maret 2019.pdf · pdf file rakyatpos edisi 4379, tahun xv rabu, 6 maret 2019 rakyat pos...

Download Maret 2019.pdf · PDF file RAKYATPOS EDISI 4379, TAHUN XV RABU, 6 MARET 2019 Rakyat Pos online: KLIK HARGA Rp. 3.000,-Dari Rakyat Untuk Rakyat C M Y K C M Y K C M Y K C M Y K cerudik

If you can't read please download the document

Post on 07-Mar-2021

1 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • RAKYAT POS Dari Rakyat Untuk RakyatRakyat Pos online: KLIK www.rakyatpos.com HARGA Rp. 3.000,-EDISI 4379, TAHUN XV RABU, 6 MARET 2019

    C M

    Y K

    C M

    Y K

    C M

    Y K

    C M

    Y K

    cerudik

    Gubernur Perbolehkan Tambang di Parit 6 Semoga kebijakannya tidak tambah persoalan baru

    Bayar Pajak Kendaraan Cukup 2 Menit Antrian 2 jam

    ke Hal 11 Kol 1

    ke Hal 11 Kol 5

    SUNGAILIAT - Kecelakaan beruntun terjadi di simpang empat lampu merah Jalan Sudirman Sungailiat, Selasa (5/3/2019).

    Truk tronton bermuatan besi mengalami rem blong pas turun tanjakan menabrak tiga

    Peleburan PT Timah Muntok Didemo Warga

    Dilarang Ambil Limbah Wasre di Pantai Dikejar Petugas dan Tembakan Peringatan

    Karena itu, tegas Erzaldi, izin yang diberikan bukan sekedar izin untuk menambang, tetapi penambang wajib melakukan

    PANGKALPINANG – Untuk ketiga kalinya, Caleg DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel) dari Partai Demokrat nomor urut 2, Endang Kusu- mawaty mangkir dari panggilan Bawaslu Babel. Pemanggilan tersebut, terkait dugaan pelang- garan pemilu lantaran membe- rangkatkan 17 warga untuk ibadah umroh.

    Sebelumnya, pemanggilan

    pertama dilayangkan Bawaslu pada Jumat (1/3/2019) lalu, caleg yang akrab dipanggil ‘ibu kite’ saat maju sebagai calon wali kota dulu berhalangan hadir karena alasan berada di luar daerah (Bandung-red).

    Kemudian panggilan kedua tertanggal Senin (4/3/2019), Endang juga tidak dapat hadir dengan alasan keterlambatan j a d w a l ke Hal 11 Kol 5

    MUNTOK - Puluhan masyarakat Muntok yang kese- hariannya mencari biji timah di kawasan pembuangan limbah peleburan PT Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat, ra- mai-ramai berorasi di samping gudang Pusat Pengelolaan Biji

    Timah (PPBT) atau Wasre, Selasa (5/3/2019).

    Wanda, Salah satu masyara- kat yang ikut demo mengata- kan kedatangan meraka untuk menuntut keadilan dari PT Timah, dikatakannya setiap mereka ingin mencari biji timah

    selalu di kejar oleh pihak ke- amanan bahkan sampai ada suara tembakan.

    “Kami kan mengambil limbah di pantai ini, kami tidak maling, kalau kami maling itu masuk kedalam (Gudang PPBT-red), hasilnya pun sekarung itu hanya kisaran 2 kilo gram, sedangkan tu pakai mesin

    restorasi lingkungan dengan menanami lahan galian tam- bang dengan sorghum.

    “Sebelumnya lokasi ini eng- gak pernah dapat izin pertam- bangan, setiap hari razia, pagi d i r a z i a

    Di Perhentian Lampu Merah Tiga Orang Pengendara Luka Parah

    ke Hal 11 Kol 1‘Ibu Kite’ Mangkir 3 Kali Panggilan Bawaslu

    Kirim Surat Sakit Tahun 2018

    Caleg DPR RI Partai Demo- krat nomor urut 2 daerah pemi- lihan Bangka Belitung yang memberangkatkan 17 warga Babel umroh, menjadi infor- masi awal bagi Bawaslu Babel.

