merangin dalam angka - datin.menlh.go. ?· kabupaten sarolangun, kabupaten tebo, kabupaten muaro...

Download MERANGIN DALAM ANGKA - datin.menlh.go. ?· Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi…

Post on 17-Apr-2019

215 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

MERANGIN DALAM ANGKA

TAHUN 2009/2010

Katalog BPS : 1102001.1502.

BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MERANGIN

HARI STATISTIK 26 SEPTEMBER Hari Statistik ditetapkan tanggal 26 September, karena pada tanggal tersebut telah terjadi peristiwa yang dinilai sangat bersejarah bagi kegiatan statistik di Indonesia, yaitu ditetapkannya Undang-Undang No. 7 Tahun 1960 tentang Statistik sebagai pengganti Statistiek Ordonantie 1934 yang merupakan produk kolonial serta materinya dirasakan sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan. Hari Statistik tersebut telah disetujui oleh Bapak Presiden Indonesia sebagaimana tercantum dalam Surat Nomor B.259/M.Sesneg/1996 tanggal 12 Agustus 1996. Hari Statistik dimaksud untuk menggugah dan menumbuhkan SADAR STATISTIK bagi responden, penyelenggara dan konsumen data menuju terwujudnya Sistem Statistik Nasional (SSN) yang andal, akurat dan terpercaya. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga yang diberi tugas oleh Pemerintah untuk terwujudnya Hari Statistik tersebut serta mengenalkannya kepada masyarakat. Kegiatan perstatistikan di Indonesia diawali dengan didirikannya Centraal Kantoor voor de Statistiek (CKS) pada tanggal 24 September 1924. Kemudian dalam bulan Juli 1942, Pemerintah Jepang mengganti nama CKS menjadi Shomubu Chosasitsu Gunseikanbu. Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, kegiatan statistik dilakukan oleh Kantor Penyelidikan Perangkaan Umum Republik Indonesia (KAPPURI), sedangkan Kementrian Penduduk Belanda mengaktifkan CKS. Berdasarkan Surat Edaran Kementrian Kemakmuran tanggal 12 Juli 1950 Nomor 219/S.CKAPPURI dan CKS dilebur menjadi Kantor Pusat Statistik (KPS). Dengan Keputusan Presiden RI Nomor 172 Tahun 1957, terhitung mulai tanggal 1 Juli 1957 KPS diubah menjadi Biro Pusat Statistik. Setelah ditetapkannya Undang-Undang Statistik No, 16 Tahun 1997 yang lalu maka Biro Pusat Statistik diubah menjadi Badan Pusat Statistik sebagai nama yang ada sekarang ini. Semoga Hari Statistik 26 September mampu memancarkan nuansa kesadaran arti dan pentingnya kegunaan statistik dalam era pembangunan nasional dewasa ini dan yang akan datang. Dirgahayu Hari Statistik 26 September.

Bangko, Oktober 2010

SADAR

STATISTIK

Penyelenggara : Sadar untuk menggunakan teknik statistik yang

tepat guna dan menyajikan data statistik yang diperlukan konsumen secara tepat waktu, akurat

dan mudah dipahami.

Responden : Sadar untuk memberikan jawaban apa adanya

sesuai dengan kenyataan tanpa ragu-ragu.

Pengguna : Sadar untuk memahami metode, konsep/definisi

serta memanfaatkan data statistik secara optimal.

iii

Merangin Dalam Angka Tahun 2009 Statistical Year Book of Merangin Regency 2009

KATA PENGANTAR Publikasi Merangin Dalam Angka 2009 merupakan lanjutan dari publikasi tahun-tahun sebelumnya, yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Merangin.

Publikasi ini berisikan data-data bersumber dari kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Merangin dan dilengkapi dengan data dari Instansi Pemerintah dan Swasta di wilayah Kabupaten Merangin

Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Cq. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Merangin yang telah banyak membantu sehingga terwujudnya publikasi ini.

Dan juga kepada semua pihak yang telah turut terwujudnya kerja sama dan bantuannya baik Instansi pemerintah maupun Swasta, pada kesempatan ini disampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. Saran dan kritik demi untuk perbaikan publikasi ini sangat kami harapkan.

Semoga publikasi ini bermanfaat bagi para pemakai.

Bangko, Oktober 2010

KEPALA BADAN PUSAT STATIK

KABUPATEN MERANGIN

H. Haznul Sidki, S.Si.,ME. NIP. 19561126 198003 1 003

iv

Merangin Dalam Angka Tahun 2009 Statistical Year Book of Merangin Regency 2009

PREFACE The Merangin In Figures 2009 is annually publication which published By BPS Of Merangin Regency. This publication the source of data from routine activites conducted by BPS Merangin Regency and in additional to that by Public and Private Institution In Merangin Regency. On this occasion, I would like to express my sinere thanks to His excellency The Bupati Of Merangin Regency cq. Regional Plan Board of Merangin Regency for providing the guidance and aids to make this publication into exists. And to all those involved in the preparation of this publication, I would like to express my sincered appreciation and graduated. Comments and suggestions are requested from users this publication to provide valuable inputs to ensure more accurate estimate

We hope this publication will be useful to it users.

