lks bu neti ganjil 2013

56
IKLAN MERUPAKAN SARANA BISNIS Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : IX / II Tema : Iklan Merupakan Sarana Bisnis A. STANDAR KOMPETENSI Mampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam oisan: menuiis iklan baris, mencatat hal-hal periting dari buku yang dibaca, menulis teks humor, -nenulis surat dinas, menulis karya tulis, menyunting teks pidato, ceramah, khotbah, menulis artikel ;jmalistik dan menulis resensi buku. B. KOMPETENSI DASAR Menulis artikel jurnalistik C. INDIKATOR 1. Mampu merancang artikel yang akan ditulis 2. Mampu menuliskan butir pokok-pokok artikel 3. Mampu memperbaiki artikel yang telah ditulis D. MATERI POKOK 1. Artikel tentang lingkungan sekitar sekolah 2. Isi artikel 3. Ejaan dan tata tulis artikel 4. Bahasa ilmiah popular artikel 5. Diksi dan kalimat efektif artikel E. RINGKASAN MATERI PELAJARAN Artikel jurnalistik juga dapat ditulis berdasarkan hal lain, seperti peristiwa, petjalanan, aengalaman, kisah nyata, dan biografi. Artikel jurnalistik dapat juga ditulis oleh masyarakat umum. '•'e^eka yang berminat men jlis artikel jurnalistik dapat mengirimkan tulisannya ke media cetak untuk aiseteksi dan dimuat. Pada pelajaran sebelumnya kamu sudah berlatih mendaftar buti-butir pokok yang akan dijadikan tahan penulisan artikel jurnalistik. Butir-butir pokok merupakan pedoman mengenai hal-hal yang akan diiakukan selanjutnya. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel lengkap, kamu harus terlebih dahulu melakukan peliputan, yaitu mendatangi objek untuk mendapatkan data lewat pengamatan, wawancara, dan studi pustaka. 1 BAB I

Upload: noor281982

Post on 27-Oct-2015

345 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

IKLAN MERUPAKAN SARANA BISNIS

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Iklan Merupakan Sarana Bisnis

A. STANDAR KOMPETENSIMampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam oisan: menuiis iklan baris, mencatat hal-hal periting dari buku yang dibaca, menulis teks humor, -nenulis surat dinas, menulis karya tulis, menyunting teks pidato, ceramah, khotbah, menulis artikel ;jmalistik dan menulis resensi buku.

B. KOMPETENSI DASARMenulis artikel jurnalistik

C. INDIKATOR1. Mampu merancang artikel yang akan ditulis2. Mampu menuliskan butir pokok-pokok artikel3. Mampu memperbaiki artikel yang telah ditulis

D. MATERI POKOK1. Artikel tentang lingkungan sekitar sekolah2. Isi artikel3. Ejaan dan tata tulis artikel4. Bahasa ilmiah popular artikel5. Diksi dan kalimat efektif artikel

E. RINGKASAN MATERI PELAJARANArtikel jurnalistik juga dapat ditulis berdasarkan hal lain, seperti peristiwa,

petjalanan, aengalaman, kisah nyata, dan biografi. Artikel jurnalistik dapat juga ditulis oleh masyarakat umum. '•'e^eka yang berminat men jlis artikel jurnalistik dapat mengirimkan tulisannya ke media cetak untuk aiseteksi dan dimuat.

Pada pelajaran sebelumnya kamu sudah berlatih mendaftar buti-butir pokok yang akan dijadikan tahan penulisan artikel jurnalistik. Butir-butir pokok merupakan pedoman mengenai hal-hal yang akan diiakukan selanjutnya. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel lengkap, kamu harus terlebih dahulu melakukan peliputan, yaitu mendatangi objek untuk mendapatkan data lewat pengamatan, wawancara, dan studi pustaka.

Data yang kamu peroleh lewat peliputan itulah yang kamu jadikan bahan utama untuk menulis artikel. Jika data itu sudah didapatkan, baru kamu dapat menuliskannya menjadi artikel. Jadi, prosesnya berjalan seperti saat kamu melakukan studi banding atau study tour, yaitu berkunjung dan membuat laporan tertulis.

Dengan enam butir pokok yang sudah ditetapkan pada pelajaran sebelumnya di depan, misalnya, diandaikan kamu sudah melakukan tugas peliputan terhadap sebuah sekolah. Maka, contoh hasil penulisan artikelnya daoat menjadi seperti berikut ini.

Bermula dari ide seorang pemuda, SMP swasta ini berdiri. Seorang sarjana pendidikan yang prihatin melihat banyak remaja tidak bersekolah, mengajak beberapa temannya mendirikan taman belajar. Gayung pun bersambut. Lewat ketja sama seadanya antara si saijana dan enam temannya, pada tahun 1986 berdirilah sebuah tempat belajar setingkat SMP yang diberi nama 'Prakarsa Muda'.

1

BAB I

Sejarah dan tujuan pendidikan

Tujuan awal yang mereka patok sederhana saja, yakni menyediakan tempat belajar dengan biaya murah bagi remaja kampong yang tak bersekolah. Mereka tak mencanangkan tujuan muluk-muluk, seperti mencerdaskan bangsa atau meningkatkan sumber daya manusia. Sejalan tujuannya, sekolah ini hingga kini memang berbiaya murah.

Dalam usianya yang ke-19 tahun, sekolah ini masih berdiri kukuh di tempatnya yang semula, saat pertama dibangun. Lokasi.iya cukup ideal untuk kegiatan pendidikan, yaitu jauh dari pusat keramaian, tetapi dekat dengan pemukiman penduduk. Keadaan fisik bangunannya telah berubah: dahulu berupa kayu dan bambu, kini serbatembok dengan sedikit kayu.

Kiprah dan prestasi sekolah ini pun dari waktu ke waktu kian membaik. Dalam lima tahun terakhir, beberapa gelar juara telah diraih. Di antaranya, Juara I Turnamen Sepak Bola Piala Pelajar, Juara II Cerdas Cermat tingkat kabupaten, Juara II Kebersihan dan KErapian Sekolah Hari Lingkungan, dan Juara III Lomba Karya Tulis tingkat kabupaten.

Nama yang kini disandangnya ialah 'SMP Prakarsa Muda', tidak lagi 'Taman Belajar Prakarsa Muda'. "Sudah sejak 14 tahun lalu kami menggunakan nama 'SMP Prakarsa Muda'," kata Warmono Tasrim, si sarjana pendidikan penggagas berdirinya sekolah yang kini menjadi kepala sekolah.

Saat pertama berdiri, siswanya hanya 15 anak, sekarang sudah 590-an anak. Guru dan pegawainya dahulu hanya tujuh orang, kini sudah 30-an orang. Setiap tahun, dalam Sembilan tahun terakhir, sekolah ini juga tidak pernah kekurangan siswa baru (pendaftar), sementara sarjana yang melamar untuk menjadi guru atau pegawai masih sering datang.

Menurut Warmono, sekolah rintisannya ini telah menghasilkan 3.347 lulusan. Sebagian besar alumni dapat meneruskan Ke SLTA negeri. Alumni yang sudah berhasil mendapatkan gelar sarjana, berdasarkan laporan dari perkumpulan alumni, ada 455 orang.

Sejak tahun lalu, SMP Prakarsa Muda juga mulai memberikan beasiswa kepada murid berprestasi tinggi dari keluarga miskin* Dalam dua tahun terakhir sudah ada enam murid yang mendapatkan beasiswa. Rencananya, setiap tiga tahun jumlah penerima beasiswa akan ditingkatkan.

Program itu menjadi keistimewaan lain dari sekolah ini, Di tengah gencarnya sekolah-sekolah lain memasang memasang biaya tinggi dan kurang peduli terhadap keadaan ekonomi siswa, SMP ini masih memberi beasiswa serta memasang biaya yang murah.

2

Letak dan keadaan

Prestasi yang dirahi

Perkembangan masa sekarang

Peranan masa sekarang

Peluang untuk bertahan sebagai lembaga pendidikan, masih terbuka lebar bagi sekolah ini. Tiap tahun jumlah calon siswa baru yang mendaftar terus bertambah. Para orang tua siswa menaruh harapan besar kepada sekolah ini karena, selain berbiaya murah, kualitas pengajarannya juga sudah tergolong baik.

Pada masa depan, menurut Warmono, tantangan beratyang dihadapi seklahnya ialah mencari sumber dana baru untuk membiayai kegiatan operasional. Selama ini, selain dari sumbangan siswa, dana diperoleh dari kegiatan usaha Yayasan Prakarsa Muda.

Yayasan ini memiliki tiga toko alat-alat pelajaran. Secara rutin yayasan ini juga mendapatkan sumbangan dana dari beberapa pengusaha dan tokoh. Rencananya, yayasan akan membuka legi dua toko baru.

