opini publik.pptx

Download OPINI PUBLIK.pptx

Post on 30-Jan-2016

217 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PowerPoint Template

MEMBANGUN OPINI PUBLIKFakhrurazi

LOGO Add your company slogan

Materi akan dimulai..

Selamat SorePESERTAWork Shop KeHumaSan Hotel Swiss Orion -Bandung, 20 Juli 2011

PUTIH

SAYA

KAMBING

HIJAU

Cape deh..

MEMBANGUN OPINI PUBLIKFakhrurazi

LOGO Add your company slogan

Donald Cater dalam buku The Fourth Branch of Government menyebut Pemerintahan AS sebagai "pemerintahan dengan publisitas". Hal ini karena kegiatan Gedung Putih tidak lain dari Komunikasi atas nama Presiden ".

Presiden AS yang menyadari pentingnya publisitas Untuk Membangun Opini Publik mempunyai staf komunikasi dan kehumasan yang besar. Tim komunikasi yang sering disebut spin doctors itu mempunyai fungsi mahapenting, yakni "menjual" dan mempromosikan presiden, keputusan dan kebijakan yang diambilnya.

Setidaknya, 75 persen atau 2/3 dari staf Gedung Putih ( jumlahnya antara 350 sampai 600 orang ) terkait dengan tugas komunikasi dan kehumasan tersebut.

Semua penampilan dan kegiatan presiden itu direncanakan dengan matang dan direkayasa sedemikian rupa untuk mendapat sebesar-besarnya perhatian publik dan media massa di bawah skenario yang terkendali. Kegiatan yang dikoordinir oleh tim komunikasi Gedung Putih itu tujuannya adalah Public Relations bagi presiden. Mereka terdiri atas para ahli komunikasi, praktisi public relations, dan mantan wartawan. Mereka bekerja mulai dari menyiapkan pidato presiden, membuat siaran pers, membuat kliping koran, menyampaikan briefing pers harian, menyeleksi permintaan wawancara, sampai mengatur pertemuan mana untuk konsumsi pers dan mana yang tidak perlu diliput media.

Multimedia: Change, Result & Action

Tuliskan Maksud Makna dari Gambar Tersebut, bila Saudara SEORANG PR?

Public Relations adalah potret dari organisasi. Ia menjadi TELINGA, MATA, sekaligus CORONG bagi organisasi. Ketika organisasi goyah, PR yang maju kedepan, ketika organisasi berada dalam posisi aman-aman saja, ia tetap tekun melakukan riset dan analisis, ketika perusahaan maju, ia berdiri dibelakang, mensupport semua aktivitas dan program yang mendukung organisasi. Dengan kata lain, Public Relations is a Must.

Public Relations

Adalah pengembangan opini public yang menyenangkan dari sebuah lembaga social, ekonomi atau politik. Suatu pemahaman tentang proses pembentukan dan perubahan sikap merupakan dasar dari studi hubungan masyarakat.

Opini public bukan merupakan suatu ujud dengan bentuk dan sifat yang nyata, tetapi merupakan sekumpulan keyakinan, ilusi dan pandangan yang rasional maupun tak rasional yang menggambarkan sikap individu-individu yang membentuk public.

Untuk memahami sifat opini public akan sangat membantu jika kita membagi istilah itu ke dalam komponennya yaitu sifat public dan ciri dari opini.

TUJUAN HUBUNGAN MASYARAKAT

Arti Opini

OPINI menurut Webster New Collegiate Dictionary, adalah suatu pandangan, keputusan, atau taksiran yang terbentuk di dalam pikiran mengenai suatu persoalan tertentu .

Suatu Opini adalah lebih kuat dari pada suatu kesan dan lebih lemah dari pada pengetahuan yang positif. Opini berarti suatu kesimpulan yang ada dalam pikiran dan belum dikeluarkan untuk bisa diperdebatkan.

Arti Publik

Kata public dari istilah opini public adalah sekelompok orang dengan kepentingan yang sama yang memiliki suatu pendapat yang sama mengenai suatu persoalan yang menimbulkan pertentangan atau bersifat controversial. Publik-publik memiliki kepentingan-kepentingan umum yang mempersatukan anggota-anggotanya, menciptakan suatu kesamaan pandangan dan mengarah kepada kebulatan pendapat tentang persoalan.

Pengertian Opini Publik

Opini public adalah suatu ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama diantara para anggota sebuah kelompok atau public, mengenai suatu masalah controversial yang menyangkut kepentingan umum. Proses pembentukan opini public berasal dari opini-opini individual yang diungkapkan oleh para anggota sebuah kelompok yang pandangannya bergantung pada pengaruh-pengaruh yang dilancarkan oleh kelompok itu.Opini public biasanya diungkapkan setelah terjadinya pertentangan, pertikaian dan perdebatan mengenai beberapa masalah controversial yang menyangkut system nilai, doktrin dan kesehjateraan sebuah kelompok.Menurut Hennesy yang mendefinisikan Opini Publik adalah kompleksitas keyakinan yang diungkapkan oleh sejumlah orang-orang tentang suatu persoalan mengenai kepentingan umum.

