebagai dasar membangun komunitas basis manusiawi. Meningkatkan martabat manusia

    Paroki Santo Thomas Kelapa Dua akan memusatkan perhatiannya pada manusia, perkembangan pribadi dan imannya. Hak dan kewajiban asasi sebagai umat beriman, tidak sekedar hanya diperhatikan dan dibela dari berbagai tantangan yang menghambat atau merusaknya, melainkan juga didukung dan dipromosikan dengan menciptakan atau mengadakan apa yang perlu untuk perkembangannya. Penataan mekanisme dan organisasi

    Paroki Santo Thomas Kelapa Dua berusaha :

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    vi

    a. membenahi tata organisasi Dewan Pastoral Paroki;

    b. membenahi mekanisme kerja organisasi Dewan Pastoral Paroki;

    c. menepati keputusan-keputusan yang diambil oleh Dewan Pastoral Paroki;

    d. melaksanakan keputusan-keputusan atas dasar komitmen moral untuk pelayanan pastoral yang terpadu.

    e. bekerja sama dalam kebersamaan untuk mewujudkan komunitas basis gereja yang merasul.

    Pemberdayaan Potensi Umat Basis

    Umat basis itu bukan hanya obyek pelayanan, tetapi juga subyek pelayanan. Karena di dalam umat basis ini tersimpan sumber daya yang kaya akan potensi, talenta, dan karunia. Oleh karena itu, umat basis ini hendaknya dijaga, dirawat dan diatur agar sumber daya itu tidak segera habis, melainkan tetap ada dan menghasilkan. Diupayakan juga agar sumber daya itu semakin meningkat dalam jumlah dan mutunya. Belajar terus menerus dan sikap kreatif harus terus diupayakan agar sumber daya sungguh-sungguh relevan, mendukung dan berdaya guna bagi hidup, kelangsungan, serta perkembangan pribadi dan iman manusia yang semakin lama semakin banyak jumlahnya.

    KEBIJAKAN PASTORAL

    Sesuai dengan tema yang diambil, yaitu : Bertolaklah ketempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu (Bdk Lukas 5 : 4), Paroki Santo Thomas akan menetapkan beberapa langkah kebijakan untuk mendukung tema tersebut :

    I. Pembenahan Struktur organisasi DPP, dengan adanya tuntutan perkembangan akan pelayanan umat perlu dilakukan penataan organisasi dan struktur organisasi yang akan berdampak pada kemudahan dalam pelayanan pastoral kepada umat paroki.

    II. Pembaharuan pedoman Kerja DPP, untuk dapat memberikan panduan dan arah kerja dari seluruh komponen yang ada dari mulai seksi di lingkungan, wilayah, Stasi dan Paroki. Dengan demikian akan lebih terjalin komunikasi dan koordinasi kerja yang baik.

    III. Tertib administrasi data umat (database): diupayakan adanya update data umat di paroki sebagai salah satu upaya mendapatkan data umat yang aktual sehingga dapat mendukung kepentingan dalam karya pelayanan di paroki.

    IV. Meningkatkan kegiatan-kegiatan yang bersifat keimanan dan menjadi paroki yang siap dengan setiap perubahan yang terjadi. Untuk dapat menjadi paroki yang dapat memberikan pelayanan iman kepada umat secara menyeluruh diperlukan penyusunan kegiatan yang memberikan kepenuhan akan kebutuhan pelayanan iman umat seperti :

    a. Pengembangan pemahanan akan iman Katolik melalui seminar, pendalaman iman, kelompok Kitab Suci, pendidikan agama Katolik bagi siswa sekolah dasar dan menengah.

    b. Penanganan terhadap persoalan-persoalan ekonomi dan keluarga yang memerlukan penanganan yang tepat agar Gereja dapat memberikan pencerahan bagi umat atau keluarga yang terbebani dengan suatu masalah.

    c. Memberikan pendampingan dan perhatian pada kerasulan awam yang juga menjadi tugas Gereja dalam melaksanakan karya pewartaan kepada sesama, dan sebisa mungkin membuka diri terhadap dinamika politik yang ada di Kotamadya Depok dengan tetap berpegang pada Ajaran Sosial Gereja.

    d. Pendampingan dan pembinaan iman kaum muda dengan memberikan ruang yang cukup bagi mereka untuk dapat mengekspresikan kegiatannya sehingga tanggung jawab akan masa depan Gereja yang ada di pundak mereka dapat disadari sejak dini. Selain itu, kaum muda mulai diberi kesempatan untuk terlibat dalam karya pelayanan di Paroki.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    vii

    DAFTAR ISI Hal PENGANTAR ii

    PEMBUKAAN Iii

    DAFTAR ISI Vii

    BAB I PENGERTIAN 1

    BAB II DEWAN PASTORAL PAROKI 3

    1 NAMA, WILAYAH DAN KEDUDUKAN 3 1.1. Nama 3 1.2. Wilayah 3 1.3. Kedudukan 3

    2. TUJUAN, FUNGSI, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB 3 2.1. Tujuan 3 2.2. Fungsi 3 2.3. Wewenang dan Tanggung jawab 4

    3 ORGANISASI 4 3.1. Dewan Pastoral Paroki Harian 4 3.2. Dewan Pastoral Paroki Inti 4 3.3. Dewan Pastoral Paroki Pleno 4

    4 PEMILIHAN PENGURUS 5 4.1 Syarat-Syarat Sebagai Anggota Pengurus 5 4.2. Pemilihan Pengurus Dewan Pastoral Paroki 5

    5 PENGANGKATAN DAN MASA JABATAN PENGURUS 6

    6 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB DPP 7 6.1. Tugas Umum 7 6.2 Dewan Pastoral Paroki Harian 7 6.3. Dewan Pastoral Paroki Inti 7 6.4. Dewan Pastoral Paroki Pleno 8 6.5. Ketua Dewan Pastoral Paroki 8 6.6. Wakil Ketua Dewan Pastoral Paroki 8 6.7. Sekretaris Dewan Pastoral Paroki 8 6.8. Bendahara Dewan Pastoral Paroki 9 6.9. Anggota Dewan Pastoral Paroki 9 6.10. Koordinator Bidang 10 6.11. Bidang Peribadatan 10 6.12. Bidang Pewartaan dan Kesaksian 10 6.13. Bidang Pelayanan 10 6.14. Bidang Kepemudaan 11 6.15. Bidang Umum 11 6.16. Bidang Organisasi, Kelompok Kategorial dan Perkumpulan 11 6.17. Tugas Umum, Wewenang dan Tanggung jawab Seksi 11 6.18. Seksi Liturgi 11 6.19. Seksi Prodiakon 12 6.20. Seksi Misdinar 12 6.21. Seksi Koor 13 6.22. Seksi Organis 13 6.23. Seksi Lektor 13 6.24. Seksi Penyambut Jemaat 13

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    viii

    6.25. Seksi Tata Bunga 14 6.26. Seksi Katekese 14 6.27. Seksi Kerasulan Kitab Suci 14 6.28. Seksi Kerasulan Keluarga 15 6.29. Seksi Komunikasi Sosial (Komsos) 15 6.30. Seksi Kerasulan Awam dan Hubungan Antar Agama dan

    Kepercayaan (Kerawam dan HAK) 15

    6.31. Seksi Panggilan 15 6.32. Seksi Karya Misioner 16 6.33. Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) 16 6.34. Seksi Pendidikan 16 6.35. Seksi OTA 16 6.36. Seksi Pendampingan Hukum 17 6.37. Seksi Kesehatan 17 6.38. Seksi Pendampingan OMK 17 6.39. Seksi Rumah Tangga Pastoran 17 6.40. Seksi Perbaikan & Perawatan 17 6.41. Seksi Inventaris Gereja 18 6.42. Seksi Humas dan Keamanan 18

    7 KEPANITIAAN/TIM KERJA 18 7.1. Tugas Kepanitiaan/Tim Kerja 18 7.2. Tanggungjawab Kepanitian/Tim Kerja 19

    8 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PERKUMPULAN DAN ORGANISASI 19 8.1. Perkumpulan/Kelompok Katolik 19 8.2. Organisasi Katolik 19 BAB III STASI 20

    1. BATAS PELAYANAN DAN KEDUDUKAN 20 1.1. Batas Pelayanan 20 1.2. Kedudukan 20

    2. TUJUAN, FUNGSI, DAN WEWENANG 20 2.1. Tujuan 20 2.2. Fungsi 20 2.3. Wewenang 20

    3. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 20 3.1. Tugas 20 3.2. Tanggung jawab 21

    4. KEPENGURUSAN 21

    5. URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUS 21 5.1. Ketua Stasi 21 5.2. Wakil Ketua Stasi 22 5.3. Sekretaris 22 5.4. Bendahara Stasi 22 5.5. Koordinator Bidang 23 5.6. Bidang Peribadatan 23 5.7. Bidang Pewartaan dan Kesaksian 23 5.8 Bidang Pelayanan 24 5.9 Bidang Kepemudaan 24 5.10 Seksi-seksi 24 5.11 Pemilihan Pengurus Stasi 24

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    ix

    5.12. Pengangkatan dan Masa Jabatan Pengurus 25 5.13. Kepanitiaan Stasi 25 BAB IV WILAYAH 26

    1. BATAS PELAYANAN DAN KEDUDUKAN 26 1.1. Batas Pelayanan 26 1.2. Kedudukan 26

    2. TUJUAN, FUNGSI, DAN WEWENANG 26 2.1. Tujuan 26 2.2. Fungsi 26 2.3. Wewenang 26

    3. SUSUNAN PENGURUS 26

    4. PEMILIHAN PENGURUS 27 4.1. Pimpinan dan peserta rapat pemilihan pengurus 27 4.2 Tata Cara Pemilihan Pengurus 27 4.3. Susunan Acara Rapat Pemilihan Pengurus 27

    5. PENGANGKATAN DAN MASA JABATAN PENGURUS 27

    6. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUS 28

    7. URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUS 28 7.1. Ketua Wilayah 28 7.2. Sekretaris 29 7.3. Bendahara 29 7.4. Koordinator Peribadatan 30 7.5. Koordinator Pewartaan dan Kesaksian 30 7.6. Koordinator Pelayanan 31 7.7. Koordinator Kepemudaan 31

