metro banjar edisi selasa, 5 februari 2013

16

Click here to load reader

Upload: harian-metro-banjar

Post on 07-Mar-2016

355 views

Category:

Documents


78 download

DESCRIPTION

Metro Banjar Edisi NO 4.540 TH. XII ISSN 0215-2987

TRANSCRIPT

Page 1: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Eceran Rp 2.000 Langganan Rp 55.000 http://metrobanjar.banjarmasinpost.co.id NO 4.540 TAHUN XIII ISSN 0215-298716 Halaman SELASA 5 FEBRUARI 2013

LIHUM

PEDAGANG KECIL JADI KORBAN

BANJARMASIN - Tiga hari lagi boyband SM*SH tampil diBanjarmasin Itu akan jadi show ketiga mereka di Kota SeribuSungai. Pertama kali Morgan dan kawan-kawan main diGedung Sultan Suriansyah pada 2011. Setahun kemudianmereka menghibur pengunjung Duta Mall Banjarmasin.

Pada Jumat (8/2) sore mendatang, Morgan Oey, RanggaMoela, Rafael Tan, Dicky Prasetya, Reza Anugrah, IlhamFauzi dan Bisma Karisma, kembali akan unjuk kebolehanmenyanyi dan ngedance di Himalaya Ballroom HotelBanjarmasin International.

Konser nanti akan berbeda, karena fans SM*SH atauSmashblast bakal bisa menikmati lagu-lagu hits terbaru sepertiPahat Hati dan juga yang sedang kondang, Rindu Ini (aslinyalagu lama milik kelompok vokal Warna).

BANJARMASIN - Kesebelasan BaritoPutera Banjarmasin bakal diunggul-kan bisa mencuri angka atau bahkanmempermalukan tuan rumah PersitaTangerang, dalam lanjutan laga Indo-nesia Super League (ISL) 2012-2013,Minggu (10/2) mendatang.

Selain dua kemenangan denganskor 2-1 dalam dua pertemuan ter-akhir, masing-masing uji coba pra-musim di Jakarta dan final Divisi U-tama 2011-2012 di Solo, juga menga-cu pada peringkat di klasemen se-

mentara ISL. Barito di posisi ke-enam, sedangkan Persita di

nomor 11.Namun begitu, skuat Las-

BERSAMBUNGKE HAL 8

Persita Pernah Hajar Baritokar Antasari tak boleh memandangremeh Pendekar Cisadane. Pasalnyaberdasar penelusuran Metro, Baritopernah kalah dan ditahan imbangPersita. Momentum itu terjadi padakompetisi Divisi Utama 2003.

Ketika bertandang ke StadionBanteng, Tangerang, 6 April 2003,Barito di-KO Persita dengan skor 3-1. Giliran menjamu tim ungu itu diStadion 17 Mei Banjarmasin, TimSeribu Sungai ditahan seri tanpa golalias 0-0.

Periode kurang b-agus itu bisa sajaterulang pada

BERSAMBUNG KE HAL 8

Fans SM*SH DimintaWaspada Nomor Palsu

BANJARMASIN - Museum WajaSampai Kaputing (Wasaka) masihditutup. Soalnya bangunan berse-jarah di Jalan Pangeran Hida-yatullah, di bawah JembatanBanua Anyar itu, baru selesaidirenovasi, Senin (4/2).

Meski tempatnya sederhana,namun kebersihannya cukupterjaga. Itu berkat kerja sungguh-sungguh mulai dari pengelola,petugas kebersihan hingga wakar/penjaga malam.

BANJARBARU - Puluhan pedagang pasar subuh bergegasmengemasi barang dagangan mereka saat mobil Satpol PPterlihat masuk ke pasar tersebut, Senin (4/2).

Sekejap, jalan yang tadinya tertutup oleh aktivitaspedagang, menjadi terbuka. Namun, pasar terlihat kotor danjorok. Sampah menumpuk dan berhamburan di sepanjangjalan. Belum lagi sisa limbah jualan ikan dan ayam yang

BERSAMBUNG KE HAL 8

Penjual Ikan Buru-buruKosongkan Dagangan

Syamsinar Setahun Tak DibayarPetugas MuseumDiminta Sabar

BERSAMBUNG KE HAL 8

Penarik Becak Pun Mengeluh

MARTAPURA - Tinggal tak jauh dari Pondok Pesantren Al MursyidulAmin, Gambut, membuat Habibah rajin menziarahi makam GuruBakeri yang meninggal pada Jumat (1/2) lalu.

Tiap Hari Habibah Berziarah

8halaman

BANJARMASIN - Suasana berbedaterlihat di Jalan Antasan Kecil Baratatau biasa dikenal dengan nama PasarLama, Senin (4/2). Jalan yang tertutupberpuluh-puluh tahun itu, kini jelasterlihat.

Kemarin pagi, para pengunjungyang memenuhi area pasartampak kaget melihat suasana sekitar.Jalan besar, di antara kanan kiri lapakpedagang terlihat jelas. Sinar mataharibisa terasa.

Maklum, sebelumnya jalan ter-tutup oleh banyaknya lapak peda-gang. Antara lapak kanan kiri ditutupdengan terpal, sehingga sepanjangjalan tertutupi.

“Wah kaget, pangling lihatnya.Jalan dibuka malah pasar kelihatanrapi,” kata Misrah, warga KampungMelayu.

Pantauan Metro, para pedagangyang biasa berada di kanan kiri pasarmenggeser lapaknya hingga duameter. Ada yang memenggal lapakdan mundur ke lokasi bangunan. Adapula pedagang yang terlihat menem-

Malu Jalannya Rusak 8halaman

Jalan Pasar Lama Dibuka Lagipel ke pedagang yang memiliki bangu-nan utuh.

Jalan seluas sekitar enam meter itubanyak digunakan pengendara se-peda motor yang terlihat leluasamelintas.

Ada juga deretan tukang becakyang menjejerkan becaknya tak jauhdari jalan masuk Pasar Lama.

Salah satu pedagang ketika di-mintai komentar tetap mengeluhkanpenertiban yang dilakukan DinasPengelolaan Pasar dan Sat Pol PP.Karena membuat banyak pedagangkecil tak lagi bisa berjualan.“Malah bikin banyak pengangguran,”keluh pedagang beras, Andri (35).

Menurut lelaki yang sudahberjualan selama belasan tahun itu,sebelumnya ketika ada sosialisasi,pedagang meminta agar diberikantempat relokasi.

Tetapi, dari total 300 pedagang,hanya sedikit pedagang yang bisaberjualan. Yakni pedagang yang

PENGAWASAN penertiban PasarLama dilakukan puluhan petugas Pol PP,mulai pukul 14.00 Wita. Puluhan petugasmenyisir satu per satu pedagang agar takmelewati batas yang ditentukan, untukukuran luas jalan.

Yakni delapan meter di jalan masuk,enam meter sesudah jembatan, dan limameter di bagian ujung pasar. Beberapalapak yang tak digunakan diangkutpetugas Pol PP. Sementara beberapaBERSAMBUNG KE HAL 8

pedagang yang melewati batas dibantumenggeser lapaknya.

Kasat Pol PP, Ichwan Noor Chalikmengatakan, berdasarkan rapat koor-dinasi, jalan akan diaspal oleh Dinas BinaMarga.

Bangunan di bantaran sungai jugaakan dibebaskan untuk kelanjutan pem-bangunan siring. “Kami siap untuk men-dukung pembangunan kota Banjarmasin,”kata dia. (dia)

BERSAMBUNG KE HAL 8

NET

DOK/BPOST

MUSEUMMUSEUMMUSEUMMUSEUMMUSEUM Wasaka sebelum direnovasiDOK/BPOST

BANJARMASINPOST GROUP/M RISMAN NOOR

NET

PEDAGANGPEDAGANGPEDAGANGPEDAGANGPEDAGANG Pasar Bauntung Banjarbaru yang tepergok SatpolPP berjualan melewati batas ketentuan, pukul 09.00 Wita

BANJARMASINPOST GROUP/HARI WIDODO

LELUASA -LELUASA -LELUASA -LELUASA -LELUASA - Pengunjung kini bisa lewat secara lebih leluasa di Pasar Lama, Senin(4/2)BANJARMASINPOST GROUP/RESTUDIA

Pol PP Bantu Geser Lapak

0502/M1

Page 2: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Banjarbaru HighlightSELASA 5 FEBRUARI 2013Metro Banjar2

BANJARBARU - Setelah ditunggu-tunggu pergeseran pejabat di lingkupPemko Banjarbaru akhirnya segeradilakukan. Kasak-kusuk pencarianinfomasi atau bocoran mutasi pejabatkian santer seiring pengumuman pe-lantikan yang dilakukan WaliKota Banjarbaru HM Ruzai-din Noor, Kamis (7/2) ini.

Informasi yang menjadipembicaraan di Pemko Ban-jarbaru sedikitnya ada se-jumlah pejabat eselon duasetingkat kepala dinasyang akan bergeser.

Pejabat-pejabat yangsudah cukup lama men-duduki kursinya sepertiDinas Kesehatan dr Nur-leny Saleh, Dinas Peri-kanan, Pertanian danKehutanan (Diskan-tanhut) Ir Puspa Kenca-na, Kepala InspektoratHamridi, Kepala Badan PemberdayaanMasyarakat Perempuan dan KB drgAgus Widjaya serta tiga jabatan staf ahli

Khairiyah Ketua DPCIWAPI Banjarbaru

BANJARBARU - Pengurus baru Dewan Pimpinan Cabang(DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Ban-jarbaru periode 2013-2018 secara resmi dilantik DPD IWAPIKalsel.

Pelantikan tersebut akan dilangsungkan hari ini Selasa (4/2) di Aula Linggangan, Kota Banjarbaru.

Selain menggelar pelantikan pengurus baru DewanPimpinan Cabang (DPC) Kota Banjarbaru periode 2013-2018juga akan dilaksanakan kegiatan seminar motivasi.

Seminar motivasi tersebut langsung dipandu oleh pematerihandal dari Center for Research on Biomolecurar Interactions(CRBI) Jakarta, Ridwan My.

Ketua IWAPI Kalsel, Hj Mariaty SE, mengatakan, acaraseminar tersebut membahas tentang inner beauty dan seputarmasalah persoalan perempuan terkait penampilan, peran danaktivitas bagaiman menjadikan perempuan yang cerdas atausmart tampil cantik luar dalam.

“Jadi nantinya tak hanya arisan dan bazar. Namun ilmuuntuk membuat kepribadian perempuan tampil cantik luardalam. Peserta bisa mendalaminya dalam seminar itu,” ujarMariaty.

Dia mengatakan, kecantikan dan performa luar dan dalampenting bagi perempuan. “Karena itu bisa memunculan aura-aura positif dan akan berpengaruh,” ujar dia.

Dia menambahkan, selain acara seminar dan pelatihan,kemeriahan acara juga diiambah dengan pelelangan hasilUsaha Karya Mandiri (UKM) Banjarbaru, mulai darikerajinan tangan, dan home industri semisal catering dansejenisnya.

Pada acara pelantikan tersebut, sambung Mariaty,pesertanya adalah pengurus IWAPI se Kalsel dan GabunganOrganisasi Wanita se-Kota Banjarbaru, SKPD dan penjabatdaerah setempat sebagai undangan.

“Kami juga mengundang Wali Kota Banjarbaru, RuzaidinNoor untuk memberikan sambutan pada acara tersebut,” ujardia.

Sekadar diketahui, pejabat yang dilantik pada pengurusbaru IWAPI DPC Kota Banjarbaru di antaranya Hj Khairiyahsebagai ketua DPC IWAPI Kota Banjarbaru untuk periode 2013-2018. (lis/*)

dikabarkan bakal lengser dari ja-batannya.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor)SKPD yang dihadiri seluruh pejabateselon dua setingkat kepala dinas sertapejabat eselon tiga setingkat kabag

ataupun camat, Sekda BanjarbaruH Syahriani Sjahranmengumumkan jadwalpelantikan yang akandilakukan Kamis (7/2).

Oleh sebab itu, iamengimbau kepada selu-ruh pejabat di lingku-ngan Pemko Banjarbaruuntuk tidak dulu me-ninggalkan tempat.

“Hasil konsultasiyang kita sampaikan keProvinsi sudah turun.Kamis ini kita akan segeradilakukan pelantikan.Saya imbau seluruh pejabattidak dulu keluar daerah,”tegas Syahriani dalam rapat

yang digelar Senin (4/2) tersebut.Ia mengakui, dalam mutasi kali ini

akan melibatkan banyak pejabat. Khu-sus eselon dua, diakuinya sedikitnyaada enam jabatan eselon dua setingkatkepala dinas yang akan bergeser. De-mikian pula, jabatan staf ahli.

“Ya, sekitar enam pejabat eselon duayang bergeser di antaranya termasukdua pejabat yang mengajukan pengun-duran diri,” ujar dia.

Pelantikan pejabat kali ini, beberya,akan melibatkan sedikitnya 140 pejabatyang akan dilantik. Selain eselon duajuga cukup banyak sekitar 50 pejabateselon III yang akan dilantik serta ra-tusan pejabat eselon IV.

“Pelantikan kali ini ada mutasi danada juga promosi disesuaikan dengankompetensi dan prestasi. Ada staf yangdilantik promosi menjadi pejabat eselonempat,” katanya.

Kepala BKD Banjarbaru Burha-nuddin pun mengingatkan para pejabatyang bergeser untuk tidak lagi bertanya-tanya mengapa tergeser.

Perpindahan atau mutasi, jelas dia,kali ini dilakukan secara keseluruhandisesuaikan dengan kompetensi dan

kemampuan kinerja pejabat tersebut.“Jadi, tidak perlulah bertanya-tanya

kenapa saya dipindah,” ujar dia.Wakil Walikota Banjarbaru Ogi Fajar

Nuzuli juga mengingatkan bahwa janganterlalu memikirkan jabatan yang diberikan.

Untuk seseorang yang pernah sakitparah seperti dirinya, jabatan bukanlahyang utama. Terpenting, ia diberikankesehatan.“Jadi, tidak perlu terlalu difikirkan untukjabatan. Yang penting, kita semua sehat dandiberikan panjang umur,” ujar Ogi. (wid)

BANJARBARU - Pemerintah KotaBanjarbaru dinilai masih belum seriusdan tegas menangani penertiban pe-nginapan dan hotel atau tempat lainyang dijadikan tempat maksiat.

Ketidakseriusan itu dikeluhkanoleh Lani (42), warga Loktabat Utaratersebut menilai pemko lambanuntuk memberikan sanki dan tinda-kan yang tegas.

“Buktinya saja masih ditemukanpasangan mesum. Artinya pemkomemang tak serius,” katanya, Senin(4/2). Dari data yang dihimpun MetroBanjar, dalam razia yang dilakukanPolsek Banjarbaru Barat ke tempathotel dan penginapan itu ada lebihdari 50 pasang yang terjaring dalamwaktu dua bulan. Malah ada sampai dipergokinya,kepala sekolah, PNS, mahasiswa,bahkan hingga ada yang diberhen-tikan dari jabatan.

BANJARBARU - M Husni Mubaroq SPibersorak girang saat pengumuman pe-gawai teladan disampaikan pada gelaranapel gabungan yang berlangsung dihalaman Kantor Kecamatan Liangang-gang, Senin (4/2).

Maklum saja, namanya disebutsebagai juara pertama honorer teladanse Kecamatan Lianganggang. Prestasipegawai honorer di Kelurahan LandasanUlin Utara (LUU) ini pun berbuah rewardberupa uang sebesar Rp 300 ribu.

“Gembira sekali kita. Nggak nyangkasaja bisa terpilih,”ujar Mubaroq senang.

Dia pun bakal mewakili KecamatanLianganggang dalam lomba pegawaiteladan tingkat Kota Banjarbaru yangakan diumumkan saat peringatan harijadi Banjarbaru.

Camat Lianganggang, Ubai S Sos me-ngatakan, penetapan Mubaroq sebagaijuara lomba pegawai honorer teladan ti-dak asal tunjuk.

Tetapi, lanjutnya, dilakukan berdasarhasil penilaian yang dilakukan oleh pim-pinan dimasing-masing kelurahan serta

ENAM PEJABATPEMKO DIGESER

Mubaroq SenangWakili Banjarbaru

Bocoran Mutasi Pejabatdi Pemko Banjarbaru

❊ Enam pejabat eselon II yangbergerser, termasuk 2 pejabatyang mengundurkan diri

❊ 140 pejabat eselon II-IV yangdilantik

❊ Pengumuman pelantikandilakukan Kamis (7/2)

“Kamis ini kitaakan segeradilakukan

pelantikan. Sayaimbau seluruh

pejabat tidak dulukeluar daerah”

SYAHRIANI SJAHRANSekda Banjarbaru

tim penilaian kecamatan.“Kita tidak asal tunjuk tetapi me-

mang berdasarkan penilaian yang dida-sarkan pada dedikasi, loyalitas dan pe-ngetahuan. Nanti, beirian kalau asaltunjuk,”bebernya.

Menurut dia, penilaian honorerteladan ini memang dipersiapkan untuklomba pegawai honorer teladan tingkatkota.

Selain itu, ditujukan untuk memoti-vasi kinerja para pegawai lainnya. Ma-kanya, Dia menyiapkan hadiah reward.

“Tidak seberapa sih yang kitaberikan untuk hadiah. Tetapi, mudah-mudahan ini membuat menarik peni-laian yang kita berikan,” harap dia.

Setelah melakukan penilaian honorerteladan, sambungnya, penilaian serupajuga akan dilakukan kepada PNS diLianganggang

“Sama seperti halnya honorer tela-dan kita lakukan penilaian secara ob-jektif berdasarkan dedikasi, loyalitas sertapengetahuan. Ada testnya secara khusus,”ungkap dia. (wid)

Padahal sebelumnya Wali KotaBanjarbaru, Ruzadin Noor menegas-kan kepada tempat tempat yang ber-potensial maksiat, semisal di hotel,salon, pengipanapan, billiar dan tem-pat tongkrongan lainnya, tidak segansegan akan mencabut izin usahanyabila diiketahui ‘nakal’. Orang nomor satu di Banjarbaruitu menegasan bila sampai tiga kalidiketahui tak mengindahkan, makaakan cabut izinnya. Namun langkahpertama akan tempeli stiker pela-rangan maksiat. Kepala Dinas Pariwisata Pemudadan Olhraga, Dra H Mahrina NoorMM melalui kabid pariwisata, Lalimengakui penempelan setiker itumasih belum.

“Kami masih melakukan usahapersuasif dengan memberikan tegu-ran teguran lisan dan pembinaaninternal dulu,” kilah dia, Senin (4/2). (lis)

Hotel BelumDitempeli Stiker

UJIAN -UJIAN -UJIAN -UJIAN -UJIAN - Seoranganggota SatlantasPolres Banjarbarumengawasi empatpemohon SIM yangmengikuti ujian, Senin(4/2). Seiringperkembanganteknologi, ujianterhadap pemohon SIMjuga menggunakanperalatan canggih,tidak lagimenggunakan kertassoal dan kertasjawaban. Semuamenggunakan sistemkomputerisasi.

BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

Pencurian MasihTerbanyak

BANJARBARU - Pencurian dengan pemberatan atau juga disebut pembobolan rumah kosong menjadi tugas aparat PolresBanjarbaru dan menjadikan kasus itu paling menonjol di KotaIdaman.

Hal itu dikarenakan jumlah laporan yang masuk lebihbanyak terkait kasus curat. Oleh karena itu petugas reskrimharus kerja keras untuk menuntaskan pekerjaan rumah yangada. Dalam tiga bulan ini, Oktober-Desember 2012, terjadi 22pencurian dengan pemberatan. Angka itu justru lebih banyakbila dibandingkan dengan kasus pencurian kendaraan bermotor(curamor) yang biasanya marak di kota kota besar. Curanmorberada di peringkat kedua setelah kasus curat dengan totalkasus sebanyak 13. Sementara untuk pencurian dengan kekerasan (curas) adasebanyak tujuh kasus. Disusul pencabulan 4 kasus, pem-bunuhan tiga kasus, bawa lari anak di bawah umur 1 kasusdan korupsi satu kasus. Pun juga sama dari global yang disampaikan ke KapolresBanjarbaru. AKBP Budi Santoso. Laporan yang cukup menonjol di 2012 lalu, curat menjadirangking satu dengan total 115 laporan yang diungkapsebanyak 36. Peringkat ke dua di tempati pencurian kendaraan bermotorsebanyak 80 kasuk dengan ungkap sembilan. Kapolres Banjarbaru, AKBP Budi Santoso mengatakankasus curat mendominasi itu diakibatkan warga cuek dengankeamanan. Terlebih pula, warga kadang lambat melaporkan kejadian,bahkan ada juga yang terjadi pencurian namun engganmelaporkan. “Warga jangan takut dan malu bila ada rumahnya yangkebobolan maling. Segera lapor kepolisi agar lebih cepat polisimelacaknya,” ujar dia. Ia mengimbau untuk memperetat keamanan lingungansetempat.”Keamanan perlu juga, semisal dengan melapor keketua Rt/ penjagaan bila mau keluar rumah. Atau memberkanalat pengaman tambahan di rumah semisal kunci ganda atauCCTV,” ujar dia. (lis)

0502/M2

Page 3: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Martapura WatchSELASA 5 FEBRUARI 2013 3Metro Banjar

BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

BERANGKABERANGKABERANGKABERANGKABERANGKAT SEKT SEKT SEKT SEKT SEKOLAH -OLAH -OLAH -OLAH -OLAH - Dua santri perempuan berangkat ke sekolah menumpang sepeda motor melewati sebuah gang di Desa Pekauman, Martapura Kota, Senin(4/2). Di tepi jalan Kertak Baru di kawasan ini banyak ditemui gang yang menghubungkan Jalan Kertak Baru dengan Jalan Martapura Lama.

MARTAPURA - Sepekan lagi, tepat-nya mulai Senin (11/2) ribuan siswatingkat SMA,MA dan SMK sederajatakan melaksanakan uji coba UjianNasional (UN) yang dilaksanakanoleh tingkat Provinsi Kalsel.

Para siswa pun melaksanakanberbagai persiapan menghadapi ujicoba tersebut melalui program belajartambahan.

Seperti halnya yang diungkap-kan oleh seorang siswi kelas XIISMAN 2 Martapura, Nurrul Hikmah.Sebelum pelaksanaan uji coba dia su-dah mengikuti program belajartambahan di sekolah.

“Saya sudah mengikuti les di se-kolah dan di luar sekolah. Hal itu un-tuk membantu tambahan materi be-lajar agar siap dalam menghadapi UNdan uji coba,” ujar dia, Senin (4/2).

Menurut dia, pelaksanaan uji co-ba akan dilaksanakan pada Senin

(11/2) nanti sudah sama sepertipelaksanaan UN.

Dia mengatakan, mata pe-lajaran yang masih

menjadi tantangan yaituFisika. “Kalau Fisika ituselain hitungan danaplikasi juga harus me-nguasai rumus, karenaitu harus lebih dilatihlagi,” katanya.

Sementara WakilKepala SMAN 2 Mar-tapura Bidang Kurikulum,Muzni, menjelaskan, se-belum pelaksanaan ujicoba tingkat Provinsi Kal-sel, para siswa sudah

NURUL TAKUT FISIKAEnam Penjudi

Masih DiperiksaMARTAPURA - Pemeriksaan dan pengemba-ngan terhadap enam pelaku judi domino yangdigerebek di Jalan Manarap Gang H Usdar RT1 RW 1, Desa Manarap Tengah, KelurahanManarap Tengah, Selasa (29/1) lalu terus di-lakukan Polsek Kertakhanyar. Hingga saat ini, keenam penjudi yangterdiri dari Ridwan (34), Tarmiji (54), YudiRahmani (33), Husni Nafarin (29), M Riduan(29) dan Anci (29) masih mendekam di taha-nan Mapolsek Kertakhanyar. “Untuk M Riduan (29) dan Anci (29) barumenyerahkan diri sesaat setelah empat te-mannya ditangkap. Saat digerebek, keduanyasempat kabur ke rumahnya masing-masingdi Kompleks Palapan,” ucap Kapolsek Ker-takhanyar, AKP Heri Munanto, Senin (4/2). Setelah semua pelaku perjudian itu leng-kap, barulah pemeriksaan kembali dilanjutkan.Bahkan, saat ini sudah mengarah ke pengem-bangan. Heri mengatakan, bentuk pengembanganyang dilakukan adalah memeriksa dokumenpistol air soft gun yang sempat ditemukan disalah satu kamar di rumah yang digerebektersebut. “Itu milik Ridwan pemilik rumah. Setelahkita cek dokumennya, ternyata izinnya masihberlaku. Satu bulan ke depan, izin senjata itusudah habis,” ungkap Heri. Pihaknya hanya membuatkan berita acarapenitipan barang terhadap air soft gun itu. (nic)

MARTAPURA - Sesuai janji-nya, Dinas Bina Marga danSumber Daya Air (SDA) Banjarsejak awal 2013 ini mulai me-lanjutkan pelaksanaan peleba-ran dan pengerasan Jalan Veterandi Kecamatan Martapura Kota.

Proyek pelebaran danpengaspalan jalan dari titik 0sampai 733 meter ini merupa-kan pengerjaan lanjutan daripelaksanaan pengaspalan sebe-lumnya di titik 733 meter sam-pai simpang tiga menuju Cin-daialus dan Sungaisipai. Hingga saat ini, pelaksana-an di lapangan masih terlihatupaya pengerasan tanah. Se-mentara itu, pengerjaan drai-nase di samping kanan dan kiriJalan Veteran sudah selesai di-kerjakan sejak 2012. “Meski belum mulus tapisekarang Jalan Veteran lebih le-bar dan enak saat dilalui. Tidaksempit seperti dulu,” ujar Yanti,warga Breman RT 14, Senin (4/2).

