maintanance & inventory management system

Click here to load reader

Post on 26-Jul-2015

88 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Maintanance & Inventory Management System Pada Main Engine Dengan Microsoft Access Dan Visual BasicBidang Studi Marine Machinery and System (MMS)Nama NRP : Novan Ardyansyah : 4208 100 604

JURUSAN TEKNIK SISTEM PERKAPALAN FTK

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

SURABAYA 2011

PENDAHULUANLATAR BELAKANGPenggunaan motor diesel ini merupakan investasi yang cukup besar nilainya. Di industri perkapalan khususnya kapal niaga (merchant ship), motor diesel masih paling sering digunakan sebagai penggerak utama kapal dengan berbagai variasi merk motor diesel yang digunakan. Pada skripsi saya ini yang berjudul Maintanance & Inventory Management System Pada Main Engine Dengan Microsoft Access Dan Visual Basic akan membantu menyelesaikan masalah masalah yang terjadi pada main engine kapal. Dengan memberikan informasi berupa database yang mungkin terjadi pada main engine dengan berbagai merk main engine dan buku literatur sebagai sumber informasi.

PENDAHULUANPERUMUSAN MASALAHTimbulnya permasalahan yang terjadi pada Main Engine yang dapat menghambat kinerja Main Engine. 1. Dibutuhkannya informasi awal yang tepat untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul dengan cepat. 2. Penanganan permasalahan menjadi lebih efisien. 3. Bagaimana mengimplementasikan software agar dapat mengurangi biaya dan waktu untuk proses perawatan dan inventory mesin kapal.

BATASAN MASALAH1. 2. 3. Terbatas hanya pada maintenance dan inventory system mesin kapal. Pengambilan data data maintenance dan inventory mesin kapal secara umum (general). Tidak membahas tentang mesin kapal secara spesifik untuk masing masing jenis atau merk mesin kapal tertentu.

TUJUANMemberikan informasi sebanyak mungkin tentang data base perawatan dan inventory main engine kapal dan permasalahannya. Teknologi tepat guna berupa software dimana menggunakan software microsoft access dan microsoft visual basic.

DASAR TEORIDASAR MESIN DIESEL Mesin diesel secara umum memerlukan sistem pendukung agar dapat beroperasi dengan baik dan tanpa mengalami gangguan yang berarti dan tiap unit bagian mesin harus mendapat perawatan secara simultan dan continue. Pendukung operasional main engine pada kapal. Secara umum sistem pendukung pada mesin tersebut dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu: a) Pelumasan (Lubrication) b) Injeksi Bahan Bakar (Fuel Injection) c) Pendinginan (Cooling) d) Asupan Udara (Air Intake) e) Saluran Buang (Exhaust)

Gambar 1. Sistem pendukung operasional main engine (Paul Dempsey, 2008, p.33).

DASAR TEORIDasar Maintanance dan Inventory Management Maintenance pada main engine merupakan langkah pencegahan sebelum timbulnya permasalahanthere are situations where the backlog waiting for planning gets out of control. Berikut merupakan sedikit pembahasan tentang dasar yang digunakan sebagai langkah maintanance pada mesin kapal menurut Paul Dempsey (Problem solving and Repairing Diesel engine. 2008).

Tabel 1. Causes and Problem solving for Exhaust with Black Smoke.

Tabel 2. Causes and Problem solving for Engine Stopping Automatically.

DASAR TEORIMaintananceUntuk main engine pada umumnya, kepala silinder, torak dan batang penggerak harus direparasi setahun sekali. Sedangkan tabung silinder, poros engkol dan bantalan utama biasanya direparasi setiap dua tahun. Namun, selain itu reparasi harus dilakukan juga dalam keadaan tsb. Dibawah ini: Sesudah dipergunakan cukup lama, pada umumnya terjadi keausan pada permukaan bantalan sehingga daya mesinpun berkurang. Kebocoran gas pembakaran melalui sisi torak terlalu besar sehingga daya mesin berkurang. Pemakaian minyak pelumas terlalu besar. Tekanan minyak pelumas berkurang sehingga proses pelumasan kurang sempurna; besar kemungkinannya hal tersebut disebabkan karena celah bebas antara poros dan bantalannya terlalu besar. Terdapat air didalam minyak pelumas. Gangguan atau kerusakan beberapa bagian mesin yang tidak dapat diatasi tanpa membongkar mesin atau dengan mengadakan perbaikan ringan saja.

DASAR TEORIInventory Management Tujuan inventory management adalah menyediakan persediaan dalam hal ini spare part main engine kapal dengan jumlah dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan.