Konon, sekolah sejati adalah yang lebih mengutamakan anak- anak yang dididiknya, tidak mementingkan dirinya sendiri. Namun, sekolah seperti ini sekarang sedikit jumlahnya. Dari yang sedikit itu, SMP Prakarsa Muda adalah salah satunya. Sekolah seperti ini pantas dipertahankan dan sekaligus dibela.

TUGAS MANDIRI / LEM BAR KERJA SISWABerlatih menulis artikei jurnalistik seperti berlatih menjadi wartawan. Jika kamu dapat melakukannya, itu akan sangat mengasyikkan. Sekarang, coba kamu lakukan hal-hal berikut ini!1. Bentuklah kelompok yang setiap kelompokny beranggotakan 3-4 siswa!2. Bersama kelompokmu lakukanlah sebuah peliputan! Peliputan mencakup kegiatan

pengamatan, wawancara, dan jika perlu dilengkapi studi pustaka (mempelajari bacaan pendukung).

3. Pilihlah salah satu objek di sekitar sekolahmu untuk diliput! Objek itu dapat berupa sekolah lain, toko, warung makan, pasar, rumah penduduk, dan Iain-lain.

4. Sebelum meliput, tentukan lebih dahulu butir-butir pokok yang akan dijadikan garapan peliputan! Butir-butir pokok harus disesuaikan dengan jenis objek yang akan diliput.

5. Usahakan jumlah butir pokok yang ditentukan akan habis jika dibagi jumlah anggota kelompok! Misalnya, jika anggota kelompok ada tiga, maka jumlah butir pokoknya usahakan antara enam, Sembilan, dua belas, lima belas, dan seterusnya. Dengan begitu, setiap anggota kelompok akan mendapat jumlah butir pokok yang sama untuk dijadikan garapan peliputan.

6. Setiap anggota kelompok melakukan peliputan berdasarkan bagian butir pokoknya masing-masing.

7. Lakukan diskusi kelompok seperlunya untuk membicarakan hasil peliputan dan menentukan cara atau gaya penulisan laporan (aitikel jurnalistik).

8. Setiap anggota kelompok menuliskan laporan berdasarkan butir pokoknya masing-masing! Hasil laporan dari anggota kelompok kemudian disatukan atau ditulis ulang menjadi satu laporan utuh dalam bentuk artikei jurnalistik tertulis. Agar gayanya sama dan ajek, penulisan ulang sebaiknya dilakukan oleh satu ancgota kelompok saja, tetapi tetap dengan mempertimbangkan saran teman.

9. Kumpulkan artikei jurnalistik kelompokmu kepada guru untuk dinilai dan diseleksi!

3

Peluang dan tantangan pada

masa depan

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

10. Artikei jurnalistik yang bagus dapat diusulkan untuk dimuat di majalah sekolah atau majalah dinding sekolah. Artikei lainnya dapat dimuat di majalah dinding yang khusus dibuat untuk lingkungan kelasmu.

4

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Iklan Merupakan Sarana Bisnis

A. STANDAR KOMPETENSIMampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam nJsan: menulis iklan baris, mencatat hal-hal penting dari buku yang dibaca, menuiis teks humor, -nenulis surat dinas, menulis karya tulis, menyunting teks pidato, ceramah, khotbah, menulis artikel ;umalistik dan menulis resensi buku

B. KOMPETENSI DASARMeresensi buku pengetahuan/penemuan

C. INDIKATOR1. Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta

kekurangannya.2. Mampu merangkum isi buku.3. Mampu menulis pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku.4. Mampu meresensi buku pengetahuan.5. Mampu menyunting resensi

D. MATERI POKOKResensi buku : Identitas buku Ikhtisar Kelebihan dan kekurangan buku Menilai buku Bahasa baku Diksi dan kalimat efektif

E. RINGKASAN MATERI PELAJARAN1. Pengantar

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengulas sesuatu. Kita sering mengulas berita dalam surat kabar, media elektronik maupun yang kita saksikan secara langsung. Kita sering memberikan komentar terhadap perilaku seseorang yang tidak mematuhi norma-norma yang berlaku dengan demikian, kegiatan mengulas adalah bagian yang integral dari kehidupan manusia. Ulasan berarti komentar, kepasan atau tafsiran. Menulis ulasan adalah proses menghasilkan sebuah karya dalam bentuk tulisan berupa resensi buku.

2. Pengertian Resensi BukuHasil resensi buku banyak muncul di surat kabar dan majalah. Resensi artinya

pertimbangan atau perbincangan. Resensi buku artinya pertimbangan atau perbincangan terhadap sebuah buku. Tujuannya adalah menunjukkan kepada khalayak apakah karya itu patut mendapatkan sambutan atau tidak, perbincangan yang dimaksudkan adalah tulisan yang dimuat di dalam surat kabar atau majalah yang berisi penilaian tentang kelebihan atau kekurangan sebuah buku, menarik tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli.

3. Bekal Dasar PeresensiAda lima bekal yang harus dimiliki peresensi:a. Memahami tujuan pengarang buku yang diresensib. Memiliki tujuan dalam membuat resensic. Mengenal dan mengetahui ke arah teristik, selera dan tingkat pemahaman (kadar

intelektualitas) khalayak pembaca

5

d. Mempunyai pengetahuan dan menguasai berbagai disiplin ilmue. Mempunyai sifat' dan menjadi' kolektor buku

Bagi peresensi pemula, bekal a sampai dengan e sudah relatif cukup dalam melaksanakan aktivitas meresensi sebuah buku.

4. Struktur Tulisan ResensiSebuah resensi akan berisi tiga bagian, yaitu: a. Bagian pendahuluan

Bagian ini berisi informasi objektif tentang identitas buku yang meliputi:1) Judul atau nama buku2) Penulis dan penyuntirg (jika ada)3) Penerbit4) Tahun terbit5) Cetaka ke-6) Tebal buku

Bagian pertama ini bersifat faktual, berisi informasi apa adanya tentang identitas sebuah kata.

b. Bagian isi resensiBagian ini merupakan bagian yang paling banyak menyita jumlah baris dan halaman. Bagian ini menduduki presentase yang paling besar. Bagian isi dari sebuah resensi adalah:1) Ulasan tentang judul dan tema buku2) Paparan singkat isi buku (mengacu terhadap daftar isi)3) Informasi tentang latar belakang serta tujuan penulisan buku4) Ulasan tentang gaya penulisan, perbandingan buku dengan buku lain yang

bertema sama, atau buku lain yang ditulis oleh penulis yang sama.

Dibandingkan dengan bagian pendahuluan, bagian ini lebih komplek dan lebih berat dalam • pelaksanaannya.

c. Bagian penutup resensiBagian ini berisi penilaian terhadap:1) Kualitas isi buku secara keseluruhan2) Menilai kelebihan atau kekurangan buku3) Memberi kritik atau saran kepada penulis atau penerbitnya4) Memberi pertimbangan kepada pembaca tentang perlu tidaknya buku tersebut

dibaca dan dimiliki atau dibeli oleh pembaca.

Pada bagian ini peresensi juga dapat memberikan saran-saran kepada penerbit terhadap perbaikan-perbaikan kelemahan yang ada. Misalnya, peresensi memberikan saran terhadap penyuntingan, cover sampul, dan perwajahan.

F. TUGAS KELOMPOK / LEMBAR KERJA SISWA Kegiatan ISahan kegiatan : Buku pengetahuan/penemuan yang sudah disiapkan guruTahapan kegiatan :1. Bacalah bagian pendahuluan yang berisi identitas buku, yaitu: judul buku, penulis,

penerbit, cetakan, tebal buku!2. Bacalah bagian halaman judul, yakni bagian yang menggunakan halaman huruf kecil

angka romawil.3. Diskusikan dan informasikan hasil identifikasi yang anda buat tersebut!

Hasil Resensi Bagian Pendahuluan1. Judul buku : …………………………………………………..2. Penulis : …………………………………………………..3. Penerbit : …………………………………………………..

6

4. Cetakan : …………………………………………………..5. Tebal buku : …………………………………………………..

Kegiatan IIBahan kegiatan : Buku pengetahuan/penemuan yang sudah disiapkan guruTahapan kegiatan :1. Bacalah bagian isi buku, yakni halaman 1 s.d daftar pustaka!2. Bekerjalah dalam kelompok dengan anggota maksimal 6 orang!3. Setiap anggota memiliki tujuan yang berbeda4. Rincian tugas :

a. Tujuan anggota 1 : Memberikan ulasan tentang judul dan tema bukub. Tujuan anggota 2 : Menulis paparan isi buku secara singkat/gambaran isi

buku secara keseluruhanc. Tujuan anggota 3 : Merumuskan latar belakang penulisan buku d. Tujuan anggota 4 : Merumuskan tujuan penulisan bukue. Tujuan anggota 5 : Memberikan ulasan tentang gaya penulisan yang

digunakan penulis f. Tujuan anggota 6 : Menuliskan, membandingkan dan mengulas buku yang

digunakan penulis

5. Gabungkan setiap jawaban anggota kelompok Ice dalam teks yang padu!6. Hasil rumusan itu adalah resensi menurut kelompok anda. Diskusikan dan

informasikan kepada kelompok lain.

