nrg advokasi

Download NRG Advokasi

Post on 12-Oct-2015

41 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

ahaha

TRANSCRIPT

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    NEW REDS GENERATION Kamu kah generasi merah FHUI selanjutnya?

    Mau masuk FHUI? Tapi masih bingung seluk beluknya? Jangan khawatir Dept. Advokasi hadir

    melalui NEW REDS GENERATION ini, untuk kamu calon mahasiswa baru FHUI : )

    Departemen Advokasi BEM FHUI 2014

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    New Reds Generation adalah panduan berisi informasi mengenai Akdemik, Biaya Kuliah (Uang Pangkal dan Biaya

    Oprasional Pendidikan), dan Fasilitas Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    AKADEMIK FHUI Kurikulum Kurikulum FHUI dirancang untuk ditempuh dalam 8 (delapan) semester dengan batas studi maksimum 12 (duabelas) semester. Untuk dinyatakan lulus sebagai Sarjana Hukum, mahasiswa harus memperoleh sekurang-kurangnya 144 SKS termasuk skripsi. Pada Strata Satu, FHUI hanya menyelenggarakan 1 (satu) program studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum yang menghasilkan Sarjana Hukum.

    Mahasiswa Kelas Reguler, Kelas Paralel, dan Kelas Internasional dinyatakan putus studi apabila :

    (1) Pada evaluasi hasil belajar 2 (dua) semester pertama tidak memperoleh minimal 24 ( dua puluh empat ) sks dengan nilai minimal C.

    (2) Pada evaluasi hasil belajar 4 (empat ) semester pertama tidak memperoleh minimal 48 ( empat puluh delapan ) sks dengan nilai minimal C.

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    (3) Pada evaluasi hasil belajar 6 (enam) semester pertama tidak memperoleh minimal 72 ( tujuh puluh dua ) sks dengan nilai minimal C.

    (4) Pada evaluasi hasil belajar8 ( delapan ) semester pertama tidak memperoleh minimal 96 ( sembilah puluh enam ) sks dengan nilai minimal C.

    (5) Pada evaluasi hasil belajar 10 ( sepuluh ) semester tidak memperoleh minimal 120 ( seratus dua puluh ) sks dengan nilai minimal C.

    (6) Pada akhir masa studi tidak menyelesaikan seluruh beban studi sesuai dengan kurikulum dengan nilai minimal C.

    (7) Apabila seorang mahasiswa pada saat masuk memeroleh transfer kredit, maka evaluasi baru dilakukan pada semester yang mengharuskan pencapaian sks yang lebih besar dari jumlah sks yang telah diakui.

    Program Sarjana Reguler Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menyelenggarakan program pendidikan jenjang strata 1 (S1; Sarjana) Kelas Reguler yang bertujuan mencetak sarjana-sarjana hukum andal, yaitu yang (i) menguasai dengan baik hukum dan sistem hukum Indonesia; (ii) Mempunyai keterampilan dasar dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum dan ilmu hukum; (iii) peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat; (iv) mampu mengenali dan menganalisis permasalahan hukum; dan, (v) mampu menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan masalah hukum. Jadwal perkuliahan, perkuliahan Kelas Reguler dilaksanakan pada Pukul 08.00-15.00 WIB setiap hari Senin-Jumat.

    Program Sarjana Pararel Kelas Paralel atau nama resminya adalah Subprogram Sarjana Paralel, dalam sejarahnya dimulai dengan dibukanya bagian extension course pada 1960, yang diperuntukkan bagi profesional yang ingin meningkatkan kualitas keilmuannya. Oleh karena itu, perkuliahan diselenggarakan pada sore hari, dimulai pada pukul 17.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Pada mulanya, perkuliahan diselenggarakan di kampus Salemba, kemudian pindah ke kampus Rawamangun dan terakhir Kampus Depok. Program ini sempat ditutup pada 1988, namun kemudian dibuka kembali pada 1994 dan namanya berubah menjadi Program Ekstensi. Pada 2010 program ini ditutup karena peminatnya semakin sedikit.

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    Dengan ditutupnya Program Ekstensi, kini FHUI memiliki Program Sarjana Paralel yang dibuka pada tahun 2010 sebagai penggantinya. Program Paralel diselenggarakan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 0090/SK/R/UI/2010 tentang Izin Penyelenggaraan Program Pendidikan Sarjana Kelas Paralel Universitas Indonesia tanggal 9 Februari 2010. Program ini terutama memberi kesempatan bagi lulusan SLTA, meski tidak menutup kemungkinan menerima kaum pekerja/profesional. Tidak seperti Program Ekstensi, yang hanya menerima mahasiswa yang sudah bekerja dan telah 3 (tiga) tahun lulus SLTA, Program Paralel juga dapat menerima lulusan SLTA. Pada prinsipnya Program Paralel sama dengan Program Reguler baik kurikulum, beban studi, masa studi dan fasilitas; yang berbeda hanya waktu perkuliahan dan pembayaran Biaya Operasional Pendidikan dan Uang Pangkal. Perkuliahan untuk Program Paralel diselenggarakan pada hari Senin sampai Jumat pukul 14.00-19.30 WIB. Lulusan Program Sarjana Paralel setara dengan Program Sarjana Reguler karena dididik dengan kurikulum yang sama. Program Sarjana Kelas Khusus Internasional Program Sarjana Hukum di Kelas Khusus Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia telah berjalan sejak tahun 2010. Program ini menawarkan program single degree dengan kelas yang berkapasitas 60 orang, dengan kelas-kelas yang diselenggarakan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Bahasa Inggris adalah pengantar utama di program internasional ini, akan tetapi kemampuan berbahasa Indonesia juga diperlukan dikarenakan adanya materi dan bahan yang mengharuskan penggunaan pengantar Bahasa Indonesia. Program KKI di FHUI akan menghasilkan lulusan mahasiswa/i yang bergelar tunggal Sarjana Hukum (S.H.) Waktu perkuliahan yang terdapat pada Program KKI di FHUI dimulai dari pukul 08.00-14.00 dengan waktu yang disesuaikan dengan jadwal. Student Exchange:

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    Program student exchange dan study abroad disediakan sebagai pilihan bagi mahasiswa/i program KKI yang tertarik untuk mengemban kesempatan belajar di berbagai universitas luar negeri, dilengkapi dengan sistem transfer kredit, yang bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Beberapa universitas yang turut bekerjasama adalah:

    Utrecht University, Belanda University of Groningen, Belanda Erasmus University Rotterdam, Belanda Leiden University, Belanda National University of Singapore, Singapura University of Technology Sydney, Australia

    Program pertukaran pelajar lainnya juga disediakan dari negara lain seperti Jepang, Korea dan berbagai universitas yang terjaring dalam ASEAN University Network.

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    TABEL PERBANDINGAN PROGRAM STUDI REGULER, PARALEL DAN KELAS KHUSUS INTERNASIONAL

    ASPEK REGULER PARALEL KKI

    Bahasa Pengantar

    Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia Bahasa Inggris

    Gelar Gelar Tunggal Gelar Tunggal Gelar Tunggal

    Gelar Ganda: Kerjasama dengan Universitas Mitra

    Kuota 50% dari mahasiswa progam pendidikan

    Tentatif Tentatif

    Jangka Waktu Pendidikan

    7-12 semester, normal 8 semester

    7-12 semester, normal 8 semester

    7-12 semester, normal 8 semester

    Waktu Kuliah 08.00-15.00 WIB 14.00-19.30 08.00-14.00

    Jalur Masuk Jalur SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI

    PPKB, SIMAK UI Talent Scouting, SIMAK

    Prasyarat Umum Peserta UAN tahun ini atau lulusan SMA/sederajat paling lama dua tahun sebelumnya

    Lulus Tes Akademik dan Tes Potensi Akademik

    Lulus SMA

    Lulus Tes Akademik dan Tes Potensi Akademik

    Calon Mahasiswa WNI: Lulus SMA paling lama dua tahun sebelumnya

    Calon Mahasiswa WNA: Lulus SMA paling lama dua tahun sebelumnya

    Lulus Tes Akademik, Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    Prasyarat Khusus - - Calon Mahasiswa WNI:

    ITP/International TOEFL min. 530 (PBT), 71 (IBT); atau IELTS min. 5,5

    Calon Mahasiswa WNA:

    TOEFL min. 550 (PBT), 80 (IBT); IELTS min. 6.

    Untuk calon mahasiswa yang berasal dari negara yang berbahasa pengantar Inggris boleh memohon keringanan akan prasyarat ini. Untuk syarat bahasa, calon mahasiswa internasional wajib memperoleh sertifikat BIPA 3 dan TIBA

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    Uang Pangkal dan Biaya Operasional Pendidikan

    Sarjana Reguler: Tanpa Uang Pangkal, BOP: Rp 100.000 Rp 5.100.000.

    Berhak mengajukan BOP-B

    Sarjana Pararel:

    Rp 12.000.000 sebagai uang pangkal yang dibayar pada semester 1

    Rp 10.000.000 biaya operasional pendidikan per semester

    Sarjana KKI: Mahasiswa/i WNI:

    Rp20.000.000 sebagai uang pangkal yang dibayar pada semester 1

    Rp30.000.000 biaya operasional pendidikan per semester

    Mahasiswa/i WNA:

    Rp30.000.000 sebagai uang pangkal yang dibayar pada semester 1

    Rp40.000.000 biaya operasional pendidikan per semester

  • BEM FHUI 2014 | Departemen Advokasi

    Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan Universitas Indonesia, sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia menawarkan tiga bentuk mekanisme pembayaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Mekanisme tersebut adalah pembayaran lunas, pembayaran cicil dan khusus bagi mahasiswa program reguler ada mekanisme Biaya Operasional Pendidikan-Berkeadilan (BOP-B) Apa itu BOPB? BOPB adalah sebuah mekanisme pembayaran BOP atau lazim kita dengar sebagai uang kuliah yang besarannya tergantung kepada kemampuan finansial kita sendiri. Jadi, BOP/ uang kuliah kita nantinya besarannya akan disesuaikan dengan pendapatan orang tua. Disinilah letak prinsip berkeadilan dari pembayaran BOP/ uang kuliah di UI. Apakah BOPB hanya untuk orang yang tidak mampu? Salah besar jika menganggap bahwa BOPB adalah hanya untuk mahasiswa yang tidak mampu. BOPB adalah sebuah mekanisme pembayaran yang setara dengan mekanisme lain yaitu lunas dan cicil. Jadi, tidak benar bahwa BOP-B hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang tidak mampu. Semua mahasiswa program reguler berhak atas BOP-Berkeadilan. Berapa besaran BOP-B? Besaran BOP/uang kuliah yang harus kalian bayarkan tiap se