modul prakt anggaran-2014

91
PRAKTIKUM ANGGARAN 1 DATA PT. MADANI EKSPRES A. DA T A PENJUALAN : Sebuah industri meubelair yang berlokasi di Surabaya menghasilkan 3 (tiga) buah model produk yaitu : Lemari Makan, Lemari Pakaian, dan Meja Rias dengan harga jual per unit masing-masing Rp. 300. 000, - Rp. 45 0. 000, - dan Rp. 500.000,- Produk -produ k terseb ut dibedakan dari ukuran, jenis, dan modelnya serta dijual dalam keadaan terurai (knocked down). PPN sebesar 1! akan dibebankan kepada setiap pembeli produk. "ata penjualan selama 11 (sebelas) tahun terakhir (#3 $ #13) akan dig unakan sebagai dasar untuk menghi tung perkira an penjualan (sal es for eca st ) tah un #1 % dengan menggunakan &e tod e 'egr esi unggal jika diperkirakan jumlah kegiatan promosi tahun #1% sebanyak 838 kai , sehingga data tersebut dapat ditampilkan sebagai berikut : Tabel 1 : Data Total Penjualan Tahun 2003 s/d 2013 Tahun Penjualan Kegiatan Promosi #3 1,* 3*% #% 1,*+ %3 #+ 1,* %* # 1, +# # #, +# #* 1,+  +1 # #,# +%* #1 1,* %* #11 1, 3* #1# #, %# #13 #,# +% etiga produk dijual di dua distributor utama di alimantan imur yaitu Balikpapan dan Samarinda dengan proporsi penjualan di masing- masing daerah penjualan sebagai berikut : SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Upload: vita

Post on 07-Jan-2016

127 views

Category:

Documents


27 download

DESCRIPTION

anggaran

TRANSCRIPT

Page 1: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 1/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1

DATA PT. MADANI EKSPRES

A. DATA PENJUALAN :

Sebuah industri meubelair yang berlokasi di Surabaya

menghasilkan 3 (tiga) buah model produk yaitu : Lemari Makan, Lemari Pakaian, dan Meja Rias dengan harga jual per unit masing-masing Rp.300.000,- Rp. 450.000,- dan Rp. 500.000,- Produk-produk tersebutdibedakan dari ukuran, jenis, dan modelnya serta dijual dalam keadaanterurai (knocked down). PPN sebesar 1! akan dibebankan kepadasetiap pembeli produk.

"ata penjualan selama 11 (sebelas) tahun terakhir (#3 $ #13)akan digunakan sebagai dasar untuk menghitung perkiraan penjualan(sales forecast ) tahun #1% dengan menggunakan &etode 'egresi

unggal jika diperkirakan jumlah kegiatan promosi tahun #1% sebanyak838 kai , sehingga data tersebut dapat ditampilkan sebagai berikut :

Tabel 1 : Data Total Penjualan Tahun 2003 s/d 2013

Tahun PenjualanKegiatanPromosi

#3 1,* 3*%

#% 1,*+ %3

#+ 1,* %*

# 1, +#

# #, +#

#* 1,+   +1

# #,# +%*

#1 1,* %*

#11 1, 3*

#1# #, %#

#13 #,# +%

etiga produk dijual di dua distributor utama di alimantan imur yaitu Balikpapan dan Samarinda dengan proporsi penjualan di masing-masing daerah penjualan sebagai berikut :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 2: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 2/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2

Tabel 2 : Proporsi Penjualan asing!masing Daerah

ProdukBalikpapa

n "#$Samarinda

"#$Total"#$

/emari &akan 1* 1 #*

/emari Pakaian # 1% 3%

&eja 'ias ## 1 3*

 ∑ ( T o t a l ) %0 &0 100

B. Pola Penjualan :

0erdasarkan pengalaman yang terjadi, maka penjualan produktersebut selama setahun selalu mengikuti pola musiman yang

disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat di dalam membeli produk-produk elektronik.

Penjualan tertinggi terjadi pada bulan September sd "esember."engan menghitung rata-rata penjualan bulanan selama beberapa tahun,maka konsultan perusahaan menyusun pola penjualan bulanan yangakan dijadikan pedoman di dalam menyusun anggaran penjualan.

Tabel 3 : Pola Penjualan Bulanan

Bulan Penjualan "#$ Bulan Penjualan "#$2anuari + 2uli

Pebruari + gustus

&aret + September 1

 pril 4ktober 1

&ei Nopember 1

2uni "esember 1

arena hubungan bisnis perusahaan dengan kedua distributor sudah

berlangsung bertahun-tahun, untuk memasarkan produknya perusahaantidak menjual se5ara e5eran sehingga pola penjualan kepada keduadistributor tersebut diatur sebagai berikut :

1. "istributor 0alikpapan : "iterima 3+! saat barang diterima, %!satu bulan setelah barang diterima, dansisanya dibayar bulan berikutnya.

#. "istributor Samarinda : "iterima #+! saat barang diterima, 3!satu bulan setelah barang diterima, #+!dua bulan setelah barang diterima, dan

sisanya dibayar bulan berikutnya.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 3: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 3/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3

&engingat bah6a perusahaan telah 5ukup lama menjalin kerjasamadengan distributor tanpa ada keluhan sedikitpun tentang penyelesaianpembayaran sehingga perusahaan tidak peru   untuk men5adangkanpiutang tidak tertagih.

"iperkirakan perusahaan akan menerima pembayaran daridistributor 0alikpapan sebesar 'p( )(*00(000+!  untuk bulan 2anuari yangberasal dari penjualan bulan Nopember #13 dan sebesar 'p(&(,)0(000+!  untuk bulan Pebruari yang berasal dari penjualan bulan"esember #13.

Sedangkan pelunasan produk yang dibeli oleh distributor Samarindapada bulan 4ktober, Nopember, dan "esember #13 baru akan diterimaoleh perusahaan pada bulan 2anuari, Pebruari, dan &aret #1% masing-masing sebesar 'p( &(2)0(000+! 'p( &(%)0(000+! dan 'p( )(100(000+!

C. PERSEDIAAN PRODUK JADI :

"i dalam menyusun kebijakan persediaan produk jadi, pimpinanperusahaan 5enderung untuk mengutamakan stabilitas persediaan( 7alini disesuaikan dengan karakteristik produk yang sangat tergantung padapola pembelian konsumen yang ber8luktuasi. Sehingga besarnya produksisetiap bulan akan ber8luktuasi sesuai dengan pola penjualannya.

Tabel & : Kebijakan Persediaan Produk -adi

ProdukPersediaan

.al .khir  

/emari &akan #% %*

/emari Pakaian 1* +%

&eja 'ias 3 #%

D. DEPARTEMENISASI :Perusahaan membagi kegiatan usahanya menjadi dua departemen

yaitu : Departemen Produksi dan Departemen Pemasaran(

1( Departemen Produksi :"epartemen Produksi dibagi menjadi 3 (tiga) 0agian Produksi yangdisebut dengan Bagian Pengolahan Dasar "BPD$+ BagianPenelesaian Produk "BPP$+ dan Bagian Pengepakan "BPK$ dan #(dua) 0agian 2asaPembantu yaitu Bagian .dministrasi Pabrik dan

udang "B.P$ serta Bagian Pemeliharaan dan Perbaikan "BPPB$dengan uraian tugas masing-masing sebagai berikut :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 4: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 4/91

PRAKTIKUM ANGGARAN

a. Bagian Pengolahan Dasar (BPD)0ertugas untuk memotong lembaran  particle-board   dan ka5asesuai dengan ukuran dan kebutuhan masing-masing produk.Potongan-potongan  particle-board   kemudian diberi lubang dibeberapa tempat sebagai tempat pemasangan mur dan baut.

Potongan-potongan ka5a untuk pintu digambar dengan polakhusus untuk kemudian diproses lebih lanjut di bagian lain.

b. Bagian Penyelesaian Produk (BPP)0ertugas melakukan penge5atan pada permukaan  particle-board dengan menggunakan 5at khusus. Sebelum di5at, permukaan

 particle-board   dihaluskan dengan menggunakan mesin amplas."engan menggunakan alat pengukir ka5a yang disebut denganSandblaster , potongan ka5a yang sebelumnya telah diberi gambar pola, kemudian diukir sehingga terbentuk ornamen-ornamen yang

permanen di permukaan ka5a.

5. Bagian Pengepakan (BPK)Pada bagian ini, potongan-potongan particle-board  dan ka5a diberiengsel, kun5i dan label. 0agian ini bertugas untuk merakit produkyang akan dijual dalam bentuk terurai (knocked down). Produkyang sudah selesai dirakit kemudian dilepas kembali dandibungkus lalu dipak dengan menggunakan kotak karton.

d. Bagian Administrasi Pabrik dan udang (BAP)

0agian ini dikategorikan sebagai bagian jasapembantu. Seluruhkegiatan administrasi pabrik seperti : scheduling! routing ,penggajian, pengadaan bahan baku, administrasi gudang dan lainsebagainya dibebankan ke bagian ini.

e. Bagian Pemeliharaan dan Perbaikan (BPPB)0agian ini juga termasuk bagian jasapembantu, di mana se5ararutin karya6an bagian ini melakukan pemeliharaan dan perbaikan-perbaikan ke5il pada seluruh peralatan dan mesin yang digunakandi pabrik. 0agian ini berke6ajiban untuk membuat laporan-laporan

tentang kinerja peralatan dan mesin.

