obat obat kelainan tiroid (blok xii )

Download Obat Obat Kelainan Tiroid (Blok Xii )

Post on 28-Nov-2014

753 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

OBATOBAT KELAINAN TIROID

OLEH DRS.AZMI SYARIF,Apt

AGEN AGEN ENDOKRINSISTIM ENDOKRIN TERDIRI DARI KELENJAR YANG TIDAK MEMPUNYAI DUKTUS YANG MENGELUARKAN HORMON KEDALAM ALIRAN DARAH . HORMON ADALAH SUBSTANSI KIMIA YANG DIBUAT DARI ASAM AMINO DAN KOLESTEROL YANG BEKERJA PADA JARINGAN TUBUH DAN ORGAN SERTA MEMPENGARUHI AKTIFITAS SELULAR . PEMBAGIAN HORMON ( BERDASARKAN STRUKTUR KIMA ) : 1 ) PROTEIN / PEPTIDA KECIL . 2 ) STEROID .

JENIS JENIS KELENJAR ENDOKRIN : PITUITARI ( HIPOFISIS )

TIROID PARATIROID ADRENAL GONAD PANKREAS

KELENJAR PITUITARI ( HIPOFISIS ) TERLETAK PADA DASAR OTAK MEMILIKI DUA LOBUS : PITUITARI ANTERIOR ( ADENOHIPOFISIS ) PITUITARI POSTERIOR ( NEUROHIPOFISIS ) PITUITARI ANTERIOR DISEBUT DENGAN MASTER GLAND KARENA MENSEKRESIKAN HORMON HORMON UNTUK MERANGSANG PELEPASAN DARI HORMON HORMON KELENJAR TARGET TERMASUK - TIROID - PARATIROID - ADRENAL - GONAD . KELENJAR PITUITARI POSTERIOR MENGSEKRESIKAN DUA NEURO HORMON YAITU : - HORMON ANTIDIURETIK ( ADH ) / VASOPRESIN - HORMON OKSITOKSIN .

KELENJAR PITUITARI ANTERIOR :HORMON PITUITARI ANTERIOR ADALAH : 1. THYROID STIMULATING HORMON ( TSH ) 2. ADENO KORTIKOTROPIK HORMON ( ACTH ) 3. GONADOTROPIN ( FOLICLE STIMULATING HORMON = FSH ) DAN LUTEINIZING HORMON = LH ) HORMON HORMON INI MENGENDALIKAN PEMBENTUKAN DAN PELEPASAN HORMON HORMON TIROID , ADRENAL DAN OVARIUM . HORMON HORMON LAIN YANG DISEKRESI OLEH PITUITARI ANTERIOR IALAH : - GROWTH HORMON ( GH ) - PROLAKTIN - MELANOCYTE STIMULATING HORMON ( MSH ) .

THYROID STIMULATING HORMON ( TSH )KELENJAR PITUITARI ANTERIOR MENSEKRESIKAN THYROID STIMULATING HORMON (TSH ) SEBAGAI RESPON DARI THYROID RELEASING HORMON ( TRH ) DARI HIPOTALAMUS . TSH ATAU THYROTROPIC HORMON MERANGSANG PELEPSAN LEVOTIROKSIN ( T4 ) DAN TRIODOTIRANIN ( T3 ) DARI KELENJAR TIROID . HIPERSEKRESI TSH HIPERTIROIDISME , DAN PEMBESARAN TIROID HIPOSEKRESI TSH HIPOTIRODISME .

KELENJAR TIROID MERUPAKAN KELENJAR KECIL , DIAMETER SEKITAR 5 Cm , TERLETAK DIANTARA TRAKEA TEPATNYA DIBAWAH JAKUN . MEMILIKI DUA LOBUS YANG DIHUBUNGKAN DENGAN SUATU JEMBATAN YANG TERBUAT DARI JARINGAN TIROID . DALAM KEADAAN NORMAL , KELENJAR TIROID TDK TERLIHAT DAN HAMPIR TDK TERABA . UNTUK MENGHASILKAN HORMON TIROID MEMBUTUHKAN IODIUM YANG TERDAPAT DLM MAKANAN DAN DIOLAH MENJADI HORMON. MENSEKRESIKAN DUA HORMON : 1. TIROKSIN ( T4 ) , MERUPAKAN BENTUK YANG DIHASILKAN OLEH KELENJAR TIROID , HANYA MEMILIKI EFEK YANG RINGAN TERHADAP KECEPATAN METABOLISME TUBUH . 2. TRI IODO TIRONIN ( T3 ) = LIOTIRONIN , MERUPAKAN BENTUK YANG AKTIF . TIROKSIN ( T4 ) DIROBAH DIDALAM HATI DAN ORGAN LAIN NYA MENJADI TRI IODO TIRONIN (T3 ). PEROBAHAN INI MENGHASILKAN 80 % BENTUK AKTIF UNTUK KEBUTUHAN .

