manipulasi foto dengan photoshop

Download Manipulasi Foto Dengan Photoshop

Post on 07-Jul-2015

892 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Manipulasi Foto dengan Photoshop : Efek Asap

Trend manipulasi foto memang tidak ada matinya. Menciptakan fantasi-fantasi menggunakan manipulasi dari foto merupakan kepuasan tersendiri bagi desainer. Selain itu, manipulasi foto membuat desainer berpikir bebas diluar kebiasaan dan standar-standar grafis yang membelenggu ruang imajinasi kreatif para desainer.

Pada tutorial kali ini, saya mencoba untuk mengadaptasikan efek asap (smoke) terhadap sebuah potongan gambar wajah dengan menggunakan Adobe Photoshop. Yup, langsung saja kita masuk ke langkah-langkah pembuatannya. Perlengkapan Tutorial: Gambar BCL Smoke Brushes STEP SATU : Berikan warna gradasi radial pada background dari warna biru tua ke warna hitam.

STEP DUA: Masukkan gambar, sebagai contoh saya menggunakan gambar Bunga Citra Lestari. Gambar dapat ditemukan dilink diatas. Atau bagus juga bila menggunakan gambar sendiri.

STEP TIGA: Dengan menggunakan pen tool (P) buat bentuk seperti gambar dibawah ini.

STEP EMPAT: Buat seleksi berdasarkan bentuk objek yang dibuat dengan pen tool tadi. Caranya, klik kanan (dalam keadaan pen tool aktif) lalu pilih Make Selection. Setelah itu, pada menu bar, pilih select > inverse (Ctrl + Alt + I) untuk menyeleksi kebalikan dari seleksi yang aktif. Kemudian klik layer Bunga Citra Lestari (BCL) lalu tekan tombol Delete di keyboard.

STEP LIMA: Buat layer baru kemudian pilih brushes tool (B). Lihat gambar dibawah untuk mengambil smoke brush yang bisa didownload pada link diatas.

STEP ENAM: Pastikan warna foreground photoshop adalah putih, lalu pilih brushes smoke yang sesuai

kemudian letakkan seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

STEP TUJUH: Kita ingin meload seleksi dari brush ini untuk melakukan cutting pada gambar BCL. Oleh karena itu, ganti brushes ke basic brush kemudian sapukan pada bagian kosong di tengah brushes smoke tadi (masih di layer yang sama).

STEP DELAPAN: Load seleksi dari brushes yang telah dibuat. Caranya, sambil tahan tombol Ctrl di keyboard, klik pada thumbnail layer brushes di bagian palette layer. Setelah seleksi terbentuk, layer

brushes bisa dihapus atau di hide (sembunyikan) karena sudah tidak diperlukan lagi.

STEP SEMBILAN: Pada menu bar, pilih select > Inverse (Ctrl + Alt + I) kemudian tekan tombol delete pada keyboard. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

STEP SEPULUH: Buat layer baru, pilih Brushes Tool (B), kemudian letakkan beberapa buah brushes smoke seperti pada gambar dibawah.

STEP SEBELAS: Hapus sebagian brushes dari wajah dengan menggunakan Erase tool (E).

STEP DUABELAS : Klik layer paling atas, kemudian klik ikon Create new fill or adjustment layer dibagian bawah layer palette lalu pilih Level. Atur nilai pada level seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

STEP TIGABELAS: Buat sebuah layer baru, atur blend mode-nya menjadi color kemudian pilih brush tool (B) dan sapukan warna biru pada bagian gambar(lihat bagian yang tersapu dengan warna biru di bagian Palette layer)

STEP EMPATBELAS: Klik pada layer BCL lalu klik pada ikon Add vector mask dibagian bawah layer palette. Pastikan warna forground adalah hitam. Setelah itu, gunakan Brushes tool untuk merapikan bagian wajah yang terhubung pada asap (Brushes smoke). Hal ini dilakukan untuk membuat wajah menyatu dengan asap.

STEP LIMABELAS: Lakukan hal yang sama seperti pada step empat belas terhadap layer smoke brushes untuk menghapus/merapikan bagian ujung dari asap.

Kita telah selesai sampai pada step ini, tinggal menerapkan beberapa teks untuk finishing akhir.

HASIL AKHIR.. selamat mencoba.. :D

20110602

Tutorial : Manipulasi Foto Konseptual dengan Photoshop

Di dalam tutorial photoshop kali ini, kita akan mencoba untuk membuat sebuah karya konseptual yang berisi muatan pesan. Karya yang tidak hanya bisa dinikmati secara estetis, namun juga bermakna dan menghimbau untuk perubahan. Karya pada tutorial ini bermaksud mengajak untuk mencintai bumi dan berhenti merusaknya. Dan konsep sederhana yang sanggup saya pikirkan adalah mengibaratkan bumi yang kita tinggali sebagai bayi mungil dan tak berdosa, sehingga tidak ada yang tega untuk merusaknya.

Selain belajar mengaplikasikan suatu konsep dalam sebuah karya, saya juga berharap berapa teknis sederhana pada tutorial kali ini mampu menambah wawasan kita semua dalam menggunakan photoshop. Selamat mencoba! :)

Berikut beberapa source gambar yang dipakai di tutorial ini : Antique_Doll_Head Field bird 1 bird 2 Air balloon cloud brushes for photoshop

Dan ini adalah hasil akhirnya :

STEP 1 Buat dokumen baru, ukuran disesuaikan dengan keperluan. Dibagian resolution isi dengan 300 dpi, dan color mode dengan RGB.

STEP 2 Masukkan gambar Antique Doll Head lalu klik ganda pada layer gambar di layer palette untuk mengubah nama layer tersebut menjadi "Boneka".