2( Departemen Pemasaran"epartemen ini merupakan bagian yang sekaligus menjadi ujungtombak perusahaan dalam memasarkan produknya.

ambar . : Struktur rganisasi Perusahaan

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 5: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 5/91

KANTOR PUSAT

DIREKTUR

DEPARTEMEN PRODUKSI

MANAJER PRODUKSI

DEPARTEMEN PEMASARAN

MANAJER PEMASARAN

BAGIAN PENGOLA!AN DASAR "BPD#

BAGIAN PEN$ELESAIAN PRODUK "BPP#

BAGIAN PENGEPAKAN "BP%#

BAGIAN ADMINISTRASI PABRIK DAN GUDANG "BAPG#

BAGIAN PEMELI!ARAAN DAN PERBAIKAN "BPPB#

BAGIAN GUDANG

S A L E S M A N

S A L E S M A N

S A L E S M A N

S A L E S M A N

S A L E S M A N

S A L E S M A N

PRAKTIKUM ANGGARAN &

PT( .D.4 5KSP'5S

E. SATUAN AKTI'ITAS "ACTI'IT$ BASE# :

Seluruh kegiatan produksi didominasi oleh tenaga manusia. &esindan peralatan yang digunakan hanyalah untuk mempermudah pekerjaan.4leh karena itu diputuskan bah6a satuan akti9itas yang digunakan untukmengalokasikan seluruh 0iaya 49erhead Pabrik (04P) langsung maupuntidak langsung adalah -am Kerja Karaan "-am Kerja 6angsung/-K6$

yang digunakan untuk memproduksi barang. 0iaya-biaya operasi pabrikyang timbul di kedua 0agian 2asaPembantu akan dialokasikan kemasing-masing produk sesuai dengan satuan akti9itasnya.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 6: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 6/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (

0ahan baku utama yang digunakan adalah particle-board  dan ka5a.Particle-board  adalah bahan bubuk kayu yang dipadatkan dan dibentukserta di5etak menjadi lembaran berukuran #% 5m 5m. Sedangkanka5a lembaran dengan ketebalan % mm digunakan untuk daun pintu.0ahan baku lain yang digunakan adalah pegangan pintu (handle), engsel,

mur-baut, 5at, dan doos karton pembungkus produk. Penggunaan bahanbaku untuk masing-masing produk adalah sebagai berikut :

Tabel ) : Penggunaan Bahan Baku Setiap 7nit Produk

Produk

Partice

!oard 

"lembar$

"and 

e

"buah$

5ngsel

"buah$

ur!baut

"buah$

Ka8a

"m9$

at

"kg$

Doos

"buah$

/emari &akan 1,# # 1+ ,%+ ,* 1

/emari Pakaian 1,+ % 1* , . 1

&eja 'ias 1,* #1 .*+ 1,+ 1

Selain itu perusahaan juga menggunakan dempul " putt# $ untukmenambal bagian permukaan  particle-board   yang 5a5at berlubang.etapi karena jumlah pemakaiannya relati8 sangat sedikit () kaleng per bulan), maka bahan tersebut digolongkan sebagai bahan pembantu danseluruh biayanya dibebankan ke 0agian Penyelesaian Produk.

1( ;arga Beli Bahan Baku :

7arga beli masing-masing bahan baku sebagai berikut :Tabel % : ;arga Beli Bahan Baku

Bahan Baku Satuan ;arga "'p($

Particle-board  0o (isi lembar) +.

"andle 0o (isi 1# buah) 33.

;ngsel 0o (isi 1# buah) 1+.

&ur-baut 0o (isi 1# buah) +.

a5a /embar (ukuran + m<) +.

=at aleng (isi + kg) #.

=atatan : 1. "oos karton untuk pembungkus produk harus dibelidalam jumlah besar yaitu &(000 buah  sekali pesanpada a6al tahun. "oos tersebut harus dibuat denganukuran khusus dan di5etak dengan logo dan gambar-gambar lain yang biasa ada di sebuah  packaging produk. 7arga beli doos karton adalah 'p( )()00+! per buah.

#. "empul dibeli pada a6al tahun sekaligus &* kalenguntuk kebutuhan satu tahun dengan harga 'p( 1,()00+!

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 7: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 7/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *

per kaleng. arena kebutuhannya hanya sedikit, makadempul ini dibeli di sembarang toko.

3. Setiap pembelian bahan baku (ke5uali dempul),perusahaan dibebani untuk membayar PP sebesar 10# dari harga beli.

2( Persediaan Bahan BakuSeluruh bahan baku yang diperlukan dengan mudah dapat diperolehdi pasar, sehingga setiap saat perusahaan dapat membelinya. 4lehkarena itu untuk menekan biaya penyimpanan bahan baku,perusahaan menerapkan kebijakan stabilitas persediaan( Pembelianbahan baku dilakukan setiap bulan dan disesuaikan dengan produksibulanan yang ber8luktuasi.

Tabel , : Kebijakan Persediaan Bahan Baku

Bahan Baku .al .khir  

Particle-board  # bo %% bo

"andle   bo 33 bo

;ngsel % bo #* bo

&ur-baut 1* bo %# bo

a5a 1# lembar 3 lembar  

=at 3# kaleng # kaleng

3( Pola Pembelian Bahan BakuPerusahaan menjalin kerjasama dengan 3 (tiga) perusahaan supplier untuk menyediakan bahan baku yaitu :

a. P. 0>?S mensuplai  particle-board   dengan pola pembayaranuntuk pembelian bahan baku adalah : "ibayar % kali (setiap a6albulan) masing-masing 2)# dimulai sejak barang diterima.

b. P. /N=' mensuplai handle! engsel, dan mur-baut dengan polapembayaran untuk pembelian bahan baku adalah : "ibayar 3)#

saat barang diterima, &)# satu bulan setelah barang diterima, dansisanya dua bulan setelah barang diterima.

5. P. ? menyediakan ka5a dan 5at dengan pola pembayaranuntuk pembelian bahan baku adalah : "ibayar &*# satu bulansetelah barang diterima, dan sisanya dua bulan setelah barangditerima.

+. TENAGA KERJA :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 8: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 8/91

Page 9: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 9/91

PRAKTIKUM ANGGARAN -

dengan gaji 'p( 1(200(000+! per bulan, dua orang tenaga dministrasieuangan dan kuntansi dengan gaji 'p( 1(2,)(000+! per bulan, dandua orang tenaga Pemasaran dengan gaji 'p( 1(100(000+!

,( Penggunaan Tenaga Kerja 6angsung&engingat bah6a setiap jenis pekerjaan mempunyai tingkat kesulitanyang berbeda, maka 6aktu yang diperlukan oleh masing-masingtukang berbeda pula. 0erikut adalah laporan hasil studi konsultanyang menerapkan tehnik $ime and Motion %tud# (

Tabel * : <aktu Standar 7ntuk enghasilkan Produk

ama Bagian dan Tukang

<aktu ang digunakan untuk

membuat satu unit produk "menit$

6emari

akan

6emari

Pakaian

eja 'ias

0agian Pengolahan "asar :

ukang &al +# #

ukang Potong 1#* 1% 1+

0agian Penyelesaian Produk :

ukang =at 13 1+# 1*

ukang Sandblasting  * *

0agian Pengepakan : ukang 'akit 1* #1 #%

ukang Pak 0ungkus +% +% +%

G. DEPRESIASI :

"epresiasi di lingkungan pabrik terdiri atas dua ma5am yaitu"epresiasi 0angunan Pabrik dan "epresiasi &esin dan Peralatan Pabrik

dengan menggunakan &etode >aris /urus (Straight $ine %ethods)sehingga datanya sebagaimana ditampilkan pada tabel berikut :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 10: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 10/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1

Tabel = : Depresiasi per Tahun

7 r a i a n Depresiasi per tahun "'p$

0angunan Pabrik %.+.,-

&esin dan Peralatan di 0P" 1.+.,-

&esin dan Peralatan di 0PP #.1.,-

&esin dan Peralatan di 0P 1..,-

Peralatan di 0P> 3.+.,-

Peralatan di 0PP0 1.+.,-

"epresiasi bangunan pabrik akan dibebankan ke masing-masingbagian yang ada di pabrik sesuai dengan luas lantai masing-masing

bagian. Sedangkan beban depresiasi bagian pembantu yaitu 0agian dministrasi Pabrik dan >udang serta 0agian Pemeliharaan danPerbaikan akan dialokasikan ke masing-masing bagian produksi se5araproporsional sesuai dengan acti#ity-base-nya. 0erikut ditampilkan tabelluas lantai masing-masing bagian di pabrik.

Tabel 10 : 6uas 6antai Departemen Produksi

ama Bagian 6uas .rea "m9$

0agian Pengolahan "asar (0P") #+0agian Penyelesaian Produk (0PP) %+

0agian Pengepakan (0P) 3

0agian dministrasi Pabrik dan >udang (0P>) #+

0agian Pemeliharaan dan Perbaikan (0PP0) 1+

!. PEMAKAIAN LISTRIK :

Setiap bulan perusahaan menggunakan listrik sebesar &,) K<;

dengan tarip 'p( 1(*00+! per K<;( 0eikut ini ditampilkan rata-ratapenggunaan listrik setiap bulan pada masing-masing bagian yaitu :

Tabel 11 : Penggunaan 6istrik Per Bulan

ama BagianPenggunaan K<;

Per Bulan

0agian Pengolahan "asar (0P")

0agian Penyelesaian Produk (0PP) 1%

0agian Pengepakan (0P) +

0agian dministrasi Pabrik dan >udang (0P>) *0agian Pemeliharaan dan Perbaikan (0PP0)

I. KEBIJAKAN KAS :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 11: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 11/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 11

1. Saldo as a6al tahun diperkirakan sebesar 'p. 3*..,-

#. Persediaan as setiap bulan sepanjang tahun #1% diupayakan tidakboleh kurang dari 'p. +..,- 2ika hal ini tidak dapat dihindarioleh perusahaan, maka perusahaan dapat meminjam dari 0ank gunamenjaga agar persediaan as selalu di atas batas maksimum.

3. Persyaratan peminjaman jangka pendek dari bank dilakukan sebagaiberikut :a. Pinjaman minimum 'p. 1..,- 2ika pinjaman di atas 'p.

1..,- dimungkinkan dengan kelipatan 'p. #.+.,-b. 2angka 6aktu pinjaman minimal 3 bulan dan maksimal 1# bulan.5. 0unga pinjaman 1+! per tahun dengan tari8 flat .

 J. BIA$A/BIA$A LAIN :

1. Biaa .dministrasi Pabrik0iaya administrasi pabrik (transportasi, telpon, korespondensi, kertas,dll) sebesar 'p( *()00(000+! per tahun.

#. Biaa Pemeliharaan dan Perbaikan0iaya pemeliharaan dan perbaikan terdiri atas dua jenis yaitu biayatetap (fi&ed cost ) dan biaya 9ariabel (#ariable cost ). 0iaya-biayatersebut akan dialokasikan ke masing-masing 0agian Produksi sesuaidengan acti#ity-base-nya. 0iaya etap sebesar 'p( )(000(000+! per tahun sedangkan 0iaya @ariabel sebesar 'p( 1,)+! per -K6(

3. Biaa Bahan Pembantu0iaya pembelian minyak pelumas selama satu tahun diperkirakansebesar 'p( 1(*00(000+! "'p( 1)0(000+! per bulan$. 0iaya tersebutakan dibebankan ke 0agian Pengolahan "asar 'p( 1(000(000+! danke 0agian Penyelesaian Produk 'p( *00(000+!

%. Biaa!biaa di Departemen Pemasaran0iaya-biaya pada tabel berikut adalah perkiraan biaya namun tidaktermasuk biaya gaji pada "epartemen Pemasaran.

