lks v er tebrata

Click here to load reader

Post on 17-Aug-2015

53 views

Category:

Education

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. LEMBAR KEGIATAN SISWA Kelompok : ................................. Hari/Tanggal : ................................. Nilai : ................................. Judul : Vertebrata Mata Pelajaran : Biologi Kelas/Semester : X/I Tujuan Pembelajaran 1. Setelah melakukan observasi objek atau gambar, diharapkan peserta didik dapat menjelaskan 3 (tiga) ciri utama hewan vertebrata dengan benar dan teliti. 2. Setelah melakukan studi literature dan observasi diharapkan peserta didik dapat membandingkan kompleksitas ciri hewan-hewan vertebrata dengan benar, teliti dan sesuai dengan data. 3. Setelah mendiskusikan hasil pengamatan ciri hewan vertebrata diharapkan peserta didik mampu menjelaskan dasar pengelompokkan hewan vertebrata dengan benar, teliti dan sesuai dengan data. Petunjuk : 1. Amati berbagai gambar hewan yang ada pada LKS. Tuliskan ciri-ciri yang dapat anda identifikasi dari gambar-gambar tersebut. 2. Cocokkan dan tambahkan data yang anda peroleh dengan literature yang ada, dan kelompokkan hewan-hewan tersebut pada kelompok kelasnya ditabel yang tersedia!
  2. 2. Materi Pendukung VERTEBRATA 1. Ciri Ciri Vertebrata Ciri tubuh meliputi ukuran, bentuk, struktur, dan fungsi tubuh. 1. Semua hewan yang tergolong vertebrata memiliki rangkaian tulang belakang (vertebrae) yang memanjang pada bagian dorsal dari kepala hingga ekor. Rangkaian vertebra yang disebut tulang punggung ini membentuk sumbu kerangka menggantikan notokord. 2. Tulang punggung berfungsi sebagai penyokong tubuh serta melindungi tali saraf. 3. Tubuh terdiri atas kepala, badan, dua pasang anggota badan, dan ekor pada sebagian anggota vertebrata. 4. Kulit tersusun atas dua bagian yaitu epidermis dan dermis dan menghasilkan rambut, sisik, bulu, kelenjar atau horn 5. Terdapat Endoskeleton tersusun dari tulang atau tulang rawan dan Eksoskeleton yang terlihat sangat kuat misal sisik , Plastron dan Karapaks 6. Faring bercelah, yang merupakan tempat insang pada ikan namun pada hewan darat hanya terdapat pada tingkat embrio 7. Otot melekat pada endoskeleton untuk bergerak 8. Sistem pencernaan memiliki kelenjar pencernaan, hati, dan pankreas 9. Jantung beruang 2 hingga 4 10. Darah mengandung sel darah putih dan sel darah merah berhemoglobin 11. Rongga tubuh mengandung sistem viseral 12. Ginjal sepasang dengan saluran untuk mengeluarkan zat sisa 13. Gonad sepasang pada betina dan jantan 14. Habitat hidup diberbagai habitat baik darat dan laut. 2. Klasifikasi vertebrata Vertebrata dibedakan menjadi dua kelompok berdasarkan ada dan tidak adanya rahang. 1. Superkelas Agnatha : kelompok Vertebrata dengan mulut yang tidak berahang 2. Superkelas Gnathostomata : kelompok yang memiliki rahang
  3. 3. Superkelas Agnatha Hewan yang tergolong agnatha berbadan panjang dan ramping seperti belut serta tidak memiliki rahang. Contoh : Cephalospidomorphi (lamprey) - Lamprey hidup diperairan tawar dan laut.Hewan ini mengambil makanan dengan cara mengaitkan mulutnya yang bergigi ke sisi tubuh ikan dan menghisap darahnya.Larvanya memakan partikel di air.Larva lamprey hidup di perairan tawar Mycini (hagfish) - Hagfish hanya hidup di air laut.Hewan ini tidak memiliki tahapan larva.Mulut hagfish tidak bergigi, namun memiliki tentakel peraba. Makanannya adalah ikan mati yang kemudian di hisap darahnya dan cacing laut Superkelas Gnathostomata Hewan ini memiliki rahang bersendi yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah. Hewan ini di golongkan menjadi 5 kelas yaitu : 1. Pisces 2. Amphibia 3. Reptilia 4. Aves 5. Mamalia Pada bagian ini, hanya akan dibahas tentang Superkelas Gnathostomata. 1. Pisces Pisces memiliki habitat di air dengan alat pernafasan berupa insang. Hewan ini mempunyai sirip yang berfungsi untuk menentukan arah gerak di dalam air dan memiliki gurat sisi untuk mengetahui tekanan air. Termasuk hewan berdarah dingin (poikiloterm), yaitu suhu tubuh disesuaikan dengan lingkungan. Pisces berkembang biak dengan bertelur (ovipar). Berdasarkan jenis tulangnya ikan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu : 1) Chondrichthyes atau ikan tulang rawan, contoh : ikan pari, ikan hiu dan ikan cucut. 2) Osteichthyes atau ikan tulang keras, contoh : ikan mas, ikan gurami, ikan tongkol.