Menurut dia, upaya Pem-kab Banjar untuk melakukanpelebaran dan pengaspalan diJalan Veteran mulai titik 0 sam-pai 733 meter ini sudah bagus.Namun, dia berharap agar bisadilakukan cepat. “Kalau bisa dipercepat pe-ngaspalannya. Dengan begitu,pengendara dan warga sepertisaya yang tinggal di pinggirjalan ini tak terimbas debu-nya,” ujar ibu muda tersebut. Sejumlah tukang ojek yangbiasa mangkal di depan lahaneks Pabrik Kertas Martapura(PKM) mengungkapkan hal

Pedagang MulaiTempati PPS

MARTAPURA - Sambil mengupas daun kol, Isum (37)tersenyum ketika beberapa pengunjung menghampiri lapakbarunya bernomor 439 di Blok A Pusat perbelanjaan Sekum-pul (PPS).

Senin (4/2) itu ia bersama ratusan pedagang subuhlainnya telah menempati lapak baru.

“Alhamdulillah dua hari ini dagangan laku saja, pelang-gannya sama seperti fi tempat yang dulu,” ujar Isum saatditemui di PPS.

Menurut dia, sejak Minggu (3/2) sekitar pukul 03.00 Wita,dia sudah mempersiapkan dagangannya. “Sudah saya per-siapkan seperti biasanya, alhamdulillah karena banyak pe-dang lain yang ikut pindah jadi lapak blok B jadi ramai,”katanya.

Meski begitu, Isum masih berharap agar kondisi sekitarpasar busa dibenahi. “Jangan sampai kondisinya becek, kalauhujan kasihan pembeli jadi malas masuk ke Lapak, sepertiminggu pagi sempat hujan,” ucap dia.

Sementara itu pedagang lainnya, Firdaus menambahkan,dia juga merasa senang bisa pindah lapak baru. “Sudah duahari ini cukup ramai juga pembeli yang datang, dagangankami pun cepat habis,” ungkap pedagang sayuran itu.

Mereka masih mencoba menyesuaikan diri dengan lokasiberjualan yang baru. “Kami coba sesuaikan dengan suasanabaru, tapi kami juga belum bisa memiliki karena lapak inijuga masih punya orang, itu yang kami inginkan dari pihakPengelola agar kami bisa berjualan lebih leluasa,” jelasnya.

Kabid Operasional PD Pasar Bauntung Batuah, Mustofamenjelaskan, selama dua hari melaksanakan aktivitas ber-dagang, kondisi PPS cukup kondusif.

“Pedagang sudah mulai berjualan, kami pun ikutmelakukan pemantauan sejak pukul 03.00 Wita, rupanyamereka sudah mengikuti imbauan kami,” jelasnya.

Direktur PD Pasar Bauntung Batuah, Warsiyat, hinggadua hari pasca pelaksanaan pemindahan, para pedagangmulai aktif berjualan.Meski begitu, baru Blok B yang terlihat ramai sementara blokA masih dalam proses pembenahan.

“Untuk Blok A masih dalam tahap pembangunan MCK,dan kita lengkapi juga dengan sarana musala, kita lakukansecara bertahap,” uja dia.

Sementara itu diungkapkannya, setelah dilakukanpemindahan bagi 594 pedagang tersebut, masih ada pedaganglain yang mendaftar dan berminat untuk ber-jualan.

“Setelah kami sengaja buka blok Adan Blok B, ternyata ada yang antu-sias ingin ikut berjualan, apalagimereka yang membayar sewa sebelumpedagang dipindah, namun kamicarikan daftarnya terlebih dahulu jikamasih ada lapak yang kosong,” ujarnya.

Mengenai keinginan pedagangagar bisa memiliki lapak secarapermanen, Warsiyat menje-laskan, hal itu bukan men-jadi kewenangannya.

“Sementara inikita sudah mem-buat kesepakatandengan cara meng-gratiskan merekamembayar sewaselama satu ta-hun dan tahunkedua membayarsewa Rp 100 ribuper bulan, untukpembelian lapak,hal itu bukan ke-wenangan kami,”jelasnya. (gep)

mengikuti bimbingan belajar.“Maksudnya adalah program

bimbingan belajar tambahan dari se-kolah, mereka dipersiapkan dengan be-lajar pengayaan dan adaptasi untukpersiapan Ujian Nasional,” jelas dia.

Selain itu pihaknya juga ingin me-ningkatkan nilai minimum rata-ratamenjadi 80. “Sebelumnya pada 2012nilai minimum yang tertinggi yaitu70 jadi kami ingin tingkatkan,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan in-formasi yang didapatkannya, jumlahsoal uji coba akan diatur seperti pe-laksanaan UN.

“Kalau pada 2012 soalnya hanyasatu paket, rencananya dirancangjadi 20 paket, sehingga peserta tidak

bisa mencontek,” katanya.Kadisdik Kabupaten Banjar,

Gusti Ruspan Noor menjelaskanpihaknya sudah mempersiapkandan mengatur jadwal pelaksanaan.

“Kami sudah atur jadwalnya,untuk Tingkat Provinsi dilaksanakanpada 11-13 Februari 2013 sementarakabupaten Banjar akan laksanakanUN pada 4-7 maret 2013,” jelasnya.

Dia mengharapkan pelaksanaanuji coba bisa dijadikan pemetaan se-hingga dijadikan evaluasi prosespembelajaran.

“Semoga pelaksanaannya dapatdijadikan tolak ukur sampai sejauhmana capaian yang diperoleh padaproses pembelajaran,” katanya. (gep)

08.00 - 10.00 WitaKelas IPA - FisikaKelas IPS - GeografiKelas Agama - Sastra Hadits10.30 - 12.30 WitaKelas IPA - KimiaKelas IPS - EkonomiKelas Agama - Tafsir

SMK* Senin 11/208.00 -10.00 WitaBahasa Indonesia10.30 -12.30 WitaBahasa Inggris

◗◗◗◗◗ Selasa08.00 -10.00Matematika

Sumber: Disdik Kabupaten Banjar

◗◗◗◗◗ Senin 11/208.00 - 10.00Kelas IPA - Bahasa IndonesiaKelas IPS - Bahasa IndonesiaKelas Agama - Bahasa Indonesia10.30 - 12.30 WitaKelas IPA - BiologiKelas IPS - Sosiologi, antropologiKelas Agama - Fikih

◗◗◗◗◗ Selasa 12/208.00 - 10.00 WitaKelas IPA - MatematikaKelas IPS - matematikaKelas Agama - Matematika10.30 - 12.30Kelas IPA - Bahasa InggrisKelas IPS - Bahasa InggrisKelas Agama - Bahasa Inggris

◗◗◗◗◗ Rabu 13/2

Jadwal Uji Coba UN Provinsi

Tukang Ojek Pun Ikut Senangyang sama. “Ikut senang juga setelahjalan diperbaiki. Lebih luas danlebar. Meski begitu, masih adabeberapa lubang yang harusditambal. Mungkin saat dias-pal nanti baru bisa mulus,”ujar Supian, seorang tukangojek. Pantauan Metro Banjar,perkerasan jalan masih dila-kukan di sepanjang titik 0-733meter. Di sejumlah titik, masihada beberapa lubang yangterkadang mengganggu pe-ngendara. Tak jarang, saathujan turun lubang di jalan itumenjadi tempat kubangan.

Selain Jalan Veteran mulaititik 0-733 meter, kegiatanpembangunan drainase disamping kanan dan kiri juga

terlihat di jalan yang berbatasandengan Kota Banjarbaru. Se-jumlah material sudah terlihatdi kanan kiri jalan untuk per-baikannya. Kepala Dinas Bina Margadan Sumber Daya Air (SDA)Kabupaten Banjar, HM Hilmanmembenarkan bahwa upayapengerjaan lanjutan Jalan Vet-eran sudah dilakukan sejakawal 2013. Menurut dia, proyek kelan-jutan itu akan dijadikan satupaket dengan perbaikan jalanyang berbatasan dengan KotaBanjarbaru.

“Dana yang disiapkan Rp2,5 miliar. Pengerjaan Jalan Vet-eran jadi satu paket denganperbaikan jalan di batas Banjar-baru,” ucapnya.

Dengan telah dilakukan pe-ngerjaan di kedua jalan terse-but, Hilman optimis pada 2013ini sudah bisa terselesaikan. “Saya berharap warga bisabersabar. Yang pasti kami beru-saha maksimal untuk memper-baiki Jalan Veteran dan jalanperbatasan dengan Kota Ban-jarbaru,” terangnya. Khusus untuk jalan di per-batasan Kota Banjarbaru itu,pihaknya sengaja membuat drai-nase untuk mengalirkan air yangkerap berkubang jika hujan. “Kendala jalan di situ me-mang tidak adanya drainase,karena itu kami buatkan. Samaseperti Jalan Veteran, jika drai-nase sudah selesai makapengaspalan mulai dilakukan,”ucap dia. (nic)

BPOST GROUP/DOK

WarsiatWarsiatWarsiatWarsiatWarsiat

BANJARMASIN POST GROUP/RENDY NICKO

BELUM SELESAI -BELUM SELESAI -BELUM SELESAI -BELUM SELESAI -BELUM SELESAI - Sejumlah pengendara melewati jalan Veteran yang masih tahap perkerasan,Senin (4/2). Pelebaran dan peninggian badan jalan ini sudah berlangsung hampir tiga tahun.

0502/M3

Page 4: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Viva BaritoSELASA 5 FEBRUARI 20134 Metro Banjar

Jadwal Laga Selasa (5/2)Jadwal Laga Selasa (5/2)Jadwal Laga Selasa (5/2)Jadwal Laga Selasa (5/2)Jadwal Laga Selasa (5/2)Pelita BR vs Persija

(Live on TV One Pukul 16.30 Wita)

Hasil Laga Senin (4/2)Hasil Laga Senin (4/2)Hasil Laga Senin (4/2)Hasil Laga Senin (4/2)Hasil Laga Senin (4/2)Persiram 1 - 0 PersitaPersidafon 0 - 0 Persib

Hasil Laga Minggu (3/2)Hasil Laga Minggu (3/2)Hasil Laga Minggu (3/2)Hasil Laga Minggu (3/2)Hasil Laga Minggu (3/2)Gresik United 2 - 1 Persisam

Arema Indonesia 3 - 1 Mitra KukarPersiwa 2 - 0 Persepam MU

Persipura 2 - 0 Persela

Klasemen Sementara1. Mitra Kukar 5 4 0 1 11-8 122. Gresik United 5 4 0 1 7-4 123. Arema 5 3 0 2 11-5 94. Persipura 4 2 2 0 8-2 85. Persisam 5 2 2 1 9-7 86. Barito Putera 4 2 1 1 5-4 77. Sriwijaya FC 5 2 1 2 12-12 78. (9) Persib 4 1 3 0 7-5 69. Persiwa 4 2 0 1 7-7 610.Persiba 4 1 2 1 3-3 511.(14) Persidafon 4 1 1 2 7-7 412.Persija 4 1 1 2 4-7 413.(17) Persiram 4 1 1 2 3-6 414.Persita 4 1 1 2 3-7 415.Persela 2 1 0 1 5-4 316.Pelita BR 5 0 3 2 5-7 317.PSPS Pekanbaru 4 0 2 2 2-4 218.Persepam MU 3 0 0 3 0-10 0

TTTTTop Skop Skop Skop Skop Skorerorerorerorerorer5 Gol5 Gol5 Gol5 Gol5 Gol Cristian Gonzales (Arema)

Boaz Salossa (Persipura)Foday Boakay (Sriwijaya FC)

Tularkan SkemaSaat Jadi Pemain

Bagi Anda pencinta Barito Pu-Bagi Anda pencinta Barito Pu-Bagi Anda pencinta Barito Pu-Bagi Anda pencinta Barito Pu-Bagi Anda pencinta Barito Pu-tera,kirimkan saran untuk kema-tera,kirimkan saran untuk kema-tera,kirimkan saran untuk kema-tera,kirimkan saran untuk kema-tera,kirimkan saran untuk kema-juan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluijuan tim kesayangan kita melaluiSMS kSMS kSMS kSMS kSMS ke 08565e 08565e 08565e 08565e 08565128128128128128797979797944. SMS yang44. SMS yang44. SMS yang44. SMS yang44. SMS yangbelum termuat, ditampilkan padabelum termuat, ditampilkan padabelum termuat, ditampilkan padabelum termuat, ditampilkan padabelum termuat, ditampilkan pada

edisi berikutnya.edisi berikutnya.edisi berikutnya.edisi berikutnya.edisi berikutnya.

Kenapa Tidak KuningKENAPAKENAPAKENAPAKENAPAKENAPA wkt main dgn persegres kmrnBARITO tidak pakai kostum kebesarannyakuing2. setahu saya dkompetisi profesionalmanapun bila kostum kdua tim sama,makatim tamu lah yg pakai kostum tandang. iniko” BARITO yg mmakai kostum tandangnya.HAGGIA-NABILA benua halat RANTAU

085085085085085757575757511111333331111189868986898689868986

Terlalu KecilBUBUBUBUBUAAAAATTTTT manejemen barito kyaknya lap yg adad indrasri martapura sdh cukup bgus tapiklayakn stadion utk mnampung penunton ygbanyk terlalu kecil tlg lh pindh ke lap 17 meibjm scptnya by ulis vansuri

085393085393085393085393085393777776622662266226622662244444

Tolong PartisipasinyaKEPADA yg terhormat pak gebernur.pakwalikota.dan para pengusaha diwilayah ini.tolong dong partisipasinya untuk perbaikanstadion 17 mei.jangan hanya hasil buminyaaja yang dikuras masa kalah sama kaltimyang sdh punya beberapa stadion nasionaldan internasional

080808080811111348348348348348777771111177777404040404077777

Menang di LuarAAAAAYYYYYOOOOO barito.buktikan dan tujukkan bahwabarito juga bisa menang di luar kan-dang.bravo barito.

082082082082082111115555577777777776666611111111116666666666

Kami Terlalu SabarKAMIKAMIKAMIKAMIKAMI semua pendukung barito putera beriperingatan kepada gubernur rudi arifin kpnstadion 17 mei di renopasi, seblm kami demoke kantor gubernur menuntut janji gubernurmau renopasi stadion 17mei. pak gubernurkami pendukung barito terlalu sabar dgnjanji2 pian mau renopasi stadion 17mei

087814421800087814421800087814421800087814421800087814421800

Menantikan JanjiSASASASASAYYYYYAAAAA pendukung barito putra, sayamenantikn janji bpk Gubernur di hadapanpendukung barito putera.. Bpk Gubernur aknrenovasi stadion 17 mei.. Kapan bpkrenovasi nya jar.

085754835293085754835293085754835293085754835293085754835293

Bangga Punya StadionSÀYSÀYSÀYSÀYSÀYAAAAA sebagai org Bnjr merasa banggamempunyai stadion Demang lhmn Mtpr lebihbgga seandai stadion 17Mei direnopasibesar2 an

085208520852085208524986949869498694986949869777777272727272

Wajib MenangBBBBBBBBBB hilang tak jd mslh yg pnting tim ksygnbanua kita stiap melakoni laga kandangwajib MENANG!!! Maju trus BARITO PUTERAsampai mnjdi juara ISL thn ini, “HARAMMANYARAH WAJA SAMPAI KAPUTING”

087815340128087815340128087815340128087815340128087815340128

Kitalah yang TerkuatSEMOGASEMOGASEMOGASEMOGASEMOGA BARITO FC sukses meraihkemenangan dimana saja bermain, teruslahsemangat sobat, tunjukkan pd merekakitalah yg trkuat.by ank2 BARA (baritomartapura)

085249362403085249362403085249362403085249362403085249362403

Yongky Mulai TajamSEKARANGSEKARANGSEKARANGSEKARANGSEKARANG kita lihat yngky sudah mulaitajam. Agar panitia pertandingan terkesankalau masuk itu karcis betul 2 disobekkasian bapak h.leman jangan gunakankesempatan dalam kesempitan

085250852508525085250852512222012222012222012222012222077777

Pasang SyaifullahCOACHCOACHCOACHCOACHCOACH salahudin ayo fank d’pasangsaifullah nazar mlwn persita kaina, kdyongky truz ha yg d’psang brp kli sdh mæn 1bji z hyr mancetak tolng fank d’coba pemænasal kalsel .bravo sepak bola kalsel. ‘ÑDY3llow Boy$’ ~>BORÑ30 FÇ<~

085249850501085249850501085249850501085249850501085249850501

Lemah di TengahSASASASASAYYYYYAAAAA mengamati beberapa pertandinganBarito msh lemah di Sektor tengah. tolong BangSalahudin evaluasi dan cari pemain tengah ygbisa benar-benar mengatur ritme permainandan bisa melakukan tendangan dr luar kotakpenalti lawan. terima kasih dr: Ramang

085252369085252369085252369085252369085252369750750750750750

PELATIH Barito Putera, Salahu-din, menilai para pemainnya kinimakin pede alias percaya diri. Ini,menjadi modal yang bagus bagiLaskar Antasari, untuk menghadapilaga tandang melawan PersitaTangerang, Minggu (10/2).

Peningkatan performa MekanNazirov dan kawan-kawan tersebut,memang terlihat selama merekalatihan dan setelah uji cobamelawan tim Porprov Banjarbaruyang berakhir dengan skor 14-0,Minggu lalu.

“Selama kita latihan danmenang melawan tim PengprovBanjarbaru 15-0, kepercayaan dirianak-anak makin bagus. Anak-anaksudah punya percayaan diri untukmencetak gol. Paling tidak itu bisadiulang-ulang, ketika Baritomenghadapi lawannya di ISLnanti,” kata Salahudin.

Kekurangan timnya memangbelum terlihat, karena uji cobamelawan Porprov Banjarbaru yanglevelnya di bawah Barito, tidak bisadijadikan ukuran.

“Melawan Persita kita berusahasemaksimal mungkin meraih yangterbaik. Yang penting mental, fisikdan disiplin dalam bermain, perluditingkatkan, agar keinginan itudapat diwujudkan,” kata Salahu-

“Melawan Persita kitaberusaha semaksimalmungkin meraih yangterbaik. Yang penting

mental, fisik dan disiplindalam bermain, perlu

ditingkatkan

SALAHUDINSALAHUDINSALAHUDINSALAHUDINSALAHUDINPlatih Barito

MAKIN PEDE

SEMASA menjadi pemain,Salahudin merupakan pemainsayap yang tangguh. Perge-rakannya yang cepat ditambahstamina mumpuni, membuattim lawan kerap kerepotandibuatnya.

Sepertinya, basic Salahudinyang merupakan pemain sayapmenular pada pola kepelati-hannya dalam membesutMekan Nasirov dan kawan-kawan.

Dari empat laga yang telahdilakoni Barito di IndonesiaSuper League (ISL) 2012/2013dapat dicermati, dominasiserangan berasal dari sayap.

Bahkan, empat dari lima gol yang dilesakkan LaskarAntasari merupakan hasil umpan silang. Itu menandakangol-gol itu dari kreasi sayap.

Pada laga perdana Barito melawan Pelita BandungRaya, 5 Januari 2013 yang berakhir 1-1. Saat itu, gol Baritodisumbangkan Coulibaly Djibril di menit 72.

Sackie Doe yang menusuk dari sayap kanan kotakpenalti mengirim umpan ke depan gawang PBR yangdikawal Tema Mursadat. Sekali kontrol, pemain asal Maliitu mengecoh tiga bek dan kiper PBR, Tema Mursadat.Selanjutnya Djibril dengan leluasa menembakkan bola kesebelah kanan.

Hal yang sama juga terjadi pada laga kontra SriwijayaFC yang berakhir 2-3 atas kekalahan Barito. Gol perdanaBarito juga berasal dari umpan silang.

Pada menit 8 laga itu, melalui umpan silang matangSackie dari sisi kiri pada menit 8, mampu dimanfaatkan Djibrilmelalui tendangan first time-nya dan membuat kiper SriwijayaFC, Ferry Rotinsulu memungut bola dari gawangnya sendiri.

Laga kandang perdana melawan Arema, 20 Januari2013 juga menunjukkan ketangguhan serangan sayapBarito. Gol semata wayang Barito pada menit ke-4 ituberasal dari operan pemain sayap kanan, Fathul Rahmanyang langsung dimanfaatkan Djibril.

Terakhir, laga kandang kedua Barito menjamu PersegresGresik United, 27 Januari 2013. Gol, satu-satunya Baritojuga berasal dari umpan silang. Di menit 49, YongkiAribowo yang menerima umpan silang matang DedyHartono menjebol gawang Hery Prasetya.

Hal tersebut sedikit berbeda dengan Persita Tangerangyang bakal menjadi lawan Barito pada 10 Februari 2013nanti. Tim berjuluk Pendekar Cisadane tersebut lebihbanyak bermain di gelandang tengah.

Maklum, saat menjadi pemain, mantan penggawa TimNasional Indonesia dan Pelita Jaya ini memang berposisisebagai gelandang serang.

Nah, patut disimak, serangan dengan mengandalkansayap atau gelandang serang bisa berjaya di laga kelimaBarito nanti. “Persita bukan tim yang bisa dianggap remeh.Meski kalah di laga tandang, mereka mampu mengalahkanPersiwa dan menahan imbang Persipura di laga kandang,”ujar Pelatih Barito, Salahudin. (ire)

duin.Sedianya, Barito akan melaku-

kan laga uji coba melawan timPorprov Banjarmasin di lapanganRindam, Landasan Ulin, kemarin (4/2). Namun, karena tim Banjarmasintidak siap, maka laga pun batal.

Salahudin menjelaskan, programuji coba terakhir bagi Barito adalahpada Rabu (6/2). Sebab, timnyaberangkat ke Tangeran pada Jumat(8/2).

“Batas program uji coba kitasampai hari Rabu. Karena Baritoakan berangkat tanggal 8 Februarike Tanggerang,” kata pelatihkelahiran Palembang 43 tahun yanglalu ini.

Salahudin mengatakan, uji cobayang diprogramkannya tersebut

tidak semata-mata untuk mengejarkemenangan. Uji coba itu lebihdiarahkan untuk mengembalikankepercayaan diri pemainnya, agarbisa mencetak gol.

Saat melawan tim PorprovBanjarbaru, para pemain Barito bisabermain lepas, hingga strikernyabisa berpesta gol. Dari 14 gol yangtercipta tersebut, Djibril Coulibalydan Yongki Aribowo berhasilmencetak hattrick.

Mengenai alasan pembatal ujicoba melawan tim Porprov Banjar-masin, kemarin, lantaran sejumlahpemainnya sibuk menghadapiulangan sekolah.

Koordinator tim PengprovBanjarmasin, Muhammad Riduanmengatakan, diundang untukmelakukan uji coba lawan BaritoPutera, merupakan sebuah kehor-matan buat timnya.

“Sayangnya, laga tersebut takterlaksana. Pemain kita kebanyakanpelajar, sehingga tidak bisa memak-sakan mereka keluar dari jampelajaran,” kata staf Dinas Kebu-dayaan Pari-wisata danPemudaOlahragatersebut.(buy)

PEMAIN BARITO

■ Uji Coba Lawan Tim Banjarmasin Batal

Tak Sabar Miliki MomonganBEK kiri Barito Putera, Ahmad Zahrul

Huda rupanya sudah tidak sabar lagi untukmemiliki momongan. Saking seriusnya, Zahrulsejak sebulan terakhir memboyong istrinya,Winda ke Banjarbaru.

Dia bersama Winda mengontrak sebuahrumah yang berada tidak jauh dari messpemain Barito Putera, yang terletak di daerahSungai Ulin.

“Iya Mas sudah satu bulan istri saya ajakke sini, dan kita ingin segera memiliki momo-ngan,” ujar Zahrul.

Zahrul sendiri menikahi istrinya Juli tahunlalu. Namun setelah melangsungkan pernika-han, dia meninggalkan istrinya di Kediri,karena harus kembali merapat bersama tim.

Tak heran jika Zahrul jarang berkumpuldengan istrinya tersebut. Sedang untukkomunikasi, kebanyakan dilakukan melaluitelepon.

Selain agar bisa segera memiliki momo-ngan, Zahrul mengaku memboyong istrinya keBanjarbaru karena ingin selalu dekat.

Zahrul sendiri selama berada diBanjarbaru, tak jarang mengajakistrinya jalan-jalan. Termasuk,menikmati kuliner yangdijajakan di sana. “Kan kita jugamasihpengantin baru, jadi ya wajarlah inginselalu dekat,” kata Zahrul.

Kiprah Zahrul bersama Baritomemang kian meredup. Pilar LaskarAntasari sepanjang kompetisi hinggamenjuarai Divisi Utama Liga Indonesia2011/12 ini, memang tak pernah lagidimainkan pelatih Salahudin.

Bahkan, hingga laga keempat BaritoPutera pada ajang Indonesia SuperLeague 2012/13, Zahrul belum pernahmasuk line up. Persaingan di timmemang semakin ketat.

Untuk posisi bek kiri yang ditem-patinya, Zahrul tampaknya harus lebihgiat lagi berlatih agar dapat bersaingdengan Fathul Rahman dan Su-priyadi. (ran)

ZahrulZahrulZahrulZahrulZahrulHudaHudaHudaHudaHuda

BPOST GROUP/AYA SUGIANTO

SalahudinSalahudinSalahudinSalahudinSalahudin

BPOST GROUP/AYA SUGIANTO

BPO

ST G

RO

UP/AYA S

UG

IANTO

0502/M4

Page 5: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Soccer LandBanjar

SELASA 5 FEBRUARI 2013 5Metro Banjar

Persekap Penantang Juara Grup K

Bogel AmbilPelajaran

TIDAK berhasil menembus partai finalDivisi II Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI),Senin (4/2) sore, kontingen tim Martapura FClangsung saja meninggalkan Jakarta.

Rombongan pemain sebagian besarkembali pulang ke Martapura, dan beberapa

di antaranya pulangke daerahnya ma-

sing-masing,seperti Jakar-ta dan Jawa

LANGSUNG GEBER Zofir Beli Bajubuat Ayah

MESKIPUN sibuk menjalani laga bersamatim dalam menapaki putaran kedua Divisi IIBadan Liga Indonesia (BLAI), namun bukanberarti pemain Martapura FC tidak sempat me-nyambangi beberapa tempat yang ada diJakarta.