HORMON HORMON INI MEMPENGARUHI HAMPIR SEMUA JARINGAN DAN ORGAN DENGAN MENGENDALIKAN AKTFITAS DAN LAJU ( TINGKAT ) METABOLISME DENGAN 2 CARA : 1. MERANGSANG HAMPIR SETIAP JARINGAN TUBUH UNTUK MENGHASILKAN PROTEIN . 2. MENINGKATKAN JUMLAH OKSIGEN YANG DIGUNAKAN SEL . JIKA SEL SEL BEKERJA DENGAN KERAS , MAKA ORGAN TUBUH AKAN BERKERJA LEBIH CEPAT . PERANGSANGAN HORMON TIROID MENYEBABKAN PENINGKATAN : CURAH JANTUNG PEMAKAIAN OKSIGEN PENGGUNAAN KARBOHIDRAT SINTESA PROTEIN PEMECAHAN LEMAK ( LIPOLISIS ) PENGATURAN PANAS TUBUH DAN SIKLUS MENSTRUASI .

BIOSINTESA HORMON TIROIDGANGGUAN FUNGSI TIROID TERJADI KARENA GANGGUAN SINTESA HORMON TIROID . BIOSINTESIS TIROID TERDIRI DARI 4 TAHAP YAITU : 1. AMBILAN ( UPTAKE ) ION IOD OLEH TIROID . - IODIUM YANG ADA DALAM MAKANAN AKAN SAMPAI KE DARAH DALAM BENTUK IODIDA . - TRANSPORT AKTIF IODIDA KEDALAM TIROID DIHAMBAT OLEH ION TIOSIANAT DAN PERKLORAT . - SISTIM PEMEKATAN IODIDA INI DIPACU OLEH TIROTROPIN ( TSH ) , DISAMPING ITU TERDAPAT PULA PENGATURAN OLEH SISTEM AUTOREGULASI , YAITU SIMPANAN IODIUM TIROID YANG RENDAH AKAN MEMACU AMBILAN IODIDA DAN SEBALIKNYA DENGAN PEMBERIAN IODIDA .

2 OKSIDASI DAN IODINASI IODIDA YANG DISERAP TIROID AKAN SEGERA BEROBAH MENJADI IODIUM DENGAN BANTUAN ENZYM PEROKSIDASE REAKSI TSB DIRANGSANG OLEH TSH DAN DIHAMBAT OLEH TIOUREA , AMINOBENZEN DAN IMIDAZOL . 3. PEMBENTUKAN TIROKSIN ( T4 ) DAN TRIIODOTIRONIN ( T3 ). 4. PELEPASAN TIROKSIN ( T4 ) DAN TRI IODO TIRONIN ( T3 ) KE DARAH . TIROKSIN ( T4 ) KURANG AKTIF , SEHINGGA DENGAN BANTUAN ENZYM 5 DEIODINASE AKAN DIROBAH MENJADI TRIIODOTIRONIN . KERJA 5 DEIODINASE AKAN DIHAMBAT OLEH OKSIDATOR - PROPILTIOURASIL SEDANGKAN ANTITIROID METIMAZOL TIDAK MENGHAMBAT ENZYM 5DEIODINASE .

GANGGUAN FUNGSI TIROID YAITU :1. HIPOTIRODISME ( HIPOTIROSIS ) 2. HIPERTIRODISME ( HIPERTIROSIS ) HIPOTIRODISME TIROID BEKERJA TERLALU LAMBAN SEHINGGA MENIMBULKAN PENURUNAN KADAR T3 & T4 DAN METABOLISME UMUM , DENGAN GEJALA GEJALA SBB : MENTAL MUNDUR LESU DAN MENGANTUK OBESITAS ( BB MENINGKAT ) BRADICARDIA MUKA PUCAT KULIT MENEBAL RAMBUT KERING SEMBELIT PERASAAN DINGIN