  4. 4. 2. Amphibia Amphibia merupakan hewan yang dapat hidup pada dua habitat, yaitu darat dan air, namun tidak semua jenis Amphibia hidup di dua tempat kehidupan. Beberapa jenis katak, salamander, dan caecilian ada yang hanya hidup di air dan ada yang hanya di darat. Namun habitatnya secara keseluruhan dekat dengan air dan tempat yang lembap seperti rawa dan hutan hujan tropis. Hewan ini bernafas dengan insang dan paru-paru dan memiliki suhu badan poikiloterm, berkembang biak dengan bertelur (ovipar) dan pembuahan terjadi di luar tubuh (eksternal). Contoh : katak sawah, salamander, kodok 3. Reptilia Reptilia (dalam bahasa latin, reptil = melata) memiliki kulit bersisik yang terbuat dari zat tanduk (keratin). Sisik berfungsi mencegah kekeringan. Ciri lain yang dimiliki oleh sebagian besar reptil adalah : anggota tubuh berjari lima, bernapas dengan paru-paru, jantung beruang tiga tau empat, menggunakan energi lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya sehingga tergolong hewan poikiloterm, fertilisasi secara internal, menghasilkan telur sehingga tergolong ovipar dengan telur bercangkang. Reptilia mencakup tiga ordo besar yaitu Chelonia atau Testudines (reptilia bercangkang), Squamata atau Lepidosauria (reptilia dengan kulit bersisik) , dan Crocodilia (bangsa buaya). Bangsa kura-kura mempunyai cangkang (perisai) yang keras disebut dengan karapaks (bagian atas) dan plastron (bagian bawah). 4. Aves Aves memiliki suhu badan homoiterm (suhu badan tetap, tidak terpengaruh suhu lingkungan). Memiliki tubuh berbulu melindungi tubuh dan bulu yang membentuk sayap digunakan untuk terbang. Tulangnya berongga sehingga ringan. Berkembang biak secara bertelur (ovipar) dan pembuahan di dalam tubuh. Telur aves bercangkang dan memiliki kuning telur yang besar. Bernafas dengan paru-paru dan memiliki pundi-pundi udara yang membantu pernafasan saat terbang. Contoh : ayam, kasuari, pinguin, bebek, angsa. 5. Mammalia Ciri khas dari mammalia adalah memiliki kelenjar susu. Susu dihasilkan oleh kelenjar (mammae) yang terdapat di daerah perut atau dada. Mammalia disebut juga hewan menyusui karena menyusui anaknya.
  5. 5. Tubuh mammalia tertutup oleh rambut yang berfungsi sebagai insulasi yang memperlambat pertukaran panas dengan lingkungan, segabai indera peraba antara lain pada kumis, sebagai pelindung dari gesekan maupun sinar matahari, sebagai penyamar atau pertahanan untuk melindungi dari mangsa, dan sebagai penciri kelamin. Mammalia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Hewan ini memiliki suhu tubuh homoiterm (suhu tubuh tetap) dan bernafas dengan paru-paru. Mammalia memiliki otak yang lebih berkembang dibandingkan dengan hewan vertebrata yang lain. (http://irfansyahrizqi.blogspot.com/2013/02/pembagian-jenis-hewan-vertebrata-dan.html)
  6. 6. Kelompok 1 - Bitil (amfibi dan reptile) Berilah tanda check list untuk pengelompokkan spesies berikut ! Nama Spesies Gambar Amfibi Reptil ular Katak Iguana salamander komodo
  7. 7. Pertanyaan: 1. Katak dan salamander digolongkan dalam kelompok manakah? Berikan alasan! 2. Ular, iguana, dan komodo termasuk hewan yang terampil menangkap mangsa di air, dan juga hidup didarat? Apakah ketiga spesies tersebut termasuk kelompok amfibi? Berikan pendapatmu! 3. Berdasarkan pengamatan yang telah anda lakukan dan literature yang ada, Buatlah perbedaan ciri kelompok Amfibi dan reptile dalam tabel!
  8. 8. Kelompok 2 - Cesliar (pisces mamalia air) Berilah tanda check list untuk pengelompokkan spesies berikut ! Nama Spesies Gambar Pisces Mammalia chondrichthyes Osteichthyes gurami paus hiu Lumba- lumba pari
  9. 9. Pertanyaan! 1. Gurami dikelompokkan pada kelompok hewan manakah? Berikan alasan! 2. Hiu dan pari digolongkan pada kelompok hewan manakah? Mengapa demikian ! 3. Berdasarkan deskripsi ciri contoh spesies diatas, apa yang membedakan subkelas chondrichthyes dengan subkelas Osteichthyes? 4. Paus dan lumba-lumba digolongkan pada kelompok manakah? Mengapa demikian? 5. Tuliskan minimal 3 perbedaan kelas pisces dengan kelas mammalia air!
  10. 10. Kelompok 3 Vesliter ( Aves mammalia terbang) Berilah tanda check list untuk pengelompokkan spesies berikut ! Nama Spesies Gambar Aves Mammalia merpati kalong Kasuari Kelelawar elang
  11. 11. Pertanyaan : 1. Hewan mana sajakah yang termasuk kelas aves? Mengapa? Jelaskan alasan anda! 2. Kalong dan kelelawar dimasukkan di kelompok kelas apakah? Mengapa demikian! 3. Tuliskan minimal 3 perbedaan kelas aves dengan kelas mammalia terbang!
  12. 12. Kelompok 4 Madar (mammalia darat) Amati gambar spesies mammalia yang masih satu family dibawah ini, tuliskan perbedaan ciri yang dapat anda temukan! Nama Spesies Gambar spesies Perbedaan ciri Kerbau Sapi / Lembu Banteng
  13. 13. Rusa Kijang Pertanyaan: 1. Ciri apa yang membedakan kedua kelompok family tersebut? 2. Ciri apa yang membedakan kelompok mamalia darat dengan mamalia air (paus), maupun mamalia udara / terbang (kelelawar) ? 3. Berdasarkan perbandingan ciri-ciri tersebut, tuliskanlah ciri-ciri mammalia secara umum!