Tabel 12 : Biaa Departemen Pemasaran

ama Bagian Biaa Per Bulan "'p$

/istrik .+,-

elpon dan 'a&imile 1.%#.+,-

 lat ulis dan =etakan 1.1+.,-

Perlengkapan antor 1..,-

"epresiasi 1.+.,-

0iaya ransportasi 1.#.,-

/ain-lain +.,-+. Pajak Penghasilan "PPh$

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 12: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 12/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 12

0erdasarkan ?ndang-?ndang Nomor 3 ahun #* bah6akeuntungan perusahaan akan dikenakan pajak dengan tari8 progresi8 dengan perhitungan sebagai berikut :a. )# untuk laba keuntungan sampai dengan 'p( )0(000(000+!b. 1)#  untuk laba keuntungan di atas 'p( )0(000(000+!  sampai

dengan 'p( 2)0(000(000+!5. 2)#  untuk laba keuntungan di atas 'p( 2)0(000(000+!  sampai

dengan 'p( )00(000(000+!d. 30# untuk laba keuntungan di atas 'p( )00(000(000+!

. Biaa!biaa di luar operasi

arena pemilik perusahan yang sekaligus pimpinanperusahaan merasa sebagai 6arga Negara Andonesia, maka setiapkegiatan di elurahan tempat tinggalnya ia merasa 6ajib berpartisipasi

dengan 5ara menyediakan dana khusus sebesar 'p( 2)0(000+! per bulan.

Seperti biasanya perusahaan juga men5adangkan dana untukmendukung kegiatan peringatan Proklamasi emerdekaan 'epublikAndonesia dengan 5ara menyumbang sebesar 'p( 2()00(000+! yangdiserahkan pada bulan gustus.

"i samping itu pula pimpinan perusahaan sudah menjanjikanuntuk membantu perbaikan jalan di depan pabrik denganmenyediakan dana sebesar 'p( ,()00(000+! yang akan diberikankepada /urah setempat pada bulan .pril 201&(

K. RENCANA IN'ESTASI BARU :

0eberapa bulan yang lalu pimpinan perusahaan yang juga pemilikperusahaan mendapat ta6aran dari sebuah pabrik elektronik di 0andung,2a6a 0arat untuk membuat meja tele9isi model ;'N>. &eja tersebutdibuat khusus yang nantinya akan dirakit bersama-sama dengan tele9isisehingga akan menjadi satu kesatuan dengan produk itu sendiri. ele9isi

tersebut merupakan model terbaru yang dimiliki oleh produsen tele9isitersebut.

?ntuk membuat produk tersebut perusahaan memerlukan mesin-mesin baru yang digunakan untuk memotong particle-board  dengan pola-pola yang 5ukup rumit dan sekaligus membuat pola lengkungan.Penge5atan juga menggunakan sistem 5elup dengan mesin. &engingatkegiatan produksi ini hampir sepenuhnya menggunakan mesin, makadiharapkan tidak akan mengganggu kegiatan produksi sebelumnya.

arena pena6aran tersebut 5ukup menarik (harga tinggi danadanya jaminan untuk membeli berapapun produk yang dihasilkan), maka

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 13: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 13/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 13

pimpinan perusahaan meminta konsultan untuk membuat Studielayakan.

0erikut ini ditampilkan data-data yang telah dikumpulkan olehkonsultan :

1. esin da 3 (tiga) pilihan merk mesin yaitu >';>4', S&A/;B, danSPA4N4& dimana masing-masing mesin memiliki harga danspesi8ikasi tehnis yang berbeda. "ari pengamatan sekilas ternyatapimpinan perusahaan lebih 5enderung untuk memilih mesinSPA4N4& karena harga perolehan mesin tersebut paling rendahdengan kapasitas produksi tidak jauh berbeda dengan mesin yanglain. eadaan tersebut sebagaimana tampilan tabel berikut :

Tabel 13 : ;arga dan Spesi>ikasi esin

7 r a i a n '5' S465? SP4

7arga 1#+..,- 1+..,- 1+..,-

0iaya Pemasangan 3.+.,- 3..,- #.+.,-

apasitas &esin , unit jam 1 unit jam ,* unit jam

jam hari 1 jam hari jam hari

Perkiraan Nilai Sisa .+.,- ..,- +..,-

Perkiraan ?mum ;konomis + tahun tahun + tahun

#. PembiaaanSebagian pembelian mesin akan dibiayai dengan kredit bank."iperkirakan 3+! akan dibiayai dengan dana sendiri, sedangkansisanya akan menggunakan pinjaman bank yang berjangka 6aktu +tahun dengan tari8 bunga se5ara 8lat 1%! per tahun, jika ren5ana inidi6ujudkan. Pinjaman akan dilakukan pada a6al bulan "esember #13 sehingga angsuran dan bunga pinjaman bulanan mulai dibayar pada bulan 2anuari #1%.

3. ;arga -ualProdusen tele9isi bersedia untuk membeli produk dengan harga'p( =0(000+! per unit.

%. PelaksanaanPembelian mesin diren5anakan pada a6al bulan "esember #13 dandiharapkan pada a6al 2anuari #1% produksi telah dapat dilaksanakanse5ara komersil.

+. Perkiraan Biaa Produksi dan Biaa perasional

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 14: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 14/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1

Setelah bekerja selama beberapa bulan, maka im onsultan telahselesai menyusun perkiraan biaya sebagai berikut :

Tabel 1& : Perkiraan Biaa pada Tingkat Produksi*00 dan 1(,00 per Tahun

ama BagianProduksi

*00 unit

Produksi

1(,00 unit

.( B4.?. .T5'4.6 :

&aterial : Particle-board  3+.+.,

-

+#.%+.,

-

&aterial : &ur-baut #.*.,- +.%.,-

&aterial : =at 3.#+.,- .+.,-

emasan 0o 1.*.,- 3.#%.,-

B( B4.?. @5';5.D P.B'4K :"epresiasi (mesin SPA4N4&) #.++.,

-

#.++.,

-

0iaya /istrik 1.#.,- #.%+.,-

ng erja dk /angs. (4perator &esin) 1.+.,- #.*.,-

0iaya dministrasi Pabrik *+.,- 1.#%.,-

0iaya Pemeliharaan dan Perbaikan +.,- 1.3.,-

0iaya 0ahan Pembantu ++.,- 1.+.,-

( B4.?. P5'.S4.6 :

0iaya >aji arya6an .+.,- 1..,

-

0iaya /istrik, elpon C 'a&imile +.,- *.,-

0iaya Perlengkapan antor %.,- *.,-

0iaya /ain-/ain 1+.,- 3+.,-

&atatan Pentin'

1. gar produksi terhadap produk baru tidak mengganggu kegiatan

produksi untuk produk lama, maka perusahaan meren5anakan untukmembuat "i9isi baru dengan nama Bagian Produksi 5kspres "BP5$(

#. ?ntuk mempermudah penyusunan anggaran, maka anggaran-anggaran yang sedang disusun pada saat bersamaan (terutamaanggaran 8inansial) akan disusun terpisah dari anggaran 5apital dananggaran 9ariabel produk baru tersebut.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 15: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 15/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1&

L. TUGAS KONSULTAN :

 nda sebagai seorang onsultan yang bertugas membantu Bapak

;aidar 'a>i> 'iAullah selaku pemilik dan pimpinan perusahaan, dimintauntuk menyusun beberapa Budget   nggaran berikut perhitungannyadengan rin5ian anggaran sebagai berikut :

1( Perkiraan / orecastin'  Penjualan tahun #1%.

2( ra>ik Perkiraan Penjualan dan Penjualan 'iil tahun #1%.

3( .nggaran Penjualan tahun #1% yang menunjukkan ren5anapenjualan setiap produk, setiap bulan, dan setiap daerah penjualan.

&( .nggaran Produksi tahun #1% yang menunjukkan ren5ana

produksi masing-masing produk setiap bulan.)( .nggaran Bahan Baku tahun #1% yang terdiri dari :

a( .nggaran Kebutuhan Bahan Bakub( .nggaran Bahan Baku ?ang ;arus Dibeli8( .nggaran Pembelian Bahan Baku

%( Perhitungan %tandard *sa'e Rate (%*R)  masing-masing jenispekerjaan pada masing-masing 0agian Produksi.

,( .nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung tahun #1% yang

menunjukkan besarnya jam dan biaya tenaga kerja langsung setiapbulan.

*( .nggaran Biaa Cerhead Pabrik tahun #1% yang terdiri dari :a( Perhitungan dan .lokasi Depresiasi Bangunan Pabrikb( Perhitungan dan .lokasi Depresiasi Peralatan Pabrik8( .nggaran Depresiasi Bangunan dan Peralatan Pabrikd( Perhitungan dan .lokasi Biaa Pemakaian 6istrike( .nggaran Biaa Pemakaian 6istrik>( Perhitungan dan .lokasi Biaa Tenaga Kerja Tidak 6angsung

g( .nggaran Biaa Tenaga Kerja Tidak 6angsungh( Perhitungan dan .lokasi Biaa Pemeliharaan dan Perbaikani( Perhitungan dan .lokasi Biaa .dministrasi Pabrik

 j( .nggaran Biaa Cerhead Pabrik Totalk( Perhitungan Biaa aji dan Biaa 6ain!6ain

=( Perhitungan Biaa aterial dan Tenaga Kerja 6angsung tahun#1% per unit produk.

10( Perhitungan dan .lokasi Biaa Cerhead Pabrik dan Biaaperasional ke masing-masing produk.

11( ;arga Pokok masing-masing produk.

12( .nggaran 6aba / 'ugi tahun #1%.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 16: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 16/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1(

13( Skedul Pengumpulan Piutang dari masing-masing daerahpenjualan tahun #1%. nggaran tersebut akan menunjukkan skedulpenerimaan kas dari hasil penagihan piutang.

1&( .nggaran Penerimaan Kas tahun #1% yang merupakanrekapitulasi anggaran pengumpulan piutang.

1)( Skedul Pembaaran 7tang atas pembelian bahan baku tahun #1%.

1%( Perhitungan Pembelian Bahan Pembantu(

1,( Perhitungan PP Kurang Setor(

1*( .nggaran Perhitungan Kas tahun #1% yang menunjukkan skedulpengeluaran kas, baik untuk operasional maupun non-operasional.

1=( .nggaran Kas (nggaran as Sementara dan nggaran as Dinal, jika perlu) tahun #1%.

20( .nalisis .nggaran leksibel+ berupa pemisahan seluruh biayauntuk memproduksi produk T5'. menjadi biaya tetap dan biaya9ariabel. &esin yang digunakan untuk menghitung biaya adalahmesin SPA4N4&.