Mereka kebanyakan mendatangi mal-malyang ada di Jakarta, terutama yang dekat dengantempat menginap, Hotel Padepokan Silat, JalanTaman Mini 1, Jakarta. Misalnya, Mall Tamini,Senayan City, hingga pasar Taman Puring.

Kebetulan hotel tempat mereka menginapjuga sangat dekat dengan Tamini, dan hampirsetiap malam di antara mereka ada yangmenyempatkan diri berkunjung ke sana.

Untuk ke Tamini mereka cukup berjalan kakisekitar 10 menit, langsung sampai. Mereka di sanaberbelanja berbagai keperluan, termasuk pakaian.

Selain itu, terkadang di antara mereka adayang menyempatkan diri untuk mengunjungiTaman Mini Indonesia Indah (TMII) yangkebetulan juga sangat dekat dengan hotel.

Senin (4/2) sore Muhammad Elyani dankawan-kawan bertolak menuju markasnya diMartapura. Sebelum berangkat ke bandaraSoekarno Hatta, mereka bersama-sama diajakmengunjungi Pasar Taman Puring.

Kesempatan itu, lagi-lagi mereka manfaatkanuntuk berbelanja berbagai keperluannya. “Lu-mayan Bang bisa jalan-jalan kan sekaligus refresh-ing juga,” ujar salah seorang pemain, Zofir.

Zofir sendiri mengaku selama di Jakarta selainmengikuti tim, dirinya juga menyempatkan diriberburu oleh-oleh. Misalnya saja kemarin siang,dia berburu oleh-oleh pakaian busana muslimuntuk ayahnya di Pasar Tanah Abang. “Mum-pung berada di sini, jadi aku berburu oleh-olehuntuk orangtua,” katanya.

Manajer Martapura FC, Ami Said mengatakanpemain memang sengaja diberi kesempatanuntuk jalan-jalan untuk refreshing.“Biar mereka bisa lebih rileks, lagi pula mungkindi antara mereka ada yang belum pernah keJakarta. Jadi kita beri kesempatan untuk jalan,”pungkasnya. (ran)

PS Sayba Panik di Menit Akhir

■ Pemain Martapura FC Hanya Libur 10 Hari

Barat.Menurut Manajer Martapura FC, AmiSaid, tim sekitar 10 hari akan diliburkan,

sehingga pemain diberi kesem-patan untuk pulang ke rumah-nya masing-masing.“Pemain kita liburkan, dan baru

kita minta kembali berkumpul sekitar10 hari ke depan,” ujar Said, Senin (4/2).

Tim hanya diberi waktu libur 10 hari,menurut Said, agar secepatnya jugakembali melakukan persiapan menghadapikompetisi selanjutnya yakni Divisi I BLAI.

Hal itu terkait dengan semakin dekat-nya pelaksanaan kompetisi Divisi I. Ber-dasarkan informasi yang diterimanya,bakal digeber Maret 2013 mendatang.

“Informasi yang kita dengar (Divisi I)akan dilaksanakan Maret ini. Makanya timsegera juga kita siapkan,” kata Said.

Sedikit mengenai pemain yang di-siapkan dalam tim untuk menghadapikompetisi Divisi I, menurut Said sudahsangat siap. Terlebih saat mengikutiputaran kedua Divisi II BLAI yang barusaja selesai dilaksanakan, pemainmemperlihatkan performa yangmemuaskan.

Salah seorang pemain Martapura FC,Marshel Huwae mengaku akan mengem-balikan fisiknya yang digenjot untukmenjalani laga selama beberapa harilalu.

Nanti, setelah beristirahat sekitar 10hari, dia akan kembali mengikuti latihanuntuk persiapan menghadapi Divisi I BLAI.“Istirahat dulu beberapa hari ini. Tinggalmenunggu kelanjutan Martapura FC.Soalnya, katanya kalau tidak Maret, Aprilini dimulai,” jelas Marshel.

Selain fokus mengembalikan kondisifisiknya, mantan pemain magang BaritoPutera ini juga ingin menghabiskan waktubersama keluarganya.

“Maklum, lama juga tidak bersama, baiksejak latihan hingga laga kemarin,” ujarpemain yang terdaftar sebagai skuad timsepak bola Banjarmasin proyeksi PorprovIX Banjar 2013 tersebut. (ran/ire)

BOMBER Martapura FC, Aidil Bogel sepertinya belum bisamenutupi rasa kecewanya setelah mengetahui timnya sudahterhenti langkahnya untuk berlaga di final Divisi II Badan LigaAmatir Indonesia (BLAI).

Pemain bernomor punggung 7 ini mengaku sangat kecewakarena timnya tetap gagal ke final, meskipun kerja keras sudahdilakukannya.

Dalam laga terakhir Martapura FC, Minggu (3/2) siang,tim berjuluk Laskar Sulthan Adam tersebut memang menangdengan skor 7-2 atas Markuban Jambi. Delapan poin punberhasil digenggam.

Sayang, tim asuhan Junaidi, Abunawas dan M Taufik inidipastikan kandas ke final, karena Persinab Nabire berhasilmenaklukkan Maung Bandung dengan skor 9-2.

Persinab Nabire memang juga berhasil mengantongidelapan poin, namun mereka menjadi juara grup karena berhasilmengumpulkan 17 gol. Sedangkan Martapura FC hanya 11gol. “Jujur agak kecewa juga Bang, kami sudah berusahamaksimal. Tapi tetap saja tidak berhasil ke final,” ujarBogel.

Menurut Bogel, bersama tim sudahberbulan-bulan melakukan persiapan,tak heran karenanya dia sangatmenyayangkannya.Meski demikian, Bogelmengaku rasa kecewa-nya sedikit terbayarkarena tim sudahdipastikan ma-suk Divisi I.

“Paling tidakini pelajaran ber-harga untuk sayadan tim agar lebih be-rusaha lagi di Divisi I.Karena tim kita sudahberhasil ke Divisi I,”jelasnya.

Dia pun bertakad, pa-da Divisi I nanti tidakakan membiarkan hal ituterjadi lagi. Oleh karenanya,setelah istirahat sekitar 10hari, akan serius melakukanlatihan.

Pemain asal Makassar iniyakin, Martapura FC nanti bisamenginjakkan kaki di Divisi UtamaLiga Indonesia. “Kegagalan ini, menjaditonggak perjuangan kita di Divisi Inanti,” ujar mantan pemain PersemasFC tersebut. (ran)

Promosi ke Divisi I❏ Pemain istirahat sekitar 10 hari❏ Divisi I dijadwalkan digeber Maret 2013❏ Dipastikan 10 tim lolos ke Divisi I❏ Selama jeda, akan evaluasi performa di Divisi II

SECARA mengejutkan, runner up Divisi IIBadan Liga Amatir Indonesia (BLAI) ZonaKalimantan, Persekap Kapuas tampilsebagai juara grup J.

Tim asal Kalimantan Tengah itu menjadijuara setelah meraih tiga kemenangan dansekali kalah. Meski poinnya sama denganVilla 2000, namun, Persekap unggul selisihgol.

Memang, pada laga terakhirnya diLapangan Yon Zikon 14 Jakarta, Minggu(3/2), Persekap takluk atas PersepakPayakumbuh 3-2. Namun, tigakemenangan yang diraihnya pada laga

sebelumnya, membuat Persekapbertengger di posisi teratas klasemenakhir Grup J.

Pada laga pamungkas itu, Persekapsempat 0-1 di babak pertama, akibat golYoyon Apriyono. Skor 1-0 tersebut bertahanhingga turun minum.

Babak kedua, Persepak berhasilmenyamakan kedudukan menjadi 1-1setelah terjangan eksekusi Yusril di menit 46merobek jala gawang Persekap.

Angga, di menit ke-74, membalikkeadaan menjadi 2-1 untuk keunggulakPersepak. Gol itu disambung dengan

lesakkan berikutnya melalui serangan balik.Putra membuat Persepak unggul 3-1.

Tertinggal dua gol, Persekapmeningkatkan ritme permainan. Hasilnya,satu gol melalui Tandum Kurnia di menit 80membuat skor menipis menjadi 3-2. Hasil itubertahan hingga laga usai.

Berdasarkan kesepakatan dalampertemuan teknik beberapa waktu lalu,hanya tim juara grup yang berhak melaju kefinal. Maka, dipastikan, Persekap bakalmenghadapi juara Grup K, Persinab Nabiredi babak final yang dijadwalkan berlangsung8 Februari 2013 nanti. (sbo/vin/ire)

PEMAIN PS Sayba bernomorpunggung 19 ini benar-benarmenjadi mimpi buruk bagi la-wannya, Sinar Intan B. Dua golyang dilesakkan Adi yang ber-postur mungil di babak pertamamenghentikan ambisi Sinar IntanB untuk melaju ke babak beri-kutnya. Pada lanjutan TurnamenDanyonif 623 Cup 2012-2013,Senin (4/2), PS Sayba menyudahipertandingan dengan skor 3-2.

Sejak peluit babak pertamaberbunyi, pemain-pemain Saybasudah tampil menekan. Namun,justru Sayba yang ketinggalanlebih dulu lewat gol cepat pemainbernomor punggung 10, Ijul.

Memanfaatkan operan Helmidari sayap kanan, Ijul berlarikencang dan melesakkan bola kegawang PS Sayba yang tidaksanggup ditepis sang kiper,Ariffin.

Ketinggalan satu gol mem-buat pelatih PS Sayba, BambangArifiyanto menginstruksikananak asuhnya untuk tampillebih ngotot.

Hasilnya, berulang kali, merekamenciptakan peluang namunselalu gagal menciptakan gol.

Memasuki menit 10, Adi punmembuat suporter Mataramanbersorak gembira. Memanfaatkanoperan Indra, Adi berlari me-nyusup melalui sayap kanan danmasuk kotak penalti setelah ber-hasil melewati pemain belakangPS Sinar Intan. Dengan kaki ka-nannya, Adi pun melepaskantembakan yang tidak bisa dihalaupenjaga gawang Sinar Intan, Dedy.Kedudukan pun imbang 1-1.

Gol ini membuat penggawaSayba yang didominasi pemain-pemain muda tampil kesetanan.Berulang kali, mereka mampumemaksa Dedy jatuh bangunmenyelamatkan gawangnya.

Lagi-lagi Adi membuat pe-main Sinar Intan tertunduk.Pemain yang beroperasi di sayapkanan ini berlari dari tengahlapangan melewati tiga pemain.Dengan kaki kanannya, Adimelesakkan bola ke gawang yangdijaga Dedy. Gol ini, membuat PS

Sayba unggul 2-1 hingga wasitRis Mariyato membunyikan pe-luit babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, PSPutra Sayba tidak ingin mem-biarkan permainan lawannya PSSinar Intan B berkembang. Ka-rena itu, sejak menit awal PSSayba sudah tampil menekan.

Lewat permainan kolektifdari kaki ke kaki berulang kalipemain Sayba membahayakangawang PS Intan. Adi pun,beberapa kali membuat gawangPS Sinar Intan B nyaris ke-bobolan.

Usaha PS Sayba baru mem-buahkan hasil di menit 45.Memanfaatkan bola terobosanyang dilepaskan gelandang ka-nan Bondan, Tekno berlari sendirimemasuki kotak 16. Dia punmelepaskan bola yang tidaksanggup ditangkap Dedy.

Gol ketiga ini, tak lantasmembuat PS Sayba puas. Merekapun berulang kali menciptakanpeluang. Pendukung PS Saybapun dibuat gemas karena beru-

lang kali gol di depan mata lepasbegitu saja.

Menit-menit terakhir babakkedua, PS Sayba terlihat tertekan.Mereka tampak panik ketika PSSinar Intan mampu memperkecilketertinggalan. Gol Sinar Intanini diciptakan Kiki di menit 55melalui tandukan memanfaat-kan bola crossing yang dilepas-kan Atto. Hingga babak keduaberakhir kedudukan tidak beru-bah tiga dua untuk keunggulanPS Sayba.

Pelatih PS Sayba BambangArifiyanto, lega setelah kese-belasannya berhasil mengakhiripertandingan dengan kemena-ngan itu. Menurutnya, pemain-pemainnya bermain cukup bagusdan berulangkali menciptakanbanyak peluang yang 99 persenseharusnya menjadi gol.

“Hanya tiga gol yang berhasildikonversi menjadi gol. Tetapi,kita gembira tim kami tetapkeluar menjadi pemenang dalampertandingan ini,” kata Bam-bang. (wid)

■ Turnamen Danyonif 623 Cup 2012-2013

BANJARMASIN POST GROUP/FRANS RUMBON

MEJENGMEJENGMEJENGMEJENGMEJENG - para pemain Martapura FC mejeng diMal Tamini, Senin (4/2).

BANJARMASIN POST GROUP/FRANS RUMBON

Aidil Bogel

DUELDUELDUELDUELDUEL - PemainPersekap Kapuas(tengah) saat lagaDivisi III di StadionMini Barakat,Martapura, beberapawaktu lalu.

BANJARMASIN POST GROUP/HARI WIDODO

KEJAR BOLA - KEJAR BOLA - KEJAR BOLA - KEJAR BOLA - KEJAR BOLA - Dua pemain sedang mengejar bola pada laga antara PS Sayba melawanSinar Intan B di Turnamen Danyonif 623 Cup, Senin (4/2)

DOK BPOST GROUP

PERSIAPAN DIVISI I“Pemain kita liburkan, dan

baru kita minta kembaliberkumpul sekitar 10 hari

ke depan”

AMI SAIDAMI SAIDAMI SAIDAMI SAIDAMI SAIDManajer Martapura FC

Page 6: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Public ServicesSELASA 5 FEBRUARI 20136 Metro Banjar

Pemimpin Redaksi: Yusran Pare

Wakil: Harry Prihanto

Redaktur Pelaksana: Dwie Sudarlan

Manajer Peliputan: Elpianur Achmad

Asisten Manajer Peliputan: R Hari Tri Widodo

Manajer Produksi: M Taufik

Redaktur Eksekutif: Muhammad Yamani (Banjarmasin Post),Mulyadi Danu Saputra (Metro Banjar), Irhamsyah Safari (SerambiUmmah), Ribut Rahardjo (Online/Radio)

Manajer Redaksi: Irhamsyah Safari

Wakil: Agus Rumpoko

Redaktur: M Royan Naimi, Sigit Rahmawan A, Umi Sriwahyuni,Syamsuddin, Alpri Widianjono, Kamardi, Mahmud M Siregar, AyaSugianto, Sofyar Redhani, Siti Hamsiah

Asisten: Eka Dinayanti, Murhan, Anjar Wulandari, Ernawati, IddaRoyani.

Staf Redaksi: Sudarti (Reporter Senior), Hanani, Burhani Yunus,AM Ramadhani, Halmien Thaha, Syaiful Anwar, MohammadChoiruman, Anita Kusuma Wardhani, Syaiful Akhyar, Khairil Rahim,Ibrahim Ashabirin, Eko Sutriyanto, Sutransyah, Faturahman, IrfaniRahman, Jumadi, Edi Nugroho, Budi Arif RH, Doni Usman, MustainKhaitami (Kabiro), Hari Widodo, Ratino Taufik, M Risman Noor,Salmah, George Edward Pah, Rahmawandi, M Hasby Suhaily,Helriansyah, Didik Triomarsidi (Kabiro), Nia Kurniawan, MukhtarWahid, Rendy Nicko Ramandha, Restudia, Yayu Fathilal, Frans,Nurholis Huda.Fotografer: Kaspul Anwar, Donny Sophandi

Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), M Syahyuni,Aminuddin Yunus, Syaiful Bahri, Edi Susanto, Sri Martini, KikiAmelia, Rahmadi, Ibnu Zulkarnain, Achmad Sabirin, Rahmadhani,Ahmad Radian, M Trino Rizkiannoor.

Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita,Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Fikar W Eda, FXIsmanto, Johnson Simandjuntak, Rahmat Hidayat, Yul isSulistyawan, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta

General Manager Percetakan: A Wahyu Indriyanta

Asisten General Manajer Percetakan : Suharyanto

Wakil PP (Bidang Humas-Promosi): M Fachmy Noor

Asisten Manajer Iklan : Helda Annatasia (08115803012)

Manajer Sirkulasi: Fahmi Setiadi - Riadi (08115000117)

Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya Jl AS Musyaffa No 16Banjarmasin 70111, Telp (0511) 3354370, Fax (0511) 4366123,3353266, 3366303

Bagian Redaksi: Ext. 402, 405

Bagian Iklan: Ext. 113, 114

Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117

Pengaduan Langganan: 08115000117, (0511) 3352050

Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan5490666 Fax (021) 5495358

Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya,Telp (031) 8471096, 8483428, Fax (031) 8471163

Biro Banjarbaru: Jl Mister Cokrokusumo Kav 15-17 Widya ChandraUtama, Cempaka, Kota Banjarbaru Telp (0511) 4780355 Fax (0511)4780356

Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km 2,5 Palangka RayaTelp (0536) 3242361

TARIF IKLAN:

Display/Advertorial Hal 1: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 45.000/mmk

Iklan Kuping: Berwarna (FC): Rp 50.000/mmk

Display/Advertorial Hal Dalam: Hitam Putih (BW): Rp 11.250/mmk

Berwarna (FC): Rp 22.500/mmk

Iklan Sosial/keluarga: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Iklan Baris: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/baris

Berwarna (FC): Rp 10.000/baris

Iklan Satu Kolom: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmk

Berwarna (FC): Rp 15.000/mmk

Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%

Harga Langganan: Rp 55.000/bulan

Percetakan: PT Grafika Wangi Kalimantan

Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan BanjarbaruTelp (0511) 4705900-01. Isi di luar tanggungjawab percetakan

Penerbit : PT Cahaya Media Aditama

SIUPP : No.1646/SK/Menpen/SIUPP/1999

Tanggal 10 September 1999

Direktur Utama : Herman Darmo

Pemimpin Umum : HG (P) Rusdi Effendi AR

WARTAWAN ”BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI

TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/

MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER

Banjarmasin Post Group

TELEPON PENTING

Banjarmasin

Banjar

Banjarbaru

PLN Kalselteng 4772520

4772633

4772261

4772564

PLN Cabang Banjarmasin 3359050

PDAM Bandarmasih Banjarmasin

3253617

PDAM Intan Banjar 4772061

4782004

PDAM Barito Kuala 4799013

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kota Banjarmasin 4367171

3360010

Kabupaten Banjar 6292009

Dinas Kesehatan Kalsel 3355661

4364646

Dinas Kesehatan Banjarmasin 304863

365177

304803

Dinas Kesehatan Banjarbaru

781588

781588

Dinas Kesehatan Banjar 721203

722387

Dinas Pendidikan Kalsel

363885

363885

53913

Posko BPBD 4721113

BPK Melati (Martapura) 087815950460

6109070

BPK Buser Induk 7714690

BPK Kompas 6216684

Polres Banjarbaru 2772266

RSUD Banjarbaru 4772380

Polsek Banjarbaru Kota 4772533

Polsek Banjarbaru Timur 7571543

Polsek Banjarbaru Barat 4705210

Koramil Banjarbaru 4772437

RS Syamsudin Noor 4705118

Nomor pengirim sms sebagian dicantumkan secara utuh demi akuntabilitas dan transparansi.

HALO BANJARMASIN

MASALAH patok tanah sekarangcukup pelik dan sering menimbulkankompliks serta sengketa hingga kePengadilan Negeri Banjarmasin.

Menghindari terjadinya komplwksbatas tanah dengan tetangga di kirikanan, Gunawan mendatangi KantorBadan Pertanahan (BPN) Banjarmasinuntuk pengukuran dan cek ulang atastanahnya di Jalan Nagasari dan diJalan Mawar Banjarmasin.

“Saya meminta cek ulang inisupaya nyaman dan tidak menjadimasalah dikemudian hari saja. Jadi,saya minta BPN yang melakukannya,karena mereka yang lebih menge-tahuinya,” tandasnya.

Menurut Gunawan, meminta pe-tugas BPN sangat mudah asalkanmengajukan permohonan dan segalapersyaratannya lengkap.

“Kita tinggal menunggu petugasBPN yang melakukan survei ke lapa-ngan, mengenai patok asal tanahsaya,” tandasnya, Senin (4/2).

Kasi Survei, Pengukuran dan Peme-taan pada Badan Pertanahan Nasional,Amran Simatupang mengatakan seka-rang ini cukup banyak masyarakatmengajukan permohonan mencek ulang

HATI-HATI BELITANAH KAVLINGAN

■ Beri Patok Duluan

Banyak Cek UlangSEBULAN terakhir, tidak kurang 536 orang yang

mengajukan permohonan melakukan survei, pengukuran danpemetaan tanah. Cukup banyaknya orang yang mengajukanpermohonan membuat petugas pengukuran kewalahanmengingat jumlah tenaga survei, pemetaan dan pengukuranhanya sembilan orang saja.

“Seharusnya kami kerja hanya lima hari, mengingatbanyaknya permohonan masyarakat minta pengukuranakhirnya bekerja seminggu penuh,” kata Amran Simatupang,Kasi Pengukuran dan Pemetaan pada Badan PertanahanNasional (BPN) Kota Banjarmasin.

Menurut dia, dalam mengukur tanah seseorang tidak bisasehari selesai, terkadang beberapa hari. Bila persyaratan tidaklengkap seperti patok tak ada, saksi pemilik tanah di kiri dankanan belum datang dan sebagainya akan berdampakketerlambatan penyelesaikan dalam pengkuran tanah.

Sebenarnya, jelas Amran, BPN berusaha memberikanpelayanan yang sebaik-baiknnya dan secepatnya dimasyarakat. “Bila agak terlambat penyelesaikan mohondimaklumi,” tandasnya.

Dia menambahkan lamanya pendaftaran pertamapengukuran tanah Sesuai Operasional Prosedur (SOP) sekitar35 hari kerja, sedangkan lamanya penyelesaian pemecahantanah sesuai SOP 15 hari kerja.

“Namun, selesainya pendaftaran pertama danpenyelesaian pemecahan tanah bisa saja tak SOP bila adasesuatu dan lain hal dalam pengecekan di lapangan,”tandasnya.

Terpisah, Gunawan, salah seorang warga yang menguruspengukuran ulang ke BPN Kota Banjarmasin cukupmemahami kondisi tersebut.

“Kami menyadari jumlah tenaga BPN sangat terbatas,sehingga tak mungkin selesai sesuai SOP mencek ulang patoktanah,” katanya. (ful)

batas tanah yang dimiliki.Itu disebabkan masyarakat se-

waktu membeli tanah kaplinganberdasarkan di atas kertas dan tidakmengetahui persis letak tanah sebe-narnya. Akibatnya, mereka kebingu-ngan dimana letak patok tanahnyamasing-masing dan akhirnya memintaBPN mematok ulang batas tanah.

Dijelaskan Amran, ada warga yangdatang ke kantor BPN dan menye-rahkan sepenuhnya kepada merekauntuk mengukur batas-batas tanahtersebut, padahal di tempatnya tidakada arsip sama sekali mengenai berkasdata pemohon pengukuran ulang.

“BPN dianggap serba tahu, pada-hal mereka tidak pernah melaporkankaplingan tanah ke kami. Ini yangsering menjadi masalah buat kami.Biasanya kami minta mereka ikut sertamelakukan pengukuran tanah secarabersama-sama dan mengembalikankaplingan tanah sesuai data sebelum-nya,” katanya.

Ditambahkan Amran, yang seringdikhawatirkan bila dalam pengukuranterjadi perubahan sekitar 20 sentimetersaja, akan merubah atau terjadipergeseran secara keseluruhan.

“BPN dalam mengukur ulang selalumelakukan ekstra hati-hati dan data-nya yang diajukan pemohon harussesuai sertifikat aslinya,” tandasnya.

Dia mengimbau kepada masya-rakat bila membeli tanah kaplingan ditanah kosong sebelum dibeli terlebihdahulu dipatok dan ditandai agarterhindar dari permasalahan dikemu-dian hari.

Amran mengungkapkan, selainpengukuran cek ulang, ada juga jenispengukuran pendaftaran kali pertama,pengukuran pemecahan, penggabu-ngan dan pemisahan dan pengukuranyang mendesak dari instansi peme-rintah seperti sidang di tempat dilaku-kan Pengadilan Negeri.

“Biasanya bila ada kasus sengketatanah dan PN mencari saksi ahli,mereka meminta kami datang untukpencekan batas tanah,” tandasnya.

Ada pun syarat pengukuran tan-ah, si pemohon harus memiliki segeltanah dan bila tanah dum-dumanharus ada SK dari gubernur. Selain itumelengkapi Pajak Bumi dan Bangu-nan (PBB), fotokopi kartu keluarga,identitas diri berupa KTP dan mengisiblangko yang sudah ditetapkan. (ful)

NET

Jenis Pengukuran● Pengukuran pendaftaran kali pertama● Pengukuran pemecahan, penggabungan dan pemisahan● Pengukuran cek ulang● Pengukuran yang emergenci dari instansi pemerintahseperti sidang di tempat dilakukan Pengadilan Negeri

Syarat Pengukuran Tanah● Dasarnya berupa segel dan tanah dum-duman harusada SK dari gubernur● Ada PBB● Fotokopi kartu keluarga● Identitas diri berupa KTP● Mengisi blangko yang sudah ditetapkan● Jumlah pemohon yang melakukan pengukuran selamasebulan 536 orang

● Jumlah tenagasurvei, pemetaan danpengukuran ada 9orang

● Lamanya penye-lesaian sesuai SOPuntuk pendaftaranpertama kali sekitar35 hari kerja● Lamanyapenyelesaianpemecahan tanahsesuai SOP 15hari kerja

Sumber: BadanPertanahanNasional(BPN) KotaBanjarmasin

Razia Pegawai yangKeluyuran

KEPADA kepala Satpol PP Banjarmasin. Jangan meraziaPKL setiap hari dihagai pulang. Alangkah baiknya raziapegawai negeri yang keluyuran di jalan, itu kan sebagaiantugas Bapak juga. PKL cari makan juga.

082350160820

TANGGAPAN:BAGIkami, setiap pelanggar peraturan tetap sama di depan hukum. Jadi

PKL, pegawai negeri, gepeng atau pun masyarakat tetap kita tindak secara adildan proporsional.