    8. KEPANITIAAN 31 8.1. Kepanitian Tingkat Wilayah 31 8.2 Kepanitian Tingkat Paroki 32 BAB V LINGKUNGAN 33

    1. BATAS PELAYANAN DAN KEDUDUKAN 33 1.1. Batas Pelayanan 33 1.2. Kedudukan 33

    2. TUJUAN, FUNGSI, DAN WEWENANG 33 2.1. Tujuan 33 2.2. Fungsi 33

    2.3. Wewenang 33

    3. SUSUNAN PENGURUS 33

    4. PEMILIHAN PENGURUS 33

    4.1. Pimpinan dan peserta pemilihan pengurus 33

    4.2. Tata Cara Pemilihan Pengurus Lingkungan 34

    4.3. Susunan Acara Rapat Pemilihan Pengurus 34

    5. PENGANGKATAN DAN MASA JABATAN PENGURUS 34

    6. TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB PENGURUS 35

    6.1. Tugas Lingkungan 35

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    x

    6.2. Tanggung jawab Lingkungan 35

    7. URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUS 35

    7.1. Ketua Lingkungan 35

    7.2. Sekretaris 36

    7.3. Bendahara 36

    7.4. Rukun 37

    7.5. Seksi Liturgi 37

    7.6. Seksi Koor dan Penyambut Jemaat 37

    7.7. Sekisi Pewartaan 38

    7.8. Seksi Pelayanan 39

    BAB VI SUASANA DAN TATA KERJA 40

    1. SUASANA KERJA 40

    2. RAPAT 40

    3. PIMPINAN DAN LAPORAN RAPAT 40

    4. KEPUTUSAN RAPAT 40

    5. TATA CARA MENGAMBIL KEPUTUSAN 41

    BAB VII KETENTUAN PERALIHAN DAN PENUTUP 42

    1. KETENTUAN PERALIHAN 42

    2. PENUTUP 42

    DAFTAR REFERENSI 43

    LAMPIRAN 1 BADAN DEWAN PASTORAL PAROKI 44

    LAMPIRAN 1 DAFTAR STASI, WILAYAH DAN LINGKUNGAN 45

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    1

    BAB I PENGERTIAN

    1. Paroki Paroki adalah persekutuan umat beriman kristiani yang dibentuk secara tetap dalam Gereja Partikular dan yang reksa pastoralnya, di bawah Uskup Diosesan, dipercayakan kepada pastor-paroki sebagai gembalanya sendiri. Oleh pastor-paroki yang dipanggil mengambil bagian dalam pelayanan Kristus, untuk menjalankan tugas mengajar, menguduskan dan memimpin jemaat bekerja sama dengan imam-imam lainnya dibantu kaum beriman kristiani awam menurut norma hukum. Semua itu disatukan dalam Roh Kudus melalui Sabda dan Perayaan Ekaristi, sehingga terbentuk Gereja Paroki yang di dalamnya Gereja Kristus yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik sungguh-sungguh hadir dan berkarya. (bdk.KHK 1983, Kan 515; 519)

    2. Stasi Stasi adalah persekutuan lingkungan-lingkungan dan/atau wilayah-wilayah yang berdekatan dan memiliki tempat ibadat tersendiri untuk Perayaan Ekaristi setiap hari Minggu, tetapi penggembala-annya masih dilaksanakan oleh Pastor-paroki atau Pastor lain dari paroki yang bersangkutan.

    3. Wilayah Wilayah adalah sebagian dari umat dalam paroki, yang terdiri dari 3 sampai dengan 6 Lingkungan yang letaknya berdekatan, dengan batas pelayanan yang ditentukan oleh Dewan Pastoral Paroki, menurut batas-batas administrasi pemerintahan dan/atau batas-batas geografis yang memudahkan komunikasi antar umat setempat.

    4. Lingkungan Lingkungan adalah sebagian dari umat dalam wilayah, yang terdiri dari 25 sampai dengan 50 kepala keluarga (KK), berdomisili dalam batas-batas geografis yang memudahkan komunikasi antara satu dengan lainnya.

    5. Rukun Rukun adalah sebagian dari umat dalam lingkungan, yang terdiri dari 10 sampai dengan 15 kepala keluarga (KK) dan berdomisili di tempat-tempat yang secara geografis cukup berdekatan.

    6. Tokoh Awam Tokoh awam adalah orang-orang Katolik yang karena keahlian, kedudukan dan relasinya dalam masyarakat dan keterlibatannya dalam lingkup kegerejaan, mempunyai wibawa dan dapat memberi sumbangan yang bermanfaat bagi perkembangan paroki.

    7. Pastor-Paroki Pastor-paroki ialah gembala parokinya sendiri yang diserahkan kepada dirinya dan menunaikan reksa pastoral jemaat yang dipercayakan kepadanya dibawah otoritas Uskup Diosesan yang dipanggil mengambil bagian dalam pelayanan Kristus, untuk menjalankan tugas-tugas mengajar, menguduskan dan memimpin bagi jemaat itu, dengan kerjasama juga dengan imam-imam lain atau Diakon dan juga bantuan kaum beriman kristiani awam menurut norma hukum (bdk. KHK 519).

    8. Pastor Pembantu Pastor pembantu adalah rekan sekerja Pastor-paroki yang mengambil bagian dalam keprihatinannya, dengan musyawarah serta usaha bersama dan dibawah otoritasnya memberikan bantuan dalam pelayanan pastoral. (Bdk. KHK 545 ).

    9. Dewan Pastoral Paroki Dewan Pastoral Paroki adalah suatu badan gerejawi yang dibentuk berdasarkan keputusan Uskup, yang di dalamnya para wakil umat dan para gembala secara bersama-sama mengambil bagian sesuai dengan

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    2

    bentuk hidup (forma vivendi), tugas, dan keadaannya masing-masing dalam memikirkan, memutuskan, dan melaksanakan kegiatan yang perlu dan bermanfaat untuk mewartakan Sabda Tuhan, mengembangkan rahmat Allah, membimbing umat agar dapat menghayati, mengungkapkan, dan mengamalkan imannya (bdk. kan. 536 i). Dewan Pastoral Paroki ditata dalam bentuk Dewan Pastoral Paroki Harian, Dewan Pastoral Paroki Inti dan Dewan Pastoral Paroki Pleno.

    10. Dewan Pastoral Paroki Harian Dewan Pastoral Paroki Harian adalah badan pengurus yang bertugas menyelenggarakan karya pastoral paroki sehari-hari, yang wewenang dan tanggung jawab badan ini ada pada Pastor-paroki. Dewan Pastoral Paroki Harian terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara Dewan Pastoral Paroki, Pastor Pembantu, dan beberapa Anggota yang dipilih dari Dewan Pastoral Paroki.

    11. Dewan Pastoral Paroki Inti Dewan Pastoral Paroki Inti adalah Wadah Koordinatif yang terdiri dari Pengurus Dewan Pastoral Paroki Harian, Diakon, Ketua Stasi, Koordinator Bidang, dan Ketua Wilayah serta dan beberapa Anggota yang dipilih dari Dewan Pastoral Paroki.

    12. Dewan Pastoral Paroki Pleno Dewan Pastoral Paroki Pleno adalah Rapat yang semua pengurus dan anggotanya diundang. Dewan Pastoral Paroki Pleno terdiri dari Dewan Pastoral Paroki Inti, para Ketua Lingkungan, para Ketua Seksi dan subseksi, wakil sekolah Katolik, wakil biara, wakil organisasi dan perkumpulan Katolik, dan tokoh-tokoh awam yang ada di paroki

    13. Koordinator Bidang Koordinator Bidang adalah badan yang dibentuk untuk mengkoordinir Seksi dan Subseksi sesuai bidang pelayanannya.

    14. Seksi dan Sub Seksi Seksi adalah badan yang dibentuk untuk melaksanakan tugas Dewan Pastoral Paroki. Sub Seksi adalah badan yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan tugas seksi.

    15. Organisasi, Kelompok Kategorial dan Perkumpulan Katolik Organisasi, kelompok kategorial dan perkumpulan Katolik adalah organisasi, yang anggotanya adalah umat beriman Katolik di Paroki Santo Thomas dan basis kegiatannya ada di paroki.

    16. Biarawan/biarawati Biarawan/biarawati adalah para peserta hidup bakti yang hidup dalam komunitas religius di dalam biara.

    17. Karya Pastoral Paroki Meliputi peningkatan persekutuan hidup kristiani (koinonia), pewartaan Sabda (kerygma), perayaan liturgi / sakramen (liturgia), pelayanan kepada yang membutuhkan terutama orang miskin (diakonia), dan perwujudan kesaksian iman (martyria), penggembalaan dan tata organisasi (Poimenik).

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    3

    BAB II DEWAN PASTORAL PAROKI

    1. NAMA, WILAYAH DAN KEDUDUKAN 1.1. Nama

    Paroki Santo Thomas didirikan pada tanggal 23 Maret 1991 dengan nama pelindung Santo Thomas. Nama badan yang mengelola Paroki Santo Thomas disebut : DEWAN PASTORAL PAROKI SANTO THOMAS.

    1.2. Wilayah

    Wilayah Paroki Santo Thomas meliputi Kecamatan Cimanggis dan Sebagian Kecamatan Tapos, Kotamadya Depok.

    a. Batas Wilayah dengan Keuskupan Agung Jakarta :

    Sebelah Utara berbatasan dengan Paroki Gonzaga, Cijantung sebelah Barat Paroki Keluarga Kudus, Pasar Minggu dan Paroki Jagakarsa, sebelah Timur Paroki Cilangkap dan Paroki Kampung Sawah.

    b. Batas Wilayah dengan Keuskupan Bogor : Sebelah Selatan berbatasan dengan Paroki Keluarga Kudus Cibinong. Sebelah Barat berbatasan dengan Paroki Paulus dan Paroki Markus.

    1.3. Kedudukan

    a. Kedudukan Paroki Santo Thomas adalah sebagai bagian dari Keuskupan Bogor dalam batas-batas teritorial tertentu yang diputuskan oleh Bapak Uskup.

    b. Tempat kedudukan Gereja, pastoran, serta gedung paroki terletak di Ksatrian Amji Atak Korps Brimob Polri, Jl. Komjen Pol (Purn) M. Jassin, Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis, Kotamadya Depok.

    2. TUJUAN, FUNGSI, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

    2.1. Tujuan Dewan Pastoral Paroki bertujuan: a. Mewujudkan panggilan Umat Allah dalam hidup, kesucian, dan misi Gereja Universal di Paroki

    dibawah koordinasi Gereja Partikular atau Keuskupan. b. Tercapainya tata penggembalaan umat malalui pelibatan, pengembangan dan pemberdayaan

    seluruh umat dalam hidup dan karya untuk menemukan ungkapan dan perwujudan iman yang khas.

    c. Tercapainya hubungan dengan siapa pun yang berkehendak baik dengan membangun kerjasama hubungan antar agama dan kepercayaan, mengembangkan pola hidup dan pola pikir dalam masyarakat yang majemuk, dan memperhatikan yang kecil, lemah, miskin, dan tersingkir.