Hasil diskusi:

Kegiatan IIIBenan kegiatan : Buku pengetahuan/penemuan yang sudah disiapkan guru.Tahapan kegiatan : 1. Bacalah bagian buku secara keseluruhan, dari bagian awal sampai akhir!2. Bekerjalah secara kelompok dengan anggota 5 orang!3. Setiap anggota memiliki tujuan yang berbeda4. Rincian tugas:

a. Tujuan anggota 1 : Memberikan penilaian terhadap kualitas buku secara keseluruhan

b. Tujuan anggota 2 : Memberikan penilaian kelebihan dan kelemahan buku c. Tujuan anggota 3 : Memberikan saran dan kritik kepada penulis tentang

kekurangan yang ada d. Tujuan anggota 4 : Memberikan saran dan kritik kepada penerbit demi

penyempuraan penerbitane. Tujuan anggota 5 : Memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang perlu

tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau tidak

5. Gabungkan jawaban setiap individu itu menjadi satu jawaban kelompok!6. Hasil kelompok itu didiskusikan dan diinformasikan dengan kelompok lain.

7

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

Hasil diskusi:

8

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Iklan Merupakan Sarana Bisnis

A. STANDAR KOMPETENSIMampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam tulisan: menulis iklan baris, mencatat hal-hal penting dari buku yang dibaca, menulis teks humor, menulis surat dinas, menulis karya tulis, menyunting teks pidato, ceramah, khotbah, menulis artikel iLmaltstik dan menulis resensi buku

B. KOMPETENSI DASARMenyunting sendiri dan atau orang lain

C. INDIKATOR1. Mampu membaca karya tulis yang sudah dibuat.2. Mampu memperbaiki aspek tata tulis dan kebahasaan.3. Mampu menulis kembali hasil suntingan karya tulis sendiri/teman.

D. MATERI POKOKTulisan sendiri atau orang lain: ejaan dan tata tulis bahasa kesalahan bahasa (kafa struktur frase kalimat)

E. RINGKASAN MATERI PELAJARAN1. Pengertian menyunting

Setelah menyusun karya tulis sederhana, apakah kamu yakin bahwa karya tulismu itu sama sekali tidak mengandung kesalahan? Sebaiknya kamu jangan tergesa-gesa untuk merasa yakin bahwa tulisanmu tidak mempunyai kesalahan. Mengapa demikian? Seorang penulis professional sekalipun masih merasa perlu memeriksa dan memperbaiki tulisannya. Kegiatan memeriksa dan memperbaiki tulisan itulah yang disebut dengan menyunting.

2. Mengenal bagian yang harus disuntingSebelum melakukan penyuntingan, terlebih dahulu kamu perlu mengenal

bagian-bagian yang harus kamu periksa pada sebuah tulisan. Tulisan juga terdiri atas bagian-bagian tertentu yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Perhatikan gambar seekor serangga berikut ini.

Bila serangga yang dipung- gungnya tertera tulisan 'Karya Tulis' itu tidak mau betjalaWatau jalannya kurang sempurna, maka periksalah keempat kaki dan ekornya. Keempat kaki satwa itu bertumpu pada kata kalimat, paragraf, dan makna serta ekornya bertumpu pada kerapian.

Itu adalah gEmbaran sebuah proses penyuntingan. Artinya, dalam memeriksa kondisi sebuah tulisan, hal yang perlu diperhatikan adalah kelima bagian tersebut.

Apabila salah satu organ tubuh dari satwa tersebut patah, ia akan cacat. Begitu pula jika salah satu unsur tulisan mengalami kesalahan, maka tulisan itu pun mengandung kekurangan atau cacat.

3. Koreksi silangMenyunting lazim diupayakan untuk mengurangi kesalahan sampai pada

jumlah yang sekecil-kecilnya. Untuk mengurangi jumlah kesalahan, sebuah naskah yang sudah mengalami penyuntingan kerapkali masih perlu dikoreksi. Koreksi pun tidak hanya dilakukan oleh si psnyunting sendiri, melainkan sering juga diserahkan kepada orang lain. Hal inilah yang disebut sebagai kereksi silang.

9

Kegiatan menyunting membutuhkan ketelitian yang tinggi. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyunting:

1. Ketepatan penulisan huruf, kata, lambing bilangan, dan tanda baca.2. Ketepatan penggunaan kata untuk menyampaikan maksud sesuai dengan situasi dan

kondisi.3. Keefektifan kalimat, yang meliputi syarat kelogisan, kehematan, dan keterpaduan.4. Keterpaduan paragraph, yang meliputi syarat kelengkapan paragraph, urutan kalimat,

kesatuan, dan koherensi.

F. TUGAS MANDIRI / LEM BAR KERJA SISWAPada pelajaran sebelum ini kamu sudah membuat karya tulis sederhana serta sudah saling ditukarkan disunting dengan teman. Sekarang, tukarkan lagi karya tulismu dengan teman untuk disunting jaiam aspek-aspek yang lain (paragraph, makna, dan kerapian)! Setelah itu, tukarkan lagi dengan sman lain untuk dikoreksi silang! Untuk memberikan hasil koreksi, kamu bisa mencontoh dan menyalin rrfar korekslmi di bawah ini sebagai rujukan.

Hasil Koreksi

Judul : ……………………………………………………Nama Penulis : ……………………………………………………Nama Penyunting : ……………………………………………………

(Berikan tanda cek V pada tiap poin)A. Kata Ya Tidak

1. Ejaan sudah tepat?

2. Kata yang harus diawali dengan huruf kapital sudah ditulis dengan tepat?

3. Pemakaian kata sudah tepat?

4. Terdapat kata yang harus atau bisa diganti dengan kata yang lebih tepat?

B. Kalimat Ya Tidak

1. Semua kalimat telah diawali dengan huruf kapital?

2. Semua kalimat telah diakhiri dengan tanda baca sesuai jenis kalimat?

3. Terdapat kesalahan pada pemakaian tanda baca yang lain?

4. Apakah makna kalimat-kalimatnya sudah cukup jelas?

C. Paragraf Ya Tidak

1. Baris pertama sudah menjorok ke dalam?

2. Masing-masing kalimat dalam paragraph sudah saling berkaitan?

10

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

3. Terdapat kalimat-kalimat sumbang?

4. Paragraf sudah berkait dengan paragraph yang lain?

D. Makna Ya Tidak

1. Isinya masuk akal?

2. Sudah menyampaikan apa yang ingin disampaikan?

3. Fakta sudah disampaikan dengan tepat?

4. Sudah memberikan kesimpulan?

E. Kerapihan Ya Tidak

1. Tulisan tangan cukup baik?

2. Terdapat banyak coretan?

3. Mudah dibaca orang lain?

4. Batas tulisan kanan-kiri rapi?

11

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Iklan Merupakan Sarana Bisnis

A. STANDAR KOMPETENSImampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai

ragam uisan: menulis iklan baris, mencatat hal-hal penting dari buku yang dibaca, menulis teks humor, surat dinas, menulis karya tulis, menyunting teks pidato, ceramah, khotbah, menulis artikel jurnalistik dan menulis resensi buku.

B. KOMPETENSI DASARMenulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

C. INDIKATOR1. Mampu menentukan objek yang akan diiklankan2. Mampu menyingkat kata-kata yang biasa digunakan dalam iklan3. Mampu menulis iklan baris secara efektif4. Mampu menyunting iklan baris

D. MATERI POKOK 1. Iklan dan baris2. Isi/pesan3. Ejaan/sistem penulisan iklan baris4. Menyunting iklan baris

E. RINGKASAN MATERI PELAJARANHampir di setiap sudut kota terdapat iklan. Bahkan hampir semua stasiun radio dan televisi

menyajikan iklan. Penyajiannya pun semakin menarik dan variatif. Mula-mula iklan di televisi menjengkelkan karena mengurangi kenyamanan ketika kita sedang menikmati acara yang ditayangkan. Tetapi sekarang beberapa iklan justru menjadi tontonan atau bacaan yang menarik.

Iklan adalah berita atau pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik saca barang atau jasa yang ditawarkan. Menurut tujuannya iklan dibedakan menjadi tiga macam, yaitu : loan niaga, iklan keluarga, dan iklan layanan sosial. Pada pembelajaran ini marilah kita belajar menulis ten baris.

