nilai-nilai pancasila dalam praktik kebidanan

Click here to load reader

Post on 12-Nov-2015

1.470 views

Category:

Documents

151 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Nilai - nilai Pancasila dalam praktik Kebidanan

TRANSCRIPT

  • NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PRAKTIK KEBIDANAN

    Oleh :ATIK RAHMAWATI, SH

  • Bentuk pengamalan dari sila-sila Pancasila dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada pasienIkut mendoakan kesembuhan pasien meskipun berbeda keyakinan.Memberikan kesempatan kepada pasien untuk berdoa atau sembahyang sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing sebelum dan sesudah melakukan tindakan keperawatan.Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah masing-masing jika antara perawat maupun dokter berbeda keyakinan dengan pasien.

    SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA

  • Memberikan pelayanan yang adil tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya sesuai dengan penyakit yang diderita pasien.Dalam merawat pasien hendaknya menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian dengan tidak memperlakukan pasien dengan semena-mena.Bidan merawat pasien dengan penuh perasaan cinta, serta sikap tenggang rasa dan tepa selira.Membela pasien (Patien Advocate) pada saat terjadi pelanggaran hak-hak pasien, sehingga pasien merasa aman dan nyaman.Bidan memberikan informasi dengan jujur dan memperlihatkan sikap empati yaitu turut merasakan apa yang dialami oleh pasienMeningkatkan dan menerima ekspresi perasan positif dan negatif pasien dengan memberikan waktu untuk mendengarkan semua keluhan dan perasaan pasien.

    2. SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

  • Mengembangkan kerjasama sebagai tim dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan.Mengutamakan kepentingan dan keselamatan pasien daripada kepentingan pribadi.

    3. SILA PERSATUAN INDONESIA

  • Sebelum melakukan tindakan perawatan kepada pasien perawat hendaknya mengutamakan musyawarah dengan pasien dan keluarga pasien dalam mengambil keputusan.Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur serta dapat dipertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan, mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.

    4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN.

  • Mengembangkan sikap adil dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban terhadap semua pasien.Perawatan pasien dilaksanakan dengan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan antara pasien, keluarga pasien, perawat, dokter serta tim paramedis dan medis lainnya.

    5. SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH INDONESIA

  • Pengamalan Butir-Butir Pancasila Dalam Merawat Pasien

    Menurut Depkes RI (dalam Onny, 1985) telah menetapkan bahwa pelayanan perawatan dikatakan berkualitas baik apabila perawat/bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada pasien sesuai dengan aspek-aspek dasar perawatan. Aspek-aspek tersebut meliputi:

    1. Aspek penerimaan2. Aspek perhatian3. Aspek komunikasi4. Aspek kerjasama5. Aspek tanggung jawab

  • Aspek penerimaanAspek ini meliputi sikap perawat yang selalu ramah, periang, selalu tersenyum, menyapa semua pasien tanpa membedakan golongan, pangkat, latar belakang sosial ekonomi dan budaya, sehingga pribadi utuh. Agar dapat melakukan pelayanan sesuai aspek penerimaan perawat harus memiliki minat terhadap orang lain dan memiliki wawasan yang luas.

  • Aspek perhatianAspek ini meliputi sikap perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan perlu bersikap sadar, murah hati dalam arti bersedia memberikan bantuan dan pertolongan kepada pasien dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan, memiliki sensitivitas dan peka terhadap setiap perubahan pasien, mau mengerti terhadap kecemasan dan ketakutan pasien.

  • Aspek komunikasiAspek ini meliputi sikap perawat yang harus bisa melakukan komunikasi yang baik dengan pasien dan keluarga pasien. Adanya komunikasi yang saling berinteraksi antara pasien dengan perawat dan adanya hubungan baik dengan keluarga pasien.

  • Aspek kerjasamaAspek ini meliputi sikap perawat yang harus mampu melakukan kerjasama yang baik dengan pasien dan keluarga pasien.

  • Aspek tanggung jawabAspek ini meliputi sikap perawat yang jujur, tekun dalam tugas, mampu mencurahkan waktu dan perhatian, sportif dalam tugas, konsisten serta tepat dalam bertindak.

  • TERIMA KASIHKetulusan bidan sesuai dengan sila pancasila yang dapat mempercepat kesembuhan pasien.