milestone - april 2012

73

Upload: milestone-interactive-digital-magazine

Post on 08-Mar-2016

246 views

Category:

Documents


14 download

DESCRIPTION

The First Edition of Milestone will bring you all about fashion issue. Don't miss our interview with Nina Nikicio, the owner of NIKICIO brand. Find out why this young fashion designer decided to be a fashionpreneur. Also, we bring you many information from the latest awards season, and the latest report from the world fashion week.

TRANSCRIPT

Page 1: Milestone - April 2012
Page 2: Milestone - April 2012
Page 3: Milestone - April 2012
Page 4: Milestone - April 2012
Page 5: Milestone - April 2012

M E M A S U K I B U L A N A P R I L 2 0 1 2 adalah waktu yang tepat bagi kami untuk memulai edisi perdana majalah ini. Bila ditilik lebih jauh, April berasal dari kata aperire, yang berarti membuka. Mengapa? Bulan April dianggap sebagai masa “pembukaan” musim semi. Mengutip sebuah kutipan dari Walt Disney, “All our dreams can come true – if we have the courage to pursue them.” Setiap impian akan dapat menjadi sebuah kenyataan, jika kita mampu untuk mengejar mereka. Untuk itulah kami menyajikan sebuah majalah digital bagi para pembaca, dengan harapan dapat meraih keinginan kami untuk meningkatkan jiwa entrepreneur muda di Indonesia. Kami juga akan terus berusaha untuk memberikan sebuah sajian bacaan yang ringan, inspriratif, namun berbobot tentang bisnis dan lifestyle. Edisi perdana ini bertemakan fashion business. Disini kami akan membahas sosok entrepreneur muda yang cukup sukses dalam bidang fashion, Nina Nikicio. Kami juga mengangkat featured article yang berbicara mengenai langkah apa yang diperlukan untuk mendobrak dunia fesyen. Selain itu, di sisi lifestyle, kami menghadirkan berita tentang fashion week terbaru, juga ula-san mengenai awards season akhir bulan Februari kemarin yakni penghargaan Oscar dan Grammy. Juga, jangan lewatkan beberapa informasi menarik tentang scholarship, events hingga kuliner yang kami hadir-kan di edisi ini.

BAVNER DONALDO, Editor-in-chief

Page 6: Milestone - April 2012
Page 7: Milestone - April 2012
Page 8: Milestone - April 2012
Page 9: Milestone - April 2012
Page 10: Milestone - April 2012

“ B O N V O YA G E ! ” yang berarti “selamat jalan” melambangkan brand leather goods satu ini sesuai dengan perjalanan sebuah ide bisnis yang kini menjadi brand yang populer dan terus berkembang di dalam tren pasarnya. Dimulai saat tuntutan kelulusan Business Project di S1 Prasetiya Mulya Business School, Stephen Khrisna Lucas dan keempat part-nernya membentuk grup bisnis yang berstuktur Managing director, Marketing director, Operation, Finance dan R&D. Lucas, begitu ia sering disapa dan dikenal sebagai ‘Leader’ atau Managing Director dari Voyej ini adalah mahasiswa angkatan 2007 atau lebih dike-nal dengan ‘Batch 3’ di S1 Prasetiya Mulya Business School. Passion-nya dalam bidang fesyen, membuahkan sebuah ide untuk menciptakan sebuah produk leather goods yang saat itu baru saja mulai menjadi tren di Indonesia. Alasan lain mengapa Voyej mem-produksi leather goods adalah sudah maraknya jenis produk lain seperti dry jeans dan leather goods menurut Lucas memiliki filosofi di dalamnya. Kemudian melalui proses brainstorming, akhirnya keempat rekan kerjanya setuju untuk membuat barang -barang dari kulit sebagai bisnis yang akan dijalankan dan lahirlah Voyej. Pada awalnya brand ini bernama ‘Voyage’ yang melambangkan sebuah perjalanan sesuai dengan lambang kapal diberbagai produknya. Namun untuk menciptakan brand awareness yang lebih kuat dan menghindari kesalahan penyebutan merk (contoh: Voyage dibaca ‘Voyaj’ bukan ‘Voyej’) maka diputuskan lah ‘Voyej’.

Brand yang mengadakan launching pada bulan Februari tahun 2011 ini berawal dari usa-hanya mencari vendor untuk mengerjakan produknya sampai ke tengah-tengah pulau Jawa. Setelah itu mereka mulai mencari bahan kulit yang akan digunakan, awalnya dari Indonesia. Namun kulit buatan Indonesia tidak memenuhi standar kualitas yang diingin-kan oleh Voyej, karena jenis kulit dan proses pengolahannya yang kurang baik. Kemudian Voyej melakukan pencarian bahan lain untuk memenuhi standar dan mereka menemu-kannya di Amerika. Namun karena adanya kendala dalam memenuhi kuota produksi maka sebuah bahan kulit Indonesia yang nyaris mendekati standar akhirnya digunakan. Tidak mengurangi kualitas dari Voyej, kedua bahan dari Indonesia dan Amerika tersebut diproduksi menjadi 1 jenis barang yaitu 2 koleksi dompet dengan 3 tipe.

Pada awal launching Voyej hadir dengan dua koleksi dompet kulit dengan 3 jenis bahan. Salah satunya yang terkenal adalah Anchor Americana. Dompet yang satu ini berbahan American cowhide yang cukup diminati oleh banyak konsumen. Hasil tanning yang baik dari produk awal membawa nama Voyej ke tingkat lebih tinggi lagi di dalam pasarn-ya. Tidak luput dari promosinya yang kuat melalui media sosial dan berbagai kesem-patan seperti bazaar, memperluas nama produknya ke banyak konsumen. Kemudian dengan kesuksesannya sampai sekarang Voyej memiliki 6 koleksi dari berbagai macam jenis produk , yaitu short wallet, medium wallet, pouch, compact wallet sampai berbagai macam aksesoris lainnya seperti belt dan bracelet. Semua produk Voyej saat ini adalah berbahan kulit dari Amerika yang paling berkualitas dan memenuhi standar. Dalam jang-ka waktu 1 tahun Voyej berhasil meluncurkan koleksi baru hampir setiap 3 bulan. Tun-tutan pasar yang begitu besar membuat Voyej sebegitu singkatnya meluncurkan produk baru.

Voyej awalnya memiliki website untuk mempromosikan produknya. Sekarang Anda bisa menemukan Voyej di Goods Dept dan di Orbis, Panglima Polim. Proses distribusi yang terus berkembang mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk ini. Sehingga dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, Voyej berhasil mencapai bahkan melebihi target yang ditentukan untuk lima tahun kedepan. Tidak hanya itu, jika berjalan sesuai dengan rencana untuk tahun depan Voyej akan membuka store sendiri. Kesuksesan Voyej juga membawanya ke dalam perbincangan di berbagai forum online. Mayoritas

Page 11: Milestone - April 2012

publik menilai Voyej sebagai sebuah brand yang berkualitas, sehingga Voyej banyak mendapatkan respon positif. Voyej yang bulan kemarin baru saja merayakan Anniversary-nya akan mengeluarkan sebuah produk baru yang disebut dengan CXL. Terbukti di forum online tersebut mayoritas usernya up to date dengan setiap koleksi Voyej yang akan diproduksi. Segera setelah Voyej mengumumkan akan mengeluarkan koleksi barunya, banyak user yang penasaran dan ingin segera melihat seperti apa produknya.

Seperti bisnis lainnya Voyej juga pernah mengalami masalah. Masalah yang dialami Voyej adalah jika bahan kulit untuk produksi terlambat, maka proses produksi mengalami keterlambatan pula. Oleh karena itu Lucas sebagai leader dari Voyej menyarankan beberapa hal bagi wirausaha muda lainnya jika ingin memulai bisnis. Pertama yang harus dilakukan adalah all-out kepada bisnis yang akan dijalankan, jangan setengah-setengah. Mengapa harus all-out? Karena jika kita tidak yakin

dengan bisnis yang akan kita jalankan, maka bisnis kita tidak akan mampu untuk bertahan lama di pasar yang sekarang per-saingannya sudah semakin ketat. Kemudian komitmen dalam berbisnis juga menentukan masa depan bisnis kita. Jika hanya untuk ‘iseng’ saja, maka hasil yang diterima juga tidak akan maksimal. Hal yang tidak boleh dilupakan selanjutnya adalah teliti pasar. Adakah orang yang akan membeli produk kita di pasar? Siapa kah mereka? Kedua hal tersebut crucial dalam se-buah bisnis, tidak hanya di bidang fashion saja, namun di semua bisnis. Proses pembuatan produk dan marketing juga tidak boleh asal. Harus dikerjakan dengan baik agar produk memang benar berkualitas dan yang terakhir adalah timing. Tidak se-lamanya sebuah brand akan selalu laku di dalam pasar. Ada saat dimana konsumen tidak ingin mengeluarkan uangnya untuk sebuah barang karena berbagai alasan. Misalnya saat akan ada konser artis dari luar negeri atau bahkan hari-hari menjelang libur panjang.

Voyej sampai saat ini masih berdiri dengan ke lima anggotanya dari sejak awal. Semua kerja dan usaha yang maksimal dari setiap anggota membuat Voyej tetap berkembang tanpa harus menambah anggota. Namun semakin berkembangnya bisnis tersebut, Voyej akan menambah anggota sesuai dengan rencana di lima tahun kedepan untuk memiliki rumah produksinya sendiri. Sampai saat itu Voyej akan terus mengeluarkan koleksi demi koleksi barunya. Jika setiap tiga bulan Voyej akan mengeluarkan koleksi baru, maka berapakah koleksi yang akan Voyej miliki lima tahun ke depan? Semakin beragam bukan? Bon voyage…

Page 12: Milestone - April 2012
Page 13: Milestone - April 2012
Page 14: Milestone - April 2012

MEREKRUT PEGAWAI BARU bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak aspek yang harus diperhatikan sebelum Anda merekrut seseorang karena akan mempengaruhi perkembangan perusahaan Anda. Sebuah survey dari ma-jalah bisnis terkemuka di luar negeri menyatakan bahwa hampir 5000 CEO di perusahaan besar masih kesulitan dalam menentukan pegawai yang akan direkrut. Mereka lebih fokus dengan masalah perekonomian dan peraturan pemerintah yang menjadi pokok bahasan paling penting dalam jangka wak-tu tiga bulan. Hal apa sajakah yang merupakan kesalahan dalam merekrut pegawai dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa con-toh yang menjadi kesalahan dalam perekrutan pegawai.

1. Merekrut orang berdasarkan kemiripan sifat dengan Anda!Identitas Anda merupakan gambaran bisnis Anda, maka tidak sedikit perusa-haan yang mengikuti identitas founder-nya. Namun jika founder dari perusa-haan itu memenuhi perusahaannya dengan orang-orang yang berkepribadi-an mirip dengannya, tentu akan membawa sebuah masalah. Hal ini pernah terjadi dalam sebuah perusahaan besar yang pada awalnya sang CEO bekerja sendiri. Namun kemudian, ia berhasil merekrut beberapa pegawai. Karena ia bersifat independent dan selalu menjadi contoh, maka karyawan yang ia rekrut bersifat mirip seperti dia. Namun selama perusahaan berkembang, kolaborasi dirasa penting dalam berjalannya perusahaan. Masalah dimulai dari beberapa karyawan yang menginginkan idenya diterapkan.Sebelum masalah berkembang menjadi sebuah konflik, sang CEO merekrut seorang konsultan untuk membenahi masalah tersebut. Konsultan men-gadakan tes kepribadian kepada seluruh bagian perusahaan termasuk sang CEO. Hasilnya sudah jelas, permasalahan ini disebabkan karena bentuk ke-pribadian karyawan yang mirip dengan sang CEO, yaitu bersifat independ-ent dan ingin selalu menjadi contoh. Kepribadian tersebut menyebabkan banyak dari pegawai yang tidak mau mendengarkan ide atau pendapat dari pegawai lainnya. Bahkan setiap pegawai menginginkan idenya diterapkan dan menganggap idenyalah yang terbaik. Lalu demi kebaikan perusahaan, sang CEO harus merelakan beberapa pegawai yang dianggap tidak bekerja secara professional untuk keluar dari perusahaan.Contoh tersebut merupakan kesalahan dalam perekrutan yang bahkan bisa terjadi dalam sebuah perusahaan besar. Kesamaan visi dan misi memang

Page 15: Milestone - April 2012

diperlukan agar tujuan dari berdirinya perusahaan itu tercapai, namun kes-eimbangan antar personal merupakan hal yang lebih penting dalam kelang-sungan perusahaan tersebut. Tanpa cara perekrutan yang benar, kesalahan semacam ini akan terjadi dan orang-orang cenderung menilai dirinya adalah seseorang yang kuat dan menyembunyikan kelemahannya.

2. Terlalu bersikap perfeksionis yang mengakibatkan Anda tidak akan menemu-kan calon pegawai yang berpotensi.Banyak pengusaha menilai bahwa mereka lebih mementingkan nilai yang tidak terlihat seperti sikap dan perilaku seseorang di atas bentuk pekerjaan. Namun dalam kenyataannya, banyak yang ragu untuk merekrut pegawai yang belum memiliki pengalaman kerja. Sebuah hal terpenting di lain sisi adalah untuk mencari seseorang yang mampu diberikan tanggung jawab besar di dalam perusahaan.Sebuah perusahaan menginginkan pegawai yang terbaik untuk bekerja di perusahaannya. Namun, bisnis terkadang memiliki ekspektasi yang berlebi-han, sehingga banyak dari pengusaha mengabaikan hal kecil yang sebenarnya baik dan dapat dikembangan dari sebuah personalitas. Dalam kenyataannya, pegawai yang terbaik adalah pegawai yang mampu melihat dan mengerti visi dan misi seorang founder dan memiliki integritas dalam mengerjakan suatu hal meski ia harus mengorbankan sesuatu. Mereka bukanah orang-orang yang memiliki pengalaman bekerja, namun mereka adalah orang yang mam-pu berkomitmen dengan Anda sebagai pemilik perusahaan dan mampu men-unjukan sikap yang bertanggung jawab.Hal ini dinilai bijaksana, karena sering kali bibit pegawai yang dinilai luar biasa hanya sebuah ‘first impression’ tentang siapa dia sebenarnya. Karena hasil penelitian Harvard Business School membuktikan, seorang pegawai yang ber-hasil akan sangat berhutang budi terhadap perusahaannya atas proses dan budaya selama dia bekerja. Kemudian saat pegawai itu bekerja di perusahaan lain yang mengalami kurangnya infrastruktur, banyak yang mengalami kegaga-lan untuk mencapai performa kerja seperti sebelumnya.