Iklan baris adalah iklan kecil yang terdiri dari beberapa baris saja dalam sebuah kolom. Agar Han baris yang kita tulis dapat menarik, perhatikan hal-hal berikut ini: Kalimatnyasingkat, padat, jelas, dan komunikatif Merangsang keingintahuan ' Bersifat persuasif Tidak menyinggung pihak lain Menggunakan singkatan yang lazim

Penulisan iklan baris pada umumnya banyak menggunakan singkatan. Karena biaya iklan togartung dari lokasi yang digunakan. Iklan yang hanya terdiri dari tiga baris biayanya lebih murah dbandingkan dengan yang lima baris. Iklan yang disertai gambar warna biayanya juga lebih mahal dbartding dengan yang polos.

Singkatan yang banyak digunakan dalam iklan adalah sebagai berikut:BU : butuh uang J.cpt : jual cepat Ng : nego1st : istimewa Hg. : harga Jt. : jutaTg.l : tangan pertama 05 : tahun 2005 VR : velg racingTp : tape recorder BR : ban radial AC : menggunakan ACUL : luas tanah Lb. : luas bangunan Km, : kamarHub. : hubungi Ph. : nomor telepon yang bisa dihubungi

12

Contoh iklan ban's :

Keterangan:Nama barang : Sepeda motor Shogun RIdentitas barang : Tahun pembuatan 2005, warna biru, nomor polisi A-YDitawarkan : 9,25 juta rupiahAlamat : Jalan Nusa Indah no.20, telepon 081329355627

F. TUGAS MANDIRI / LEMBAR KERJA SISWAa. Setelah mempelajari contoh iklan baris tersebut, diskusikan hal-hal berikut!

1. Sebutkan ciri-ciri iklan baris!……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

2. Sebutkan hal-hal yang harus tercantum dalam iklan baris!……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

b. Tulislah iklan baris berdasarkan ilustrasi berikut!1. Karena membutuhkan uang dengan segera, Pak Bajuri yang beralamat di Jalan

Manggis no.35 Pandeglang dengan nomor Hp. 081393355627 akan menawarkan sepeda motornya Supra X miliknya melalui iklan baris. Sepeda motor berwarna merah dengan nomor polisi A xxxx Y tersebut buatan tahun 2005. ditawarkan dengan harga Rp. 9,5 juta.……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

2. Pak Sakri akan menjual mobil Daihatsu Espas warna silver tahun pembuatan 2005. Mobil bernomor polisi B xxxx AF tersebut keadaannya masih seperti baru karena jarang dipakai, maka ditawarkan dengan harga Rp. 80 juta. Alamat yang bisa dihubungi adalah Jalan Agus Salim nomor 65 Tangerang atau lewat telepon 021 - 892910.……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

3. Tante Hesti akan menjual rumah berlantai dua di Kawasan Bukit Barisan nomor 87. Bangunan yang bervolume 150 meter persegi tersebut beriri di atas tanah 270 meter persegi. Rumah tersebut ditawarkan dengan harga Rp. 450 juta. Bagi yang berminat harap menghubungi nomor telepon 08123237397.……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

4. Menjelang tahun baru, sebuah toko elektronik di Jalan Basuki Rahmat nomor 45 Serang, menawarkan aneka produk unggulan antara lain: TV, Kulkas, Mesin Cuci, VCD, DVD, Tape, Kompor Gas, dan Iain-lain dengan harga special.……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

13

BU.Shogun R,05 biru,A-Y,Tg.1,lst,Hg.9,25Jt Nego.JIn. Nusa Indah 20,Hub.081329355627

5. Lembaga bimbingan belajar Gajah Tunduk yang berlokasi di Jalan Monginsidi nomor 15 Rangkasbitung membutuhkan tenaga pendidik untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Lulusan PGSD untuk SD, Sarjana Matematika untuk SMP, dan Sarjana Kimia dan Matematika untuk SMA.………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

c. Jelaskan maksud iklan baris berikut ini!1.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

d. Suntinglah iklan baris berikut ini!1.

Hasil Suntingan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.

Hasil Suntingan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.

Hasil Suntingan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

14

BU.Zebra/95 biru,A-PA,Tg. 1,1st,30 Jt Nego,Hub.081329876569

Obral Komputer,P4 - 3 - 2 -1 Monitor, HD.CDR.CDRW dli Kont/Krd.

Jl.Puri Gading 33 Rangkasbitung

Butuh uang mendadak, jual sebuah kendaraan roda empat '01, A-FE biru, harga 70.000.000,- Alamat: Jl. Supriadi 64 Serang

BU.Jual. Tanah strategis, L.100 M2 di sekitar Tugu Pemuda Rangkasbitung 600 jt

BU.Jual.Vega R’06 putih,ist,Tg.1,A-PE VR, 9,5 jt nego. Siapa cepat pasti dapat.

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

4.

Hasil Suntingan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5.

Hasil Suntingan:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

G. UJI KOMPETENSI1. Carilah iklan elektronik, motor, tanah, dan lowongan dalam surat kabar! 2. Catatlah singkatan yang digunakan dalam iklan tersebut! 3. Jelaskan maksud singkatan tersebut!

15

Mukas Cell, jual aneka HP, Br/Bks Super murah, Kont/Krd. SEGERA

Dicari tukang jahit Pa/Pi Pengl. Gaji 1,25 -1,75 jt per bl. Bisa lebih.

MENJAGA LINGKUNGAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Menjaga lingkungan

A. STANDAR KOMPETENSIMampu mendengarkan dan memahami beragam wacana lisan, mendengarkan pidato/

khotbah/ceramah dan mendengarkan dialog nara sumber dalam dialog interaktif di televisi/radio.

B. KOMPETENSI DASAR1. Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran

radio.2. Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan

televisi/siaran radio.3. Menggabungkan kalimat tunggal pengandaian, perbandingan, dan sebab akibat.

C. INDIKATOR1. Mampu menentukan tema dialog interaktif2. Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis3. Mampu mendata pendapat tiap-tiap narasumber4. Mampu mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan5. Mampu menggabungkan kalimat tunggal pengandaian, perbandingan dan sebab

akibat.

D. MATERI POKOK1. Penyimpulan dialog interaktif.2. Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasinya.3. Menggabungkan kalimat tunggal pengandaian, perbandingan, dan sebab akibat.

E. RINGKASAN MATERI PELAJARAN1. Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran

radio.Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari kalian telah melakukan kegiatan

mendengarkan. Contohnya, mendengarkan radio, mendengarkan khotbah, mendengarkan pidato pada saat upacara Dendera di sekolah, dll.

Kita dapat memperoleh informasi melalui kegiatan mendengarkan dialog. Ketika berdialog dengan narasumber, kita mendapatkan data/informasi yang akurat sesuai dengan bidang yang Jmiliki farasumber.a. Mencatat hal-hal penting dalam dialog

Dialog adaiah percakapan antara dua orang atau lebih. Ketika mendengarkan dialog kalian harus mencatat hal-hal penting dalam dialog tersebut.

b. Menyimpulkan isi dialogSetelah kalian mencatat hal-hal penting isi dialog, kini kalian akan belajar menyimpulkan isi dialog.

2. Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio

Kalian tentu sering menyaksikan dialog interaktif pada tayangan televisi. Pada pembelajaran ni kalian akan berlatih mengomentari pendapat narasumber yang disampaikan pada dialog tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memberikan komentar adaiah: a. Ketepatan yaitu kesesuaian komentar dengan hal yang dikomentarib. Kelancaran yaitu tidak adanya hambatan ketika menyampaikan komentar.

16

BAB II

c. Kewajaran, berhubungan dengan cara penyampaian komentar yang tampak wajar, tidak berlebihan, dan tidak dibuat-buat.

d. Penggunaan bahasa, meliputi pilihan kata, susunan kalimat, dan intonasi.3. Menggabungkan kalimat tunggal pengandaian, perbandingan, dan sebab akibat

Pertiatikan kalimat-kalimat di bawah ini!a. Jika kamu lulus SMP dan diterima di SMA Negeri, ayah akan membelikanmu

sepeda motor.b. Kamu akan mendapat nilai bagus, andaikata kamu mau belajar dengan rajin. c. Kondisi ekonomi keluargaku saat ini jauh lebih baik daripada kondisi keluargaku

setahun yang lalu.d. Dibandinakan adikku, prestasiku jauh lebih baik.e. Karena kurang belajar, aku mendapat nilai jelek.f. Andi tidak masuk sekolah sebab sudah dua hari ini ia sakit perut.

Kalimat (a) dan (b) di atas termasuk kalimat pengandaian. Kaiimat pengandaian ditandai onjungsi jika, andaikata. Konjungsi pengandaian antara lain : jika, andaikata, kalau, jikalau, Diamana, manakala, asalkan, bila, seandainya.