Ichwan Noor ChalikKepala Satpol PP Banjarmasin

Perbaiki Area ParkirKEPADA pihak yang berkompeten di RSUD ULin

Banjarmasin. Alangkah bagusnya kalau jalan menuju areadan kawasan parkir roda dua sampai di depan warung(samping RSU Ulin) diperbaiki. Jalannya becek dan rusak.Kasihan yang melewati padahal bayar.

081351815613

HALO BANJAR

Tak Ada ReaksiYTH kepala PDAM Intan Banjar. Kenapa air leding

di daerah Gambut mati. Sudah lama dilaporkan namuntak ada reaksinya. Mohon perhatiannya.

087816166607

Lama MenantiAir Bersih

KEPADA direktur PDAM Intan Banjar. Kamiwarga Handil Nagara memohon untuk mengalirkanair ke tempat kami walau harus menunggu pukul limapagi, karena sudah berbulan-bulan warga Handilmembeli air minum ke tempat lain.

087815195599

Jalan SimpangGatot Berlumpur

KEPADA gubernur Kalsel. Kapan perbaikan Jalan Gatotkarena bukan berupa jalanan lagi tetapi seperti lumpur,apalagi pembuatan jembatan flyover membuang lumpurpengerukan jalanan ke jalan tersebut. Mohon secepatnyaditindaklanjuti.

05117674989

PASANG JAM DI GAPURAKEPADA Pemko Banjarmasin. Tolong di gapura Pal 6 (batas kota) dipasang jam,

itu akan sangat bermanfaat untuk memudahkan melihat waktu bagi pengendara yangmelintas di sana.

08125112853

Page 7: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Metro TrendSELASA 5 FEBRUARI 2013 7Metro Banjar

BERGAYA DENGANKEMEJAdenimmasih

akan ngetrentahun ini.Masalahnya,bagaimanamemadupa-dankankemeja denimini agarpenampilankita tidakterkesan terlalutomboi atauterlihat begitu-begitu saja.

Kemejajeans sekarang inimemang lebihbebas di-mix andmatch, tidak

hanya dengancelana panjangtetapi jugadengan rok dan

baju terusan.

Boleh Dipakai keKantor, Asal...

■ Padukan kemeja denim dengan rok formal,seperti rok pensil, rok mini bedetail sequin ataurok dengan bahan kulit. Jangan lupa kenakankalung model chungky dan sepatu warna bold agarpenampilan lebih maksimal. Tampilan ini bisaAnda kenakan untuk cocktail party atau acaramakan malam yang kasual.

■ Kemeja denim pun bisa dikenakan untuktampilan formal ke kantor. Caranya, aplikasikankemeja denim di bawah terusan bermotif sederhana.Kenakan bersama ikat pinggang bewarna coklat untukmembantu menyatakan lekuk tubuh Anda.

■ Pesta di club? Kenakan atasan seru seperti tanktopberdetail sequin dengan celana skinny dan jadikankemeja denim Anda sebagai outwear. Untuk memberikankesan edgy, pilih angkle boots dan clutch bag bermotifkulit binatang. Buat penampilan semakin glamour dengananting atau cincin besar.

■ Pada intinya, jika Anda ingin mendapatkan tampilanformal dengan kemeja denim, padukan saja kemejatersebut dengan fashion item yang formal. Berkreasilahdengan busana formal mulai dari celana chino, dressmini hingga legging leopard. (wolipop.detik.com)(wolipop.detik.com)(wolipop.detik.com)(wolipop.detik.com)(wolipop.detik.com)

KEMEJA denim memang identik dengan kasual danacara santai. Tapi dengan sedikit trik, baju denim jugalayak dipakai untuk acara formal.

Kemeja berbahan denim merupakan salah satu ‘fash-ion item’ yang wajib dimiliki oleh wanita. Jika Andaberpikir bahwa kemeja denim hanya bisa dikenakansaat santai, Anda salah. Berikut ini panduan ‘mixand match’ kemeja denim untuk tampilan formal,seperti yang dikutip dari redbookmag.

Anda juga bisa mengenakan-nya ke kampus, ke mall, atauke kantor, tergantung padu-padan yang Anda lakukan.

Pendek kata, pakaianjenis apa pun bisa Andapadukan dengan kemejajeans. Modalnya keberaniandan kreativitas.

Dengan celana panjangatau legging. Kemeja jeans bisaAnda padukan dengan celanajeans. Namun untuk menghin-dari penampilan Anda mirippenunggang rodeo, pilihcelana jeans dengan warnaberbeda. Pilihannya celanabootcut, skinny, atau celana 7/8 dalam berbagai warna. Bisajuga memilih jeans ataulegging bermotif, atau yangbergaya army.

Dengan rok pendek. Andabisa memilih rok pensil ataurok A-line, polos atau punbermotif. Seperti saatmempadukannya dengancelana panjang, Andabisa memilih rok denganwarna yang mencolok,seperti hijau ataumerah. Rok bermotifbunga-bungaantentunya akan memberikesan feminin atau girly.Untuk penampilansemiformal, Anda bisamemilih rok berwarnahitam polos. Selain itu,coba tambahkankardigan atau blazer,stoking, dan sepatuberhak tinggi.

Kemeja denim cocokdipadukan dengan rokpanjang model apa saja,dari rok midi sebetis, rokmaksi berpotongan lurus,

rok maksi dengan bagianbawah melebar, atau rok maksibergaya bohemian. Anda bisamemasukkan kemeja ke dalamrok, mengeluarkannya, ataumengikat ujungnya pas dipinggang.

Anda juga bisa mengom-binasikan kemeja denimdengan gaun maksi bermotif,baju terusan berpotonganlurus, gaun selutut dengantambahan ikat pinggang, ataudengan little black dress untuktampilan semiformal. Untuk kekantor, Anda bisa mengenakankemeja denim sebagai dalamandan memadukannya denganbaju terusan tanpa lenganbergaya formal.

Untuk acara jalan-jalanatau nongkrong di mall,Anda bisa memakai kemejajeans begitu saja, ataumenjadikannya baju luaran.Dalamannya tentu saja t-shirttanpa lengan atau tank top.

Sebagai luaran, Anda bisamemperlakukan kemejadenim sebagai jaket atau bajuluaran, dengan menam-bahkan tank top di dalam-nya. Kenakan dengan rokpendek, rok panjang. celanapendek, atau celana panjangsesuai keinginan.

Anda juga bisa menutupkemeja jeans Anda dengan vest,kardigan, blazer, jaket bomber,jaket kulit, atau jaket biker.

Hanya dengan menukar jaketatau baju luarannya, Andasudah mendapatkan penampi-lan yang berbeda-beda.

Untuk memberi kesanlebih stylish, jangan lupakenakan aksesori sepertikalung, ikat pinggang, sepatupump, wedges, atau ankleboots, juga tas yang berstru-ktur kaku untuk penampilanyang sedikit formal.

Setelah Anda terbiasamempadu-padankan kemejadenim, Anda pasti sepakatbahwa kemeja ini sifatnyaserbaguna. Mudah dikombina-sikan dengan jenis pakaianapa saja, dan untuk suasanaapa pun. (kompas.com)

KEMEJA DENIM

NETNET

NET

0502/M7

SUZUKI

Pasti Untung Sdh ada Siap huni10Jt/Th Slm 4th 087814500800Hrg 230jt Nego V.3411-7/2(Ktr)

HUB: FERRY NISSAN 082153623677 / 0511-6290637PROSES CEPAT DAN MUDAH

Evalia Ready Stock DP Nego & angsmula 2jtan disc besar + bonus acc

V.3323-15/2

New Grand Livina R Stock DP Nego& angs mulai 2jtan disc bsr+bns acc

V.3323-15/2

BANJARMASINBANJARMASIN

ELEKTRONIK

LAIN-LAIN

MZ ELEKTRONIK jual beli TV,DVD,

LCD,kulkas PS1-2,laptop dll.Km siap

dtg krmh anda hub(6119023/081645

30912202000003368

FOTOGRAFI

LAIN-LAIN

Service Camera,Alat Fotografi,Blitz

,Alat Optic Lab/Microscop Lcd,Cuci

Lensa Hub:08125112853202000003371

LOWONGAN KERJA

LAIN-LAIN

Cr 9 Krywti Rjn Jjr SMP Gj+Bns&Mkn

Dtng Lsg Ke Toko Roti MitraPlaza

Samp Bank Mandiri202000003397

Dcr Cpt,Ast Koki,Waiter Dan Cleaning

Service L/P 20-30Thn Lmran Bw Ke

Waroeng Podjok Jl.Bali No 43202000003415

MESIN

FOTO COPY

Djl murah mesin fotocopy Minolta

DI550 hemat energy + audio mobil +

box,high end BU. Hubungi 08581177

7372202000003375

MOBIL DIJUAL

HONDA

Jazz Th.01 Manual biru muda.

085249988760/6303761 hrg.117,5jt

nego.202000003382

MOTOR DIJUAL

KAWASAKI

Kawasaki LX250 V (D-TrackerX)

pmbuatan 2010 STNK 2012 KM rndh.

085251285585202000003391

PELUANG USAHA

LAIN-LAIN

Dicari Kerja sama utk industri pem-

buatan Rinjing satu2nya di Banjar-

masin. Hub. Tenaga Ahli Rafi’i alamat

Gambut KM 14,600/Warung Makan

Lontong Haur Kuning Tlp.085350068 245202000003408

RUANG USAHA

JUAL R.USAHA

Djl Salon + isi + hairstylish Adm hrg

30jt. Hub. 089691754532/6343768202000003414

PENDIDIKAN

KURSUS

Dijamin Bisa/Uang kembali,Kursus Mbl

LPK Duta, Instruktur berpenglmn ada

kelas mlm, Bjm, Bjb & Pleihari 0813 49

731888 pin bb 27fb12f9 daftar skrg jg!

200000059804A

SEKOLAH

PAUD “Pelangi” mnrma pndftrn/pnitpn

murid br(putra/putri) periode Jan-Juni

2013 usia: 1th s/d 4th. Biaya umum a

Rp 2.100.000,- (dpt dicicil 2x),pkt

Senin s/d Jum’at Rp 365.000,- /

paket Sabtu (optional) Rp 60.000,.

Hub.0813495 99090/(0511) 7800007

(Lily)202000003398

BANJARBARU

PROPERTI

TANAH DIJUAL

Dijual tanah ukuran 20 x 37 M (SHM)

lokasi strategis pinggir jalan Komp.

Amaco Jl. Batu Terapu Hub 08115

29541 TP202000003332

Tnh kav.siap bangun SHM,PBB,

IMP,IPPT lkp harga 45jt lok.Jl.Abadi 3

Bjb ling. perumahan.Hub 08215932

4300200000059369

RUMAH DIJUAL

Type 80 Jl.Jayapura Komp.Claus

Reppe Bjb Lt.300m2,2KT,Grs SHM

harga 450jt (nego) Hubungi 0852510

81767200000059597

Ovr krdt / dikntrkan T45/128 Prmta Regency

Bjm Prbtan lkp 2 badroom AC sofa K

Tchen Set LCD 32” msn cuci + kulkas

08135178 1119

200000060030-A

Djl rmh pinggir jln bisa buat ruko/toko,

P.10 x L.35 SHM, bs KPR 10th atau 2x

byr. 085 248441997

200000060030

MBL/MTR SEWA

IDAMAN RENTAL BJB. mlyni Rental

Mbl jam2an,hran,blnn,dropping antr

jmpt Bandara 7336428/0811507287/

0853473 21790200000059823

PENDIDIKAN

KURSUS

Berminat jd guru PAUD/TK ikuti diklat

singkat dibantu penempatan kerja. Hub.

0511-7600051200000060025

PERLENGK.RT

FILTER AIR

Pemasangan Depo Air Minum hrg

mulai 15jt terima order luar kota

pembayaran tunai dan kredit. Hub.CV.

Water Fil terindo Bjb. 08538 66

80001,085651141010/081 50160110200000059078

RUANG USAHA

JUAL R.USAHA

Djl perangkat warung lkp yg tdk jd dgu-

nakan meja,etalase, alat masak, lkp

meja & kursi pengunjung. 6215064/

0812500 54161200000059514

Djl semi pemrn T65&T75 Komp Sejahtera Gambut 085248169275/7722091Harga Nego V.000-25/2(Igus)

BANJARBARU

Kawasaki LX250V (D-Tracker) Pem buatan‘10 STNK ‘12 Km rndh 085251285585Hrg 51jt Nego V.000-6/2

SPD MOTOR

BANUA ANAM

PROPERTI

RUMAH DIJUAL

Rmh tkt 2 pggr jln lkp isinya bs jd

gdg Jl.Bungur No.1 Rantau. 081

351700595/081349385688 No.SMS

TP200000059734

Jazz Th04 Manual Biru MudaHub085249988760 / 0511-6303761Hrg 117,5jt Nego V.3381-9/2

Jual cpt City IDSi Th04 M/T Slvrjok beklit VR18 Hub081348244888Hrg 125jt Nego V.3406-13/2

Rmh+Isi Komp Mustika Permai B7 SeiBsr Bjb Lt/LB10x14 Hub 085246321763Hrg 700jt Nego V.000-7/2(Hsi)

Djl rmh Komp. Griya Asri modern 3, BlokA No.45 Cindai Alus. Hub7180055Hrg 90jt Nego V.8337-18/2(Aty)

Kost dkt Bandara. Fas.lkp.kmr mdidlm & parkir luas Hub08125001921Harga Nego V.8069-11/2(Rian)

Grand Mawar City Damasena 26Bjb Hub081803039362Hrg 420jt Nego V.9308-9/2(Ktr)

Jl Kasturi 2 T54/160 Komp Angkasa Golf IndahBlok E Syamsudin Noor 081251904000/7448040Hrg 165jt Nego V.000-21/2 (Ptr)

PELAIHARI

Djl Lb±160M2 Lt±150M2 Komp CipBlok C Pelaihari Hub08125184030Hrg 470jt Nego V.9936-11/2(Ktr)

Carnival Diesel 02 tgn 1 dr br istdjamin s pkai 7467498/081348240902Harga Nego V.8942-21/2

Carens II ’04 Akhir Cream Keemasansiap pkai. 081349375122 No.SMSHarga Nego V.9488-10/2

Visto Zip Drive Matic 02 Abu2 metHub 085348624572Hrg 70jt Nego V.9604-6/2

Kia visto Zipdrive Th01 ManualSilver thn 081351371717/7435610Harga Nego V.000-7/2

Timor Injection ’99 abu2,lkp, PW,PS,VR (bkn ex Taxi) 081251159364Harga 46jt Nego V.9795-8/2

Kia Visto matic 2002 hijau lumuthub. 05117558239/082158242999Harga 65jt Nego V.000-9/2

Promo Imlek Kia All New PicantoAngs 2,3jt 05117529179/085332707288Harga Nego V000-10/2

KIA

Dijual Panther PU Th2004 hitam .Hub 081348222320 TPHarga Nego V.000-5/2

Panther 94 & 95 Biru Met Dieselsiap pakai Hub 085251992799Harga Nego V.000-6/2

Isuzu D-Max Doubel Cabin Thn2010 wrn silver Hub 085345078050Harga Nego V.000-8/2

Take Over Hyundai Grand Avega 12 maticsilver angs 2.945.500 Hub Riri 7319190Harga Nego V.9756-6/2

Hyundai Atoz Th2003 Manualmerah hub 05117558239/082158242999Harga 68jt Nego V.000-9/2

Hyundai Getz 05 Biru met VR ACPW PS CD TV Hub 087816077411Hrg 97,5jt Nego V.000-6/2

Hyundai Atoz Matic ‘00 biru kondistimewa 7467498/081348240902Harga Nego V.60640-11/2

Isuzu Panther sporty bs manual& Matic wrn biru 081348240902Harga Nego V.60038-6/3

ISUZU

HYUNDAI

Jazz RS Th10 Grey fas lkp full varHub 0511-7259788/081348014766Harga Nego V.000-5/2

City Vtec 04 A/T htm asli bjm orsnlcat istw TT/krdt 081318704020Harga Nego V.000-15/2

Djl.cash/over kredit Jazz Th2007Sporty. kuning met 082157506030Harga Nego V.9779-8/2

Jazz Th2006 hitam. Fas.lkp Audio,Variasi kond.trwt. 081251002002Hrg 130jt Nego V.9794-8/2

New CRV 2.4 Th2010 Abu2 Met full varaudio jok klt jrg pkai 085332050000Harga Nego V.9500-5/2

HONDA

Estilo Th2011 Ps,Pw,Ac,Tape,Mls,Silver Hub3300383/085821025834Harga Nego V.9437-5/2

Djl Splash Th’10 Hitam Met,Body mls,siap pkai Hub7601008/3255442Hrg 122jt Nego V.9464-5/2

Swift 11 Akh Manual Htm Pjk br bsTT/krdt. 0511-7250009/085754880009Harga Nego V.9498-5/2

Katana GX Th00 htm met terimaats nm sndiri. 7577096/082154030730Harga 65jt Nego V.9673-7/2

Carry PU 1,5 Th08 Akh pemakaian 09,asli Bjr,mls. 082151550939/7637449Harga Nego V.9817-9/2

X Over 2007 silver manual Pjk BR BanBR istw 082153941556/081251030955Hrg 137jt Nego V.000-6/2

Estilo Th2011 Ps,Pw,Ac,Tape,Mls,Silver Hub3300383/085821025834Harga Nego V.9437-5/2

Djl Vitara Th 06 Akhr Ungu Metbody mls siap pkai 081348094597Hrg 167,5jt Nego V.9444-5/2

X-Over ‘11 manual new modl hitampjk br trwt mobil rmh 08115041777Hrg 173jt Nego V.9992-16/2

TOYOTA

Avanza G 07 silver jok MB-tech orsnlpakaian pribd TT/krdt 05117466884Harga Nego V.000-23/2

Innova euro 2 Th07, Hitam met.aslibjm,139jt nego.hub.081953228881Hrg Nego V.000-6/2

Kjg G ’95 Akh biru met. fas lkp,mls,pjk pjg siap pkai 081251091498 BjbHrg 62,5jt Nego V.9355-9/2

Kjg Grand Extra Th93 bd mls,ACdingin, siap pakai 085332717089Harga Nego V.9512-5/2

Djl.Tyt Krista 1.8 Th.2003 biru sil-ver. Hub.082153010101Hrg 123jt Nego V.9785-15/2

Soluna XLi Th2002 Hitam AC PSVR Hub 0511-6190519Harga Nego V.9486-2/3

Avanza G 12 Silver Met fas lkp varorsnl mls 081351547289/7548927Harga Nego V.000-9/2

Promo Fiesta bs tukar tambah,info:Erna 0812 56 435 660Angs 1,8jt/bln V.8933-21/2

Ford Ranger ‘10 Ras Cabin 4x4+SingleCbn 08 4x4 2 Unit 08129215026Hrg Nego V.9637-6/2

Cepat Ford Escape 08/09 hitammatic bs tkr tmbh Hub 081253322498Harga Nego V.8996-21/2

Ford Fiesta GTS Matic ‘11 pema-kaian12 bln 5 Coklat Met 05117541919Hrg 190jt Nego V.000-5/2

Ford Ranger Dbl Cbn 4x4 09 single cabin‘10 4x4, 09 sc 4x2 Hub081348313252Hrg Nego V.9631-6/2

Ford Everest 2011 XLT 4x4 silverpribd bagus. Hub.08129215026Hrg 250jt Nego V.9522-7/2

Aveo 2004 merah asli Banjarmanual siap jalan Hub 05117406083Hrg 87jt Nego V.8241-18/2

CHEVROLET

FORD

Page 8: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

SELASA 5 FEBRARI 20138Metro Buffer

Metro Banjar

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

laga akhir pekan nanti. SoalnyaPersita baru saja gagal total dalamtur mereka ke Papua. Pertama‘dimakan’ Persidafon Dafonsoro 4-0, Kamis (31/1), dan kemarin, Senin(4/2), kembali dipecundangi 1-0 olehtuan rumah Persiram Raja Ampatdi Stadion Wombik.

Hasil buruk tersebut mau takmau membuat pelatih Elly Idris akanmemaksimalkan laga kandangmereka. Yang pertama saat meladeniBarito tentunya.

Apalagi sebelumnya Elly me-ngaku dia lebih memilih menang didua laga kandang mereka melawanBarito, Minggu (10/2) dan PersibaBalikpapan, Rabu (13/2) di StadionMashud Wisnu Saputra, Kabupaten

Persita Pernah Hajar Barito

Fans SM*SH Diminta Waspada Nomor Palsu

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

Bagi yang ngebet nonton, namunbelum dapat tiket pertunjukan,panitia penyelenggara secara khususmengingatkan lewat akun twitter,@SMASHBJM.Penjualan tiket smash dibjmsn ke nomer 081519521144, selain inipalsu, harap berhati2 .., tks. Begitu pesanyang disampaikan sejak 1 Februarilalu. Disebutkan juga, harga tiketkonser masing-masing VVIP: 750ribu, VIP: 500 ribu, Reguler: 350 ribudan Festival: 150 ribu.

Bagi yang sudah tidak sabarannonton, sedikit bocoran, SM*SH telahmenggelar Konser Istimewa untukpeluncuran album kedua yang diberititel Step Forward di Balai Sarbini pada12 Oktober 2012 lalu.

Konser yang disiarkan secaralangsung oleh SCTV itu dimulaipada pukul 20.30 WIB. SmashBlast

Tetapi informasi diperoleh Metro,mereka justru tidak menerima honorselama 2012 sampai sekarang.Syamsinar, istri almarhum AbdulSomad, mengaku belum menerimahonor jaga malam.

“Saya tidak tahu kenapa. Sudahbekerja sejak 2012, tapi belum adagaji yang saya terima,” ujar perem-puan yang baru saja ditinggal matisuaminya itu.

Dia menuturkan, dulu suami-nya digaji Rp 500.000 per bulan,tetapi pembayarannya dilakukansekaligus dalam satu kesempatan.“Suamiku sudah kerja sekitar 30tahunan sampai dia meninggal. Tapitahun 2012 tidak ada pembayarangajinya,” kata Syamsinar memper-tanyakan.

Hal serupa dikeluhkan FathulJannah, satu dari dua petugaskebersihan Museum Wasaka. “Sayajuga belum menerima honor di tahun2012 sampai sekarang. Tidak tahukenapa gaji kami belum dibayar,”keluh Jannah. Padahal, imbuhnya,gajinya cuma Rp 200.000 perbulan.

Syamsinar Setahun Tak Dibayar

Setali tiga uang, pengelola Mu-seum Wasaka, H Sjarifuddin, ketikadikonfirmasi melalui telepon seluler,menyatakan semua pegawai di mu-seum itu tidak menerima honor,termasuk dirinya. Penyebabnyaadanya peraturan pemerintah yangmenegaskan tidak adaanggaran untuk tenaga honor se-perti mereka. “Kami sudah sering mengusul-kan ke biro kesra, namun tidak adatanggapan. Bahkan sering rapat dibiro kesra dan di Wasaka, tetapijuga tidak ada hasilnya. Sampaiakhirnya biro kesra melayangkansurat bahwa tidak ada honor untukpetugas Museum Wasaka,” ujarSjarifuddin.

Secara terpisah, Kepala BiroKesra Pemprov Kalsel, HermanTaufan ketika dikonfirmasi menga-takan, saat ini sudah berjalan prosespenyerahan kepada Dinas Kebuda-yaan Pariwisata Pemuda dan Olah-raga Kalsel. Soalnya sekarang tidakdiperbolehkan lagi dana bantuansosial untuk membayar honor pe-ngelola Museum Wasaka tersebut.

“Kan bansos tidak boleh lagi,maka diserahkan kepada Disbud-parpora Kalsel,” kata Herman serayamengarahkan kepada Kepala DinasKebudayaan Pariwisata Pemuda danOlahraga Kalsel, untuk konfirmasilebih lanjut.

Kepala Disbudparpora Kalsel,Mohandas mengatakan, prosespenyerahannya belum secara formal.Pihaknya pun sedang mempro-sesnya dan sudah mengajukan ke-pada Gubernur Kalsel, Rudy Ariffinagar penataan dan pengelolaannyamulai dari awal lagi.

“Kami menunggu dasar hukumyang kuat dulu, menunggu pen-yerahan secara formal supaya jelas.Nanti akan ada pengaturan dariawal, termasuk sumber daya manu-sianya. Belum tentu juga memper-tahankan yang ada sekarang ini,”jelasnya, Senin (4/2).

Dia pun meminta pekerja diMuseum Wasaka bisa bersabar.Terlebih saat ini museum di Banjar-masin Utara itu belum operasionalseratus persen, karena baru saja adarenovasi. (aa/has)

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

menghadirkan bau tidak nyaman serta mengundang lalat.Keberadaan pasar tersebut sangat tidak mencerminkan

Banjarbaru sebagai penyandang empat kali predikat kotaterbersih versi Adipura.

Para pedagang subuh sepertinya menyadari telahmenyalahi kesepakatan yang dibuat. Mereka berjualanmelewati jam berdagang yakni hingga pukul 09.00 Wita.

Satu pedagang ikan laut, Idah, cepat mengemasijualannya. Padahal, ikan peda dan cumi miliknya masihcukup banyak.Pedagang asal Desa Tanjung Rema Kabupaten Banjar inimengaku ikut-ikutan pedagang lain jualan sampai lewatpukul 09.00 Wita.“Lagi pula mobil pengangkut ikan saya tidak bisa masuk kedalam karena pedagang masih berjualan,” kilah Idah.

Menurut dia, sisa ikan yang belum laku akan dijualnyake pasar sore di Pasar Martapura seberang Masjid AlKaromah.

Hal senada diungkapkan Usai. Warga Aluhaluh itumengemasi jualan udang miliknya. Masih ada 10 kilogramudang laut yang belum laku.

Biasanya sebelum pukul 09.00 Wita, udang sebanyaksetengah pikul (50 kilogram) habis terjual. Kemarin dia agakkesiangan, sehingga untuk menghabiskan udang jualannya,dia buka sampai lewat pukul 09.00 Wita.

