nama binatang buas

Download Nama Binatang Buas

Post on 06-Sep-2015

220 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

wild animals

TRANSCRIPT

1,HARIMAUHarimau (bahasa Latin: Panthera tigris) adalah hewan yang tergolong dalam filum Chordata (mempunyai saraf tulang belakang), subfilum vertebrata (bertulang belakang), kelas mamalia (berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu), pemakan daging (karnivora), keluarga felidae (kucing), genus panthera, dan tergolong dalam spesies tigris.Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya, bahkan lebih besar dari singa. Harimau juga adalah kucing tercepat kedua dalam berlari, setelah citah. Dalam keseluruhan karnivora, harimau adalah kucing karnivora terbesar dan karnivora terbesar ketiga setelah beruang kutub dan beruang coklat.Harimau biasanya memburu mangsa yang agak besar seperti rusa sambar, kijang, babi, kancil, tetapi akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga yang sama, harimau berbeda dengan kucing biasa yang kecil, harimau sangat suka berenang, dan pada dasarnya kucing takut dengan air. Dengan karakteristik harimau yang demikian, muncul sebuah frasa "kucing air" yang merupakan metafora untuk seorang pria yang playboy.

2. SINGASinga(bahasa Sanskerta:Siha, atau dalambahasa Latin:Panthera leo) adalah spesies hewan dari keluargafelidaeatau jeniskucing. Singa merupakan hewan yang hidup berkelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini menjaga daerah kekuasaannya. Umur singa antara 10 sampai 15 tahun di alam bebas, tetapi dalm penangkaran memungkinkan lebih dari 20 tahun.Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan singa jantan lebih santai bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya. Singa jantan dipercaya lebih unggul dan perkasa dibandingkan dengankucing besarlainnya, tetapi kelemahan singa ialah tidak bisa memanjat pohon sebagus kucing-kucing besar lainnya. Singa jantan ditumbuhi bulu tebal di sekitar tengkuknya, hal ini lebih menguntungkan untuk melindungi tengkuknya, terutama dalam perkelahian bebas antara kucing besar yang cenderung menerkam tengkuk untuk melumpuhkan musuhnya.Kucing besar lainnya, seperticitahdanmacan tutulmemiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dibanding singa. Walaupun berasal dari keluarga yang sama denganharimau, singa tidak suka dengan air. Berbeda dengan harimau yang suka dengan air.3. ANJINGAnjingadalahmamaliayang telah mengalamidomestikasidariserigalasejak 15.000 tahun yang lalu[3]atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuanfosildantes DNA.[4]Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama.[5][6][7]Anjing telah berkembang menjadi ratusanrasdengan berbagai macam variasi, mulai dari anjing tinggi badan beberapa puluh cm sepertiChihuahuahinggaIrish Wolfhoundyang tingginya lebih dari satu meter. Warnarambutanjing bisa beraneka ragam, mulai dariputihsampaihitam, jugamerah,abu-abu(sering disebut "biru"), dancoklat. Selain itu, anjing memiliki berbagai jenis rambut, mulai dari yang sangat pendek hingga yang panjangnya bisa mencapai beberapa sentimeter. Rambut anjing bisa lurus atau keriting, dan bertekstur kasar hingga lembut seperti benangwol.

4. BABI HUTANBabi kutil,babi jawaataubabi bagong[3](Sus verrucosus) adalah salah satu spesiesbabiliar yang menyebar terbatas (endemik) di PulauJawadanBawean. Dulu juga dijumpai di PulauMadura, tetapi sekarang sudahpunah. Spesies ini adalahhewan berkuku genapdalam keluargaSuidae. Ciri khusus hewan ini adalah terdapat surai yang memanjang dari kepala hingga ekor sepanjang tulang belakang. Selain itu, sebagaimana namanya, babi kutil memiliki tiga pasang tonjolan daging yang mengeras sepertikutildi sekitar moncongnya[3].

5. BERUANGBeruang memilikiekorkecil,indrapenciumandanpendengaranyang ulung, limakukupada telapak tangan yang tak dapat ditarik masuk, sertabuluyang panjang, lebat dan kasar. Mereka memilikicakaryang lebar, moncong yang panjang, dantelingabundar. Giginya digunakan untuk bertahan dan alat dan tergantung pada makanannya. Kuku-kukunya digunakan untuk menyobek, menggali, dan menangkap. Pengelihatan beruang hampir sama dengan pengelihatanmanusia.Beruang hitamdan sejenisnya tidak buta warna6. KERAKeraadalah anggota superfamiliaHominoideadari ordo Primata. Dalam sistem taksonomi saat ini ada dua familiahominoid:familiaHylobatidaeterdiri dari 4 genus dan 12 spesiesgibbon, termasuklar gibbondansiamang, familiaHominidaeterdiri dariorangutan,gorila,simpanse, danmanusiaBanyak spesies kera saat ini memiliki status terancam karena hilangnya habitat mereka di hutan hujan tropis dan perburuan. Saat ini ada 8 genus hominoid yang belum punah, yaitu: Homo(manusia) Pan(simpanse) Gorila Pongo(orangutan) Hylobates Hoolock Nomascus Symphalangus

7. SRIGALASerigala abu-abuatauserigala(bahasa Latin:Canis lupus) adalah binatangmamaliakarnivora. Serigala abu-abu mempunyai asal usul yang sama dengan anjing luar negeri dari keluargaCanis lupusmelalui bukti pengurutanDNAdan penyelidikangenetika. Beberapa jenisanjingjuga memiliki bentuk fisik yang mirip dengan serigala, contohnya anjing jenisSiberian Husky,Alasakan Malamute danSamoyed. Secara umum, serigala mempunyai tinggi sekitar 60cm sampai 80cm (26-32 inci) dan berat sekitar 23-59 kilogram.

