panduan wisata jogja magazine edisi februari

Download Panduan Wisata Jogja Magazine Edisi Februari

Post on 30-Mar-2016

275 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Bulan penuh keceriaan ada di bulan Februari ini. Mulai dari perayaan Hari Raya Imlek hingga Valentine's Day membuat kita semua menjadi lebih dekat dengan orang yang kita sayangi.

TRANSCRIPT

  • .com

    FEBRUARI 2013

  • Disclaimer:Panduan dalam Yogyakarta Panduan Wisata ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

    Kami tidak bertanggungjawab atas segala perubahan informasi setelah Yogyakarta Panduan Wisata ini diterbitkan

    Copyright 2012 All rights reserved.Reproduction in whole or in part without permission is not allowed.

    REDAKSI PANDUAN WISATAExecutive Editor Editor ContributorsGraphic DesignerPhotographer

    Contact us for more information:CV. PANDUAN WISATAJl. Palagan Tentara Pelajar km 7 no 27, YogyakartaPhoneEmail

    Web

    : Niken Triana: Senja Yustitia, Ipank, Niken Triana: Senja Yustitia, Ipank, Niken Triana: a2ngondrong: Senja Yustitia, Ipank, Niken Triana

    : +62 274 7171131 : admin@panduanwisata.com yogyakarta.panduanwisata@gmail.com: http://yogyakarta.panduanwisata.com: @PanduanJogja: http://www.facebook.com/panduanwisata?ref=hl

    Itulah kata-kata yang akan diucapkan oleh sebagian besar tionghoa di seluruh dunia. Ya, Selamat Hari Raya Imlek bagi kita semua yang merayakannya! HAPPY VALENTINE juga bagi kita semua. Kali ini, Panduan Wisata Yogyakarta dengan khusus mengusung tema IMLEK dan VALENTINE di Jogja! Imlek dan Valentine di Jogja, biasanya pada ngapain aja? Atau ada event apa aja? Kita bahas lengkap di bulan Februari ini. So, jangan sampai kelewatan ya untuk baca dan nge-download edisi Februari 2013 ini.

    Persiapan sebaik mungkin untuk pasangan dan keluarga Anda tercinta sangatlah penting untuk dirancang jauh-jauh hari sebelum kedatangan di Jogja. Bagi Anda pengunjung dari luar kota Jogja, untuk membawa pakaian hangat dan payung saat berlibur menikmati moments Valentine dan Imlek disini, karena Jogja sering diguyur hujan akhir-akhir ini. Obat-obatan pun jangan lupa dibawa dan gunakan pakaian yang mudah kering. Tempat-tempat mana saja yang bisa Anda kunjungi, sebagian sudah kami ulas di edisi Februari 2013 ini. Enjoy the moments with Panduan Wisata!

  • AvanzaToyota InovvaToyota YarisKIA TravelloKIA PregioIsuzu Elf

    123456

    664

    121212

    Rp. 495.000Rp. 675.000Rp. 575.000Rp. 735.000Rp. 735.000Rp. 735.000

    Rp. 685.000Rp. 785.000Rp. 745.000Rp. 845.000Rp. 845.000Rp. 845.000

    Jenis KendaraanNo Jumlah Seat12 jam 18 jam

    Harga

    DAFTAR HARGA SEWA KENDARAAN ALL IN

    Keuntungan menggunakan sewa mobil Panduan Wisata:

    Notes:

    Saran Wisata

    Ketentuan Pemesanan

    HOTLINE 0274 - 7171.131

  • Greetings 02

    Kawasan Pecinan di YogyakartaKlub Barongsai dan Seni Kebudayaan Cina di Yogyakarta

    Cap Go MehBangunan Cina yang Masih Bertahan : Klenteng dan Cara Berdoa

    Penjual Bunga dan Pernak-pernik Valentine

    06

    Indonesian FoodBukit Indah, Bersentuhan Dengan Alam Diatas Kota Jogja

    Bumbu Desa, Masakan Sunda Yang Dinikmati Dengan Lidah JawaWestlake, Merasakan Nikmatnya Menyantap Hidangan Di Pinggir Danau

    Chinese FoodRumah Makan Mahkota / Tiong San

    Lie Djiong, Menu Sederhana Dengan Cita Rasa TinggiSerayu Chinese Restaurant, Menikmati Aneka Dim Sum