Kasie Ops Satpol PP Banjarbaru, Fitriadi mengatakan,pihaknya secara rutin akan melakukan patroli di PasarBauntung Banjarbaru.Kemarin dia masih memberikan kelonggaran kepadapedagang untuk membereskan dagangannya. Tetapi, apabilananti masih ada juga yang berjualan lewat pukul 10.00 Wita,makam akan diangkut lapak berikut dagangannya.

“Keluhan terhadap pasar subuh ini sudah cukup banyak.Karena itu, kami akan rutin berpatroli. Bila ada yang tetapberjualan lewat pukul 09.00 Wita, maka akan kami angkut,”tegas dia.

Secara terpisah, Kepala Disperindag Banjarbaru,Suriansyah mendukung penertiban yang dilakukan olehSatpol PP. Sebab, secara rutin tiap bulan pihaknya melakukansosialisasi dan imbauan kepada pedagang untuk tidakberjualan lewat dari pukul 09.00 wita.

Saat dihimbau, para pedagang mau mendengarkan.Tetapi, tidak lama kemudian balik lagi. Dia sependapat sajabila satpol PP melakukan penertiban. “Kalau perlu angkutsaja jualannya,” kata Suriansyah. (wid)

Penjual Ikan ...

KEBERADAAN pedagang subuh yang berjualan hinggalewat pukul 09.00 Wita, tidak hanya dikeluhkan pedagangikan di Pasar Bauntung.Keluhan juga disampaikan pemilik toko di sepanjang jalanPasar Bauntung yang dijadikan tempat jualan.

Menurut seorang pemilik toko kue yang namanya enggandikorankan, sebenarnya tidak masalah ada pasar subuh asaljam berjualan dipatuhi.

Selain menutupi tokonya, keberadaan pedagang subuhterutama pedagang ikan maupun ayam membuat jalandidepan tokonya berbau.“Kami tidak mempermasalahkan mereka mencari rezeki.Tetapi sama-samalah dijaga kebersihannya,” ujarnya.

Sekretaris Persatuan Becak Banjarbaru, Zailani juga sangatterganggu atas molornya para pedagang subuh berjualan.Karena tempat mereka parkir ditempati oleh para pedagangitu.

Seringkali, mereka terpaksa parkir ke jalan, sehingga jalanpun sempit dan macet. Belum lagi, masalah bau dari air ikanserta ayam. “Kami sudah sering imbau untuk sama-samamenjaga tempat ini. Tetapi, percuma saja suara kami tidakmereka dengar. Malah khawatir jadi berkelahi,” ujarnya. (wid)

Penarik BecakPun Mengeluh

JALAN menuju makam Guru Bakeri yangbelum bagus, membuat sejumlah peziarahprihatin. Jalan dan jembatan yang rusakmembuat mereka sedikit terhambat.

“Sudah tiga bulan lebih jembatannyadiperbaiki. Ya harus hati-hati kalau lewat. Kalaumobil lewat terpaksa harus bergantian,” beberMidah, salah seorang warga Malintang,Gambut.Usai melewati jalan belum selesai itu,kekurangnyamanan kembali dirasakanpeziarah dan pengendara kala memasukiJalan Handil Dua. Jalan yang sudah beraspalini mengalami kerusakan. Banyak lubang disepanjang perjalanan.

Beberapa lubang yang cukup besar memangada ditambali pakai batu koral. Sebagian wargajuga ada yang menaburi dengan tanah sea-danya. “Kami tambal yang agak parah. Mudah-mudahan secepatnya bisa diaspal agar mulus,”harap Mahmudi, warga Jalan Handil Dua.

Camat Gambut, Abdul Razak, mengata-kan, Jalan Handil Amuntai sebenarnya sudahmasuk perbaikan di Dinas Bina Marga danSumber Daya Air Pemkab Banjar. “Sedangkanuntuk di Handi Dua, memang ada kerusakandan swadaya masyarakat dilakukan perbai-kan,” jelas camat.

Rencananya di musrenbang nanti, perbaikanjalan tersebut diusulkan untuk bisa masukanggaran. Sedangkan perbaikan jembatan diMalintang menuju Kurau merupakan we-wenang provinsi. “Nantinya jalannya juga akandilebari pula,” ucap Abdul Razak.

Reihan, jemaah asal Cindai Alus, Marta-pura, berharap jalan menuju makam mulus.Pasalnya, yang datang berziarah bukan hanyadari Kalsel. “Malu juga kalau jalannya rusak,”bebernya. (ris)

Tiap Hari ...

Malu Jalannya Rusak

Sebagai alumnus ponpes tersebut, diamerasa kehilangan sosok pengasuh yang jugapengajar semasa dia menuntut ilmu sejakMadrasah Tsanawiyah hingga lulus Mad-rasah Aliyah. “Saya alumnus Al MursyidulAmin juga. Kebetulan saya rumah dekatdengan pondok, jadi bisa lebih seringmelakukan ziarah,” beber Habibah.

Senin (4/2) siang, seorang diri dia men-gendarai sepeda motor menuju makam gurubernama lengkap KH Ahmad Bakeri itu.Berpakaian muslim, dia duduk tafakur didepan makam tersebut.

Surah Yasin, tahlil dan selawat dibacakanlelaki yang tinggal di Handil Amuntai,Gambut tersebut. Sebelumnya, tepat di haripemakaman, Habibah juga melayat danmengikuti proses pemakaman.

Memasuki hari ketiga meninggalnya ulamaternama Banua itu, peziarah masih cukup banyak.Silih berganti mereka memasuki kawasanpermakaman yang masih satu kompleks denganpondok pesantren. Informasinya, peziarah yangdatang tidak hanya dari Kalimantan Selatan,namun juga Kalimantan Tengah hingga Kali-mantan Timur. Semasa hidup, Guru Bakerimemang sering bertausiah di sana.

Makam yang masih berupa timbunantanah banyak ditutupi karangan bungamaupun untaian anyaman dari daun kelapadan pandan. Aroma harum menebar disekeliling kubah.

Alquran, Yasin dan beberapa tumpukankitab tersedia di makam. Air mineral kemasanyang merupakan produk pondok pesantren punturut disediakan bagi peziarah yang dipisahkanoleh kain abu-abu, sesuai jenis kelamin.

Rahman, warga Kota Banjarbaru , mengakumenyempatkan diri ziarah karena saat pema-kaman tidak sempat mengikuti. “Tausiah GuruBakeri tidak membosankan. Mudah dicerna dandibumbui gurauan kocak berbahasa Banjar,”ucap Rahman . Harapan dia, nanti ada peng-ganti Guru Bakeri yang bukan hanya piawaiberdakwah namun juga menghibur. (ris)

diberikan izin oleh pedagang yang berada dibelakang, yang memiliki bangunan, untukbisa berjualan di halamannya atau bergabung,meminta sedikit ruang untuk lapaknya.

Seperti dirinya yang ikut berjualan dibangunan milik Hj Anisa yang rumahnyamerupakan tempat usaha penggilinganbumbu dapur. Jika tak ada izin, maka dirinyatak bisa berjualan.“Untung dikasih izin. Kalau tidak ya tidakbisa berjualan lagi,” ujarnya.

Andri menjelaskan, para pedagang hanyadiberikan waktu selama tiga hari untukmundur dari area jalan. Di lapak miliknya,pedagang diminta mundur dua meter. Luasjalan harus enam meter, tak boleh kurang.

Menurut dia, penertiban dilakukan karenadi Jalan Sulawesi banyak dibangun ruko yangmenyebabkan banyak kendaraan bongkarmuat dan memacetkan jalan. Akhirnya,pemko membuka kembali jalan di Pasar Lama.“Di sana sih macet terus. Jadi di sinikorbannya,” katanya.

Secara terpisah, Kepala DinasPengelolaan Pasar, Hermansyah mengatakan,penertiban Jalan Antasan Kecil Barat akandilakukan bertahap. Tahap awal, jalan harusdibuka seperti semula. Pedagang tak bolehberjualan di atas jalan.

Selanjutnya, pembenahan akan terusdilanjutkan. Seperti rencana awal, Pasar Lamaakan dibangun gedung bertingkat. Digunakanuntuk menampung pedagang dan jugadijadikan sebagai pusat sentra oleh-oleh khasdaerah ini. (dia)

Pedagang Kecil

yang nonton tidak hanya dari Jabo-detabek, tetapi juga dari JawaTengah, Bali, dan kota lainnya.

Acara dibuka oleh penampilandari Coboy Jr, kemudian semuamember SM*SH muncul ke tengahpanggung dengan menggunakantopeng. Saat topeng dibuka, BalaiSarbini pun semakin ramai. Ternyatatidak hanya Coboy Jr yang ikutmemeriahkan konser itu, girlbandBlink pun menjadi bintang tamu.

Selain itu, SM*SH juga berko-laborasi secara akustik denganbeberapa musisi ternama sepertiEross Chandra (Sheila on 7), Tho-mas (GIGI), dan Jubing Kristianto.Masing-masing personel SM*SHmenyanyikan potongan lagu hitssepertiI Won’t Give Up,One Love,Some-one Like You, Jera, Starlight, dan lagu

lainnyasecara akustik.

Lima dari 12 lagu yang ada dialbumStep Forward dinyanyikan saatkonser berlangsung, yaitu DemiKalian,Kisah Romantis,Mencurangi Cinta,Rindu Ini dan Pahat Hati. Lagu-lagu darialbum sebelumnya juga dinyan-yikan di konser itu, seperti I Heart You,Ada Cinta,Ahh serta Senyum Semangat.

Akhirnya konser ditutupdengan lagu terbaru SM*SH di al-bum kedua ini yaitu Pahat Hati, diikutitepuk tangan yang meriah dari paraSM*SHBlast yang hadir di BalaiSarbini.

Menarik dinanti, apakah konser diBanjarmasin akan seheboh di BalaiSarbini. Juga, lagu apa saja yang akandisuguhkan Morgan dan teman-temanbuat Smashblast Banua. (dns/sbc)

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

◗◗◗◗◗ Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1 Sambungan halaman 1

Kuningan, Jawa Barat. “Kami lebih memilih menjagakebugaran pemain inti untuk lagakandang. Makannya sebagian pe-main inti kami simpan,” ujar Ellybeberapa waktu lalu, menjelangterbang ke Papua.

Namun sayang, seperti dising-gung di atas, Persita gagal membawapulang satu angka pun. Jadi mautak mau mereka akan memaksi-malkan partai home.

“Kami akan menurunkan pe-main-pemain yang berpengala-

man,” Ujar Elly. “Ternyata pemainmuda masih belum siap dimainkan.Mereka harus meningkatkan ke-mampuan lagi,” sambungnya, ber-kaca pada hasil di Bumi Cendra-wasih.

Elly Idris mengatakan, pemain se-nior mereka dalam kondisi bugar.Karena itu dia merancang skuat terbaikjelang menghadapi Barito. “Kami akanmemainkan pemain sesuai denganskema yang ada,” katanya.

Artinya, Barito harus waspadadan siaga. (dns/arb)

Rekaman Pertemuan31/08/2003 Barito 0-0 Persita Divisi Utama

06/04/2003 Persita 3-1 Barito Divisi Utama

ANTARA/SEPTIANDA PERDANA

BALITBALITBALITBALITBALITA KA KA KA KA KORBAN PENGORBAN PENGORBAN PENGORBAN PENGORBAN PENGANIAANIAANIAANIAANIAYYYYYAANAANAANAANAAN - Seorang perawat bersama pengasuhnya menjaga Helena Giawa (2,5 tahun)balita korban penganiayaan di Rumah Sakit Umum Boloni Medan, Sumut, Senin (4/2). Helena Giawa menjalaniperawatan karena patah tulang di tangan kiri dan luka memar di bagian wajah dan kepala yang diduga akibatdianiaya tantenya yang hingga kini masih buron.

MEDAN - Tubuh mungil Hel-ena Giawa (2,5 tahun) tergoleklemah di kasur salah satu kamarRumah Sakit Boloni Medan,Sumatera Utara, Senin (4/2).

Kondisi balita kritis akibatmengalami patah tulang danluka bakar di tubuhnya. Anakyatim itu diduga kuat disiksabibiya sendiri, IN.

Informasi dihimpun, ayahHelena, A Giawa, meninggalpada Agustus 2012. Pada November 2012, ibunya SN, menikahlagi dengan pria lain, hingga Helena dirawat oleh pamannyaRoy Giawa dan bibinya IN, yang bekerja sebagai buruh diperkebunan PT Agri Nusantara Jaya (ANJ) Group, DesaLangkimat, Kecamatan Simangambat, Kabupaten PadangLawas Utara.

“Namun rupanya kehadiran Hellena tidak disukai bibinyaIN, karena dianggap menambah beban keluarga,” tutur Meni(32), salah seorang keluarga Helena saat berada di RSURantauprapat.

Pada Senin (28/1/2013), IN pun mulai menganiaya bocahmalang tersebut hingga mengalami luka dan patah tulang disejumlah bagian tubuh. Bahkan, pada tubuh korban jugaterlihat sejumlah luka bekas bakaran puntung rokok.

Tindakan bejat yang dilakukan IN pun belakangandiketahui keluarga dan warga sekitar. Dimana saat itu salahseorang keluarga melihat korban menjerit kesakitan terbaringdi rumah pamannya itu.

“Waktu itu salah seorang keluarga kami mendengar Hel-ena menjerit di rumah bibinya. Saat dihampiri ternyata diakesakitan karena banyak luka di tubuhnya. Makanya kamicuriga dia telah dipukuli oleh bibinya,” ungkap Meni.

Melihat kondisi itu, keluarga dan warga sekitar langsungmelarikan bocah nahas itu ke RSU Rantauprapat. Sedangkanbibinya IN diketahui telah kabur.

Dokter Ismart yang menangani Helena mengatakan,kondisi korban dalam keadaan koma saat dibawa ke RSURantauprapat. Menurutnya, beberapa bekas benturan dan lukadi kepala menyebabkan pendarahan dibagian otak hinggakorban kritis tak sadarkan diri. Karena kondisi Helena yangsemakin parah, pihak RSU Rantauprapat kemudian meru-juknya ke RS Boloni, Medan. (mbc/tmc)

Balita HelenaDibakar Bibinya

“Waktu ituseorang

keluarga kamimendengar

Helenamenjerit di

rumah bibinya”M E N IM E N IM E N IM E N IM E N I

Keluarga Helena

Page 9: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Seleb VaganzaSELASA 5 FEBRUARI 2013 9Metro Banjar

Siap Terima NasibAKTRIS seksi Julia Perez sempat mendapat gelar kebang-sawanan dari Keraton Solo, yakni Nimas Ayu Tumenggung Juli Rahmawati. Gelar itu diberikan Jupe di Keraton Surakarta, Solo, Jawa Tengah pada 7 Juli 2010. Namun ada kabar yang menyebutkan gelar yang setara dengan Bupati itu dicabut. Benarkah?

“Dikasih gelar aku senang, kalau dicabut aku terima nasib, saya tetap sebagai Jupe. Saya senang diberi gelar Keraton Solo dan Dayak, kalau mereka berpikir saya enggak pantas ya eng-gak apa,” tandas Jupe.

Jupe mengatakan, sejak dua tahun menyandang gelar ke-bangsawanan yang juga diberikan kepada Manohara, Maia Estianty, dan Ahmad Dhani itu, ia memiliki hubungan baik dengan keluarga kerajaan. Jupe pun belum bisa membe-narkan bahwa gelarnya dicabut karena masih berhubun-gan baik dengan pihak keraton Surakarta.

“Saya sama keluarga Solo baik. Gusti Ayu sampai prihatin dengan keluarga saya. Kalau terjadi ini akan konfi rmasi langsung sama Gusti Ayu Indri. Saya tetap dukung Solo kok, ada tidak ada gelar saya tetap dukung dan akan terus berhubungan baik,” tandas kekasih pesepakbola Gaston Castano ini.

Jika gelar yang dimaksud diangkat dari Jupe, pelan-tun ‘Belah Duren’ itu mengaku tak mau memikirkan-nya. “Enggak lah, kita terima saja. Enggak usah pikir apa yang kejadian kedepan, usaha, pikir positif, yang tentuin Allah, saya sudah diberi gelar, saya sudah senang. Saya terima nasib,” kata Jupe. (okki/nva)

Gelar Akikahan Diiringi MarawisPASANGAN Astrid Sartiasari dan Arlan Djoewarsa kini sedang menikmati hari-hari bahagia mereka memiliki keluarga kecil. Pasangan yang menikah di Surabaya 18 Novem-ber 2011 ini disibukkan oleh kegiatan merawat anak pertama mereka, Alex Djoewarsa. Saat usia si kecil genap 40 hari, Astrid dan suami menggelar acara akikahan yang diikuti dengan prosesi memotong rambut di kedia-man mereka di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta, Ahad (3/2) lalu. “Biar lebih simpel, kita jadiin satu antara akikah dan potong rambut,” ujar Arlan.

Acara akikahan ini dimeriahkan oleh marawis dan musik rebana den-gan alunan shalawat Nabi Muham-mad SAW. Suasana terasa syahdu dan khidmat.

Arlan menuturkan, untuk men-didik anaknya ke depan dia dan istri akan memprioritaskan pendidikan agamanya. Caranya, dengan lebih banyak memberikan teladan kepada si kecil

ketimbang memberikan nasihat. “Kita juga berusaha menjadi orangtua yang lebih baik, selalu ditiupkan doa-doa yang baik,” kata Arlan.

Astrid menuturkan, dia dan

Astrid sempat kaget dengan berubahnya ritme aktivitasnya sehari-hari sejak Alex lahir. Misalnya, dia dan istri harus kerap bangun malam kecika si kecil rewel atau harus mengganti popoknya. “Awal-awal itu kita memang kaget denga rutinitas yang harus begadang. Kan itu pusing juga ya. Tapi ternyata kita jadi terbiasa dan nyaman ketika melihat perkembangan anak aku,” ungkap Astrid. “Kita berharap dia menjadi anak yang saleh dan berguna bagi orangtua serta agama,” ujar Arlan. (fin/l6)

Konser Gratis Maliq & D’Essentials

Anak Kedua Lahir Februari Ini

CHARLY Van Houten akan segera memiliki momongan lagi. Pertengahan bulan Februari ini, Regina, istrinya, diperkirakan akan melahirkan anak mereka yang kedua. Sebuah nama sudah disiapkan Charly dan Regina untuk calon jabang bayinya, yaitu Asmaranaca Manunggaling Gaula Gusti Kaula. “Proses melahirkan Insya Allah rencananya tanggal 14, 15, atau 17 Februari pas bulan Valentine,” kata Charly.

Anak pertama Charly berjenis kelamin laki-laki. Untuk anak keduanya, Charly dan Regina bahagia karena menurut hasil USG, bayi mereka berjenis kelamin perempuan.

“Pasti bahagia, kebetulan pas di USG juga hasilnya perempuan, yang pertama kan laki-laki. Istriku inginnya melahirkan normal, tapi kan ada dokter khusus yang menanganinya, ya menyerahkan kepada yang berkompeten,” katanya.

Demi istri dan anak keduanya, Charly mengaku akan mengu-rangi jadwal pekerjaannya. Charly ingin sekali mendampingi istri saat melahirkan. Sebab, ia tak sempat menemani Regina saat anak pertama mereka dilahirkan. “Kebetulan job agak dikurangi. Eng-gak mau pol tur. Dulu enggak sempat melihat istri melahirkan,” sesalnya. “Aku ingin ada saat dia melahirkan, dan maunya sih mendokumentasikan,” harap Charly. (okki/nva)

GRUP jazz Maliq & D’Essentials 10 Februari mendatang akan menggelar konser gratisan untuk menghibur para penggemarnya. Konser yang akan ditampilkan Angga bersama Indah, Jawa, Widi, Lale dan Ilman ini akan dilangsungkan di sebuah mal di Jakarta Selatan dengan tajuk ‘Sri-

wedari Album Launch Concert’.Konser ini sekaligus menjadi

ajang peluncuran album kelima mereka yang baru saja dirilis ke pasar 25 Januari lalu plus ajang jumpa fans. “Sriwedari Album Launch Concert! Sunday 10 FEB @GandariaCity frm 4PM. FREE ENTRY! feat @davidbayu

Billy Beatbox” tulis Maliq & D’Essentials di akun resminya di Twitter. Konser akan dipandu oleh Pandji Pragiwaksono dan akan mulai on fire pukul 16.00 WIB sampai selesai. Fans yang datang juga berkesempatan meminta tanda tangan dari para personil band ini.(hai)

Surya Saputra

MAKANAN apa saja asal rasanya enak di lidah pasti akan dilahap tanpa sisa oleh aktor satu ini. Apalagi, jika yang

tersaji adalah masakan asli Indonesia. “Saya ini suka makan. Teru-

tama makanan enak yang tradisional Indonesia,”

ujar Surya Sapu-tra dalam sebuah

obrolan dengan Tribun di

Jakarta, akhir pekan lalu.

Di antara makanan Indonesia, suami Cynthia Lamusu ini sangat men-gidolakan masakan Betawi. Alasan-

nya sederhana, karena Surya berasal dari keluarga Betawi. Deretan masakan Betawi yang santap adalah nasi uduk, semur, gabus pucung, sayur asam, soto tangkar, sambal pete, hingga jengkol. Menurutnya masakan sambal pete, jengkol, dan sayur asam Betawi memiliki citarasa khas yang berbeda dengan masakan serupa dari daerah lain. Bahkansaat ia diberikan makanan apapun jenisnya, ia selalu menyan-tapnya sampai habis. Dengan begitu, Surya dapat memberikan compliment kepada penjual tentang rasa masakan-nya. “Kalau saya makan di warung, pasti saya habiskan karena orang akan senang masakannya habis, dan saya bisa sharing ke penjualnya kalau masa-kannya kurang ini, kurang itu,” lanjut putra bintang film tahun 1970-an Linda Hosein ini.

Ketika suatu hari Surya ditawari menjadi host sebuah program televisi tentang kuliner, dia langsung mengiya-kan. Meski sudah mencicipi beragam

makanan nusantara, Surya merasa masih ada yang kurang dengan petualangan kulinernya.

“Saya nggak pikir panjang tentang tawaran itu, langsung ambil aja. Tapi yang belum kesampaian sampai seka-rang itu makan makanan Papua, karena makanannya dari sagu yang dicampur sayur,” cerita Surya.

Direktori Tempat MakanKini, aktor yang pernah main di film

Arisan! dan Modus Anomali, ini boleh dibilang menjadi semacam direktori hidup bagi teman-temannya yang ingin mendapatkan referensi tempat makan enak lantaran saking seringnya Surya menyambangi berbagai tempat makan di berbagai daerah di Tanah Air, terutama yang menyajikan ma-kanan Indonesia. “Teman-teman sering nanya ke saya soal tempat makan,” tutur Surya.

Beberapa tempat makan yang Surya rekomendasikan, antara lain Nasi Goreng Betawi ( bahan dasarnya nasi

uduk, lalu digoreng) di Jl. Bakti, Blok S, Jakarta Selatan. Lalu, Soto Betawi di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, tapi tempat makan ini jika didatangi pukul 15.00 ke atas pasti sudah habis. Ada lagi, Soto Betawi H. Mukti di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, serta Warteg Dewi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

“Kalau saya lebih senang makan warteg atau warung pinggir jalan, daripada fast food. Fast itu praktis dan mengeyangkan tapi abis itu lapar lagi, meskipun katanya nasi di warteg tinggi gula tetap hajar aja,” lanjut pe-main sinetron Love in Paris ini.

Karena memiliki banyak rekomen-dasi tempat makan, Surya sempat ber-pikir membuat buku panduan kuliner. Tetapi di tengah kesibukan syuting sinetron stripping, dia mengaku belum ada waktu. “Buat buku tentang kuliner Indonesia kan nggak bisa asal-asal, harus ada riset juga kan. Jadi belum ada waktu.” (agustina nr/fin)

Dukung Cynthia Rintis Usaha PASANGAN selebriti Surya Saputra dan Cynthia Lamusu mengaku memiliki banyak resep masakan. Satu per satu resep dimasak oleh Cynthia. “Tadinya Cynthia nggak bisa masak, sekarang dia pintar masak, masakannya enak, beberapa teman minta dikirimin hasilnya dan sharing resep,” puji Surya kepada sang istri.

Dari situ lah, ide untuk membuat usaha muncul. Cynthia mem-buka bisnis online catering dengan nama Dapur Mama Thia, sejak pertangahan 2011. Catering tersebut menyuguhkan menu makanan nusantara, seperti nasi kepel, sambal roa, nasi tumpeng, sambal pete, teri kacang, sup jagung, bakwan Malang, dan masih banyak lagi. Khusus untuk makanan asal Sulawesi, asal Cynthia, mengguna-kan bumbu asli dari pulau tersebut.

“Saya sering jadi tester masakannya, waktu dia bikin sambal roa, wah pedas banget, saya bilang kalau pedasnya harus dikurangi. Dia juga jago banget bikin papis ikan, lalu baru mencoba masak makanan bumbu Kalimantan seperti ayam Kalimantan dan kakap bumbu kuning Kalimantan,” kata Surya.

Menurut Surya, Cynthia dibantu empat orang karyawan di dapur dan dua orang untuk delivery order. Namun saat ini Cynthia masih melayani permintaan dari customer Jakarta. Ia melayani order untuk arisan maupun kantor. Ia belum berani merambah ke luar kota, karena packaging. Kecuali customer luar kota mengambil sendiri pesanannya. (anr)

DI tengah kesibukan syuting sinetron stripping Love in Paris, Surya Saputra susah menyempat-kan jalan berdua dengan sang istri. Bahkan ketika Cynthia Lamusu meminta Surya istirahat satu hari

pun sulit untuk dilakukannya. “Istri saya minta satu hari buat break, tapi saya bilang ‘sorry sayang nggak bisa’,” ujar Surya.

Hampir setiap pagi, Surya berangkat ke lokasi syuting. Sedangkan istri sibuk masak untuk usaha catering-nya. Malamnya, tak jarang dini hari, Surya baru pulang ke rumah, dan istrinya sudah istirahat. “Paling makeup time-nya, saya pijitin Cynthia, pasti dia capek,” lanjutnya.

