manusia dan kebudayaan 1415

Upload: oliviamirzanuswantari

Post on 05-Jan-2016

50 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Manusia dan kebudayaan

TRANSCRIPT

  • Manusia dan Kebudayaan

  • Manusia sebagai makhluk Budaya Mempunyai kemampuan menciptakan: kebaikan, kebenaran, keadilan, dan bertanggung jawab Sebagai makhluk berbudaya manusia mendaya gunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, baik bagi dirinya maupun bagi masyarakat demi kesempurnaan hidupnya .

  • Fungsi Akal dan Budi Bagi Manusia I. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna . -- karena mansia diciptakan Tuhan dibekali dengan akal dan Budi yang tidak dimiliki oleh makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.

  • 2.Akal adalah kemampuan berpikir manusia sebagai kodrat alami yang dimiliki oleh manusia. Berpikir merupakan perbuatan operasional yang mendorong untuk aktif berbuat demi kepentingan dan peningkatan hidup manusia Budi merupakan unsur rohani dalam kebudayaan; Budi diartikan sebagai batin manusia, panduan akal dan perasaan yang dapat menimbang baik dan buruk segala sesuatu .

  • 3.Fungsi akal adalah untuk berpikir, kemampuan berpikir manusia, mengingat kembali apa yang telah diketahui sebagai tugas dasarnya untuk memecahkan masalah dan akhirnya membentuk tingkah laku .

  • Manusia makhluk budaya memiliki kemampuan untuk menciptakan kebaikan, kebenaran, keadilan dan bertanggung jawab.Sebagai makhluk berbudaya manusia dapat mendaya gunakan akal budinya yang halus untuk menciptakan kebahagiaan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat demi untuk kesejahteraan dan kesempurnaan hidupnya .

  • Pengertian Budaya dan Kebudayaan Budaya adalah bentuk jamak dari kata budi dan daya yang berarti Cipta Rasa dan Karsa .

    Kata budaya sebenarnya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal.

  • Culture, yaitu sebagai segala daya dan aktifitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam . Pengertian Budaya atau kebudayaan : 1.E.B.Tylor : budaya adalah suatu keseluruhan komplek yang meliputi pengetahuan, kepercayaan kesenian, dan moral, keilmuan, hukum, adat istiadat, dan kemampuan yang lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai kemampuan masyarakat

  • . 2.R. Linton : Kebudayaan dapat dipandang sebagai konfigurasi tingkah laku yang dipelajari dan hasil tingkah laku yang dipelajari, serta hasil tingkah laku yang dipelajari dimana unsur pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat lainnya.

  • 3.Koencaraningrat : kebudayaan adalah keseluruhan sistim gagasan milik diri manusia dengan belajar . 4. Selo Soemarjan dan Soelaeman soenardi : Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat .5.Herkovit : Kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia .

  • 6. Murdowo : Cultur itu mengenai nilai kerohanian moral, etik, dan estetika yang telah dicapai oleh suatu bangsa.

    Dari pandangan diatas bahwa kebudayaan atau budaya menyangkut keseluruhan aspek kehidupan manusia baik material, maupun non material .

  • Sebagain besar para ahli diatas dipengaruhi oleh teori evolusionisme yaitu : Suatu teori yang mengatakan bahwa kebudayaan itu akan berkembang dari tahapan yang sedehana --- lebih komplek ,.

  • Kebudayaan lama dan asli merupakan puncak kebudayaan diseluruh Indonesia, terhitung sebagai kebudayaan bangsaUsaha kebudayaan harus menuju kearah kemajuan adab, budaya dan persatuan dengan tidak menolak bahan bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkaya kebudayaan bangsa sendiri .

  • -Kebudayaan bangsa adalah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya. Atas dasar kepercayaan bangsa Indonesia tehadap Tuhan Yang maha Esa maka kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia harus benar benar selaras dalam hubungannya dengan Tuhan yang Maha Esa.

  • Kebudayaan Indonesia yang terdiri dari bermacam - macam suku bangsa yang berbeda tetapi setiap kebudayaan mempunyai ciri yang sama secara universal yaitu tanpa membedakan antara faktor rasa, lingkungan alam atau pendidikan .

