manangement package

Click here to load reader

Post on 08-Aug-2015

82 views

Category:

Engineering

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. MANANGEMENT PACKAGE MENGINSTAL DAN MENGHAPUS APLIKASI MENGGUNAKAN : -APT -APTITUDE -DPKG Erni indriyana X.TKJA Sistem operasi
  2. 2. Apa itu manajemen paket? Manajemen paket adalah kumpulan perangkat lunak untuk mengotomatisasi suatu proses instalasi, perbaikan, konfigurasi, atau menghapus paket perangkat lunak dari sebuah computer dengan cara tertentu
  3. 3. Tujuan Pembaca dapat mengetahui cara install dan remove aplikasi di linux menggunakan perintah apt , dpkg , dan aptitude
  4. 4. Apt
  5. 5. Pengertian APT? Advance PackagingTool (APT) adalah aplikasi berbasis command line yang dapat digunakan untuk menangani urusan instalasi dan un-install paket software berbasis distro debian dan turunannya. Dengan menggunakan perintah apt-get, maka secara otomatis system akan menginstallkan paket aplikasi yang hendak di install.
  6. 6. Menginstal aplikasi menggunakan apt
  7. 7. 1. Masuk sebagai root, lalu ketik command apt-get install vlc lalu enter. Vlc = aplikasi yang Anda ingin instal (bebas)
  8. 8. 2. Setelah di enter muncul bacaan do you want to continue ? Ketik y, lalu enter
  9. 9. 3. Tunggu sampai proses installasi selesai.
  10. 10. 4. Vlc sudah terintsall, cek klik start -> sound & video -> vlc
  11. 11. Menghapus aplikasi menggunakan apt
  12. 12. Dalam menghapus aplikasi ini, ada 2 cara yaitu, bisa menggunakan perintah : apt-get remove nama_aplikasi dan apt-get --purge remove nama_aplikasi Yang membedakan antara memakai purge atau tidak adalah : - purge : melibatkan penghapusan penuh - berkas konfigurasi juga dihapus. - tidak memakai purge, remove biasa : hanya menghapus installannya saja.
  13. 13. 1. Masuk sebagai root, lalu ketik command apt-get remove vlc lalu enter. Dan ada pertanyaan do you want to continue? Ketik y. lalu enter lagi.
  14. 14. 2. Setelah di enter, tunggu sampai muncul tampilan seperti ini, apabila sudah muncul seperti ini, berarti aplikasi sudah berhasil di hapus.
  15. 15. 3. Untuk mengecek klik start -> sound & video -> vlc sudah tidak ada, berati sudah berhasil di hapus / remove.
  16. 16. APTITUDE
  17. 17. Pengertian aptitude? Aptitude adalah aplikasi yang dapat melakukan instalasi, menghapus paket, meng-update repository, meng-upgrade sistem, serta fungsi-fungsi lainnya.
  18. 18. Menginstal aplikasi menggunakan aptitude
  19. 19. 1. Masuk sebagai root, lalu ketik command sudo aptitude install gnumeric lalu enter. gnumeric= aplikasi yang Anda ingin instal (bebas). Dan ada pertanyaan do you want to continue? Ketik y. lalu enter lagi. Tunggu sampai proses selesai.
  20. 20. 2. Aplikasi sudah berhasil di instal. Untuk mengecek klik start -> office - >gnumeric.
  21. 21. Menghapus aplikasi menggunakan aptitude
  22. 22. 1. Masuk sebagai root, lalu ketik command aptitude remove gnumeric lalu enter. Dan ada pertanyaan do you want to continue? Ketik y. lalu enter lagi. Tunggu sampai proses selesai. Lihat pada gambar.
  23. 23. 2. Untuk mengecek klik start -> office -> gnumeric sudah tidak ada, berati sudah berhasil di hapus / remove.
  24. 24. DPKG
  25. 25. Pengertian DPKG? Perintah dpkg merupakan utility berbasis Debian Package Management System yang berfungsi untuk menginstal, meremove, dan memperoleh informasi dari setiap paket.
  26. 26. Menginstall aplikasi menggunakan dpkg
  27. 27. 1. Anda harus download aplikasi berbasis .deb terlebih dahulu.
  28. 28. 1. Anda masuk root, lalu ketik command cd Downloads enter. Untuk melihat aplikasi yang sudah Anda downloads. Lalu ketik command ls enter.
  29. 29. 2. Selanjutnya, ketik command sudo dpkg i nama_aplikasi.deb . Enter. Apabila ada bacaan errors were encountered while processing Anda harus membenarkan packet anda. Caranya? Lihat slide selanjutnya.
  30. 30. 3. Sebelumnya kan ada packet yang error, cara membenarkannya yaitu dengan ketik command sudo apt-get f install lalu enter. Ketika ada bacaan do you want to continue? Ketik y. lalu enter lagi. Lihat pada gambar.
  31. 31. 4. Aplikasi sudah terinstall dengan baik. Untuk mengecheck nya klik start -> internet -> google chrome
  32. 32. Menghapus aplikasi menggunakan dpkg
  33. 33. Dalam menghapus aplikasi melalui perintah dpkg ada dua cara yaitu dengan 'dpkg -r' dan 'dpkg -p' Yang membedakan antara memakai purge atau tidak adalah : dpkg p (purge) : meremove atau meng-uninstall dan juga menghapus seluruh data file dari aplikasi tersebut dpkg r (remove): hanya menghapus installannya saja
  34. 34. 1. Selanjutnya ketik command dpkg l | grep google untuk men search aplikasi yang sudah Anda install sebelumnya, dan ini merupakan langkah awal untuk menghapus aplikasi menggunakan dpkg.
  35. 35. 2. Setelah itu ketik command dpkg r nama_aplikasi lalu enter. Lihat pada gambar
  36. 36. Aplikasi sudah ter hapus. Untuk mengecheck nya klik start -> internet -> google chrome sudah tidak ada, berati sudah berhasil di hapus / remove.
  37. 37. Kesimpulan Untuk DPKG tersendiri, hanya bisa menginstall aplikasi dan mendownload aplikasi dalam bentuk format file .deb. Ketika mencoba mungkin dapat dilakukan pada folder atau lokasi dimana aplikasi itu berada Kemudian untuk proses aptitude remove (nama_aplikasi) setelah diperiksa, hampir sama dengan purge, karena mungkin pada proses ini menyangkut dengan suatu aplikasi cleaner (seperti ccleaner, iobit, dll)
  38. 38. Thank you