Dan dalam waktu dekat, kesibukan akan Surya ber-tambah. Karena direncanakan ia membintangi sebuah fi lm berlatar belakang angkatan laut dan akan ditampil-

kan dalam gambar hitam putih. “Teaser-nya gila bagus banget. Tapi saya belum boleh ngomong nih, sorry ya,” tutup Surya merahasiakannya. (anr)

Julia Perez TRIBUN/JEPRIMA

Charly Van Houten TRIBUN/JEPRIMA

TRIBUN/JEPRIMA

Astrid Sartiasari

TRIBUN/JEPRIMA

Cynthia LamusuSurya SaputraTRIBUN/JEPRIMA

PELAHAP MAKANAN BETAWAI

Tak ada Waktubuat Istri

Page 10: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Gadget PlusSELASA 5 FEBRUARI 201310 Metro Banjar

What’s News

Operator Corner

New Entry

Gold & CoGold & CoGold & CoGold & CoGold & Co

Konsep iPad Transparan Malware AndroidSerang WindowsSENIMAN bernama

Ricardo Afonso, dalamvideonya yang diunggah diYouTube, memamerkankonsep desain iPad yangmemiliki body transparan.

Mungkin Afonso terlalumengada-ngada, karenaApple sendiri belum pernahmenggembar-gemborkanbakal menghadirkanperangkat transparan. Tapidalam video yang diunggu-hanya itu, juga dipamerkanketipisan dan keindahankonsep iPad yang bisaditerapkan di masa kini.

Harus diakui, mewujud-kan sebuah iPad transparanbenar-benar masih menjadihal yang misterius. Namun,mengingat kemajuan iPadyang selalu penuh inovasi, menem-patkan perangkat elektronik di dalamdua ruang kecil tidak sepenuhnyamustahil.

Satu hal yang pasti: teknologibaterai harus ditingkatkan untuk

muat di dalam ruang yang sangatkecil. Dengan kerumitan untuk letaktombol depan serta penempatanbagian dalam, tidak mustahil iPadtransparan akan terwujud di masadepan. (jnp)

PROGRAM jahat untukAndroid hanya berpengaruhterhadap sistem operasi terse-but. Namun baru-baru ini dite-mukan juga program jahatyang mampu menginfeksi kom-puter berbasis Windows.

Malware tersebut ditemu-kan Kaspersky dengan menya-mar sebagai aplikasi ‘bersih-bersih’ memori, misalnya dengan mema-tikan sejumlah program yang berjalandi belakang layar.

Saat hinggap di perangkat berbasisAndroid, malware itu akan secaraotomatis melakukan aktivitas ilegalseperti, mengirim SMS, mengaktifkanWiFi, mengirim data ke pembuat, men-curi foto dan daftar kontak, serta ber-bagai hal mengerikan lainnya.

Tapi tak cukup sampai di situ, pro-gram jahat ini juga akan secara otomatismenyebarkan dirinya ketika perangkatyang terinfeksi dihubungkan ke kom-

puter.Ada 3 file utama yang memungkin-

kan malware ini menginfeksi komputer,autorun.inf, folder.ico, dan svchosts.exe.Nah, file terakhir itulah yang akan secaraotomatis membuat backdoor dan mema-sukkan file berbahaya lainnya ke kom-puter.

Dikutip dari The Next Web, seranganmalware ini memang bukanlah hal yangbaru dalam dunia komputer. Namun inidianggap sebagai ancaman bagi parapengguna Android karena mengguna-kan teknik baru yang unik. (dtn)

New Game

Tak banyak vendor yang memberifasilitas khusus untuk bermaingame di gadget besutannya.

Kebanyak hanya sebagai pelengkap.Berbeda dengan Mito 800. Vendor lokalini menyajikan banyak game di ponselini.

Ponsel ini sudah dipasarkanGadgetmart Banjarmasin sejak tigabulan lalu. Sampai sekarang produk inimasih laris. “Tiap dua atautiga hari

pastiterjual,” ujar ucap Manajer

Gadgetmart, Linawati Seho.Ponsel ini dibandrol dengan harga

265.000 rupiah. Harga yang cukupmurah dengan banyak fasilitas yangditawarkan. Mito 800 juga dilengkapistick untuk bermain game serta bonusCD game. Di dalam CD tersedia ratusangame ninetendo. Jadi bila bosan dengangame, bisa dihapus dan digantikan lagi.Bila ingin memainkan lagi game dulu,tinggal instal kembali.

Bikin KartuPerdana Baru

PT XL Axiata Tbk meluncurkan kartuperdana baru XL Bebas. Kartu prabayar inidiperuntukkan memfasilitasi penggunaanInternet oleh pelanggan XL.Kartu XL Bebas dijual seharga Rp 5.000

dengan kuota 150 MB per bulan dan masaaktif 6 bulan. Kuota 150 MB per bulan akan diberikan jikapelanggan melakukan isi ulang Rp 5.000 setiap bulan.Pelanggan juga mendapat bonus kuota 1MB per hari,sementara kuota tersisa akan diakumulasikan ke bulanberikutnya.

“Kami menyadari Internet sudah menjadi salah satukebutuhan pokok masyarakat Indonesia, terlebih anak muda.XL yakin program XL Bebas ini mampu menjawab kebutuhanpelanggan untuk berinternet lebih leluasa dengan hargaterjangkau,” ujar Direktur Marketing XL Joy Wahjudi.

Selain meluncurkan kartu perdana itu, XL jugameluncurkan sejumlah paket internet lain seperti Paket Gaul600 MB 30 hari, seharga Rp 25.000, Paket Gaul 1,5 GB 30 hariseharga Rp 49.000. (bns)

Jadwal Peluncurannya Diundur

Jamin KinerjaLebih Baik

LG memperkenal-kan varian terbaru dariOptimus L7 yakni Opt-imus L7 II Dual. Ponselini didukung dual SIMGSM+GSM. Memilikikinerja dua kali lebihbaik karena telah meng-gunakan prosesor dualcore 1 GHz.

Selain itu, ponsel inimenggunakan sistemoperasi Android 4.1 JellyBean, dan hadir denganaplikasi eksklusif LG seperti QSlide, QuickMemo, danQuickTranslator.

LG Optimus L7 II Dual ini memiliki layar sentuh IPSLCD berukuran 4,3 inci, dan dilengkapi juga dengan kamera8 Megapiksel dengan kemampuan merekam video HD 720p,dan baterai berkapasitas 2.460 mAh. Pertama kali dipasarkandi Rusia mulai Februari 2013 dengan banderol harga 12.990Rubles atau sekitar Rp 4,2 jutaan. (m88/shp)

PENGEMAR gameryang sudah lama me-nantikan kehadiranGrand Theft Auto(GTA) V terpaksa harussedikit bersabar. Produ-sennya, Rockstar mene-gaskan peluncuran gametersebut mundur darijadwal yang sebelumnyaditetapkan.

GTA V sejatinya akan di-luncuran Rockstar pada musimpanas 2013, atau sekitar Marethingga Mei. Namun, produsenvideo game asal Amerika Seri-kat itu sudah mengeluarkanpernyataan yang cukup menge-cewakan para penggemarnya.

Di situs resmi Rockstar ter-tulis bahwa GTA V baru akan

diluncurkan 17 September 2013,atau mundur 4 bulan darijadwal rilis yang sebelumnyaditetapkan. “Kami sadar akanbanyak gamer yang kecewadengan keputusan ini,” tulispernyataan lebih lanjut Rocks-tar, Jumat (1/2).

Rockstar berdalih mundur-nya perluncuran GTA V hanya

agar game tersebut tampillebih baik dari para peng-guna. Mereka mengakumasih membutuhkanwaktu untuk memperbaikisejumlah bug dalam gameterebut.

S e b e l u mpernyataan Rockstar inimuncul, sudah bayakspekulasi soal peluncuranGTA V yang katanya hadir

dalam waktu dekat. Bahkanentah disengaja atau tidak,Microsoft pun pernah ikutmembocorkan peluncuran ga-me tersebut. Kini, mau tidakmau gamer harus bersabar me-nunggu ketersediaan gamepaling dinanti itu yang masihsekitar 8 bulan di depan. (dtn)

iPad transparan iPad transparan iPad transparan iPad transparan iPad transparan

Bikin BlackBerry10 Lapis Emas

PERUSAHAANber-pusat di London, Gold& Co mengumumkanmelalui Twitter merekaakan menghadirkanvarian BlackBerry Q10berlapis emas 24 karat.Bukan hanya Black-Berry Q10 berwarnahitam yang akan diper-cantik dengan emas 24karat, tapi juga Black-Berry Q10 yang berwar-na putih dilapisi emas 24 karat.

Khusus untuk BlackBerry Q10 warna putih, Gold & Coakan mempercantiknya dengan melapisi emas dalam besutanwarna pink.Sayangnya saat ini Gold & Co belum mengumumkan berapaharga untuk varian BlackBerry Q10 berlapis emas 24 karat.

Sebagai perbandingan, untuk varian iPhone denganberlapis emas 24 karat dari Gold & Co dijual seharga 5.000Dolar AS. Nah, barangkali untuk varian BlackBerry Q10 ber-lapis emas 24 karat juga akan dijual dengan harga yangserupa. (gpg/shp)

NETMalwareMalwareMalwareMalwareMalware

NET

GGGGGTTTTTA VA VA VA VA V NET

NET

LG Optimus L7 II Dual LG Optimus L7 II Dual LG Optimus L7 II Dual LG Optimus L7 II Dual LG Optimus L7 II Dual

NET

Klasifikasi Mito 800:◗ Dual On GSM◗ Jaringan 2G: GSM

900/1800◗ LCD: 2.8 inci◗ NES Games◗ Kamera: 1,3 MP,

1.280x960 piksel◗ TV Tunner◗ Bluetooth◗ MP3/MP4/Fm Radio◗ Disco light◗ Social Network◗ Baterai: Li-ion 3.7 V/

400 mAh (1.42 WH)

SANG PONSELMULTIFUNGSI

Ponsel dengan tampilan candy bardan desain elegan ini memang meng-unggulkan TV tunner sebagai fiturutama. Tampaknya produsen Mitoberhasil menangkap selera masyarakatkebanyakan.

Selain itu, ponsel ini disebut sebagaiponsel multifungsi.Bagaimana

tidak,ponsel seberat 115

gram dan berdimensi 115 mm x 53,7mm x 14,5 mm ini sudah bisa mem-berikan apa yang orang-orang butuh-kan dalam satu genggaman.

Ponsel ini wajib diisi dengan GSMcard yang juga sudah support GPRSdan WAP. Bisa dimanjakan dengankualitas suara telepon yang jernihsekaligus internet yang dapat denganmudah terkoneksi.

Jika sedang berada jauh dari rumahdan ingin menonton acara televisifavorit, tinggal mengaktifkan TV Tunneryang sudah dibenamkan di dalam Mito

800. Adanya antena internal membuattayangan terlihat jernih.

Begitu pula dengan 2 speaker aktifmembuat suara yang dikeluarkandari siaran televisi lokal menjaditerdengar super dahsyat. Layar LCDselebar 3 incinya mendukungkualitas gambar yang mumpuni.

Kamera 1,3 Megapiksel cukupmemuaskan dalam menangkapmomen-momen terbaik. Apalagiteknologi layar sentuh jugamenjadikan penggunanya mudahdalam mengekpresikan diri.Fasilitas pendukung lain adalahBluetooth, MP3, MPEG4, USB,dan Earpiece. Tidak hanyauntuk anak-anak, orangdewasa pun cocokmemakainya.“Bisa disebut multifungsi,karena bapaknya bisamakai untuk menelepon,anaknya silahkan maingame,” ujar Lina. (bb/rdc)

Mito 800Mito 800Mito 800Mito 800Mito 800

BANJARMASIN POST GROUP/MITA

Page 11: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

GosipiSELASA 5 FEBRUARI 2013 11Metro Banjar

SIAPKANDIRI JADIPOLITISI

WALAU Amy Jacksonditerima sebagian besarkhalayak, ada sebagian kecilyang mengkritik aktris non-India di Bollywood.Mereka beranggapan aktris-aktris impor seperti AmyJackson ini tak seharusnyamemerankan wanita India,lantaran mereka bukan or-ang India. Pesan bernadaserupa pernah disampaikanseseorang kepada Amy viaakun Twitternya.

“Jujur, saya agak syokketika ada orang yang menulis seperti itu. Tapi saya berpikircuma sebagian kecil yang berpikir seperti itu. Mayoritas, takmempersalahkan. Lagi pula, dalam akting, siapa pun bisamemerankan apa pun. Leonardo DiCaprio saja bisa berperansebagai orang Afrika Selatan di Blood Diamond,” beber wanitabermata biru ini.

Amy sudah merampungkan tiga film. Ia berencana terusberkarier di India sampai waktu yang tak ditentukan.

“Ada beberapa orang yang saya inginkan menjadi lawanmain. Kareena Kappor dan Ranbir Kapoor. Saya juga inginmendapat peran-peran yang berbeda. Banyak aktris Bollywoodyang ingin mendapatkan peran-peran glamor di film, tapisaya lebih tertarik mendapatkan peran yang dimainkan VidyaBalan di film The Dirty Picture,” imbuh cewek yang mulai lancarberbahasa Hindi ini.

Banyak menghabiskan waktu di Mumbai, membuat Amymerasa seperti berada di rumah sendiri. Ia malah merasa asingjika berada di kampung halamannya, Inggris.

“Ketika di Inggris saya malah berasa seperti turis. Ketikapergi ke London Eye, saya bahkan berfoto-foto selayaknya turis.Sekarang, rumah saya Mumbai. Kalau saja orang-orang In-dia tidak menerima saya dengan hangat, tentu saya tak akanmenetap di sini,” pungkas Amy yang baru saja didapukmenjadi ikon Armani India.(bic/tnc)

SITUASI politik di Indonesia yang tengahmorat-marit ternyata membuat Juara FavoritPutri Kalimantan Selatan 2009, Gadis WahyuRamadhan tergerak untuk memperbaiki haltersebut.

2014 yang merupakan tahun politikmemantapkan hati Gadis untuk maju sebagaiCalon Legislatif (Caleg) di Daerah Pemilihannya(Dapil) Tanahbumbu dari partai besar yang adadi Indonesia, Gerindra.

“Motivasi saya turun ke kancah politik inginmembuat perubahan untuk perbaikan,” ujarnya,Senin (4/2).

Berkecimpung di dalam partai kurang lebihdua tahun membuatnya semakin yakin untukmembulatkan tekadnya maju dalam pemilihan,terlebih dukungan orangtua semakin meman-tapkannya menjadi wakil rakyat.

Sebagai seorang wanita dan masih berusiabelia tidak membuat Gadis gentar menapakikariernya di dunia politik. Ia juga tidak khawatirtentang banyaknya pemberitaan tentang politisiwanita yang tersandung masalah korupsi di In-donesia.

Ia berujar, jika masalah-masalah yangdialami politisi wanita tersebut bersumber darigaya hidup mereka sendiri yang menginginkanhidup mewah sehingga tidak bisa mengontroldiri.

Makanya terjadilah korupsi itu,”ungkapnya.

Ia juga menelaah, untuk penghasilan seoranganggota dewan itu bisa mencapai angka Rp 10juta perbulan ditambah lagi ada tunjangan-tunjangan lain dan itu dinilainya sudah lebihdari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Karena itulah ia menilai adanya tindakpidana korupsi semuanya disebabkan oleh sifatmanusia itu sendiri yang selalu tidak pernah puasatas apa yang diberikan kepadanya.

“Insya allah saya akan berpendirian bahwa apayang saya ambil benar-benar itu hak saya bukanhak orang lain,” ungkapnya.

Dua tahun ini mungkin akan menjadi tahunyang sangat sibuk bagi dara cantik ini sebab selaintengah gencar bersosialisasi ke masyarakat ia jugasibuk menyelesaikan kuliahnya di Malang, JawaTimur.Gadis yang juga presenter Televisi RepublikIndonesia (TVRI) Kalsel tengah sibuk bolak-balikBanjarmasin-Malang untuk menyelesaikan studistrata satu (S1) yang akan segera berakhir Maretmendatang.

“Setelah itu saya juga berencana melanjutkanke jenjang strata dua (S2) di Institut TeknologiBandung (ITB),” harapnya.

Ia juga berharap, jika terpilih menjadi wakilrakyat di daerah kelahirannya Tanahbumbu,semua masyarakat dapat merasakan hasilkerjanya. Terlebih komisi yang ingin ia tempatiberkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga nanti saya bisa menjaga amanahdari para masyarakat yang mendukungnya danjuga bisa memperjuangkan aspirasi rakyat,”pungkasnya. (bbn)

MencetakRatusanPenari

PADA 1982 Ruspandi remaja sudahmulai mengenal seni tari. Kegemarannyamenari karena melihat setiap gerakantari sangat dinamis, kreatif dan menarik.

“Awal belajar tari di Sanggar Kam-bang Barenteng,” ujar Pandi, panggilanakrabnya.

Darah seni Pandi tak lepas dari ke-luarganya yang memang suka berke-senian. Seperti halnya sang kakek, Bur-han Anu, yang memiliki sanggar sino-man hadrah pada 1982. Di sanggar itukakeknya sekaligus sebagai pelatih.

Pandi yang kemudian pandai me-nari, selanjutnya pada 1985 mulaimenularkan ilmu dengan orang lain. Iamembuka sanggar dengan nama Sang-gar Tari Bunga Anggrek Banjarmasin

“Nama sanggar tersebut saya ambildari nama sanggar sinoman milik kakeksaya,” ujar Pandi.

Lelaki kelahiran Banjarmasin, 6 Ap-ril 1966 ini, tidak hanya melatih tarianyang sudah ada, tetapi juga berkaryamenciptakan tarian baru.

Karya tarinya sudah puluhan, di an-taranya Lenggang si Galuh (tari japin),Simbat si Galuh (tari klasik gabunganmamanda dan wayang gong), sedang-kan lainnya tari Tandik Gantar MandauTabang (tarian Dayak) dan tari Patih sertalainnya.

“Mudah-mudahan hasil karya saya,bisa menjadi karya seni bagi daerah dandapat dipatenkan,” harap seniman yangpernah mendapat penghargaan hadiahseni pada 2002 dari Gubernur Kalsel saatitu, Syahriel Darham.

Grup tari dari sanggar yang dibinaPandi juga beberapa kali mengukirprestasi, yang terbaru Juara II TingkatNasional Tari Persahabatan di Palang-karaya, Kalteng.

Tidak hanya melatih, Pandi punkerap tampil menari. Meski usianyasudah 47 tahun, Pandi tidak kalahdengan murid-muridnya soal menari.Menurutnya hal ini untuk memotivasigenerasi muda.

Pandi memang sudah banyak mela-hirkan generasi tari yang jumlahnyasulit dihitung.

“Sudah ratusan penari yang sayalatih, sekarang mereka terpencar diberbagai daerah. Ada yang menjadiguru tari, guru seni dan sebagainya,”ujar Pandi. (dea)

GADIS WAHYU RAMADHANGADIS WAHYU RAMADHANGADIS WAHYU RAMADHANGADIS WAHYU RAMADHANGADIS WAHYU RAMADHANJuara Favorit Putri Kalsel 2009Juara Favorit Putri Kalsel 2009Juara Favorit Putri Kalsel 2009Juara Favorit Putri Kalsel 2009Juara Favorit Putri Kalsel 2009

“Insya allah saya akanberpendirian bahwa apayang saya ambil benar-

benar itu hak sayabukan hak orang lain”

BANJARMASINPOST GROUP/SALMAH

RuspandiRuspandiRuspandiRuspandiRuspandi

Gelar Pesta EmasPERHELATAN besar

akan diadakan oleh OSISSekolah Menengah AtasNegeri 1 Banjarbaru. De-ngan mengusung temaGolden Spektakular 2013, me-reka menyongsong Hari U-lang Tahun (HUT) ke-50 S-MA tertua di Benjarbaru itu.

Berbagai perlombaanpun digelar oleh SMA yang beralamat di Jalan Keruing No 3Banjarbaru. “Lombanya meliputi internal sekolah daneksternal,” ujar ketua pelaksana Adhi Dharma Prasetya.

Adhi mengatakan lomba internal bagi warga SMAN 1Banjarbaru meliputi Smasa Idol, Duta Smasa, qiroatul Al-quran, parade band, dan gerak jalan santai. Serta yang takkalah menarik adalah perlombaan rangking 1 guru. Guru diSMAN 1 Banjarbaru akan diuji pengetahuan umumnya.“Semuanya gratis untuk internal, kecuali parade band,”katanya

Sedangkan lomba eksternalnya ada lomba Paskibra bagiSMP dan SMA, basketball untuk SMA tim putra dan putri,singing contest untuk SMA putra atau putri, tari kreasiberkelompok untuk SMP dan SMA, English debate berkelompokuntuk SMA.

Dia menjelaskan perlombaan akan dilaksanakan pada 14-23 Februari 2013 di halaman SMAN 1 Banjarbaru. Pendaftaransudah dimulai dari 2-12 Februari 2012. “Tempat pendafta-rannya di ruang Osis SMAN 1 Banjarbaru,” jelasnya.

OSIS SMAN 1 Banjarbaru membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi SMP dan SMA di Kalimantan Selatan untukmengikuti perlombaan ini. “Kami sudah mengirim ke semuaSMP dan SMA se Kalsel,” ujarnya.

Namun, Adhi menjelaskan panitia juga mempunyaibatasan peserta. Basket hanya dibuka 20 tim putra dan 10tim putri, Paskibra 30 tim, tari kreasi tradisional 20 tim, En-glish debate 20 tim dan singing contest 30 orang. (bb)

Berkibar diPerfilman India

SAAT semua pesertaaudisi modeling me-nampilkan gaya centildan dibuat-buat, gadiskecil bernama Ilona Ma-harani Zulhan ini tam-pil dengan gaya naturalnamun memikat.

Caranya berjalan diatas catwalk bak seorangmodel profesional. Ga-yanya ini didukungdengan wajah imutnyayang cantik dan meng-gemaskan.

Bahkan dewan juriyang berada di depancatwalk pun tampak ter-pesona melihatnya. Ke-kaguman ini semakinbertambah setelah men-dengar Ilona mengen-alkan dirinya denganmenggunakan bahasaInggris.

Ilona merupakansalah seorang peserta audisi pencarianbakat modeling dan akting CowokCewek Indonesia Look 2013 yangdiselenggarakan oleh Bentuk Mana-jemen dan Flash Intermodel di SwissBelhotel Borneo Banjarmasin, akhirpekan lalu.

Saat dibincangi Metro Banjar, Ilonamengaku jika dirinya sempat gugup saattampil di depan dewan juri namunkegugupannya bukan karena harus

SETELAH jalinan asmaranya dengan chefRahmi berakhir, Agus Sasirangan tak memilikipasangan lagi hingga kini. Sebaliknya, lajangyang sudah mapan ini begitu menikmatikesibukannya.

Selain menjadi brand ambassador sebuahrestoran cepat saji, Agus pun sibuk syutinguntuk televisi nasional dan lokal.

Lalu bagaimana dengan kehidupanasmaranya? Agus yang ditanyakan masalahini hanya tersenyum.

“Sebenarnya sih kemarin sempat dekatdengan salah satu desainer. Tapi berhubungada sesuatu hal maka tak berlanjut,” ungkapAgus buka rahasia.

Dari kedekatan itu ia menilai seorangdesainer cocok dengan pribadinya. Maka iapun berniat mencari pasangan yang berprofesisebagai perancang busana.

“Kepingin cari desainer aja, kalau dua-duanya chef masa di dapur terus berdua,” kataAgus sambil tertawa.

Agus berharap bisa menemukan pen-damping yang dapat membantu menjalankanusahanya. Apalagi sekarang ia mulai menja-lankan bisnis sasirangan selain bisnis KeripikGaluh yang sudah berjalan.

Agus mengaku ia adalah orang yang agakperfeksionis dalam mencari pasangan agardapat mengerti pribadinya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekatketemu, mohon doanya,” harap Agus.(dwi)Agus Sasirangan

Agus CariPendamping

Gugup Saat Berbahasa Inggris

berlenggak-lenggok di atas catwalkmelainkan karena bahasa Inggrisnya.

“Tadi sedikit gugup,” katanyasembari memeluk sang mama yangberada di sampingnya.

Ajang seperti ini bukan pertamakali ia ikuti. Meskipun masih berumurtujuh tahun, Ilona telah meraihbanyak prestasi di bidang modelingseperti Juara Pertama Model KartiniCilik, Juara Pertama Model Cici dan

Koko, dan terbaru ini iaberhasil menyabetJuara Model BusanaDaerah.“Masih adalagi juara-juara lain-nya,” jelasnya.

Saat ditanya moti-vasinya mengikuti a-jang pencarian bakatini, Ilona mengakuingin terus berprestasidan mewujudkan cita-citanya sebagai modelprofesional.

Selain mencintaimodeling, siswa Seko-lah Dasar Islam Ter-padu (SDIT) Ukhuwahini juga pandai dalammenari baik tarian tra-disional maupun mod-erndance.“Sekarang jugalagi senang menyanyi,”ungkapnya.

Putri pasanganYohana dan Zulnedi ini

mulai menyukai modeling saat masihbalita. Orangtuanya yang melihatbakat sang putri lantas memasuk-kannya ke satu agensi.