3. Anda menilai orang hanya dari ‘love at the first sight’!Setiap pelamar kerja memiliki pengalaman dalam bagaimana berurusan den-gan masalah perekrutan. Pandangan pertama merupakan hal yang dianggap paling penting oleh mereka dan itu terkadang menjadi kesalahan dari sebuah perusahaan yang hanya melihat kualitas seseorang dalam sekali interview saja. Cara ini sebenarnya merupakan kesalahan fatal dalam merekrut seseorang, karena hanya sedikit info yang dapat diperoleh melalui satu sesi wawancara dengan pelamar kerja yang nantinya dapat menyebabkan pemecatan pegawai

Page 16: Milestone - April 2012

dalam jangka waktu pendek dikarenakan kinerjanya yang kurang menurut perusahaan. Namun jika Anda terlalu lama dalam proses perekrutan pegawai baru, dapat menyebabkan terhambatnya produktifitas perusahaan Anda, terutama saat menambahkan proses merekrut yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.Sebuah perusahaan besar yang melakukan perekrutan prosesnya dapat ber-belit-belit dan memakan waktu lama hingga dua sampai lima bulan, teru-tama saat melakukan interview dengan pelamar kerja. Bagian HRD (Human Resources Department) perusahaan yang menangani proses perekrutan sering kali menemui kesulitan saat mereka merasa yakin bahwa orang yang mereka wawancarai sangat memenuhi kriteria dan sangat layak untuk di-terima bekerja di perusahaannya. Namun beberapa saat kemudian, orang tersebut menunjukan hal yang membuat pewawancara merasa bahwa ia tidak layak untuk diterima.Banyak alasan bagi seorang pengusaha memiliki kesulitan dalam proses perekrutan. Untuk pemula, seperti merekrut pegawai dalam sebuah peru-sahaan kecil. Mengapa? Karena seseorang yang tergabung dalam sebuah perusahaan kecil, mampu merubah perusahaan tersebut. Oleh karena itu diperlukan seorang CEO yang mampu menilai dan memiliki teknik yang baik dalam menentukan siapa yang berhak untuk bekerja di perusahaan. Bagaimana pun memang Anda tidak bisa mengetahui sedalam-dalamnya seseorang kecuali orang itu sendiri. Sehingga berapa kali pun Anda melaku-kan wawancara, tidak menjamin kepastian dari kualitas seseorang. Namun, Anda dapat menghindari hal-hal yang telah menjadi common mistake oleh sebuah perusahaan dalam merekrut pegawai baru.

4. Menjadikan perekrutan sebagai hal yang menyulitkan anda.Bagi beberapa perusahaan, merekrut pegawai terkadang menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak. Didasari perkembangan perusahaan yang ce-pat, namun terbatasnya dana dan waktu menyebabkan hanya pegawai yang diperlukan yang direkrut. Dampaknya, perusahaan tersebut akan kebingun-gan dalam menempatkan pegawai baru pada posisi yang sesuai.Sering terjadi kasus di sebuah perusahaan yang awalnya stabil, kemudian saat perusahaan itu berkembang diperlukan tambahan pegawai untuk me-nangani pekerjaan yang ikut bertambah pula. Kasus seperti ini berdampak pada pegawai yang sudah bekerja harus menanggung pekerjaan lebih jika perusahaan belum berhasil merekrut pegawai baru yang sesuai dengan pekerjaannya. Lebih jauh lagi, dampaknya adalah pegawai yang melakukan ‘multi-tasking’ tersebut merasa pekerjaannya lebih berat dari sebelumnya dan berkemungkinan untuk mengundurkan diri. Lalu saat seorang pegawai

Page 17: Milestone - April 2012

ini mengundurkan diri dari posisinya, maka perusahaan akan mengalami ke-sulitan dalam menjalankan proses usahanya. Sehingga perusahaan harus memberikan insentif lebih kepada pegawai tersebut agar ia tidak mengun-durkan diri.Banyak perusahaan tidak mengantisipasi hal-hal seperti ini yang dapat terja-di di masa depan. Merekrut adalah seperti menjual, ini melibatkan pengem-bangan terhadap jalur koneksi calon pegawai dan membentuk hubungan di antaranya. Pada akhirnya perusahaan harus mengadakan proses perekru-tan secara berkala untuk menghindari hal seperti di atas. Kemudian hal baik yang dapat dilakukan adalah melihat kesempatan-kesempatan untuk memi-liki pegawai yang berkualitas sejak awal.Dari semua kesalahan dalam proses perekrutan, dapat diambil kesimpulan bahwa merekrut pegawai bukanlah merupakan hal yang mudah. Tidak han-ya satu hal yang diperhatian seperti misalnya bagaimana penampilan awal seorang pelamar kerja, tapi juga kemungkinan yang dapat terjadi di masa depan. Untuk menghindari masalah tentang personality dalam sebuah pe-rusahaan Anda dapat mengalokasikan strategi bagi perusahaan Anda men-genai budaya dan tujuan jangka panjang. Kemudian Anda dapat menghidari kesalahan tentang kesulitan Anda menemukan calon pegawai yang berkuali-tas dengan cara menentukan kriteria yang tepat dan skill apa yang harus di-miliki pelamar kerja agar dapat bekerja di perusahaan Anda, sehingga Anda dapat melihat calon pegawai yang berkualitas dengan lebih jelas. Lalu, un-tuk menghindari proses perekrutan yang hanya dilakukan sekali, tetapkan tujuan anda dalam melakukan proses interview dan pastikan saat bertemu di sesi wawancara yang berikutnya, tidak membahas hal yang sama dengan yang sebelumnya. Berikan pula batasan jumlah orang yang mewawancarai, sehingga dapat mengenal lebih baik lagi secara bertahap. Kemudian yang terakhir untuk menghindari perekrutan secara mendadak dan membingung-kan, buatlah proses perekrutan secara berkala meskipun Anda tidak meng-gunakannya saat itu juga. Hal ini seperti memberikan pemain cadangan bagi perusahaan Anda jika suatu saat Anda memerlukan tambahan tenaga kerja, dan proses ini dapat membangun hubungan Anda dengan penyedia tenaga kerja.

Page 18: Milestone - April 2012
Page 19: Milestone - April 2012

M A R A K N Y A O N L I N E S H O P dewasa kini makin merambat ke berbagai kalangan, baik orang dewasa maupun remaja. Barang-barang yang dijual pun be-ragam, mulai dari tas, pernak pernik, pakaian hingga barang-barang koleksi. Online shop di bidang fash-ion yang paling banyak ditemui, karena memang paling banyak peminatnya juga cara pendistribusian yang tidak terlalu rumit.

Banyak yang mengira untuk memulai usaha fashion business membutuhkan pengalaman yang dalam agar dapat bertahan di pasar. Namun kenyataannya

beberapa brand lokal dari online shop yang sudah settle di pasar, bermula hanya dari ‘iseng’ saja. Me-mang rata-rata pemilik online shop untuk bidang fashion kebanyakan cewek yang bersifat lebih tekun dan rajin dalam mengelola bisnisnya. Tapi jangan ragu jika Anda memiliki minat dan modal untuk me-mulai bisnis fashion secara online maupun retailer.

Untuk memulai bisnis, Anda tidak dituntut untuk memiliki ilmu berbisnis yang tinggi. Anda akan be-lajar dari pengalaman dan lingkungan sekitar Anda yang mungkin berkaitan dengan bisnis Anda. Na-mun sebagai pemula, perlu juga untuk mempelajari

bagaimana cara dapat sukses dalam bisnis Anda dengan cara melakukan research tentang kead-aan pasar, menggali informasi lebih dalam tentang fashion business dan mencari relasi sehingga Anda mengetahui apa yang harus Anda persiapkan, den-gan begitu maka Anda dapat beradaptasi dengan baik dalam kondisi pasar. Berikut adalah step-step untuk membuat online fashion business.

1. Barang apa dan kepada siapakah yang akan Anda jual?Hal yang pertama kali Anda harus persiapkan un-tuk memulai fashion business Anda adalah meng-etahui target pasar dan barang apa yang akan Anda jual. Fashion business bersifat luas, tidak hanya ter-paku pada pakaian. Namun pada artikel ini, produk kaos yang akan dibahas mengenai cara menemu-kan bahan hingga penjualannya.

Tentukan target pasar Anda terlebih dahulu agar ba-rang Anda sesuai dengan permintaan pasar. Kemu-dian buatlah design dan brand Anda sendiri. Perlu Anda ketahui, saat ini sudah banyak sekali brand untuk pakaian. Usahakan Anda membuat nama brand yang memiliki ‘power’ saat orang mengeta-huinya. Kemudian buatlah design sesuai dengan target pasar Anda. Jangan biarkan orang – orang melihat design kaos Anda bersifat ‘alay’, sesuaikan dengan tren namun jgn terlalu mainstream karena jika Anda hanya mengikuti trend pasar pada um-umnya, maka brand Anda tidak akan dilihat se-bagai brand yang unik. Buatlah beberapa design, kemudian pilih yang menurut Anda paling baik. Anda dapat pula melakukan survey tentang design manakah yang lebih disukai oleh pasar, dengan cara menanyakan kepada teman dekat Anda yang se-level dengan target pasar Anda. Setelah Anda mengetahuinya, maka Anda siap untuk memulai bisnis.

2. Ketahui proses produksinya!Setelah mendapatkan konsep untuk brand, Anda harus mencari tahu bagaimana proses pengerjaan-nya. Hal yang pertama kali Anda harus ketahui ada-

Page 20: Milestone - April 2012

lah dimana tempat mengambil bahan pakaian untuk diproses menjadi kaos. Banyak toko yang menjual bahan pakaian dengan berbagai jenisnya. Bahan pa-kaian tersebut dapat dibeli di tempat yang biasanya menjual barang secara grosir, contoh pasar Mayes-tik, Pasar Senin, Pasar Blok A Kebayoran Lama, Pasar Ciputat, Pasar Bendungan Hilir dan banyak pasar lain yang sejenis di luar Jakarta. Namun jika Anda in-gin mendapatkan bahan dengan harga lebih murah, Anda dapat membeli di pasar Tanah Abang. Di sini Anda dapat menemukan berbagai macam jenis kain untuk bahan kaos secara lebih murah dan lengkap.

Kemudian setelah Anda mengetahui dimana akan membeli bahan, Anda harus mengetahui dimana tempat untuk memroses bahan tersebut menjadi kaos. Jika Anda mengetahui tempat menjahit yang dapat menerima pesanan dalam partai besar, maka Anda dapat menggunakan jasanya untuk membuat kaos sesuai dengan design Anda. Tapi rata- rata di tempat jahit biasa akan memakan biaya lebih besar daripada di tempat konveksi. Jadi untuk memperke-cil biaya, Anda dapat menggunakan jasa konveksi untuk membuat bahan Anda menjadi kaos. Karena di tempat konveksi memang ditujukan untuk pem-buatan pakaian atau tas dan semacamnya dalam partai besar. Tempat konveksi banyak akan Anda te-mui di berbagai daerah, khususnya Bandung.

Setelah Anda mengetahui cara membuat produk Anda, maka sekarang saatnya untuk mencari tahu bagaimana produk sampai ke tangan konsumen. Untuk mengirim produk, Anda dapat mengguna-kan jasa Tiki, JNE, atau jika lokasinya dekat dengan Anda, dapat dengan cara CoD (cash on delivery).

3. Siapkan modal Anda!Banyak cara untuk mendapatkan modal, mulai dari uang tabungan Anda sampai melakukan pinjaman ke bank. Namun ada sebuah cara mengumpulkan modal sekaligus menambahkan pengetahuan Anda tentang dunia fashion business, yaitu dengan cara menjadi reseller. Apakah itu reseller? Reseller ada-lah orang yang ‘membantu’ menjualkan barang dengan mendapatkan komisi dari setiap barang yang dijual. Beberapa brand fashion business on-line yang sekarang sudah settle, awalnya hanya se-buah reseller dari barang yang sudah jadi. Melalui cara ini, Anda dapat mempelajari bagaimana pros-es penjualan dari bisnis fashion.

4. Promosi melalui teman terdekat -umumSetelah Anda berhasil membuat produk dari brand Anda, maka saatnya untuk mempromosikannya.

Page 21: Milestone - April 2012

Anda dapat memulainya dengan menawarkan ke te-man-teman terdekat Anda. Ini sekaligus membantu Anda mempromosikannya melalui word of mouth. Kemudian Anda juga dapat membentuk sebuah ko-munitas berjualan seperti group di berbagai media sosial atau yang sekarang sedang trend adalah grup jual-beli di BBM. Anda juga dapat membuat akun facebook seperti kebanyakan online shop saat ini. Stuff Kemudian Anda akan melihat respon pasar terhadap produk Anda. Saat Anda sudah mampu untuk menetapkan posisi Anda sebagai brand on-line fashion business, Anda dapat membuat web-site resmi dan mengiklankan produk Anda.

Semakin besar nama brand Anda, maka akan ada beberapa orang yang menawarkan diri untuk men-jadi reseller. Anda dapat menentukan ‘iya’ dan ‘tidak’-nya berdasarkan pertimbangan Anda. Na-mun dari proses reseller, Anda akan lebih mudah menjual produk Anda dalam jumlah yang lebih banyak.

5. Inovasikan produk Anda!Beberapa online shop akhirnya tutup karena produknya yang tidak ‘up to date’ terhadap trend pasar, sehingga menyebabkan brand mereka tert-inggal dari brand lain. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada brand Anda, maka selalu inovasikan produk Anda secara berkala. Hal ini dapat dalam bentuk membuat design kaos baru sesuai dengan perkembangan trend. Kemudian Anda juga dapat memperluas pasar Anda dengan menambahkan jenis produk seperti tas, pernak pernik dan lainnya.

