makalah gis 002

Download makalah gis 002

Post on 27-Dec-2015

36 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

part 2

TRANSCRIPT

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar BelakangSistem Informasi Geografis adalah Suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data spatial (data geografis, yaitu data yang mengacu pada lokasi geografi) atau sistem informasi yang didesain untuk bekerja dengan data yang berkaitan dengan aspek spatial dimuka bumi. Tidak terlepas dari GIS (Geografis Information System), Web GIS atau sistem informasi georafis berbasis web saat ini merupakan sistem informasi yang menarik untuk dikaji lebih dalam. Hal ini dikarenakan sistem ini mampu menyajikan informasi lokasi secara dinamis. Dengan demikian pengguna dapat melihat peta dengan mudah dan cepat.Dalam makalah ini ada beberapa yang akan dibahas oleh penyusun, yaitu : Apa itu MapServer, Pmapper dan cara penginstalan MapServer di komputer yang telah terinstal banyak Webserver.

1.2 Batasan MasalahPenyusun akan menjelaskan pembatasan masalah atau ruang lingkup pembahasan ini. Ruang lingkup pembahasan ini adalah tidak lepas dari Map Server, Pmapper, cara penginstalan MapServer, Pmapper, cara penginstalan MapServer di komputer yang telah terinstal banyak Webserver.

1.3 Tujuan dan ManfaatTujuan dan manfaat penyusun membuat makalah ini adalah meningkatkan dan memperdalam pengetahuan mengenai sistem informasi geografis dan teknologi pendukung GIS dalam hal internet/Web.

BAB IIPEMBAHASAN

2.1 Sistem Informasi Geografis (SIG) Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah suatu sistem yang dapat menangkap, menyimpan, menganalisis, melakukan query, dan menampilkan data geografis. SIG dapat dibagi menjadi empat komponen (Kang 2002) yaitu :a) Sistem komputer Sistem komputer berupa komputer dan sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan SIG.b) Perangkat lunak SIGPerangkat lunak SIG berupa program dan antarmuka pengguna untuk menjalankan perangkat keras.c) BrainwarePerangkat fikir merujuk pada tujuan, sasaran dan alasan penggunaan SIG.d) InfrastrukturInfrastruktur merujuk pada kebutuhan fisik berhubungan dengan organisasi, administrasi dan lingkungan penggunaan SIG

2.2 Web MappingWeb mapping system adalah sebuah sistem yang digunakan untuk memadukan kekuatan GIS sebagai sebuah alat bantu yang canggih, terutama dalam menangani analisis secara keruangan dengan kekuatan internet sebagai media penyampaian informasi. Setiap objek pada peta digital disimpan sebagai sebuah atau sekumpulan koordinat (Mitchell 2005).

Kelebihan dari web mapping adalah :a) Fitur yang disimpan sebagai layer yang nyata pada sebuah file di komputer, dapat mengubah sebuah peta tanpa memulai dari awal.b) Peta yang interaktif mengizinkan pengguna untuk melihat area atau wilayah yang diinginkan.c) Pembuat peta tidak memiliki taksiran tentang informasi yang pengguna inginkan untuk melihatnya tetapi dia dapat membuat kemungkinan untuk pembaca dalam memilih informasi.d) Pembuat peta dijital dapat memfokuskan bagaimana menampilkan informasi terbaik, daripada memfokuskan secara rinci suatu area/wilayah di dunia pada sebuah peta.

2.3 Mapserver dan PmapperMapserver merupakan aplikasi opensource yang digunakan untuk menampilkan data spasial atau peta melalui web. Aplikasi Mapserver dapat mengolah data SIG dalam format raster maupun vektor. Format raster seperti TIFF/GeoTIFF, EPPL7 dan berbagai format data raster lain dapat diolah dengan menggunakan pustaka GDAL. Di sisi lain, format vektor seperti shapefile (ESRI), ArcSDE (ESRI), PostGIS, dan berbagai format data vektor dapat digunakan pustaka OGR (Kropla 2007).Mapscript merupakan interface dari Mapserver. Mapscript menyediakan tools yang dapat memudahkan pengembang untuk menambahkan fungsi yang diperlukan sistem. Penggunaan mapscript dimaksudkan untuk membuat gambar peta menjadi lebih dinamis. Mapscript mendukung beberapa bahasa pemrograman web yaitu PHP, Perl, Phyton dan Java.

Sebuah aplikasi Mapserver sederhana mempunyai komponen sebagai berikut:a) Mapfile Adalah file yang menyimpan berbagai konfigurasi untuk menggambarkan data spasial dan atribut dari shapefile ke dalam bentuk halaman web (Mitchell 2005). Mapfile mendefinisikan sekumpulan objek peta sekaligus membedakan bentuk dan sifat peta yang akan ditampilkan pada browser. Walaupun data geografisnya sama, aplikasi yang menggunakan mapfile berbeda dapat menampilkan peta yang berbeda pula, sesuai hasil interaksi dengan pengguna (Kropla 2005). Mapserver dapat menggunakan banyak jenis sumber data geografis. Default formatnya adalah ESRI shapefile.

b) Halaman HTMLAdalah interface antara user (pengguna) dan Mapserver. Pada umumnya berdiri pada web root. Dalam bentuk yang sederhana, Mapserver digunakan untuk menempatkan sebuah gambar peta statis pada halaman web. Untuk membuat peta yang interaktif, gambar ditempatkan pada sebuah bentuk HTML.

