modul pelatihan blog (14 - 16 februari 2014)(1)

20
1 Nama modul : Modul Pembuatan Blogsite pada Blogspot dan Wordpress Penulis : Afijal, S.Kom, M.Kom Tempat : Laboratorium Universitas Almuslim Tanggal : 14 s/d 15 februari 2014 e-mail : [email protected] Blogsite : www.ijalnewbie.wordpress.com Ketentuan Penggunaan Modul : Modul ini dibuat adalah sebagai media untuk menyampaikan pemahaman dalam pembuatan blog/wordpress yang dapat di gunakan sebagai media pembelajaran baik secara online, maupun pemberitahuan informasi. Modul ini dibuat tidak untuk kegiatan komersil dan mencari keuntungan, tetapi untuk kegiatan penyebaran pengetahuan tanpa penulis meminta imbal jasa apapun. Sehingga, secara percuma dan gratis, siapapun di perbolehkan untuk menggunakannya, menggandakannya dan memodifikasi ulang jika terdapat kekurangan tanpa menghapus nama penulis”. Pada modul ini, penulis membagi beberapa jenis blogsite yaitu terdiri dari Blogger/Blogspot dan Wordpress, dimana fungsi dan kegunaannya sama. I. MEMBUAT BLOG DI BLOGGER/BLOGSPOT Blog merupakan sejenis halaman website yang dibuat tidak secara mandiri sebagai halaman website, tetapi menyandarkan dirinya pada alamat website yang sudah ada, yaitu sebagai website induk. Blog dibuat secara langsung oleh pengguna di saat online (menggunakan warnet atau handphone) tanpa mendaftarkan nama alamat blog tersebut ke ISP (Internet Service Provider) sebagai penyedia Registrasi Alamat Website, sehingga pada umumnya tidak ada biaya pembuatan blog atau gratis. Dan oleh karena bersandar pada alamat website induk, maka nama untuk blogpun umumnya bersandar/menyandarkan diri pada website induk. Blog sebenarnya sama dengan alamat website. Bisa memiliki pelayanan atau fasilitas yang hampir sama dengan website induk juga. Di samping itu, blog juga ada yang menggunakan biaya, walaupun tidak semahal website. Berikut ini kita akan berlatih membuat blog di www.Blogger.com . Nama alamat blog yang akan kita miliki adalah www.Nama.Blogspot.com . Seperti kita ketahui, nama yang akan kita buat tidak boleh sama dengan yang sudah ada. Selain itu, kita harus sudah mempunyai alamat email.

Upload: afijal-skommkom

Post on 27-Nov-2015

88 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

1

Nama modul : Modul Pembuatan Blogsite pada Blogspot dan Wordpress

Penulis : Afijal, S.Kom, M.Kom

Tempat : Laboratorium Universitas Almuslim

Tanggal : 14 s/d 15 februari 2014

e-mail : [email protected]

Blogsite : www.ijalnewbie.wordpress.com

Ketentuan Penggunaan Modul :“Modul ini dibuat adalah sebagai media untuk menyampaikan pemahaman dalampembuatan blog/wordpress yang dapat di gunakan sebagai media pembelajaranbaik secara online, maupun pemberitahuan informasi. Modul ini dibuat tidakuntuk kegiatan komersil dan mencari keuntungan, tetapi untuk kegiatanpenyebaran pengetahuan tanpa penulis meminta imbal jasa apapun. Sehingga,secara percuma dan gratis, siapapun di perbolehkan untuk menggunakannya,menggandakannya dan memodifikasi ulang jika terdapat kekurangan tanpamenghapus nama penulis”.

Pada modul ini, penulis membagi beberapa jenis blogsite yaitu terdiri dariBlogger/Blogspot dan Wordpress, dimana fungsi dan kegunaannya sama.