Dalam menginovasikan produk Anda, tidak harus merubah secara keseluruhan dari design yang se-belumnya. Anda dapat merubah warna, bahan pa-kaian, menambahkan garis atau motif sehingga ter-lihat berbeda dengan yang sebelumnya.

6. Rekrut anggotaSemakin lama dan semakin sukses Anda, maka semakin besar bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan orang yang membantu Anda dalam proses penjualan. Dalam merekrut anggota bisnis, pastikan Anda memilih orang yang Anda percaya untuk menangani pekerjaannya. Karena jika terjadi kesalahan yang disebabkan oleh kela-laian anggota, maka dapat merusak brand image di mata konsumen. Terutama dalam proses peny-

ampaian produk ke tangan konsumen. Kemudian pastikan Anda mengontrol setiap proses produksi sampai penjualan produk Anda.

Memang jika Anda mampu untuk mengerjakan se-mua proses bisnis Anda yang semakin besar secara independen, Anda tidak harus merekrut anggota. Anda dapat mengontrol dan menghitung setiap hal yang terjadi lebih akurat karena Anda sendiri yang mengerjakan. Semua pada akhirnya adalah keputusan Anda untuk kebaikan usaha Anda.

Page 22: Milestone - April 2012
Page 23: Milestone - April 2012

MULT I L EVEL MARKET ING (MLM) atau yang kita kenal dengan pemasaran tingkat berjenjang telah menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Bisnis MLM tidak memerlukan bakat atau keahlian khusus untuk berkecimpung didalamnya. Selain mendapatkan diskon langsung dari penjualan, Anda juga akan mendapatkan bonus-bonus tambahan di akhir bulan. Memang tawaran yang sangat meng-giurkan bagi yang berhasil menjalankannya. Tetapi faktanya hanya sekitar 3-5% saja yang berhasil menjadi member yang sukses. Lain halnya bila Anda menggeluti MLM di bidang Fashion. Di tengah-tengah MLM lain yang cenderung bersifat musiman, fe-syen sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Hampir setiap bulan para ibu-ibu menyisihkan pendapatannya untuk berbelanja kebutuhan fesyen, terutama pakaian dan tas. Fesyen sangat sensitif terhadap tren dan gaya hidup masyarakat yang berkolaborasi terhadap kebutuhan, keinginan, dan selera konsumen. Meskipun demikian tidak ada jaminan kesuksesan instan, tetap dibutuhkan kreatifitas untuk menelusup kedalam bisnis fesyen yang telah diminati oleh banyak orang. Berbisnis dengan menggunakan Katalog Cara berjualan dengan menggunakan katalog sudah menjadi terobosan alat pemasaran yang efektif. Media display ini memuat gambar, foto-foto, serta informasi singkat mengenai produk yang disusun menjadi sebuah buku yang kita sebut sebagai katalog. Cara berjualan seperti ini sudah banyak digunakan sehari-hari terutama dalam multi level marketing (MLM) Fashion. Katalog sangat membantu dalam menjelaskan produk yang anda jual kepada pembeli. Terkadang orang lebih suka berbelanja melalui katalog dibandingkan datang sendiri ke toko yang menjual produk fashion, karena katalog menawarkan lebih banyak pilihan, praktis, dan menghemat waktu serta tenaga.

Kelebihan Berjualan dengan KatalogProduk aksesoris yang ditampilkan dalam katalog pun disajikan dalam tampilan yang menawan sehingga lebih menarik minat kon-sumen untuk membeli. Beberapa kasus yang terjadi, konsumen ragu-ragu membeli produk fashion karena kawatir modelnya tidak sesuai dengan trend. Dengan adanya katalog, kita bisa menawarkan pilihan produk-produk yang sering dibeli konsumen lain sehingga mereka merasa yakin sewaktu membelinya. Variasi yang ditawarkan dalam katalog pun sangat beragam sehingga memberikan lebih banyak peluang bagi konsumen untuk men-emukan produk sesuai seleranya. Kita tinggal membeli atau membuat lebih banyak katalog. Harganya tidak lebih dari ratusan ribu

Page 24: Milestone - April 2012

rupiah, sangat efisien bila dibandingkan modal yang akan kita keluarkan untuk berjualan di kios-kios atau tempat berjualan lainnya.Selain itu jangkauan pasar bisa lebih luas. Untuk menambah calon pembeli hanya tinggal menyebarkan katalog yang ringan. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan. Modal yang kita keluarkan pun akan lebih sedikit karena tidak perlu menyewa tempat berjualan yang saat ini harganya sudah selangit, padahal tidak ada jaminan bahwa usaha yang anda jalankan akan berkembang. Dengan adanya katalog, kita tidak perlu lagi menyediakan stok yang banyak sebagai display. Cukup satu atau dua produk saja yang dapat mewakili semuanya.

Kekurangan memakai katalog Tidak jarang calon pembeli yang takut mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi yang mereka lihat di gambar. Mereka akan banyak bertanya selengkap-lengkapnya mengenai bahan, ukuran, warna, serta kualitasnya. Oleh karena itu sebaiknya anda membeli satu atau dua buah produk yang mewakili semua produk yang ada pada katalog itu. Mintalah data selengkap-lengkapnya tentang barang yang dijual seperti bahan dan ukurannya. Jangan pernah menawarkan produk yang anda sendiri tidak percayai kuali-tasnya. Seiring berjalannya waktu semakin banyak yang memesan, dengan sendirinya akan meningkatkan pengalaman anda dalam memperkirakan kualitas produk yang di display.

Jalin Relasi yang baik dengan Stockist dan UplineStockist dan Upline itu ibarat partner kita. Bila hubungan terganggu akan sulit meningkatkan performa penjualan. Oleh karena itu jangan cepat tersinggung bila ada sedikit kesalahan. Namanya juga manusia tidak ada yang sempurna. Teruslah menjalin hubungan yang baik. Tidak hanya dalam bisnis, selagi senggang tanyakanlah kabar mereka selayaknya teman, agar dapat saling mengajarkan dan saling berbagi pengalaman.

Perluas Jaringan Pemasaran Dalam berjualan pasti Anda ingin omzet bertambah terus agar mendapatkan diskon dan bonus yang besar serta naik tingkat dalam bisnis MLM Fashion.Tetapi tidak ada jaminan pembeli yang sudah membeli di bulan ini akan membeli lagi di bulan berikutnya, sehingga Anda perlu terus mencari calon pembeli yang baru. Perluasan cakupan pemasaran harus dilakukan. Salah satu caranya dengan menyediakan sub-agent yang ditempatkan pada daerah baru. Misalnya Anda bisa bekerja sama dengan teman kuliah yang bekerja di perusahaan lain untuk menjadi sub-agent. Imbalannya mungkin anda bisa memberikan komisi dari setiap barang yang dipesan. Dengan adanya sub-agent, orderan akan datang dengan sendirinya dan omzet penjualan bisa mencapai berkali-kali lipat.

Page 25: Milestone - April 2012

Lakukan Terobosan BaruBagi Anda yang baru penetrasi kedalam bisnis ini, Anda perlu mencari suatu terobosan yang bisa membedakan anda dari pen-jual MLM lainnya. Dari segi daya beli konsumen, mungkin terobosan itu bisa berupa pemberian kebijakan mencicil atau kredit yang bertanggung jawab. Saat ini mayoritas konsumen mempunyai trend mencicil ketika membeli barang, meskipun harganya hanya puluhan ribu. Anda bisa memanfaatkan karakteristik tersebut untuk lebih menarik minat pembeli. Tetapi anda harus mengimbanginya dengan menyediakan cadangan kas yang lebih agar bisa tetap membayar orderan selagi cicilan masih belum jatuh tempo. Pada suatu saat usaha yang anda jalankan akan mencapai titik jenuh. Konsumen yang sama tidak mungkin membeli produk yang kita tawarkan berkali-kali. Oleh karena itu bagaimana bila Anda membuat katalog anda sendiri? Di luar sana masih banyak model baju yang belum dibuat foto atau gambarnya. Selain itu akan lebih mudah bagi kita untuk memenuhi orderan karena kita berhubungan langsung dengan supplier, tidak perlu perantara stockist. Lihat Trend dan Selera Pasar Sediakan sedikit waktu untuk melihat apa yang sedang booming dipasaran dan gunakan itu sebagai media komunikasi dengan pembeli agar produk lebih bisa diterima di pasar. Misalnya untuk target market anak muda, kita dapat menggunakan artis-artis girlband atau boyband yang sedang booming saat ini sebagai model produk kita. Harga barang yang murah tidak men- jadi jaminan barang pasti dibeli. Selera fashion setiap orang bisa berbeda-beda. Jangan men- judge konsumen secara sepintas dari luarnya saja. Anda tidak akan menyangka bila kon- sumen sudah tertarik pada suatu barang, mereka bisa membelinya meski menurut anda harg- anya mahal. Oleh karena itu ada baiknya Anda seling dengan menawarkan produk yang mempunyai harga dan kualitas yang tinggi.

Kalau tidak memulai sekarang, kapan lagi? Kata pepatah, kalau ingin sukses jan- gan takut memulai usaha. Buang rasa nggak enakan atau sungkan menawarkan barang. Jangan takut untuk memulai dan terus mencoba apabila belum mendapatkan orderan. Usaha ini tak lekang oleh waktu. Segera berikan katalog kepada setiap orang yang anda temui. Jangan ragu bertanya tentang peluang usaha di setiap MLM yang Anda dengar.

Lapang Dada aja, deh...Terkadang kita sudah capek-capek menjelaskan detail barang, dari A sampe Z sedetail-detailnya, sampai mulut kita kaku kepada calon pembeli, tetapi pada akhirnya orang yang kita tawarkan tidak jadi membeli apa-apa. Tidak masalah. Siapa yang tahu kalau besok-besok dia akan mem-beli? Mungkin saja dia bisa menjadi media transfer informasi? Tidak ada yang sia-sia dalam setiap usaha yang kita lakukan. Jangan menyerah dan teruslah berfikir positif.

Masalah yang sering terjadi Masalah umum yang sering terjadi adalah delay order. Rata-rata waktu barang datang setelah pemesanan yang bisa ditolerir sekitar 3-10 hari kerja. Pastikan Anda segera memesankan pesanan ke supplier atau stockist, serta selalu tanyakan kapan barang kita akan dikirim. Setelah itu segera informasikan kepada pembeli, sebab tidak jarang pembeli yang ragu-ragu mengorder karena waktu tunggu yang lama. Anda akan menemui beberapa kasus konsumen yang suka mengembalikan atau menukar barang akibat produk yang tidak sesuai dengan apa yang mereka bayangkan, atau mungkin barang yang dikirim salah. Agak mengesalkan memang, karena akan menambah biaya untuk ongkos kirim kita ke supplier. Selain itu biasanya waktu tunggu penukaran barang bisa lebih lama. Oleh karena itu begitu pembeli memberitahu barang yang dikirim salah, segera beritahu kepada suppliernya agar bisa ditangani lebih cepat. Bila Anda menggeluti MLM Fashion, Anda akan banyak menemui masalah pada stok barang. Berbeda dengan produk non MLM seperti distro yang memproduksi sendiri secara langsung produk yang dijual, stockist juga mempunyai banyak penjual yang masing-masing ingin segera terse-dia pesanannya. Apalagi stockist hanya mengambil barang dari supplier, belum tentu barang yang pembeli pesan disediakan oleh stockist. Oleh karena itu jalin komunikasi yang baik. Bila ada pesanan segera beritahukan agar order dapat diurus secepatnya. Selain itu mungkin Anda bisa menawarkan produk yang punya banyak persediaan stok kepada pembeli. Bila barang yang dipesan habis, segera kabarkan kepada konsumen dan tanyakan kepada stockist kapan barangnya datang. Jangan biarkan konsumen menunggu dalam keadaan yang tidak pasti. Memang ada beberapa kesulitan dalam mengikuti program MLM Fashion. Tetapi bila Anda tahu cara-cara mensiasati setiap masalah serta menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, akan menguntungkan bagi Anda yang menjalankan program ini.

Page 26: Milestone - April 2012
Page 27: Milestone - April 2012
Page 28: Milestone - April 2012

CopycattingCopycatting merupakan proses untuk memperhatikan apa yang terjadi di sekitar. Pros-es ini dimaksudkan agar dapat melihat produk yang berbeda dengan industri yang di-miliki oleh negara sendiri. Melakukan proses copycatting bukan berarti menciptakan replika, namun meniru dan memodifikasi atau dikenal dengan istilah ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

PiggybackingPiggybacking merupakan proses pengamatan tren, teknologi dan inovasi lain yang se-dang terjadi saat ini melalui negara yang sudah maju dengan menciptakan apa yang mereka ciptakan dengan biaya yang lebih rendah (lower cost) sehingga lebih efisien.

Frog LeapingFrog leaping adalah proses terakhir yang berkaitan dengan dua proses sebelumnya. Saat produk negara sendiri telah terbentuk melalui ide copycat dan mampu melihat tren saat ini dengan piggyback, maka yang diperlukan hanya bagaimana memasarkan produk kepada customer agar dapat diterima sebagai produk hasil inovasi.

Page 29: Milestone - April 2012

Proses-proses tersebut benar-benar terjadi di dunia, contohnya beberapa Negara berkembang seperti India, Cina dan Amerika Latin. Proses ini juga melibatkan negara maju seperti Amerika, Inggris dan Jepang. Contoh negara yang melakukan cara copy-catting adalah Cina. Pada dekade awal, Amerika Serikat mendapatkan kunci rahasia tentang revolusi industri Inggris, Skotlandia dan Perancis lalu meluncurkan industri ekonominya sendiri. Kemudian dua abad setelahnya, Jepang dan Korea mengadopsi proses manufaktur Amerika yaitu dengan cara menaikan kualitas dan menurunkan bi-aya proses manufaktur demi berkembangnya inovasi – inovasi di negaranya. Saat ini Cina berhasil melakukannya dengan sukses dan mendapatkan proses yang menaikkan inovasi dengan taraf tinggi.

Kemudian dalam proses piggybacking ada negara India. Saat ini India sedang mem-pelajari seni dari piggybacking dengan menggunakan teknologi computer dan komu-nikasi yang sudah maju untuk menciptakan pengembangan perangkat lunak, layanan komunikasi dan inovasi tingkat tinggi dengan kualitas sama namun dengan gaji buruh yang lebih rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Bahkan dilihat dari pengamatan, satu dari sepuluh pengembangan perangkat lunak milik Amerika Serikat akan dikerjakan di India dan Cina dalam waktu lima tahun kede-pan.