    2.2. Fungsi

    Dewan Pastoral Paroki berfungsi untuk : a. Membantu Pastor-paroki sebagai Gembala jiwa jiwa (bdk. CD 30; kan. 519) dan mewakili umat

    beriman dalam karya pastoral paroki. b. Memikirkan, mengembangkan, merencanakan, memutus-kan, mengusahakan pelaksanaan,

    mengevaluasi, dan mem-pertanggungjawabkan kegiatan pastoral yang perlu dan bermanfaat bagi kehidupan paroki. Kegiatan pastoral yang dimaksud meliputi pengajaran (munus docendi), pengudusan (munus sanctificandi), dan pemerintahan atau kepemimpinan (munus regendi).

    c. Mengusahakan peningkatan persekutuan hidup kristiani (koinonia), pewartaan Sabda (kerygma), perayaan liturgi/sakramen (liturgia), pelayanan kepada yang membutuhkan terutama orang

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    4

    miskin (diakonia), dan perwujudan kesaksian iman (martyria) sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

    d. Mengupayakan bentuk serta cara sosialisasi dan implementasi kebijakan pastoral keuskupan dalam paroki.

    2.3. Wewenang dan Tanggung jawab

    a. Dewan Pastoral Paroki berwenang mengambil keputusan reksa pastoral paroki dalam kesatuan dengan Arah Dasar Pastoral Keuskupan.

    b. Dewan Pastoral Paroki bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan reksa pastoral paroki kepada Uskup Diosesan.

    3. ORGANISASI

    Dalam mewujudkan terlaksananya panggilan umat Allah untuk berperan aktip dalam karya pastoral paroki dan hidup bermasyarakat, Paroki memiliki badan organisasi yang terdiri dari Dewan Pastoral Paroki; Stasi; Wilayah; Lingkungan. Dewan Pastoral Paroki memiliki 3 (tiga) badan, yaitu : a. Dewan Pastoral Paroki Harian; b. Dewan Pastoral Paroki Inti; c. Dewan Pastoral Paroki Pleno.

    3.1. Dewan Pastoral Paroki Harian

    Susunan Kepengurusan Dewan Pastoral Paroki Harian terdiri dari : a. Ketua Dewan Pastoral Paroki Harian, ex officio dijabat oleh Pastor -paroki. b. Wakil Ketua, seorang atau lebih c. Sekretaris, seorang atau lebih. d. Bendahara, seorang atau lebih e. Anggota, terdiri dari :

    Pastor Pembantu

    3.2. Dewan Pastoral Paroki Inti terdiri dari : a. Dewan Pastoral Paroki Harian b. Koordinator-koordinator Bidang c. Ketua Stasi d. Ketua-ketua Wilayah.

    3.3. Dewan Pastoral Paroki Pleno terdiri dari :

    a. Dewan Pastoral Paroki Inti

    b. Ketua-ketua Lingkungan

    c. Ketua-ketua Seksi DPP: Liturgi. Prodiakon. Lektor. Misdinar Organis Koor Penyambut Jemaat. Tata bunga Katekese. Kerasulan Kitab Suci. Kerasulan Keluarga. Komunikasi Sosial (Komsos). Kerasulan Awam dan Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (Kerawam dan HAK).

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    5

    Panggilan Karya Misioner Pendampingan Hukum Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE). Pendidikan Orang Tua Asuh (OTA) Kesehatan Pendampingan OMK Rumah Tangga Pastoran Inventaris Gereja Perbaikan dan perawatan Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keamanan

    d. Organisasi/Perkumpulan Katolik/kelompok kategorial yang berada dalam lingkup karya Pastoral paroki : Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Santo Thomas. Kelompok Karyawan Muda Katolik (KKMK). Muda-mudi Katolik (Mudika) / OMK Koperasi Kredit Perkumpulan Dana Kematian Yusuf Arimatea Persekutuan Doa Karismatik Katolik Persatuan Guru Katolik Yayasan Pendidikan Katolik. Legio Mariae. Lansia PRISKAT (Pria Sejati Katolik) Organisasi/Perkumpulan Katolik lainnya sesuai perkembangan.

    4. PEMILIHAN PENGURUS 4.1. Syarat-Syarat Sebagai Anggota Pengurus

    Syarat-syarat sebagai Pengurus dan Anggota Dewan Pastoral Paroki adalah sebagai berikut: a. Teguh imannya dan baik kesusilaannya, memiliki bakat dan kesediaan untuk bekerjasama demi

    pengembangan paroki/ stasi/ wilayah/ lingkungan. b. Tertarik untuk mengembangkan misi Gereja atau Paroki/ Stasi/ Wilayah/ Lingkungan demi

    pelayanan kepada mereka yang kecil. c. Bijaksana dan punya kerelaan untuk menghargai pendapat atau pandangan orang lain demi

    kebaikan bersama. d. Mau merelakan waktu untuk pertemuan dan kegiatan bersama. e. Sudah dibaptis dan sudah menerima sakramen penguatan (Krisma) serta diterima dalam Gereja

    Katolik serta tidak sedang menjalani hukuman Gereja. f. Memiliki semangat untuk membangun kesatuan umat. g. Memiliki pengalaman dalam menggereja dan bermasyarakat.

    4.2. Pemilihan Pengurus Dewan Pastoral Paroki Tata laksana Pemilihan Pengurus dilakukan melalui tahapan sebagai berikut : a. Pemilihan Anggota Pengurus Dewan Pastoral Paroki, dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan yang

    dibentuk atau ditugaskan oleh Dewan Pastoral Paroki, dan disahkan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    b. Pencalonan Anggota Pengurus Dewan Pastoral Paroki diajukan oleh lingkungan melalui wilayah, kecuali Ketua ex officio adalah Pastor-paroki.

    c. Cara Pemilhan Pengurus dan Anggota Dewan Pastoral Paroki dilaksanakan dengan sistem formatur.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    6

    d. Jumlah formatur ditentukan oleh Dewan Pastoral Paroki Harian. e. Anggota formatur adalah perwakilan resmi dari wilayah dan stasi. f. Anggota formatur dipilih dan ditetapkan oleh Dewan Pastoral Paroki Harian, kecuali ketua

    formatur adalah ex officio Pastor-paroki. g. Formatur diberi tugas dan wewenang menyusun kepengurusan Dewan Pastoral Paroki Harian,

    Koordinator Bidang dan Seksi-Seksi. h. Susunan kepengurusan/struktur organisasi yang akan dipilih, ditetapkan, dan disahkan oleh

    Dewan Pastoral Paroki Harian. i. Panitia Pemilihan bertugas dan berwewenang menyusun calon tetap Anggota Pengurus Dewan

    Pastoral Paroki Harian dan Seksi-seksi dan menyerahkan kepada Tim Formatur serta mensosialisasikannya, bagi calon yang tidak termasuk dalam susunan calon tetap secara otomatis dinyatakan gugur dan dikembalikan ke Wilayah dan/atau Lingkungan yang mengajukan.

    j. Tim Formatur memilih Anggota Pengurus Dewan Pastoral Paroki Harian dan Seksi-seksi, kecuali Ketua ex officio adalah Pastor-paroki. Apabila Pastor-paroki menghendaki calon di luar calon-calon yang diajukan oleh Wilayah, maka Pastor-paroki mempunyai wewenang menunjuk calon dan memberitahukan kepada Wilayah dan/atau Lingkungan bersangkutan.

    k. Susunan Pengurus hasil kerja formatur ditetapkan oleh Dewan Pastoral Paroki Pleno, kemudian diusulkan kepada Bapak Uskup untuk disahkan dan dilantik.

    l. Anggota Pengurus Dewan Pastoral Paroki masih menjalankan tugasnya, sampai dengan pelantikan pengurus baru.

    m. Waktu pemilihan dan pelantikan Anggota Dewan Pastoral Paroki Harian dan Seksi-Seksi dilaksanakan bulan Mei sampai dengan Juli pada tahun akhir masa kepengurusan.

    5. PENGANGKATAN DAN MASA JABATAN PENGURUS

    a. Pengurus Dewan Pastoral Paroki, disahkan dan dilantik oleh Uskup Diosesan (atau Imam yang diberi kuasa oleh Uskup Diosesan) dengan Surat Keputusan atas dasar usulan dari Pastor-paroki.

    b. Pengurus Bidang dan Seksi, diangkat dan disahkan dengan Surat Keputusan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    c. Ketua-ketua Organisasi dan Perkumpulan/Kelompok Katolik, diangkat dan disahkan sebagai anggota Dewan Pastoral Paroki Pleno dengan Surat Keputusan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    d. Ketua Dewan Pastoral Paroki berhak mengangkat dan mengesahkan pengurus tambahan setelah mendengar saran dari Dewan Pastoral Paroki Harian.

    e. Masa jabatan Anggota Dewan Pastoral Paroki berlaku untuk jangka waktu tiga tahun, dan dapat dipilih lagi untuk masa bakti berikutnya paling banyak satu kali lagi pada jabatan yang sama atau sejajar, kecuali dengan alasan tertentu ditentukan lain oleh Pastor-paroki dan disetujui Uskup Diosesan.

    f. Tahun kerja Dewan Pastoral Paroki terhitung mulai 1 Juli sampai dengan 30 Juni 3 (tiga) tahun berikutnya dan/atau setelah pelantikan pengurus baru.

    g. Masa jabatan anggota Dewan Pastoral Paroki berakhir apabila: Masa jabatannya telah habis; Yang bersangkutan meninggal dunia; Pindah dari Wilayah Paroki Santo Thomas; Mengundurkan diri dan diterima oleh Dewan Pastoral Paroki Harian; Diberhentikan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki setelah mendengar saran dari Dewan

    Pastoral Paroki Harian. Terkena hukuman gerejawi ekskomunikasi atau interdik (kan.1331-1332).

    h. Ketua Dewan Pastoral Paroki berhak mengangkat dan mengesahkan pejabat pengganti apabila ada yang mengundurkan diri.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    7

    6. TUGAS & TANGGUNG JAWAB DEWAN PASTORAL PAROKI 6.1. Tugas Umum

    a. Menggerakkan dan mengkoordinasi keterlibatan umat dalam karya Pastoral Paroki. Penggembalaan dan tata organisasi (Poimenik)

    b. Merencanakan arah pelayanan karya pastoral sesuai dengan Visi dan Misi Paroki, yaitu : Visi Paroki adalah Paroki Santo Thomas Kelapa Dua menjadi communio dari aneka

    komunitas basis yang beriman mendalam, solider dan dialogal, memasyarakat dan misioner. Misi Paroki adalah Paroki Santo Thomas Kelapa Dua mengadirkan Kerajaan Allah dengan

    mengabdikan diri secara aktif, meningkatkan relasi dan mutu keimanan, meningkatkan martabat manusia, melalui penataan mekanisme dan organisasi serta pemberdayaan potensi umat basis.

    c. Memutuskan masalah-masalah dan kebutuhan yang di hadapi Dewan Pastoral Paroki dan berusaha untuk memenuhinya dan atau mencarikan jalan keluarnya;

    d. Melaksanakan keputusan yang telah diambil, baik oleh Dewan Pastoral Paroki sendiri atau oleh yang ditugaskan;

    e. Mengevaluasi hasil pelaksanaan keputusan agar kelemahan-kelemahan dapat diatasi dan kekuatan-kekuatan diperbesar untuk mencapai kemajuan;

    f. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas penggem-balaan dalam rangka menciptakan persekutuan hidup kristiani dalam gereja dan masyarakat.