I. MEMBUAT BLOG DI BLOGGER/BLOGSPOT

Blog merupakan sejenis halaman website yang dibuat tidak secara mandirisebagai halaman website, tetapi menyandarkan dirinya pada alamat websiteyang sudah ada, yaitu sebagai website induk. Blog dibuat secara langsung olehpengguna di saat online (menggunakan warnet atau handphone) tanpamendaftarkan nama alamat blog tersebut ke ISP (Internet Service Provider)sebagai penyedia Registrasi Alamat Website, sehingga pada umumnya tidak adabiaya pembuatan blog atau gratis. Dan oleh karena bersandar pada alamatwebsite induk, maka nama untuk blogpun umumnya bersandar/menyandarkan diripada website induk.

Blog sebenarnya sama dengan alamat website. Bisa memiliki pelayananatau fasilitas yang hampir sama dengan website induk juga. Di samping itu, blogjuga ada yang menggunakan biaya, walaupun tidak semahal website.

Berikut ini kita akan berlatih membuat blog di www.Blogger.com.Nama alamat blog yang akan kita miliki adalah www.Nama.Blogspot.com.Seperti kita ketahui, nama yang akan kita buat tidak boleh sama dengan yangsudah ada. Selain itu, kita harus sudah mempunyai alamat email.

Page 2: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

2

Sebelum kita membuat sebuah Blog alahkan baiknya terlebih dahulupenulis mencoba memperkenalkan istilah-istilah nya sebagai berikut :

Domain : nama alamat suatu situs web di internet. Contoh:www.nama.com

Hosting : lokasi penyimpanan data dari domain. Antara domaindan hosting seperti alamat rumah dan rumah penyimpananbarang, dimana Pemilikan bisa hanya memiliki domain,tapi tidak punya hosting, sehingga saat dibuka alamat situstersebut, tampilannya kosong. Bisa juga memiliki hostingtidak punya domain, sehingga data dalam hosting tidakdapat dibuka atau diakses

Website : suatu domain dan hosting aktif.Blog : Suatu domain dan hosting yang menjadi sub-domain

atau menyandarkan, menginduk dan menjadi bagian tidakterpisahkan dari alamat website utama/pokok/induk.Biasanya nama domain bersejajar dengan nama domaininduk. Contoh: www.nama.blogspot.com. Antara websitedengan blog hampir sama fungsinya, tetapi tetap adaperbedaan pokok yang khusus dan tidak dimiliki masing-masing keduanya.

Gadget : peralatan atau alat aplikasi dalam Blogspot yang berfungsiuntuk menampilkan beberapa feature yang pada asalnyabelum terisi oleh sistim Blogspot itu sendiri. Blogspotmenyediakan Gadget yang masih kosong, sedangkan kitayang dituntut untuk rajin memodifikasi isi blog, memberihiasan-hiasan, dan tampilan-tampilan tambahan yangmenarik pengunjung. Gadget juga berfungsi menyediakanfeature tambahan yang tadinya tidak ada dalam Blogspot.Selain itu, gadget masih banyak mempunyai fungsi yangsangat variatif dan interaktif.

Perlu penulis tekankan bahwa : ”Pihak blogspot berkemungkinan mengubahdan memodifikasi tampilan blognya sesuai dengan keinginan si pemilik blog,sehingga ada kemungkinan modul ini terdapat beberapa gambar contoh yangsudah tidak ada dalam blogspot yang update. Kepada pembaca mohon ditelitidan inovatif untuk mengembangkan blognya secara update”.

Page 3: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

3

Berikut langkah-langkah cara pembuatan blogger :

1. Bukalah www.blogger.com. Maka ada muncul tampilan sepertidi bawah ini2. Pada Bahasa, klik panah ke bawah, pilih bahasa Indonesia3. Klik CIPTAKAN BLOG ANDA. Ruang ini untuk membuat Akaun Google

kita

4. Kemudian layar yang akan muncul adalah lembaran formulir pendaftaran.Kita diharuskan mengisi tiap kolom. Sebaiknya kita mengisi dengan datayang valid atau betul.

Ganti Bahasa

Klik CIPTAKANBLOG ANDA

Isi denganalamat email

kita

Isi denganpassword atau

kata sandi

Page 4: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

4

5. Berikutnya kita masuk mengisi nama blog kita. Nama blog dituliskan padakolom Alamat blog. Nama ini yang akan ditampilkan sepertiwww.Nama.Blogspot.com Sedang judul blog diisi saat mendaftar sekarangini atau waktu lain bisa diganti. Judul ini maksudnya adalah judul blog kita,bukan alamat webblog kita.

