migrasi & sistem informasi

Download Migrasi & sistem informasi

Post on 16-Aug-2015

7 views

Category:

Education

4 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. FARIZ ARDIANTO 14.110.0005 1P11 MANEJEMEN INFRMATIKA
  2. 2. import Database ke dalam SQL Server 2008 R2 1. Siapkan terlebih dahulu database yang akan di import, biasanya sih berupa .bak, dalam hal ini database yang hendak saya import namanya adalah shopGratis seperti gambar di bawah ini:
  3. 3. 2. setelah itu buka Sql Server Management Studio, letaknya ada di Start->All Program >Microsoft Sql Server 2008 R2-> Sql Server Management Studio ^^ 3. Kemudian ketika muncul gambar di bawah, klik Connect
  4. 4. 4. Kemudian right klick pada database kemudian pilih restore database seperti gambar di bawah ini 5.Hal ini adalah hal yang sangat penting, pastiin nama databasenya benar ya(dalam hal ini namanya shopGratis), kalau sampai salah, maka program yang seharus menggunakan database itu ga akan terkoneksi ^^. isi To database dengan nama shopGratis. kemudian pada specify the source and location of backup sets to restore, pilih from device kemudian tekan button ... pada samping kanannya
  5. 5. 6. setelah itu akan muncul kotak specify backup seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Add, maka akan muncul Locate Backup File, pilih database yang hendak kamu import, dalam hal ini adalah shopGratis.bak. kemudian klik ok
  6. 6. 7.kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini, jangan lupa di chek list seperti gambar di bawah, kemudian klik ok.
  7. 7. 8. Selsai
  8. 8. Sistem informasi (Sistem Informasi Perusahaan (EntIS) Pengertian Sistem Informasi Perusahaan Sistem Informasi Perusahaan adalah suatu sistem berbasis komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi. Disebut juga EntIS (Enterprise Information System) Pengertian Lain: Platform teknologi yang bisa menyatukan semua informasi dari berbagai bagian menjadi satu informasi secara logical, sehingga perusahaan/organisasi mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.
  9. 9. Enterprise Information System ( EntIS ) Alasan penggunaan Enterprise karena sistem ini mencangkup seluruh set proses yang digunakan oleh organisasi, - Manufaktur - Penjualan - Pembeliaan - Dan fungsi bisnis lainnya. Tujuan EntIS : - Mengumpulkan dan menyebarkan data ke seluruh proses yang terdapat di sebuah organisasi - EntIS menyediakan data yang digunakan manajer untuk membuat sebuah keputusan dalam merencanakan dan mengendalikan proses bisnis. Contoh EntIS : - ERP, merupakan sistem yang memungkinkan manajemen atas seluruh sumber daya manufaktur (MRP) yang berasal dari area manufaktur.
  10. 10. Evolusi Sistem Informasi Perusahaan Dimulai dengan ide untuk membuat suatu tempat penyimpanan yang dapat diakses oleh seluruh resource yang ada di dalam perusahaan. Tahun 1960, Sistem Pengolahan Transaksi - Berevolusi menjadi Sistem Informasi Manajemen (SIM). Alasan penggunaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) karena para manajer tidak puas hanya menghitung apa yang telah terjadi di dalam bisnis, mereka ingin mengendalikan bisnis di masa depan. - Berevolusi menjadi Sistem Pencatatan Kebutuhan Material (MRP) MRP pertama kali dikembangkan di area manufaktur untuk mengawasi permasalahan pengendalian persediaan yang rumit. MRP II - Menyatukan proses bisnis yang sebelumnya dipandang sebagai proses-prose yang Terpisah. Menyatukan berbagai proses berarti mengintegrasikan berbagai sistem Informasi terpisah untuk proses tersebut. - Menggambarkan perubahan pola pikir manajemen untuk memperlakukan berbagai Prose yang terpisah tetapi berkaitan erat sebagai satu kesatuan. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan seluruh sistem informasi mengenai berbagai proses di dalam batas perusahaan dikonsolidasi.
  11. 11. Penerapan Sistem Informasi Perusahaan Terdapat 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan ketika memulai untuk menerapkan sistem informasi perusahaan (EntIS), yaitu : 1. Pemilihan Penjual Perangkat Lunak 2. Pelatihan Pemakai 3. Pendekatan Peralihan Kegagalan Sistem Informasi Perusahaan Kegagalan sistem informasi perusahaan mencakup proyek yang ditinggalkan sebelum penerapannya, sehingga organisasi kembali menggunakan system informasi perusahaan terdahulu. Langkah-langkah yang dapat diambil organisasi untuk meminimalkan kemungkinan kegagalan sistem informasiperusahaan : - Mengerti kerumitan organisasi. - Mengenali proses yang dapat menurun nilainya bila standarisasi dipaksakan. - Mencapai konsensus dalam organisasi sebelum memutuskan untuk menerapkan sistem informasi perusahaan.
  12. 12. Sistem Informasi Perusahaan dan Web 1. Kemudahaan Penggunaan - Web browser umum digunakan oleh pekerja kantor serta memiliki interface yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai. - Komunikasi ke pelanggan atau mitra bisnis melalui web browser membuat perangkat lunak ERP tidak perlu dipasang pada komputer organisasi. - World Wide Web dapat menyediakan Web portal tempat umum dimana para pengunjung web dapat menjalankan aplikasi dan jasa lain untuk berbagai aplikasi dari penjual ERP. 2. Masalah Pelanggan - Perbedaan metode interaksi bisnis-kebisnis dengan interaksi bisnis- kekonsumen dapat menciptakan kesulitan bagi organisasi yang menggunakan aplikasi ERP. - Untuk mempermudah masalah, organisasi dapat memilih hanya memperbolehkan transaksi bisnis-ke-bisnis untuk berhubungan dengan sistem informasi perusahaan mereka.
  13. 13. Masa Depan Sistem Informasi Perusahaan Pertumbuhan industri ERP lebih dari 30 persen per tahun, sehingga sulit untuk membuat prediksi ke masa depan. Ada dua arah yang sedang ditempuh industri tersebut untuk membuat prediksi ke masa depan, yaitu : - Pengembangan sistem informasi perusahaan yang lebih cepat. - Perubahan yang lebih luas dari perencanaan sumber daya perusahaan menjadi manajemen sumber daya perusahaan (gerakan untuk merencanakan dan mengendalikan berbagai proses bisnis dengan mengendalikan deskripsi proses dan data).

Recommended

View more >