    6.2. Dewan Pastoral Paroki Harian

    Tugas, Wewenang dan Tanggung jawab Dewan Pastoral Paroki Harian adalah :

    a. Mewakili Dewan Pastoral Paroki dalam menjalin hubungan dengan Keuskupan, Paroki lain dan instansiinstansi resmi yang lain;

    b. Melaksanakan kegiatan pelayanan pastoral dan hal-hal keparokian yang berhubungan dengan administrasi dan kesekretariatan secara konkret;

    c. Menyelenggarakan rapat-rapat Dewan Pastoral Paroki serta pertemuan-pertemuan lain yang di nilai perlu demi kemajuan dan perkembangan karya pastoral paroki;

    d. Mempersiapkan rapat atau pertemuan dengan kemungkinan membentuk panitia tersendiri (ad hoc);

    e. Mengundang rapat Dewan Pastoral Paroki Inti atau Dewan Pastoral Paroki Pleno atau sebagian secara berkala;

    f. Menginventarisasi karya-karya pastoral di paroki terutama mengenai tempat, bentuk, dan kegiatannya;

    g. Menginventarisasi, menjaga dan mengelola harta benda paroki;

    h. Memberikan laporan tahunan kepada Uskup Diosesan.

    6.3 Dewan Pastoral Paroki Inti

    Tugas, Wewenang dan Tanggung jawab Dewan Pastoral Paroki Inti adalah :

    a. Menentukan kebijakan dan menyusun rencana program jangka pendek dan jangka panjang kegiatan karya pastoral paroki, dan menyampaikan kepada Dewan Pastoral Paroki Pleno;

    b. Mengkoordinasikan dan mengawasi kegiatan pastoral di paroki, stasi, wilayah, dan para seksi;

    c. Mengkoordinasikan dan melaksanakan program kegiatan pastoral yang telah disahkan, melaporkan dan memper-tanggungjawabkan pelaksanaan program kerjanya kepada Dewan Pastoral Paroki Pleno sekurang-kurangnya setahun sekali;

    d. Mengadakan rapat secara rutin, diadakan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan dan dalam Rapat Dewan Pastoral Paroki Inti, setiap wilayah melaporkan secara tertulis apa yang sedang terjadi di setiap lingkungan dalam Wilayahnya;

    e. Menyampaikan informasi mengenai keadaan dan keperluan Dewan Pastoral Paroki Inti kepada Pengurus Stasi, Wilayah dan Lingkungan;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    8

    6.4 Dewan Pastoral Paroki Pleno

    Tugas dan Tanggung jawab Dewan Pastoral Paroki Pleno adalah :

    a. Menentukan prioritas reksa pastoral Paroki jangka panjang dan jangka pendek.

    b. Menilai, melengkapi, memperbaiki dan mengesahkan rencana kerja yang disampaikan oleh Dewan Pastoral Paroki Inti menjadi Program Kerja Dewan Pastoral Paroki;

    c. Menerima dan menanggapi laporan kegiatan Dewan Pastoral Paroki Inti;

    d. Mengusulkan nama-nama calon pengurus dan anggota Dewan Pastoral Paroki untuk periode berikutnya.

    6.5. Ketua Dewan Pastoral Paroki

    Tugas dan Tanggung jawab Ketua Dewan Pastoral Paroki adalah :

    a. Mengusahakan persatuan seluruh umat Paroki sebagai wujud paguyuban atau communio yang hidup;

    b. Mengusahakan agar pelayanan sakramental dan sakramentali dapat berjalan dengan baik;

    c. Mengusahakan agar pembinaan iman umat dapat berjalan dengan baik;

    d. Bersama dengan anggota Dewan Pastoral Paroki meng-koordinasi kegiatan Paroki dan memberikan pengarahan kepada semua aktivis Paroki;

    e. Bersama dengan anggota Dewan Pastoral Paroki mengevaluasi dan menganalisa keadaan, menemukan arah dan menyusun konsep rencana kerja Paroki dan mengupayakan pelaksanaannya;

    f. Bersama dengan anggota Dewan Pastoral Paroki menggusahakan dana dan mengaturnya secara baik guna menunjang kegiatan Paroki;

    g. Menyerahkan hasil kolekte kepada Dana Solidaritas Pastoral Keuskupan Bogor sesuai dengan peraturan Keuskupan Bogor;

    h. Mengadakan rapat-rapat: Rapat Pengurus Dewan Pastoral Paroki paling sedikit satu kali dalam satu bulan; Rapat Dewan Pastoral Paroki Inti diselenggarakan paling sedikit satu kali dalam tiga bulan; Rapat Dewan Pleno paling sedikit satu kali dalam enam bulan.

    6.6. Wakil Ketua Dewan Pastoral Paroki

    Tugas dan Tanggung jawab Wakil Ketua Dewan Pastoral Paroki adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam kapasitasnya sebagai kaum

    beriman awam; b. Bersama dengan pengurus Dewan Pastoral Paroki Harian mengkoordinasikan kegiatan Paroki; c. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki; d. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggungjawab kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    6.7. Sekretaris Dewan Pastoral Paroki

    Tugas Sekretaris Dewan Pastoral Paroki adalah : Melaksanakan tugas bidang administrasi kesekretariatan dan bidang keorganisasian untuk kepentingan Dewan Pastoral Paroki yaitu : a. Tugas bidang administrasi kesekretariatan yaitu ;

    Surat-menyurat Mendokumentasikan surat masuk dan surat keluar. Membuat dan menyampaikan undangan pertemuan/ rapat kepada yang bersangkutan,

    melalui media komunikasi yang ada (telpon, sms, email dll) Membuat notulen dan/atau risalah rapat dan menyampaikan kepada para peserta

    pertemuan/ rapat. Mendokumentasikan data warga dan melakukan pemutakhiran data secara berkala. Mendokumentasikan kegiatan pelayanan karya pastoral yang dilaksanakan oleh Dewan

    Pastoral Paroki. Mendokumentasikan Keputusan-keputusan yang di ambil oleh Dewan Pastoral Paroki. Mempersiapkan acara dan penyelenggaraan pertemuan/ rapat Dewan Pastoral Paroki;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    9

    b. Tugas bidang keorganisasian yaitu ; Memotivasi, mendorong dan memastikan bahwa seluruh anggota Dewan Pastoral Paroki

    melaksanakan tugasnya sesuai dengan Pedoman, sistem dan peraturan yang berlaku serta Rencana Kerja Tahunan yang telah disetujui.

    Secara periodik mengevaluasi pedoman, sistem dan peraturan-peraturan Dewan Pastoral Paroki Santo Thomas, dan menyampaikan hasil evaluasi kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki, agar dapat dilakukan revisi/penyempurnaan.

    c. Menyusun dan mengajukan Rencana Kerja dan Anggaran Keuangan untuk keperluan kesekretariatan dan keorganisasian;

    d. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bidang kerjanya; e. Menyusun laporan kegiatan kepengurusan Dewan Pastoral Paroki; f. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    Tanggung jawab Sekretaris Dewan Pastoral Paroki adalah : a. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggungjawab kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki; b. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kerja dan penggunaan anggaran keuangan; c. Memberikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan penggunaan keuangan

    secara periodik kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki. d. Menyusun laporan kegiatan Paroki secara periodik (6 bulan sekali) dan disampaikan dalam rapat

    Dewan Pastoral Paroki Pleno dan Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    6.8. Bendahara Dewan Pastoral Paroki

    Tugas Bendahara Dewan Pastoral Paroki adalah : a. Menyelenggarakan administrasi keuangan Paroki sesuai dengan dasar-dasar manajamen

    Keuangan. b. Membukukan setiap penerimaan dan pengeluaran keperluan rutin gereja/pastoran/PGPM dalam

    Buku Kas sesuai dengan sistem Akuntansi Paroki yang berlaku. c. Menerima semua perolehan uang yang berasal dari kolekte, APP, donatur, penyumbang

    perorangan, amplop per-sembahan, bantuan dari luar untuk keperluan gereja/ pastoral/sosial/PGPM mencatat dalam buku kas dan menyetorkan ke rekening Bank Dewan Pastoral Paroki/ PGPM dan atau menyampaikan kepada pihak tertentu sesuai dengan maksud pemberi.

    d. Membuat rancangan anggaran belanja tahunan Dewan Pastoral Paroki dan diajukan untuk disetujui dalam pertemuan/rapat Dewan Pastoral Paroki dan ditetapkan oleh Dewan Keuangan Paroki

    e. Bersama Ketua menandatangani cheque-cheque untuk mengambil uang dari Bank, sesuai anggaran yang telah ditetapkan oleh Dewan Keuangan Paroki.

    f. Membuat laporan pertanggungjawaban di bidang keuangan dan inventaris Paroki secara periodik (6 bulan sekali) untuk disahkan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    Tanggung jawab Bendahara Dewan Pastoral Paroki adalah : a. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggung jawab kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki; b. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kerja dan penggunaan anggaran keuangan; c. Memberikan laporan pertanggungjawaban atas pelak-sanaan tugas dan penggunaan keuangan

    secara periodik kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki. d. Menyusun laporan keuangan Paroki secara periodik (6 bulan sekali) dan disampaikan kepada

    Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    6.9. Anggota Dewan Pastoral Paroki

    Tugas Anggota Dewan Pastoral Paroki adalah : a. Membantu menyampaikan pemikiran dan gagasan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki untuk

    memperlancar pelaksanaan tugas-tugas Dewan Pastoral Paroki. b. Melakukan tugas-tugas khusus yang diberikan oleh Pengurus Dewan Pastoral Paroki Harian.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    10

    c. Memantau dan memotivasi Seksi-Seksi/Panitia/Bagian/Tim agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan melaporkan perkembangannya kepada Rapat Pengurus Dewan Pastoral Paroki Harian, sekurang kurangnya 3 bulan sekali.