Ada pun contoh pengisian nama blog seperti gambar di bawah ini :

Isilah nama blog anda.Gunakan nama yang sopan

dan tidak aneh-aneh

Page 5: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

5

6. Layar di bawah ini sebagai indikator blog telah berhasil dibuat. Sekarang kitamemulai membuat dan mengirimkan blog. Blog yang kita kirim boleh berupaartikel/teks, gambar, lagu, dan video.

Proses pembuatan account blogspot telah selesai, sekarang penulis akan mencobamemberikan cara mengelola blog yang telah kita buat. Adapun langkah-langkahdalam mengelola blog sebagai berikut :

Sebelum kita memulai pembuatan dan pengiriman blog, terlebih dahulukita masuk ke dalam ruang www.blogger.com. Di dalamnya kita bisa melakukanapa saja yang kita inginkan. Masuk di sini dinamakan SIGN IN / MASUK. Kitamasuk menggunakan nama alamat email kita dan password yang pernah kita buatsaat mendaftar

Page 6: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

6

Di bawah ini merupakan lembar panel control. Melalui tampilan ini kitabisa merencanakan, apakah kita hendak membuat blog, mengatur profil, ataumengatur gaya tampilan blog kita. Tulisan “KURSUS INTERNET” adalahcontoh judul yang kita buat saat mendaftar. Judul ini nantinya yang akan tampildi bagian atas weblog kita (di bagian Dashboard). Judul bisa bergant-ganti danbisa tidak memiliki korelasi atau hubungan dengan artikel, tetapi sebaiknyadibuat yang sesuai dengan tema-tema artikel yang kita buat. Judul juga bisa diisinama kita sendiri.

Pada layar di atas, klik POSTING untuk membuat blog baru. berikutnyaakan tampilan layar seperti berikut :

Klik POSTINGuntuk membuat

blog baru

Disini untuk memilih gayatampilan atau layout. Template

maksudnya tampilan layout yangsudah disediakan oleh pihak

penyedia Blogger. Kita tinggalmemilih saja. Klik scroll downuntuk menurunkan layar ke

bawah, untuk memilih yang lebihbanyak

Page 7: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

7

Berikutnya kita memulai pembuatan blog. Sebenarnya kita lebih mudah membuatblog jika kita sudah mempunyai dasar ketrampilan MS.Word. Perintah dan cara-caranya sebagian besar serupa dengan MS.Word. Apalagi lebih mudah difahami,sebab yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Gambar berikut ini adalah indikator apabila teks artikel sudah jadi dan telahdipublikasikan.

Sekarang kita coba untuk mengundang atau untuk melihat secara total weblog kitayang sudah kita buat. Pada ADDRESS BAR tulis www.Nawang-wu.Blogspot.comatau Nawang-wu.Blogspot.com

Di sini untukJudul Artikel

Di sini untukmenulis teksartikel

Klik ini jika teksartikel sudah siapuntukdipublikasikan diinternet

Page 8: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

8

Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

Jika ingin keluar, jangan lupa kita keluar dengan cara yang betul, yaitumelalui pintu Sign Out. Berada di sebelah kanan atas. Ini penting supaya blogkita tidak dibajak atau dimasuki oleh orang lain dan mengubah semua yang adadalam blog kita itu. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Demikianlah pembuatan blog secara sederhana dan singkat. Terkaitdengan waktu yang tidak terlalu luang untuk kita, maka pelatihan pembuatan blogsecara formal di LPK Laily ini tidak terlalu rinci dan dalam. Di anjurkan wargabelajar untuk menambah pengetahuan lagi baik melalui buku atau artikel- artikeldi internet. Di waktu lain warga belajar bisa menanyakan kembali hal-hal yangberkaitan blog ini atau bisa mencari referensi yang lebih sempurna di buku-bukuyang sekarang ini sudah banyak berdedar di pasaran.