    Namun, Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan menyebut-

    Gubernur Perbolehkan Tambang di Parit 6 Ditertibkan juga Gak Selesaikan Masalah Selesai Nambang Tutup, Tanami Shorgum

    TIDAK TERBIT Mengikuti jadwal hari libur nasional dan cuti bersama keagamaan

    dalam perayaan Nyepi tahun 2019, Harian Pagi Rakyat Pos tidak terbit pada hari Kamis (07/03/2019). Kami akan kembali hadir ke hadapan pembaca pada Jumat (08/03/2019). Kami dari Redaksi mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi kepada pembaca dan mitra yang merayakan..

    Redaksi

    PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Ros- man, memberikan izin penam- bangan timah di kawasan Parit Enam, yang dekat dengan ban- dara Depati Amir.

    Menurutnya, selama ini pe- nambang kucing-kucingan de- ngan aparat melakukan akti- vitas pertambangan dilokasi tersebut.

    Diduga Rem Blong

    Tronton Tabrak 3 Mobil dan Motor

    Umroh Bukan Termasuk Bahan Kampanye

    kan, mengajak dan membe- rangkatkan umroh, bukanlah bahan kampanye.

    Adapun 12 item bahan kampanye kata Edi yakni, elebaran (flyer); brosur (leaf- let); pamflet; poster; stiker; p a k a i a n ;

    Puluhan warga berorasi di samping gudang Pusat Pengelolaan Biji Timah (PPBT) atau Wasre PT Timah Muntok Kabupaten Bangka Barat, Selasa (5/3/2019). Kedatangan mereka buntut kerap mendapat perlakuan tidak mengenakkan dari pengamanan PT Timah ketika mencari biji timah di pinggir pantai dekat pabrik peleburan PT Timah. (foto:Hendra Irawan)

    SURAT SAKIT - Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan, menunjukkan surat sakit yang ada kejanggalan dikirim Caleg DPR RI Endang Kusumawaty terkait alasannya tidak dapat memenuhi panggilan ketiga dari Bawaslu Babel. (foto: Roni Bayu)

    Gubernur Babel, Erzaldi Roesman Djohan, disela-sela acara penanaman sorghum di lahan eks tambang Parit 6 Pangkalpinang, Selasa (5/3/2019). (foto: Nurul Kurniasih)

    Insiden lakalantas truk tronton bermuatan besi yang mengalami rem blong menabrak sejumlah kendaran mobil dan motor saat perhentian lampu merah Jalan Sudirman Sungailiat, Selasa (5/3/ 2019). (foto: Zuesty)

    ke Hal 11 Kol 5

  • Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan Fo- rum Komunikasi Pemangku Kepentingan Pariwisata dalam Pembangunan Kepariwisataan Daerah, di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Selasa (5/3/ 2019).

    Kepala Disbudpar Babel diwa- kili Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kelembagaan Pariwisata, Darnis Rachmiyati mengatakan bahwa forum tersebut menjadi media komunikasi para pemangku kepentingan dengan pemerintah.

    “Forum ini bukan hanya sekedar memberikan penge- tahuan terkait sertifikasi usaha hotel, tapi juga untuk menjem- batani pemangku kepentingan pariwisata, khususnya pengusaha hotel dengan pemerintah,” kata Darnis saat membuka acara.

    Dia mengatakan bahwa kua- litas pelayanan hotel memiliki

    Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Pariwisata dalam Pembangunan Kepariwisataan Daerah, di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Selasa (5/3/2019). (foto: istimewa)

    2 Berita Kota RAKYAT POS - Rabu, 6 Maret 2019

    Pemprov Babel Siap Hibahkan Rp 5 M untuk YPAC

    P A N G K A L P I N A N G - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Ros- man akan menghibahkan ang- garan sebesar Rp 5 miliar untuk pembangunan gedung Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Pangkalpinang.

    “Hibah Rp 5 miliar untuk pembangunan YPAC, biar selesai, mudah-mudahan bisa lebih baik dan nyaman lagi dalam membina anak-anak kita yang berkebutuhan khusus,” ujar Erzaldi pada perayaan HUT

    YPAC ke-64 yang dilaksanakan di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Selasa (5/3/2019).