    Sintawang, Citarasa Chinese Food Yang Tak Tergantikan

    Japanese FoodSilla, Perpaduan Asia Food Di Jogja

    Takigawa, Mencicipi Masakan Negeri Sakura

    Western FoodR & B Steak and Grill, Steak Dengan Daging Yang Berkualitas

    Obonk Steak & Ribs, Steak Yang Ramah di KantongSawa Steaks & Grill, Menyantap Western Food di Areal PersawahanGajah Wong Resto, Menikmati Hidangan dengan Berbagai Suasana.

    Sasanti Restaurant, Restoran Dengan Sentuhan Nuansa Bali dan Yogya

    CafArtemy Italian Gelato Coffe Shop, Kopi dan Es Krim Jadi Satu

    ParisSerafin

    08091012

    131415

    16161818

    20212223

    1920

    24

    242526

  • ChezmoiKalimilk, Rasakan Segarnya Susu Sapi di Kalimilk

    ITALIAN FOODK Meals Resto, Restoran Masakan Perancis di Kawasan Tirtodipuran

    Nanamia Pizzeria, Nongkrong Ditemani Pizza Italiail Mondo, Restoran Pizza Yang Homy

    Pasta Gio, Sajian Pasta Murah MeriahPasta Banget, Menyantap Italian Food di Tempat Yang Cozy

    SEAFOODKepiting Cak Gundul 1992

    Gubug Makan Mang Engking, Rumah Makan di Tengah Sawah PedesaanIkan Bakar Jimbaran Resto

    Restoran Ikan Pari, Seafood ala Restoran Ikan PariWarung Seafood di Pantai Depok, Menikmati Seafood dan Deburan Pantai

    Mai-Mai Ikan Bakar, Warung Seafood di Kawasan Seturan

    27

    Cokelat Monggo, Ungkapan kasih di hari ValentineGudeg Mbarek, Nikmatnya Gudeng Asli Jogja di Kawasan UGM

    Gerabah Kasongan, Karya Yogya yang MenduniaBambu Sendari yang Mendunia

    Kampung Batik Ngasem, Belanja Batik SepuasnyaLauren Cake, Oleh-oleh Untuk Para Penyuka Cake

    Event on January : Grebeg MauludHappening Events and Upcomiing Events

    EVENTS

    Yogyakarta Tourism MapRute Bus Trans Jogja

    Peta Halte dan Rute Bus Trans JogjaNomor Telepon Penting

    Photos of The Month

    DAFTAR ISI

    29303031

    27

    28

    32333434

    32

    35

    37373839

    36

    40

    4142

    4344464748

  • panduanwisatajogja | 06

    Kampung Ketandan ada di sebelah utara Pasar Beringharjo. Jika dari arah Stasiun Tugu kampung ini bisa Anda masuki tepat di gang samping Ramayana. Kawasan pecinan Ketandan kini dipenuhi dengan ratusan toko emas yang sebagian besar memang dijalankan secara turun temurun. Tak heran jika memasuki kampung ini, hal pertama yang Anda lihat adalah toko-toko yang berjajar menambah semarak pasar Beringharjo yang berdiri bersisihan. Salah satu penanda utama kampung ini adalah bangunan semacam tugu kecil yang bertuliskan wilayah RW. 04 Ketandan Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta. Tugu ini berwarna merah dengan gambar inisial huruf K di bagian bawahnya.

    Pada jaman Belanda, keberadaan etnis Tionghoa ini memang dibatasi. Namun berkat Sultan Hamengkubuwono II, mereka tetap diijinkan untuk bertahan di wilayah ini. Sayangnya, kini jejak bangunan tempo dulu sudah tak berbekas diganti dengan toko-toko yang menjadi denyut kehidupan mereka. Namun begitu Kampung Ketandan tetap menjadi bagian penting dari sejarah kota karena dibangun bersamaan dengan Pura Pakualaman. Sejak tahun 1950an, Ketandan menggeliat menjadi pusat bisnis. Toko-toko emas nyaris menjadi pemandangan lazim kampung ini. Yang patut diacungi jempol adalah kehidupan mereka tetap eksis berdampingan dengan etnis yang lain serta pusat bisnis Malioboro yang menjadi jujugan wisata Yogyakarta.

