lombok timur

Click here to load reader

Post on 25-Jan-2017

53 views

Category:

Economy & Finance

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • INFOKESTABLOID

    MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN LOMBOK TIMUR

    TERBIT SETIAP BULAN

    Lombok Timur Juara I Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016

    Masyarakat Lombok Timur Patut berbangga. Pasalnya, capaian pelaksanaan PIN

    Polio 2016 kerjasama dengan masyarakat dusun,

    pemerintah desa, kecamatan sampai kabupaten membuat

    Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat menilai Lombok Timur terbaik dalam

    pelaksanaan PIN Polio, sehingga Lombok Timur diberikan penghargaan

    sebagai Juara I

    Edisi MEI /VOL- V-Tahun I - 2016

    Bidang P2PL, Infokes

    apak Tilas Pelaksanaan NAgenda Nasional, PIN Polio 2016, teringat suara pengumuman serentak dari setiap c o r o n g m a s j i d , s p e k e r posyandu/pos PIN serta mobil penyuluhan Dinas Kesehatan yang berkeliling menjelang hari H, 18 Maret 2016. Bahkan spanduk PIN Polio di beberapa lokasi sampai saat in i mas ih menjad i p rasas t i , tertempel di rapi di setiap POS PIN. Kesadaran bersama akan

    bahaya Polio yang merupakan p e n y a k i t i n f e k s i y a n g b i a s a menjangkiti anak usia di bawah 5 t ahun , t i dak memi l ik i oba t penyembuh, menjadikan tekad bersama guna mencegahnya dengan imunisasi serentak se Lombok Timur dengan lokasi pencanangan di Sukarara, Kecamatan Sakra Barat yang dihadiri langsung oleh Bupati Lombok Timur.

    K e r j a k e r a s t e r s e b u t membuahkan hasil. Rangkaian kegiatan dari Sosialisasi PIN Polio tingkat Puskesmas, Kecamatan, dan Kabupaten di lanjutkan dengan pembentukan POKJA PIN Polio, Pertemuan Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan PIN Polio, Pawai Budaya dalam rangka Kampanye

    ke Halaman 6

    Mewakili Dinas Kesehatan, L. Sinawang menerima penghargaan dari Kepala Dinas Provinsi NTB.

    ke Halaman 7

    16

    SIRAMAN ROHANI

    TGH.M.KUSYAIRI,M.Pd.IPembina Rubrik Siraman Rohani

    KETUA YAYASAN TGH. UMAR - KELAYU

    ke Halaman 15

    www.dikeslotiminfo.com update setiap minggu

    Kabarkan Informasi & Promosi Layanan Kesehatan

    Instansi AndaKe@mail : infpromkeslotim@gmail.com

    Informasi Pengaduan Layanan & Pengajuan Informasi Keterbukaan Publik (KIP) juga bisa melalui @mail diatas

    EDISI MEIVOL V / Th. 1/ 2016

    INFOKESTABLOID TERBIT SETIAP BULAN

    MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI KESEHATAN LOMBOK TIMUR

    50 Pejabat Eselon di Dinas Kesehatan Tes Kebugaran Jasmani

    Sebanyak 50 orang pejabat di Dinas Kesehatan Lombok

    Timur melakukan pengukuran kebugaran jasmani. Kegiatan ini

    dilaksanakan langsung oleh Dinas Kesehatan Lombok

    Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi

    NTB.

    e g i a t a n t e r s e b u t Kdipusatkan di Lapangan Tugu Pahlawan-Selong, pada 14 Mei 2016 dengan metode rockfort yaitu dengan cara jalan cepat atau joging dengan kecepatan k o n s t a n s e p a n j a n g 1 , 6 k m . Pengukuran Kebugaran Jasmani ini diikuti oleh pejabat eselon di lingkup Dinas Kesehatan, baik yang bertugas di Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas Se-Lombok Timur.

    Kepa la Dinas Keseha tan Lombok Timur, d r. H . Asru l Sani,M.Kes, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini diantaranya untuk mengukur ketahanan jantung dan paru dengan mencatat waktu tempuh peserta yang melakukan joging sepanjang 1,6 km untuk mendapat nilai VO2max.

    Nilai VO2 max atau volume oksigen maksimum adalah volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif.

    Dengan mengukur jumlah

    SIE Kesus, Infokes

    enghormati usia senja Madalah untaian kata yang Infokes hadirkan dalam r u b r i c S i r a m a n R o h a n i i n i . Menghadirkan kutipan dari tulisan dr. Avie Andriani yang mengoreskan apa upaya kesehatan yang harus di abdikan untuk orang tua kita, terutama yang sudah memasuki usia senja.

    Disampaikannya. Dalam merawat orangtua, kita harus mengetahui beberapa hal penting. Mulai dari niat untuk mencar i ker idhoan Allah subhanahu wa ta'ala. Dengan niat yang tulus ikhlas, kita akan melakukan pekerjaan dengan hati yang lapang, sehingga pekerjaan yang beratpun akan terasa ringan.

    Merawat orangtua bukan perkara yang sepele, karena dibutuhkan kesabaran, terlebih lagi jika orangtua kita sakit-sakitan, lemah, atau bahkan

    Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam

    pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu

    mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan

    ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.(QS. Al-Isra' ayat 23)

    Menghormati Usia Senja

  • 15TABLOID INFOKES EDISI MEIVOL V / Th. 1/ 2016

    dari Halaman 16

    Menghormati Usia Senja

    sudah tidak mampu lagi melakukan aktivitas secara mandiri. Kita juga harus berusaha bertutur kata dan bersikap

    lembut. Seseorang yang berusia lanjut sangat rentan terhadap depresi. Mereka mudah bersedih dan stres karena memikirkan sesuatu hal.