Dalam usia belianya, Ilona telahmembuktikan dirinya patut diperhi-tungkan dalam bidang modeling.Bukan tidak mungkin penggemarAgnes Monica ini akan meraih cita-citanya sebagai seorang model pro-fesional.(bbn)

Ilona MaharaniBANJARMASINPOST GROUP/M SYAH BENI

DOK

IST

Amy JacksonAmy JacksonAmy JacksonAmy JacksonAmy JacksonBOLLYWOODBABES.COM

Page 12: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

12 Metro BanjarPeople Motion

SELASA 5 FEBRUARI 2013in

ISTIMEWA

Nama : LLLLLuthfuthfuthfuthfuthfia Aia Aia Aia Aia Ayu Kyu Kyu Kyu Kyu Karinaarinaarinaarinaarinablog : http://luthfblog : http://luthfblog : http://luthfblog : http://luthfblog : http://luthfiaakiaakiaakiaakiaaka.blogspoa.blogspoa.blogspoa.blogspoa.blogspot.com/t.com/t.com/t.com/t.com/

Pengirim :Amel ArAmel ArAmel ArAmel ArAmel ArsasisasisasisasisasiKeterangan foto:OkOkOkOkOk..Ok..Ok..Ok..Ok..Ok..Ok..Ok..Ok..Ok..Ok..........

Lensa

BABABABABAGIGIGIGIGI teman-teman yanghobi fotografi, bisa gabungdi Lensa FB. Kirim atau tagfoto Anda yang menarik danunik ke akun Metro Banjar,Metrobjr II atau KoranMetrobjr. Foto yang terpilihkami tayangkan di koranMetro Banjar. Maaf, tanpaimbalan. Trims.

ISTIMEWA

PULANGPULANGPULANGPULANGPULANG sekolah bersama-sama mengerjakan mading

GROGI SAATLOMBA PERTLOMBA PERTLOMBA PERTLOMBA PERTLOMBA PERTAMAAMAAMAAMAAMA

Pacaran Itu adalah CanduBICARABICARABICARABICARABICARA soal cinta, tentu banyak hal menarik yang dapat diceri-

takan. Cerita bahagia, sedih, patah hati dan lain sebagainya.Bagaimana seseorang bertemu dan mengenal seseorang lainnya,bagaimana mereka tertarik, jatuh cinta dan merasa nyaman saatdekat, kemudian memutuskan untuk bersama. Setelah sekian lamamulai merasakan perubahan terjadi pertengkaran, perpisahan,patah hati dan datang kembali cinta yang baru, kurang lebih demiki-anlah siklusnya.

Lantas aku harus bercerita tentang apa? Akupun pernah men-jadi bagian dari siklus itu, berkali-kali. Tak satu pun cerita darisiklus itu yang berujung bahagia, yang ada hanya rangkaian hubun-gan satu berpindah ke hubungan lainnya yang tak kunjung ter-henti.

Berkali-kali aku mencoba dan kemudian patah hati. Ya,pacaran itu adalah candu, beralih dari hati satu ke hati lain-nya mencari pelarian dan pencarian rasa aman lalu kemu-dian patah hati, merasa luka dan sakit tapi malah tidak in-gin berhenti, terus mencari, mengulang, terhenti, mencarilagi begitu seterusnya, andai dapat mengulang waktu akulebih memilih tidak pernah mengenal pacaran, candu itubegitu kuat, aku belum mampu sembuh bahkan sampaisekarang sekalipun sudah berkurang, terlanjur terjerat, tapibukan tak ingin terbebas.

Aku mengenal cinta di usia yang terlalu muda, kelas 2 SMP, okesilakan cemooh aku, tapi inilah kenyataannya. Sungguh aku menye-sali, andai aku dapat kembali, memperbaiki, tapi ya sudahlah.Kupikir tak ada gunanya berlarut-larut tenggelam dalam penye-salan, toh hari depan masih banyak yang harus dihadapi denganpikiran positif.

Jangan ditanya berapa banyak hubungan yang pernah aku jalani,aku takkan mampu mengatakannya. Tapi yang jelas semua haltentang cinta pernah aku rasakan, dari meninggalkan seseorangdemi seseorang lainnya, diselingkuhi setelah menjalin hubunganselama 1,5 tahun, ditinggal menikah setelah menjalin hubunganselama 11 bulan, dekat dengan seseorang yang sudah dimilikiseseorang hingga ditinggal menikah lagi.

Baru-baru ini aku memutuskan untuk berpisah setelah bersa-ma kurang lebih 1,3 tahun karena aku merasa bahwa hubunganyang kami jalani sudah tidak nyaman untuk dilanjutkan lagi, danlain sebagainya. Banggakah aku?? Tidak! Sama sekali tidak! Sekalilagi kutegaskan, AKU MENYESAL!! Ya, aku menyesal sudah per-nah masuk dalam lingkaran ini. Saran untuk yang masih pure be-lum pernah pacaran, jangan mencoba!

Tidak cuma itu, akupun pernah mengalami bagaimana mengagu-mi seseorang dalam waktu yang lama tanpa pernah bisa bersa-ma. Kurang lebih 2 tahun sudah. Ku kira dia pun tahu perasaanku,tapi dia tidak akan pernah mengerti. Ini hanya sekian dari banyakcerita yang kupunya.

Lalu apa sebenarnya yang kuharapkan dari sebuah hubungan?Hmmm. dari cinta? Seseorang seperti apakah yang akan kujadi-kan pelabuhan terakhir? Entahlah. Pertanyaan-pertanyaan seper-ti itu sering sekali menggangguku dan aku agak sulit untuk men-jawabnya.

Yang kuharapkan dari sebuah hubungan tentu saja pernikahan.Pernikahan bagiku adalah tempat perwujudan segala mimpi yangtidak dapat diwujudkan saat sendiri. Menjalani hidup dengan sese-orang yang dapat memahami aku dengan baik dan dapat kupaha-mi dengan baik.

Aku hanya menginginkan pernikahan satu kali seumur hidup,itulah mengapa aku berpikir tidak masalah sekalipun sudah ber-pacaran bertahun-tahun kemudian putus, itu lebih baik daripadasepanjang sisa hidup menjalani dengan orang yang tidak tepat.Mungkin dangkal sekali pandanganku tentang pernikahan, tapiinilah aku. Baca tulisan selengkapnya di blog http://luthfiaaka.blogspot.com/(*)(*)(*)(*)(*)

KASUS perselingkuhan Kepala Sekolah SDN AstambulSeberang dan guru SDN Astambul Kota masih belum ada

kejelasan, apakah keduanya dipecat atau tidak.. Komentarmu?

Humaidi UmayPart I

Ya am dinaswayah hini, soalduit zha lakas,

coba soal kasus yg kga baik lambat bnarm’urus....

Rafi NugrahaRafi

sebaiknya dipecat saja. biartau rasa tuh .....

Yahya KiniTinggalKenangan

di pecat ajatuh.

Ilham HalimiAlcantara

ampihi z...

Saidy PuteraPanambayan

tunggubukti yg jelasdulu, baru ambil tindakan.

ELennaMarlina

dipecat ajalgsg dg tidakterhormat....!!!

Rusdi PutraPenjelajah

ituh lahindonisia pastilama2 nyahilang kasus nya pasti adul jua dh adaduit urusan lancar, alasan nya supayakd supan nma sekolah SDN nya ujarrr

Sandra NakhLiejhas

,,hmM!tUnggubuktinya aja

dlu, jKa memang benar terjadi ambiltndakan yg adil..

Cimenk Mr’cTheredlabel

selingkuh kc!!! yg d rumahkurank ap lgguru , kurank gula kc , ap kurank uyahhaA

Lestary d’Angelsharusnya

dpecat saja. .mereka sebagaicntoh anak2

di2knya tidak sepatutnya melakukanhal seperti itu. . bagaimana anak2indonesia bisa memiliki moral yangbaik apabila guru2 di2k merekamemiliki sifat bejat

HamzahSiEdon

guru jugamanusia..bukan malaikat.

Ainuddin Az-Zukhairy

Harus adakejelasan. Agarsetiap kasusjangan sampai kada tuntung..

BawaiTiarajaya

BimsulabimHabrakadabra...!!Tertawalah

mereka..wkwkwk...Tuh Banjar

sesuaikandengan pasalyang berlaku,terus kawinkanpasangan selingkuh tp jika pasangansah nya rela, mslhya.. itu perbuatan ygsgt menyakitkan...

Amact NoahSesuaikan

dgn Hukum danPasal,,,di pecatbila perlu.!!!

Ayu’cazellaLuv’nuaa D’yanQudhamerta

Knp bgtu ,jika memang

smua nya udh jelas dan kbukti salahmengapa harus tdk jelas , , , krn tuchsdh membuat contoh yg tdk baek bagimasyarakat , , ,

Achmad EzzhaPutra Kalsel

umay kepalasekolahselingkuh...Likestatus metro banjar is the best...he eeMudahan ada cara yg, baik hajadiambil... Slagi poligami... Itu tdakdlarang agama sebaiknya kwinakan hajahe e

MuhammadRizqan El-Farizy

ditelanjangidan diarakkeliling

kampung, trus dibadannya ditulis “AKUSELINGKUH” biar pada JERA!!Hahaha...

Roby BungasKalau sudah

terbukti kepalasekolahselingkuh lebihbaik dipecat sj dr pd mencoreng namasekolahan.

Yatie Astambulnasi sdh

mjadibubur..mdh2anmjdi pelajaranbgi qt smua agr dpt mnempatkn danmbwa diri sbg pddk.

Ewin Winsalasannya

klasikz,,supannnn jdditutp-tutupi dn

tdk diberitakan lg,..proses trussssssampai tuntassss

FaisalBanjarmasin

keterlaluanoknum gurutersebut , guruadalah panutan bagi kami anak didik ,bagaimana kedepannya nanti , maukemana nasib anak bangsa ini

Maidani Nak-pagat Al-wafa

Mun terbuktibersalah lbihbaekx beri pnk

kesemptan lge so.alx manusia kd kwadtangguh pnk tfie it pdhal guru klo tahseharuzx mmbri contoh yg baek gazananak murid ni mlah kaetukd pantaz lalu tfi ttap brikn kesempatnkdua

Mona AisySyarief ...

yg pentingkasusnya haruslanjuuuuuuut..!!!!

ISTIMEWA

MAJMAJMAJMAJMAJALAHALAHALAHALAHALAH dindingkarya siswa SMAN 10Banjarmasin

“Jadi ramai setiapSabtu, kumpul di

ruang media,”

SSSSSTEPHANIETEPHANIETEPHANIETEPHANIETEPHANIESiswa SMAN 10 Banjarmasin

DUNIA tulis menulis masihsedikit asing bagi para siswaSekolah Menengah Atas Negeri(SMAN) 10 Banjarmasin. Merekatidak punya bakat dan pengeta-huan apa pun tentang kepenu-lisan dan majalah dinding(mading).

Padahal dulu, sekolah yangberalamat di Gang Gandapura,Jalan Tembus Mantuil ini jagonyamading di Banjarmasin.

Berawal dari pengalamansaat Sekolah Menengah Pertama(SMP) dan SMA, Farina Amelia,pembina ekstra kulikuler(ekskul) mading 10 mencobamengajak murid-muridnyauntuk rajin menulis.

“2 tahun lalu saya dimintamembina dan menghidupkanmading,” ujarnya.

Ketika diminta sekolah untukmembina, dia mengumpulkanpara siswa untuk bergabung dalamdunia mading. Setiap Sabtu sepulangsekolah anak-anak yang memangmempunyai niat dan minat diajak-nya berkumpul.

Awalnya dia mengakuikesulitan. Karena anak didiknyabenar-benar nol dalam urusanmading. Namun, dia tidakpernah patah semangat dantelaten mengajari.

“Saya yakin, sekolah inimampu bersaing dengan sekolahfavorit,” cetusnya.

Berkat kegigihan Farina,mading SMA 10 kembali hidup.

Siswa-siswinya yang bergabungsampai 10-15 orang.

“Jadi ramai setiap Sabtu,kumpul di ruang media,”ungkap Stephanie, anggotaekskul mading.

Stephanie mengatakan,Farina punya cara sendirimembangkitkan teman-temannyadi ekskul mading. Contohnyaseperti tahun lalu, mendatang-kan penulis buku dari Banjarma-sin. “Itu memotivasi kamisupaya bisa menulis,” ujarnya.

Cewek manis ini awalnyatidak tahu menahu masalahmading. Akhirnya setelahmenggeluti selama 1 tahunsudah mulai bisa membuatmading 2D dan mading 3D.

Begitu pun masalah tulisan.Stepahanie dan teman-temannyatak lagi menggunting koran danditempelkan begitu saja.

“Udah bisa dong nulissekarang,” cetusnya.

Walaupun untuk penulisanreportase dia masih merasa

kesulitan. Setiap minggu selaludisuruh wawancara, tapibingung menulisnya.

Lain lagi dengan FahrizalJarkazi. Dia awalnya sudah bisamenulis. Saat kelas X, cowokberlesung pipi ini langsungmendaftar ekskul mading.

Berbagai pengalaman pun diadapatkan. Pengalaman palingmenarik adalah saat lombapertama kali di SMA Negeri 1Banjarmasin pada 2012.

Waktu itu dia dan teman-teman ekskul mading SMA 10membelakangi juri. Semprotandan ceramah dari juri punlangsung mereka dapatkan.“Ya nama-nya lombaperdana,jadigrogi,”ungkap-nyasambilterta-wa.(bb)

Ajak keLapangan

MEMBANGKITKAN semangat anakSekolah Menengah Atas (SMA) untukmempelajari dunia majalah dinding dantulis menulis memang sulit. Tapi, FarinaAmelia mempunyai cara sendiri untukmengajak siswa-siswi SMA 10 mengenaldunia tersebut. Berikut tips yang diberikan

1. Mengajak siswa-siswi untuk melihatmading hasil karya orang lain. Jadi merekabisa lihat apa kelebihan dan kekurangan

mading tersebut. Dengan begitumereka bisa mempelajarinya.

2. Ajak terjun ke lapanganlalu minta laporan la-

pangan tersebutd i r e p o r -t a s e k a n

dalam ben-tuk mading.

3. Datangkanorang yang di-

anggap bisamemotivasi

4. Meyakin_kanbahwa mereka bisa

membuat madingyang baik dan me-

narik. (bb)

Page 13: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Futsal BlitzSELASA 5 FEBRUARI 2013 13Metro Banjar

BADAN Futsal Daerah Kaliman-tan (BFD) Kalsel patut berbangga,karena telah menggelar Kursus Pelatihdan Wasit Futsal Level One, yangdigelar selama tiga hari 3-5 Februari2013 di Banjarmasin.

Gelaran BFD Kalsel yang melibat-kan BFN tersebut, yang memberikanpredikat kursus pelatih dan wasitkepada peserta itu, kini percontohannasional.

Instruktur pelatih yang juga pelatihfutsal nasional, Andre Irawan menga-takan, kursus pelatih dan wasit yangdibesut Badan Futsal Daerah (BFD)Kalsel level satu tersebut, merupakankali pertama digelar se Indonesia.

“Sekarang ini tidak ada lagi coac-hing clinic tetapi sekarang hanyakursus,” kata pelatih PON Kalseltersebut, Senin (4/2).

Andre Irawan mengatakan, padakursus level one Kalsel tersebut, ser-tifikat untuk peserta langsung berasaldari Badan Futsal Nasional.

GELAR KETIGA SUBARU FCPELATIH dan manajer

Subaru FC Banjarmasin,Syamsudin dan RobbyCahyadi, larut dalamkegembiraan setelah Kikky,pemain terakhir yangmelakukan eksekusi tendang-an penalti menjebol gawangGFC Banjarbaru.

Masuknya kapten SubaruFC tersebut, sekaligusmenandai sukses tim futsalyang bermarkas di KampungSungai Baru Banjarmasintersebut keluar sebagai juarapertama Turnamen FutsalBBB Banjarmasin yangberakhir, Senin (4/2).

Subaru FC keluar sebagaijuara turnamen tersebutsetelah di babak finalmengalahkan GFC Banjar-baru lewat drama adu penalti4-3. Dalam pertandinganwaktu yang normal kedua timbermain imbang 2-2.

Gelar juara yang diperolehSubaru FC tersebut merupakankali ketiga sejak Turnamen BBBdigelar 2010 sampai sekarang.

Pada pertandingan finaldipimpin wasit Didi danJamal tersebut, Subaru FCsempat ketinggalan 1-0melalui gol Ryan. Empatmenit kemudian, tepatnya

menit 11 Subaru FC menya-makan skor menjadi 1-1melalui Abdilah.

Babak kedua Subaru FCberbalik unggul melalui Dwiyang mengecoh kiper GFC,Robby. Tapi, lima menitsebelum pertandinganberakhir, tendangan kirasRifky tidak mampu dihalaukiper Subaru FC, M DeddyRachman. Skor babak keduaitu pun bertahan hingga 2 x15 menit berakhir.

Dalam adu penalti,penendang pertama SubaruFC Abdilah sukses menjalan-kan tugasnya dengan baik.Sementara penendangpertama GFC Hadi Ewing,tendangannya menyampinggawang M Deddy.

Kemudian, giliranpenendang kedua Subaru FC,Dwi, gagal membuahkan golkarena mampu diblok kiperGFC, Robby.

Sayang, teman setimnyaRifky gagal memberikan

keunggulan buat GFC, setelahtendangannya mampu diblokM Deddy. Sementara,penendang terakhir SubaruFC, Kikky justru suksesmengeksekusi penalti setelahtendangan kerasnya tidakmampu dihalau Robby.

Manajer Subaru FC, RobbyCahyadi mengaku senangatas kemenangan timnya,sekaligus sukses memperta-hankan gelar untuk kaliketiga.

“Kita bisa menang karenakolektivitas bermain timjalan,” kata Robby Cahyadi.

Sementara pelatih GFC.Danu Saputra mengatakan,kekalahan timnya karenakeberuntungan tidak berpihakkepada timnya.

Subaru FC sendiri melajuke babak final setelahmengalahkan tim Gledek FCdengan skor 5-3. SedangkanGFC Banjarbaru mengalah-kan Boec FC 4-2.

Subaru FC yang keluarsebagai juara pertama berhakatas trofi dan uang pembina-an sebesar Rp 2 juta, dan GFCRp 1,5 juta plus trofi.Sedangkan untuk juara tigabersama masing-masing Rp 1juta plus trofi. (buy)

Kita bisa menangkarena kolektivitas

bermain tim jalanRRRRROBBOBBOBBOBBOBBY CAHYY CAHYY CAHYY CAHYY CAHYADIADIADIADIADIManajer Subaru FC

TIM Subaru FCTIM Subaru FCTIM Subaru FCTIM Subaru FCTIM Subaru FCBPOST GROUP/BURHANI YUNUS

Jadi Percontohan Nasional Pelatihan Pelatih dan Wasit di Kalsel

Berbicara mengenai kursus, menu-rut Andre, tentunya akan menghasil-kan peserat yang lulus dan tidaklulus. Menurut dia, usai pelaksanaankursus, seluruh peserta akan dimintamembuat catatan, sebagai satu per-syaratan kelulusan.

“Buku itu lalu mereka serahkankepada BFN PSSI. Karena, untukkelulusan lisensi A, B dan C sepak bolajuga seperti itu,” kata Andre Irawan.

Dia menambahkan, peserta yangingin melanjutkan sertifikasinya ke ting-kat nasional, akan ada jenjangnya lagi.

Ketua BFD Kalsel H Anwar Hadi-mi mengaku gembira dengan predikatyang bakal diberikan BFN tersebut.

Sebelumnya, kata dia, BFD Kalselbanyak menemukan wasit yang me-mimpin pertandingan dan pelatihyang memegang tim, tidak menggu-nakan lisensi atau sertifikat.

Karena wasit yang memimpinnyatidak punya sertifikat dan pelatih ti-dak memegang lisensi, sehingga ba-

nyak pertandingan yang tidak sesuaiharapan.

Hadimi berharap, setelah pesertamemegang sertifikasi wasit danpelatih, bisa menerapkan ilmu yangdiperolehnya di tempat tinggal ma-sing-masing, sehingga persainganolahraga futsal di Kalsel merata.

“Itu yang saya harapkan, karenafutsal Kalsel merupakan penyumbangmedali perunggu untuk Kalsel di PONXVIII Riau 2012,” kata H AnwarHadimi.

Setelah pelaksanaan kursus, pi-haknya juga akan membentuk timkhusus memantau seluruh pertan-dingan yang ada di Kalsel. “Kita tidakmau lagi mendengar ada pertanding-an futsal asal-asalan,” kata dia.

Hadimi juga menjamin honorwasit yang ditugaskan BFD Kalseltidak mahal dan pasti bisa terjangkau

anggaran pani-tia pelaksana.(buy)

“PUSING bang, kada (tidak) gampang juga jadi pelatih.”Kalimat itu meluncur dari mulut Suprianto yang merupa-kan salah satu peserta kursus pelatih dan wasit BadanFutsal Daerah (BFD) Kalsel, 3-5 Februari.

Mantan pemain futsal PON Kalsel pada PON XVIIIRiau tersebut, telah dua hari mengikuti pelatihan melaluiteori dan praktik yang diberikan instruktur pelatih BFNPSSI, Andre Irawan.

Menurut Suprianto, kalau menjadi pelatih, dituntutkerja otak. Beda dengan pemain, yang hanya mengandal-kan kerja otot.

Suprianto yang juga mantan pilar Barito PuteraBanjarmasin 2010-2011 tersebut mengatakan, sejakmengikuti kursus, banyak pelajarandan ilmu yang didapatnya.Terutama, cara berhadapan danmemberikan intruksi cara bermainkepada pemain.

Dia menilai, tidak semuapelatih bisa menyampaikanarahan secara luas kepadapemainnya. Namun, dia bersyukurdapat menyerap banyak pelajarandari instruktur Andre Irawan, yangjuga pelatih timnas futsal Indonesiaproyeksi SEA Games Myanmar 2013.

Suprianto mengatakan, pelajar-an yang dia dapat tersebut akandimanfaatkannya untuk berbagikepada temannya di Banjarbaru.

Sementara teman setimnya diPON, Syafruddin (22) mengatakan, ikutkursus tersebut dari materi ke latihanpraktik hanya setengah jam.

Kendati demikian, Gepeng --panggilan mantan pemain asal Kabupa-ten Tanahbumbu tersebut-- mengaku bisamenyerap pelatihan yang disampaikaninstruktur. Dia pun yakin bisa menyusunpemain dan melatih tim.

Saat ini Gepeng menjadi pelatih di klub MarkSun Harbour FC Batulicin. Dia membina pemainusia dini SD, SMP dan SMA. Setelah mendapatpelatihan tersebut, dia kini sudah mengetahui caramelatih pemain futsal yang benar. (buy) Muhammad JuandaMuhammad JuandaMuhammad JuandaMuhammad JuandaMuhammad Juanda

Utamakan Tim SekolahMISI dari peserta untuk mengikuti

kursus Pelatih dan Wasit Futsal yangdilaksanakan BFD Kalsel di WismaPramuka Banjarmasin, 3-5 Februari2013, rupanya cukup beragam.

Muhammad Juanda misalnya,punya misi khusus selepasmengikuti pelatihan tersebut. Menurutguru olahraga SMA Islam SabilalMuhtadin Banjarmasin ini, misiutamanya adalah mengembangkanfutsal di sekolahnya.

Lelaki kelahiran 4 Oktober 1983tersebut mengaku ikut kursus untukmenambah pembendaharaan ilmukepelatihan mengenai futsal. “Setelahmengikuti kursus ini banyak hal yang

saya dapat dari mulai awal latihan,latihan sedang berjalan sampai kitamemulai latihan. Kemudian apa yangharus dilakukan oleh pelatih,”paparnya.

Juanda yang baru kali pertama ikutpelatihan tersebut mengatakan,seluruh ilmu yang dia dapat tersebutseluruhnya akan dia baktikan kepadasekolahnya, SMA Sabilal Muhtadin.

“Saya ingin tuangkan ilmu latihanini kepada murid saya di SMA SabilalMuhtadin,” kata Muhammad Juanda.

Berbeda dengan Mahyudin (27),peserta kursus lainnya. Dia mengakuikut kursus untuk mengambil lisensilevel one. “Saya ikut kursus ini hanya

untuk menambah pengetahuantentang kepelatihan,” kata dia.

Mahyudin yang merupakankaryawan BAF Yamaha Banjarmasin,memang dikenal sebagai pelatih futsalyang berhasil. Melalui tangandinginnya, tim Sukarela FCBanjarmasin yang sebelumnya tidakdiperhitungkan, sekarang menjadi timyang disegani.

Baru setahun ditanganinya, timSukarela mampu mempersembahkanlima trofi. “Tim kami di antaranyajuara pertama di Plaza Danlanal Cup2012 dua kali dan Turnamen FutsalPondok Lima Sungai Sipai Kab Banjarsekali,” kata Mahyudin. (buy)

BPOST GROUP/BURHANI YUNUS

SEKRETSEKRETSEKRETSEKRETSEKRETARISARISARISARISARIS Umum PSSI Kalsel H DjumadriMasrun menyematkan tanda peserta kepadaSaidul Ansari SSos MSI, peserta asal Tabalong.

BPOST GROUP/BURHANI YUNUS

””

Tidak GampangJadi Pelatih

Supr iantoSupr iantoSupr iantoSupr iantoSupr ianto

DOK.BPOST GROUP

0502/M13

Page 14: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Pro ConsumersSELASA 5 FEBRUARI 201314 Metro Banjar

Jeli MemilihRumah

KONSEP perumahan di tengah kota yangmenyerupai lingkungan alam sedang menjadi trendbagi bisnis properti di Indonesia. Pada umumnyakonsep kembali ke alam ini merupakan gambaranakan kebutuhan hunian sebagai tempat yangnyaman dan entertaining.

Wika Realty misalnya, berusaha menjajal bisnisini dengan konsep peRmukiman ala Bali, konsep inidilakukan di daerah kawasan selatan Jakartadengan nama Banjar Ubud. Konsep perumahan inididasarkan pada lingkungan alam Bali yang asridan alami. Di sekitarnya terdapat gapura, candiserta ornamen-ornamen khas Bali.

Konsep ini berusaha mendekatkan diri denganalam di tengah hiruk pikuk ibu kota. Suasana asrikhas Bali menjadi jualan Wika dengan menyasarsegmen menengah ke atas.