STEP 3 Gunakan Pen tool (P) untuk melakukan cropping pada gambar, caranya bisa dilihat ditutorial ini.

STEP 4 Masukkan gambar field ke dalam area kerja.

STEP 5 Sekarang kita akan menghapus bagian yang tidak diperlukan dari gambar field tadi. Kita tidak bisa melakukan cropping dengan menggunakan Pen tool karena bentuk gambar yang terlalu rumit. Alternatif

lain adalah dengan menggunakan channel. Pertama-tama, klik pada layer gambar field di layer palette, kemudian masuk ke Channel Palette. Pilih channel mana yang paling kontras warnanya, dalam hal ini channel yang paling kontras adalah channel blue. Pilih channel blue lalu tekan Ctrl + L di keyboard untuk memberikan adjustment levels pada channel tersebut. Fungsi levels disini adalah untuk menambah tingkat kontras antara warna hitam dan putih pada gambar. Atur settingan Levels seperti gambar dibawah ini. Jika kira-kira sudah cukup kontras, klik ok untuk keluar dari jendela levels. Tekan dan tahan tombol Ctrl lalu klik pada thumbnail channel blue di channel palette. Langkah ini akan membentuk seleksi pada warna putih.

STEP 6 Dalam keadaan seleksi aktif, pindah dari channel palette ke layer palette lalu pilih layer gambar field. Tekan tombol Delete di keyboard dan hasilnya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini.

STEP 7 Pilih layer gambar field lalu tekan tombol Ctrl + T di keyboard untuk mengaktifkan Transform tool. Kemudian, klik kanan pada gambar field lalu pilih Warp. Sekarang sudah ada jaring-jaring pada gambar field yang berfungsi untuk membentuk gambar sesuai dengan contour yang diinginkan. Dengan menggunakan fungsi warp, saya mencoba membentuk gambar field sesuai dengan contour bagian kepala dari gambar boneka. Disini, kamu bisa bereksperimen dengan menarik titik-titik pada gambar untuk menghasilkan gambar yang sesuai.

STEP 8 Selanjutnya, kita akan menghapus bagian yang membatasi gambar field dengan gambar boneka untuk membuat keduanya tampak menyatu. Caranya pilih layer gambar field kemudian klik ikon Add Layer Mask, maka akan muncul sebuah thumbnail baru di layer gambar field. Klik thumbnail baru tersebut lalu pastikan warna foreground dokumen photoshop adalah hitam dengan menekan tombol D di keyboard. Selanjutnya, gunakan Brush tool (B) untuk menghapus bagian dari gambar field yang menjadi batas dengan gambar boneka. Prinsip pada layer mask adalah : warna putih kelihatan, sedangkan warna hitam tidak kelihatan.

STEP 9 Sekarang kita akan merapikan gambar field agar terlihat lebih menyatu. Dalam hal ini, saya menghapus beberapa bagian yang ganjil. Dan kita masih tetap menggunakan fungsi layer mask. Cukup buat seleksi untuk bagian yang ingin dihapus (lihat gambar) lalu klik pada thumbnail layer mask di layer gambar field dan warnai seleksi tersebut dengan warna hitam (Alt + Delete jika warna hitam adalah foreground, dan Ctrl + Delete jika warna hitam adalah background).

STEP 10 Ada beberapa bagian yang terlihat terputus dan tidak menyatu. Untuk mengatasinya, gunakan fungsi dari Clone Stamp tool. Clone Stamp tool berfungsi membuat duplikasi gambar dari sample yang diambil. Caranya, pilih Clone Stamp tool, lalu tekan dan tahan tombol Alt di keyboard kemudian klik pada bagian yang ingin dijadikan sample. Jika sudah, lepas tombol Alt lalu klik pada bagian dimana sample tadi ingin digunakan (lihat gambar dibawah)

STEP 11 Pilih layer background, lalu klik icon Add New Layer di layer palette untuk membuat layer baru diatas layer background. Beri nama layer "sky" lalu isi layer tersebut dengan warna biru langit.

STEP 12 Buat sebuah layer lagi diatas layer sky dan beri nama dengan "cloud". Pilih layer cloud dan isi dengan warna putih, lalu pada Menu Bar pilih Filter > Render > Clouds. Maka akan muncul beberapa efek noise seperti asap pada kanvas kerja kamu.

STEP 13 Buat layer mask untuk layer cloud lalu atur warna Gradient (G) menjadi hitam dan putih di Gradient editor (lihat gambar dibawah).

STEP 14 Klik pada thumbnail layer mask di layer cloud, kemudian pilih Gradient tool dan setting mode Gradient menjadi radial. Drag Gradient tool dari tengah ke pinggir kanvas kerja. Jika masih ada beberapa bagian asap di pinggir kanvas yang masih kelihatan, gunakan Brush tool (B) untuk menghapusnya.

STEP 15 Tambahkan beberapa gambar awan dibagian atas. Brush awan dapat di download disini : cloud brushes for photoshop

STEP 16 Tambahkan beberapa objek seperti burung dan balon udara untuk menambah kesan artistik pada karya. Link-link untuk mendownload gambar-gambar ini sudah tersedia di bagian atas artikel.

STEP 17 Sepertinya kita perlu menghapus bagian leher dari boneka. Cukup seleksi bagian yang ingin dihapus menggunakan Pen tool (P).

STEP 18 Pilih layer boneka di layer palette, lalu tekan Ctrl + J untuk menduplikasi layer. Sekarang pilih layer boneka copy hasil duplikasi dan tekan Ctrl + L (Levels). Atur settingan pada jendela Levels seperti gambar

Recommended

View more >