membuat macro pada access 2007

9
MEMBUAT MACRO PADA ACCESS 2007 A. Pengertian Macro Macro merupakan alat untuk membuat rangkaian perintah otomatis, yang berisi sejumlah aksi berbentuk perintah yang dapat mengotomasisasikan operasi setiap kali bekerja dengan cara yang sama. Macro dapat dijalankan dari form melalui Command Button, On Click pada control property, tombol pada toolbar, kombinasi kunci atau dari macro lain. Macro bisa berupa macro tunggal yang terdiri dari beberapa aksi, atau bisa juga berupa grup macro yang merupakan kumpulan beberapa macro yang saling berkaitan yang disimpan secara bersama-sama dengan satu buah nama macro. Microsoft Office Access 2007 memiliki dua model macro, yaitu Standalone Macro dan Embedded Macro. Standalone macro adalah macro yang berdiri sendiri, artinya jika anda membuat macro, maka secara fisik nama macro yang kita buat akan terlihat pada Navigation Pane dibagian objek Macro. Jenis macro ini sama dengan macro pada Access pada versi sebelumnya. Sedangkan Embedded Macro adalah macro yang sudah terintegrasi ke dalam objek form, report atau control lain dimana kita membuat macro tersebut. Jenis macro ini tidak akan terlihat pada Navigation Pane, karena sudah menjadi bagian dari form, report atau control lain yang engandung embedded macro, maka macro tersebut juga ikut tercopy. Embedded Macro ini merupakan fitur baru pada Microsoft Office Access 2007. B. Membuat dan Menjalankan Standalone Macro Cara membuat dan menjalankan standalone macro adalah sebagai berikut :

Upload: yudi-prakoso

Post on 04-Jul-2015

6.321 views

Category:

Documents


60 download

TRANSCRIPT

Page 1: Membuat Macro Pada Access 2007

MEMBUAT MACRO PADA ACCESS 2007

A. Pengertian Macro

Macro merupakan alat untuk membuat rangkaian perintah otomatis, yang berisi sejumlah aksi berbentuk perintah yang dapat mengotomasisasikan operasi setiap kali bekerja dengan cara yang sama. Macro dapat dijalankan dari form melalui Command Button, On Click pada control property, tombol pada toolbar, kombinasi kunci atau dari macro lain. Macro bisa berupa macro tunggal yang terdiri dari beberapa aksi, atau bisa juga berupa grup macro yang merupakan kumpulan beberapa macro yang saling berkaitan yang disimpan secara bersama-sama dengan satu buah nama macro.

Microsoft Office Access 2007 memiliki dua model macro, yaitu Standalone Macro dan Embedded Macro. Standalone macro adalah macro yang berdiri sendiri, artinya jika anda membuat macro, maka secara fisik nama macro yang kita buat akan terlihat pada Navigation Pane dibagian objek Macro. Jenis macro ini sama dengan macro pada Access pada versi sebelumnya.

Sedangkan Embedded Macro adalah macro yang sudah terintegrasi ke dalam objek form, report atau control lain dimana kita membuat macro tersebut. Jenis macro ini tidak akan terlihat pada Navigation Pane, karena sudah menjadi bagian dari form, report atau control lain yang engandung embedded macro, maka macro tersebut juga ikut tercopy. Embedded Macro ini merupakan fitur baru pada Microsoft Office Access 2007.

B. Membuat dan Menjalankan Standalone Macro

Cara membuat dan menjalankan standalone macro adalah sebagai berikut : Buka database Perpustakaan, klik tab Create, lalu klik Macro

Jika tampil pilihan tombol Module atau Class Module, klik Macro

Page 2: Membuat Macro Pada Access 2007

Untuk menampilakn pilihan Action, klik anak panah yang ada di bawah kolom Action, lalu klik Action yang kita inginkan, misalnya : MsgBox

Pada bagian Action Argument, dibaris Message ketiklah pesan, misalnya : Standalone Macro Berhasil

Pada baris Beep, Klik Yes untuk menampilkan beep ketika pesan ditampilkan.

Page 3: Membuat Macro Pada Access 2007

Pada baris Type, pilih tipe pesan misalnya : klik Information

Pada baris Title, ketik judul pesan misalnya : Informasi

Page 4: Membuat Macro Pada Access 2007

Simpan macro yang baru saja dibuat dengan cara, klik tombol Save, lalu simpan nama macro tersebut misal dengan nama Pesan, lalu klik OK.