Microsoft Access Sebagai Maintanance Dan InventoryDatabase Data data yang telah dikumpulkan dan dikelompokkan berdasarkan jenis Maintanance Dan Inventory, disusun dalam bentuk database dengan menggunakan software microsotf access. Penyusunan Maintanance Dan Inventory ke dalam format microsoft acces agar dalam pembuatan software microsoft visual basic dapat dibaca dan diakses oleh microsoft visual basic.

Visual Basic Basic adalah salah suatu developement tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis Microsoft Windows yang merupakan Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman berorientasi objek, Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna dan mudah. Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.

METODOLOGI

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPengumpulan dan Pengolahan Data Data data Maintanance Dan Inventory mesin kapal dari berbagai project guide mesin kapal, merupakan data- data yang telah diambil dari berbagai sumber project guide, buku buku literatur, dan website.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPengumpulan dan Pengolahan Data

Tabel 3. Petunjuk perawatan, Wiranto Aris Munandar; Koichi Tsuda Motor diesel Putaran Tinggi.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPengumpulan dan Pengolahan Data

Tabel 4. Beberapa petunjuk problem Solving untuk masing-masing masalah

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPengumpulan dan Pengolahan DataBerdasarkan aturan klasifikasi jumlah sparepart (inventory) mesin induk minimal yang harus tersedia dikapal didasarkan dari area pelayaran dibagi dua, yaitu A. Pelayaran area tak terbatas B. Pelayaran perairan lokal dan dangkal.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPengumpulan dan Pengolahan DataTabel 5. Spare parts for main engine, BKI Vol III ,edisi 2006.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPengelompokan Jenis Maintanance, Inventory dan Problem solve Pada Engine Dalam pengelompokan jenis maintenance, inventory dan problem solving tersebut, akan dibagi menjadi 9 (sembilan) pokok utama, yaitu : Maintanance Spare part Engine component Engine performance Engine start troubles Exhaust Fuel Lubricating Cooling, dan Turbocharger

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPengelompokan Jenis Maintanance, Inventory dan Problem solve Pada EngineTabel 6. Pengelompokan jenis problem solving

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPembuatan Maintance And Inventory Database Pembuatan database dari data data yang telah dikumpulkan dan dikelompokkan dengan menggunakan software microsotf access. Penyusunan database ke dalam format microsoft acces ini bertujuan untuk memudahkan agar dalam pembuatan software microsoft visual basic dapat dibaca dan diakses oleh microsoft visual basic.

Tabel 7. Pembuatan Maintanance And Inventory Database dengan menggunakan micrsoft access.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPembuatan Maintance And Inventory Database

Tabel 8. Pembuatan Maintanance And Inventory Database dengan menggunakan micrsoft access.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPembuatan Maintance And Inventory Database

Tabel 9. Pembuatan Maintanance And Inventory Database dengan menggunakan micrsoft access.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPembuatan Maintance And Inventory Database

Tabel 10. Pembuatan Inventory Database dengan menggunakan micrsoft access.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANVerifikasi Hasil Maintanance and Inventory Database Pengecekan database yang telah disusun didalam microsoft access dengan project guide, buku buku literatur dan website. Dalam hal ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan yang terjadi dalam pengelompokan jenis maintenance, inventory dan problem dengan jenis permasalahan yang terjadi. Selain itu bertujuan untuk memvalidasi database agar lebih relevan, tepat

sasaran, dan membantu mempercepat pengerjaan software database yang direncanakan.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANPembuatan Software Database Maintanance and Inventory Diagram Alir

Gambar 3. Diagram alur pembuatan software Maintanance & Inventory database

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANMain Window Interface Di main window akan di tampilkan beberapa jenis menu utama Maintanance & Inventory, dan di dalam menu utama tersebut terdapat pilihan jenis Maintanance, trouble & Inventory yang terjadi. Dalam menggunakan software Maintanance & Inventory, user tinggal memilih permasalahan dan kondisi yang terjadi dengan cara meng-klik tombol-tombol yang sudah tersedia.

Gambar 4. Main window Interface

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANMain Window Interface Help Merupakan fasilitas tambahan sebagai petunjuk singkat untuk mengoperasikan software Maintanance & Inventory tersebut Search Merupakan fasilitas tambahan untuk mencari penyelesaian masalah dengan memasukkan kata utama dari permasalahan yang kita hadapi. Home Merupakan tampilan utama dari software Maintanance & Inventory. Menu Merupakan daftar pilihan jenis Maintanance & Inventory yang terjadi.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASANMain Window InterfaceTroubel Shooting Merupakan troubleshooting untuk troubles yang terjadi pada mesin kapal dan langsung ditunjukkan pada bagian mesin tersebut, diantaranya : Diesel Engine Engine Component Troubles Engine Performance Troubles Engine Starts Troubles Exhaust Troubles Fuel Troubles Cooling Troubles, dst.