  • Sifat umum yang berlaku bagi semua budaya adalah : 1.Budaya terwujud dan tersalurkan dari perilaku manusia 2. Budaya telah ada terlebih dahulu dari pada lahirnya suatu generasi tertentu dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutan 3. Budaya di perlukan oleh manusia dan diwujudkannya dalam tingkah lakunya .4.Budaya mencakup aturan aturan yang berisikan kewajiban kewajiban, tindakan - tindakan yang diterima dan ditolak, tindakan yang dilarang dan tindakan yang di ijinkan .

  • Manusia sebagai Pencipta kebudayaan . Suatu kebudayaan merupakan hasil interaksi antara manusia dengan isi alam ini. Manusia memiliki kemampuan daya antara lain akal intelegentia, intuisi, perasaan dan emosi kemauan fantasi dan prilaku . Kebudayaan adalah produk manusia namun manusia adalah produk kebudayaan artinya kebudayaan ada karena ada manusia sebagai penciptanya dan manusia dapat hidup di tengah kebudayaan yang diciptakannya dan kebudayaan akan terus hidup bila ada manusia sebagai pendukungnya.

  • Guna Kebudayaan :

    Kebudayaan memiliki kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan manusia 1.Manusia merupakan makhluk yang berbudaya dengan akal budinya manusia dapat mengembangkan kebudayaannya 2.Manusia hidup tergantung pada kebudayaannya sebagai hasil ciptaannya.

  • 3.Kebudayaan memberikan pedoman, norma aturan bagi manusia dan aturan bagi manusia mengolah lingkungan dengan teknologi hasil ciptaannya yang memiliki kegunaan utama dalam mwelindungi lingkungan alamnya .

  • 4. Kebudayaan memiliki peran sebagai : a. Suatu pedoman hubungan antar manusia atau kelompoknya .bWadah untuk menyalurkan perasan dan kemampuan .c.Sebagai pembimbing kehidupan dan penghidupan manusia d. Pembeda manusia dengan binatang . e.Petunjuk bagaimana manusia harus bertindak dan berperilaku didalam pergaulan .

  • f.Pengaturan agar manusia dapat mengerti bagaimana seharusnya berbuat, bertindak dan menentukan sikapnya jika berhubungan dengan orang lain . g. Sebagai modal dasar pembangunan .

  • Koencara ningrat membagi kebudayaan menjadi tiga bagian : 1.Wujud sebagai suatu komplek dari ide, gagasan nilai nilai, norma dan peraturan Wujud tersebut masih merupakan ide dari kebudayaan yang memilki sifat abstrak tak dapat diraba dan tempatnya ada dialam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan itu hidup .

  • 2.Wujud kebudayaan sebagai suatu komplek, aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat . Wujud ini diberi nama Sistim sosial karena menyangkut tindakan berpola dari manusia itu sendiri. Wujud ini dapat didokumentasikan karena sistim sosial ini mendapat aktivitas manusia, dan berhubungan serta bergaul satu dengan yang lainnya dalam masyarakat .

  • 3.Wujud Kebudayaan sebagai karya manusia : Wujud ini sering pula disebut kebudayaan fisik Contoh pendirian Candi Brobudur .Wujud kebudayaan ini merupakan perwujudan kebudayaan yang bersifat kongkrit dalam bentuk materi .

  • Subtansi (isi) utama kebudayaan merupakan wujud abstrak dari semua macam ide dan gagasan manusia yang bermunculan di masyarakat yang memberi jiwa pada masyarakat itu sendiri baik dalam bentuk berupa : Sistim pengetahuan, Nilai, pandangan hidup, kepercayaan, persepsi dan etos kebudayaan .

  • Sistim Pengetahuan : Sistim pengetahuan yang dimiliki manusia sebagai mahkluk sosial merupakan suatu akumulasi dari perjalanan hidup nya dalam hal berusaha memahami : a. Alam sekitar .b Alam flora dan fauna di daerah tempat tinggal .c. Zat zat bahan mentah dan benda benda dalam lingkungannya, d. Tubuh manusia e. Ruang dan waktu .