    6.10. Koordinator Bidang

    Tugas Umum dan tanggung jawab Koordinator Bidang adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam semua tugasnya; b. Mengkoordinir seksi yang ada di bawahnya dan mengkoordinasikan Organisasi/Perkumpulan

    dalam melaksa-nakan kegiatan karya pastoral sesuai dengan bidang kerjanya c. Mewakili seksi dalam rapat Dewan Pastoral Paroki Inti; d. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi di bawahnya

    sesuai bidang kerjanya; e. Menyusun laporan kegiatan bidangnya; f. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki; g. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggung jawab kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki; h. Bertanggung jawab mengenai kelancaran pelaksanaan tugas seksi di bawahnya; i. Melakukan pembinaan dan pengkaderan personil untuk tingkat seksi maupun untuk tingkat

    koordinator.

    6.11 Bidang Peribadatan

    Tugas Koordinator Bidang Peribadatan adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam Bidang Peribadatan; b. Mengkoordinir seksi-seksi yang ada di bawahnya sesuai dengan Bidang Peribadatan; Seksi Liturgi,

    Prodiakon, Putra Altar, Koor/Dirigen, Pemazmur, Organis, Lektor-lektris, Tata-tertib dan Persembahan, dekorasi dan Tata Bunga.

    c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi dibawahnya Bidang Peribadatan.

    d. Menyusun laporan kegiatan Bidang Peribadatan; e. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    6.12. Bidang Pewartaan dan Kesaksian

    Tugas Koordinator Bidang Pewartaan dan Kesaksian adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam Bidang Pewartaan dan

    Kesaksian; b. Mengkoordinir seksi-seksi yang ada di bawahnya sesuai dengan Bidang Pewartaan dan Kesaksian;

    Seksi Katekese, Kerasulan Kitab Suci, Kerasulan Keluarga, Komunikasi Sosial, Kerasulan Awam dan Hubungan Antar Kepercayaan, Panggilan dan Karya Misioner, serta Perkumpulan BIA, BIR, KEP, Guru Agama.

    c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi dibawahnya Bidang Pewartaan dan Kesaksian.

    d. Menyusun laporan kegiatan Bidang Pewartaan dan Kesaksian; e. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    6.13. Bidang Pelayanan

    Tugas Koordinator Bidang Pelayanan adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam Bidang Pelayanan b. Mengkoordinir seksi-seksi yang ada di bawahnya sesuai dengan Bidang Pelayanan; Seksi

    Pengembangan Sosial Ekonomi, Pendidikan, Seksi OTA, Seksi Kesehatan dan Seksi Pendampingan Hukum.

    c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan ber-dasarkan usulan dari seksi dibawahnya Bidang Pelayanan.

    d. Menyusun laporan kegiatan Bidang Pelayanan;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    11

    6.14. Bidang Kepemudaan

    Tugas Koordinator Bidang Kepemudaan adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan pembinaan dan pendamping-an terhadap kaum muda; b. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan Koordinator Kepemudaan wilayah/pendamping mudika

    wilayah dan Seksi Pendampingan OMK untuk melaksanakan pembinaan dan pendampingan kaum muda;

    c. Menyelenggarakan retret, rekoleksi, seminar, lokakarya yang berkaitan dengan kehidupan kaum muda baik dalam menggereja maupun bermasyarakat dan bernegara;

    d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki serta menyelenggarakannya;

    e. Mengevaluasi pelaksanaan kerja. 6.15. Bidang Umum

    Tugas Koordinator Bidang Umum adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam Bidang Rumah Tangga

    Paroki; b. Mengkoordinir seksi seksi yang ada dibawahnya yaitu ; Seksi Rumah Tangga Pastoran, Seksi

    Inventaris Gereja, Seksi Perbaikan dan Perawatan, dan Seksi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keamanan.

    c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi dibawahnya. d. Menyusun laporan bidang Rumah Tangga.

    6.16. Bidang Organisasi, Kelompok Kategorial dan Perkumpulan

    Tugas Koordinator Bidang Organisasi, kelompok kategorial dan Perkumpulan adalah :

    a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam Bidang pembinaan organisasi, kelompok kategorial dan perkumpulan yang ada di Paroki;

    b. Menjalin komunikasi dengan pengurus organisasi, kelompok kategorial dan perkumpulan dalam menyatukan visi dan misi paroki dalam aktivitas organisasi, perkumpulan dan kelompok kategorial (seperti : Lansia, Koperasi, PDKYA, PDKK, Legio Mariae, Priskat dll).

    c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan.

    d. Menyusun laporan bidang organisasi, kelompok kategorial dan perkumpulan. 6.17. Tugas Umum dan Tanggung jawab Seksi

    a. Merencanakan dan menyelenggarakan program kegiatan dan anggaran keuangan;

    b. Berkoordinasi dengan seksi lain dan bekerjasama dengan organisasi/perkumpulan Katolik dan non Katolik;

    c. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran biaya kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki; melalui Koordinator Bidang yang bersangkutan

    d. Mengevaluasi pelaksanaan kerja;

    e. Memberikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan penggunaan keuangan secara periodik kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki melalui Koordinator Bidang yang bersangkutan.

    f. Dalam melaksanakan tugasnya, seksi Liturgi bertanggung jawab kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki melalui Koordinator Bidang yang bersangkutan;

    g. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kerja dan penggunaan anggaran keuangan;

    6.18. Seksi Liturgi

    Tugas Seksi Liturgi adalah :

    a. Menyusun jadwal tugas terpadu pelayanan liturgi pada Hari Minggu, Jumat Pertama, Hari Raya Natal, Paskah, dan hari raya yang disamakan dengan hari minggu, secara terpadu berdasarkan tahun liturgi;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    12

    b. Menyiapkan buku panduan perayaan peribadatan, meliputi: Perayaan Ekaristi, Ibadat Sabda, Jalan Salib, dsb; dan buku panduan pelaksanaan perayaan liturgi untuk hari besar (Natal, Paskah), even khusus (Komuni Pertama, Krisma, Tahbisan dll) dan hari minggu biasa;

    c. Berkoordinasi dengan koster, mempersiapkan peralatan dan perlengkapan ibadat : Buku Perayaan Ekaristi, teks-teks, lilin altar, hosti, anggur, piala, sibori, taplak altar, pakaian Perayaan Ekaristi, pakaian prodiakon, pakaian lektor, pakaian putra altar, tata suara serta peralatan dan perlengkapan ibadat lainnya;

    d. Berkoordinasi dengan koster dalam pemeliharaan peralatan dan perlengkapan liturgi; memantau kebutuhan peralatan liturgi baik yang untuk keperluan baru atau sebagai pengganti yang rusak dan mengajukannya ke Seksi Rumah Tangga Pastoran;

    e. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan Panitia yang dibentuk oleh Dewan Pastoral Paroki, organisasi/ Perkumpulan Katolik, wilayah, lingkungan, dalam penyelenggaraan kegiatan perayaan peribadatan atau yang berhubungan dengan liturgi;

    f. Bekerjasama dengan organisasi/Perkumpulan Katolik dan sub seksi, menyelenggarakan rekoleksi, penataran atau kursus untuk para petugas liturgi;

    g. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    h. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.19. Seksi Prodiakon

    Tugas Seksi Prodiakon adalah : a. Menyusun jadwal tugas pelayanan Prodiakon sebagai pembantu Imam untuk menerimakan

    komuni dalam Perayaan Ekaristi pada hari minggu, jumat pertama, hari raya Natal dan Paskah, dan hari raya lainnya yang disamakan dengan hari minggu, jadwal disampaikan kepada seksi liturgi/bidang peribadatan untuk disusun jadwal liturgi terpadu, serta membantu Pastor mengirim dan menerimakan komuni untuk orang sakit;

    b. Mengadakan pembinaan dan pendampingan anggota prodiakon dengan menyelenggarakan pertemuan bulanan, rekoleksi, retret, penataran dan ziarah;

    c. Anggota Prodiakon membantu pengurus Lingkungan dan Wilayah untuk memimpin upacara sakramentali termasuk penguburan, ibadat sabda dan tugas lainnya yang ber-hubungan dengan ibadat;

    d. Lingkup pelayanan prodiakon terbatas dalam paroki tempat ia diangkat dengan Surat Keputusan Uskup untuk jangka waktu 3 tahun dan dapat diangkat kembali berdasarkan konfirmasi dari Ketua Lingkungan dimana prodiakon berasal;

    e. Menangani proses penerimaan prodiakon baru, mulai dari penerimaan, seleksi, persiapan busana, rekoleksi hingga pelantikan;

    f. Pengurus Prodiakon dipilih langsung oleh anggota, Ketua mewakili dalam pertemuan bidang peribadatan, dan Dewan Pastoral Paroki Pleno.

    g. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    h. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.20. Seksi Misdinar

    Tugas Seksi Misdinar adalah : a. Menyusun jadwal tugas pelayanan dalam Perayaan Ekaristi pada hari minggu, jumat pertama,

    hari raya natal dan paskah, dan hari raya lainnya yang disamakan dengan hari minggu, bersama dengan ketua kelompok Misdinar. Jadwal disampaikan kepada seksi liturgi/bidang peribadatan untuk disusun jadwal liturgi terpadu;

    b. Mengadakan pembinaan dan pendampingan pada kelompok Misdinar, dengan menyelenggarakan latihan rutin, rekoleksi, retret, penataran, ziarah dan rekreasi;

    c. Mengadakan pendataan anggota dan menambah anggota baru dari lingkungan-lingkungan;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    13

    d. Seksi Misdinar bersama dengan kelompok Misdinar melakukan regenerasi dalam kelompok Misdinar dengan melaksanakan : penerimaan anggota baru dan pergantian Pengurus Misdinar yang dipilih langsung oleh anggota.

    e. Menyampaikan keperluan busana liturgi dan peralatan lainnya kepada Korbid Peribadatan. f. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki g. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.21. Seksi Koor

    Tugas Seksi Koor adalah : a. Mendata dan menyusun jadwal tugas koor dan dirigen lingkungan/ wilayah/ sekolah Katolik/

    kelompok/ perkumpulan/ organisasi Katolik, dalam Perayaan Ekaristi pada hari minggu, jumat pertama, hari raya natal dan paskah, dan hari raya lainnya yang disamakan dengan hari minggu, jadwal disampaikan kepada seksi liturgi/bidang peribadatan untuk disusun menjadi jadwal liturgi terpadu;

    b. Mengadakan pembinaan dan pendampingan terhadap para dirigen, dengan menyelenggarakan pelatihan, penataran, rekoleksi, retret, dll;

    c. Memilih nyanyian Perayaan Ekaristi sesuai dengan kalender liturgi atau tema Perayaan Ekaristi; d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki. e. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.22. Seksi Organis