21( &embuktikan bah6a pilihan untuk membeli mesin SP4 adalahkeputusan yang tepat dengan melakukan analisis :a( Paba8k Periodb( et Present @alue

8( 4nternal 'ate o> 'eturnd( .Cerage 'ate o> 'eturn

TahunPenjualan

KegiatanPromosi "E?$ "E²$

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 17: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 17/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1*

#3

#%

#+

#

##*

#

#1

#11

#1#

#13

Penggunaan rumus dalam &etode 'egresi unggal adalah :+ a /  

(A) F? a n / FE

(AA)

FE? a FE / FE9

"ari rumus di atas, maka data yang tersedia menjadi :(A) 1+ a n / 1  

(AA)

1+ a 1 / 12  

(A) a /  

(AA)

a /  

(A) a /

(AA

)

a / (-  

 ) /

/

Selanjutnya nilai b dimasukkan kedalam persamaan A sebagai berikut :

(A) F? a n / FE

a

a

a

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 18: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 18/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1,

a

"engan demikian 8ungsi parabola menjadi :

+ a /  

 

Sebagai 5ontoh dengan memasukkan parameter E ke dalam 8ungsi parabola tersebut

akan diperoleh nilai trend parabola pada tahun #3 sebagai berikut :

+ 003  

+ 003

2ika diren5anakan kegiatan Promosi untuk tahun #1% sebanyak *3* kali, maka ramalan

penjualan pada tahun #1% dapat dihitung sebagai berikut :

+ 04  

+ 04

6iai $rend 

Tahun 7nit

#3

#%

#+

#

#

#*

##1

#11

#1#

#13

#1%

#.%

#.3+

#.3

#.#+

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 19: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 19/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1-

 

#.#

#.1+

#.1

#.+

#.

1.+

1.

1.*+

1.*

1.+

1.

#3

#%

#+

#

#

#*

#

#1 #11

P5';4T7. P'P'S4 P5-7.6..S4!.S4 P'D7K D. D.5'.; P5-7.6.

Produk Balikpapan Samarinda

# 7nit # 7nit #/emari &akan

/emari Pakaian

&eja 'ias

 F

..'. P5-7.6. B76.. T.;7 201&7T7K S57. P'D7K D. S57. D.5'.; P5-7.6

Bulan #6emari akan 6emari Pakaian eja

7nit 'p 7nit 'p 7nit2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September 4ktober 

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 20: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 20/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2

Nopember 

"esember 

 ∑

..'. P5-7.6. B76.. T.;7 201& D.5'.; P5-7.6.

Bulan6emari akan 6emari Pakaian

7nit ;arga/7nit 'p 7nit ;arga/7nit 'p 7nit ;ar

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei2uni

2uli

 gustus

September 

4ktober 

Nopember 

"esember 

..'. P5-7.6. B76.. T.;7 201& D.5'.; P5-7.6.

Bulan6emari akan 6emari Pakaian

7nit ;arga/7nit 'p 7nit ;arga/7nit 'p 7nit ;ar

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustusSeptember 

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 21: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 21/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 21

4ktober 

Nopember 

"esember 

P5';4T7. .6K.S4 P5'S5D4.. B.'.

6emari akan 6emari Pakaian

Persediaan khir 

Persediaan 6al

S e l i s i h

.lokasi selisih per bln

..'. P'D7KS4 T.;7 201& P'D7K 65.'

Bulan PenjualanPersediaan

.khir Tersedia 7tk Dijual

2anuari

Pebruari

&aret pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September 

4ktober 

Nopember 

"esember 

∑ (Lemari Makan)

..'. P'D7KS4 T.;7 201& P'D7K 65.'4

Bulan PenjualanPersediaan

.khir Tersedia 7tk Dijual

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 22: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 22/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 22

&ei

2uni

2uli

 gustus

September 

4ktober 

Nopember 

"esember 

∑ (Lemari Pakaian)

..'. P'D7KS4 T.;7 201& P'D7K 5-. '4

Bulan Penjualan Persediaan.khir 

Tersedia 7tkDijual

Perse.

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustusSeptember 

4ktober 

Nopember 

"esember 

∑ (Meja Rias)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 23: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 23/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 23

..'. K5B7T7;. B.;. B.K7 T.;7 201& P'D7K 65

BulanPro!

duksi

Parti8leBoard

;andle 5ngsel ur!Baut Ka8

S7'

Kebu

tuhan S7'

Kebu

tuhan S7'

Kebu

tuhan S7'

Kebu

tuhan

S7

' t

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli 

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

∑ (Lemari Makan)  

..'. K5B7T7;. B.;. B.K7 T.;7 201& P'D7K 65.

BulanPro!

duksi

Parti8leBoard

;andle 5ngsel ur!Baut Ka8

S7'Kebutuhan

S7'Kebutuhan

S7'Kebutuhan

S7'Kebutuhan

S7' t

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   4ktober   

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 24: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 24/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2

Nopember   

"esember   

∑ (Lemari Pakaian)  

..'. K5B7T7;. B.;. B.K7 T.;7 201& P'D7K

BulanPro!

duksi

Parti8leBoard

;andle 5ngsel ur!Baut Ka

S7'Kebutuhan

S7'

Kebutuhan

S7'Kebutuhan

S7'

Kebutuhan

S7'

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   4ktober   

Nopember   

"esember   

1 (Meja Rias)  

..'. K5B7T7;. B.;. B.K7 TT.6 T.;7 201&

Bulan

Parti8le Board ;andle 5ngsel ur!Baut Ka

6embar BoG Buah BoG Buah BoG Buah BoG 9

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 25: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 25/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2&

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

∑  

P5';4T7. .6K.S4 P5'S5D4.. B.;. B.K7

7 r a i a nParti8le Board

"boG$;andle"boG$

5ngsel"boG$

ur!baut"boG$

Persediaan khir

Persediaan 6al

S e l i s i h

.lokasi selisih per bln

..'. B.;. B.K7 ? ;'S D4B564 T.;7 201&

-54S B.;. P.'T465 B.'D

Bulan KebutuhanPersediaan

.khir Tersedia

7ntuk DijualPersed

.

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

1 (Partice !oard)  

..'. B.;. B.K7 ? ;'S D4B564 T.;7 201

-54S B.;. ;.D65

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 26: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 26/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2(

Bulan KebutuhanPersediaan

.khir Tersedia

7ntuk DijualPersed

.

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober  

Nopember   

"esember   

1 ("ande)  

..'. B.;. B.K7 ? ;'S D4B564 T.;7 201-54S B.;. 5S56

Bulan KebutuhanPersediaan

.khir Tersedia

7ntuk DijualPersed

.

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

1 (7n'se)  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 27: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 27/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2*

..'. B.;. B.K7 ? ;'S D4B564 T.;7 201-54S B.;. 7'!B.7T

Bulan KebutuhanPersediaan

.khir Tersedia

7ntuk DijualPersed

.

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

1 (Mur-!aut)  

..'. B.;. B.K7 ? ;'S D4B564 T.;7 201-54S B.;. K..

Bulan KebutuhanPersediaan

.khir Tersedia

7ntuk DijualPersed

.

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 28: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 28/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2,

4ktober

Nopember

"esember

1 (aca)  

..'. B.;. B.K7 ? ;'S D4B564 T.;7 201-54S B.;. .T

Bulan KebutuhanPersediaan

.khir 

Tersedia

7ntuk Dijual

Persed

.

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

1 (&at)  

..'. P5B564. B.;. B.K7 T.;7 201&

B u l a n

Parti8le Board ;andle

-umlah BoG

;arga / BoG Total "'p$-umlah BoG

;arga / BoG Total "'p$

2anuari

Pebruari

&aret

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 29: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 29/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2-

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September 

 

4ktober

Nopember

"esember

$ota   

..'. P5B564. B.;. B.K7 T.;7 201

B u l a n

ur ! Baut

-umlahBoG

;arga / BoG Total "'p$-umlah6embar 

;arga /

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September 

 

4ktober

Nopember

"esember

$ota   

..'. P5B564. B.;. B.K7 T.;7 201&

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 30: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 30/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3

B u l a n

atDoos Karto

"'p$-umlahKaleng

;arga / Kaleng Total "'p$

2anuariPebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September4ktober

Nopember

"esember

$ota   

Perhitungan %tandard *sa'e Rate (%*R)

1( Produk 6emari akan :

a. ukang &al F menit 1 2/ F -K6

menit

b. ukang Potong F menit 1 2/ F -K6

menit

5. ukang =at F menit 1 2/ F -K6

menit

d. ukang Sandblasting F menit 1 2/ F -K6

menit

e. ukang 'akit F menit 1 2/ F -K6

menit

8. ukang Pak0ungkus F menit 1 2/ F -K6

menit

2( Produk 6emari Pakaian :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 31: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 31/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 31

a. ukang &al F menit 1 2/ F -K6

menit

b. ukang Potong F menit 1 2/ F -K6

menit

5. ukang =at F menit 1 2/ F -K6

menit

d. ukang Sandblasting F menit 1 2/ F -K6

menit

e. ukang 'akit F menit 1 2/ F -K6

menit

8. ukang Pak0ungkus F menit 1 2/ F -K6

menit

3( Produk eja 'ias :

a. ukang &al F menit 1 2/ F -K6

menit

b. ukang Potong F menit 1 2/ F -K6

menit

5. ukang =at F menit 1 2/ F -K6

menit

d. ukang Sandblasting F menit 1 2/ F -K6

menit

e. ukang 'akit F menit 1 2/ F -K6menit

8. ukang Pak0ungkus F menit 1 2/ F -K6

menit

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 32: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 32/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 32

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Pengolahan Dasar "Pro

Bulan Produksi

Tukang al

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Pengolahan Dasar "Prod

Bulan Produksi Tukang al

-K6 'p -K6

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 33: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 33/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 33

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Pengolahan Dasar "Pr 

Bulan ProduksiTukang al

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 34: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 34/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Penelesaian Produk "Pr 

Bulan Produksi

Tukang at

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Penelesaian Produk "Pro

Bulan Produksi

Tukang at

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 35: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 35/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3&

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Penelesaian Produk "

Bulan Produksi

Tukang at

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September4ktober

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Pengepakan "Produk

Bulan Produksi

Tukang 'akit T

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 36: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 36/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3(

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Pengepakan "Produk

Bulan Produksi

Tukang 'akit T

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

2anuari

Pebruari

&aret

 pril&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Biaa Tenaga Kerja 6angsung Bagian Pengepakan "Prod

Bulan Produksi

Tukang 'akit T

-K6 'p -K6

S7' Total Tarip/-am Total S7' Tot

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 37: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 37/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3*

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

.nggaran Penggunaan dan Total Biaa Tenaga Kerja 6angsung asing

Bulan

Bagian Pengolahan Dasar Bagian Penelesaian

Produk

Bagian Pengepa

-K6 'p -K6 'p -K6 'p

2anuari

Pebruari

&aret

 pril

&ei

2uni

2uli

 gustus

September

4ktober

Nopember

"esember

∑  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 38: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 38/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3,

.nggaran Penggunaan dan Total Biaa Tenaga Kerja 6angsung Berda

B a g i a n 6emari akan 6emari Pakaian eja 'i

 -K6 'p -K6 'p -K60agian Pengolahan"asar :

 

- ukang &al

- ukang Potong

0agian Penyelesai-an Produk :

 

- ukang =at

- kg. Sandblasting

0ag. Pengepakan :

- ukang 'akit

- ukang Pak0ks

∑  

1( Perhitungan Depresiasi Bangunan Pabrik :

a. "epresiasi 0agian Peng F m0 'p. F 'p.

olahan "asar  m0

b. "epresiasi 0agian F m0 'p. F 'p.