Fakta (bahasa Latin: factus) dalam istilah keilmuan merupakan suatu hasil observasi yang obyektif dan dapat verifikasi. Fakta adalah pengamatan yang telah diverifikasi secara empiris. Fakta dalam prosesnya kadangkala dapat menjadi sebuah ilmu. Contohnya, fakta bahwa bumi ini bulat. Ketika seseorang mengelilingi bumi dengan berjalan ke arah timur atau ke arah barat, pada akhirnya ia akan kembali ke titik awal. Fakta ini bukan berdasarkan sudut pandang pribadi, atau pendirian dari kelompok tertentu saja. Karena riset telah membuktikan dan memang telah terbukti 100% (diverifikasi) bahwa bumi ini bulat. Fakta inipun menjadi sebuah teori dalam ilmu pengetahuan.

FAKTA

Fakta dan Opini merupakan dua hal yang berbeda. Namun, dalam pemberitaan kedua hal tersebut sering dikacaukan dengan pengertiannya. Perbedaan fakta dan opini telah ditegaskan dalam Undang-undang Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia (KEJWI). Meskipun dalam KEJWI tidak menggunakan istilah opini tetapi memakai istilah pendapat.

PERBEDAAN SECARA JELAS ANTARA FAKTA DAN OPINI menjadi sangat penting dalam menulis berita, karena berita harus benar-benar menyajikan fakta yang didukung oleh data. Seandainya dalam berita terdapat opini dari nara sumber atau dari wartawan, opini tersebut harus benar-benar dapat dibedakan mana yang fakta, mana yang opini dari nara sumber, dan mana yang berupa opini dari wartawan. Dengan demikian, sebuah berita benar-benar menyajikan informasi yang benar dan tidak membohongi Publik.

www.themegallery.comPERAN PR DALAM USAHAMEMBANGUN OPINI PUBLIK?

Public Relation

Public Relation adalah fungsi managemen yang menilai sikap publik , mengidentifikasikan kebijaksanakan dan tata cara seseorang atau organisasi dari kepentingan public, serta merencanakan dan melakukan suatu program untuk meraih pengertian dan dukungan public.

Public relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh goodwill, kepercayaan, saling pengertian, dan citra yang baik dari publik, masyarakat.

Sasaran Public Relations adalah menciptakan opini publik yang favourable, menguntungkan semua pihak.

Public Relations merupakan unsur yang sangat penting dalam manajmen guna mencapai tujuan yang spesifik dari orgasnisasi/perusahaan.

Public Relations adalah suatu usaha untuk menciptakan hubungan.

Public Relation

FUNGSI UTAMA PR CreatorKreatif mencipta IDE atau GAGASAN CEMERLANG

ConceptorMempunyai kemampuan menyusun/menentukan program kerja dan target PRFUNGSI UTAMA PR

MediatorMampu Menyampaikan pesan dari organisasi ke khalayak/ masyarakatFUNGSI UTAMA PR

Problem SolverMampu menyelsaikan masalah secara proaktif, inovatif, dinamis, dan solutifFUNGSI UTAMA PR

DUA ASPEK YANG MELEKAT DI PUBLIC RELATION1.Sasaran Public Relation adalah Publik Intern dan Public Extern.

Public Internal adalah orang-orang yang berbeda atau tercakup oleh organisasi,seluruh pegawai mulai dari staff sampai karyawan bawahan (termasuk pemegang saham)

Public External adalah orang-orang yang berada diluar organisasi yang ada hubungannya dan diharapkan ada hubungannya.

2.Kegiatan public relation adalah komunikasi dua arah timbal balik (reciprocal two way trafic communication).Ini berarti bahwa dalam penyampaian informasi baik public Intern maupun ekstern harus terjadi umpan balik, Dengan demikian Publik Relation mengetahui opini public sebagai efek dari komunikasi yang ia lakukan.

Komunikasi antara manager dengan komunikan yang berada didalam organisasi,yakni para pegawai, secara timbal balik. INTERNAL COMMUNICATION

Adalah komunikasi antara Pimpinan atau pejabat lain yang mewakilinya dengan khalayak atau publik diluar organisasi.

Pada instansi Pemerintah,lembaga, badan, perusahan dan organisasi-organisasi lainnya yang besar disebabkan luasnya ruang lingkup, maka komunikasi dengan khalayak diluar organisasi banyak dilakukan oleh Public Relation ( Kepala hubungan masyarakat )KOMUNIKASI EKSTERNAL

KOMUNIKASI EKSTERNAL dilakukan menurut kelompok secara berdasarkan hubungan yang harus dibinaHubungan dengan wilayah sekitar (Community Relations)

Hubungan dengan Instansi pemerintah (Government Relations)

Hubungan dengan Pers ( Press Relations)

Hubungan dengan Pelanggan ( Custamer Relation)

1. Komunikasi dari organisasi ke khalayak

Komunikasi dari organisasi ke khalayak atau public.Pada umumnya bersifat informatif yang dilakukan sedemikian rupa sehingga khalayak merasa terlibat.setidak-tidaknya ada hubungan batin.

Kegiatan ini sangat penting dalam rangka upaya memecahkan masalah jika terjadi tanpa diduga sebelumnya.

Contoh masalah yang timbul akibat berita surat kabar yang tidak sesuai kenyataan.JALUR KOMUNIKASI EKSTERNAL

Adalah proses umpan balik. Ini adalah efek dari komunikasi yang dilakukan oleh Pimpinan atau ditugaskan olehnya tersalurkan ke organisasi sehingga Pimpinan mengetahuinya.

Umpan balik ini penting artinya bagi Pimpinan dengan demikian ia mengetahui berhasil tidaknya komunikasi yang ia lancarkan.jika efeknya positif maka pola,metode dan teknik komunikasi yang ia pengunakan akan dipakai untuk kebija