    Tugas Seksi Organis adalah ; a. Menyusun jadwal tugas pelayanan dalam Perayaan Ekaristi pada hari minggu, jumat pertama,

    hari raya natal dan paskah, dan hari raya lainnya yang disamakan dengan hari minggu, jadwal disampaikan kepada seksi liturgi/bidang peribadatan untuk disusun jadwal liturgi terpadu

    b. Mengadakan pembinaan dan pendampingan organis, dengan menyelenggarakan latihan rutin, rekoleksi, retret, penataran;

    c. Mengadakan pendataan anggota dan menambah anggota baru dari lingkungan, sekolah Katolik/ kelompok/ perkumpulan/ organisasi Katolik

    d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    e. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.23. Seksi Lektor

    Tugas Seksi Lektor adalah : a. Menyusun jadwal tugas pelayanan dalam Perayaan Ekaristi pada hari minggu, jumat pertama,

    hari raya natal dan paskah, dan hari raya lainnya yang disamakan dengan hari minggu, jadwal disampaikan kepada seksi liturgi/bidang peribadatan untuk disusun jadwal liturgi terpadu

    b. Mengadakan pembinaan dan pendampingan Lektor-lektris, dengan menyelenggarakan latihan rutin, rekoleksi, retret, penataran;

    c. Mengadakan pendataan anggota dan menambah anggota baru dari lingkungan, sekolah Katolik/ kelompok/ perkumpulan/ organisasi Katolik

    d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan pastoral Paroki.

    e. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.24. Seksi Penyambut Jemaat

    Tugas Seksi Penyambut Jemaat adalah : a. Menyusun jadwal tugas penyambut jemaat , persembahan dan kolektan lingkungan/ wilayah/

    sekolah Katolik/ kelompok/ perkumpulan/organisasi Katolik, dalam Perayaan Ekaristi pada hari minggu, jumat pertama, hari raya natal dan paskah, dan hari raya lainnya yang disamakan dengan hari minggu, jadwal disampaikan kepada seksi liturgi/bidang peribadatan untuk disusun jadwal liturgi terpadu;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    14

    b. Petugas penyambut jemaat mengatur tempat duduk umat selama perayaan ekaristi berlangsung, mengumpulkan kolekte dan mengatur umat dalam menyambut komuni;

    c. Memeriksa dan memastikan bahwa kotak persembahan, dan kantong kolekte sudah disiapkan; d. Sesudah Perayaan Ekaristi, petugas membawa kotak kolekte ke ruang pastoral dan menghitung

    hasil kolekte, kemudian menyerahkan kepada Bendahara Paroki;

    6.25. Seksi Tata bunga

    Tugas Seksi Tata bunga adalah : a. Menyusun jadwal tugas Dekorasi dan tata bunga lingkungan-lingkungan, dalam Perayaan Ekaristi

    pada hari minggu, jumat pertama, hari raya natal dan paskah dan hari raya lainnya yang disamakan dengan hari minggu, jadwal disampaikan kepada seksi liturgi/bidang peribadatan untuk disusun jadwal liturgi terpadu;

    b. Memeriksa dan memastikan bahwa altar dan ruangan gereja telah dihias; c. Memfasilitasi warga lingkungan yang berminat untuk berkarya sebagai penata-bunga sehingga

    terbentuk kelompok-kelompok baru untuk mengembangkan seksi Dekorasi dan Tata bunga. d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral

    paroki. e. Mengevaluai rencana kerja.

    6.26. Seksi Katekese

    Tugas Seksi Katekese adalah : a. Mengkoordinasikan, perkumpulan/kelompok dan sub seksi yang berkaitan dengan

    penyelenggaraan kegiatan pengajaran iman, meliputi: guru agama, koordinator Peribadatan Stasi/Wilayah dan seksi liturgi Lingkungan, seksi lain, organisasi Katolik dan yayasan pendidikan Katolik; serta Panitia yang dibentuk oleh Dewan Pastoral Paroki;

    b. Merencanakan, menyelenggarakan pengajaran iman berdasarkan Kitab Suci dan ajaran gereja bagi calon baptis, penerima komuni pertama dan krisma;

    c. Menyusun dan menentukan jadwal, kurikulum, buku panduan dan pengajar untuk pengajaran calon baptis, komuni pertama dan krisma;

    d. Bekerjasama dengan seksi lain (Seksi Kerasulan Kitab Suci) dan Panitia yang dibentuk oleh Dewan Pastoral Paroki menyiapkan bahan pendalaman iman dan pembekalan kepada para pemandu pendalaman iman di Wilayah/ Lingkungan, pada masa prapaskah, adven, dan bulan Kitab Suci, dan lain-lain;

    e. Menyelenggarakan rekoleksi, seminar, penataran kursus bagi para guru agama dan petugas katekese wilayah dan lingkungan;

    f. Memperhatikan pelajaran agama Katolik yang diselenggara-kan sekolah-sekolah Katolik maupun non Katolik di wilayah paroki.

    g. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    h. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.27. Seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS)

    Tugas Seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS) adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan upaya pengenalan dan pengamalan Kitab

    Suci; b. Menyusun bahan pendalaman Kitab Suci dan memberi pembekalan kepada para pemandu

    pendalaman Kitab Suci di wilayah dan lingkungan; c. Bekerjasama dengan Seksi Katekese, Panitia yang dibentuk oleh Dewan Pastoral Paroki, wilayah,

    lingkungan mengadakan pendalaman Kitab Suci pada masa prapaskah, adven, dan pada bulan Kitab Suci, dan lain-lain;

    d. Bekerjasama dengan seksi lain, wilayah dan lingkungan, mengadakan bimbingan kepada umat untuk lebih mengenal Sabda Tuhan;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    15

    e. Menyelenggarakan rekoleksi, seminar, penataran, kursus Kitab Suci;. f. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral

    Paroki. g. Mengevaluasi rencana kerja

    6.28. Seksi Kerasulan Keluarga

    Tugas Seksi Kerasulan Keluarga adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan upaya pembinaan kehidupan keluarga; b. Menyelenggarakan kursus persiapan perkawinan; c. Menyusun dan menentukan jadwal, kurikulum buku panduan dan pengajar untuk pengajaran/

    kursus persiapan perkawinan; d. Pembinaan dan pendampingan terhadap keluarga muda; e. Mengadakan pendidikan kehidupan keluarga, remaja, dewasa, dan kesejahteraan keluarga; f. Mengadakan konsultasi keluarga, seksualitas, hukum dan psikologis; g. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral

    Paroki. h. Mengevaluasi rencana kerja

    6.29. Seksi Komunikasi Sosial (Komsos)

    Tugas Seksi Komunikasi Sosial adalah : a. Mengelola informasi dan komunikasi melalui media cetak, media elektronik (termasuk

    pemeliharaan informasi pada website Paroki Santo Thomas) dan forum komunikasi sebagai sarana komunikasi antar umat dan pewartaan;

    b. Menyelenggarakan atau mengirim umat untuk mengikuti seminar, lokakarya, penataran maupun kursus dalam bidang komunikasi;

    c. Bekerjasama dengan Panitia yang dibentuk oleh Dewan Pastoral Paroki, untuk menginformasikan dan menso-sialisasikan kegiatan kepanitiaan;

    d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    e. Mengevaluasi rencana kerja 6.30. Seksi Kerasulan Awam Dan Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (Kerawam dan HAK)

    Tugas Seksi Kerasulan Awam dan Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan upaya pengamalan semangat awam serta

    upaya pengenalan dan pengamalan hidup beragama; b. Bekerjasama dengan seksi lain. wilayah dan lingkungan, mendampingi dan memotivasi kaum

    awam agar mengerti, menyadari dan memahami akan peran dan panggilan khasnya dalam Gereja dan masyarakat, serta kehidupan berbangsa dan bernegara;

    c. Menyelenggarakan rekoleksi, seminar dan penataran untuk kelompok kerasulan awam; d. Menjalin hubungan dengan gereja-gereja lain (oikumene), serta membina hubungan kerjasama,

    dialog dengan pimpinan agama dan kepercayaan lain; e. Bekerjasama dengan seksi lain, wilayah dan lingkungan, membina umat agar mengusahakan

    terbinanya hubungan dan kerukunan dengan saudara-saudara yang beragama dan berkepercayaan lain dalam kehidupan sehari-hari;

    f. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggarana keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki

    g. Mengevaluasi rencana kerja. 6.31. Seksi Panggilan

    Tugas Seksi Panggilan adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan upaya menyadarkan seluruh umat perperan

    serta dalam menumbuh kembangkan panggilan imam, biarawan-biarawati dan hidup bakti lainnya, serta tanggungjawabnya terhadap evangelisasi baru;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    16

    b. Bekerjasama dengan Seksi lain, seminari, biara, menyelenggarakan kegiatan untuk menarik minat kaum muda menerima panggilan imam, biarawan-biarawati dan hidup bakti lainnya, terutama dalam pekan panggilan;

    c. Memberikan pendampingan dan motivasi kepada para keluarga calon imam, biarawan dan biarawati;

    d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    e. Mengevaluasi rencana kerja

    6.32. Seksi Karya Misoner

    Tugas Seksi Karya Misioner adalah : a. Mengkoordinasikan, perkumpulan/kelompok dan sub seksi yang berkaitan dengan

    penyelenggaraan kegiatan pengajaran/pendampingan Bina Iman Anak dan Bina Iman Remaja, meliputi: guru agama, koordinator Peribadatan Stasi/Wilayah, seksi lain, organisasi Katolik dan yayasan pendidikan Katolik;

    b. Memberikan pembinaan bagi pendamping Bina Iman Anak (BIA) dan Bina Iman Remaja (BIR) yang ada di lingkungan/ wilayah.

    c. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    d. Mengevaluasi rencana kerja. 6.33. Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE)

    Tugas Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan sosial ekonomi; b. Menjadi koordinator kegiatan Aksi Puasa Pembangunan (APP) dan Aksi Adven Pembangunan. c. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan seksi lain dan pihak ketiga, untuk mengadakan pelayanan

    sosial karitatif dan sosial ekonomi. d. Melaksanakan kegiatan untuk mendorong pengembangan sosial ekonomi dan meningkatkan

    penghasilan keluarga; e. Menyelenggarakan seminar, lokakarya, kursus ketrampilan, penataran yang berkaitan dengan

    pengembangan ekonomi rumah tangga, sosial ekonomi dan meningkatkan penghasilan; f. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggara keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral

    Paroki g. Mengevaluasi pelaksanaan kerja

    6.34. Seksi Pendidikan

    Tugas Seksi Pendidikan adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan pendidikan; b. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan seksi lain dan pihak ketiga, untuk membantu anak-anak

    agar memperoleh pendidikan baik formal maupun non formal, dengan berbagai kemudahan atau biaya sesuai dengan kemampuan paroki;

    c. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    d. Mengevaluasi pelaksanaan kerja. 6.35. Seksi Orang Tua Asuh (OTA)

    Tugas Seksi Orang Tua Asuh (OTA) adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan pendidikan khususnya dalam

    mengelola program orang tua asuh (OTA) di Paroki. b. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan seksi lain dan pihak ketiga, untuk membantu anak-anak

    yang memerlukan bantuan dana pendidikan dan atau beasiswa bagi kelanjutan pendidikan khususnya untuk kelurga yang tidak mampu, agar memperoleh pendidikan baik formal maupun non formal, dengan berbagai kemudahan atau biaya.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    17

    c. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    d. Mengevaluasi pelaksanaan kerja. 6.36. Seksi Pendampingan Hukum

    Tugas Seksi Pendampingan Hukum adalah : a. Menyadarkan umat beriman akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dan

    mendorongnya untuk memperjuangkannya dalam kehidupan sehari-hari; b. memberikan rekomendasi kepada Pastor Paroki, DPP dan DKP terkait posisi hukum gereja dan

    legalitas dokumen hukum dalam rangka hubungan kontraktual dan/atau transaksional dengan pihak ketiga

    c. memberikan konsultasi dalam rangka bantuan hukum tahap pertama kepada umat paroki yang memiliki permasalahan hukum.

    d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    e. Mengevaluasi pelaksanaan kerja.

    6.37. Seksi Kesehatan

    Tugas Seksi Kesehatan adalah : a. Memberikan pertimbangan medis untuk masalah kesehatan pastor paroki dan keluarga

    karyawan paroki agar tetap terpelihara kebugarannya. b. Memeriksa secara rutin kondisi kesehatan pastor paroki dan keluarga karyawan paroki dan

    memberikan tindakan yang diperlukan dalam situasi tertentu. c. Melaporkan kepada Koordinator bidang pelayanan segala perkembangan kesehatan pastor

    paroki. d. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral

    Paroki. e. Mengevaluasi pelaksanaan kerja.

    6.38. Seksi Pendampingan OMK

    a. Bekerja sama dengan Koordinator Kepemudaan melakukan pembinaan terhadap Orang Muda Katolik (OMK) baik dalam bidang keimanan, kemasyarakatan maupun keorganisasian.

    b. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan pastoral Paroki serta menyelenggarakannya.

    c. Mengevaluasi pelaksanaan kerja.

    6.39. Seksi Rumah Tangga Pastoran

    Tugas Seksi Rumah Tangga Pastoran adalah : a. Mengelola ekonomi rumah tangga pastoran; b. Mengatur pengadaan makanan dan minuman untuk pastor dan tamu-tamu Paroki; c. Melaksanakan pengadaan, pengaturan, perawatan dan pencatatan sarana dan prasarana rumah

    tangga pastoran dan harta benda gereja; d. Melaksanakan pengelolaan Aula Paroki; e. Menyusun dan mengajukan rencana kerja kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki. f. Mengevaluasi pelaksanaan kerja.

    6.40. Seksi Perbaikan dan Perawatan

    Tugas Seksi Perbaikan dan Perawatan adalah : a. Melakukan perawatan dan pemeliharaan segala barang-barang inventaris milik paroki b. Melakukan pemeliharaan dan perawatan gedung pastoral, gedung pastoran dan gedung gereja

    secara berkala. c. Melaporkan segala kegiatannya kepada koordinator bidang umum.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    18

    d. Mengajukan biaya untuk pemeliharaan dan perawatan baik barang inventaris maupun gedung paroki kepada koordinator bidang umum.

    e. Menyusun dan mengajukan rencana kerja kepada Ketua Dewan Pastoral paroki. f. Mengevaluasi pelaksanaan kerja.

    6.41. Seksi Inventaris Gereja

    Tugas Seksi Inventaris adalah : a. Melakukan pencatatan dan pendataan seluruh barang inventaris milik paroki baik yang ada di

    gereja, gedung pastoral maupun gedung pastoran. b. Melakukan perawatan terhadap benda-benda liturgi yang dimiliki oleh Paroki agar dapat

    terpelihara dan digunakan bagi kepetingan Peribadatan. c. Melakukan pemeliharaan terhadap seluruh peralatan liturgi yang digunakan oleh Imam,

    prodiakon, putra altar maupun oleh lektor dan melakukan revitalisasi/rehabilitasi jika diperlukan. d. Melakukan koordinasi dengan seksi liturgi dalam persiapan hari-hari besar seperti Natal dan

    Paskah. e. Melaporkan segala kegiatannya kepada Koordinator bidang umum secara berkala (6 bulan

    sekali). f. Menyusun dan mengajukan rencana kerja kepada Ketua Dewan Pastoral paroki. g. Mengevaluasi rencana kerja.

    6.42. Seksi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keamanan

    Tugas Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keamanan adalah:

    a. Membina hubungan dengan pihak-pihak yang bersinggungan kepentingan dengan paroki seperti : Mako Brimob dan perangkatnya, Pengurus DKM Masjid Agung Brimob Pengurus Rumah Pintar Pengurus Jemaat Gereja Kristen Gideon Dll.

    b. Bersama dengan Dewan Pastoral Paroki Harian, menjalin komunikasi dengan pihak pihak tersebut diatas dalam membina hubungan baik paroki dengan institusi yang ada di areal Mako Brimob.

    c. Menjalin hubungan yang baik dalam menjaga keamanan di lingkungan paroki.

    d. Melakukan perencanaan dalam pengamanan teritorial lingkungan paroki agar tercipta kondisi yang aman dalam seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Paroki.

    e. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    f. Mengevaluasi pelaksanaan kerja.

    7. KEPANITIAAN / TIM KERJA

    Dewan Pastoral Paroki dapat membentuk dan menetapkankan Kepanitiaan / Tim Kerja yang disyahkan oleh Dewan Pastoral Paroki Harian.

    7.1. Tugas Kepanitiaan / Tim Kerja

    a. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran keuangan sesuai dengan tugas dan tujuan dibentuknya Kepanitiaan/Tim Kerja kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki dan/atau Dewan Pastoral Paroki Harian.

    b. Mengundang rapat seksi Dewan Pastoral Paroki yang terkait dengan bidang kerja dari Kepanitiaan/Tim Kerja.

    c. Melaksanakan tugas rencana kerja dan anggaran keuangan yang telah disetujui .

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    19

    7.2. Tanggung jawab Kepanitian/Tim Kerja

    a. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggung jawab kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki dan/atau Dewan Pastoral Paroki Harian;

    b. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kerja dan penggunaan anggaran keuangan;

    c. Memberikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan penggunaan keuangan kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki dan/atau Dewan Pastoral Paroki Harian;

    8. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PERKUMPULAN DAN ORGANISASI

    8.1. Perkumpulan/Kelompok Katolik

    a. Melaksanakan kegiatan karya pastoral paroki sesuai dengan tujuan perkumpulan/kelompok yang bersangkutan. Peran sertanya disesuaikan dengan kebijakan dan dibawah Koordinasi Dewan Pastoral Paroki.

    b. Membangun kerjasama antar Perkumpulan/Kelompok Katolik dan/atau antara Perkumpulan/Kelompok Katolik dengan Wilayah atau Lingkungan untuk perkembangan umat dan masyarakat.

    c. Tugas dan tanggung jawab selengkapnya sesuai dengan pedoman atau aturan masing-masing Perkumpulan

    8.2. Organisasi Katolik

    a. Membantu kegiatan karya pastoral di Paroki, Wilayah dan Lingkungan sesuai dengan anggaran dasar organisasinya. Bentuk bantuan dan peran sertanya hendaknya sesuai dengan kebijakan dan di bawah koordinasi Dewan Pastoral Paroki;

    b. Membangun kerjasama antar Kelompok Kategorial dan/atau Kelompok Kategorial dengan Wilayah atau Lingkungan untuk perkembangan umat dan masyarakat;

    c. Tugas dan tanggungjawab selengkapnya sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing-masing organisasi.

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    20

    BAB III S T A S I

    1. BATAS PELAYANAN DAN KEDUDUKAN 1.1. Batas Pelayanan

    a. Batas teritorial Stasi ditetapkan dengan Surat Keputusan oleh Dewan Pastoral Paroki dengan memperhatikan batas-batas pemerintahan sipil.

    1.2. Kedudukan

    a. Stasi adalah salah satu badan yang dibentuk oleh Dewan Pastoral Paroki sebagai Koordinator Wilayah, Lingkungan, Kelompok, Perkumpulan dan Organisasi Katolik yang berbasis di Stasi;

    b. Stasi berkedudukan di wilayah Paroki dan tata penggembala-annya masih dilaksanakan oleh Pastor Paroki atau Pastor lain dari Paroki;

    c. Ketua Stasi, mempunyai kedudukan sebagai Anggota Pengurus Dewan Pastoral Paroki Inti. 2. TUJUAN, FUNGSI, DAN WEWENANG

    2.1. Tujuan

    Stasi dibentuk dengan tujuan :

    a. Menyelenggarakan tata penggembalaan yang melibatkan, mengembangkan dan memberdayakan seluruh umat dalam rangka persiapan menjadi Paroki;

    b. Mengkoordinasikan Wilayah-wilayah, Lingkungan-lingkungan, Kelompok-Kelompok, Perkumpulan dan Organisasi Katolik dalam mewujudkan panggilan Umat Allah untuk meningkat-kan kemandirian dan berperan aktif dalam hidup menggereja dan bermasyarakat.

    2.2. Fungsi

    Fungsi Stasi adalah : a. Membantu Pastor Paroki dan Dewan Pastoral Paroki dalam penyelenggaraan dan

    pengembangan karya pastoral; b. Mengupayakan terbinanya persaudaraan dan koordinasi antar kelompok di Stasi dalam

    melaksanakan panggilan dan tugas perutusan gereja, baik sebagai warga gereja maupun masyarakat;

    c. Mengupayakan peningkatan kemandirian umat di Stasi.

    2.3. Wewenang a. Stasi berwenang mengambil keputusan reksa pastoral Stasi dalam kesatuan dengan Arah Dasar

    Pastoral Paroki dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keputusan kepada umat Stasi, dan Paroki.

