pasar modal

Click here to load reader

Post on 05-Jan-2016

176 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PASAR MODAL

PASAR MODALMata pelajaran : EkonomiKelompok : Maulidatul Hasanah Ratih Lidya Anggun HGuru pembimbing : Sapari S.Pd., M.Pd

SMAIT ASH-SHIBGOHTAHUN 2015

Pasar modal adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran surat-surat berharga, atau pasar yang menjualbelikan surat-surat berharga jangka panjang seperti saham dan obligasi sebagai bukti kepemilikan perusahaan. menurut Undang-Undang pasar modal No.8 tahun 1995 pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkan serta lembaga yang berkaitan dengan efek. Adapun efek adalah surat berharga jangka panjangPASAR MODAL Produk Pasar Modal terbagi 2 yaitu :1. PRODUK UTAMA2. PRODUK DERIVATIF

PRODUK - PRODUK PASAR MODALSaham1. Pengertian Saham Saham adalah sertifikat yang menunjukan bukti kepemilikansuatu perusahaan, dan pemegang saham memiliki hak klaim atas penghasilandan aktiva perusahaan.Dalam praktiknya, Nilai saham terbagi menjadi tiga jenis yaitu:a. Nilai Normal: Nilai yang tercantum dalam sertifikat saham yang bersangkutanb. Nilai Dasar: harga dasar yang bisa berubah sejalan dengan dilakukanya berbagai tindakan emiten yang berhubungan dengan saham.c. Nilai Pasar: merupakan harga suatu saham pada pasar yang sedang berlangsung.

1.PRODUK UTAMA5

Contoh saham yang diperjualbelikan di pasar modal. Berdasarkan cara peralihannya saham dapat dibedakan menjadi 2 yakni:Saham atas unjuk (bearer stock) adalah saham yang tidak ditulis nama pemiliknya, agar mudah dipindah tangankan dari satu investor ke investor lain.Saham atas nama(registered stock) adalah saham yang ditulis dengan jelas siapa pemiliknya.

JENIS - JENIS SAHAMBerdasarkan manfaat yang diperoleh pemegangnya, saham dibedakan sebagai berikut:

Saham biasa atau common stock adalah tanda penyertaan modal seseorang atau instansi dalam suatu perusahaan. Saham biasa dapat dibeli masyarakat umum di pasar modal. Pada umumnya, perusahaan menjual Saham biasa kepada masyarakat dengan tujuan berbeda. Misalnya, untuk ekspansi usaha, akuisisi perusahaan, atau membayar utang.1. Saham Biasa2. Saham PreferenSaham preferen adalah penyertaan modal atau kepemilikan perusahaan pada tingkat terbatas. Orang atau lembaga yang memiliki saham preferen tidak memiliki hak suara dalam RUPS. Akan tetapi, mereka akan mendapatkan sejumlah deviden yang jumlahnya pasti dan tetap dalam persentase tertentu.Selain kedua jenis saham tersebut, ada beberapa jenis saham yang diperjualbelikan di pasar bursa, yaitu:a. Growth stocksAdalah saham yang memiliki pertumbuhan di atas pertumbuhan rata-rata. Saham ini memiliki kecenderungan rasio harga saham dengan pendapatan persaham cukup tinggi dibandingkan dengan pasarannya.

b. Cyclical stocksAdalah saham yang pertumbuhan pendapatannya sama atau di bawah pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Operasinya perusahaan yang sahamnya dianggap cyclical stock sensitif terhadap kondisi bisnis secara keseluruhan.

c.Defensive stocksAdalah saham yang secara umum bertambah pendapatanya pada rata-rata atau dibawah rata-rata, tetapi tidak sensitif atau sangat sedikit dipengaruhi oleh kondisi bisnis.

d. Value stocksAdalah saham yang mempunyai harga pasar lebih kecil dari nilai bukunya. Artinya, rasio harga saham terhadap pendapatan kecil dibandingkan dengan rasio pasar. Investor yang mempunyai informasi menyenangi saham ini karena kemungkinan mendapatkan capital gain cukup besar dimasa mendatang.

e. Aggressive stocksAdalah saham yang memiliki resiko tinggi. Artinya, saham akan mengalami kenaikan yang lebih tinggi dari kenaikan pasar jika pasar naik. Sebaliknya, saham akan mengalami penurunan yang tajam jika pasar turun . Saham ini biasanya disenangi oleh investor yang menyukai resiko atau berspekulasi.

