materi pbb

Download MATERI PBB

Post on 09-Jan-2017

280 views

Category:

Education

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

Nadia 141401025 | Filza 141401040 | Ayu 141401067United Nations

Sejarah PBBTujuan PBBBadan PBBOrganisasi PBBMateriInformasiLatihan

Sebelum terbentuknya PBB, organisasi sejenis sudah ada sejak 1920, yaitu Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Namun LBB gagal menjaga perdamaian dunia pada saat itu (Perang Dunia I) yang menjadi tugas utamanya.

Gagasan awal terbentuknya PBB berasal dari Human Right Declaration. Yaitu sebuah gagasan F.D. Roosevelt yang berisi tentang HAM.

Pada tanggal 14 Agustus 1941, diadakan pertemuan di atas kapal di Teluk Foundland yang menghasilkan Atlantic Charter (Piagam Atlantik). Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya PBB.

Hingga akhirnya pada tanggal 24 Oktober 1945, melalui Piagam Perdamaian, dengan peserta konferensi sebanyak 50 negara, lahirlah PBB (United Nations).Sejarah PBB

United Nations Video

Menjaga perdamaian dan keamanan duniaMemajukan dan mendorong penghormatan hak asasi

Membina pembangunanekonomi dan sosial

Melindungi lingkungan

Bantuan kemanusiaan (kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata)Tujuan PBB

SekretariatMajelis UmumMahkamah InternasionalDipimpin oleh Sekretaris JenderalMelakukan tugas administratifMelaporkan kegiatan tahunan PBBBadan Legislatif PBBPerwakilan seluruh anggota PBBMembahas persoalan dalam PBBTerdiri dari 15 hakim dari 15 negaraMengadili masalah dan sengketaanBadan PBB

Dewan KeamananDewan PerwalianDewan Ekonomi dan SosialTerdiri dari beberapa organisasi khusus yang menangani bidangnya masing-masingMenjalankan pemerintahan atau pengawasan bagi daerah mandatMembina rakyat suatu daerah ke arah pemerintahan sendiriMembantu mencapai dan menyelesaikan konflik di dunia.Mengawasi wilayah sengketaBadan PBB

Organisasi Khusus PBB

Food and Agricultural OrganizationFAO didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945 dan bermarkas di kota Roma, Italia.Tujuan organisasi ini adalah untuk meningkatkan tingkat nutrisi dan taraf hidup, meningkatkan produksi, proses, pemasaran dan distribusi program pangan dan pertanian, pembangunan pedesaan, dan menyelesaikan masalah kelaparan.Contohnya kegiatan pemberdayaan masyarakat korban tsunami di Aceh untuk membudidayakan rumput laut.

www.fao.org

UNESCO didirikan pada tanggal 16 November 1945 dan bermarkas di kota Paris, Perancis. Tujuan organisasi ini adalah mendukung perdamaian, dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama melalui pendidikan, keilmuan, dan budaya.Program utamanya disebarluaskan melalui: pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial, dan manusia, budaya, serta komunikasi, dan informasi.Contohnya, promosi keragaman budaya dan alam melalui program warisan budaya UNESCO.

United Nations Educational,Scientific and Cultural Organization

www.unesco.org

International Monetary Fund

IMF secara resmi dibentuk pada tanggal 27 Desember 1945 dan bermarkas di kota Washington, Amerika Serikat.Organisasi ini bertanggung jawab dalam mengatur sistem finansial global dan menyediakan pinjaman kepada negara anggotanya untuk membantu masalah keseimbangan keuangan.Misinya adalah membantu negara-negara yang mengalami kesulitan ekonomi yang serius, dan imbalannya negara tersebut diwajibkan melakukan kebijakan tertentu. Terkadang kebijakan tertentu inilah yang menurunkan kestabilan sosial negara tersebut.

www.imf.org

United Nations Childrens Fund

UNICEF didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 11 Desember 1946 dan bermarkas di kota New York.UNICEF memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya.Program organisasi ini menekankan pada pengembangan pelayanan masyarakat untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. Contohnya Pekan Imunisasi Nasional 2016 dan Pendidikan Ramah Anak Papua.

www.unicef.org

World Health OrganizationWHO didirikan pada tanggal 7 April 1948 dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Organisasi ini bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional.Tujuan utama WHO adalah agar semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan.Tugas utama WHO adalah mencegah, mengobati, dan membasmi penyakit, khususnya penyakit menular yang sudah menyebar luas. Seperti SARS, malaria, TBC, flu babi, dan AIDS.

www.who.org

Informasi

Latihan

Bagaimana sejarah lahirnya PBB?Sebutkan tujuan utama PBB!Sebutkan organisasi khusus PBB lainnya!

Terima kasih