media pembelajaran vertebrata

Click here to load reader

Post on 16-Jul-2015

367 views

Category:

Education

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

3. Memiliki celah faring yang memungkinkan air yang masuk ke mulut dapat keluar dari tubuh tanpa melalui keseluruhan saluran pencernaan, pada sebagian Vertebrata celah ini termodifikasi untuk pertukaran gas yang dikenal sebagai insang.4. Memiliki ekor Post-Anal yang berotot sehingga membantu pergerakan. Ekor ini membentang posterior terhadap anus, tetapi pada sebagian besar spesies ekor ini telah tereduksi selama perkembangan embrionik.5. Memiliki rongga tubuh (selom) yang tumbuh dengan baik, sistem organnya kompleks, bilateral simetris, segmentasi tubuh yang jelas, dan memiliki otak yang dilindungi oleh tulang tengkorak.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANPISCESTubuh ikan juga dilengkapi dengan sirip-sirip yang membantu berenang dan menjaga keseimbangan tubuh. Sirip ikan dibedakan atas sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anal, sirip ekor.Ikan mempunyai gurat sisi (Linea Lateralis) yang berfungsi untuk mengetahui tekanan air.Tipe aliran darahnya adalah peredaran darah tunggal, yaitu darah mengalir dari jantung melalui insang menuju ke seluruh jaringan tubuh dan kembali lagi ke jantung. Ikan berkembang biak dengan bertelur (ovipar), ada yang melalui fertilisasi internal dan beberapa ada yang melalui fertilisasi eksternal.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANKLASIFIKASI PISCESAgnatha meliputi ikan-ikan yang tidak berahang, berbentuk pipih, memiliki mulut bulat yang berada di ujung anterior. Walaupun tidak memiliki rahang, tetapi Agnatha memiliki faring yang berotot yang digunakan untuk menghisap tubuh ikan lain untuk mendapatkan makananContoh spesies dari sub kelas Agnatha adalah Myxine sp. (hagfish, ikan hantu, ikan hag), Petromyzon sp. (Lamprey, Belut laut).

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANKLASIFIKASI PISCES2.Chondrichthyes (Ikan bertulang rawan) memiliki rangka yang fleksibel, yang terbuat dari tulang rawan, memiliki perkembangan rahang dan sirip yang baik. Rahangnya berkembang dari kedua pasang pertama lengkung insang, pada beberapa ikan masa kini lengkung ini masih ada, disebut dengan spirakel. Mulutnya terletak di daerah ventral, dan dilengkapi dengan gigi-gigi yang dilapisi email.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANPISCESPisces merupakan hewan akuatik yang berdarah dingin (poikiloterm) dan bernafas dengan insang. Insang dilindungi oleh tutup bernama Operkulum. Pada beberapa jenis ikan, rongga insangnya meluas membentuk lipatan tidak teratur yang disebut labirin, yang berguna untukmenyimpan udara sehingga ikan tersebut dapat hidup di lingkungan yang kurang oksigen. Tubuh ikan ditutupi sisik yang sekaligus berfungsi sebagai rangka luar (eksoskeleton) dengan berbagai tipe sisik, yaitu plakoid, sikloid, stenoid, dan ganoid. Sisik tersebut licin dan berlendir, sehingga dapat mempermudah ketika bergerak di dalam air.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANEVALUASIKLIK DI SINI UNTUK MENGERJAKAN SOAL PILIHAN GANDAKLIK DI SINI UNTUK MENGERJAKAN TEKA TEKI SILANG

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUAN51

VIDEO

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUAN50MAMALIABinatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu, yang pada betinanya menghasilkan air susu sebagai sumber makanan untuk anaknya. Selain itu pada Mamalia juga terdapat rambut. Tubuhnya berdarah panas atau homoioterm. Aggota gerak bagian depan dapat termodifikasi untuk berlari, menggali lubang, dan terbang.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUAN40AVESKelas Aves (Burung) adalah vertebrata yang seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu yang dianggap sebagai modifikasi sisik epidermis dan fungsinya sebagai isolator. Kulitnya tidak berkelenjar, kecuali bagian ekor. Alat gerak bagian depan sudah termodifikasi menjadi sayap yang digunakan untuk terbang. Pada bagian belakang ujung tubuh Aves terdapat ekor yang dilengkapi dengan bulu yang juga dapat mengembang pada saat terbang.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUAN33REPTILReptil adalah binatang dengan kulit yang kering, dan tertutup oleh sisik-sisik atau papan-papan dermal. Sebagai hewan darat yang hidup di daratan yang kering, kulitnya memiliki lapisan berbahan tanduk yang tebal. Lapisan ini mengalami modifikasi menjadi sisik-sisik dan sedikit sekali mengandung kelenjar kulit.Reptilia termasuk kedalam Vertebrata yang pada umumnya tetrapoda (berkaki empat), tetapi pada beberapa sub-ordo tungkainya mengalami reduksi atau bahkan hilang sama sekali seperti pada Sub-ordo Serpentes dan sebagian Lacertilia.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANAmphibi memiliki kelopak mata dan kelenjar air mata yang berkembang baik. Pada mata terdapat membrana nictitans yang berfungsi melindungi mata dari debu, kekeringan, dan kondisi lain yang menyebabkan kerusakan pada mata.Sistem saraf pada amfibi juga mengalami modifikasi, otak menjadi lebih besar dan hemisphaerium cerebri terbagi sempurna. Pada cerebellum konvulasi hampir tidak berkembang. Dan pada fase dewasa terbentuk kelenjar ludah yang menghasilkan bahan pelembab atau perekat.AMPHIBI