Kalimat (c) dan (d) di atas termasuk kalimat perbandingan. Kalimat perbandingan ditandai konjungsi daripada, dibandingkan. Konjungsi perbandingan antara lain : seperti, ibarat, laksana, bak, lebih……daripada……, kira-kira, dibandingkan, seakan-akan, dsb.

Kalimat (e) dan (f) di atas termasuk kalimat sebab akibat. Kalimat sebab akibat ditandai konjungsi karena, sebab, sehingga, akibat.

F. TUGAS MANDIRI / LEMBAR KERJA SISWALakukan kegiatan di bawah ini!a. Bapak/Ibu guru kalian akan menunjuk dua orang siswa untuk membacakan dialog

berikut ini di depan kelas, siswa yang lain diminta menutup buku pelajaran ini dan mendengarkan dengan cermat.

b. Sambil menyimak/mendengarkan, kalian mencatat hal-hal penting dalam dialog tersebut !

c. Tuliskan di buku tugas dan gunakan tabel berikut!

NO. Narasumber Hal-hal penting dalam dialog

Berikut ini kutipan wawancara teks dialog antara seorang pewawancara dengan narasumber.Pewawancara : Selamat pagi, Bu!Narasumber : Selamat pagi!Pewawancara : Terima kasih, Bu karena Ibu telah bersedia meluangkan waktu pagi

ini untuk membahas CTL dalam dunia pendidikan. Begini, Bu, akhir- akhir ini saya sering mendengar istilah CTL dalam dunia pendidikan. Dapatkah Ibu menjelaskan mengenai CTL itu?

Narasumber : CTL etau Contextual Teaching and Learning merupakan suatu konsepsi yang berupaya membantu guru untuk mengaitkan isi pelajaran dengan situasi dunia nyata dan motivasi siswa supaya dapat menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan mereka.

Pewawancara : Lalu, apakah sebenarnya pengajaran dan pembelajaran kontekstual

17

itu?Narasumber : Pengajaran kontekstual adalah pengajaran yang memungkinkan siswa

menguatkan, memperluas, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademis mereka dalam berbagai macam tatanan dalam sekolah dan luar sekolah agar dapat memecahkan masalah-masalah nyata.

Pewawancara : Jadi, tampaknya CTL ini memusatkan diri pada siswa, dunia nyata, dan penerapan pengetahuan pada dunia nyata. Apakah betul begitu?

Narasumber : Ya, begitulah. Di samping itu, ada juga unsur pembelajaran yang bermakna, responsif terhadap budaya, inkuiri, dan penilaian autentik.

Pewawancara : Terima kasih banyak, Bu karena Ibu telah menjelaskan berbagai hal yang dapat menambah wawasan saya. Sekali lagi terima kasih, dan selamat siang, Ibu

TUGAS MANDIRI 1Nah saatnya kalian melakukan kegiatan di bawah ini !1. Sapak/Ibu guru kalian akan menunjuk dua orang siswa untuk membacakan dialog

yang sudah disiapkan di depan kelas! Siswa yang lain diminta menutup buku dan mendengarkan dengan seksama.

2. Sambil mendengarkan, kalian mendata pendapat tiap narasumber, dalam dialog tersebut!

3. Tulislah data tersebut dengan menggunakan tabel di bawah ini!

No. Narasumber Pendapat yang disampaikan

4. Secara bergilir kalian harus memberikan komentar secara lisan terhadap pendapat narasumber dalam dialog tersebut.

5. Siswa yang lain mengamati komentar tersebut dengan dibimbing Bapak/Ibu guru.6. Sunakan format berikut ini!

18

LEMBAR PENGAMATAN

Mengomentari Pendapat Narasumber

No. Aspek yang dinilaiSkor

1 2 3 4 51.2.3.4.5.6.7.8.9.10.

Komentar sesuai dengan apa yang dikomentariDikomentari secara runtunDisertai alasan logisKomentar disampaikan secara wajarDisertai ekspresi wajah yang benarBersikap wajar, tidak mencemoohDisampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan santunMenggunakan kalimat yang sederhana dan komunikatifTidak banyak menggunakan istilah yang tidak bakuDisampaikan dengan lafal dan intonasi yang tepat dan jelas

Jumlah Skor

TUGAS MANDIRI 2Setelah mendengarkan dan mencatat hal-hal penting dalam dialog yang telah kalian dengarkan, sekarang lakukan kegiatan berikut ini !a. Buatiah kesimpulan isi dialog!b. Tuliskan kesimpulan isi dialog di buku tugas!c. Bandingkan dengan hasil tulisan teman sebangku masing-masing !d. Berikan pendapat kalian terhadap pernyataan narasumber! e. Sampaikan pendapat

tersebut di depan kelas!e. Mintaiah saran dan kritik kepada teman sekelas kalian!f. Lakukan kegiatan ini bergiliran!

Lembar jawaban:

TUGAS MANDIRI 3Sekarang cobalah kamu menyusun kalimat pengandaian, perbandingan, dan sebab akibat masing-masing dua kalimat !

Jawaban:1.2.3.4.5.

G. UJI KOMPETENSI1. Isialah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan tepat!

1) ………………………………………… adalah percakapan antara dua orang atau lebih.

2) Informasi penting dapat kita dengarkan melalui dialog interaktif antara pewawancara dengan …………………….

3) Yang perlu diperhatikan dalam memberikan komentar adalah penggunaan bahawa yang meliputi pilihan kata, susunan kalimat, dan …………………….

19

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

4) Kalimat ……………………. Ditandai dengan konjungsi jika, andaikata, kalau, dan bilamana.

5) Karena kurang belajar, aku mendapat nilai kurang memuaskan, kalimat ini termasuk kalimat …………………….

2. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!1) Tuliskan kesimpulan isi dialog ‘Pembelajaran Konstektual’!

2) Sebutkan dua pendapat narasumber dalam dialog “Pembelajaran Kontekstual’!a.

b.

3) Sebutkan empat hal yang harus diperhatikan dalam memberikan komentar!a.b.c.d.

4) Buatlah dua kalimat perbandingan!a.b.

5) Jelaskan kalimat di bawah ini termasuk kalimat pengandaian, perbandingan atau sebab akibat!a. Wajahnya pucat bak bulan kesiangan.

Jawaban:

b. Andi tidak pernah belajar, sehingga tidak lulus ujian.Jawaban:

20

PERDAGANGAN

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Perdagangan

A. STANDAR KOMPETENSIMampu membaca dan memahami ragam teks bacaan non sastra dengan berbagai cara membaca, membaca teks untuk orang lain, membaca cepat, memindai membaca intensif dan ekstensif sekilas dan memaca non teks, seperti: grafik, bagan, tabel, diagram, dsb.

B. KlOMPETENSI DASARMembaca intensif grafik, tabel, dan bagan

C. INDIKATOR1. Mampu membaca intensif grafik, tabel, dan bagan.2. Mampu memeriksa isi grafik, tabel, dan bagan 3. Mampu mengubah sajian grafik, tabel atau bagan menjadi uraian

D. MATERI POKOKTeks yang mengandung grafik, tabel, atau bagan. Isi Kalimat tugas Ragam bahasa Menarasikan

E. RINGKASAN MATERI PELAJARANGrafik adalah lukisan pesang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar

(tentang turun naiknya hasil, statistik, dan lain-lain).Tabel adalah daftar bersi sejumlah data informasi, yang biasanya berupa kata-kata

dan bilangan yang tersusun secara sistematis, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak.

Bagan disebut juga gambar rancangan atau skema, yaitu gambar untuk menyajikan data agar mean ditafsirkan dan dipahami.

1. Membaca grafik, tabel, dan baganBerbagai bacaan yang bensi informasi dan data, banyak terdapat di sekitar kita.

Bacaan seperti ini biasanya bersifat ilmiah atau setengah ilmiah. Wujudnya dapat berupa tulisan panjang /ang disajikan lewat buku atau artikel pendek yang disajikan melalui Koran atau majalah.

DATA KEUANGAN BANK

21

BAB III

BNI BRI DANAMON

ASET TOTALDANA PIHAK KETIGAKREDIT YANG DIBERIKANLABA TAHUN BERJALAN

Gambar:Grafik Data Keuangan Bank

Tulisan semacam ini sering dilengkapi grafik, tabel, atau bagan. Penyajian grafik, tabel, dan sagan dimaksudkan sebagai penjelas dan pendukung bagi informasi yang disodorkan kepada pembaca. Tentang grafik, tabel, dan bagan, tentunya kamu sudah sering melihat dan menjumpainya dalam berbagai kesempatan.

2. Henguraikan isi grefik, tabel, atau baganGrafik, tabel, dan bagan disajikan dalam berbagai bentuk gambar, seperti

lingkaran, garis, dan batangan. Di dalamnya disertakan angka-angka dan kata-kata singkat tertentu sebagai penjelas. Walaupun berupa gambar dan terdiri atas sedikit angka dan kata, grafik, tabel, atau bagan rapat diuraikan ke dalam kalimat, paragraph, dan wacana. Perhatikan contoh penguraian grafik berikut ini!