Terakhir, contoh negara yang melakukan proses frog leaping adalah Brazil. Brazil adalah negara yang memproduksi bahan bakar Ethanol kedua tertinggi di dunia dan dikenal sebagai negara pertama di dunia yang mengembangkan biofuel yang dapat digunakan dalam industri. Selama 36 tahun negara ini mengembangkan sumber daya alamnya yaitu tebu dalam bidang agrarianya dan Brazil juga berhasil membuat bahan bakar dengan bahan Ethanol yang telah digunakan di dalam negara sendiri.

Page 30: Milestone - April 2012
Page 31: Milestone - April 2012
Page 32: Milestone - April 2012

K E B E R A D A A N N I N A N I K I C I O di kalangan desainer muda lokal yang semakin ramai, mempunyai tempat tersendiri di hati para pecinta fesyen Indonesia. Dengan brandnya yang semakin besar setiap tahunnya, NIKI-CIO selalu menjadi panutan bagi para young entrepreneur yang ingin terjun dalam bidang fesyen. Sebagai seorang desainer, Nina mem-buktikan bahwa keahlian dalam merancang busana saja tidaklah cukup. Dibutuhkan juga pengetahuan tentang bisnis dan marketing untuk menjual hasil rancangan dan dapat sur-vive dalam fashion industry.Saya mendapat kesempatan untuk berbincang langsung dengan perempuan cantik lulusan La-salle Jakarta ini. Ternyata dibalik penampilan-nya yang kalem, Nina selalu membuat saya kagum dengan jawabannya yang smart dan penuh percaya diri. Let’s check it out!

Q: Nama lengkap dan tanggal lahir?A: Nama saya Nina Karina Nikicio. Lahir di Ja-karta, 29 April 1985.

Q: Tell us a bit about NIKICIO.A: A Ready To Wear brand that focuses on clas-sic womenswear with boyish cutting. We are neat, effortless, and unpredictable.

Q : Kenapa memilih bidang fesyen?A: Pada awalnya saya tidak ada keinginan un-tuk terjun dalam bidang ini. I was going to do 2D studies and became a painter instead. Tapi, seperti kebanyakan orang tua, ayah menen-tang keinginan saya ini dengan alasan “Mau makan apa kamu nanti?”. Jadi saya berpikir, kenapa tidak mencoba bidang fesyen? Saya

masih bisa memanfaatkan keahlian meng-gambar saya untuk merancang busana. Oh, and I love fabrics! Mungkin ini juga karena ke-biasaan saya dulu yang suka bermain di toko kain nenek saya dan berpura-pura menjadi monster dari luar angkasa!

Q: Apakah dari awal Anda memang punya ke-inginan untuk menjadi entrepreneur?A: No. It just came at the right time.

Q: Ceritakan dong awal berdirinya NIKICIO!A: Tidak ada ready to wear brand yang terk-enal saat saya mulai membangun NIKICIO di tahun 2008. Satu-satunya brand lokal yang saya tahu hanya XSML dan saat itu kita sedang ‘diserang’ dengan label dari luar negeri. Saya berpikir, kenapa gak bikin ready to wear sendi-ri saja? Saya melihat pasar yang potensial di bagian ini.

Q: Ada pengalaman atau kesan-kesan saat first sale?A: Yang paling saya ingat adalah saat saya ber-hasil menjual satu lusin chambray jacket ke-pada teman-teman kuliah. It was huge as the jacket became a cool statement! Sampai saat ini, saya masih suka mengulang model seperti itu di koleksi-koleksi saya, karena chambray jacket menjadi salah satu signature buat NI-KICIO.

Q: NIKICIO terkenal dengan koleksi-koleksin-ya yang simple tapi sangat fashionable dan tidak dipungkiri juga NIKICIO set the trend dan meng-influence gaya berpakaian di Indonesia. Biasanya dapat ide-ide tersebut dari mana saja?

Page 33: Milestone - April 2012
Page 34: Milestone - April 2012

A: Pada dasarnya, saya merancang baju yang saya juga mau untuk memakainya. Karena saya merasa ‘tidak jujur ‘ kalau membuat pa-kaian yang saya sendiri enggan untuk meng-gunakannya. Jadi keseharian saya selalu men-jadi ide dasar dalam merancang busana.

Q: Apakah ada kendala yang berarti saat membangun NIKICIO?A: Banyak sekali kendalanya. Tapi yang paling susah adalah mencari supplier yang tepat. Kebanyakan supplier di Indonesia itu tidak mau menerima pesanan dalam skala kecil. Mereka terbiasa memproduksi baju un-tuk department store yang pasti produksinya bisa banyak sekali. Jadi waktu saya meminta mereka untuk memproduksi pakaian saya – yang kuantitinya sedikit tapi dengan kualitas tinggi – banyak dari mereka yang menolak.

Q: Menurut Anda, bagaimana peluang bisnis dalam bidang fashion di Indonesia?A: We have huge potential in becoming a pio-neer in Asia.

Q: Untuk mendirikan dan merintis suatu brand

hingga menjadi besar seperti NIKICIO sekarang bukanlah hal yang mudah, any tips?A: You have to love what you do and always be humble.

Q: Saran untuk para young-entrepreneur yang mau mencoba terjun untuk bisnis dalam bi-dang fashion, khususnya dalam ready to wear brand?A: Pastikan bahwa bisnis kamu itu sudah be-nar-benar terencana sebelum kamu memulai sebuah usaha.

Q: Dari semua koleksi yang diluncurkan oleh NIKICIO, apakah ada yang jadi favorit Anda dan mungkin ada cerita tak terlupakan saat membuatnya?A: I have always love prints and we started making our own exclusive prints for Mixte le Printemps 2012. Proses ini benar-benar me-makan waktu yang panjang dan sangat ma-hal karena saya ingin mencetak diatas sutra. Kualitas yang terbaik adalah hal yang paling penting bagi saya. Saya sempat deg-degan dan sedikit takut orang-orang tidak menyukai koleksi saya ini dan kita akan mengalami rugi

Page 35: Milestone - April 2012

kira-kira ada rencana untuk expanding busi-ness sampai ke US/Europe?A: Yang pasti rencana kesana sudah ada, tapi untuk saat ini kita masih ingin fokus untuk pasar Asia, terutama Indonesia.

Q: Saat ini ada banyak sekali designer berbakat di Indonesia, ada designer lokal yang Anda in-gin ajak collab bersama NIKICIO?A: Saya selalu tertarik dengan Obin. Saya akan sangat senang dan bangga jika mendapat kes-empatan untuk bisa bekerja sama dengannya.

Q: Ada tips buat yang fashionably clueless?A: Well, don’t be clueless. I believe that nobody is clueless (or stupid in that matter), they are just lazy.

besar. But thank God it didn’t happen!

Q: NIKICIO baru saja mengeluarkan koleksi terbaru, FEMME 2012, baju mana yang jadi favorit (atau andalan) Anda? A: I think the blue tulip dress is my favorite. It flows beautifully.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan satu koleksi?A: Sekitar enam bulan. Saya akan mencari ba-han dulu baru mencari model untuk pakaian, lalu setelah itu membuat sample, fitting, sete-lah itu pemotretan untuk lookbook, lalu baru akhirnya sampai di pasaran.

Q: Tren untuk season atau tahun 2012 ini?A: Saya tidak terlalu mengikuti tren, jadi mung-kin saja saya salah. Tapi menurut saya, flowers akan terus mendominasi hingga akhir 2012.

Q: Ada rencana untuk mulai mengeluarkan koleksi bags, accessories, atau shoes?A: In time.

Q: NIKICIO sudah mulai merambah pasar Asia,

Page 36: Milestone - April 2012
Page 37: Milestone - April 2012

D i s k o n i b a r a t “ v i r u s ” yang membuat se-bagian besar orang berbelanja. Baik laki-laki & perempuan, hingga tua & muda, tidak segan lagi untuk memborong puluhan barang diskon. Tetapi benarkah perusahaan hanya bermurah hati kepa-da pembeli?

Mendengar ada kabar diskon, satu hal yang ada dipikiran kita adalah belanja. Betul tidak? Bayang-kan saja, nyatanya ribuan orang rela berdesak-desakkan, datang ke mal tengah malam, bahkan mengantri hingga 8 lantai seperti yang terjadi pada pesta diskon Crocs up to 70% yang digelar Metrox Lifestyle di Senayan City pada 16-18 Maret 2010 yang lalu. Bahkan pemerintah daerah Jakarta pun telah melihat minat para pecinta belanja itu dan memanfaatkannya dengan mengadakan Festival Jakarta Great Sale yang telah berlangsung pada tanggal 17 Juni - 17 Juli 2011 yang lalu, dalam rangka memeriahkan HUT Jakarta ke 484. Berba-gai penawaran menarik dan diskon yang berkisar antara 10 – 70% mulai dari barang retail hingga barang-barang bermerek diberikan kepada para pecinta belanja di 68 pusat perbelanjaan di Indo-nesia.

Mengapa strategi diskon berhasil diterapkan di Indo-nesia?

Menurut salah satu pakar marketing di Indonesia,

Bapak Handi Irawan, karakter unik yang dimiliki masyarakat indonesia adalah berorientasi pada jangka pendek serta tidak terencana dalam berb-elanja (impulsive consumer). Mereka melaku-kan pembelian karena tertarik pada merek atau produk pada saat itu juga, serta cenderung tidak memikirkan tentang kegunaan barang tersebut untuk waktu jangka panjang. Sehingga ketika mendengar ada kabar diskon, tanpa berpikir pan-jang lagi, mereka langsung membeli produk pro-mo tersebut. Maka tidak jarang kita mendengar banyak wanita Indonesia memiliki lemari baju atau sepatu yang besar, bahkan banyak yang tidak sempat atau lupa dipakai.

Meskipun mayoritas masyarakat Indonesia kon-sumtif, konsumen tetap akan membeli produk yang murah. Tetapi yang perlu diperhatikan ada-lah, bukan produk dengan harga paling murah yang diincar, melainkan produk yang mereka anggap atau “dipersepsikan” murah. Konsumen melihat momen diskon ini sebagai ajang untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah dari harga biasanya, meskipun kenyataan-nya belum tentu harga produk setelah didiskon dengan kualitas dan produk yang sama lebih mu-rah dibandingkan dengan yang dijual di toko-toko lain yang tidak mengumumkan promosi diskon. Seperti contohnya harga minyak yang di diskon oleh Carrefour tidak lebih murah daripada harga minyak yang tidak di diskon yang dijual di mini-market biasa.

Page 38: Milestone - April 2012

Faktor lainnya adalah brand, terutama brand dari luar negeri. Menurut pakar marketing Indonesia, Handi Irawan, tren menunjukkan bahwa orang In-donesia lebih suka merek luar negeri karena faktor gengsi dan faktor persepsi masyarakat yang men-ganggap kualitas produk luar negeri lebih bagus daripada kualitas produk dalam negeri. Bahkan beberapa produk lokal memakai kesan luar negeri sebagai strategi marketing, seperti yang dilakukan J.CO. Ada kepuasan tersendiri bagi konsumen In-donesia ketika bisa membeli produk branded den-gan harga yang lebih terjangkau.

How to survive in the low price?

Siapa bilang perusahaan yang mengadakan diskon mendapat untung yang sedikit? Lihat saja Great Sale yang diadakan produk Crocs dua tahun yang lalu, dalam sehari diperkirakan penjualan bisa mencapai angka 10.000 pasang, sebab sedikit sekali konsumen yang membeli satu atau dua ba-rang saja. Bayangkan saja, konsumen rela mengan-tri berjam-jam bahkan datang ke mal pada tengah malam, rasanya ada yang kurang bila hanya mem-beli satu pasang sepatu Crocs. Padahal bila tidak ada promosi diskon, produk tidak akan terjual se-banyak itu.

Apalagi bila produk yang didiskon adalah produk out of season, artinya produk yang belum habis terjual pada periode waktu tertentu. Daripada ter-jual dengan waktu yang lama atau bahkan tidak terjual sama sekali, lebih baik mengurangi sedikit keuntungan daripada menaggung kerugian ongkos

meretur barang. Hal itu sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Beberapa merek ternama memanfaatkan Great Sale sebelum mengeluarkan produk model terbaru yang bisa dijual dengan harga mahal karena banyak juga tipe konsumen yang selalu ingin me-makai produk-produk dengan model terbaru. Bisa juga retail memberikan diskon untuk barang-barang retur yang hanya memiliki sedikit cacat, tetapi secara keseluruhan masih terlihat bagus sehingga tidak ter-lihat sewaktu konsumen membelinya.

Selain itu ada juga perusahaan yang menaikkan harga normal lebih dulu (mark up) sebelum memo-tong harga, sehingga apabila di kalkulasi sama saja dengan harga aslinya sebelum di diskon. Beberapa toko memberikan diskon hanya pada produk-produk tertentu saja, produk yang lain dijual dengan harga normal. Sehingga ketika banyak pengunjung yang datang karena tertarik pada produk-produk seten-gah harga, mereka bisa melihat-lihat dan membeli produk yang lain yang tidak diberi diskon.

Beberapa perusahaan menerapkan kerja sama dengan tempat berjualan atau denganperusahaan lain yangberjualan di tempat yangsama, bisa juga menerapkan sistem komisi. Karena bila di suatu tempat ada promosi diskon, pasti ramai dikunjungi pengunjung yang dapat berimbas juga pada

Page 39: Milestone - April 2012

perusahaan yang lain. Misalnya konsumen jadi lebih mengenal tempat kita berjualan, konsumen yang lelah berbelanja mampir untuk membeli ma-kanan atau minuman, atau mungkin selagi men-gantri mereka melihat barang bagus di toko lain sehingga mampir ke toko tersebut. Kita bisa me-manfaatkannya untuk bekerja sama dengan peru-sahaan lain.

