menguatkan kelembagaan desa melalui pmdm manfaat olahraga

Download Menguatkan Kelembagaan Desa Melalui PMDM Manfaat Olahraga

If you can't read please download the document

Post on 02-Jan-2017

238 views

Category:

Documents

10 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • VALE DUKUNG PERBAIKANSANITASI WARGA

    SOSOK > HAL 5MUH. ABRINSYAH

    "PTPM ADALAH KONSEP TERBAIK SAAT INI UNTUKLUWU TIMUR"

    KREASI > HAL 8FASHION

    KREASI HIJAB MODERN

    KOMUNITAS > HAL 15ALAT MUSIK TRADISIONAL

    MUSIK BAMBUTAPULEMO SOROWAK0

    E D I S I 7 , A P R I L 2 0 1 4 I 1 6 H A L A M A ND i p u b l i k a s i k a n o l e h D i v i s i K o m u n i k a s i P T Va l e I n d o n e s i a T b k

    - T i d a k D i p e r j u a l b e l i k a n -

    Darmiati (48 tahun) salah seorang penerima bantuan Program Mitra Desa Mandiri (PMDM) untuk pengadaan jamban keluarga, di Jalan Nangka Desa Baruga Kecamatan Malili.

    Laporan Utama > Hal 3 Menguatkan KelembagaanDesa Melalui PMDMWawasan > Hal 7Manfaat Olahraga bagi Anak-anak

    Dongeng > Hal 9Kumbang dan Calon Istrinya

    Pemda Menyapa > Hal 13Dua Sekolah di Lutim

    Sabet Penghargaan

    Aha! > Hal 11Sejarah Pengobatan Herbal di Nusantara

  • 2 EDITORIAL

    Redaksi Verbeek Pelindung: Dewan Direksi PT Vale I Penasihat: Basrie Kamba (Director Communications and External Affairs) I Penanggung jawab: Teuku Mufizar Mahmud (GM Communications), Busman Dahlan Shirat (GM Community Relations) I Redaktur Pelaksana: Sihanto B. Bela I Editor: Sohra, La Ode M. Ichman, Miftahuddin Hadilang, Andi Zulkarnain, Baso Haris I Redaksi: Rohman Hidayat Yuliawan, Maman Ashari, Nala Dipa Alamsyah, Nuki Adiati, Eko Rusdianto I Fotografer: Doni Setiadi I Desain & Layout: Sandy Pauling I Alamat Redaksi: Kantor Departemen External Relations, Jl. Ternate No. 44 Sorowako, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

    V E R B E E K I E D I S I 7 , A P R I L 2 0 1 4

    Kirimkan kritik dan saran Anda untuk tabloid Verbeek melalui email ke:[email protected] atau kirimkan surat ke alamat redaksi.

    @tabloidverbeekTabloid Verbeek

    Pembaca yang budiman.

    Program Mitra Desa Mandiri atau yang disingkat PMDM, merupakan ba-gian dari Program Terpadu Pengem-bangan Masyarakat (PTPM) yang me-rupakan program sosial terpadu PT Vale Indonesia Tbk, selangkah demi selangkah telah memberikan manfaat nyata. Sebanyak 38 desa di empat keca-matan di wilayah terdampak operasi telah secara bertahap mengelola dana Rp350 juta per tahun per desa. Di bidang kesehatan salah satu pro-gram nyata adalah pengadaan jamban untuk keluarga di Kecamatan Malili, khususnya di Desa Baruga. Program ini dilaksanakan setelah melalui pen-jaringan usulan dari masyarakat dan disesuaikan dengan RPJMDes (Ren-cana Pembangunan Jangka Menengah Desa). Saat kami mencetak edisi ini, lebih dari 140 jamban telah selesai dibangun. Berbeda dengan pelaksa-naan program tahun-tahun sebelum-nya, penerima manfaat kali ini turut berpartisipasi nyata, misalnya terlibat dalam tahap konstruksi jamban. Sesuai misinya untuk bidang eko-nomi dan kesehatan, PMDM mendo-rong akses layanan kesehatan dasar untuk kelompok rentan dan masyara-kat miskin. Barangkali ada yang mengatakan, pe-ngadaan jamban keluarga adalah sepele dibandingkan dengan program lain. Pendapat semacam itu patut di-koreksi. Program pengadaan jamban ke-luar-ga ini sangat dirasakan faedah-nya oleh penerima manfaat. Ambil misal keluarga Hamzah, salah seorang warga Desa Baruga. Selama ini, dia dan keluarganya membuang hajat menggunakan kantong kresek. Kemu-dian dibuang ke semak-belukar atau dibawa ke tempat sampah terdekat. Di desa itu, ada 77 KK belum memiliki jamban keluarga. Di bidang ekonomi, PMDM lebih me-ngutamakan program-program yang dapat meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat miskin. Salah satunya dengan mengembangkan unit ekonomi produktif melalui program block grant. Pembaca, laporan utama Verbeek edisi kali ini menyuguhkan program-program PMDM di bidang ekonomi dan kesehatan. Artikel-artikel lain pa-da rubrik Wawasan, Kreasi, dan Jendela, semoga tetap menjadi saji-an menarik bagi Anda. Verbeek mengucapkan terima ka-sih kepada Anda yang telah mengirim-kan masukan.