    Orang tua sangat membutuhkan suasana yang hangat dan kekeluargaan supaya orangtua kita bahagia dan merasa diperhatikan. Selain itu, ajari anak-anak kita untuk menghormati dan menyayangi orangtua kita.

    Jika orangtua sudah mengalami p e n u r u n a n p e n d e n g a r a n , m a k a hendaknya kita mendekat ket ika berbicara pada mereka, dan bukan dengan berteriak atau bersuara keras. Jangan sesekali membentak mereka, karena hal tersebut akan sangat melukai hati orangtua yang telah bersusah payah mengasuh dan mendidik kita sedari kecil.

    Al lah Subhanahu wa Ta 'a la berrman dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra' ayat 23 (yang artinya): Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia (berbuat syirik) dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

    Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan

    ah dan janganlah kamu membentak mereka dan u c a p k a n l a h k e p a d a mereka perkataan yang mulia.

    Saat tertentu, kita penting menemani orang tua berolahraga bersama. Jika kondisi orangtua memungkinkan, sesekali ajak mereka berolahraga b e r s a m a a n g g o t a keluarga yang lain. Tentu s a j a k i t a h a r u s menyesuaikan dengan kondisi sik orangtua. Tidak perlu berolahraga secara berlebihan, yang p e n t i n g d i l a k u k a n dengan benar dan secara rutin.

    Kita bisa memilih olahraga seperti jalan sehat , jogging, a tau b e r s e p e d a s a n t a i . Berolahraga bersama anak dan cucu tentu akan menambah semangat dalam melakukannya.

    Selain itu, menemani orangtua menjalankan kegiatan kesukaan mereka, juga akan mempenggaruhi kesehatannya. Dukung dan temani orangtua kita untuk melakukan hobinya, seperti misalnya berkebun, menyulam, atau membuat kue.

    Dalam hal makanan, hendaknya kita tahu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi orangtua dan makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi. Dengan begitu, secara tidak langsung kita sudah membantu mereka supaya t idak mengalami kekambuhan penyakitnya.

    Pent ing juga memeriksakan kondisi kesehatan orangtua. Selain itu, dampingi orangtua untuk meminum obat yang diberikan dokter secara teratur.

    Hal penting lainnya adalah Jangan sepelekan keluhan orangtua. Walaupun terkesan sepele, keluhan dan curahan hati mereka pantas untuk kita dengar dan pe rha t ikan . Te ru t ama j i ka m e n y a n g k u t k e l u h a n s e p u t a r kesehatannya. Hal ini mengingat beberapa masalah pada orang berusia lanjut bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

    Apabila orangtua kita hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur, maka kita harus tahu bagaimana caranya m e n g g a n t i p o s i s i m e r e k a (memiringkan, mendudukkan) supaya tidak terjadi ulkus decubitus (luka pada kulit karena terlalu lama berada pada posisi tertentu sehingga mengalami tekanan pada tempat yang sama).

    Hal yang paling penting lagi adalah mengingatkan orangtua untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Kebutuhan spiritual orangtua sangat penting untuk kita perhatikan. Ingatkan mereka untuk mengerjakan sholat dan ajak mereka untuk mengikuti pengajian jika kondisinya memungkinkan. Jika ki ta hendak mengingatkan atau m e n y a m p a i k a n n a s e h a t , m a k a hendaknya dengan cara yang sopan dan halus. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mendo'akan orangtua kita.

    Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bekal bagi kita untuk berbakti pada orangtua. (Wallahualam)

    Dari berbagai sumber sebagaian besar dari Tulisan

    dr. Avie Andira

    Pelindung Penasihat : Kepala Dinias Kesehatan

    Lombok Timur

    Pembina : Sekretaris Dikes Lotim

    Dewan RedaksiKasubag Program & Pelaporan

    Kasubag KeuanganKasubag Umum &

    Kepegawaian Kepala Bidang YankesKepala Bidang KesgaKepala Bidang P2PL

    Kepala Seksi (masing-masing bidang)

    Pemimpin Umum Kepala Bidang Promkes &

    PSDM

    Pemimpin Produksi Kepala Seksi Promkes & PSM

    Adm Tekhnis (Pemred)

    Hamzan Muhammad

    Kontributor : Kerjasama Tim Infpromkes

    Dikes &

    Tim Jurnalisme Adiwiyata Bermitra (Juwiter)

    Lombok Timur

    Layout : Emzet Juwiter

    Distribusi : TU Dikes & Puskesmas

    Bagian Ekspedisi se-Lombok Timur

    CP Redaksi : 085337068142/087863433249

    Kantor RedaksiSekretariat

    Dinas Kesehatan - LotimJln. Ahmad Yani No.100

    Sandubaya - Selong

    REDAKSI TABLOID INFOKES

    DINAS KESEHATAN - LOMBOK TIMUR

    OASE

    2 TABLOID INFOKESEDISI MEIVOL V / Th. 1/ 2016

    embaca dalam kamus belajar Mb i j a k , b u k a n s e b a t a s memegang buku, kemudian menunduk, singkatnya bukan sebatas membaca tulisan. Membaca yang lebih bermanfaat adalah menerapkan berbagai kurikulum dari Allah yang m

View more