Penyelesaian Produk m0

5. "epresiasi 0agian Pe- F m0 'p. F 'p.

ngepakan m0

d. "epresiasi 0agian dm. F m0 'p. F 'p.

Pabrik C >udang m0

e. "epresiasi 0agian Pe- F m0 'p. F 'p.

meliharaan C Perbaikan m0

2( Perhitungan .lokasi Depresiasi Bangunan Pabrik :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 39: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 39/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3-

- lokasi "epresiasi 0angunan Pabrik dari 0ag. dm. Pabrik dan>udang :

a. e 0agian Pengolahan F 'p. F 'p.

"asar

b. e 0ag. Penylsn.Produk F 'p. F 'p.

5. e 0agian Pengepakan F 'p. F 'p.

- lokasi "epresiasi 0angunan Pabrik dari 0agian Pemeliharaan C Perbaikan :

a. e 0agian Pengolahan F 'p. F 'p.

"asar

b. e 0ag. Penylsn.Produk F 'p. F 'p.

5. e 0agian Pengepakan F 'p. F 'p.

3( Perhitungan .lokasi Depresiasi Peralatan Pabrik :

- lokasi "epresiasi Peralatan Pabrik dari 0ag. dm. Pabrik dan>udang :

a. e 0agian Pengolahan F 'p. F 'p.

"asar

b. e 0ag. Penylsn.Produk F 'p. F 'p.

5. e 0agian Pengepakan F 'p. F 'p.

- lokasi "epresiasi Peralatan Pabrik dari 0agian Pemeliharaan C Perbaikan :

a. e 0agian Pengolahan F 'p. F 'p.

"asar

b. e 0ag. Penylsn.Produk F 'p. F 'p.

5. e 0agian Pengepakan F 'p. F 'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 40: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 40/91

PRAKTIKUM ANGGARAN

 

.nggaran Depresiasi Bangunan dan Peralatan Pabrik

Keterangan

 Bagian

PengolahanDasar

Bagian

PenelesaianProduk

BagianPengepakan

"epresiasi 0angunan Pabrik sebelumalokasi

 

 lokasi dari 0ag. dministrasi Pabrik

 lokasi dari 0ag. Pemeliharaan C Perbaikan

"epresiasi Peralatan Pabrik sebelumalokasi

 

 lokasi dari 0ag. dministrasi Pabrik

 lokasi dari 0ag. Pemeliharaan C Perbaikan

9epresiasi Peraatan Pa/rik $ota   

Perhitungan Pemakaian 6istrik Setiap Tahun

ama DepartemenPemakaian

6istrik/Bulan "K<;$Tari> per K<;/bul

"'p($

0agian Pengolahan "asar

0agian Penyelesaian Produk0agian Pengepakan

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 41: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 41/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 1

0agian dministrasi Pabrik C >udang

0agian Pemeliharaan dan Perbaikan

1( Perhitungan .lokasi Biaa 6istrik :

- lokasi dari 0ag. dm. Pabrik dan >udang :

a. e 0agian Pengolahan F 'p. F 'p."asar

b. e 0ag. Penylsn.Produk F 'p. F 'p.

5. e 0agian Pengepakan F 'p. F 'p.

- lokasi dari 0agian Pemeliharaan C Perbaikan:a. e 0agian Pengolahan F

'p. F 'p."asar

b. e 0ag. Penylsn.Produk F 'p. F 'p.

5. e 0agian Pengepakan F 'p. F 'p.

.nggaran Biaa Pemakaian 6istrik

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 42: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 42/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 2

KeteranganBagian

PengolahanDasar 

 BagianPenelesaian

Produk

BagianPengepakan

0iaya listrik sebelum alokasi

 lokasi dari 0ag. dministrasi Pabrik lokasi dari 0ag. Pemeliharaan C Perbaikan

!ia#a Listrik $ota   

Perhitungan aji "Biaa Tenaga Kerja Tidak 6angsung$

ama Departemen

Karaan

-abatan-umlah

Karaanaji per B

per rg

0agian Pengolahan "asar Super9isor

0agian Penyelesaian Produk Super9isor

0agian Pengepakan Super9isor

0agian dministrasi Pabrik C >udang epala Pabrik

 dm. ?mum

 dm. euangan

Petugas >udang

0agian Pemeliharaan dan Perbaikan &ontir

1( Perhitungan .lokasi Biaa Tenaga Kerja Tidak 6angsung :

- lokasi dari 0ag. dm.Pabrik dan >udang :

a. e 0agian Pengolahan F 'p. F 'p."asar

b. e 0ag. Penylsn Prod F 'p. F 'p.

5. e 0ag. Pengepakan F 'p. F 'p.

- lokasi dari 0agian Pemeliharaan C Perbaikan :

a. e 0agian Pengolahan F 'p. F 'p.

"asar

b. e 0ag. Penylsn Prod F 'p. F 'p.

5. e 0ag. Pengepakan F 'p. F 'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 43: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 43/91

PRAKTIKUM ANGGARAN 3

.nggaran Biaa Tenaga Kerja Tidak 6angsung

KeteranganBagian

PengolahanDasar 

 BagianPenelesaian

Produk

BagianPengepak

0iaya enaga erja dk /angs. sebelum alokasi

 lokasi dari 0ag. dministrasi Pabrik

 lokasi dari 0ag. Pemeliharaan C Perbaikan

!ia#a $ena'a erja $dk Lan'sun' $ota   

1( Perhitungan Biaa Pemeliharaan dan Perbaikan :

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 44: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 44/91

PRAKTIKUM ANGGARAN

a. 0agian Pengolahan "asar :

0iaya etap F 'p. F 'p. 

0iaya @ariabel F 'p. F 'p.  

$ota !ia#a Rp.

b. 0agian Penyelesaian Produk :

0iaya etap F 'p. F 'p.

 

0iaya @ariabel F 'p. F 'p.  

$ota !ia#a Rp.

5. 0agian Pengepakan :

0iaya etap F 'p. F 'p. 

0iaya @ariabel F 'p. F 'p.  

$ota !ia#a Rp.

2( Perhitungan .lokasi Biaa .dministrasi Pabrik :

a. e 0agian Pengolah F 'p. F 'p.

an "asar

b. e 0agian Penyele- F 'p. F 'p.

saian Produk

5. e 0agian Penge - F 'p. F 'p.

pakan

.nggaran Biaa Cerhead Pabrik T

Keterangan BagianPengolahan Dasar 

BagianPenelesaianProduk

BPen

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 45: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 45/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &

"epresiasi

/istrik

enaga erja idak /angsung

 dministrasi Pabrik

Pemeliharaan dan Perbaikan

&aterial idak /angsung :

- "empul

- /ain - lain

$ota !ia#a :;er<ead Pa/rik

Perhitungan Biaa aji Kantor Pusat

- a b a t a n-umlah Personil

"orang$aji per orangper bulan "'p($

aPer T

"irekturSekretaris

Sta8 dministrasi ?mum

Sta8 kuntansi C euangan

Sta8 Pemasaran

$ota !ia#a =aji antor Pusat

Perhitungan Biaa!biaa 6ain

"Departemen Pemasaran$

-enis BiaaBiaa per tahun

"'p($

/istrik

elpon dan 'a&imile  

 lat ulis dan =etakan

Perlengkapan antor

"epresiasi

0iaya ransportasi

/ain - /ain

$ota !ia#a-/ia#a Lain  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 46: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 46/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (

Perhitungan Biaa Bahan Baku Per 7nit Produk

aterial Satuan 4si

;arga per 

satuan"'p($

6emari akan 6emari Pak

S7'Biaa per unit

"'p($S7'

Bia"

Parti5le 0oard bo ( lembar)

7andle bo (1# buah)

;ngsel bo (1# buah)

&ur-baut bo (1# buah)

a5a lembar (+ m<)

=at kaleng (+ kg)

0o karton buah

Perhitungan Biaa Tenaga Kerja 6angsung Per 7nit Prod

Posisi Tarip / -K6

6emari akan 6emari Pakaian

S7'Biaa per unit

"'p($S7'

Biaa per"'p($

ukang &al

ukang Potong  

ukang =at  

ukang Sandblasting  ukang 'akit  

ukang Pak 0ungkus  

$ o t a

.lokasi BP dan Pemasaran H .dm( Pabrik ke masing!2 Produk

1( .lokasi Biaa Depresiasi ke :

- /emari &akan F'p.  

'p. F'p('p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa Depresiasi per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.

  F 'p(unit

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 47: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 47/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *

- /emari Pakaian F'p.  

F 'p(unit

- &eja 'ias F'p.  

F 'p(

unit

2( .lokasi Biaa 6istrik ke :

- /emari &akan F'p.  

'p. F'p('p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa 6istrik per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.  

F 'p(unit

- /emari Pakaian F

'p.  F 'p(unit

- &eja 'ias F'p.  

F 'p(unit

3( .lokasi Biaa Tenaga Kerja Tidak 6angsung ke :

- /emari &akan F'p.  

'p. F'p('p.

- /emari Pakaian F 'p.   'p. F 'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa Tenaga Kerja Tidak 6angsung per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.  

F 'p(unit

- /emari Pakaian F 'p. F 'p(

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 48: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 48/91

PRAKTIKUM ANGGARAN ,

unit

- &eja 'ias F'p.  

F 'p(unit

&( .lokasi Biaa .dministrasi Pabrik ke :

- /emari &akan F'p.  

'p. F'p('p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p

('p.

Biaa .dministrasi Pabrik per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.  

F 'p(unit

- /emari Pakaian F'p.  

F 'p(unit

- &eja 'ias F 'p.   F 'p(unit

)( .lokasi Biaa Pemeliharaan dan Perbaikan ke :

- /emari &akan F'p.  