Menerapkan Great Sale yang tepat

Diskon menjadi salah satu andalan beberapa perusahaan untuk meningkatkan volume penjua-lan. Strategi pemotongan harga memang dapat menarik minat masyarakat Indonesia untuk men-gunjungi toko. Meskipun demikian kita juga harus jeli dalam menetapkan strategi pemotongan har-ga, seperti diferensiasi apa yang akan disuguhkan, kemudian berapa potongan harga yang akan di-berikan, dan lain-lain. Sebab memberikan diskon yang perbedaan harganya terlalu ekstrim dan ter-lalu sering memberikan diskon akan membawa konsumen kepada persepsi kualitas produk yang dijual tidak terlalu baik. Konsumen tidak akan lagi mengejar-ngejar barang diskon yang menyebab-kan tidak terjadinya impulse purchase. Padahal dalam strategi diskon, kita mengincar karakteris-tik impulse consumer.

Brand positioning sebelum momen pemo-tongan harga sangat penting karena impulsive purchase tidak akan terjadi bila produk yang di-tawarkan tidak menarik perhatian masyarakat. Salah satu daya tarik produk adalah brand posi-tioning produk itu sendiri. Oleh karena itu sebe-lum memberikan diskon, pastikan produk sudah mendapat tempat di hati konsumen. Artinya kon-sumen telah mengenal keunggulan produk serta berminat pada produk kita.

Tujuan jangka panjang

Strategi diskon memang menyebabkan orang-orang berbondong-bondong datang, tetapi tidak konsumen yang datang akan menjadi pel-anggan setia. Rata-rata mereka mengunjungi toko hanya karena menginginkan produk yang lebih

murah. Ada juga konsumen yang tidak mau mem-beli barang bila tidak ada potongan harga. Oleh ka-rena itu perusahaan harus memanfaatkan momen diskon untuk mempromosikan brand agar men-dapatkan lebih banyak pelanggan. Jangan biarkan konsumen datang dan pergi begitu saja.

Salah satu cara yang dapat perusahaan gunakan adalah dengan memelihara hubungan dengan kon-sumen yang datang pada saat momen diskon terse-but (customer relationship) agar dikemudian hari konsumen tetap membeli produk perusahaan kita. Hubungan dengan konsumen dapat dibina dengan membuat kartu member, memberikan kupon dis-kon yang hanya bisa digunakan untuk pembelian berikutnya, meminta nomor telepon dan alamat rumah yang dapat dihubungi, dan lain sebagainya.

Page 40: Milestone - April 2012

B A N Y A K P E N G U S A H A yang baru terjun ke dunia bisnis fashion merasa kesulitan dan kebingungan dalam menjalankan usa-hanya. Hal itu menyebabkan mereka mem-buat produk semirip mungkin dengan apa yang sudah menjadi tren di pasar. Memang penting untuk peduli dengan tren pasar, bukan berarti mereka tidak mengembang-kan ciri khas dari produk mereka sendiri. Sebuah brand baru tidak akan terkenal jika produk yang mereka tawarkan mirip den-gan produk brand lain. Customer memang tidak akan mengambil resiko untuk mem-beli produk dari seorang desainer baru jika mereka telah terikat dengan brand yang su-dah terkenal. Namun itu bukan lah hambat-an, karena dengan passion business dalam bidang fesyen yang tinggi pasti akan ada ja-lan menuju sukses.

Brand awareness yang dibangun sejak awal akan menentukan bagaimana sebuah merk berada pada sebuah segmentasi yang dili-hat oleh konsumen. Strategi positioning dilakukan pada tahap awal berdirinya se-buah brand sebelum masuk ke dalam pasar. Penempatan segmentasi brand yang sesuai menentukan karir sebuah brand fashion

business untuk jangka panjang. Sebab tidak mungkin sebuah brand untuk rema-ja ditujukan untuk konsumen pada usia dewasa, fesyen sangat sensitif dengan hal tersebut.

Cara-cara yang dilakukan oleh beberapa brand yang sekarang sudah berkembang untuk tetap bertahan di dalam pasar se-makin kreatif. Setelah brand berhasil menciptakan ciri khasnya tersendiri ke-mudian sudah stabil dengan tren pasar, akan melakukan training tentang design, membuat pendanaan yang tetap dan me-nerapkan cara- cara yang sudah dipelajari semasa training. Kemudian bisnis yang berkembang akan membutuhkan studio design yang lebih baik lagi. Ini tergan-tung dengan skala bisnis Anda, semakin besar bisnis Anda maka akan semakin be-sar pula properti yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Untuk mencari lokasi yang tepat, dapat dilakukan melalui mencari di media cetak atau tempat yang menurut Anda dapat menarik customer untuk mengetahui produk Anda. Jangan lupa menyesuaikan fungsi studio dengan produk, misal produk Anda berupa paka-ian jadi, maka Anda membutuhkan space kaca yang lebih luas agar dapat mempro-mosikan produk. Hal yang tidak dapat di-lupakan, sebagai bisnis baru harga yang

Page 41: Milestone - April 2012

nis fesyen.

Setelah semua hal di atas sudah anda lewati, sekarang saatnya Anda mematenkan produk Anda dengan hak cipta. Pertama buatlah de-sain yang benar, kemudian daftarkan desain baju anda sehingga tidak dapat ditiru oleh perusahaan yang berada dalam bisnis fesyen . Desain pakaian yang sudah terdaftar dur-asinya tergantung dengan ketentuan hukum yang berlaku di setiap negara.

Pada intinya membuat fashion business tidak hanya membuat desain semenarik mung-kin. Perlu juga untuk mempertimbangkan penjualan, pengontrolan biaya dan memas-tikan Anda memperoleh keuntungan dari bisnis Anda tersebut. Kemudian bagaimana target bisnis dan seberapa besarkah bisnis Anda akan berjalan? Itu harus diusahakan mendekati target. Market research yang menjadi hal utama sebelum menjalankan bisnis sebaiknya dilakukan sebaik mungkin, karena akan menentukan masa depan brand Anda.

Sebagai desainer baru akan ada banyak rintangan untuk sampai ke puncak kesuk-sesan. Hanya orang-orang yang berani beri-novasi dan mengembangkan idenya, sekali-gus memiliki passion yang kuat di bidang ini akan berhasil. Beberapa orang yang menyu-kai fashion mungkin pada awalnya merasa tidak cocok untuk menjadi seorang fashion designer. Namun lama kelamaan jika mun-cul keinginan untuk menjadi salah satunya, jangan ragu, cobalah! Anggapan orang – orang yang tidak pantas untuk menjadi se-orang desainer pakaian mungkin mereka merasa tidak pernah mengenakan pakaian hasil ciptaan desainer terkemuka. Memang pakaian dengan embel-embel ‘designer col-lection’ erat kaitannya dengan harga yang mahal, namun bukan berarti pakaian yang tidak mahal bukanlah hasil desain siapa-pun. Kemudian seorang fashion designer

ditawarkan untuk sebuah gedung harus sesuai dengan kemampuan beli Anda. Jika Anda mampu memprediksi keun-tungan dari setiap pilihan, maka buatlah leasing dalam jangka panjang.

Seiring berjalannya waktu, dalam bisnis fesyen lama kelamaan model dari produk anda akan terlihat mirip dengan produk

milik orang lain. Itu terjadi karena Anda berbisnis dalam segmentasi yang sama. Ada yang memang sengaja meniru produk aAda atau mungkin terjadi ketidaksenga-jaan kemiripan bentuk produk. Cara yang dapat dilakukan saat terjadi hal ini adalah dengan merekonstruksi ulang ide desain produk. Merekonstruksi desain dapat dimulai dari merubah warna, garis, teks-tur pakaian dan bentuk 3D. Cara ini efek-tif untuk menghindari kesamaan produk yang mungkin terjadi di dalam pasar bis-

Page 42: Milestone - April 2012

yang sudah terkenal kebanyakan memi-liki background pendidikan yang tinggi di bidang fashion. Namun bukan berarti untuk menjadi seorang fashion designer dituntut untuk memiliki pendidikan yang tinggi. Jika anda memiliki background dan passion yang berhubungan dengan style fashion, maka anda memiliki kes-empatan untuk sukses dalam karir anda sebagai fashion designer.

Sebuah brand yang dapat menjadi con-toh adalah Porter Grey. Terbentuk pada

tahun 2006 oleh kakak beradik Alexandra dan Kristen O’Neil pada semasa kuliah di jurusan ilmu sejarah, berhasil masuk ke-dalam New York Fashion Week untuk ked-ua kalinya pada bulan September 2011 dan sekarang sudah menjadi salah satu brand fashion terkemuka. Usaha keras yang dilakukan kedua perempuan muda ini dimulai dari proses awal bagaima-na mereka menentukan desain pakaian yang akan mereka bentuk sampai tahap penjualan melalui reseller.

Awalnya mereka menyiapkan beberapa desain pakaian dan berkeliling fashion district di New York untuk menawarkan produknya kepada siapa pun yang ter-tarik. Mereka terfokus kepada model pa-

kaian contemporary sportswear yang target pasarnya adalah wanita remaja hingga dewa-sa. Segmentasi yang cukup luas menyebab-kan kemungkinan untuk sebuah brand baru masuk kedalam tren pasar semakin mudah. Dari situ Porter Grey dilihat sebagai brand yang unik dan akhirnya dapat diterima oleh konsumen.

Semakin berkembang pesat kemudian lang-kah Porter Grey untuk mempromosikan produknya dengan mengadakan fashion show kecil untuk brandnya sendiri. Di The Standard Hotel, New York adalah pertama kalinya Porter Grey mengadakan fashion show kecil untuk mempromosikan produkn-ya kedepan press dan masyarakat. Cara ini sangat efektif bagi sebuah brand fashion baru untuk dapat terjun lebih dalam lagi di bidang fashion, karena orang dapat melihat produk melalui model design hingga cara penampilannya secara jelas. Kemudian den-gan mengadakan fashion show kecil untuk brand sendiri , meningkatkan brand aware-ness di dalam pasar fashion business. Meski-pun tidak sesukses yang diharapkan, Porter Grey berhasil menunjukkan bahwa brandnya memiliki keunikan yang tidak dimiliki brand lain. Sehingga mereka sekarang telah men-jadi ‘one of the biggest showcases’ di bidang fashion business.

Tidak berakhir di situ, Porter Grey memper-besar pasarnya dengan menggunakan resell-er online atau butik yang mau menjadi tem-pat untuk menjual produknya. Saat ini sudah ada 14 retailer online yang menjual produk milik Porter Grey. Ini menunjukkan bahwa minat terhadap Porter Grey cukup besar dengan mempertimbangkan harga dari se-tiap pakaian yang dijual cukup tinggi.

Page 43: Milestone - April 2012
Page 44: Milestone - April 2012

SE JAK DAR I TAHUN 2004 dan aktif mengikuti perkembangan acara Academy Awards yang se-makin menua, tahun ini dapat dikatakan sebagai tahun pemecahan rekor. Mengapa? Acara tahun ini mungkin tidak semeriah seperti yang dilaku-kan pihak Academy saat melakukan perayaan dekade, namun tahun ini cukup memberikan ke-jutan. Acara yang dipandu Billy Crystal untuk kesembilan kalinya ini, masih mempertahankan beberapa tradisi. Selain host langganan, peris-tiwa bergengsi di dunia film ini tetap dirayakan di Kodak Theatre sejak tahun 2002. Acara tahun ini mengangkat tema At the Movies, dimana para hadirin dinuansakan seperti saat menikmati se-buah tontonan di bioskop. Ada para penjual pop-corn, dilengkapi dengan sebuah tata visual yang sangat meriah. Oscar tahun ini sepertinya cukup berbeda dan menarik. Seperti biasa, opening entrance selalu dibu-ka dengan sebuah cuplikan parodi Oscar, teruta-ma saat bagian The Descendant, dimana George Clooney mencium Billy Crystal, dan menjadi se-buah bahan lelucon Crystal sepanjang acara ini. Tahun ini, adalah sebuah kemenangan un-tuk The Artist. Film yang mengambil latar setting di tahun 1920-an serta mengikuti konsep film bisu di jaman itu, sangat mencuri perhatian. Film ini memecahkan rekor sebagai film bisu pertama yang memenangkan penghargaan film terbaik setelah film Wings (1928), yang notabene mer-upakan film terbaik pertama dan film bisu per-tama. Herannya, Wings memenangkan persain-gan melawan film-film sejenisnya. Sedangkan The Artist, harus melawan delapan nominasi lain yang bersuara, memiliki visual efek luar biasa dan menakjubkan. Dari dunia akting, tahun ini adalah keme-nangan mutlak bagi Christopher Plummer. Plum-mer mencetak sejarah sebagai penyandang peng-hargaan Aktor terbaik tertua, di dalam usia 82 tahun. Sedangkan untuk penyandang penghar-gaan Aktris tertua masih tetap dipegang Jessica Tandy, dalam usia 80 tahun, melalui film Driving Miss Daisy, 23 tahun yang lalu. Selain itu, setelah Mo’Nique di tahun 2010, Octavia Spencer mencatatkan sebagai Aktris Af-rican-American berikutnya yang memenangkan

penghargaan aktris pendukung terbaik. Saat ini tel-ah tercatat beberapa nama: Hattie McDaniel (1939), Whoopi Goldberg (1990), Jennifer Hudson (2006), dan Mo’Nique (2010). Tak disangka, akting Spencer dalam film The Help sangat kuat, tajam, dan menarik perhatian saya. Tidak heran tahun ini Ia berhasil men-yapu bersih untuk kategori Golden Globe, Screen Ac-tors Guild, BAFTA, hingga Academy Awards. Di tahun 2012 ini adalah pemecahan rekor nomi-nasi terbanyak untuk kategori akting. Meryl Streep, yang telah menuai 2 piala Oscar dari film terdahulu-nya, Kramer vs. Kramer (1979) dan Sophie’s Choice (1982), telah berhasil mencetak angka baru dengan perannya sebagai Margaret Thatcher dalam The Iron Lady, menjadi 17 nominasi. Tidak hanya nominasi saja, aktris yang dianggap sebagai One of the Greatest Actress ini kembali mendulang piala Oscar ketiganya. Dengan demikian, Meryl juga menjadi aktris kedua yang memenangkan piala Oscar, setelah aktris leg-endaris Katharine Hepburn dengan 4 piala. Sedangkan untuk Aktor terbaik, dimenangkan oleh Jean Dujardin, melalui peran bisu dalam The Art-ist. Dujardin berhasil mengalahkan pesaing terkuatnya seperti George Clooney dan Brad Pitt, serta membuat rekor sebagai aktor Perancis pertama yang menerima Piala Oscar. Dari perolehan penghargaan, The Artist me-menangkan 5 penghargaan: Best Picture, Best Actor in Leading Role, Best Director, Best Costume Design, dan Best Original Score. Sedangkan film peraih nomi-nasi terbanyak tahun ini, Hugo, dengan 11 nominasi mampu mendulang 5 piala Oscar untuk kategori Best Cinematography, Best Art Direction, Best Sound Edit-ing, Best Sound Mixing, dan Best Visual Effects. Tahun ini juga merupakan tahun pertama bagi Iran untuk meraih Best Foreign Language Movie, melalui film A Separation. Acara tahun ini juga mem-berikan mengenang beberapa tokoh-tokoh perfilman yang telah meninggal. Mulai dari Elizabeth Taylor, Ste-ve Jobs, hingga Whitney Houston. Selain ada beberapa hal yang cukup menarik sepanjang acara ini. Pertama, dengan adanya adegan sirkus oleh Cirque du Soleil, yang sangat mendunia dan cukup menggemparkan melalui aksi akrobatik mereka. Juga Viola Davis, aktris yang selalu mencuri perhatian ini kembali menyentak dengan gaya rambut barunya yang ekstrim. Terakhir, adalah kaki kanan An-gelina Jolie yang sempat heboh. Jolie menjadi buah bibir ketika mengangkang kaki kanannya saat menjadi presenter salah satu penghargaan Oscar. Untuk tahun ini, ada sebuah kesan yang cukup berbeda. Kategori Best Original Song tahun ini sep-erti sengaja ditiadakan demi menjaga nuansa “At the Movies”. Setidaknya, tahun ini lebih baik dibanding kemarin. Tahun lalu, Anne Hathaway dan James Fran-co sebagai pembawa acara terkesan sangat memaksa chemistry mereka dan sangat terlihat amatir.