Budi, Marketing Supervisor Banjar Ubud,mengatakan investasi di sini sangat tinggi bahkanmemiliki ROI sebesar delapan persen per tahun atau

KONSEP HUNIANKEMBALI KE ALAM

ANDAANDAANDAANDAANDA pasti bersemangat saat akan membeli rumah untuk per-tama kalinya. Yang terbayang adalah memiliki rumah sendiri, sele-kasnya ditata dan diisi perabotan sesuka hati, sehingga Anda puntak sabar segera memiliki rumah barunya di pinggiran kota.

Namun, ada baiknya Anda memperhatikan syarat-syarat pem-belian rumah dan kondisi rumah itu sendiri sebelum memutus-kan membeli rumah.

Karena kelak, rumah yang Anda beli adalah salah satu bentukinvestasi Anda di masa depan sehingga jangan sampai merasarugi di belakang hari. Sebagai pertimbangan, berikut hal-hal perluAnda perhatikan sebelum membeli rumah.

◗◗◗◗◗ Lihat T Lihat T Lihat T Lihat T Lihat Track Rrack Rrack Rrack Rrack RecorecorecorecorecordddddPinjam uang di bank memang masih merupakan cara mendapat-

kan rumah impian. Hanya, cara ini tidak akan pernah terwujud jikanama Anda telah dicoret dari daftar calon peminjam oleh salahsatu bank tempat Anda pernah meminjam dana sebelumnya.

Untuk itu, sebelum menjemput rumah impian, pastikan tak adainformasi yang salah tentang alur pinjaman kredit Anda, atau takada kekeliruan nilai kredit. Contohnya, nilai pinjaman Anda sudahmencapai limit sehingga tidak mungkin meminjam dana lagi.

◗ ◗ ◗ ◗ ◗ Jangan Ragu KonsultasiJangan Ragu KonsultasiJangan Ragu KonsultasiJangan Ragu KonsultasiJangan Ragu KonsultasiTanyakan pada teman atau saudara Anda yang pernah meng-

gunakan jasa peminjaman. Ajak mereka berbagi pengalaman danbisa mereferensikan Anda pada bank yang memang punya kredibili-tas.

◗ ◗ ◗ ◗ ◗ Beli Saat Harga Masih RendahBeli Saat Harga Masih RendahBeli Saat Harga Masih RendahBeli Saat Harga Masih RendahBeli Saat Harga Masih RendahBeberapa perumahan memang menetapkan harga rumah yang

selangit karena infrastrukturnya sudah lengkap. Pembangunanjalan tol, misalnya, bisa membuat harga rumah naik 50 persen.

Karena itu, jika ada rencana pembangunan jalan tol di ka-wasan perumahan yang Anda cari, jangan ragu membeli rumah itusebelum harganya melambung naik. Namun demikian, perlu di-pastikan juga bahwa Anda memilih area yang aman dari urusanpembebasan tanah.

◗ ◗ ◗ ◗ ◗ Beli Saat Bunga NormalBeli Saat Bunga NormalBeli Saat Bunga NormalBeli Saat Bunga NormalBeli Saat Bunga NormalAda saatnya suku bunga pinjaman jatuh atau malah turun. Kiran-

ya, ini adalah pertanda bagi Anda untuk segera berinvestasi didunia properti. Cepat, beli rumah pilihan Anda.

◗ ◗ ◗ ◗ ◗ Pastikan Dana CukupPastikan Dana CukupPastikan Dana CukupPastikan Dana CukupPastikan Dana CukupUang muka atau tanda jadi tentu harus dilunaskan. Punya tabun-

gan minimal 20 persen dari harga rumah yang akan Anda beli,begitulah idealnya.

◗ ◗ ◗ ◗ ◗ AlokAlokAlokAlokAlokasikasikasikasikasikan Biaan Biaan Biaan Biaan Biayyyyya Ta Ta Ta Ta TambahanambahanambahanambahanambahanTak cukup hanya memikirkan tanda jadi dan uang maka, karena

Anda juga harus menyiapkan anggaran lainnya, terutama dana asur-ansi, pajak, dan juga biaya konsultasi atau administrasi. Jumlah iniharus dianggarkan sebagai pembayaran tambahan setiap bulan,selain jumlah yang harus Anda bayarkan untuk angsuran rumah.Jangan lupa, siapkan juga dana perbaikan dan perawatan rumah.

◗ ◗ ◗ ◗ ◗ Lakukan Penawaran.Lakukan Penawaran.Lakukan Penawaran.Lakukan Penawaran.Lakukan Penawaran.Hati-hati menilai rumah yang akan dibeli. Bisa jadi, rumah yang

dijual saat ini berstatus rumah sitaan. Untuk itu, cari tahu latarbelakang calon rumah yang akan Anda beli.

Siapkan sedikit uang untuk menyewa ahli yang bisa menilaidan mencari tahu seputar reputasi rumah (status hukum). Ini mut-lak diperlukan agar Anda punya banyak masukan termasuk ten-tang jumlah uang yang dibutuhkan untuk perbaikan rumah yangAnda beli. (kompas.com)(kompas.com)(kompas.com)(kompas.com)(kompas.com)

16 persen per dua tahun. Perhitungan ini sudahmemperhitungkan kenaikan lahan. “Namun karenamahal kami perkirakan harganya segitu,” katanya diJakarta, Sabtu (2/2).

Harganya cukup merogoh kocek dalam yangdimulai dari Rp 405 juta dari luas lahan 43/84sampai dengan Rp 617 juta dengan luas lahansebesar 38/213, uang muka sebesar 30 persen.

Tidak hanya Wika, Bakrie melalui Bakrielandjuga menjajal ini konsep ini dengan Hillside Resi-dance yang berkonsep hunian asri dengan ling-kungan yang menarik wisatawan untuk berlibur dipinggiran jakarta.

Kecenderungannya untuk hiburan adalahbanyaknya ekspatriat yang menggunakan rumah inipada sabtu-minggu saja. “Ya banyak yang cumaliburan dan kebanyakan Sabtu Minggu saja,”katanya.

Konsep Hillside Residence merupakan sebuahtempat hunian ekslusif yang terletak di tengaharoma pengunungan sentul dengan ketinggiansebesar 225m-600m diatas permukaan laut.

Hillside Residence memiliki luas lahan sebesar12.000 hektare (ha) dengan hunian asri yangberaroma alam. Jarak tempuh dari Hillside ke Jakartahanya bisa ditempuh dengan jarak 45 menit danbebas banjir.

Fasilitas alam Hillside Residence juga di-topang dengan wilayahnya yang berdekatandengan Jungleland, wahana wisata di kawasanSentul Nirwana dengan luas area tahap pertamasebesar 40 ha. Jungleland memiliki 8 zonapermainan dengan 95 wahana permainan dariberbagai usia.

Jungleland adalah wahana unggulan dari bakrieyang berusaha menyaingi Dufan. Dengan luas lahanyang diatas Ancol maka diharapkan akan mem-

berikan hiburan yang menarik bagi pengunjung.Sebuah hunian menarik dengan konsep entertain-ment coba dihadirkan Hillside Residence.

Mengenai nilai investasinya sendiri terlihatmenjanjikan. Visi, salah satu marketing Bakrielandmengatakan harga hunian ini sebesar 15-30 persenper tahun.

Seakan tidak mau kalah Sentul City juga akanmenggarap hunian diatas bukit yang terletak diSentul. Hunian ini diperkirakan akan berhargahingga Rp 7 miliar per unit, konsepnya adalahberbentuk Villa dan Mansion.

Lokasinya terletak di kawasan CBD. Di sentuldan berdekatan dengan RS pertamina. Di kiri-kanananda bisa melihat pepohonan rindang bersatudengan perumahan ekslusif ini.

Sayang, Anton, Sales Marketing Sentul City,tidak mau memberikan rincian harga cluster terbarudari Sentul City ini. Alasannya adalah belumdiluncurkannya hunian ini dan segmentasi yangditujukan kepada segmen premium dengan jumlahunit sebanyak 40 unit saja.

“Belum kami buka, kalau langsung saja hubungimarketing kami soalnya memang sangat terbatasuntuk pemesan saja, dan ROInya belum bisadiperkirakan,” katanya.

Masing-masing dari hunian ini menawarkanpesonanya sendiri namun bergariskan samakeindahan alam dengan konsep lingkungan yangbersahabat. Dikiri-kanan ada pepohonan hijauyang selalu memanjakan mata. Baik dari Balidan Bukit Sentul, semuanya menyatu dalampemandangan alam yang khas. Jadi berlibur punmenjadi lebih dekat jika memiliki hunian diatasini. (tribunnews.com)

NET

NET

NET

0502/M14

Page 15: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Good NewsSELASA 5 FEBRUARI 2013 15Metro Banjar

KETUA Tim Penggerak PKKKabupaten Banjar, Hj RaudatulJannah Khairul Saleh kembalimelantik pengurus PKK Keca-matan se-Kabupaten Banjar diMahligai Sultan Adam Marta-pura.

Turut hadir dalam pelanti-kan ini Sekda Banjar Ir H Nas-runsyah MP, Asisten II SetdaBanjar Wildan Amin, KepalaBPMPD Kabupaten BanjarZainuddin, dan seluruh camatse-Kabupaten Banjar.

Dalam sambutannya, Ke-tua Tim Penggerak PKK Kabu-paten Banjar Hj Raudatul Jan-nah berharap tahun ini ibu-ibuPKK Kabupaten Banjar tidakberpangku tangan.

“Tolong dicek di desa-desadan dasa wisma. Beberapa bibitpohon yang telah ditanam, be-rapa yang tumpuh dan berapabatang yang mati,” katanya,Senin (28/1).

Ia berharap warga menjagakeseimbangan alam denganmenyeimbangkan dengan ke-butuhan ekonomi warga. Me-nurutnya, perbaikan lingkung-an itu adalah amal saleh danamal jariahnya.

Raudatul Jannah juga ber-harap peran semua pihak ter-masuk ibu-ibu PKK untukmemberantas buta aksara latin.Ia mengaku menemukan wargabelum melek huruf latin dibeberapa kecamatan. Penye-babnya beragam di antaranyakarena putus sekolah dankeadaan ekonomi yang tidakmencukupi. “Saya akan mintabupati mengundang camatdan Disdik guna mengatasi halini,” katanya.

Selain itu Raudatul Jannahmenghendaki kinerja Posyan-du lebih ditingkatkan. Sebabsemua desa di Kabupaten

SUASANA penuh canda dan tawa mewarnai panensayur dan buah bersama dengan Bupati Banjar, Sultan HKhairul Saleh beserta keluarga, di Kebun PKK KabupatenBanjar, Desa Indra Sari, Kecamatan Martapura Kota, Sabtu(2/2) pagi.

Kegembiraan semakin terasa saat Bupati mempersilakanpejabat dan karyawan untuk menikmati buah yang dipanensecara langsung itu.

Beragam jenis buah dan sayur di Taman PKK Banjar ituantara lain rambutan, mangga, jambu dan buah langkalainnya. Sedang untuk jenis sayuran terdiri atas kacangpanjang, terong, jagung, pare-pare dan mentimun. Sertabanyak lagi jenis buah dan sayur yang dipanen PKKKabupaten Banjar.

Dalam panen buah dan sayur bersama Bupati dan KetuaPKK Banjar Hj Raudatul Jannah itu juga dihadiri PengurusPKK Banjar, Sekda H Nasrun Syah, Kepala Dinas KehutananBambang Eko, Dirut Rumah Sakit Ratu Zalecha Ikwansyah,Kabag Humas Azwar Hadi dan masyarakat.

Ketua PKK Kabupaten Banjar Hj Raudatul Jannahmengimbau kepada pengurus dan kader PKK untuk terusmemanfaatkan pekarangan rumah maupun kebun keluargadengan menanam tanaman yang berkhasiat alami untukpengobatan.

“Alhamdulillah para ibu PKK dan kader sangat peduliterhadap pemanfaatan lahan untuk tamanan yangberkhasiat alami untuk pengobatan bagi keluarga,” tutur HjRaudatul.

Istri Bupati Banjar ini mengungkapkan penghargaan danterima kasihnya kepada pengurus dan kader PKK yang selamaini berjasa besar bagi pemantapan program-program PKKtermasuk kecintaan terhadap pemanfaatan pekaranganrumah.

“Terima kasih khusus juga saya sampaikan buatmasyarakat dan petugas yang merawat Kebun PKK ini,sehingga terlihat asri, sejuk dan hijau. Terbukti dari kegiatanpanen buah hari ini cukup melimpah,” tandasnya. (hms)

RAUDATUL TUNGGUKIPRAH PKK KECAMATAN

Banjar sudah memiliki posyan-du. “Jangan hanya pemeriksa-an bayi dan ibu hamil atauimunisasi saja. Bahkan ka-dang-kadang saya temukanpenimbangan dan pengukurantinggi badan bayi pun tidakada. Saya meminta para bidanharus sering ke desa,” tambah-nya.

Oleh sebab itu Raudatulmeminta semua kader mengu-payakan penerapan Posyandumodern melalui tujuh kegiatanPosyandu (Sapta Krida Pos-yandu), seperti Kesehatan Ibudan Anak, Keluarga Berencana,Immunisasi, Peningkatan gizi,Penanggulangan Diare, Penye-diaan Obat Essensial dan Sani-tasi dasar yaitu cara-cara pe-ngadaan air bersih, pembuang-an kotoran dan air limbah yang

benar, pengolahan makanandan minuman.

Guna mendukung kegiat-an PKK ini, Sekda Banjar Nas-

LANTIK KETUALANTIK KETUALANTIK KETUALANTIK KETUALANTIK KETUA- Ketua TP PKKBanjar, HjRaudatul JannahKhairul Salehmelantik KetuaTP PKKkecamatan se-KabupatenBanjar. Iaberharap seluruhkader PKK dikecamatansegera bergerakmemberikankontribusi nyatakepadamasyarakat.

HUMAS PEMKAB BANJAR

PETIKPETIKPETIKPETIKPETIK J J J J JAAAAAGUNGGUNGGUNGGUNGGUNG - Bupati Banjar, Sultan H Khairul Salehmemetik jagung bersama istri, Hj Raudatul Jannah di kebunPKK.

runsyah berjanji akan meng-galakkan kegiatan Gemar Ca-listung (Gerakan MartapuraMembaca, Menulis dan Berhi-

tung). “Contohlah seperti ke-giatan Calistung di Tunggul-irang, Martapura itu,” ujar-nya. (hms)

HUMAS PEMKAB BANJAR

Panen Buah

0502/M15

Page 16: Metro Banjar Edisi Selasa, 5 Februari 2013

Crime StorySELASA 5 FEBRUARI 201316 Metro Banjar

Kasus Daya ListrikBelum Ada Tersangka

BANJARMASIN - Satuan Reskrim Polresta Banjarmasin masihmemeriksa saksi-saksi terkait dugaan korupsi penambahandaya listrik di Rumah Sakit Anshari Saleh. Kasat ReskrimKompol Roy Satya Putra, Senin (4/2) mengatakan, penyidikbelum menentukan tersangka.

“Sejauh ini, sejumlah saksi telah diperiksa oleh penyidik,mulai dari Dirut Rumah Sakit Anshari Saleh dr Lutfi sampairekanan Dirut Resindo Perkasa Suharto, Panitia PengadaanMahyuni, teknisi listrik Supardi, Hendra Bagian InstalatirListrik dan Heru dari pihak PLN,” kata Roy.

Menurut dia, pihaknya tidak bisa terburu-buru melakukanpemeriksaan. Pasalnya kasus ini menjadi prioritas yang harusdiselesaikan kepolisian dalam waktu dekat, sehinggamembutuhkan waktu untuk melengkapi keterangan-keterangan yang ada.

“Untuk ke depannya kita masih memeriksa saksi dansampai saat ini juga belum ada pemanggilan saksi lainnyaterkait dugaan korupsi di Rumah Sakit Anshari Saleh,” ucappria murah senyum itu.

Seperti diwartakan Metro, pemeriksaan terhadap para saksidilakukan karena adanya dugaan kesalahan atau mark up diproyek pengadaan tambah daya listrik tahap pertama dari 146KVA menjadi 197 KVA dengan anggaran sebesar Rp 27.575.000. Namun yang dibayarkan ke pihak PLN hanya sebesar Rp25.575.000 sehingga terjadi selisih sekitar Rp 2.000.000 dandari selisih itu diperkirakan adanya dugaan korupsi.

Ada lagi pengadaan daya tahap kedua, dari 197 KVAmenjadi 555 KVA dengan nilai kontrak sebesar Rp 304.300.000.Namun yang dibayarkan ke pihak PLN hanya sebesar Rp180.790.000 sehingga terjadi selisih diperkirakan sekitar Rp123.510.000. (men)

Tembakan RampokKena Pot Bunga

JAKARTA - Pegawai SPBU di Cipinang Indah, Jakarta bernamaAgung P (21) dirampok Senin (4/2) pukul 09.00 WIB. Agungdirampok saat hendak menyetorkan uang sebesar Rp317.505.000 ke Bank Mandiri KCP Puri Sentra Niaga, CipinangMelayu, Makasar, Jakarta Timur. Di dipaksa rampokmenyerahkan uang itu di halaman bank tersebut.

Seorang saksi mata, Ujang Yasin (50), mengatakan, peram-pokan tersebut bermula saat korban hendak masuk ke dalam bankseorang diri. Rupanya, ia telah dibuntuti oleh empat pelaku.

Satu pelaku berada di depan jalan menunggu denganmotornya, tiga pelaku lain bertugas menyergap korban.Seorang pelaku langsung merebut tas hitam berisi uang yangdipegang oleh korban.

“Dirampas begitu saja sama pelaku. Korbannya takut,soalnya salah satu pelaku pegang dua pistol disilangkan didadanya. Pelaku nembak sekali, tapi nggak kena korban,” ujarnya.

Beruntung, timah panas seorang pelaku tidak mengenaikorbannya. Peluru mengenai dinding bank hingga mening-galkan lubang sedalam 0,5 cm.

Nahasnya, pecahan peluru pelaku tersebut mengenaipelipis seorang satpam bank bernama Andang Saefullahhingga mengalami luka lecet. Tak hanya itu, peluru pelakujuga menembus pot bunga yang berada di depan bank.

Setelah mendapatkan buruannya, tiga pelaku langsungberlari ke seorang rekan mereka yang telah menunggu dengandua sepeda motor. Dua motor tersebut diketahui bermerekHonda Revo dan Suzuki Satria. Para perampok itu punmelarikan diri ke arah Kalimalang dan terhindar dari amukanwarga yang hendak mengejarnya.

“Satu pelaku yang bawa pistol duduk dibonceng dibelakang, dua tangannya yang bawa pistol diangkat ke atasbuat nakut-nakutin warga yang mau ngejar,” ujarnya.

Sekitar pukul 12.05 WIB, petugas Kepolisian SektorMakasar dan Kepolisian Resort Metro Jakarta Timur telahdatang ke lokasi kejadian. Tempat dimana korban dirampokpun telah diberi garis Polisi. Insiden itu tidak menggangguaktivitas bank. (kps)

ANTARA/IDHAD ZAKARIA

MIRIP TMIRIP TMIRIP TMIRIP TMIRIP TANAMAN KHAANAMAN KHAANAMAN KHAANAMAN KHAANAMAN KHAT - T - T - T - T - Polisi menunjukan tanaman yang memiliki ciri fisik mirip dengan tanaman khat di DesaKarangsalam, Baturraden, Banyumas, Jateng, Senin (4/2). Warga menemukan tanaman tersebut ditanam di lahanseluas 2.100 meter persegi yang disewa seseorang yang belum diketahui identitasnya. Polisi masih meneliti tanaman itudi laboratorium kriminal reskrim.

BLITAR - Menik (bukan nama sebenar-nya) tak mau lagi mondok di sebuahpesantren dipimpin seorang kiakiberinisla Ma (60) di Kecamatan Talun,Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Hal initentu saja membuat orangtua remajaberusia 15 tahun itu bingung.

Alangkah terkejut sang bunda, Rom(37) ketika mengetahui alasan anaknyatak mau balik lagi ke pesantren itu karenaselama ini dipaksa melayani nafsu bejatseorang kiai. “Bu, saya nggak balik karenadi sana (di pesantren), saya selalu diajaktidur abah (kiai),” aku korban.

Pada Senin (4/2) Menik melapor kePPA Polres Blitar didampingi saudarasepupunya, Zakaria (20) dan LSM. Dihadapan penyidik, remaja asal Keca-matan Garum ini mengaku telah disetu-buhi kiainya.

Kasat Reskrim Polres Blitar, KompolNgadiman Rahyudi, mengatakan, pi-haknya masih mempelajari laporankorban. Sehabis diperiksa, siang itukorban dibawa ke Rumah Sakit NgudiWaluyo, Wlingi untuk divisum. Renca-nanya pada Selasa (5/2), terlapor akandipanggil untuk dimintai keterangan.

“Dari keterangan sementara, korbanmengaku telah diraba-raba tubuhnya.Itu terjadi antara September sampaiDesember 2012. Jika terbukti, pelakuakan diancam UU RI No 23 tahun 2002tentang Perlindungan Anak denganancaman penjara 3 tahun sampai 15tahun,” katanya.

SeringDitelepon

KORBAN baru mau berceritakepada ibunya pada 28 Januari2012. Ibunya, Rom tentu saja kaget.Namun karena buta hukum ter-hadap kasus seperti itu, ibunya takada niatan memperkarakan. Ma-lahan, Rom mengajak kepona-kannya, Zakaria, datang ke pesan-tren itu.

Maksudnya, bukan mau mintapertanggungjawaban kiai namunhanya mengambil pakaian anaknya.Zakaria kemudian curiga dengangelagat korban yang mendadak takmau balik ke pesantren.

Setelah tahu masalah yang sebe-narnya, ia mengadu ke LSM dandisarankan lapor ke polisi. Bersa-maan itu, Zakaria mengaku kalaudia berkali-kali ditelepon terlapor.Bahkan, Senin itu, menurut Zakaria,terlapor terus menghubunginya.

Intinya, selain mengajak damai,juga mengaku tak sampai menidurikorban, hanya disayang saja. “Sayaberkali-kali ditelepon Abah. Intinyasaya disuruh datang ke pesantrenuntuk diceritakan masalah yangsebenarnya. Namun saya nggakmau,” ujar Zakaria.

Senin siang, Surya (grup MetroBanjar) berusaha menemui kiai dipesantrennya tak berhasil. Di pesan-tren ini ada 80 santri, 50 perempuandan 30 lelaki.

Menurut santrinya, Andik Su-santo (25), kiainya mulai pagi takada di rumah karena lagi bepergianke Kediri dan baru pulang sore.

Andik juga mengaku kenaldengan korban. Menurutnya, kor-ban tak tinggal bersama para santrilainnya, namun tinggal di rumahkiainya. “Saat ini anaknya masihliburan di rumah. Di sini ia tinggaldi dalem rumah kiai,” ujar Andikyang mengaku tak tahu apa-apasoal kasus itu. (surya)

Kasus ini berawal dari korban yangbelajar mengaji di pesantren terlapor.Lantaran tak punyabiaya, oleh tetang-ganya korban dititip-kan langsung ke kiaidengan tujuan agarbiayanya gratis. Sebaborangtua korban takmampu membiayaianaknya yang hanyalulusan SD.

Pada 23 Mei 2012,korban mulai tinggaldi rumah kiainya.Di sana korban disu-ruh membantu di ru-mah kiai, seperti me-masak dan bersih-bersih rumah sebagaiganti biaya korbanselama tinggal danbelajar mengaji.

Sepulang liburanHari Raya Idulfitri,korban disuruh ma-suk kamar tidur yangberada di sebelah ru-

SANTRI PEREMPUANMENGAKU DIGAGAHI

■ Terlapor Seorang Kiaiang tamu. Di kamar itu, korban dipaksamelayani nafsu birahi kiainya.

Tak cukup sekali, di kamar itu, korbandigagahi kembali hingga empat kali.Dikamar pelaku sendiri, saat istrinya tak ada,korban dipaksa melayani birahi kiainyasebanyak dua kali. Di kamar korbansendiri, tiga kali. Tak puas hanya di kamartidur, saat korban mandi berlangsung duakali. Total sebanyak 11 kali. (surya)

Dari keterangan sementara,korban mengaku telahdiraba-raba tubuhnya”

NGADIMAN RAHYUDINGADIMAN RAHYUDINGADIMAN RAHYUDINGADIMAN RAHYUDINGADIMAN RAHYUDIKasat Reskrim

Uang Keamanan untuk Beli Miras

BANJARMASIN - Para pemilikwarung makan yang biasamenggelar rombong jajanan dipinggir jalan sepanjang kawa-san Ahmad Yani kilometer 5Banjarmasin dibuat resah de-ngan ulah preman.

Warung mereka yang biasadigelar pada malam hari seringdipalak dengan dalih untukuang keamanan. Anehnya,aksi rutin para preman ini luputdari perhatian kepolisian.Mereka dengan leluasa bertin-dak.

Seorang pedagang yang takingin namanya dikorankanmengakui ada orang yang sukamemintai uang. “Iya, di sinibiasanya ada pemalak yangsering minta minta duit. Tapi

biasanya malam,” katanya.Menurut dia, biasanya pria

yang sering datang ke warung-warung makan berjumlah tigaorang. Mereka memasuki wa-rung-warung lalu langsungmeminta jatah uang.

“Katanya sih untuk uangkeamanan. Untungnya merekatidak minta ke saya mungkinsaya kios kecil. Tapi banyakpedagang yang mengeluh,”lanjut dia.

Dia mengaku dia tidak me-ngetahui persis dari mana or-ang itu berasal. Namun, diayakin bukan dari kawasansetempat. Lebih membuat pe-dagang kecewa, uang hasilpungutan sebesar Rp 5 ribu itudigunakan untuk membeli mi-

numan keras. “Biasanya pemi-lik warung cuma memberi 5 ri-bu saja uangnya untuk beli mi-numan,” kata dia.

Namun, tak semua peda-gang mengaku dimintai uang.Entah karena takut atau alasan

lain, ketika ditanya mengenaitiga orang yang meminta uangkeamanan, mereka tak mauberkomentar banyak.

“Kalau di sini tidak adamungkin di seberang sana,”ujar pedagang itu. (arl)

ARSIP.KONTAN.CO.ID

0502/M16