Klik Sign Outuntuk keluar

Page 9: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

9

II. MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS

Setelah pembahasan mengenai pembuatan Blog dengan menggunakanBlogspot, Pada modul ini, penulis mencoba membuat modul tentang pembuatanblogsite dengan menggunakan Wordpress, dimana nantinya para pembaca bisamembandingkan serta memilih domain yang akan di gunakan dalam pembuatanwebblog.

Mengapa WordPress dan bukannya Blogspot.com? pasti ada benak yang Ada beberapapertimbangan tertentu kenapa memilih WordPress. Berikut adalah asas pertimbangantersebut :1. WordPress boleh digunakan dengan mudah oleh orang awam dan para developer

tanpa perlu pengetahuan pengaturcaraan yang rumit dan sulit.2. WordPress boleh diinstall ke dalam server kita sendiri (offline).3. WordPress juga menyediakan perkhidmatan server percuma (wordpress.com) apabila

kita tidak mempunyai server atau web hosting4. WordPress mempunyai banyak theme / tema yang menawan yang boleh dipakai

untuk mengubah penampilan blog anda5. WordPress mempunyai banyak plug-in percuma yang boleh digunakan untuk

melengkapkan blog seperti blog profesional, statistik, kalendar, hit counter, snap dansebagainya (terdapat lebih 5 juta plug-in percuma yang telah dibangunkan)

6. WordPress memiliki built-in Rich Text Editor sehingga kita mampu membuat sebuahblog semudah seperti menggunakan MS Word

7. WordPress dilengkapi dengan fasiliti Spell-Check untuk membantu kita menulisdalam Bahasa Inggeris

8. WordPress mempunyai fitur anti-spam yang berfungsi untuk mencegah orang lainmenulis komentar yang berbau promosi, pornografi, dan lainnya di ruangan“Comment”.

9. Apabila anda sudah memiliki blog dengan Blogger.com, TypePad, LiveJournal ataulainnya, anda boleh memindahkan isi blog tersebut ke dalam blog WordPress yangbaru dengan selengkapnya beserta sekali dengan komentar

10. WordPress akan mencatat komentar baru yang masuk ke dalam blog anda. Andasebagai ‘admin’ boleh memilih untuk menyiarkan komentar tersebut di online,membuat editing, atau membuangnya

11. WordPress mampu mengaplikasikan RSS Feed (kaedah yang memungkinkan parapembaca blog anda mengakses informasi dengan pantas) dan juga mengetahuibilangan pembaca setia yang telah mengunjungi blog anda.WordPress mengizinkan anda membuat sebuah blog / website seperti anda seorangpakar dalam pengaturcaraan komputer dan anda juga mampu untuk membangunkanblog komuniti

Page 10: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

10

Itulah kelebihan dari pembuatan webblog dengan menggunakan fasilitaswordpress, berikut penulis akan mencoba memaparkan langkah demi langkah caramembuat blog dengan wordpress sebagai berikut :

a. Untuk mendaftar di WordPress.com pergi ke laman WordPress.com dan klik padabutang “Sign Up Now!” yang dilingkari berwarna merah.

b. Isikan borang yang diberi dan klik Next setelah selesai

Page 11: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

11

c. Kemudian, buka emel anda untuk mengaktifkan akaun WordPress.com tersebut

d. WordPress.com akan memaparkan mesej yang menyatakan pendaftaran anda telahberjaya. Ini bermakna anda sudah boleh login ke dalam blog anda

e. Klik view your site untuk lihat paparan blog anda.

Tajuk/judul blogDeskripsi blog

Side bar

Tajuk artikel

KategoriLink komentar

Isi kandungan/artikel

Page 12: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

12

f. Klik Login untuk masuk ke blog anda sebagai admin

g. Setelah login, WordPress.com akan memaparkan Dashboard untuk admin menyusunatur dan menguruskan kandungan dalam blog

h. Untuk memasukkan entri, klik tanda segitiga yang berada di sebelah kanan menuPost untuk menampilkan sub Menu di bawahnya. Kemudian, klik Add New

i. Setelah klik Add New, ruang untuk menulis entri akan terpapar(seperti gambar dibawah ini)