Januari Februari Maret April Mei Juni

Series 1

3. Uraian berbentuk kalimatIsi grafik di atas dapat diuraikan menjadi beberapa kalimat sebagai berikut: a. Grafik menunjukkan hasil penjualan koperasi sekolah selama enam bulan pertama

dalam tahun 2008b. Hasil penjualan dinyatakan dalam jumlah ribu rupiah yang meliputi bulan Januari,

Februari, Maret, April, Mei, dan Junic. Hasil penjualan selama enam bulan mengalami kenaikan dan penurunan z. Dalam

bulan Januari, hasil penjualan mencapai jumlah Rp. 750.000,-.d. Dalam bulan Februari, hasil penjualan mencapai jumlah Rp. 465.000,-.e. Dalam bulan Maret, nasil penjualan mencapai jumlah Rp. 509.000,-.

22

2,319

130,179

102,495

51,759

2,744 1,817

106,987

78,567

58,38254,340

35,340

26,

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

f. Dalam bulan April, hasil penjualan mencapai jumlah Rp. 650.000,-.g. Dalam bulan Mei, hasil penjualan mencapai jumlah Rp. 508.000,-.h. Dalam bulan Juni, hasil penjualan mencapai jumlah Rp. 877.000,-.

4. Uraian berbentuk paragraph/wacanaGrafik di atas menunjukkan hasil penjualan Koperasi SMP Negeri 5

Rangkasbitung selama enam bulan pertama tahun 2008. selama kurun waktu tersebut, hasil penjualan mengalami oeberapa kenaikan dan penurunan. Kurun waktu enam bulan itu meliputi bulan Januari sampai aengan bulan Juni.

Dalam bulan Januari, hasil penjualan Koperasi SMP Negeri 5 Rangkasbitung mencapai Rp. 750.000,00. Namun, dalam bulan Februari, hasil penjualan mengalami penurunan menjadi Rp.465.000,00. Dua bulan selanjutnya, penjualan secara berturut-turut mengalami peningkatan, yaitu salam bulan Maret naik menjadi Rp. 509.000,00 dan dalam bulan April meningkat lagi menjadi Rp.650.000,00.

Dalam dua bulan terakhir, yakni Mei dan Juni, hasil penjualan kembali mengalami pasang surut naik-turun. Dalem bulan Mei, hasil penjualan mengalami penurunan menjadi Rp. 508.000,00. Akan tetapi, dalam bulan Juni penjualan kembali mengalami peningkatan cukup tajam menjadi Rp.877.000,00.

Dalam enam bulan itu, dengan demikian, hasil penjualan terendah terjadi pada bulan Februari, sedangkan yang tertinggi terjadi pada bulan Juni. Dalam bulan Februari itu, hasil penjualan hanya sebesar Rp. 465.000,00. Sementara itu, dalam bulan Juni hasil penjualan mencapai Rp.877.000,00.

Tampak pula bahwa pada awal dan akhir semester (Januari dan Juni) hasil penjualan cenderung mengalami kenaikan. Namun, pada menjelang memasuki pertengahan hingga menjelang akhir semester (februari-Mei), hasil penjualan cenderung mengalami penurunan. Hal ini diduga terkait dengan persiapan para siswa dalam menghadapi tahun ajaran baru. Pada awal semester, siswa cenderung membeli banyak peralatan belajar untuk menghadapi tahun ajaran baru, sedangkan pada akhir semester mereka juga melakukan hal yang sama untuk menghadapi tahun ajaran baru berikutnya.

F. TUGAS MANDIRI / LEMBAR KERJA SISWA Bacalah tabet berikut ini dengan seksama!

Perkembangan Harga Beras, Gabah, dan Pupuk (rupiah per kg)

No KomoditasTahun

2004 2005 2006 2007 20081.2.3.

BerasGabahPupuk

2.6471.4501.200

2.5691.5001.150

3.0561.5191.150

3.0411.7251.150

3.0001.7251.050

Setelah kamu mengamati dan membaca tabel perkembangan harga di atas, lakukanlah hal-hal berikut ini!

1. Uraikan isinya ke dalam sedikitnya lima kalimat!2. Ubahlah juga isinya ke dalam sedikitnya lima paragraph! (setiap paragraph terdiri atas

sedikitnya tiga kalimat)3. Diskusikan hasil pekerjaanmu dengan teman sebangku!4. Perbaikilah pekerjaanmu berdasarkan hasil diskusi dengan teman sebangku!

23

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Perdagangan

A. STANDAR KOMPETENSIMampu membaca dan memahami ragam teks bacaan non sastra dengan berbagai cara membaca, -nenbaca teks untuk orang lain, membaca cepat, memindai membaca intensif dan ekstensif sekilas dan TTersbaca non teks, seperti: grafik, bagan, tabel, diagram, dsb.

B. KOMPETENSI DASARMembaca intensif dan menemukan gagasan fakta dan opini dalam tajuk

C. INDIKATOR1. Mampu menemukan gagasan utama 2. Mampu menemukan fakta dan opini3. Mampu membuat ringkasan isi tajuk

D. WATERIPOKOK1. Gagasan utama2. Fakta 3. Opini

E. RINGKASAN MATERI PELAJARAN1. Membaca intensif untuk menemukan gagasan, fakta, dan opini

Membaca intensif merupakan salah satu jenis keterampilan yang akan sangat membantu kesuksesan meraih prestasi gemilang dalam belajar. Mengapa demikian? Hal ini karena membaca rtensif lebih menitikberatkan pada keberhasilan menyerap isi teks/bacaan daripada sekadar ’-iclafalkan tulisan.

Membaca intensif berarti membaca dengan penuh keseriusan dan konsentrasi hingga kita Denar-benar memahami isi bacaan. Kali ini kamu akan diajak untuk membaca intensif tajuk atau apini surat kabar. Membaca tajuk surat kabar akan membuatmu mengetahui pandangan dan sikap surat kabar terhadap suatu masalah yang sedang berkembang.

Setiap surat kabar memiliki sebuah rubric (ruang/kolom) yang digunakan untuk "Tengungkapkan pandangan atau sikap surat kabar yang bersangkutan terhadap suatu masalah yang sedang menjadi perhatian masyarakat luas. Rubrik semacam itu biasanya diberi nama tajuk, 3juk rencana, opini, atau editorial.

Berikut ini diberikan sebuah tajuk dari surat kabar. Bacalah tajuk itu dengan intensif agar kamu benar-benar memahami isinya! Setelah membacanya, kamu akan diajak untuk melakukan oeberapa pelatihan berkaitan dengan kegiatan memahami isi tajuk tersebut.

2. Contoh tajuk:Tambak Rusak Akibat Abrasi

Puluhan hektar tambak di Pantai Mangunhaijo, Semarang, rusak akibat abrasi. Petambak enggan untuk menebar benih udang atau bandeng karena dengan mudah akan tersapu oleh air sasang dan banjir. Kerusakan kian hari akan kian parah jika tak segera ditangani dengan sistematis. Bukan sekadar kerusakan lingkungan, melainkan juga pantai itu tidak memberikan nilai tambah apalagi bagi para petani tambak di kawasan tersebut. Sementara itu, kehidupan para petambak belum membaik, kini harus dihadapkan dengan kenyataan lahan yang mereka miliki tidak lagi mempunyai nilai ekonomis. Keadaan kian bertambah berat karena sebagian dari mereka tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk bekerja di sektor lain. Pengangguran tidak hanya datang dari oAangan petani, melainkan juga petambak.

Memang, kerusakan pantai akibat abrasi hamper terjadi di seluruh wilayah pantai utara lawa. Dalam waktu 10 tahun terakhir, keadaan makin parah dan ribuan

24

hektar tambak mengalami penurunan produksi yang cukup signifikan. Tidak mengherankan, kini mulai terasakan tingginya angkat kerusakan dalam bentuk penurunan kualitas lingkungan pantai. Wilayah pantai tidak lagi -ampu memberikan pernandangan unik dengan hamparan tambak yang berisi bermacam-macam kan. Selebihnya dari persoalan itu, pantai tidak memberikan ruang lebih lebar bagi para petani jrtuk berimprovisasi dalam produksi hasil perikanan pantai. Akibatnya mudah diduga, kekuatan esonomi dari penduduk wilayah pantura cenderung menurun. Setelah berpuluh tahun mereka bergelut di medan yang relative tak berubah, kini mereka dihadapkan pada kenyataan sebagai pengangguran.