    Selain Ketandan, kehidupan etnis Tionghoa juga bisa kita temui di Pajeksan. Jika Ketandan berada di

    Kawasan Pecinan di Yogyakarta merupakan bagian dari sejarah panjang kota ini. Dua kawasan yang menjadi pusat kehidupan dan budaya Tionghoa adalah Ketandan dan Pajeksan yang berada di kawasan Malioboro. Sudah ada sejak akhir abad 19, kampung pecinan ini selalu ramai oleh denyut nadi bisnis serta interaksi sosial antar etnis.

    sebelah pasar beringharjo dan di belakang Ramayana, Pajeksan terletak di sisi seberang, tepatnya di belakang toko obat Sumber Husodo. Berbeda dengan Ketandan, Pajeksan jauh lebih sunyi. Beberapa ruko tutup tak berpenghuni. Ruko yang masih buka hingga kini kebanyakan menjual beberapa perlengkapan khas Tionghoa. Disini Anda bisa menemukan aneka keperluan untuk meracik masakan khas Chinese, perlengkapan perayaan tahun baru Cina alias Imlek dan perayaan Cheng Bengseperti hio dan aroma therapy. Cheng Beng adalah salah perayaan dimanan pada saat itu etnis Ti o n g h o a b e r z i a r a h , s e m b a h y a n g d a n membersihkan makam leluhur. Cheng Beng jatuh pada hari ke 104 setelah titik balik matahari musim dingin. Atau jika menggunakan penanggalan modern, tahun ini perayaan Cheng Beng jatuh pada tanggal 4 April.

    Bagi Anda yang kesulitan mencari beberapa kecap yang biasa diracik untk Chinese food dan makanan kaleng (non-halal) Pajeksan adalah tempat yang tepat. Makanan kaleng yang dijual biasanya meliputi jamur, sosis, jagung dan lain-lain.

  • panduanwisatajogja | 07

    Denyut kehidupan kampung Ketandan dan Pajeksan semakin terlihat kala perayaan Imlek. Dalam peringatan tahun baru Cina ini, kampung Ketandan akan menggelar pekan budaya Tionghoa dengan berbagai pertunjukkan. Hiasan-hiasan ala kampung Cina terpasang disana-sini. Suasana semarak karena para warga berbaur melihat indahnya kekayaan budaya. Bermacam jajanan yang tidak bisa Anda lihat di hari biasa bisa kita lihat dan cicipi selama gelaran ini.

    Selain Kampung Ketandan yang makin cantik karena bersolek dengan berbagai macam ornamen Tionghoa, di festival seperti ini kita juga bisa mendengarkan lagu-lagu mandarin, panggung hiburan dan seni. Tahun lalu misalnya, perayaan Imlek dengan titel Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta menampilkan Jogja Dragon Festival, fragmen Dewi Kwam Im, ketoprak komedi, sulap dan hiburan lainnya. Yang paling unik, kita juga bisa menyaksikan karnaval yang diramaikan oleh paguyuban Tionghoa di Yogya.

    Tahun ini Perayaan Imlek di Yogyakarta akan diadakan pada tanggal 20-24 Februari 2013. Event budaya ini sangat sayang untuk dilewatkan. Pecinan dan warga Tionghoa yang menjadi bagian dari sejarah panjang kota ini akan berbagi kegembiraan dengan para pengunjung dengan aneka pertunjukkan.

  • panduanwisatajogja | 08

    Yogyakarta kota yang memiliki beragam suku dan budaya, tak salah jika mendapat julukan miniature Indonesia, hal ini terlihat dengan begitu banyaknya budaya dari seluruh penjuru nusantara ini ada di kota ini. Budaya ini berkembang seiring dengan kota Yogyakarta yang terkenal dengan kota pelajar dimana tak sedikit para pelaku seni dan budaya adalah para penimba ilmu tersebut.

    Selain itu beberapa suku juga ada di kota ini, tak terkecuali komunitas Tionghoa. Beberapa komunitas Tionghoa ini menjadi salah satu warna dalam dalam budaya di kota ini. Beberapa tempat di kota ini menjadi kawasan pecinan atau china town seperti halnya