maintenance new

Download Maintenance New

Post on 12-Nov-2015

42 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

mesin

TRANSCRIPT

  • Selamat Datang

    IntroductionMaintenance ManagementMaintenance ProgramsPlanning and SchedulingSTM-01 Page : 3 of 125

  • MANAJEMEN dan SISTEM PERAWATAN

    Dalam era globalisasi saat ini, Manajemen Perawatan (Maintenance Management) telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, setara dengan disiplin ilmu manajemen lainnya. pesatnya perubahan ini disebabkan oleh cepatnya pertumbuhan aset fisik (seperti fasilitas perusahaan, pabrik, permesinan, peralatan, instalasi, konstruksi serta sarana lainnya) yang harus dirawat. dengan semakin kompleksnya desain aset dan standard performance-nya, maka diperlukan teknik dan manajemen maintenance yang lebih baik, sehingga cara pandang yang lebih proposional tentang peran dan tanggungjawab fungsi maintenance dapat memberikan paradigma baru bahwa : - Tumbuhnya kesadaran bahwa kerusakan peralatan / mesin akan mempengaruhi keselamatan dan kerusakan lingkungan. - Tumbuhnya kesadaran bahwa prestasi maintenance akan berpengaruh pada kelancaran proses produksi dan kualitas produk.

  • - Semakin tingginya tuntutan untuk meningkatkan ketersediaan / kesiapan peralatan, mesin (equipment availability) dan dapat menekan biaya perawatan (maintenance cost).

    Untuk menghadapi kompleksitas dan intensitas tantangan di bidang perawatan yang semakin berat, perusahaan atau organisasi dituntut tumbuh kreatif untuk melakukan berbagai perencanaan dan tindakan perawatan terencana (planned maintenance) yang mampu menciptakan sinergi serta memberi kontribusi optimal bagi ketersedian maupun kesiapan aset (equipment availability) yang dapat diandalkan. Dalam konteks inilah, kehadiran manajemen perawatan (maintenance management) dapat dipandang sebagai fungsi pendukung untuk membantu organisasi dalam menjawab tantangan di bidang perawatan fasilitas perusahaan.

  • Tujuan :

    Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan :1. Melakukan perencanaan program perawatan peralatan secara benar.2. Melaksanakan audit sumber daya alat yang akan dirawat secara efektif dan efisien.3. Merancang, memilih sistem dan strategi perawatan, serta dapat menerapkannya di lapangan kerja.4. Mampu melaksanakan pengawasan dan pengendalian pekerjaan perawatan secara profesional.

  • Pengertian Manajemen Perawatan Manajemen perawatan adalah pengorganisasian operasi perawatan untuk memberikan pandangan umum mengenai perawatan fasilitas industri. Dasar pemikiran yang sehat dan logis adalah suatu persyaratan terbaik dalam mengorganisasi kegiatan perawatan. pengorganisasian ini mencakup penerapan dari metode manajemen dan memerlukan perhatian yang sistematis. Hal ini merupakan pekerjaan yang harus dipertimbangkan secara sungguh-sungguh dalam mengatur semua perlengkapan, peralatan, material, tenaga kerja, biaya, teknik atau tata cara yang diterapkan dan waktu pelaksanaan perawatan. Dengan mengetahui akan tujuan dan sistem manajemen yang diterapkan, kita dapat mengatasi masalah, mengambil tindakan serta mengerti dengan jelas tentang problema yang perlu diselesaikan.

  • Peran Manajemen Perawatan

    Pentingnya peran manajemen perawatan merupakan faktor yang dominan dalam banyak industri. dalam beberapa tahun belakangan ini, filosofis umum tentang manajemen industri telah berkembng ke arah spesialisasi yang semakin diperlukan.Tujuan pembangunan dan menjalankan suatu industri adalah untuk mendapatkan keuntungan. industri tidak hanya harus memproduksi barang-barang yang dapat dijual, tetapi juga harus dapat menandingi persaingan di pasaran. dalam hal ini perlu diperhatikan juga bahwa barang atau produk tersebut harus :- Baik kualitasnya ( quality )- Pantas harganya ( price )- Diproduksi dan diserahkan kepada konsumen dalam waktu yang cepat (delivery).

  • Untuk mendukung kesiapan pabrik dan keandalannya, maka perawatan yang terprogram perlu direncanakan.

  • Pembentukan Organisasi Bagian PerawatanDalam pengembangan suatu organisasi pekerjaan perawatan, perlu diselaraskan secara tepat antara faktor-faktor keteknikan, geografis dan situasi personil yang mendukung. Beberapa konsep dasar dapat diterapkan dalam memantapkan suatu organisasi sehingga semua aktivitas dapat berjalan efektif. Di samping itu, berbagai faktor yang menyangkut masalah lokal harus dipertimbangkan dalam mengembangkan organisasi yang baik. Hal khusus yang penting diperhatikan adalah bahwa struktur organisasi yang telah terbentuk tidak menimbulkan hubungan birokrasi semu, sehingga tidak menghambat kelancaran tugas di departemen. Tidak kalah pentingnya adalah adanya hubungan nyata dan bersifat formal yang secara jelas membatasi wewenang serta tanggung jawab.