'p. F'p('p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa Pemeliharaan dan Perbaikan per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.  

F 'p(unit

- /emari Pakaian F 'p.   F 'p(unit

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 49: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 49/91

PRAKTIKUM ANGGARAN -

- &eja 'ias F'p.  

F 'p(unit

%( .lokasi Biaa Pembelian Dempul ke :

- /emari &akan F

'p.  

'p. F

'p

('p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa Pembelian Dempul per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.  

F 'p(unit

- /emari Pakaian F 'p.   F 'p(unit

- &eja 'ias F'p.  

F 'p(unit

,( .lokasi Biaa Pembelian aterial Tdk 6angsung 6ainna :

- /emari &akan F'p.  

'p. F'p(

'p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa Pembelian aterial Tdk 6angsung 6ainna per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.  

F 'p(unit

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 50: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 50/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &

- /emari Pakaian F'p.  

F 'p(unit

- &eja 'ias F'p.

  F 'p(unit

*( .lokasi Biaa aji Kantor Pusat :

- /emari &akan F'p.  

'p. F'p('p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa aji Kantor Pusat per 7nit Produk :

- /emari &akan F'p.  

F 'p(unit

- /emari Pakaian F'p.  

F 'p(unit

- &eja 'ias F'p.  

F 'p(unit

=( .lokasi Biaa 6ain!lain Kantor Pusat :

- /emari &akan F 'p.   'p. F 'p('p.

- /emari Pakaian F'p.  

'p. F'p('p.

- &eja 'ias F'p.  

'p. F'p('p.

Biaa 6ain!lain Kantor Pusat per 7nit Produk :- /emari &akan F 'p. F 'p(

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 51: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 51/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &1

unit

- /emari Pakaian F'p.  

F 'p(unit

- &eja 'ias F'p.  

F 'p(unit

Perhitungan ;arga Pokok Produksi

7raian 6emari akan 6emari PakaianTotal Per 7nit Total Per 7n

B.;. B.K7 6.S7 :  

Parti5le 0oard  

7andle  

;ngsel  

&ur-baut  

a5a  

=at  

0o karton  T5.. K5'-. 6.S7  

TT.6 B4.?.

B4.?. @5';5.D P.B'4K :  

"epresiasi  

/istrik  

enaga erja idak /angsung  

 dministrasi Pabrik  

Pemeliharaan dan Perbaikan  

B.;. B.K7 TDK 6.S7 :  

"empul  

/ain - /ain  

TT.6 BP  

">R=> P:: PR:9*%?

.nggaran 6aba / 'ugi Tahun 201&

7raian 6emari akan 6emari Pakaian eja 'i

Penjualan

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 52: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 52/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &2

7arga Pokok Produksi

6aba Kotor

0iaya Pemasaran C dm tr Pusat

6aba Sebelum Pajak

PPh :

- sd + juta G+! 'p. H

- di atas + juta sd #+ juta G1+! ('p. - 'p.

- di atas #+ juta sd + juta G#+! ('p. - 'p.

- di atas + juta G3! ('p. - 'p.

Pajak Total  

La/a %etea< Pajak

Perhitungan Pengumulan Piutang Tahun !"#$

Daerah Pen%ualan &ali'aan

1( Penjualan Bulan -anuari! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 2anuari F 'p. F'p.

Pebruari F 'p. F'p.

&aret F 'p. F'p.

- as diterima bln. 2an-1% : 7asil penjualan bln. Nopember- #13 F'p.

Penerimaan kas bulan 2anuari-1% F'p.

Penerimaan as /n. @anuari-4 Rp.

2( Penjualan Bulan Pebruari! 1& :

- "iterima pembyrn bln : Pebruari F 'p. F'p.&aret F 'p. F'p.

 pril F 'p. F'p.

- as diterima bln. Peb-1% : 7asil penjualan bln. "esember- #13 F'p.

Penerimaan kas bulan 2anuari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan Pebruari-1% F'p.

Penerimaan as /n. Pe/ruari-4 Rp.

3( Penjualan Bulan aret! 1& :

- "iterima pembyrn bln : &aret F 'p. F'p.

 pril F 'p. F'p.

&ei F 'p. F'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 53: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 53/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &3

- as diterima bln. &art-1% : Penerimaan kas bulan 2anuari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan Pebruari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &aret-1% F'p.

Penerimaan as /n. Maret-4 Rp.

&( Penjualan Bulan .pril! 1& :

- "iterima pembyrn bln : pril F 'p. F'p.

&ei F 'p. F'p.

2uni F 'p. F'p.

- as diterima bln. pril-1% : Penerimaan kas bulan Pebruari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &aret-1% F'p.

Penerimaan kas bulan pril-1% F'p.

Penerimaan as /n. >pri-4 Rp.

)( Penjualan Bulan ei! 1& :

- "iterima pembyrn bln : &ei F 'p. F'p.

2uni F 'p. F'p.

2uli F 'p. F'p.

- as diterima bln. &ei-1% : Penerimaan kas bulan &aret-1% F'p.

Penerimaan kas bulan pril-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &ei-1% F'p.

Penerimaan as /n. Mei-4 Rp.

%( Penjualan Bulan -uni! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 2uni F 'p. F'p.

2uli F 'p. F'p.

 gustus F 'p. F'p.

- as diterima bln. 2uni-1% : Penerimaan kas bulan pril-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &ei-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uni-1% F'p.

Penerimaan as /n. @uni-4 Rp.

,( Penjualan Bulan -uli! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 2uli F 'p. F'p.

 gustus F 'p. F'p.September F 'p. F'p.

- as diterima bln. 2uli-1% : Penerimaan kas bulan &ei-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uni-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uli-1% F'p.

Penerimaan as /n. @ui-4 Rp.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 54: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 54/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &

*( Penjualan Bulan .gustus! 1& :

- "iterima pembyrn bln : gustus F 'p. F'p.September F 'p. F'p.

4ktober F 'p. F'p.

- as diterima bln.gust-1% : Penerimaan kas bulan 2uni-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uli-1% F'p.

Penerimaan kas bulan gustus-1% F'p.

Penerimaan as /n. >'ustus-4 Rp.

=( Penjualan Bulan September! 1& :

- "iterima pembyrn bln :September F 'p. F'p.

4ktober F 'p. F'p.

Nopember F 'p. F'p.

- as diterima bln. Sept-1% : Penerimaan kas bulan 2uli-1% F'p.

Penerimaan kas bulan gustus-1% F'p.

Penerimaan kas bulan September-1% F'p.

Penerimaan as /n. %eptem/-4 Rp.

10( Penjualan Bulan ktober! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 4ktober F 'p. F'p.

Nopember F 'p. F'p.

"esember F 'p. F'p.

- as diterima bln. 4kt-1% : Penerimaan kas bulan gustus-1% F'p.

Penerimaan kas bulan September-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 4ktober-1% F'p.Penerimaan as /n. :kto/er-4 Rp.

11( Penjualan Bulan opember! 1& :

- "iterima pembyrn bln : Nopember F 'p. F'p.

"esember F 'p. F'p.

2anuari F 'p. F'p.

- as diterima bln. Nop-1% : Penerimaan kas bulan September-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 4ktober-1% F'p.

Penerimaan kas bulan Nopember-1% F'p.

Penerimaan as /n. 6opem/er-4 Rp.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 55: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 55/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &&

12( Penjualan Bulan Desember! 1& :

- "iterima pembyrn bln : "esember F 'p. F'p.

2anuari F 'p. F'p.

Pebruari F 'p. F'p.

- as diterima bln. "es-1% : Penerimaan kas bulan 4ktober-1% F'p.

Penerimaan kas bulan Nopember-1% F'p.

Penerimaan kas bulan "esember-1% F'p.

Penerimaan as /n. 9esem/er-4 Rp.

Perhitungan Pengumulan Piutang Tahun !"#$

Daerah Pen%ualan Samarina

1( Penjualan Bulan -anuari! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 2anuari F 'p. F'p.

Pebruari F 'p. F'p.

&aret F 'p. F'p.

 pril F 'p. F'p.

- as diterima bln. 2an-1% : 7asil penjualan bln. 4ktober- #13 F'p.

Penerimaan kas bulan 2anuari-1% F'p.

Penerimaan as /n. @anuari-4 Rp.

2( Penjualan Bulan Pebruari! 1& :

- "iterima pembyrn bln : Pebruari F 'p. F'p.

&aret F 'p. F'p.

 pril F 'p. F'p.

&ei F 'p. F'p.

- as diterima bln. Peb-1% : 7asil penjualan bln. Nopember- #13 F'p.

Penerimaan kas bulan 2anuari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan Pebruari-1% F'p.

Penerimaan as /n. Pe/ruari-4 Rp.

3( Penjualan Bulan aret! 1& :

- "iterima pembyrn bln : &aret F 'p. F'p.

 pril F 'p. F'p.

&ei F 'p. F'p.

2uni F 'p. F'p.

- as diterima bln. &art-1% : 7asil penjualan bln. "esember- #13 F'p.

Penerimaan kas bulan 2anuari-1% F'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 56: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 56/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &(

Penerimaan kas bulan Pebruari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &aret-1% F'p.

Penerimaan as /n. Maret-4 Rp.

&( Penjualan Bulan .pril! 1& :

- "iterima pembyrn bln : pril F 'p. F'p.&ei F 'p. F'p.

2uni F 'p. F'p.

2uli F 'p. F'p.

- as diterima bln. pril-1% : Penerimaan kas bulan 2anuari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan Pebruari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &aret-1% F'p.

Penerimaan kas bulan pril-1% F'p.

Penerimaan as /n. >pri-4 Rp.

)( Penjualan Bulan ei! 1& :

- "iterima pembyrn bln : &ei F 'p. F'p.

2uni F 'p. F'p.

2uli F 'p. F'p.

 gustus F 'p. F'p.

- as diterima bln. &ei-1% : Penerimaan kas bulan Pebruari-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &aret-1% F'p.

Penerimaan kas bulan pril-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &ei-1% F'p.

Penerimaan as /n. Mei-4 Rp.

%( Penjualan Bulan -uni! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 2uni F 'p. F'p.

2uli F 'p. F'p.

 gustus F 'p. F'p.September F 'p. F'p.

- as diterima bln. 2uni-1% : Penerimaan kas bulan &aret-1% F'p.

Penerimaan kas bulan pril-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &ei-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uni-1% F'p.

Penerimaan as /n. @uni-4 Rp.

,( Penjualan Bulan -uli! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 2uli F 'p. F'p.

 gustus F 'p. F'p.

September F 'p. F'p.

