mendesain dengan alam

Download Mendesain Dengan Alam

Post on 07-Dec-2015

222 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Mendesain Dengan Alam

TRANSCRIPT

  • Mendesain dengan alamKelompok 3C

  • Design with natureby working with living processes, we respect the needs of all species while meeting our own. Enganging in process that regenerate rather than deplete, we become more alive-

  • Design with nature

  • Bekerjasama dengan alamKonsep desain yang memiliki suatu hubungan mengikat antara manusia dengan alam, dan begitu juga sebaliknya. Tidak ada desain yang seharusnya menghancurkan integritas alam, karena pada dasarnya manusia memiliki sifat saling ketergantungan dengan ekosistem tempat tinggalnya.

  • Konsep bekerjasama dengan alamPenyesuaian pada lingkungan alam setempatMenghemat sumber energi alam yang tidak dapat diperbaharui dan mengirit penggunaan energiMemelihara sumber lingkunganMemperbaiki keadaan alamMengurangi ketergantungan pada sistem pusat energi (listrik, air) dan mengurangi produksi limbah (air limbah, sampah)

  • Waste Equals FoodPemanfaatan kembali limbah atau barang-barang tak berguna untuk diolah menjadi sesuatu yang fungsional atau memiliki nilai.Prinsip pengolahan limbah dapat dibedakan menjadi :Mengubah limbah menjadi sumber dayaMenghindari limbah menjadi polutan

  • Lansekap aktifLansekap aktif adalah salah satu bentuk perancangan ruang terbuka yang memiliki nilai fungsional selain sebagai area hijau. Landsekap aktif dapat menampung kebutuhan dan aktivitas penggguna, seperti kebutuhan akan rekreasi dan olahraga. Lansekap sebagai salah satu bagian perancangan juga ikut ambil bagian dalam menciptakan desain ekologis. Dalam perancangan ruang luar, lansekap aktif selain mengakomodasi kebutuhan user juga harus mengakomodasi kebutuhan lingkungan.

  • Self-designKonsep self design diwujudkan oleh seorang arsitek dengan desain yang dipengaruhi oleh tuntutan aktivitas civitas dan tuntuntan untuk merespon gejala lingkungan, seperti iklim, topografi, geologi, dan faktor alam lainnya. Self-design juga diterapkan pada pemilihan material untuk bangunan. Dalam menerapkan konsep ini, arsitek cenderung dituntut untuk memanfaatkan material atau sumber daya alam yang tersedia pada daerah dimana bangunan tersebut dibangun.

  • Bangunan Tropis LembabIgloo

  • Keanekaragaman (Biodiversity)Keanekaragaman hayati ialah pola yang mempertahankan antara keseimbangan pada bumi ini dan organisme di dalamnya.Dunia perancangan ekologi yang paling mendalam ialah aspek keanekaragaman hayati yang dapat diterapkan pada perancangan ruang terbuka atau lansekap.

  • Fokus biodiversityFokus dalam menjaga keanekaragaman hayati atau biodiversity adalah :Mempertahankan populasi asliMelindungi perwakilan jenis populasiMenghormati keanekaragaman dalam skala yang luas

    ***********