HIPOTIRODISME DLM KLINIS DPT DIBAGI ATAS1. KRETINISME ( HIPOTIRODISME BAWAAN ) YAITU TIDAK TERBENTUKNYA KELENJAR TIROID YANG DISEBABKAN OLEH DEFISIENSI IODIUM PADA KEHAMILAN DENGAN GEJALA KLINIS SEBAGAI BERIKUT : GANGGUAN PERTUMBUHAN BADAN ( CEBOL ) PERKEMBANGAN MENTAL TERGANGGU PERUT BUNCIT KARENA KURANGNYA TONUS OTOT ABDOMINAL . BIBIR DAN LIDAH MEMBESAR . KULIT KERING DAN BERSISIK . 50 % TERJADI KETULIAN . SERING TERJADI STRUMA ( GONDOK ) AKIBAT MEMBESAR NYA TIROID .

2. MIKSUDEM DENGAN CIRI CIRI : INFITRASI DAN PENGEMBANGAN KULIT OLEH LENDIR ( MUCUS ) YANG TERUTAMA NYATA PADA KELOPAK MATA DAN BIBIR . PROSES METABOLIK MUNDUR OBESITAS GERAKAN MENURUN CARA BERFIKIR MENURUN DENYUT NADI LAMBAT , JANTUNG MEMBESAR DAN CURAH JANTUNG BERKURANG . KULIT MENEBAL DAN KERING RAMBUT KERING DAN RONTOK PADA WANITA SUARA SERAK DAN GANGGUAN MENSTURASI .

3. KEKURANGAN IOD ATAU IODIDA : MENGAKIBATKAN TURUNNYA PRODUKSI TIROKSIN SHG HIPOFISIS DISTIMULIR TERUS UNT MENSEKRESIKAN TSH ( MELALUI TRH ) AKIBATNYA TIROID DIRANGSANG DAN TUMBUH BERLEBIHAN ( HIPERPLASIA ) , DNG BERTAMBAH NYA PEMBULUH DARAH ( VASKULARISASI ) DAN AKHIRNYA TERJADI GONDOK ( STRUMA )

PENYEBAB HIPOTIRODISME : KEKURANGAN IOD DALAM MAKANAN / MINUMAN . TUBUH TIDAK BISA MEMBENTUK MONO & DIIODTIROKSIN . TUBUH TIDAK BISA MEMBENTUK T3 & T4 .

SEDIAAN ANTI HIPOTIROID : BUBUK TIROID : MENGANDUNG TIROKSIN & TRIIODOTIRONIN TABLET EKSTRAK TIROID TABLET TIROGLOBULIN TABLET TIROKSIN TABLET NATRIUM LIOTIRONIN TABLET & INJEKSI NATRIUM LEVOTIROKSIN ( THYRAX ) ORGANON ( EUTHYROX ) MERCK

THYRAX ( ORGANON )KOMPOSISI : SETIAP TABLET MENGANDUNG NATRIUM TIROKSIN SETARA DENGAN 0,1 MG LEVOTIROKSIN ( T4 ) . INDIKASI : - SBG TERAPI PENGGANTI PADA HIPOTIROID - UNT MENEKAN SEKRESI HORMON STIMULASI TIROID PADA PENYAKIT GONDOK , NODUL NODUL DAN SETELAH PENGOBATAN KANKER TIROID SECARA RADIOLOGIS / PEMBEDAHAN . - UNTUK MENEKAN OBAT OBAT LAIN YANG GOITRO GENIK SEPERTI LITHIUM . : DIMULAI DENGAN DOSIS RENDAH , DINAIKAN SAMPAI HASIL YANG DIINGINKAN ( EUTIROID ) .

DOSIS

EFEK SAMPING : TAKIKARDIA , GUGUP , TREMOR , SAKIT KEPALA , PANAS DIPERMUKAAN BADAN , BERKERINGAT DAN BEREKURANGNYA BERAT BADAN . KONTRA INDIKASI : THYROTOXICOSIS & HIPERSENSITIF THD ZAT .

HIPERTIROIDISME TERJADI PENINGKATAN PEMBEBASAN TRI IODO TIRONINDAN TIROKSIN . ADA DUA JENIS : YAITU PENYAKIT GRAVE ( BASEDOW ) DAN PLUMMER . PADA PENYAKIT GRAVE TIROID MEMBESAR ( STRUMA ) DAN SERING DISERTAI DENGAN GEJALA KELAINAN PADA MATA , SEDANGKAN PADA PENYAKIT PLUMMER TIDAK . DALAM SERUM PENDERITA GRAVE DITEMUKAN PROTEIN YANG BERBEDA DENGAN TSH SECARA IMUNOLOGIS , TETAPI MERANSANG TIROID JUGA . EFEKNYA LEBIH LAMBAT DAN LAMA , SEHINGGA DISEBUT DENGAN LATS ( LONG ACTING THYROID STIMULATOR ) .