Page 13: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

13

j. Kategori Uncategorized adalah default. Jika ingin menambah, klik tanda + Add NewCategory dan masukkan nama kategori yang sesuai dengan tema entri. Contohnyaadalah Personal, kemudian tekan butang Add

k. Setelah klik tambah, akan muncul kategori baru. Jika ingin menulis lagi entri yangberhubungan tentang peribadi, anda tidak perlu membuat kategori baru lagi. Andahanya perlu menanda saja pada kotak kategori Personal

Page 14: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

14

l. Jika kolum entri telah diisi dan kolum kategori telah ditanda, klikbutang Publish yang berada di bahagian kanan

m. Jika anda telah berjaya publish entri, akan tertera “Post published. View post” di ataskolum entri. Klik View post untuk melihatnya

Page 15: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

15

n. Hasilnya seperti berikut :

Apa bila hasil blog dengan wordpress tampil seperti ini, maka anda telah berhasilmembuat sebuah blog dengan wordpress. Berikut penulis mencoba menjelaskanbagaimana menampilkan read more atau baca selebihnya pada wordpress. Dimanafungsinya untuk mempercantik design post / artikel yang telah dibuat, agar tidak terlalutampak panjang. Lalu upload file, memasukkan link URL.

Page 16: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

16

III. MENAMPILKAN READ MORE ATAU BACA SELEBIHNYA

Jika kandungan entri sangat banyak dan panjang, anda boleh tampilkan hanyasebahagian saja di halaman utama, dengan cara membahagikannya. Hanyasebahagian entri akan tampil di halaman Home, dan jika pembaca ingin membacaentri seterusnya hanya perlu klik di tanda Read More.

IV. UPLOAD FILE

1. Sewaktu menulis entri baru, klik pada butang Add Media

2. Di bahagian From Computer, klik butang Choose File dan pilih fail yang andainginkan. Kemudian klik pada butang Upload

Add Media

Page 17: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

17

3. Jika anda ingin sertakan fail tersebut ke dalam entri berikut, klik pada Insertinto Post.

WordPress.com menyediakan ruang yang besar untuk anda upload fail, sehingga3 GB. Jenis fail yang dibenarkan adalah gambar (jpg, jpeg, png, dan gif) serta dokumen(pdf, doc, ppt, dan odt).

V. MEMASUKKAN LINKMemasukkan link menggunakan dokumen daripada Media Library.

a. Klik butang Add Media

b. Klik tab Media Library

c. Cari dokumen yang mahu kamu gunakan dan klik link Show

d. Taip dalam ruangan Title di mana akan digunakan sebagai link text

Page 18: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

18

e. Klik butang File URL untuk membolehkan link secara terus ke fail

f. Klik butang Insert into Post

g. Download link untuk fail anda akan dimasukkan ke dalam entri atau page

Untuk pengetahuan, apa sahaja bentuk dokumen seperti nota , minitmesyuarat, tutorial dan sebagainya yang mempunyai format seperti jpg, jpeg,png, gif, pdf, doc, ppt, odt, pptx, docx, pps, ppsx, xls, xlsx boleh la di uploaddan disimpan di dalam Media Library. Kemudian menggunakan kaedah ini iaitumemasukkan link untuk menghubungkan pengguna ke fail tersebut. Penggunaboleh ‘ save as ‘ pada page yang mengandungi paparan dokumen tersebut untukmenyimpan ke dalam computer dgn hanya right-click sahaja.

VI. LINK UNTUK DOCUMENT URLUntuk memasukkan link menggunakan URL fail yang telah disimpan di

dalam internet, ikuti langkah berikut :

1. Klik butang Add Media

Page 19: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

19

2. Klik tab From URL

3. Taip URL pada fail dan Title (Tajuk)yang akan digunakan sebagai link text.

4. Klik butang Insert into Post.5. Download link untuk dokumen anda akan dimasukkan ke dalam entri atau

page.

Demikian yang dapat penulis bagikan kepada para pembaca semua, semoga bisabermanfaat bagi diri penulis dan bagi para pembaca semua. Lebih dan kurang penulismemohon maaf.

Page 20: Modul Pelatihan Blog (14 - 16 Februari 2014)(1)

20