  • Untuk memperoleh pengetahuan tersebut diatas maka manusia mempergunakan tiga jalan : Melalui pengalaman dalam kehidupan sosial .Berdasarkan pengalaman yang diperoleh melalui pendidikan formal . Melalui petunjuk yang bersifat simbolik yang sering disebut sebagai komunikasi simbolis .

  • Nilai

    Nilai adalah sesuatu yang baik yang selalu diinginkan, dicita - citakan dan dianggap penting oleh seluruh manusia sebagai anggota masyarakat. Sesuatu ysng memiliki nilai apabila berguna dan berharga., antara lain; nilai kebenaran, nilai keindahan,nilai moral atau etis, Nilai religius/Agama .

  • Yang menentukan nilai di dunia ada 5 dasar :1.Hakekat hidup manusia2 Hakekat karya manusia3.Hkekat waktu manusia4.Hakekat alam manusia5.Hakekat hubungan antar manusia ( Kluchohn )

  • Pandangan Hidup : Merupakan pedoman dari suatu bangsa atau masyarakat dalam menjawab atau mengatasi berbagai masalah yang diadapinya . Pandangan hidup ini mengandung konsep nilai kehidupan yang dicita citakan sehingga pandangan hidup merupakan nilai nilai yang dianut oleh suatu masyarakat yang dipilih secara selektif oleh individu kolompok atau bangsa .

  • KEPERCAYAAN : yang mengandung arti yang luas dari pada agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang maha Esa .Dasar kepercayaan :a.Manusia memiliki naluri untuk menghambakan diri yang dipandang mampu mengendalikan hidup manusia b.Hal ini muncul karena manusia tidak mampu menghadapi tantangan hidup .

  • Persepsi : Suatu titik tolak pemikiran yang tersusun dari seperangkat kata kata yang digunakan untuk memahami kejadian atau gejala dalam kehidupan .a. Persepsi sensorik yaitu persepsi yang terjadi tanpa mempergunakan salah satu indra manusia .b. Persepsi telepati:Untuk mengetahui kegiatan individu lainc.Persepsi clairvoyance : Kemampuan melihat peristiwa atau kejadian ditempat lain .

  • Etos Kebudayaan : berarti watak, ciri khas. Etos sering tampak pada perilaku warga : kegemaran warga masyarakat serta berbagai benda budaya hasil karya mereka dilihat dari luar oleh orang asing . Misak Keb. Batak dilihat oleh orang Jawa sebagai yang agresif

  • -Sistim Budaya :merupakan komponen dari kebudayaan yang bersifat abstrak yang terdiri dari; pikiran , gagasan,konsep,sistim keyakinan. Yang dalam bahasa Indonesia lebih lazim disebut Adat istiadat yang didalamnya mengandung norma yang menata tingkah laku manusia.

  • Sistim Kebudayaan ( Malinowski ) : Sistim norma yng memungkinkan kerjasama anatara anggota masyarakat didalam upaya menguasai alam sekeliling .Organisasi ekonomi Alat alat dan lembaga pendidikan Organisasi kekuatan .

  • Unsur pokok Kebudayaan menurut Herkovit : 1.Alat alat Teknologi 2. Sistim Ekonomi .3. Keluarga 4 kekuasaan politik .

  • Pengelompokan kebudayaan daerah :1.Keb Material : hasil cipta karsa yang berwujud benda . Ex. Gedung, pabrik, jalan dll2.Keb Non Material :hasil cipta karsa yang berwujud kebiasaan adat istiadat, ilmu pengetahuan dsb . Contoh : Norma kelaziman,Norma kesusilaan,Norma hukum,Fashion .

  • Wujud Kebudayaan ditinjau dari segi dimensi : 1 Sistim budaya : Ide ide, gagasan ,nilai nilai peraturan dsb . 2Sistim sosial Merupakan aktivitas yang berpola dari manusia dalam masyarakat /organisasi.3. Sistim kebendaan Wujud kebudayaan fisik atau benda benda yang diciptakan manusia untuk memudahkan hidupnya .

    *