4ktober F 'p. F'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 57: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 57/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &*

- as diterima bln. 2uli-1% : Penerimaan kas bulan pril-1% F'p.

Penerimaan kas bulan &ei-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uni-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uli-1% F'p.

Penerimaan as /n. @ui-4 Rp.

*( Penjualan Bulan .gustus! 1& :

- "iterima pembyrn bln : gustus F 'p. F'p.September F 'p. F'p.

4ktober F 'p. F'p.

Nopember F 'p. F'p.

- as diterima bln.gust-1% : Penerimaan kas bulan &ei-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uni-1% F'p.Penerimaan kas bulan 2uli-1% F'p.

Penerimaan kas bulan gustus-1% F'p.

Penerimaan as /n. >'ustus-4 Rp.

=( Penjualan Bulan September! 1& :

- "iterima pembyrn bln :September F 'p. F'p.

4ktober F 'p. F'p.

Nopember F 'p. F'p.

"esember F 'p. F'p.

- as diterima bln. Sept-1% : Penerimaan kas bulan 2uni-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 2uli-1% F'p.

Penerimaan kas bulan gustus-1% F'p.

Penerimaan kas bulan September-1% F'p.

Penerimaan as /n. %eptem/-4 Rp.

10( Penjualan Bulan ktober! 1& :

- "iterima pembyrn bln : 4ktober F 'p. F'p.

Nopember F 'p. F'p.

"esember F 'p. F'p.

2anuari F 'p. F'p.

- as diterima bln. 4kt-1% : Penerimaan kas bulan 2uli-1% F'p.

Penerimaan kas bulan gustus-1% F'p.

Penerimaan kas bulan September-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 4ktober-1% F'p.

Penerimaan as /n. :kto/er-4 Rp.

11( Penjualan Bulan opember! 1& :

- "iterima pembyrn bln : Nopember F 'p. F'p.

"esember F 'p. F'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 58: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 58/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &,

2anuari F 'p. F'p.

Pebruari F 'p. F'p.

- as diterima bln. Nop-1% : Penerimaan kas bulan gustus-1% F'p.

Penerimaan kas bulan September-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 4ktober-1% F'p.Penerimaan kas bulan Nopember-1% F'p.

Penerimaan as /n. 6opem/er-4 Rp.

12( Penjualan Bulan Desember! 1& :

- "iterima pembyrn bln : "esember F 'p. F'p.

2anuari F 'p. F'p.

Pebruari F 'p. F'p.

&aret F 'p. F'p.

- as diterima bln. "es-1% : Penerimaan kas bulan September-1% F'p.

Penerimaan kas bulan 4ktober-1% F'p.

Penerimaan kas bulan Nopember-1% F'p.

Penerimaan kas bulan "esember-1% F'p.

Penerimaan as /n. 9esem/er-4 Rp.

S'eul Pengumulan Piutang Tahun !"#$

Daerah Pen%ualan &ALIKPAPAN

Bulan Penjualan -anuari Pebruari aret .pril

Sisa #13  

2anuari  

Pebruari  

&aret

  pril  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 59: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 59/91

PRAKTIKUM ANGGARAN &-

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus 

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pengumulan Piutang Tahun !"#$

Daerah Pen%ualan &ALIKPAPAN

Bulan Penjualan -uli .gustus September ktob

Sisa #13  

2anuari  

Pebruari

 &aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pengumulan Piutang Tahun !"#$

Daerah Pen%ualan SAMARINDA

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 60: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 60/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (

Bulan Penjualan -anuari Pebruari aret .pril

Sisa #13  

2anuari  

Pebruari 

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pengumulan Piutang Tahun !"#$

Daerah Pen%ualan SAMARINDA

Bulan Penjualan -uli .gustus September ktober  

Sisa #13  

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  &ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 61: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 61/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (1

$ota   

S'eul Penerimaan Ka Tahun !"#$

 

Bulan

Balikpapan Samarinda

Penjualan PP -umlah Penjualan PP -umlah P

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni

 2uli  

 gustus  September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u Parti-le &oar Keaa PT. &a/US

Bulan Pembelian -anuari Pebruari aret .pril

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli 

 gustus  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 62: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 62/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (2

September   

4ktober   

Nopember   

"esember  

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u Parti-le &oar Keaa PT. &a/US

Bulan Pembelian -uli .gustus September ktob2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota  

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u ,anle Keaa PT. LAN0AR

Bulan Pembelian -anuari Pebruari aret .pril

2anuari  Pebruari  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 63: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 63/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (3

&aret  

 pril  

&ei  

2uni 

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u ,anle Keaa PT. LAN0AR

Bulan Pembelian -uli .gustus September ktob

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli 

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 64: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 64/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u Engel Keaa PT. LAN0AR

Bulan Pembelian -anuari Pebruari aret .pril

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u Engel Keaa PT. LAN0AR

Bulan Pembelian -uli .gustus September ktob

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  September   

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 65: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 65/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (&

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota  

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u Mur1&aut Keaa PT. LAN0AR

Bulan Pembelian -anuari Pebruari aret .pril

2anuari  Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u Mur1&aut Keaa PT. LAN0AR

Bulan Pembelian -uli .gustus September ktob

2anuari  

Pebruari 

&aret  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 66: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 66/91

PRAKTIKUM ANGGARAN ((

 pril  

&ei  

2uni  

2uli 

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u Ka-a Keaa PT. KUAT

Bulan Pembelian -anuari Pebruari aret .pril

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus 

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 67: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 67/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (*

&ahan &a'u Ka-a Keaa PT. KUAT

Bulan Pembelian -uli .gustus September ktob

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u 0at Keaa PT. KUAT

Bulan Pembelian -anuari Pebruari aret .pril

2anuari  

Pebruari  

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 68: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 68/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (,

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

&ahan &a'u 0at Keaa PT. KUAT

Bulan Pembelian -uli .gustus September ktob

2anuari  

Pebruari 

&aret  

 pril  

&ei  

2uni  

2uli  

 gustus  

September   

4ktober   

Nopember   

"esember   

$ota   

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

Pem*elian Seluruh &ahan &a'u

Bulan -anuari Pebruari aret .pril

Parti5le 0oard  

7andle  

;ngsel 

&ur-0aut  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 69: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 69/91

PRAKTIKUM ANGGARAN (-

a5a  

=at  

"oos arton  

$ota  

S'eul Pem*a+aran ,utang Tahun !"#$

Pem*elian Seluruh &ahan &a'u

Bulan -uli .gustus September ktob

Parti5le 0oard  

7andle  

;ngsel

 &ur-0aut  

a5a  

=at  

"oos arton  

$ota   

Perhitungan Pem*elian

&ahan Pem*antu

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 70: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 70/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *

Bulan -anuari Pebruari aret .pril

"empul  

/ain - /ain  

$ota  

Perhitungan Pem*elian&ahan Pem*antu

Bulan -uli .gustus September ktober

"empul  

/ain - /ain  

$ota   

Perhitungan PPNKURAN/ SETOR

Bulan -anuari Pebruari aret .pril

PPN eluaran  

PPN &asukan  

PP6 uran' %etor   

Perhitungan PPNKURAN/ SETOR

Bulan -uli .gustus September ktober  

PPN eluaran  

PPN &asukan  

PP6 uran' %etor   

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 71: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 71/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *1

Anggaran Pengeluaran Ka TA,UN !"#$

7 r a i a n -anuari Pebruari aret .pril

P.B'4K :  

Pembelian &aterial

PPN (&asukan)enaga erja /angsung

enaga erja dk. /angs.

0ahan Pembantu

"epresiasi

/istrik

 dministrasi Pabrik

Pemeliharaan

@uma<  

K.T' P7S.T H D5PT(

P5.S.'. :  

>aji arya6an

/ain - /ain

@uma<  

D4 67.' P5'.S4 :  

Sumbangan elurahan

Sumbangan 1 gustus

Perbaikan 2alan

@uma<  

PPN urang Setor$ota   

Anggaran Pengeluaran Ka TA,UN !"#$

7 r a i a n -uli .gustus September ktober  

P.B'4K :  

Pembelian &aterial

PPN (&asukan)

enaga erja /angsung

enaga erja dk. /angs.

0ahan Pembantu

"epresiasi

/istrik

 dministrasi Pabrik

Pemeliharaan

@uma<  

K.T' P7S.T H D5PT(P5.S.'. :  

>aji arya6an

/ain - /ain@uma<  

D4 67.' P5'.S4 :  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 72: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 72/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *2

Sumbangan elurahan

Sumbangan 1 gustus

Perbaikan 2alan

@uma<  

PPN urang Setor

$ota   

Anggaran Ka Sementara TA,UN !"#$

7 r a i a n -anuari Pebruari aret .pril

Persediaan as 6al  

Penerimaan as  

as ersedia  

Pengeluaran as  

Persediaan as >k<ir   

Anggaran Ka Sementara TA,UN !"#$

7 r a i a n -uli .gustus September ktober  

Persediaan as 6al 

Penerimaan as  

as ersedia  

Pengeluaran as  

Persediaan as >k<ir   

Anggaran Ka 2INAL TA,UN !"#$

7 r a i a n -anuari Pebruari aret .prilPersediaan as 6al

Penerimaan as  

Pinjaman dari 0ank  

as ersedia  

Pengeluaran as  

Pembayaran Pinjaman  

dan 0unga  

Persediaan as >k<ir   

Anggaran Ka 2INAL TA,UN !"#$

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 73: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 73/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *3

7 r a i a n -uli .gustus September ktober  

Persediaan as 6al

Penerimaan as  

Pinjaman dari 0ank  

as ersedia  

Pengeluaran as  

Pembayaran Pinjaman  

dan 0unga  

Persediaan as >k<ir   

..'. 65KS4B56 "B4.?. .T5'4.6$

.( Perhitungan Biaa Pembelian aterial Parti8le Board :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

B( Perhitungan Biaa Pembelian aterial ur!baut :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

( Perhitungan Biaa Pembelian aterial at :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F F 'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 74: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 74/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

D( Perhitungan Biaa Pembelian aterial Kemasan/BoG :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

..'. 65KS4B56 "B4.?. @5';5.D P.B'4K$

.( Perhitungan Biaa Depresiasi "mesin SP4$ :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.- 0iaya etap F'p.