Perhatikan pada Navigation Pane, tampil nama Macro yang anda buat. Untuk melakukan tes terhadap macro tersebut, tutup dahulu jendela Macro, klik tombol Close. Setelah itu klik kanan nama macro, lalu klik Run.

Maka akan tampil pesan berupa informasi yang anda buat pada macro, seperti berikut :

Page 5: Membuat Macro Pada Access 2007

C. Membuat dan Menjalankan Embedded Macro

Cara membuat embedded macro sedikit berbeda dengan standalone macro, karena embedded macro langsung dibuat di property form, report, atau kontrol.

Buka database Perpustakaan, klik tab Create, lalu klik Form Desain. Tampilkan property form dengan mengklik tombol Property Sheet. Klik tab Event, klik event property On Open, lalu klik tanda … Setelah tampil kotak dialog Choose Builder, klik Macro Builder, lalu klik OK. Pada jendela macro, klik pilihan Action yang akan digunakan, isi semua bagian

seperti Action Argument, baris Beep, dan baris Type seperti menggunakan Standalone Macro.

Setelah itu tutup jendela macro dengan mengklik tombol Close, lalu Save Macro tersebut.

Agar form tidak kosong, klik Label, lalu klik di area form, kemudian ketik : Form ini dibuat untuk mengetes Embedded Macro.

Klik Label, lalu klik di area form, lalu ketik Keluar dari Program.

Agar teks Keluar dari Program terlihat seperti tombol, klik Special Effect, lalu klik Special Effect : Raised.

Klik teks Keluar dari Program, lalu klik tombol Property sheet. Klik tab Event, lalu klik event property On Click, kemudian klik tanda …

Page 6: Membuat Macro Pada Access 2007

Setelah tampil kotak dialog Choose Builder, klik Macro Builder , klik klik OK.

Setelah tampil jendela macro, klik pilihan action yang akan kita gunakan, yaitu : Quit.

Pada bagian Action Argument, atur nilai baris Option menjadi Save All. Tutuplah jendela macro dengan mengklik tombol Close. Dan tampil konfirmasi bahwa macro di simpan dalam property, klik Yes. simpan dengan nama Form Macro.

Perhatikan pada Navigation Pane,tidak ada nama macro yang baru dibuat tasi, karena langsung disimpan didalam property form dan label.

Page 7: Membuat Macro Pada Access 2007

Untuk mencoba macro yang dibuat tadi, klik ganda pada Form Macro. Kemudian akan tampil MsgBox sebagai aksi yang tadi anda buat, klik OK.

Tampilan Form Macro seperti berikut :

Untuk mencoba macro yang tadi anda buat pada teks Keluar dari Program, klik tombol Keluar dari Program tersebut, maka secara otomatis program Access akan ditutup.

D. Membuat dan Menjalankan Group Macro

Apabila anda memiliki banyak macro yang memiliki fungsi yang saling berkaitan, anda dapat mengelompokan macro-macro tersebut menjadi sebuah group macro. Pada dasrnya, group macro merupakan standalone macro yang terdiri lebih dari satu macro. Langkah-langkah dalam pembuatan group macro adalah :

Buka database Perpustakaan, klik tab Create, lalu klik Macro.

Page 8: Membuat Macro Pada Access 2007

Setelah tampil jendela macro, untuk menampilkan nama macro dalam grup, klik Macro Names.

Ketik nama macro yang pertama yang akan dibuat pada kolom Macro name. misalnya akan membuat macro yang berfungsi untuk membuka form DATA BUKU MASUK PERPUSTAKAAN “PINTAR”, pada kolom Macro name ketik BukaFormDataBuku.

Pada kolom Action, klik Open Form. Pada bagian Action Argument, baris Form name, klik nama form yang akan dibuka yaitu : DATA BUKU MASUK PERPUSTAKAAN “PINTAR”

Untuk menyimpan group macro yang dibuat. Klik tombol save, lalu ketik dengan nama Macro1, lalu klik OK.

Buka Form Macro dengan tampilan design view. Buat dua tombol menggunakan Command Button.

Klik command1, lalu tekan F4, klik tab format, klik property caption lalu ganti menjadi : BukaFormDataBuku

Klik tab Event,lalu klik tanda v disebelah kanan property ON Click, lalu klik Macro1.BukaFormDataBuku.

Untuk menjalankan group macro yang dibuat tadi, tampilkan Form Macro dengan Mode form View.