    3. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

    3.1. Tugas

    Tugas Stasi adalah :

    a. Mengkoordinasikan Wilayah dan Lingkungan serta Organisasi dan Perkumpulan/Kelompok Katolik yang berkaitan dengan pelayanan dan kegiatan karya pastoral di Stasi;

    b. Menyampaikan hasil rapat Dewan Pastoral Paroki Inti dalam Rapat Pleno Stasi;

    c. Menyelenggarakan kegiatan karya pastoral; Perayaan Peribadatan, Katekese, Kerasulan Kitab Suci, Kerasulan Awam dan HAK, Kerasulan Keluarga, Panggilan dan Karya Misioner serta Pengembangan Sosial Ekonomi;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    21

    d. Melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap kaum muda Stasi (Mudika dan Rekat);

    e. Menyediakan media komunikasi, sebagai sarana komunikasi antar umat dan perwartaan;

    f. Mengadakan, mengatur, menggunakan, merawat dan menyimpan Inventaris dan peralatan serta perlengkapan liturgi milik Stasi;

    g. Menyusun dan mengajukan rencana kerja dan anggaran biaya Kepada Ketua Dewan Pastoral Paroki;

    h. Mengevaluasi pelaksanaan kerja setiap 6 bulan.

    3.2. Tanggung jawab

    Tanggung jawab Stasi adalah :

    a. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kerja dan penggunaan anggaran keuangan kepada Rapat Pleno Stasi dan Ketua Dewan Pastoral Paroki;

    b. Memberikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan penggunaan keuangan secara periodik kepada Rapat Pleno Stasi dan Ketua Dewan Umum Pastoral Paroki.

    4. KEPENGURUSAN

    Kepengurusan Stasi terdiri dari :

    a. Ketua;

    b. Wakil Ketua

    c. Sekretaris,

    d. Bendahara,

    e. Koordinator Bidang Peribadatan;

    f. Koordinator Bidang Pewartaan dan Kesaksian;

    g. Koordinator Bidang Pelayanan;

    h. Koordinator Bidang Kepemudaan;

    i. Seksi-seksi : Liturgi; Penyambut Jemaat, Persembahan/kolektan Dekorasi dan Tata Bunga Katekese; Kerasulan Kitab Suci;. Kerasulan Awam dan Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (Kerawam dan HAK); Kerasulan Keluarga; Panggilan dan Karya Misioner; Komunikasi Sosial; Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE); Pendidikan dan Orang Tua Asuh (OTA) Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Tangga.

    5. URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUS

    5.1. Ketua Stasi

    Tugas Ketua Stasi adalah :

    a. Memimpin dan mengkoordinasikan Pengurus Wilayah, Lingkungan, Organisasi dan Perkumpulan/Kelompok Katolik, yang berkaitan dengan kegiatan penyelenggaraan dan pengembangan karya pastoral di dalam Stasi;

    b. Memimpin rapat-rapat terutama Rapat Pleno Stasi;

    c. Menyampaikan hasil rapat Dewan Pastoral Paroki Harian maupun Inti kepada Anggota Pengurus Stasi serta Ketua-ketua Wilayah dan Lingkungan di dalam Stasi;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    22

    d. Membantu menyelesaikan masalah yang ada di Wilayah dan Lingkungan di dalam Stasi;

    Tanggung jawab Ketua Stasi adalah :

    a. Dalam melaksanakan tugasnya Ketua Stasi bertanggung jawab kepada Rapat Pleno Stasi dan Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    b. Bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan karya pelayanan pastoral di Stasi.

    c. Menyampaikan laporan secara periodik atas keuangan dan kegiatan karya pelayanan pastoral yang dilaksanakan kepada Rapat Pleno Stasi, dan Ketua Umum Dewan Pastoral Paroki.

    5.2. Wakil Ketua Stasi

    Tugas Wakil Ketua Stasi adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Stasi dalam semua tugasnya; b. Bersama dengan pengurus Stasi mengkoordinir kegiatan Stasi; c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usul dari bidang kerjanya. d. Menyusun laporan kegiatan bidangnya; e. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Stasi.

    Tanggung jawab Wakil Ketua Stasi adalah : a. Dalam melaksanakan tugasnya Wakil Ketua Stasi bertanggung jawab kepada Ketua Stasi. b. Bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan karya pelayanan

    pastoral di Stasi. c. Menyampaikan laporan secara periodik atas kegiatan karya pelayanan pastoral yang

    dilaksanakan, kepada Rapat Pleno Stasi, dan Ketua Stasi.

    5.3. Sekretaris

    Tugas Sekretaris Stasi adalah : a. Berkoordinasi dengan Sekretaris Wilayah dan Sekretaris Lingkungan, yang berkaitan dengan

    tugas dan kegiatan administrasi kesekretariatan. b. Melaksanakan pelayanan administrasi kesekretariatan dan administrasi umat yang diperlukan

    untuk kepentingan Stasi; Surat-menyurat Mendokumentasikan surat masuk dan surat keluar. Membuat dan menyampaikan undangan rapat Stasi kepada yang bersangkutan. Membuat notulen dan/atau risalah rapat Stasi dan mendistribusikan kepada yang

    bersangkutan. Mendokumentasikan data warga. Mendokumentasikan kegiatan pelayanan karya pastoral yang dilaksanakan oleh Stasi. Mendokumentasikan Keputusan-keputusan yang di ambil oleh Stasi dan Dewan Pastoral

    Paroki. c. Mempersiapkan acara dan penyelenggaraan rapat Stasi. d. Menyusun dan mengajukan Rencana Kerja, Anggaran Keuangan baik untuk bidangnya maupun

    untuk Stasi. e. Mengevaluasi pelaksanaan tugas bidang kerjanya. f. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Stasi.

    Tanggung jawab Sekretaris Stasi adalah : a. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Ketua Stasi. b. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kerja dan penggunaan anggaran keuangan; c. Menyusun dan menyampaikan Laporan Kegiatan dan Keuangan bidangnya dan Stasi secara

    periodik, baik untuk kepentingan Stasi maupun untuk Dewan Pastoral Paroki.

    5.4. Bendahara Stasi

    Tugas Bendahara Stasi adalah :

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    23

    a. Menyelenggarakan administrasi keuangan Stasi sesuai dengan dasar-dasar manajamen Keuangan.

    b. Membukukan setiap penerimaan dan pengeluaran keperluan rutin Stasi dalam Buku Kas sesuai dengan sistem pembukuan yang berlaku.

    c. Menerima semua perolehan uang yang berasal dari kolekte, APP, donatur, Penyumbang perorangan, amplop persembahan, bantuan dari luar untuk keperluan Stasi, dan mencatat dalam buku kas serta menyetorkan ke rekening Bank Stasi dan atau menyampaikan kepada pihak tertentu sesuai dengan maksud pemberi.

    d. Membuat rancangan anggaran belanja tahunan Stasi dan diajukan untuk disetujui dalam pertemuan/rapat Pleno Stasi serta disahkan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    e. Bersama Ketua menandatangani cheque-cheque untuk mengambil uang dari Bank, sesuai anggaran yang telah disetujui oleh Stasi.

    f. Membuat laporan pertanggungjawaban di bidang keuangan Stasi secara periodik (6 bulan sekali) kepada Ketua Stasi untuk disahkan.

    Tanggung jawab Bendahara Stasi adalah : a. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggung jawab kepada Ketua Stasi; b. Bertanggung jawab atas pelaksanaan kerja dan penggunaan anggaran keuangan; c. Memberikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan penggunaan keuangan

    secara periodik kepada Ketua Stasi, bendahara Umum dan Ketua Dewan Pastoral Paroki; 5.5. Koordinator Bidang

    Tugas Umum dan tanggung jawab Koordinator Bidang adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Stasi dalam semua tugasnya; b. Mengkoordinir seksi-seksi yang ada di bawahnya dan mengkoordinasikan

    Organisasi/Perkumpulan dalam melak-sanakan kegiatan karya pastoral sesuai dengan bidang kerjanya;

    c. Dalam mengembangkan pelayanan pastoral, apabila dianggap perlu koordinator bidang dapat membentuk seksi dan /atau sub seksi;

    d. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi-seksi di bawahnya sesuai bidang kerjanya;

    e. Menyusun laporan kegiatan bidangnya; f. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Stasi; g. Dalam melaksanakan tugasnya, bertanggung jawab kepada Ketua Stasi; h. Bertanggung jawab mengenai kelancaran pelaksanaan tugas seksi di bawahnya.

    5.6. Bidang Peribadatan

    Tugas Koordinator Bidang Peribadatan adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Dewan Pastoral Paroki dalam Bidang Peribadatan; b. Mengkoordinir seksi-seksi yang ada di bawahnya sesuai dengan Bidang Peribadatan; Seksi Liturgi,

    Tata-tertib dan Persembahan, dekorasi dan Tata Bunga; c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi-seksi dibawah

    Bidang Peribadatan; d. Menyusun laporan kegiatan Bidang Peribadatan; e. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Dewan Pastoral Paroki.

    5.7. Bidang Pewartaan dan Kesaksian

    Tugas Koordinator Bidang Pewartaan dan Kesaksian adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Stasi dalam Bidang Pewartaan dan Kesaksian; b. Mengkoordinir seksi-seksi yang ada di bawahnya sesuai dengan Bidang Pewartaan dan Kesaksian;

    Seksi Katekese, Kerasulan Kitab Suci, Kerasulan Keluarga, Komunikasi Sosial, Kerasulan Awam dan Hubungan Antar Kepercayaan, Panggilan dan Misioner;

  • Pedoman Pelaksanaan DPP Santo Thomas

    24

    c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi-seksi dibawah Bidang Pewartaan dan Kesaksian.

    d. Menyusun laporan kegiatan Bidang Pewartaan dan Kesaksian; e. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Ketua Stasi

    5.8. Bidang Pelayanan

    Tugas Koordinator Bidang Pelayanan adalah : a. Membantu dan bermitra dengan Ketua Stasi dalam Bidang Pelayanan; b. Mengkoordinir seksi-seksi yang ada di bawahnya sesuai dengan Bidang Peribadatan; Seksi

    Pengembangan Sosial Ekonomi, serta Perkumpulan Lansia, Koperasi,; c. Menyusun rencana kerja dan anggaran keuangan berdasarkan usulan dari seksi-seksi dibawah

    Bidang Pelayanan. d. Menyusun laporan kegiatan Bidang Pelayanan;

    5.9. Bidang Kepemudaan

    Tugas Koordinator Bidang Kepemudaan adalah : a. Mengkoordinasikan kegiatan pembinaan dan pendamping-an terhadap kaum muda; b. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan Koordinator Kepemudaan wilayah/ pendamping mudika

    wilayah untuk melaksanakan pembinaan dan pendampingan kaum muda; c. Menyelenggarakan retret, rekol