Page 45: Milestone - April 2012
Page 46: Milestone - April 2012

T R E N D R E M A K E F A I R Y T A L E ternyata masih berlanjut hing-ga tahun ini. Setelah sempat melakukan perubahan judul, akhirnya Tarsem Singh memilih Mirror Mirror sebagai judul yang tepat untuk remake Disney classic, Snow White and the Seven Dwarfs. Film ini berkisah tentang perjuangan Snow White (Lily Collins) yang dibantu oleh 7 pejuang dalam menghadapi Ratu (Julia Roberts) yang berusaha untuk men-guasai kontrol dari sebuah kerajaan. Yang pasti, film ini akan banyak memainkan visual imajinasi penonton, juga dengan penataan artistik yang menarik. -BAVNER DONALDO

Page 47: Milestone - April 2012

T H E H U N G E R G A M E S adalah salah satu anticipated movies di tahun 2012 ini. Dibintangi oleh Jennifer Lawrence yang terk-enal lewat Winter’s Bone dan masuk dalam nominasi ak-tris terbaik di ajang piala Oscar tahun kemarin, pasti cukup memberi sedikit jaminan mutu yang cukup baik. Bagi yang sudah pernah menyaksikan Battle Royale, film ini mempu-nyai plot yang kurang lebih sama, yaitu tentang permainan yang membuat para kontestannya harus saling membunuh untuk menjadi juaranya. Film ini diadaptasi dari novel Su-zanne Collins dengan judul yang sama. Mengambil setting di Amerika Utara masa modern, berkisah tentang sebuah kompetisi yang diikuti oleh 12 distrik, dengan satu pasang remaja menjadi perwakilannya. Katniss (Jennifer Lawrence) harus mewakili Pram, sang adik dan berpasangan dengan Peeta (Josh Hutcherson), dan berjuang hidup mati untuk mengalahkan pesaing lainnya. - BAVNER DONALDO

Page 48: Milestone - April 2012

A D E L E M E N Y A P U B E R S I H perayaan Grammy Awards ke-54, dengan menyabet enam penghargaan termasuk The Big Three, yakni Album of the Year untuk 21, Record of the Year dan Song of the Year untuk “Rolling in the Deep” ser-ta Best Pop Solo Performance untuk “Someone Like You”. Adele juga memboyong Grammy kategori Best Pop Vocal Album dan tampil untuk pertama kalinya seusai menjalani operasi pada pita suaranya dengan membawakan “Rolling in the Deep.”

Meski Adele merupakan pusat perhatian di Grammy Awards tahun ini , suasana duka juga menyelimuti Staples Center pasca kematian diva pop Whitney Houston sehari sebelumnya. Pembawa acara tahun ini, LL Cool J membu-ka acara malam itu dengan doa mengenang kematian per-aih enam Grammy Awards itu. Selain itu, Jennifer Hudson juga menyanyikan signature song Whitney Houston, “I Will Always Love You” dalam Tribute to Whitney Houston.

Page 49: Milestone - April 2012

Indie music kembali menjadi perhatian Grammys tahun ini saat Bon Iver memboyong 2 Grammy Awards kategori Best Alterna-tive Album dan Best New Artist, setelah tahun lalu Grammys me-nobatkan album Suburban War dari Arcade Fire sebagai album terbaik, menjadikan Suburban War album indie pertama yang meraih penghargaan tersebut. “Sangat sulit menerima penghar-gaan ini,” ucap pencipta lagu Bon Iver, Justin Vernon, yang seka-ligus menjadi artis indie pertama yang dinobatkan sebagai artis pendatang baru terbaik di Grammy Awards.

Pemenang lain malam itu adalah Foo Fighters, yang menyapu bersih kategori rock dan membawa pulang 5 Grammy, termas-uk kategori Best Rock Album untuk Wasting Light. Kanye West meraih 4 Grammy, termasuk Best Rap Album untuk My Beauti-ful Dark Twisted Fantasy. Musik dance juga merupakan highlight pada malam itu. Grammys menyajikan sesi Tribute to Dance Mu-sic dengan penampilan Foo Fighters, deadmau5, David Guetta, dan Lil’ Wayne. Artis dubstep, Skrillex juga menyapu bersih kat-egori dance/electronica dengan album Scary Monsters and Nice Spirites.

Grammy Awards tahun ini juga diisi dengan penampilan-penampilan yang tak terlupakan, termasuk E Street Band dan Bruce Springsteen yang membuka malam itu dengan penampi-lan single terbaru mereka, “We Take Care of Our Own”, Rihanna yang menggebrak Staples Center dengan penampilan “We Found Love” yang dilanjutkan dengan kolaborasi dengan Coldplay lewat “Princess of China” serta Katy Perry yang menampilkan untuk pertama kali single terbaru pasca perceraiannya dengan Russell Brand, “Part of Me.” Perayaan malam itu juga dihibur dengan penampilan kontroversial Nicki Minaj, dengan tema exorcist dan simbol-simbol relijius dan penampilan Sir Paul McCartney yang menjadi puncak sekaligus penutup acara.

Page 50: Milestone - April 2012
Page 51: Milestone - April 2012

J IKA ANDA MER INDUKAN suara khas Dolores O’Riordan, berbahagialah, karena setelah 10 tahun lebih sejak album terakhirnya, akhirnya The Cranberries kembali merilis sebuah album baru di tahun 2012. Dengan judul Roses, kuartet band ini kembali menampilkan lantunan vokal Dolores O’Riordan yang dipadukan dengan peti-kan gitar, silken strings, dan military rhythms.

Bersama produser lamanya, Stephen Street, album ke enam mereka ini menjadi sebuah album yang mereflek-sikan keharmonisan ensamble para pemainnya, seperti musik The Cranberries yang semakin berkembang dan semakin menakjubkan. Dengan berisi 11 lagu, band ini membawa para penggemarnya mengobati rasa rindu terhadap karya-karyanya.

Track pembukanya, “Conduct”, merupakan sebuah lagu yang para penggemar Cranberries telah berharap untuk dapat dengarkan, dan telah direkam sejak tahun 1993. Banyak nostalgia yang diantarkan oleh album ini. - ANNA APRITA

Page 52: Milestone - April 2012

Gold, gold and gold! Untuk koleksi Fall 2012 ini, para desainer sepertinya sedang me-naikkan kembali pamor emas dengan memberikan sentuhan gold di setiap rancangan mereka. Dari medium length skirt Tory Burch, gaun panjang Ralph Lauren, hingga Ra-chel Zoe mini dress, semua mencoba menggunakan warna emas memberikan kesan glamor di atas runway. Hitam dan abu-abu juga masih menjadi pilihan favorit season ini baik womenswear maupun menswear. Y-3 dengan rancangan sporty memenuhi runway dengan jaket berwarna hitam-abu-abu, dan Lacoste dengan potongannya yang sleek dan menonjol-kan athletic lines membuatnya terlihat sangat modern.

Page 53: Milestone - April 2012

London Fashion Week menyajikan rancangan-rancangan yang patut untuk didamba-kan dan memberikan cukup banyak inspirasi bagi perempuan. Brands seperti Mul-berry dan Moschino Cheap & Chic menunjukkan kegemaran mereka dalam bermain dengan modern lace. Topshop Unique dan McQ by Alexander McQueen adalah dua brand yang juga mengembalikan military look untuk tahun ini. Kami juga melihat ban-yak sekali warna pink, detail dalam fur, boyish-cut dan awesome prints. Untuk menswear, warna cokelat, abu-abu, dan hitam masih mendominasi. Salah satu yang menarik perhatian adalah koleksi dari James Long yang bermain dengan rajutan dan bahan kulit. Sweater, jumper, leather jacket dan jas menjadi pilihan banyak de-sainer seperti Paul Smith, Burberry Prorsum, dan J.W Anderson untuk Fall 2012.

Page 54: Milestone - April 2012

Black is everywhere! Sepertinya Milan kali ini bermain aman lewat warna hitam. Dari Prada, Gucci, Uma Wang, hingga Fendi semua menggunakan warna ini bahkan all black from head to toe! Perpaduan yang tak terduga seperti leather dress dengan lengan yang terbuat dari sutra atau lace dress dengan sabuk dari kulit, membuat setiap orang menunggu-nunggu kejutan apa lagi yang akan keluar dari belakang panggung. Di tengah warna gelap yang mendominasi runway di Milan, DSquared berani menampilkan warna-warna terang seperti kuning, merah, hijau, pink dan ungu dalam satu padanan. Just Cavalli juga sepertinya sedang bereksperimen dengan prints, mem-buat koleksinya kali ini terlihat sangat muda dan fresh. Satu lagi brand yang menda-patkan banyak pujian adalah Moschino yang keluar dengan rancangan yang klasik dan berkesan timeless dengan potongan-potongan basic dan warna-warna pastel. Note untuk para pecinta fesyen, animal prints and leather will be big in 2012! Untuk koleksi menswear, gaya resmi mudah ditemukan di runway kali ini. Jas atau coat sangat kuat mendominasi koleksi, dan mereka semua tampil dengan poton-gan yang tegas dan penggunaan warna yang cukup beragam. Yang paling menarik per-hatian pada koleksi Fall 2012 kali ini adalah Ermenegildo Zegna, Prada dan Costume National Homme.

Page 55: Milestone - April 2012

Atelier du Production et du Creation atau disingkat A.P.C. adalah label ready-to-wear asal Perancis yang didi-rikan pada tahun 1988 oleh desainer pakaian berke-bangsaan Tunisia, Jean Toui-tou. A.P.C diperuntukan bagi kaum pria ataupun wanita yang menyukai gaya sim-pel namun tetap chic. Raw denim jeans yang diproduksi oleh A.P.C. sangatlah popul-er di kalangan denim enthu-siasts. Selain dari cutting-nya yang modern, proses fading pada jeans label ini cenderung lebih cepat apa-bila dibandingkan dengan label jeans lainnya. Selain dari jeans-nya, A.P.C. juga menyediakan berbagai jenis pakaian, yakni mulai dari pa-kaian renang, hingga sepatu moccasins berbahan suede. www.apc.fr

Kalian tentu tahu brand tas dan aksesoris wanita Kate Spade? Ya, Jack Spade ini merupakan lini yang dibuat oleh Kate Spade khusus untuk kaum lelaki. Dura-ble dan classic adalah kata-kata yang mendeskripsikan karakter dari brand tas dan aksesoris ini. Produk anda-lannya? Dipped Industrial Coal bag yang dijual seharga USD 195. www.jackspade.com

Setelah sukses pada label sepatunya, mantan creative director J.Press, Mark Mc-Nairy, telah meluncurkan la-belnya pada Juni 2011 lalu. Dengan inspirasinya yakni kebudayaan Anglo-Ameri-can, Mark McNairy berhasil menghidupkan kembali gaya Ivy League yang sempat populer beberapa dekade yang lalu di Amerika Serikat. http://shop.markmcnairy.com

Brand sepatu asal Ameri-ka yang berdiri sejak akhir tahun 1870 ini menghad-irkan berbagai macam model sepatu. Mulai dari produk all time favorite-nya Weejuns Loafers, sampai dengan koleksi sepatu lim-ited edition-nya yang diran-cang oleh fashion designer Rachel Antonoff. www.piperlime.com

Page 56: Milestone - April 2012

Brand asal Swiss yang terus menarik perhatian dengan denimnya sejak awal tahun 2000 ini, kembali mengeluar-kan koleksi terbarunya untuk Spring/Summer 2012. Un-tuk koleksi ini, Cheap Mon-day menawarkan maxi skirts, dresses, buttoned up blouses, tunic dan yang paling me-narik perhatian adalah domi-nasi stripe – warna dan hi-tam putih – untuk dress, rok dan celana. Tidak lupa untuk men’s collection, Cheap Mon-day juga menawarkan lebih banyak pilihan untuk denim dan leather jacket, parka, dan berbagai warna juga pat-tern untuk kemeja. Tapi yang paling tidak boleh dilewat-kan untuk koleksi musim ini adalah signature skinny jean (unisex) yang kali ini datang dengan cropped version. Let’s have fun with Cheap Monday this summer! www.cheap-monday.com

Brand yang didirikan oleh pasangan muda Tyler dan Michelle Madsen asal Los An-geles ini ingin mengekspresi-kan realita kehidupan yang terkadang tabu dan terlalu kontroversial untuk dibic-arakan, melalui sebuah kaos polos berwarna putih dan hitam. “Our designs can be very racy and controversial , but that’s because the issues at hand ARE racy and ARE controversial.” Love Nail Tree tidak hanya mengeluarkan koleksi apparel saja, namun juga aksesoris seperti kalung, gelang dan jam tangan, se-mua tersedia untuk laki-laki dan perempuan. They want the mssage to be heard, and they do it well. Available at INDUSTRI.