    Selamat membaca.

    Redaksi.

    Salam untuk Redaksi Verbeek. Saya adalah pembaca baru Verbeek. Saya senang membacanya karena mene-mukan beragam konten, mulai dari program perusahaan, seputar kegiatan Pem-da, hingga sejarah dan budaya setempat. Rasanya seperti melihat buku kecil Luwu Timur. Saya membaca Verbeek edisi 5 di rubrik Aha! mengenai yogurt. Menurut saya, artikel ini menarik dan sangat bermanfaat bagi pembaca seperti saya, yang selalu mencari tahu apa yang saya konsumsi. Saya tak menyangka perja-lanan sejarah yogurt seperti itu. Tapi saya agak kecewa, karena dalam artikel itu tak ada kolom yang menjelaskan manfaat yogurt, yang ada malah cara pem-buatannya. Saya kira menampilkan manfaat lebih penting dibanding menjelaskan cara membuatnya. Terima kasih. Wulan, Jl. Hasanuddin, Sorowako Terima kasih atas maskannya. Ke depan, kami akan menuliskan secara seim-bang antara manfaat suatu hal dan cara pembuatannya.

    Saya pembaca baru Verbeek. Rasanya senang mendapatkan bacaan yang isinya tidak terbatas masalah perusahaan saja. Konten dan rubrik Verbeek beraneka ragam. Saya kira ini akan membantu pembaca memperoleh infor-masi lebih luas. Saya berharap Verbeek lebih banyak mengulas cerita atau kisah di seputa-ran Luwu Timur, atau bila perlu berfokus pada empat kecamatan pemberda-yaan saja. Saya kira ada ratusan kisah yang layak menjadi konten Verbeek. Se-jarah, budaya, lingkungan, ataupun kehidupan sosial masyarakat. Saya kira, Verbeek dapat melakukannya dan saya percaya itu. Tetap sema-ngat untuk awak redaksi Verbeek. Salam.Erika Tobing, Wawondula Sepakat dengan Anda, Verbeek memang sedang berusaha untuk sedapat mung-kin menyajikan konten seputar sejarah, budaya, dan kehidupan sosial masyara-kat lokal. Kendati demikian, konten sejarah dan budaya tersebut kami bawa da-lam konteks lebih luas.

    Verbeek bagi saya adalah media yang sangat membantu memahami selukbeluk Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM). Selama ini, pro-gram CSR perusahaan menuai banyak kritik dan kehadiran Verbeek membe-rikan gambarannya. Selain laporan utama mengenai PTPM, saya senang membaca rubrik Do-ngeng tentang cerita rakyat. Semoga Verbeek selalu bisa terbit tepat waktu, jikamemungkinkan Verbeek dapat terbit secara mingguan. Terbit bulanan membuat saya lama menunggu, apa lagi halamannya masih kurang banyak. Semangat untuk redaksi Verbeek, semoga semakin baik.Nurcahyani, Sorowako Terima kasih atas apresiasi dan masukan Anda. Saat ini kami masih terbit seca-ra bulanan dengan 16 halaman. Wilayah sebaran Verbeek kini meliputi 38 Desa di empat Kecamatan wilayah terdampak operasi PT Vale.