8. BUAYABuayaadalahreptilbertubuh besar yang hidup diair. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruhspesiesanggotasukuCrocodylidae, termasuk pulabuaya sepit(Tomistoma schlegelii). Meski demikian nama ini dapat pula dikenakan secara longgar untuk menyebut buayaaligator,kaimandangavial; yakni kerabat-kerabat buaya yang berlainan suku.Buaya umumnya menghuni habitatperairan tawarsepertisungai,danau,rawadanlahan basahlainnya, namun ada pula yang hidup diair payausepertibuaya muara. Makanan utama buaya adalahhewan-hewan bertulang belakangseperti bangsaikan,reptildanmamalia, kadang-kadang juga memangsamoluskadankrustaseabergantung pada spesiesnya. Buaya merupakan hewan purba, yang hanya sedikit berubah karena evolusi semenjak zamandinosaurus.

9. KOMODOKomodo, atau yang selengkapnya disebutbiawak komodo(Varanus komodoensis[1]), adalahspesieskadalterbesar di dunia yang hidup di pulauKomodo,Rinca,Flores,Gili Motang, danGili DasamidiNusa Tenggara.[2]Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempatora.[3]Termasuk anggota familibiawakVaranidae, dankladToxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejalagigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanyamamaliakarnivoradi pulau tempat hidup komodo, dan lajumetabolismekomodo yang kecil.[4][5]Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisipredatorpuncak yang mendominasiekosistemtempatnya hidup.[6]Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanyaIUCNmemasukkan komodo sebagai spesies yangrentanterhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuahtaman nasional, yaituTaman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.

10. ULARUlaradalahreptilyang tak berkaki dan bertubuh panjang. Ular memiliki sisik sepertikadaldan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik (Squamata). Perbedaannya adalah kadal pada umumnya berkaki, memiliki lubang telinga, dan kelopak mata yang dapat dibuka tutup. Akan tetapi untuk kasus-kasus kadal tak berkaki (misalnyaOphisaurusspp.) perbedaan ini menjadi kabur dan tidak dapat dijadikan pegangan.

11. BURUNG ELANGElang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya. Ia menjaga anaknya sampai mampu terbang.Elang merupakan hewan pemangsa. Makanan utamanya hewan mamalia kecil sepertitikus,tupai,kadal,ikandanayam, juga jenis-jenis seranggatergantung ukuran tubuhnya.

12. KELELAWARKelelawaradalahmamaliayang dapat terbang yang berasal dariordoChiropteradengan kedua kaki depan yang berkembang menjadisayap.Klasifikasi:Pteropodidae (codot)Emballonuridae (kelelawar eko-trubus)Megadermatidae (vampir palsu)Nycteridae (kelelawar muka-cekung)Rhinolophidae (kelelawar-ladam)Hipposideridae(barong)Vespertilionidae (kelelawar biasa)Molossidae (kelelawar bibir-keriput)

13. BANTENGBantengatautembadau(daribahasa Jawa, banng),Bos javanicus, adalahhewanyang sekerabat dengansapidan ditemukan diMyanmar,Thailand,Kamboja,Laos,Vietnam,Kalimantan,Jawa, andBali. Banteng dibawa keAustralia Utarapada masa kolonisasiBritania Rayapada1849dan sampai sekarang masih lestari.Terdapat tiga anak jenis banteng liar:B. javanicus javanicus(diJawa,Madura, danBali),B. javanicus lowi(diKalimantan, jantannya berwarna coklat bukan hitam), danB. javanicus birmanicus(diIndocina). Anak jenis yang terakhir digolongkan sebagai Terancam oleh IUCN.Banteng dapat mencapai tinggi sekitar 1,6m di bagian pundaknya dan panjang badan 2,3 m. Berat bantengjantanbiasanya sekitar 680 - 810 kg jantan yang sangat besar bisa mencapai berat satu ton sedangkanbetinanyalebih ringan. Banteng memiliki bagian putih pada kaki bagian bawah dan pantat,punukputih, serta warna putih disekitar mata dan moncongnya, walaupun terdapat sedikitdimorfisme seksualpada ciri-ciri tersebut. Banteng jantan memiliki kulit berwarna biru-hitam atau atau coklat gelap, tanduk panjang melengkung ke atas, dan punuk di bagian pundak. Sementara, betinanya memiliki kulit coklat kemerahan, tanduk pendek yang mengarah ke dalam dan tidak berpunuk.

14. BIAWAKBiawakadalah sebangsareptilyang masuk ke dalam golongan kadal besar, suku biawak-biawakan (Varanidae). Biawak dalam bahasa lain disebut sebagaibayawak(Sunda),menyawakataunyambik(Jawa),berekai(Madura), danmonitor lizardataugoanna(Inggris).Biawa