Air pasang tidak hanya merusak tambak, tetapi juga telah mengubah wajah perkampungan nelayan. Kawasan perKampungan nelayan yang selama ini dikenal dengan konotasi kumuh, sekarang makin bertambah lagi. Jalanan dan pekarangan tidak mampu lagi mencerminkan keindahan. Sebaliknya, genangan air rob merambah ke mana-mana. Masyarakat yang sudah terbiasa dengan lingkungan seperti itu mungkin saja tidak terlalu banyak mengeluh. Namun, juga perlu disadari bahwa keadaan itu harus diubah agar derajat kesehatan masyarakat tidak menurun. Langkah-langkah sistematik perlu dilakukan agar mereka tidak berada di lingkungan yang terus- menerus dikepung air. Anak-anak yang tumbuh di area seperti itu sangat mungkin terpengaruh derajat kesehatannya.

Usaha perbaikan lingkungan yang sedemikian berat tidak mungkin terus-menerus mengandalkan dana pemerintah daerah. Setidaknya, perbaikan itu perlu ditopang oleh pemerintah provinsi, bahkan pemerintah pusat. Tampaknya, dalam tahun 2005 Pemerintah Provinsi Jateng akan menerima bantuan dari Pemerintah Federasi Jerman untuk memperbaiki kualitas lingkungan pantai utara akibat abrasi. Bila benar terealisasi, maka setidaknya akan terkurangi tingkat kerusakannya. Pada sisi lain, harus pula dimaklumi, bantuan itu pastilah belum cukup karena luas dan tingkat kerusakan sudah sedemikian tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan penajaman prioritas mana yang harus didahulukan dan kawasan mana yang harus menunggu tahap berikutnya.

Yang sangat penting pula disadari, perlu sekali keterlibatan masyarakat dalam memperbaiki kualitas lingkungan pantai. Kita tidak serta-merta dari terus-menerus menggantungkan semua hal kepada pemerintah baik di daerah maupun pusat. Yang perlu dilakukan masyarakat adalah secara bersama-sama dan kreatif melakukan upaya nyata dalam bentuk gerakan penghijauan pantai dengan tanaman bakau. Hutan bakau yang telah habis harus secarapelan-pelan dikembalikan seperti dahulu. Manfaat hutan bakau sangat besar karena bukan semata-rr.ata mampu memperbaiki kualitas lingkungan, menahan abrasi, dan menghadirkan pemandangan yang enak dilihat mata, melainkan juga memberikan dampak bagi produktivitas perikanan. Menggantungkan semua hal kepada pemerintah, se'ain terasa tidak adil, juga mengesankan masyarakat kita malas untuk mengurus dirinya sendiri.

Masyarakat juga harus memahami persoalan lingkungan. Para pemilik lahan tambak yang rusak harus menyadari bahwa jika terjadi perbaikan kualitas lingkungan, yang akan menikmati juga mereka. Para petambak juga perlu melakukan gerakan penyelamatan lingkungan pantai atas prakarsa sendiri. Gerakan ini perlu juga dilakukan oleh mereka yang hobi memancing. Pastilah jika ada pemrakarsa, gerakan itu akan dengan mudah tumbuh. Sementara itu, di sisi lain, penyediaan bibit bakau dalam jumlah memadai tentu akan sangat mendukung kesuksesan angan-angan itu. Bila gerakan ini dimulai secara maksimal, dalam 10 tahun ke depan, ribuan hectare tambak akan menghijau kembali.

3. Menemukan gagasan utama dan gagasan pendukungSetiap tulisan memiliki ide atau gagasan. Gagasan dalam sebuah tulisan terdiri atas

gagasan utama dan gagasan pendukung. Begitu pula dengan tajuk surat kabar, di dalamnya akan kita jumpai gagasan utama dan gagasn pendukung.

Gagasan utama adalah gagasan pokok yang terdapat dalam sebuah tulisan. Gagasan pendukung adalah gagasan sampingan yang sifatnya sebagai pendukung atau pemerkuat gagasan utama. Gagasan pendukung dapat berupa uraian atau contoh yang sifatnya memberi penjelasan gagasan utama/pokok.

25

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

4. MembedakanWalaupun pada dasarnya berisi pendapat atau opini terhadap persoalan tertentu, tajuk

surat kabar biasanya tetap mengandung fakta. Kamu perlu tahu, tajuk ditulis oleh sebuah surat kabar untuk menanggapi dan menyikapi persoalan (berupa fakta) yang terjadi di tengah masyarakat. Jadi, biasanya, dalam tajuk, pada saat opini disampaikan, fakta tertentu juga turut dibeberkan sebagai bahan untuk ditanggapi atau dinilai.

Opini atau pendapat merupakan pandangan atau gagasan yang bersifat subjektif, sedangkan fakta merupakan kenyataan objektif yang benar-benar terjadi. Kamu tentunya masih ngat dengan contoh-contoh opini dan fakta karena keduanya sudah kamu pelajari di kelas VIII. Dapatkah kamu memberikan beberapa contohnya lagi ?

F. TUGAS MANDIRI / LEMBAR KERJA SISWA1. Untuk pelatihan ini, kamu dan kawan-kawanmu sekelas akan dibagi oleh guru menjadi enam

kelompok kerja. Setiap kelompok diberi nama atau nomor kelompok 1 sampai dengan 6. Setiap ketompok membaca intensif tajuk berjudul 'Tambak Rusak Akibat Abrasi' di atas. Perhatikan, tajuk iu berisi enam paragraph, maka satu kelompok kemudian cukup membaca-ulang intensif satu paragraph menurut nema kelompok dan urutan paragrafnya masing-masing (kelompok 1 menghadapi paragraph I, kelompok 2 paragraf II,. dst.). Jika pembacaan telah selesai, setiap hetompok berdiskusi untuk menentukan dua hal berikut ini:a. Gagasan pokok dalam paragraphb. Gagasan pendukung dalam paragrap

2. Berdiskusilah dalam kelompokmu masing-masing untuk membedakan opini dan fakta yang terdapat dalam contoh tajuk di atas! Untuk itu, kamu harus membaca intensif keseluruhan isi tajuk itu. Catatlah fakta dan opini yang kamu temukan di kolom tau lajur yang terpisah, tetapi masih dalam satu tabel!

26

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Perdagangan

A. STAMDAR KOMPETENSIMemahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai

B. KOMPETENSI DASARMenemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai

C. INDIKATOR1. Mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks 2. Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks3. Mampu menemukan kata berpolisemi dalam kalimat 4. Mampu menemukan kata berhomonim dalam kalimat

D. MATERIPOKOK1. Cara menemukan informasi secara cepat dan implementasinya2. Menemukan kata berpolisemi dan kata berhomonim

E. RINGKASAN MATERI PELAJARAN1. Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku

melalui kegiatan membaca memindaiMembaca memindai merupakan salah satu jenis membaca yang dilaksanakan

dengan melihat teks dengan cermat dan lama untuk mendapatkan informasi yang diharapkan. Keterampilan Tiembaca memindai akan dapat membantu seseorang menemukan informasi secara cepat dan spat. Misalnya ketika rnencari arti kata dalam kamus, mencari acara pada stasiun TV, membaca ouku berindeks, dll.

Pada pembelajaran ini kamu akan berlatih keterampilan membaca memindai, untuk menemukan informasi secara cepat dan tepat dalam buku melalui halaman indeks. Indeks adalah saftar kata aau istilah penting yang tercatat dalam buku catatan (biasanya pada akhir buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi engenai halaman temapt kata atau istilah itu ricemukan.

Cermatilah baik-baik contoh indeks berikut!