Bangko, Oktober 2010

BPS Statistics Of Merangin Regency Chief,

H. Haznul Sidki, S.Si.,ME. NIP. 19561126 198003 1 003

v

Merangin Dalam Angka Tahun 2009 Statistical Year Book of Merangin Regency 2009

SEJARAH PEMBENTUKAN KABUPATEN MERANGIN

Kabupaten Merangin terbentuk dari pemekaran Kabupaten Sarolangun Bangko menjadi Wilayah Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun. Terbentuknya Kabupaten Merangin adalah berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia No. 54 Tahun 1999 tanggal 4 Oktober 1999 Tentang Pembentukan Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Wilayah Kabupaten Merangin berasal dari sebagian Wilayah Kabupaten Sarolangun Bangko yang pada saat ini terdiri atas wilayah :

1. Kecamatan Jangkat 2. Kecamatan Sungai Tenang 3. Kecamatan Muara Siau 4. Kecamatan Lembah Masurai 5. Kecamatan Tiang Pungpung 6. Kecamatan Pamenang 7. Kecamatan Pamenang Barat 8. Kecamatan Renah Pamenang 9. Kecamatan Pamenang Selatan 10. Kecamatan Bangko 11. Kecamatan Bangko Barat 12. Kecamatan Nalo Tantan 13. Kecamatan Batang Mesumai 14. Kecamatan Sungai Manau 15. Kecamatan Renah Pembarap 16. Kecamatan Pangkalan Jambu 17. Kecamatan Tabir 18. Kecamatan Tabir Ulu 19. Kecamatan Tabir Selatan 20. Kecamatan Tabir Ilir 21. Kecamatan Tabir Timur 22. Kecamatan Tabir Lintas 23. Kecamatan Margo Tabir 24. Kecamatan Tabir Barat

Luas Wilayah Kabupaten Merangin adalah 7.679 Km2 dengan Ibukota yang

berkedudukan di Bangko.

vi

Merangin Dalam Angka Tahun 2009 Statistical Year Book of Merangin Regency 2009

LAMBANG DAERAH KABUPATEN MERANGIN

PENGERTIAN LAMBANG DAERAH Letak Warna 1. Warna merah melekat pada les pinggir Lambang Daerah yang bersegi. 2. Warna biru terdapat pada dasar Lambang Daerah. 3. Warna biru laut terdapat pada gunung dan bukit. 4. Warna hijau daun terdapat pada kelopak bunga kapas. 5. Warna kuning emas dan kuning tua terdapat pada rantai, padi, dinding rumah adat dan

gong. 6. Warna putih dan putih perak terdapat pada saloko, mata pedang, mangkok sadapan

karet, kubah mesjid, selubung cerano, bunga kapas dan mata gong. 7. Warna coklat terdapat pada pohon karet dan kaki cerano. 8. Warna merah kuning terdapat pada batu bata dua tingkat.

Arti dari Warna 1. Warna merah melambangkan keberanian. 2. Warna biru melambangkan ketentraman dan ketenangan. 3. Warna biru laut melambangkan kesuburan dan kerukunan. 4. Warna hijau daun melambangkan kesejahteraan. 5. Warna kuning emas dan kuning tua melambangkan keuangan dan kejayaan. 6. Warna putih perak melambangkan kesucian. 7. Warna coklat melambangkan kemakmuran. 8. Warna merah kuning melambangkan kondisi tanah di Kabupaten Merangin 11,52

persen kuning (padsolid). 9. Warna hitam melambangkan keteguhan dan kekokohan.

vii

Merangin Dalam Angka Tahun 2009 Statistical Year Book of Merangin Regency 2009

Lambang Kabupaten Merangin terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut : 1. Seloko yang berbunyi TALI UNDANG TAMBANG TELITI mengandung arti :

a. Mencerminkan bahwa Daerah Kabupaten Merangin merupakan daerah pertemuan yang berbentuk peraturan yang kuat antara dua induk suku yang besar yaitu suku Batin dan suku Penghulu.

b. Mencerminkan persatuan, kesatuan antara kebiasaan dan adat istiadat yang dipakai oleh induk suku Batin dan induk suku Penghulu yaitu Undang berasal dari suku Penghulu dan Teliti berasal dari suku Batin, keduanya dipakai dan merupakan intisari pada adat istiadat dan merupakan adat istiadat rakyat Kabupaten Merangin yang tak lapuk di hujan dan tak lekang di panas.

c. Mencerminkan bahwa Kabupaten Merangin bidang Pemerintah maupun bidang Kemasyarakatan berdasarkan dengan jiwa musyawarah dan mufakat serta didasarkan ketentuan-ketentuan hukum baik tertulis maupun tidak tertulis.

2. Pengertian kubah mesjid melambangkan semangat dan jiwa Ketuhanan Yang Maha Esa dan menunjukan 99 persen penduduk Kabupaten Merangin beragama Islam.

3. Pengertian 5 jendela dan 8 lubang angin melambangkan berdirinya atau jadinya Kabupaten Merangin pada tanggal 5 Agustus 1965.

4. Pengertian Gong : a. Melambangkan kebudayaan asli penduduk Kabupaten Merangin, gong dipakai

oleh penduduk merata diseluruh daerah dan setiap pertunjukkan kesenian rakyat pada umumnya dipergunakan gong sebagai alat bunyi-bunyian musik.

b. Melambangkan Adat Istiadat rakyat Kabupaten Merangin, karena setiap upacara adat dipergunakan bunyi gong baik sebelum, sedang atau sesudah upacara dilakukan.

c. Melambangkan semangat persatuan dan kesatuan serta semangat kekeluargaan dimana dibunyikan gong sebagai pemberitahuan untuk melaksanakan gotong royong ataupun panggilan supaya datang untuk mengadakan musyawarah dan mufakat.

5. Pengertian Cerano, mencerminkan adat dan kebudayaan asli rakyat Kabupaten Merangin yang berfungsi sebagai alat untuk memperkokoh berlakunya adat istiadat ba

Recommended

View more >