    Dia berharap perhatian pemerintah dapat memberikan dukungan kepada anak hebat yang berada di naungan YPAC Pangkalpinang untuk terus mendapatkan pendidikan.

    Sementara itu, Ketua Pem- bina YPAC Pangkalpinang, Andi Fikri menambahkan sela- ma 64 tahun, YPAC terus berbenah dan mengevaluasi kegiatan serta pembelajaran

    Gubernur Babel Erzaldi bersama istri dan sejumlah pejabat bersama siswa dan guru YPAC Pangkalpinang saat peringatan HUT YPAC ke-64 (foto: Nurul Kurniasih)

    yang telah dilaksanakan agar kedepan semakin meningkat.

    “Banyak kegiatan yang telah diraih dan pada HUT ini dan kami selalu melakukan evaluasi, kali ini kami bangga dan terharu bisa digelar di gedung mahligai ini,” kata Andi.

    Dalam acara peringatan HUT ini, diisi dengan kreasi seni dan hasil karya dari anak- anak YPAC, mulai dari baca puisi, musik perkusi, fashion show, hafalan asmaul husna yang dibawakan penyandang tunalaras Raid Zakwan Sihap dan Liani dengan kue hasil buatannya serta kegiatan lainnya.

    Sementara itu, Raid Zakwan yang merupakan siswa kelas lima dalam kesempatan itu mengaku sangat tertarik di bidang IT. Dia menyebutkan suka menonton video yang ada Youtube terutama berbagai macam permainan anak.

    “Raid ini sangat aktif, kalau bicara sering spontan tapi pinter kalau diajak bicara, cuma aktifnya yang luar biasa, ia hobi IT, desain spanduk HUT YPAC juga dia yang desain, suka photoshop juga,” jelas salah seorang guru.

    Dia menambahkan, bocah berusia 11 tahun ini bercita ingin membuat bumi sendiri. Raid yang tinggal di Desa Terak ini, di rumahnya juga sudah dilatih menggunakan komputer.

    Tak hanya itu, juga ada Liani, siswi berbakat yang sudah pandai membuat kue, melukis dan menari. Liani adalah satu diantara beberapa orang pe- nyandang tunarungu di YPAC. Menurut gurunya, Liani ada- lah anak yang cepat menang- kap pelajaran, pintar dan berbakat.(nov/10)

    34 Calon Tamtama Ikuti Tes Jasmani

    PANGKALPINANG - Sebanyak 34 orang calon pra- jurit Tamtama (catam) mengi- kuti tes kesegaran jasmani di Stadion Depati Amir Pangkal- pinang, Selasa (5/3/2019). Ke- pala Staf Korem (Kasrem) 045/ Garuda Jaya (Gaya), Letkol Inf Uchi Cambayong meninjau langsung ke lokasi tes untuk memberikan support kepada para catam gelombang pertama tahun anggaran 2019 ini.

    Kasrem menuturkan, TKJ tersebut dilaksanakan merupa- kan syarat wajib yang bertujuan untuk mengukur kekuatan ketahanan fisik dan ketangkasan calon pratam prajurit karir, juga untuk mengetahui kemampuan dan kesiapan untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Darat dalam mengemban tugas pokok kedepan yang semakin komplek dan penuh resiko.

    “Kegiatan ini merupakan seleksi. Tentunya, siapa saja yang mendapatkan nilai yang bagus, itu yang lulus dan akan

    dikirim ke Panda (panitia daerah-red) Palembang,” kata Kasrem dalam siaran persnya yang diterima Rakyat Pos, Selasa malam (5/3/2019).

    Untuk itu, dia memberikan dukungan kepada para calon prajurit ini agar mengikuti seleksi ini secara sehat dan tetap menjaga kesehatan badan.

    “Silahkan berkompetisi se- cara sehat sesuai dengan ke- mampuan masing-masing, na- mun jangan lupa untuk meng- utamakan faktor keamanan. Jangan karena terlalu ber- semangat, lupa dengan kondi

View more