    Salam untuk Verbeek. Saya sangat senang dengan kehadi-ran tabloid Verbeek ini. Seperti mene-mukan sebuah media dengan tampi-lan yang segar. Saya berharap tabloidVerbeek menambah halaman dan me-nuliskan fenomena di sekitar Luwu Timur. Saya telah beberapa kali menemu-kan tabloid ini. Saya membacanya de-ngan semangat, ada beragam informa-si yang disajikan dari wilayah seki-tar yang belum banyak saya ketahui. Sebagai seorang pendatang, ini sa-ngat membantu mengenal daerah. Namun saya kurang mengerti, ke-napa fenomena seperti demonstrasi ataupun konflik yang sedang terja-di di tengah masyarakat tak pernah dimuat. Saya kira peristiwa seperti itu akan menjadi sejarah data fakta dari satu sisi kehidu-pan masyarakat. Terima kasih Verbeek, saya men-doakan agar media ini menjadi besar kelak. Umar, Jl. Hasanuddin, Sorowako Terima kasih atas masukan Anda. Tabloid Verbeek menyajikan berita-berita edukasi dan pengembangan masyarakat, berbeda dengan koran umum yang menyajikan semua jenis berita. Saat ini kami terbit sebulan se-kali dengan 16 halaman. Belum ada rencana untuk menambah halaman.

    Tabloid Verbeek adalah bacaan mena-rik saat senggang atau memulai harisembari sarapan. Saya sangat menikma-tinya. Rubrik-rubriknya menyegarkan, ada masalah ekonomi, budaya, hingga berita pemerintahan. Saya juga senang dengan penyajian bahasanya yang mu-dah dicerna. Tapi saya juga berharap, Verbeek me-nyajikan dinamika politik di sekitaran wilayah Luwu Timur, agar masyarakat dapat membaca dan diberikan gamba-ran yang menyuluruh. Semoga Verbeekmenjadi media yang independen. Salam dan sukses selalu untuk redaksi Verbeek. Haryanto, Malili Untuk sementara ini, Verbeek me-naruh perhatian pada hal-hal yang bersifat pemberdayaan masyarakat, informasi-informasi ringan dan pres-tasi yang bisa menjadi inspirasi. Peris-tiwa politik kiranya bisa didapat dari media umum lainnya.

  • 3LAPORAN UTAMA

    Menguatkan Kelembagaan Desa Melalui PMDM

    Desa yang mandiri menjadi pilar untuk mewujudkan Luwu Timur yang sejahtera.

    esa menjadi kekuatan ekonomi daerah. inilah yang akan diwu- judkan Pemerintah Daerah Luwu Timur. Bekerjasama dengan PT Vale melalui upaya pengembangan masya-rakat melalui penguatan kelompok, pe-menuhan infrastruktur pertanian, peme-nuhan kebutuhan kesehatan mendasar, dan peningkatan UMKM. Lahan yang subur, kata Bupati Luwu Timur Andi Hatta Marakarma, meru-pakan anugerah terbaik. Petani yang sejahtera akan membawa perubahaan yang besar. Maka kesejahteraan bukan-lah hal yang muluk-muluk yang akan dicapai, katanya, beberapa waktu lalu. Untuk mewujudkan itu, PT Vale be-kerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui Program Terpadu Pengem-bangan Masyarakat (PTPM) melaksa-nakan Program Mitra Desa Mandiri (PMDM) untuk peningkatan sektor eko-nomi dan pemenuhan kesehatan dasar. PMDM memberikan dana stimulan dalam bentuk program block grant. Penyusunan kegiatan dikelola di ting-kat desa dan kecamatan. Sebanyak 38 desa di empat KecamatanMalili, Wa-suponda, Towuti, dan Nuhayang ter-dampak operasi PT Vale akan mengelo-la dana sebesar Rp350 juta per tahun. Kegiatan dari sektor ekonomi dan kese-hatan yang terpilih dihasilkan melalui Musrenbang (Musyawarah Perenca-naan Pembangunan) desa, kecamatan, hingga kabupaten. Usaha itu juga telah diverifikasi oleh Tim Koordinasi PTPM. PMDM dil