nutrisi pada ibu hamil (ppt rajawali )

Download Nutrisi Pada Ibu Hamil (Ppt Rajawali )

Post on 09-Dec-2015

71 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

power point

TRANSCRIPT

Nutrisi pada ibu hamil

Nutrisi pada ibu hamilOleh : Mellyana Fransisca TamirinNIM : 112014051Pembimbing : Dr Rachmat Sobarna. spOGPengertian nutrisiNutrisi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu energi.Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan.

Nutrisi dengan gizi seimbang bagi ibu hamil adalah keadaan keseimbangan antara zat gizi yang diperlukan oleh ibu hamil untuk kesehatan ibu dan pertumbuhan dan perkembangan janinnya.

Manfaat nutrisi pada ibu hamilSumber energi bagi ibu dan janinMembantu pertumbuhan, perkembangan jaringan dan organMelindungi ibu terhadap infeksi dan penyakitMembantu memfungsikan semua sistem secara memadai termasuk pada janinMempertahnkan kesehatan dan kekuatan badan ibuMempercepat kesembuhan luka-luka setelah persalinanSebagai cadangan masa laktasiFaktor-Faktor yang Mempengaruhi Nutrisi Ibu Hamil- Suhu lingkunganStatus Sosial dan EkonomiWanita Terhadap MakananUsiaPendidikanStatus Kesehatan

Kebutuhan nutrisi ibu hamilKaloriProteinVitaminMineral, Asam Folat dan Seng

Ada beberapa vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan seperti :

Asam folat dan Vitamin B12 (Sinokobalamin) Vitamin B6 (Piridoksin)Vitamin C (Asam Askorbat)Vitamin A Vitamin D Vitamin E Vitamin K Kalsium (Ca) FosforZat besiSengFlourYodium Natrium

Status gizi ibu hamilKecukupan gizi selama hamil dapat dipantau melalui parameter keadaan kesehatan ibu dan berat lahir janinBerat badan rendah sebelum konsepsi serta pertambahan berat yang tidak adekuat merupakan penilaian langsung yang dapat digunakan untuk memperkirakan laju pertumbuhan janin. Kecukupangizi selama kehamilan digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janinnya maupun aktifitas dari ibu.

Makanan yang harus diperhatikan ibu hamilMenghindari mengkonsumsi makanan kaleng, makanan manis yang berlebihan, serta makanan yang sudah tidak segar.Ibu hamil sebaiknya makan dengan teratur untuk menjaga tubuh agar janin yang ada dalam kandung bisa menyerap makanan dari ibunya dengan baik.Hidangan yang tersusun dari bahan makanan bergizi.Menggunakan aneka ragam makanan yang mengandung banyak nutrisi dengan membeli dan memilih makanan yang segar dan bergiziMengurangi bahan makanan yang banyak mengandung gas seperti sawi, kol, kubis dan lain-lain.Menghindari merokok dan minum-minuman keras seperti alkohol dan lain-lain.

Dampak kekurangan gizi pada Ibu HamilKenaikan berat badan yang rendah selama hamilNgidam dan mual muntah selama kehamilan (hiperemisis gravidarum)Terhadap persalinanTerhadap janin

kesimpulanPada Ibu hamil nutrisi menjadi sangat penting, karena apa yang di konsumsi oleh ibu secara langsung juga dikonsumsi oleh sang janin. Jika janin yang dikandung kurang mendapatkan gizi maka bayi yang akan dilahirkanpun kemungkinan mengalami cacat. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut ibu hamil haruslah pandai untuk memilih makanan yang banyak mengandung gizi yang baik bagi kesehatan ibu hamil maupun janin. Semua dapat diperoleh dari karbohidrat dan lemak sebagai sumber tenaga, protein sebagai sumber zat pembangun, serta vitamin dan mineral sebagai zat pengatur.

Maka dari itu pemilihan makanan perlu diperhatikan oleh ibu, karena makanan yang baik memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik yang berpengaruh untuk perkembangan serta pertumbuhan janin selama masa kehamilan.