Brand milik Anabela dan Re-becca Billina didirikan pada tahun 2010. Koleksi mereka yang klasik, quirky, dan fun membuat Argyle & Oxford cocok bagi mereka yang ingin tampil adorable tanpa terli-hat terlalu girly. Don’t forget to check on their platform shoes, it’s enough to make a statement to your look—in a pretty way. http://argyleandoxford.blogspot.com

Didirikan oleh empat sahabat asal Bandung, Popon, Dae, Dinny dan Ratna. Brand yang satu ini mengambil inspirasi dari kekayaan motif kain-kain tradisional Indonesia. Salah satu best seller mereka ada-lah Coral Rose outerwear yang sangat ladylike. Koleksi teranyar mereka, Subaquatic, bertemakan alam bawah laut Indonesia yang whimsical. Available at the Goods Dept.

Page 57: Milestone - April 2012

Masih segar di ingatan saya ketika untuk pertama kalin-ya melihat koleksi dari Pret-ty Young Things – my mind was blown when I first saw their collection. So many things I wanted to buy and they’re pretty affordable as well! Yes, they are THAT awesome. Untuk kamu yang menyukai gaya tailored, chic dan classic, pasti kamu jatuh cinta dengan Pretty Young Things—namun bersiaplah karena baju-baju mereka cepat sekali sold out! http://shopatpyt.blogspot.com/

Didirikan pada Desember 2010 oleh Andi Shakinah Andhita, Charita Y. Gerungan, Indri S. Putranti dan Livia Margarita, ClassyO’pedia memiliki cita-cita agar para wanita dapat berpa-kaian dengan classy dan edgy. Ciri khas mereka antara lain menggunakan bahan satin dan chiffon di setiap koleksinya. h t t p : / / w w w . f a c e b o o k .c o m / p a g e s / C l a s s y O p e -dia/193377830700643

SPINX sebenarnya adalah singka-tan dari Inspiration All Of The In-xpired, didirikan pada April 2009 oleh Felicia Soraya. Brand ini sempat vakum selama beberapa saat, dan mereka telah kembali dengan koleksi Femke yang be-rarti peace dan little girl dalam bahasa Belanda. Koleksi ini ter-inspirasi dari gerakan wanita pada awal tahun ’20-an. Namun, koleksi Femke jauh dari kesan in-osen seorang gadis kecil, melain-kan a strong-willed woman who is adored and even envied at by other women. Available at the Goods Dept.

Mulai dari kaum skinhead sampai kaum hipster san-gat menyukai brand sepatu yang berasal dari Inggris ini. Dr.martens dapat dikatakan sebagai salah satu sepatu yang paling diminati sejak be-berapa tahun belakangan ini. Selain desainnya yang klasik, Dr. Martens menggunakan air cushion sole pada sepatunya sehingga tidak membuat kaki anda pegal. Available at the Goods Dept.

Page 58: Milestone - April 2012

Setelah sukses dengan Playstation Portable kali ini Sony Computer Entertainment meluncurkan PlayStation Vita di Jepang pada bulan Desem-ber 2011 dengan harga 3.8 juta rupiah, konsol bertipe handheld game console ini adalah yang paling kuat di kelasnya mengalahkan Nintendo 3DS. Konektivitas menjadi andalan Sony pada PlayStation Vita. PlayStation Vita mempunyai spesifikasi 2 stik analog, 6-axis motion sensor, kamera depan dan belakang, serta layar sen-tuh berjenis OLED (960 x 544 pixels). Tidak sep-erti pendahulunya PlayStation Portable sebel-umnya yang hanya menggunakan Wi-Fi, Sony meluncurkan 2 versi pada Playstation Vita. Per-tama dengan Wi-Fi dan versi lainnya dengan Wi-Fi dan 3G. Sony juga menggandeng AT&T untuk memperluas dan meningkatkan pasar penjualan PlayStation Vita. - LEONARD ADISAPUTRA

Satu lagi smartphone canggih keluaran Sam-sung Electronics, dengan nama lain Samsung GT-N7000 diperkirakan dapat menembus pasar smartphone di Indonesia. Samsung Gal-axy Note adalah smartphone dengan spesi-fikasi 1,4 GHz dual-core prosessor, termasuk memory RAM 1GB dan mempunyai OS Goog-le Android 2.3 Gingerbread. Samsung Galaxy Note ini dilengkapi dengan kamera ganda, 8 megapixels di bagian belakang dan 2 megapix-els di depan, serta ketebalan sekitar 9.65 mm dan berat 178 gram. Menariknya, meskipun disebut sebagai smartphone tetapi Samsung Galaxy Note akan dilengkapi dengan Stylus Slide yang disebut S-Pen yang dapat memban-tu penggunanya dalam menikmati kecanggi-han smartphone tersebut. - LEONARD ADISAPUTRA

Nokia mengeluarkan smartphone terbarunya dan baru saja launching pada tanggal 17-19 di Senayan City yang lalu. Salah satunya adalah Nokia Lumia 800, dengan OS Microsoft Win-dows Phone 7.5 Mango dan dapat dibanderol dengan harga 4.8 juta rupiah (harga promo). Nokia Lumia 800 mempunyai design yang mirip dengan Nokia N9 dengan bahan polycar-bonate yang ringan serta layar sentuh OLED (800 x 480 pixels). Smartphone ini telah me-menangkan “Editor’s Choice” award of 2011 What Mobile magazine dengan rating 5/5 dan dikatakan bahwa Nokia Lumia 800 adalah langkah awal besar bagi Nokia untuk kembali merajai dunia ponsel dan mengalahkan pesa-ing-pesaingnya seperti iPhone. - LEONARD ADISAPUTRA

Page 59: Milestone - April 2012

Narasi SSTLS umumnya dibagi dua bagian: entri diari Lenny Abramov dan entri globalteens dari Eu-nice Park, objek afeksi Lenny. Kontras antara peng-gunaan bahasa mereka berdua terlihat jelas den-gan cara penyajian cerita seperti ini, seakan-akan mereka datang dari zaman yang berbeda.

Konstruksi realita masa depan dalam SSTLS begi-tu nyata, dapat dipercaya, namun tetap memikat dengan elemen-elemen mengejutkan yang kadang cukup mengocok perut. Contohnya, para wanita di masa depan digambarkan oleh sang penulis seba-gai penggemar onionskins--jeans transparan yang mengekspos bagian genital mereka. Mengingat arah budaya berpakaian yang umumnya semakin lama semakin minim, penggambaran yang dilaku-kan Gary Shteyngart rasanya tidak berlebihan juga.

Di masa depan, Amerika diceritakan sebagai ne-gara raksasa yang sedang mengalami kemun-duran besar-besaran. Huru-hara di mana-mana, kesenjangan sosial yang terlihat begitu jelas, dan moral kebanyakan orang yang semakin menurun, mengindikasikan gejala-gejala fenomena ini. Ke-kayaan dunia telah berpindah sumbernya dari dun-ia barat ke dunia timur, dan di Amerika orang-orang Asia dimohon dan kadang diminta secara kasar un-tuk menyisihkan sebagian uang untuk berbelanja, agar roda ekonomi tetap berputar dalam keputus asaannya.

Dalam setting masa depan yang semrawut ini, Len-ny berusaha berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik dengan bekerja di suatu perusahaan yang tujuannya memperpanjang atau sebenarnya meng-abadikan usia manusia. Ya, tidak semudah itu untuk menentang kematian. Hal ini merupakan salah satu daya tarik SSTLS lainnya, yaitu, tidak seperti buku kebanyakan yang langsung menemukan obat keab-adian, SSTLS mendasarkan keabadian pada kes-ehatan yang selalu dijaga agar segala macam vi-rus penyakit bisa dikalahkan, sehingga badan tidak menua atau lebih tepatnya melawan arus waktu.

Dinamika kisah cinta Lenny-Eunice yang begitu smart, lucu, dan tragis sekaligus amat layak disaksi-kan, selain elemen-elemen lain dalam buku ini yaitu konstruksi masa depan yang cukup dapat dipercaya namun tidak lebih baik dari masa kini, serta pan-dangan tentang betapa tabunya agama dan privasi. Gaya bahasa yang dituturkan Lenny terkadang tera-sa terlampau rapi – yang kadang bisa membosan-kan – namun tulisan Eunice Park berhasil mengim-bangi porsi Lenny yang mungkin terlalu berat.

A M A N D A R I Z K I TA adalah contributor Books dari Sin-gapura. (www.kindergarchy.blogspot.com)

B E G I T U L A H A W A L potret masa depan menurut Gary Shteyngart yang dilontarkan oleh seorang protago-nis paling kuno, paling manusiawi, dan paling be-radab dalam buku Super Sad True Love Story (SSTLS).

Buku setengah science fiction setengah drama ini berlatar belakang masa depan yang tidak terlam-pau jauh. Mungkin memang menyenangkan bagi generasi ke depan untuk mencocokkan realita sebe-narnya dengan realita buku seperti yang pernah kita lakukan pada banyak cerita fiksi ilmiah, contohnya pada film dan buku 2001: A Space Odyssey.

Page 60: Milestone - April 2012

A N T R I A N P E N G U N J U N G dengan antusiasme yang tinggi sudah terlihat padat dari 1 jam sebelum gate dibuka. Seperti yang sebelumnya sudah diinformasi-kan di twitter sang promotor, pukul 8 tepat, suara hangat dan membuai Erlend Oye membuka konser ini dengan beberapa lagu seperti Close to You dari The Cardigans, Heaven Knows I’m Miserable Now dari The Smiths, Cayman Island dari bandnya sendiri, Kings of Convenience, dan beberapa lagu lain.

Leslie Feist, penyanyi dan pengarang lagu wanita asal Kanada ini muncul ke hadapan penonton pada pukul 21.00 bersama bandnya. Dengan irin-gan 3 penyanyi latar wanita yang dinamakan Moun-tain Man, tanpa basa-basi mereka membuka konser tersebut dengan lagu Undiscovered First dari album terbarunya, Metals.

Dengan 20 lagu, penonton dimanjakan oleh vokal Leslie yang membius seperti angin dingin dan iringan harmonisasi Mountain Man yang turut mem-berikan nilai lebih pada konser ini. Dengan aranse-men yang berbeda, penonton seakan menyaksikan versi baru dari lagu-lagu yang diambil dari album The Reminder, Leit Die, dan Metals, seperti “Musha-boom”, “How Come You Never Go There”, “So Sorry”, “Graveyard”, dan lainnya. Bahkan, usai menyanyikan lagu Honey Honey, Mountain Man unjuk diri kebole-han mereka dalam improvisasi suara. “ Jakarta is like a city from another dimension,” ucap Leslie. Wanita ini tampil cantik di Fairground, 15 Februari 2012 lalu, tepat 3 hari setelah dirinya genap

36 tahun. Para penonton secara spontan melantunkan lagu “Happy birthday” ketika salah seorang diantaranya memberikan Leslie kado teddy bear dan scarf ke pang-gung. Tyler Scollon, monitor engineer yang berulang ta-hun tepat di hari itu ikut dinyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” oleh penonton atas permintaan Leslie.

Dengan balutan dress berwarna cokelat, Leslie Feist tampak sangat enerjik dan seksi dalam memainkan gitarnya. Konser berdurasi 120 menit ini berjalan cukup khidmat dengan sebagian besar lagu yang dibawakan merupakan lagu-lagu dari album Metals, yang mana al-bum tersebut kental sekali dengan nuansa dark diband-ingkan album-album Feist sebelumnya.

Setelah menyanyikan lagu “Get It Wrong, Get It Right”, Feist masuk ke belakang panggung. Merasa be-lum puas, para penonton berteriak “We want more!” be-berapa kali. Feist kembali ke panggung menyanyikan lagu Sealion. “I can’t believe I’m in Indonesia and you’re sing-ing along!” kata Feist di tengah lagu Let It Die. Kemudian Feist pamit dan undur diri.

Suatu hal yang mengejutkan dan cukup langka, Feist kembali lagi ke panggung, dan kali ini ditemani Er-lend Oye. Mereka menyanyikan tembang lama milik Kings of Convenience yang mereka tulis bersama, The Build Up. Kemudian tanpa diiringi bandnya, Feist menyanyikan lagu Intuition. Akhirnya, When I Was A Young Girl dengan iringan drum menutup perhelatan konser powerful dan berkarakter malam itu.

Page 61: Milestone - April 2012

SEDANG MENCAR I BEAS I SWA internasional ke Eropa? Kabar baik buat Anda yang ingin berprestasi di bidang fesyen sambil mengem-bangkannya menjadi bisnis yang menguntungkan. University of Westminster, London, Inggris menawarkan ratusan beasiswa master degree untuk bidang Fashion Business Management. Beasiswa mencakup full tuition fee, akomodasi, tunjangan hidup, sampai transport dari London dan menuju ke London.

Batas waktu pengumpulan aplikasi sampai tanggal 31 May 2012

Tertarik? Informasi selengkapnya dapat diakses di www.westminster.ac.uk

Page 62: Milestone - April 2012
Page 63: Milestone - April 2012
Page 64: Milestone - April 2012

How it starts? Semuanya bermula dari rasa cinta Nina Mo-ran, Anita Moran, dan Githa Christina terhadap ma-jalah. Mereka yang ternyata juga magazine freaks sejak kecil, merasa ada yang kurang dari majalah remaja yang beredar di Indonesia saat itu. Mere-ka menginginkan majalah yang tidak hanya untuk gaya atau having fun saja, tetapi juga harus smart dan tidak lupa menyajikan info-info penting untuk diketahui kaula remaja. Dengan berita-berita in-formatif yang disajikan dengan bahasa yang tidak terlalu baku dan ukuran majalah yang praktis, ter-bukti GoGirl! mampu menyabet perhatian para remaja sehingga berhasil membukukan 120.000 eksemplar penjualan. Meskipun dengan modal yang sedikit, kurangnya kru, dan sama sekali tidak punya enough experi-ence di bidang media, tetapi dengan passion dan keyakinan yang maksimal mereka nekat menjalan-kan bisnis yang mereka sukai ini. Mereka melaku-kan survey yang berlangsung kurang lebih 1 tahun, dimana mereka mempelajari bagaimana mendi-rikan suatu majalah, cara-cara membuat konten, bagaimana melakukan distribusi dan mendapat-kan iklan. Pada awalnya memang sulit, tapi ter-bukti Nina, Anita dan Githa berhasil melewatinya.