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANKLASIFIKASI AMPHIBIApoda, Ordo ini memiliki anggota yang ciri khasnya adalah tidak memiliki kaki, sehingga disebut Apoda. Tubuhnya menyerupai cacing (gilig), bersegmen, tidak bertungkai, dan ekornya mengalami reduksi. Apoda memiliki kulit yang kompak, mata tereduksi dan tertutup oleh kulit atau tulang, pada beberapa spesies retina berfungsi sebagai fotoreseptor. Pada bagian anterior terdapat tentakel yang berfungsi sebagai organ sensori.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANVertebrata merupakan hewan yang memiliki tulang belakang atau punggung. Tulang belakang adalah tulang yang beruas-ruas dan berderet dari leher sepanjang punggung sampai ekor. Sumsum tulang belakang yang terdapat dalam ruas-ruas tulang belakang dan otak merupakan susunan saraf pusat.Vertebrata merupakan anggota (subfilum) dari filum Chordata. Filum Chordata memiliki ciri khusus sebagai berikut :Memiliki Notokord, yaitu batang longitudinal yang fleksibel yang terletak di antara saluran pencernaan dan batang saraf. Notokord berperan sebagai penguat rangka di sepanjang tubuh Chordata.Memiliki batang saraf dorsal yang berongga yang terletak dorsal terhadap notokord.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANPETUNJUK

Judul HalamanKeluarHalaman sebelumnyaHalaman UtamaHalaman SelanjutnyaMENUMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUAN54KLASIFIKASI AMPHIBIPada beberapa famili terdapat selaput di sela-sela jarinya. Anura memiliki membran timpani yang terletak di permukaan kulit dengan ukuran yang cukup besar dan terletak di belakang mata. Kelopak mata dapat digerakkan dan matanya berkembang dengan baik. Fertilisasi dilakukan secaraeksternal dan prosesnya dilakukan di perairan. Contoh daro Ordo ini dalah Katak.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANKLASIFIKASI AMPHIBI4. Ordo Urodela (Caudata), memiliki bentuk tubuh yang memanjang, mempunyai anggota gerak dan ekor tetapi tidak memiliki membran timpani. Tubuhnya dapat dibedakan antara kepala, leher, dan badan. Beberapa spesies memiliki insang dan yang lain bernafas dengan paru-paru. Pada bagian kepala terdapat mata yang berukuran kecil dan pada beberapa jenis, mata mengalami reduksi. Anggota Ordo Urodela hidup di darat, tetapi tidak dapat lepas dari air. Contoh spesiesnya adalah Salamander.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANGAMBAR

Sesilia, Anggota Ordo ApodaKatak, Anggota Ordo AnuraSalamander, Anggota Ordo Urodela

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUANREPTILReptilia yang tidak mengalami reduksi tungkai umumnya memiliki lima jari atau pentadactylus dan terdapat cakar pada setiap jarinya. Pada umumnya reptile bernafas menggunakan paru-paru, tetapi ada juga yang pengambilan udaranya dibantu oleh lapisan kulit yang berada di sekitar kloaka.Oksigen akan masuk melalui lubang hidung menuji trakhea, bronkus, dan paru-paru.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUAN22REPTILReptil memiliki sepasang paru-paru yang berukuran relatif besar, strukturnya seperti rumah lebah, berpetak-petak. Paru-paru terdiri dari beberapa lipatan dinding yang berfungsi untuk memperbesar permukaan pertukaran gas.

MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI VERTEBRATAPENYUSUNEVALUASIVIDEOMAMALIAAVESREPTILIAAMPHIBIPISCESPENDAHULUAN23KLASIFIKASI REPTIL1. Ordo Squamata, memiliki ciri khusus yaitu sisik yang terbuat dari zat tanduk, sisik tersebut mengalami pergantian secara periodik yang disebut molting. Sebelum mengelupas, Stratum germinativum membentuk lapisan kutikula baru dibawah lapisan yang lama. Pada Sub- Ordo Serpentes, sisiknya terkelupas secara keseluruhan, sedangkan pada Sub-Ordo Lacertilia sisiknya terkelupas sebagian. Sistem koordinasinya terdiri dari otak yang memiliki lobus olfaktorius yang panjang, hemisfer, dua lobus optikus,