Pengertian obligasiObligasi adalah suatu kontak tertulis jangka panjang yang dapat dipindah tangankan tentang transaksi pengakuan utang disertai ketetapan sejumlah bunga yang akan dibayar secara periodik. Obligasi juga dapat diartikan juga sebagai sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan perusahaan yang menyatakan, investor tersebut telah meminjamkan uang kepada perusahaan.b. Obligasi

Contoh salah satu jenis obligasi, yaitu obligasi atas unjuk. 2. Jenis-jenis obligasiDitinjau dari segi peralihan obligasi dapat dibedakan menjadi:Obligasi atas unjuk (bearer bond, obligasi jenis ini tidak memiliki nama dalam obligasinya dan mudah untuk diahlikan kepada pihak lain.Obligasi atas nama (registered bonds, obligasi yang mencantumkan nama pemilik dan untuk pengalihannya memerlukan berbagai persyaratan dan prosedur tertentu.

Selain obligasi tersebut terdapat beberapa jenis obligasi lainnya yaitu, sebagai berikut:

Reksa dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam berpotofolio efek oleh manajer investasi. Reksa dana dapat diklasifikasikan menjadi empat kategori berdasarkan investasinya, yaitu reksa dana saham, obligasi, pasar uang, dan reksa dana campuran. Adapun kategori reksa dana terbagi atas reksa dana terbuka dan reksa dana tertutup.C. REKSA DANA2.Selain saham dan obligasi,di pasar modal dipasarkan pula produk derivatif. Derivatif terdiri atas efek yang diturunkan dari instrumen efek lain yang disebut underlying. Ada beberapa macam instrumen derivatif dalam pasar modal di indonesia antara lain sebagai berikut:

Produk Derivatif a. Bukti right (right issue),yaitu hak memesan efek terlebih dahulu pada harga yang telah ditetakan selama periode tertentu. b. Warrant, biasanya melekat sebagai daya tarik(sweetener) pada penawaran umum saham ataupun obligasi. c. Kontrak Aberjangka indeks saham (KBIS), adalaha kontrak ataupun perjanjian antara dua pihak yang mengharuskan mereka untuk menjual atau membeli produk yang menjadi variable pokok di masa yang akan datang dengan harga yang telah aaadaitetapkan sebelumnya.Mekanisme transaksi di bursa saham dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula, emiten yang bermaksud menjual efeknya kepada masyarakat harus lebih dahulu mendaftarkan efeknya di pasar modal. Emiten mengajukan surat pernyataan pendaftaran emisi efek kepada ketua Bapepam melalui penjamin emisi yang ditunjuk oleh emiten. Surat pernyataan pendaftaran emisi efek harus melampirkan.Mekanisme Kerja Pasar ModalRancangan selebaran, iklan, atau surat edaran yang akan digunakan untuk penawaran efek;Salinan akta pendirian dan anggaran dasar perusahaan beserta perubahannya; Laporan keuangan emiten untuk dua tahun terakhir, yang disusun dengan prinsip akuntasi yang berlaku umum di Indonesia, disertai laporan akuntan publik.

Setelah Bapepam menerima surat pernyataan pendaftaran emisi efek, Bapepam melakukan penilaian terhadap bonafiditas dan kemampuan emiten. Selambat-lambatnya 30 hari, Bapepam akan memberikan jawaban(disetujui atau ditolak). Jika disetujui, Ketua Bapepam atas nama Menteri Keuanga mengeluarkan izin emisi efek. Jika ditolak, persyaratan dari emiten harus ditinjau kembali untuk dilakukan perbaikan. Efek yang disetujui, bisa dijual kepada masyarakat melalui pasar perdana.1. Berdasarkan peralihannya saham dibedakan menjadi berapa ?2. Apa pengertian saham defensive stocks ? 3. Ada berapa macam instrumen derivatif yang ada dalam pasar modal di indonesia?soalBerdasarkan peralihannya saham dibagi menjadi dua yaitu saham atas unjuk dan saham atas nama.Saham defesive stocks adalah saham yang secara umum bertambah pendapatanya pada rata-rata atau dibawah rata-rata, tetapi tidak sensitif atau sangat sedikit dipengaruhi oleh kondisi bisnis.Instrumen derivatif yang ada di pasar modal Indonesia ada tiga yaitu bukti right, warrant, kontrak berjangka indeks saham.