  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan departemen perawatanMasalah lokal juga dapat mempengaruhi pembentukan organisasi departemen perawatan. beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan adalah :a. Jenis pekerjaanb. Kesinambungan pekerjaanc. Situasi geografisd. Ukuran pabrike. Ruang lingkup bidang perawatan pabrikf. Keterandalan tenaga kerja yang terlatih

  • Dasar-dasar Organisasi Bagian Perawatan

    Beberapa konsep dasar organisasi departemen perawatan yang baik adalah:a. adanya pembatasan wewenang yang jelas dan layak untuk menghindari terjadinya tumpang tindih (over lap) dalam kekuasaan.b. hubungan vertikal antara atasan dan bawahan yang menyangkut masalah wewenang dan tanggung jawab dibuat sedekat mungkin.c. menentukan jumlah optimum pekerja yang ditangani oleh seorang pengawas.d. susunan personil yang tepat dalam organisasi.

    Perencanaan Tugas Perawatan

    Faktor penunjang pada sistem perawatan yang direncanakan :- apa yang harus dirawat?- bagaimana cara merawat?- kapan perawatan dilakukan ?

    -

  • Inventaris FasilitasInventaris adalah suatu daftar semua fasilitas yang ada di seluruh bagian, termasuk gedung dan isinya. inventarisasi dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal terhadap semua fasilitas yang dimiliki industri. Hal yang mendasar dalam perencanaan adalah menentukan dimana peralatan-peralatan itu harus ditempatkan sehubungan dengan fungsinya dalam pekerjaan. untuk pelaksanaan kerja yang baik, perlu didukung adanya informasi mengenai sarana yang dibutuhkan. Dalam hal ini, perlu adanya sistem inventarisasi perlengkapan yang baik. Daftar dari setiap peralatan dan bagian-bagiannya perlu diberi tanda pengenal dan ditempatkan dengan jelas di lokasinya masing-masing. Adanya inventarisasi yang baik dapat memberikan informasi tentang keadaan peralatan yang sebenarnya, sehingga hal ini akan membantu pelaksanaan program produksi.

  • Spesifikasi Pekerjaan PerawatanSpesifikasi pekerjaan adalah suatu keterangan mengenai pekerjaan yang akan dilakukan. Penentuan spesifikasi ini sangat penting untuk elemen-elemen mesin yang memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya, di mana membutuhkan cara kerja yang lebih teliti dan komplek. Dalam melaksanakan pekerjaan perawatan tersebut perlu mengikuti prosedur yang diberikan oleh pembuat mesin dan perlu memperhatikan adanya toleransi-toleransi yang telah ditetapkan. Berikut adalah ilustrasi yang menunjukkan spesifikasi pekerjaan dalam daftar rencana perawatan untuk mesin diesel penggerak generator listrik.

    Program Perawatan TerencanaProgram perawatan adalah suatu daftar lokasi setiap pekerjaan perawatan berikut dengan penentuan waktu pelaksanaannya masing-masing.

  • Perencanaan Waktu PerawatanProgram perawatan dapat berjalan dengan adanya faktor-faktor yang menunjang seperti: metode, material, alat perkakas, suku cadang, pelaksana dan frekuensi perawatan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, waktu pelaksanaan perawatan perlu ditentukan frekuensinya menurut keperluan setiap peralatan. Pelayanan perawatan pada masing-masing peralatan perlu diseimbangkan, tidak terlalu kurang dan tidak terlalu lebih. terlalu kurangnya perawatan (under maintained) dapat mengakibatkan timbulnya kerusakan yang lebih awal, sedangkan terlalu banyaknya perawatan (over maintained) dapat menimbulkan pekerjaan-pekerjaan yang tidak diperlukan sehingga terjadi pemborosan.

  • Dasar-dasar biaya perawatan

    Besarnya biaya perawatan akan berpengaruh terhadap kesiapan fasilitas (equipment availability). Sebaliknya, kesiapan fasilitas yang akan dicapai dipengaruhi juga oleh timbulnya biaya yang disediakan.

  • Hal-hal yang menimbulkan biaya perawatan:- biaya pembelian material dan peralatan- biaya penyewaan atau pembelian peralatan bantu- upah tenaga kerja- biaya sub kontrak- biaya transportasi- overhead administrasi- fee atau laba dan kontigensi atau allowance

    Kualitas perkiraan biaya perawatan:- tersedianya data atau informasi- teknik atau metode yang digunakan- kecakapan dan pengalaman estimator- tujuan pemakaian perkiraan biaya

  • Estimasi Biaya

    Estimasi biaya memegang peranan penting dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaan perawatan dan memiliki fungsi dengan spektrum yang amat luas, yaitu merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan sumber daya seperti material, tenaga kerja, bentuk penanganan maupun waktu. Estimasi biaya dibedakan dari anggaran, dalam hal perkiraan biaya terbatas pada tabulasi biaya yang diperlukan untuk suatu kegiatan kerja tertentu atau keseluruhan. Sedangkan anggaran merupakan perencanaan terinci perkiraan biaya, bagian paket kerja atau keseluruhan yang dikaitkan dengan waktu (time-phased). definisi perkiraan biaya menurut National Estimating Society-USA adalah sebagai berikut :Estimasi biaya adalah seni memperkirakan kemungkinan jumlah biaya yang diperlukan untuk suatu kegiatan yang didasarkan pada data atau informasi yang tersedia pada waktu itu.

  • Aktivitas Pekerjaan PerawatanPerawatan adalah suatu konsepsi dari semua aktivitas yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan kualitas peralatan agar tetap dapat berfungsi dengan baik seperti dalam kondisi sebelumnya.Istilah perawatan dapat diartikan sebagai peke