B( Perhitungan Biaa 6istrik :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F   F 'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 75: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 75/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *&

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

( Perhitungan Biaa Tenaga Kerja Tdk 6angsung "perator esin$ :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

D( Perhitungan Biaa .dministrasi Pabrik :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F

 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

5( Perhitungan Biaa Pemeliharaan dan Perbaikan :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 76: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 76/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *(

( Perhitungan Biaa Bahan Pembantu :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

..'. 65KS4B56 "B4.?. P5'.S4.6$

.( Perhitungan Biaa aji Karaan :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

B( Perhitungan Biaa 6istrik+ Telpon+ dan aGimile :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

( Perhitungan Biaa Perlengkapan Kantor :- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 77: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 77/91

PRAKTIKUM ANGGARAN **

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

D( Perhitungan Biaa 6ain ! 6ain :

- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.- 0iaya pada tingkat produksi : unit F'p.

- Selisih : unit F'p.

- 0iaya 9ariabel per unit F 

F 'p.

- 0iaya total (produksi * unit) F'p.

- 0iaya @ariabel F F'p.

- 0iaya etap F'p.

'5K.P4T76.S4 B4.?. "57.K. 5S4 SP4$

-enis Biaa Biaa Tetap B(@ariabel

. B4.?. .T5'4.6 :  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 78: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 78/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *,

(

  &aterial Parti5le 0oard

&aterial &ur-baut

&aterial =at

&aterial emasan0oTotal Biaa aterial

B(

B4.?. @5';5.D P.B'4K :  

0iaya "epresiasi

0iaya /istrik

0iaya enaga erja dk /angsung (4perator &esin)

0iaya dministrasi Pabrik

0iaya Pemeliharaan dan Perbaikan

0iaya 0ahan Pembantu

Total Biaa Cerhead Pabrik

(

B4.?. P5'.S4.6 :  

0iaya >aji arya6an

0iaya /istrik, elpon, dan Daimile

0iaya Perlengkapan antor

0iaya /ain - /ain

Total Biaa perasional$:$>L !?>+>

P5';4T7. P'D7KS4 S56.. 77' 5K4S

7 r a i a n

P r o d u k s i

;argaper unit ilai jual per tahun7nit per  jam

-am per hari

;ari per tahun

7nit per tahun

5S4 SP4 :  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 79: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 79/91

PRAKTIKUM ANGGARAN *-

ahun ke-1

ahun ke-#

ahun ke-3

ahun ke-%

ahun ke-+

$ota

5S4 '5' :  

ahun ke-1

ahun ke-#

ahun ke-3

ahun ke-%

ahun ke-+

$ota

5S4 S465?:  

ahun ke-1

ahun ke-#

ahun ke-3

ahun ke-%

ahun ke-+

ahun ke-

$ota

Perhitungan Kebutuhan 4nCestasi

7 ' . 4 . '5' S465? SP4

7arga mesin

0iaya pemasangan

4utlays

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 80: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 80/91

PRAKTIKUM ANGGARAN ,

Perkiraan nilai sisa

Nilai "isusutkan

?mur ekonomis (tahun)

"ibiayai sendiri (3+!)

Pinjaman dari bank (+!)

0iaya bunga per tahun (1%! 8lat)

Perhitungan Biaa Tetap jika menggunakan mesin '5' :

- 0iaya "epresiasi mesin >';>4' III..F'p.

- 0iaya "epresiasi mesin SPA4N4& III..F'p.

- Selisih 0iaya >';>4' - SPA4N4& III..F'p.

- otal 0iaya etap mesin SPA4N4& III..F'p.

- otal 0iaya etap mesin >';>4' III..F'p.  

Perhitungan Biaa Tetap jika menggunakan mesin S465? :

- 0iaya "epresiasi mesin S&A/;B III..F'p.

- 0iaya "epresiasi mesin SPA4N4& III..F'p.

- Selisih 0iaya S&A/;B - SPA4N4& III..F'p.

- otal 0iaya etap mesin SPA4N4& III..F'p.

- otal 0iaya etap mesin S&A/;B III..F'p.  

Perhitungan 6aba 'ugienggunakan esin SP4

7 r a i a nTahun ke!

4Tahun ke!44

Tahun ke!444

Tahun ke!4@Tahun ke!

@

Penjualan  

7arga Pokok Produksi  

;0A  

0iaya 0unga  

; 0  Pajak Penghasilan :  

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 81: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 81/91

PRAKTIKUM ANGGARAN ,1

+! (sd + juta)  

1+! (di atas +juta - #+juta)

#+! (diatas #+juta - +juta)  

3! (diatas +juta)  

7arnin' >Ater $a

Perhitungan 6aba 'ugienggunakan esin '5'

7 r a i a n

Tahun ke!

4 Tahun ke!44

Tahun ke!

444 Tahun ke!4@

Tahun ke!

@

Penjualan  

7arga Pokok Produksi  

;0A  

0iaya 0unga  

; 0  

Pajak Penghasilan :  

+! (sd + juta)  

1+! (di atas +juta - #+juta)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 82: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 82/91

PRAKTIKUM ANGGARAN ,2

#+! (diatas #+juta - +juta)  

3! (diatas +juta)  

7arnin' >Ater $a

Perhitungan 6aba 'ugienggunakan esin S465?

7 r a i a n Tahun ke!4 Tahun ke!44 Tahun ke!444 Tahun k

Penjualan

7arga Pokok Produksi

;0A

0iaya 0unga

; 0

Pajak Penghasilan :  

+! (sd + juta)

1+! (di atas + juta $ #+ juta)#+! (diatas #+ juta $ + juta)

3! (diatas + juta)

7arnin' >Ater $a

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 83: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 83/91

Perhitungan Pro8eedenggunakan esin SP4

Tahun 5 . T Depresiasi Pro8eed

ahun ke-A

ahun ke-AA

ahun ke-AAA

ahun ke-A@

ahun ke-@

$ota

Perhitungan Pro8eed

enggunakan esin '5'

Tahun 5 . T Depresiasi Pro8eed

ahun ke-A

ahun ke-AA

ahun ke-AAA

ahun ke-A@

ahun ke-@

$ota

Perhitungan Pro8eedenggunakan esin S465?

Tahun 5 . T Depresiasi Pro8eed

ahun ke-A

ahun ke-AA

ahun ke-AAA

ahun ke-A@

ahun ke-@

ahun ke-@A

$ota

.nalisis Paba8k Period

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 84: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 84/91

7 r a i a n SP4 '5' S465?

=apital 4utlays

Pro5eed tahun ke-A

S i s a

Pro5eed tahun ke-AA

S i s a

Pro5eed tahun ke-AAA

S i s a

Pro5eed tahun ke-A@

S i s a

Pro5eed tahun ke-@

S i s a

Pro5eed tahun ke-@A

S i s a

Pro5eed tahun ke-@AA

S i s a

Pa#/ack Period

- &esin SPA4N4& :

:

- &esin >';>4' :

:

- &esin S&A/;B :

:

esimpuan

1.

#.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 85: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 85/91

3.

%.

..64S4S 5T P'5S5T @.675

Mesin %P?:6:M

7raiand(>(

" #$Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.

ahun ke-@ 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

Mesin =R7=:R

7raian

d(>(

" #$ Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.

ahun ke-@ 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

Mesin %M?L7+

7raiand(>(

" #$Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.ahun ke-A@ 'p. F'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 86: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 86/91

ahun ke-@ 'p. F'p.

ahun ke-@A 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

esimpuan

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

..64S4S 4T5'.6 '.T5 '5T7'

Mesin %P?:6:M men'<asikan 6PB positiA mendekati no 

7raiand(>(

" #$Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.

ahun ke-@ 'p. F'p.otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

Mesin %P?:6:M men'<asikan 6PB ne'atiA mendekati no 

7raian d(>(" #$

Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.

ahun ke-@ 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 87: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 87/91

7raian d(>( Present @alue

 NP@ # 'p.

 NP@ 1 'p.

 %eisi< Rp.

 ?RR   # I 

G 1# J

..64S4S 4T5'.6 '.T5 '5T7'

Mesin =R7=:R men'<asikan 6PB positiA mendekati no 

7raiand(>(

" #$ Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.

ahun ke-@ 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.6et Present Baue Rp.

Mesin =R7=:R men'<asikan 6PB ne'atiA mendekati no 

7raiand(>(

" #$Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.

ahun ke-@ 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

7raian d(>( Present @alue

 NP@ # 'p. NP@ 1 'p.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 88: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 88/91

 %eisi< Rp.

 ?RR   # I 

G 1# J

..64S4S 4T5'.6 '.T5 '5T7'

Mesin %M?L7+ men'<asikan 6PB positiA mendekati no 

7raiand(>(

" #$Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.ahun ke-@ 'p. F'p.

ahun ke-@A 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

Mesin %M?L7+ men'<asikan 6PB ne'atiA mendekati no 

7raian d(>(" #$ Pro8eed P@ o> Pro8eed

ahun ke-A 'p. F'p.

ahun ke-AA 'p. F'p.

ahun ke-AAA 'p. F'p.

ahun ke-A@ 'p. F'p.

ahun ke-@ 'p. F'p.

ahun ke-@A 'p. F'p.

otal P@ o8 Pro5eed F'p.

P@ o8 =apital 4utlays F'p.

6et Present Baue Rp.

7raian d(>( Present @alue

 NP@ # 'p.

 NP@ 1 'p.

 %eisi< Rp.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 89: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 89/91

 ?RR   # I 

G 1# J

esimpuan

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

..64S4S .@5'.5 '.T5 '5T7'

  nalisis ini digunakan untuk membandingkan ; masing- masing mesin

=apital 4utlays-nya :

- '' mesin SPA4N4& F 

1! F

- '' mesin >';>4' F 

1! F

- '' mesin S&A/;B F 

1! F

esimpuan

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 90: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 90/91

D.T.' P7ST.K.

 di Prabhata. #. $aboratorium Peranggaran Perusahaan Buku disi Kedua*

Bogyakarta : Pusat Penerbitan kademi kuntansi BPN.

 gus hyari. #.  Anggaran Perusahaan Pendekatan Kuantitatif Buku- disi 

Pertama* Bogyakarta : Penerbit 0PD;.

 gus hyari. ##.  Anggaran Perusahaan Pendekatan Kuantitatif Buku- disi 

Pertama* Bogyakarta : Penerbit 0PD;.

>una6an disaputra dan &ar6an sri. #. Anggaran Perusahaan Buku disi 

Ketiga* Bogyakarta : Penerbit 0PD;.

&unandar &. #1. Budgeting (Perencanaan Ker+a! Pengkoordinasian Ker+a! dan

Pengawasan Ker+a) disi Pertama. Bogyakarta : Penerbit 0PD;.

Na8arin &. #%. Penganggaran Perusahaan  disi ,e#isi*  2akarta : Penerbit

Salemba ;mpat.

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MADANI BALIKPAPAN

Page 91: Modul Prakt Anggaran-2014

7/17/2019 Modul Prakt Anggaran-2014

http://slidepdf.com/reader/full/modul-prakt-anggaran-2014 91/91