LATS MERUPAKAN ZAT ANTI YANG TIMBUL KARENA REAKSI AUTOIMUN TERHADAP PROTEIN TIROID . GEJALA PENYAKIT GRAVE DISEBABKAN OLEH ADANYA REAKSI AUTOIMUN , TERUTAMA GEJALA EKSOFTALMOS ( BOLA MATA MENONJOL KEDEPAN ) . HIPERTIRODISME TERJADI KARENA : - PEMBENTUKAN PANAS TERLALU BANYAK - KEPEKAAN NEUROVASKULER BERLEBIHAN - AKTIFITAS SARAF SIMPATIS BERTAMBAH GEJALA HIPERTIRODISME : - KULIT KEMERAHAN - PANAS - BERKERINGAT - OTOT LEMAH - TREMOR , PALPITASI DAN GELISAH . - NADI CEPAT , DENYUT JANTUNG MENINGKAT / TAKIKARDIA .

ANTITIROID DAN PENGHAMBAT TIROID LAINNYAGOLONGAN PENGHAMBAT SINTETIS HORMON TIROID : 1. ANTITIROID : MENGGANGGU SINTESA HORMON SECARA LANGSUNG . 2. PENGHAMBAT ION YANG MENGHALANGI MEKANISME TRANSPORT IODIDA . 3. IODIDA , YANG PADA KONSENTRASI TINGGI MEMILIKI EFEK SUPRESI TERHADAP KELENJER TIROID . 4. IODIUM RADIOAKTIF , YANG MERUSAK KELENJAR DENGAN RADIASI ION .

ANTITIROID MEKANISME KERJA : 1. MENGHAMBAT SINTESIS HORMON TIROID DENGAN JALAN MENGHAMBAT PROSES PENGIKATAN / INKOPORASI IODIUM PADA RESIDU TIROSIL DARI TIROGLOBULIN . 2. MENGHAMBAT PROSES PENGGABUNGAN DARI GUGUS IODOTIROSIL UNTUK MEMBENTUK IODOTIRONIN PROPILTIOURASIL TERNYATA JUGA MENGHAMBAT DEIODINASI TIROKSIN MENJADI TRIIODOTIRONIN , SEDANGKAN METILMAZOL TDK MEMILIKI EFEK INI . FARMAKOKINETIK : - TIOURASIL DAN TIOUREA DIDISTRIBUSIKAN KESELURUH JARINGAN BADAN . EKSKRESI MELALUI URIN , AIR SUSU IBU TAPI TIDAK DITEMUKAN MELALUI TINJA . - MASA KERJA OBAT ANTITIROID PADA UMUMNYA PENDEK ( PROPILTIOURASIL 2-8 JAM DAN METIMAZOL 24 JAM )

INDIKASI : UNTUK PENGOBATAN HIPERTIRODISME BAIK UNTUK MENGATASI GEJALA KLINIS SAMBIL MENUNGGU REMISI SPONTAN , MAUPUN PERSIAPAN OPERASI . DISAMPING ITU OBAT ANTITIROID JUGA BISA DIPAKAI SEBAGAI KOMBINASI DENGAN IODIUM RADIOAKTIF . EFEKSAMPING : - DEMAM OBAT - KADANG KADANG NYERI SENDI SEDIAAN OBAT ANTITIROID : -

PROPILTIOURASIL METILTIOURASIL KARBIMAZOL ( NEO MERCAZOL ) METIMAZOL TIAMAZOL ( THYRAZOL )

PENGHAMBAT ION IODIDA PENGHAMBAT ION IODIDA IALAH : OBAT OBAT YANG DAPAT MENGHAMBAT TRANSPORT AKTIF ION IODIDA KEDALAM KELENJAR TIROID MEKANISME KERJA : BERDASARKAN ATAS PENGHAMBATAN KOMPENTITIF TERHADAP MEKANISME TIROID DALAM MEMEKAT KAN ION IODIUM . CONTOH OBAT INI : TIOSIANAT ( SCN ) PERKLORAT ( CLO4 ) NITRAT ( NO3 )