Aplikasi sederhana terdiri dari dua halaman html antara lain :a) Mapserver CGI, adalah file biner dan executable yang menerima permintaan dan mengembalikan gambar dan data.b) HTTP Server, sebuah sistem yang menyajikan halaman HTML ketika diakses oleh pengguna browser.Pmapper adalah framework yang menyediakan fungsi yang besar serta multiple konfigurasi untuk mengatur fasilitas pada aplikasi Mapserver yang didasarkan pada PHP/MapScript. Pmapper dibangun dengan bahasa PHP dan JavaScript. Fungsi yang termasuk di dalamnya antara lain :a) DHTML (DOM) zoom/pan, didukung browser: Mozilla/Firefox 1.+/Netscape 6.1+, IE 5/6, Opera 6.+, Konqueror 3.+ .b) Pan/zoom dengan mouse, keyboard, slider, dan reference map.c) Fungsi query (identity, select, search).d) Hasil query ditampilkan dengan menggabungkan basis data dan hyperlinks.e) Fungsi print dalam format HTML dan PDF.f) Konfigurasi pada beberapa fungsi, tingkah laku dan tampilan menggunakan INI file.g) HTML legends.h) Berbagai macam model untuk tampilan legenda dan tabel.i) Penggunaan banyak bahasa interface (yaitu: English, German, Italian, French, dan Swedish).j) Aplikasi Pmapper ini telah diuji pada Mapserver versi 4.0 sampai 4.8 dengan sistem operasi Windows, Linux, dan MAC OSX. Aplikasi ini mendukung format data raster dan vektor. Format data vektor adalah shapefile dan data raster adalah JPEG, TIFF, dan ECW.

2.4 Struktur Data SpasialDalam kerangka kerja SIG, data secara logika dibagi menjadi dua kategori, yaitu data spasial dan data tekstual (atribut). Data spasial merupakan data yang memiliki informasi lokasi atau data yang bereferensi geografis dan data atribut merupakan data yang memiliki informasi fitur spasial (Kang 2002).Shapefile menyimpan lokasi geografis berupa informasi atribut titik (point), garis (line), dan poligon (polygon). Bentuk geometri yang tersimpan adalah dalam bentuk koordinat vektor. Format ini adalah format yang dikeluarkan oleh Environmental System Resource Institute (ESRI) yang merupakan salah satu vendor SIG terkemuka (Kang 2002). ESRI shapefile terdiri atas :a) Main file (.shp)Merupakan file yang dapat diakses secara langsung dan panjang dari record variabel dalam file mendeskripsikan bentuk verteksnya.b) Index file (.shx)Pada file indeks, tiap record terdiri atas proses cetakan offset yang berhubungan dengan record file utama.c) Tabel dBASE (.dbf)Pada tabel dBASE terdapat fitur atribut dengan record pada setiap fiturnya.

2.5 Instalasi MapServer dan PmapperIntuk menginstal applikasi web GIS Mapserver dan Pmapper terlebih dahulu harus dipersiapkan file-file program, yang sebelumnya telah kami peroleh dari site resminya http://www.maptools.org/. berikut adalah gambar file-file program yang akan diinstall :

Gambar. File program mapserver dan pmapper.

Berikut adalah langkah instalasi Apache MS4W pada komputer yang telah terdapat banyak Webserver.a) Extract file ms4w_3.0.6.zip di direktori C:\ menggunakan WinRar atau Winzip.

Gambar. File program hasil extract apache ms4w.

b) Jika dalam satu komputer sudah terdapat Webserver yang terinstal seperti IIS, Apache dan Nginx, maka untuk menanggulangi agar tidak ada bentrok/crash pada masing-masing port, maka perlu disett pengaturan dari masing-masing konfigurasi Webserver.c) Didalam komputer ini sudah terdapat Webserver IIS dengan port 80, Apache dengan port 8000 dan untuk Apache MS4W akan kita instal dengan port 800.d) Berikut adalah file konfigurasi yang harus dirubah untuk Apache MS4W :C:\ms4w\Apache\conf\httpd.confBuka dengan editor text/Notepad dan ganti 80 menjadi 800 dengan cara menekan Ctrl-H.C:\ms4w\Apache\conf\extra\httpd-ssl.confBuka dengan editor text/Notepad dan ganti 443 menjadi 4433 dengan cara menekan Ctrl-H.C:\ms4w\Apache\conf\original\httpd.confBuka dengan editor text/Notepad dan ganti 80 menjadi 800 dengan cara menekan Ctrl-H.C:\ms4w\Apache\conf\original\extra\httpd-ssl.confBuka dengan editor text/Notepad dan ganti 443 menjadi 4433 dengan cara menekan Ctrl-H.e) Setelah konfigurasi telah dirubah, langkah selanjutnya adalah menginstal Apache MS4W dengan cara mengklik dua kali fileC:\ms4w\apache-install.batTetapi untuk menghidari kegagalan eksekusi httpd.exe, rubah/tambahkan sedikit sintaks berikut cd /D %~dp0 di awal baris program :@ECHO OFFcd /D %~dp0dan sintaks pause di akhir baris program untuk melihat informasi eksekusi :pause:ALL_DONEf) Setelah diinstal maka akan tampil pesan error, tapi abaikan saja karena proses install service telah berhasil.

Gambar. Instalasi service apache ms4w.

g) Untuk melihat hasil installasi service Apache MS4W, buka Run dan ketik services.msc.

Gambar. Run program.

Gambar. Service apache ms4w pada windows.

h) Berikut adalah tampilan uji coba mengakses semua Webserver dengan port yang berbeda-beda.

Gambar. IIS dengan port 80.

Gambar. Apache ms4w dengan port 800.

Gambar. Apache dengan port 8000.

Berikut adalah langkah instalasi Pmapper MS4W pada komputer yang telah diinstal Apache MS4W.a) Extract file pmapper-4.3.2-ms4w.zip di direktori C:\ menggunakan WinRar atau Winzip.b) Maka secara langsung pmapper akan terinstal d