Once it’s running...Cobaan yang mereka hadapi ternyata tidak sedikit. “Ditipu orang, pernah. Satu kantor orang keluar semua rame-rame, pernah juga. Pertama kali kita

naikkin eksemplar udah seneng banget, jakarta banjir, semua majalahnya kerendem. Halangan itu banyak banget dan nggak ada habis-habisnya. Bah-kan setelah kita udah sesukses sekarang, tetep aja ada. Misalnya kita udah pesen barang untuk bo-nus edisi ulang tahun dan ternyata barangnya itu nggak bisa dikirim karena terhalang hari raya im-lek. Padahal pesennya udah lama banget, “cuman gimana lagi kita lupa” gitu kata orangnya. Dan akh-irnya barang yang harusnya jadi hadiah edisi ulang tahun kemaren yah jadi nggak ada, dan terpaksa harus kasih yang lain.” They extremely work hard every month, bah-kan setelah sesukses sekarang. “Almost 7 sampai 9 hari sebulan aku ga pulang. Aku tidur di kantor. Tidurnya dimana? Aku tidur di kursi. Dulu waktu masih di kantor lama, kantor aku tuh berkarpet. Jadi kadang-kadang aku tidur di karpet. Karna sekarang di kantor baru lantainya keras, jadi aku tidurnya di kursi.” Masing-masing dengan kesa-daran diri mengerjakan apa yang menjadi bagian tugasnya tanpa diperintah-perintah lagi atau saling melempar kesalahan jika ada suatu masalah.

“First of all, we are sisters.” Cobaan bisa datang dari mana saja, termasuk dari dalam diri masing-masing owner. Ada saat dimana salah satu owner merasa tidak dihargai oleh yang lain atau merasa ada yang tidak

Page 65: Milestone - April 2012

puan harus lebih tegas kapan pun dan dimana pun. “Yang penting when we say no, it means no. And if we say yes, it means yes. Kalo anytime, maybe it can be yes or no, masih bisa under negotiation.” Nina juga menambahkan, kita harus tegas pada keputusan sendiri, tidak boleh plin-plan. Apabila belum bisa memutuskan, lebih baik diam dulu sampai keputusannya sudah fixed, baru dijalan-kan.

Entrepreneurship.Pertama-tama yang harus kita temukan adalah passion. Kita harus benar-benar yakin apakah ini adalah passion kita atau bukan. Passion adalah ketertarikan atau hasrat kita pada suatu hal yang membuat kita bertahan dari segala rintangan. Jika kita memutuskan untuk berhenti di tengah jalan, itu bukan passion. Contohnya ketiga owner dari majalah GoGirl! ini, passion mereka berada di bidang majalah, dan itulah yang membuat mereka dapat bertahan hingga saat ini. Dengan ambisi dan niat yang kuat, mereka berusaha un-tuk sukses di bidang yang mereka sukai tersebut. Lalu setelah menemukan passion, jiwa pantang menyerah mutlak dimiliki seorang entrepreneur. “Jadi entrepreneur itu sangat sangat sangat susah. Dan kalo kamu nggak punya kekuatan banget, better not. You can be expert as successful per-son tapi nggak perlu jadi entrepreneur. Banyak banget option di luar sana.” jelas Nina.

Peluang BisnisPeluang berbisnis di Indonesia relatif masih luas, apalagi untuk media cetak. Di luar negeri saja, peluang berbisnis untuk bidang media ce-tak masih cukup besar. Padahal setiap bulannya ada ratusan majalah yang terbit. “Untuk laki-laki kebanyakkan lebih memilih majalah online, se-dangkan untuk wanita masih lebih baik majalah cetak.” tambah Nina. Pada intinya passion, never give up, dan work hard adalah kunci utama bagi Nina, Anita dan Githa yang selalu mereka ingat sejak merintis majalah GoGirl! hingga dapat ber-jalan sesukses sekarang. From nothing, now it’s a huge success.

membuat kaum laki-laki tertegun. Apa itu? Ce-wek mempunyai attention to detail yang tinggi. Hal ini yang membuat perempuan mempunyai pekerjaan yang lebih rapi dibandingkan laki-laki. Selain itu perempuan mempunyai pandangan yang lebih luas. Namun sayangnya, saking ban-yaknya yang dipikirkan, terkadang perempuan tidak fokus dan pada akhirnya tidak maju-maju dalam mengambil keputusan. Sedangkan cowok, mereka mempunyai visi yang lebih jauh. Mereka adalah tipe yang mementingkan result oriented.

The Obstacles. “Mau nggak mau kita harus menghadapi yang namanya Double Standard. Kita cakep sedikit dibilangnya ini orang pasti bego. Kita nggak bisa dandan dibilangnya ‘ih, kok gitu sih? Nggak bisa apa cewek dandan dikit?’ Jadi serba salah gitu.” jelas Nina. Memang agak sulit bagi perempuan agar terlihat terpercaya dan berwibawa. Hal itu akan terlihat saat melakukan negosiasi. Namun konsistensi sangat menolong dan kaum perem-

bekerja karena keluar terus, padahal sebenarnya pekerjaannya mencari klien dan menjalin relasi di luar kantor. ”Hal-hal seperti itu pasti timbul pada perusahaan yang sedang berjalan. Cuma selama ini kita selalu berfikir, first of all kita adalah sister. Kita harus tahu gimana cara menempatkan diri. bila di dalam suatu ruangan, kita lagi berperan sebagai apa. Dan keluar dari situ again number one kita adalah sisters.”

How women leads?Jaman dulu perempuan adalah kaum yang sering diremehkan. Tetapi jangan salah, siapa bilang ce-wek tidak bisa menjadi pemimpin? Kenyataannya cewek mempunyai kemampuan yang seringkali

Page 66: Milestone - April 2012
Page 67: Milestone - April 2012

B A N Y A K O R A N G B I L A N G , kalau ingin sukses kita harus berani keluar dari comfort zone. Tetapi, berani saja tidak cukup. Harus disertai tekad serta kemauan yg kuat agar mencapai kesuksesan.

Hampir semua orang pasti mempunyai keinginan dan harapan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Yah, siapa sih yang nggak mau? Tetapi nggak semua orang mempunyai tekad kuat untuk merealisasi-kannya. Banyak orang yang hanya pasrah menanti rezeki datang sendiri, tanpa ada usaha untuk keluar dari comfort zone. Ada juga yang sudah menentukan tujuan, begitu menggebu-gebu di awal, tetapi berhenti di tengah jalan ketika menemui hambatan. Padahal kekuatan sebuah impian adalah tekad untuk mewujudkan-nya menjadi nyata. Everyone has a dream, but only a few have the great determination to chase it. Tekad ada-lah sesuatu yang mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan. Dengan mudah kita menulis resolusi yang akan kita capai di tahun yang baru, tetapi sampai tahun itu sudah habis hanya sedikit saja yang terlaksana. Tekad yang membuat orang terkagum-kagum adalah tekad yang dapat diuji oleh berbagai cobaan dan kesulitan.

Tetapkan tujuan sesuai dengan passion

Tidak ada gunanya bila anda menentukan tekad yang tidak sejalan dengan minat Anda. Akan ada banyak hambatan dan kesulitan yang datang nanti. Oleh karena itu bila tekad tidak sesuai dengan apa yang benar-benar Anda inginkan, dengan mudah Anda akan menyerah dan mengatakan ‘Sulit sekali, tidak mung-kin tercapai.’ atau ‘Mungkin ini bukan waktu yang tepat.’, Padahal tidak ada waktu yang lebih tepat daripada saat ini. Bila Anda terus menunda-nunda dan mengatakan besok adalah saat yang terbaik, maka ketika besok datang, Anda akan mencari alasan lagi untuk menundanya dan akhirnya tidak terlaksana sama sekali sampai waktunya habis.

Cari dan tentukan dulu minat Anda. Passion is not something that you good at, but something that you happy to do. Tidak semua passion merupakan bidang yang Anda kuasai. Satu hal yang pasti, ketika Anda menjalani hari sesuai dengan semangat, Anda tidak akan menyerah jika menemui kegagalan. Anda akan ter-us mencoba dan menganggap itu sebagai tantangan untuk mencapai kesuksesan. Cobalah luangkan waktu,

Page 68: Milestone - April 2012

bicara pada diri Anda sendiri, sebenarnya Anda ingin sukses di bidang apa?

Atau kalaupun Anda sekarang ini belum menemukan minat yang cocok, lakukan apa yang Anda kerjakan saat ini dengan sepenuh hati. Do what you love and love what you do. Semua pekerjaan pasti mempunyai sisi positif. Tanya pendapat teman-teman Anda tentang pekerjaan yang mereka tekuni, apa yang memuat mereka tetap semangat, dan mengapa mereka memilih bekerja di bidang itu? Setelah itu cobalah berfikir seperti mereka dan dapatkan ‘feel’-nya.

Apabila sudah mencoba tetapi masih belum dapat merasakan kesenangan dari pekerjaan Anda, jangan ragu untuk mencoba hal baru lainnya sampai menemukan bidang yang Anda senangi. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menemukan apa yang mereka sukai.

Commit and focus

Michael Riyadi seorang Chief Excecutive Officer St.Moriz pernah mengatakan, “Just try to be really good at one thing instead of trying to do everything and not be good on anything.”

Sering kali saat Anda sedang bertekad mewujudkan satu hal yang Anda sukai, kemudian melihat orang lain mengerjakan hal lain dan sukses membuat Anda hilang fokus dan ingin sukses juga di bidang yang orang itu tekuni. Hal inilah yang membuat tidak ada satupun yang Anda kerjakan berhasil, sebab segala sesuatunya dikerjakan setengah-setengah, tidak sampai akhir.

Setelah mengetahui tujuan Anda, berkomitmenlah dan berusahalah se-agresif mungkin melebihi kom-petitor yang ada di bidang yang anda tekuni. Dengan begitu tekad anda akan terwujud dan mendatangkan hasil positif dalam hidup anda.

“You will when you believe...”

Penggalan lagu ”When You Believe” yang dibawakan oleh Mariah Carey dan almarhum Whitney Houston. Lagu yang sangat dikagumi dan telah didengar oleh jutaan orang di dunia.

Kepercayaan dapat mengubah segalanya. Percaya bahwa apa yang Anda cita-citakan pasti terwujud

Page 69: Milestone - April 2012

dan percaya bahwa cara yang Anda lakukan sudah merupakan yang terbaik. Kepercayaan akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri dalam mewujudkan tekad. Bila tidak ada rasa percaya, Anda akan terombang ambing dalam mencapai tujuan.

Percaya pada diri sendiri akan membuat Anda bertindak sesuai dengan jati diri. Kepercayaan diri akan mem-buat Anda mengeluarkan segala kemampuan dengan maksimal sehingga bukan mustahil untuk menjadi the best. Believe in yourself, believe in your dreams, to be the best.

Never give up

Man with a great determination tidak akan pernah menyerah sebelum meraih mimpinya. Mungkin di tengah jalan ketika ada banyak masalah menghandang ia akan berhenti sementara. Tetapi itu hanya fase untuk introspeksi, tak berapa lama kemudian ia pasti akan bangkit dengan rasa optimis dan kembali dengan membawa ide-ide baru.

Tekad yang positif

Salah satu persoalan yang cukup serius terjadi belakangan ini adalah banyak orang yang begitu mengge-bu-gebu dan berambisi memperoleh jabatan dan kekuasaan yang tinggi atau mendapatkan banyak uang tan-pa tekad yang benar. Sehingga hasilnya banyak orang cenderung melakukan kecurangan dan menghalalkan segala cara untuk mencapai apa yang mereka inginkantanpa mempedulikan dosa dan pendapat orang-orang di sekitarnya.

Tetapi menjadi seseorang yang seperti itu tidak akan bertahan lama dalam kejayaannya. Mungkin mere-ka akan mencapai kekuasaan atau mendapatkan uang dengan cepat, tetapi suatu saat kecurangan mereka pasti akan terbongkar dan disitulah mereka akan jatuh. Orang seperti itu cenderung tidak dihormati oleh orang-orang disekitarnya

Mungkin Anda bukan orang yang berbakat atau tumbuh di lingkungan yang mendukung kesuksesan Anda. Meskipun demikian, Anda tidak boleh membuat itu menjadi alasan untuk merealisasikan keinginan Anda dengan curang. Nikmati saja proses menuju kesuksesan itu. Bila kesuksesan dapat diraih dengan mudah biasanya tantangannya kurang. Segala sesuatu tidak ada yang instan, semuanya membutuhkan proses. Justru kesulitan-kesulitan yang menghambat itulah yang nantinya Anda ingat disaat Anda meraih kesuksesan nanti.

Thomas Alfa Edison

Siapa sih orang yang tidak tahu ilmuwan yang satu ini? Ya, dialah penemu lampu pijar pertama kali dan lebih dari seribu macam penemuan lainnya yang ia temukan sepanjang hidupnya. Sejak kecil ia tidak dikenal sebagai seorang yang jenius ataupun berbakat. Bahkan ia pernah dikeluarkan dari sekolah karena dianggap idiot oleh gurunya.

Thomas Alfa Edison mengatakan lampu yang ia temukan merupakan hasil 99% kerja keras dan 1% kepintaran. Anda percaya? Sebelum menemukan lampu pijar, ia melakukan lebih dari seribu macam percobaan, dan mel-akukan puluhan ribu percobaan lainnya sepanjang hidupnya. Dialah salah seorang contoh . Tidak peduli pada cemooh orang-orang disekitarnya, tetap fokus menjalankan hidup sesuai yang ia inginkan.

Page 70: Milestone - April 2012
Page 71: Milestone - April 2012
Page 72: Milestone - April 2012
Page 73: Milestone - April 2012