material nano anorganik

Click here to load reader

Post on 23-Feb-2018

227 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • 7/24/2019 Material Nano Anorganik

    1/3

    Material Nano Anorganik

    08.14 nanomaterialsNo comments

    Istilah material nano anorganik biasanya digunakan untuk menunjukkan struktur nano

    yang hanya tersusun dari material selain Carbon, atau jika terdapat unsur atomCarbon, maka atom-atom Carbonnya tidak dikombinasikan dengan unsur lain. Materialnano yang termasuk dalam kelompok nano anorganik diantaranya adalah fullerene,karbon nanotube, nanowire, nanoporous, semikonduktor nanokristal atau nanopartikel.

    Fullerenemerupakan struktur nano yang tersusun dari 60 buah atom Carbon (C60dan memiliki simetri seperti bola. !ullerene se"ara formal dikenal sebagaibuckministerfullerene atau disingkat buckeyballs. #enemuan terhadap fullerene inimemberikan harapan baru untuk diterapkan dalam berbagai bidang, terutama untukbidang elektronika dan kedokteran.

    $ambar struktur fullerene

    Nanotubeadalah material berbentuk silinder dengan ketebalan kulit silinder kurangdari %00 nm. Contoh yang terkenal adalah "arbon nanotube dengan kulit silinderberupa satu atau beberapa lapis atom "arbon. &truktur material nanotube dapat

    dipandang sebagai jalinan selapis "arbon yang bergulung membentuk tabungberukuran nano. 'ika lapisannya tunggal maka disebut &)* (single wall nanotubedan jika lapisannya lebih dari satu maka disebut M)* (multi wall nanotube. +aik&)* maupun M)* memiliki sifat listrik, mekanik, dan termal yang unik. &ebagai"ontoh, sifat listriknya dapat berlaku sebagai penghantar listrik maupunsemikonduktor tergantung pada bentuk dan ukuran serta orientasi gulungan "arbon.Material nano ini dapat memiliki kapasitas penghantaran listrik hingga satu milyaramps"m persegi. &edangkan sifat mekaniknya men"apai 0 kali lebih kuat dari sifat

    http://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/2012/05/material-nano-anorganik.htmlhttp://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/search/label/nanomaterialshttp://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/search/label/nanomaterialshttp://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/2012/05/material-nano-anorganik.html#comment-formhttp://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/2012/05/material-nano-anorganik.html#comment-formhttp://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/search/label/nanomaterialshttp://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/2012/05/material-nano-anorganik.html#comment-formhttp://nanotech-indonesia.blogspot.co.id/2012/05/material-nano-anorganik.html
  • 7/24/2019 Material Nano Anorganik

    2/3

    mekanik baja alloy yang berkualitas tinggi. )anotube lain yang berhasil dibuat adalahboron nitrida (+) nanotube yang kulitnya terdiri dari beberapa atom boron dannitrogen.

    "arbon nanotube jenis &)*

    "arbon nanotube jenis M)*

    Nanowire atau dikenal juga sebagai nanorods (batang nano atau nanowhisker

    (rambut janggut nano merupakan blok pembangun anorganik yang memiliki potensiaplikasi yang tinggi. )anowire merupakan material padatan anorganik berbentukseperti kabel yang dapat dibuat dari silikon, oksida seng (n/, dan berbagai logamlain. Meskipun diameternya hanya dalam skala nanometer, namun panjang nanowiredapat men"apai ribuan kali diameternya atau hingga puluhan mikrometer. )anowirememiliki sifat optik dan listrik yang sebagaimana nanotube. &ebagai "ontoh, nanowiredapat mengemisikan sinar laser berlaku sebagaimana fiber optik.

  • 7/24/2019 Material Nano Anorganik

    3/3

    &M image of nanowire

    Nanoporous, adalah material yang mengandung sejumlah poros (pori dan ukuran tiapporos kurang dari %00 nm. Contoh material ini adalah 1eolite dan MCM-2% (silikondioksida yang mengandung poros yang tersusun se"ara heksagonal.

    nanoporous pada sebuah magnet

    Nanokristal semikonduktor (nanopartikel)atau dikenal juga dengan nanodots atauquantum dots(34s merupakan material semikonduktor berukuran nano meter (nm.+iasanya ukuran 34s berkisar antara 5 hingga nm. +isa dibandingkan dengan jarakantar atom dalam sebuah susunan 7ristal adalah % 8 9mstrong (atau 0,% 8 0, nm.

    Ini artinya bahwa sebuah :uantum dot (34 hanya terdiri dari kurang lebih %000 atom.7arena jumlahnya yang sudah bisa terbilang ("ountable maka 34s kini dinobatkansebagai material terke"il buatan manusia yang setara dengan satu atom (artifi"ialatom. Material yang digunakan untuk membuat 34s adalah material semikonduktor,seperti $a) ($allium )itride, Cd&e (Cadmium &elenide, Cd*e, $a9s ($allium9rsenide dan lain-lainya. 7arena bahan dasarnya adalah semikonduktor, maka 34sbisa diapplikasi untuk alat-alat opti" yang berbasis semikonduktor seperti ;4 (lightemitting diode, ;aser diode, &olar Cell, dll. 7edua, karena ukurannya yang mendekati9mstrog, maka mudah untuk dilekatkan pada element-element biologi, sepertiprotein, 4)9, atau sel. 4alam hal ini 34s digunakan sebagai label yang bisameman"arkan "ahaya sebagai deteksi keberadaan element bio. 7etiga, karena

    ukurannya yang ke"il dan mendekati sebuah atom, maka akan sangat berpotensi untukbidang komunikasi dan transfer informasi. Cahaya saat ini sudah bisa menggantikanperan ele"tron sebagai penghantar informasi.