INDEKSAA arne, Ant 288 – 90Abdul Hadi W.M. 105, 107Abdulah Lih TaufikAbdul Musi 260Abrams, MH 49 - 25, 54, 57, 59 - 61, 120Achadiati Lih IkramAdorno, Theodor W. 351 – 2Adrani, N 128, 285 – 6Aeschylus 165, 262Agung, Sultan 242Ajip Lih, RosidiAkustia, Klara 212

BBachri, Lih SutardjiBal, Micke 120 Lih juga LuxemburgBalzac, Honore de 137Bambang Lih KaswantiBarthes, Roland 100, 104, 114, 133,137,149Baudetaire, Charles 77, 81, 148, 235, 334 – 5Baumgarten, A.G. 135Bausani, Alessandro 113Beardsley, Monroe 133 - 4, 167, 177Benvenisle, Emile 99Berger, Peter & Thomas L. 226, 325Blake, William 137

2. Menemukan kata berpolisemi dan berhomonima. Polisemi adalah bentuk bahasa (kata/frase) yang mempunyai makna lebih dari

satu. Polisemi terjadi akibat pergeseran makna, sehingga masih mempunyai hubunganantara semua makna kata itu.Contoh:

27

1. Kepala adikku terbentur dinding; kepala = bagian tubuh atas2. Kepala kereta api baru saja dilepas; kepala kereta api = lokomotif 3. Kepala stasiun sibuk sekali; kepala stasiun = pimpinan stasiun

b. Menemukan kata berhomonim1) Homonim adalah dua buah kata atau lebih yang sama bentuknya, tetapi

berlainan makna. Contoh: Adik bisa berjalan; bisa = dapat/sanggup Bisa ular dapat mematikan; bisa = racun

2) Homograf adalah kata berhomonim yang sama ejaan, sedangkan lafalnya berlainan. Contoh: Ayah membaca Koran di teras: teras = serambi di luar rumah Pejabat teras meninjau korban bencana banjir; teras = inti/utama

3) Homofon adalah kata berhomonim yng sama lafalnya, sedangkan ejaannya berlainan. Contoh: Karyawan itu menyimpan uang di bank: bank = lembaga keuangan Bang Joni seorang sopir taksi; bang = abang/kakak iaki-laki

F. TUGAS MANDIRI / LEMBAR KERJA SISWA1. Sekarang lakukan kegiatan ini dengan langkah-langkah berikut!

a. Berkelompoklah 3 - 4 orang teman!b. Siapkan buku berindeks yang ada di perpustakaan sekolahmu!c. Bila memungkinkan setiap dua kelompok menghadapi dua buku dengan judul

buku yang sama. Misalnya: Buku Atlas, Buku Tata Bahasa Baku, Buku Tata Bahas Rujukan Bahasa Indonesia Karangan Gorys Keraf, dll.

d. Tuliskan beberapa kata pada kertas kecil secara acak, kemudian digulung seperti kertas arisan!

e. Lakukan kegiatan ini secara berpasangan, dua kelompok dengan judul yang sama berlomba mencari satu kata berdasarkan hasil kocokan kertas kata tadi!

f. Kegiatan dapat dilakukan di luar kelas.g. Catatlah perolehan nilai tercepat dalam menemukan informasi!h. Umumkan nama pemenang dan berilah penghargaan!i. Kegiatan ini akan lebih menarik bila dibagi dalam beberapa babak, misalnya babak

penyisihan, semifinal, dan final

Hasil diskusi:

2. Jelaskan arti kata berpolisemi pada kalimat di bawah ini! a. Kepala karangan itu singkat dan menarik. b. Kepala surat adalah salah satu ciri surat resmi c. Selesaikan masalah itu dengan kepala dingin !d. Pedagang kaki lima itu digusur oleh tim kebersihan pemerintah daerah.e. Kaki tangan musuh sudah ditangkap oleh polisi.

Jawaban:

28

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

a.

b.

c.

d.

e.

3. Tentukan kalimat di bawah ini berhomonim, homograf, atau homofon! Tentukan pula maknanya!a. Gigi adikku tanggal pada tanggal 17 Agustus yang lalu.b. Setelah mengecap masakannya, ia mulai mengecap tentang kehebatan

masakannya.c. Aku tahu waktu kamu suka makan tahu goreng.d. Masa reformasi sering terjadi demontrasi massa di gedung DPR/MPR.e. Ketika gelar kejuaraannnya mental, mentalnya rnenjadi hancur.

Jawaban:a.

b.

c.

d.

e.

29

BERKREASI

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Berkreasi

A. STANDAR KOMPETENSIMampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra. Bermain peran menanggapi dan mendiskusikan drama, menceritakan kembali isi cerpen dan musikalisasi puisi.

B. KOMPETENSI DASARMenemukan tema, latar, penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan.

C. INDIKATOR1. Mampu menemukan tenia cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen2. Mampu menemukan latar cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen3. Mampu menyebutkan watak-watak tokoh dalam cerpen

D. MATERI POKOKCerpen, unsur intrinsik cerpen:1. Plot2. Penokohan/karakteristik3. Latar4. Sudut pandang (point of view)5. Tema6. Bahasa/gaya bahasa7. Amanat

E. RINGKASAN MATERI PELAJARANSecara struktur, cerpen terbangun dari dua unsur yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur-unsur tersebut dapat mempengaruhi penulis dalam menulis cerita. Unsur intrinsik cerpen adalah unsur pembentuk cerpen yang terdapat dalam cerpen, yaitu : tema, alur (plot), latar, (setting), penokohan, amanat, sudut pandang, dan sebagainya. Unsur ekstrinsik cerpen diantaranya latar belakang pengarang (agama, budaya, masalah social, politik, pendidikan, iingkungan tinggal, dan sebagainya). Beberapa pengertian, diantaranya: Tema adalah gagasan pokok yang mendasari terbentuknya cerita. Alur cerita adalah rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita. Latar cerita adalah waktu, tempat, dan suasana dalam cerita. Penokohan adalah watak-watak tokoh dalam cerita. Amanat adalah pesan atau nilai-nilai moral yang tersurat dan tersirat dalam cerita. Sudut pandang adalah kedudukan penulis dalam cerita.

F. TUGAS MANDIRI / LEM BAR KERJA SISWABacalah cerpen berikut!Cerpen 1

Oering Lonceng di Tengah Malamla menggeser badannya yang penuh lemak. Sambil memegang tali piama yang

melilit di perut buncit, ia beranjak ke pintu. Sandalnya tergeser-geser menyayat di malam yang sepi itu. Disingkapnya hording pintu, lalu mengintip ke luar.

Dedaunan pepohonan kecil di halaman rumahnya bergoyang ditiup angin malam yang merendah. Bencah bias lampu jalan berpindah-pindah, karena lampu itu digoyang angina malam. Sepi.

30

BAB IV

Kedua bola matanya menyapu beranda muka. Tampak bayangan pohon yang bergoyang. Dahinya pun berkerut dan wajah yang gempal gemuk itu penuh tanya.

Perlahan dirapatkannya kembali hordeng pinu. Lalu sandalnya bergeser di lantai, di malam sepi begini, suara seretan sandal itu menyayat-nyayat.

"Siapa, Pap ?" tanya islrinya yang masih bergoler di ranjang jati.Ketika lelaki gendut itu akan menjawab, terdengar kembali dering bel, panjang dan

memekik- mekik memecah kesepian malam. Ia tersentak mendengar dering lonceng malam itu. Dadanya turun naik, seirama dengan denyutan jantung yang berdebar.

Ia pun bergegas ke^uar kamar, lalu menuju pintu. Disingkapnya hordeng, lalu mengintip keluar. Tampak bayangan pohon bergoyang di beranda muka. Di halaman muka pepohonan kecil melambai- lambai. Dan lampu jalanan bergoyang. Sepi!

"Siapa Pap?" tanya istrinya.Ia tenangkan degup jantungnya. Setelah itu barulah ia menggelengkan kepala.Istrinya menoleh ke jam dinding."Sudah pukul dua malam, Pap!" bisiknya.Mereka berdua beranjak menuju kamar. Masing-masing dengan pikiran sendiri-

sendiri.Ketika mereka akan rebah di ranjang, bel telepon berdering merobek-robek malam

yang memang sudah larut. Lelaki itu terkejut keras. Jantungnya berdebar keras. Lalu ia tergolek lemah dan rebah di ranjang.

Dengan tenang, istrinya menuju pesawat telepon telepon dan mengangkat gagang telepon."Ya, hallo!" seru istrinya dan mendengarkan. "Ada, tunggu sebentar!""Siapa, Mam?" tanya si lelaki."Entah!"Lelaki gendut itu menuju pesawat telepon lalu mengangkat gagang telepon."Ya, Salim di sini!" serunya ditenang-tenangkan.Yang terdengar hanya suara tertawa hambar lalu telepon di seberang ditutup."Hallo! Hallo!" teriak Salim.Tak ada jawaban dan Salim meletakkan gagang telepon."Siapa, Pap?" Tanya istrinya gugup."Tawanya aneh!" bisiknya."Aneh?"Ia empaskan badarinya di ranjang jati. Istrinya mendekati dan rebah di sampingnya.

Ia tatap istrinya."Tawanya aneh," bisik Salim.Kemudian terdengar lagi dering bel panjang memekik-mekik merobek malam. Ia

melompat. Tapi badannya yang berat itu terjerembab ke ranjang dengan napas tersengal-sengal. Lalu napas itu lemah dan tangannya meremas baju piama, di tentangan badan.

"Jantungku, Mam!" bisiknya lirih.Istrinya meraba dada itu. Setelah itu ia melompat ke buffet dan menjemput dua

butir tablet dari kotak obat. Dengan segelas air teh, Salim meminum obat itu. Kemudian badannya tergumpal di atas ranjang. Lemah.

Setelah itu. Istrinya beranjak ke pintu dan menyingkap hordeng. Di atas meja beranda muka tampak secarik kertas. Ia membuka pintu sambil mengawasi halaman depan. Sepi. Kertas dipungutnya, lalu ia mengunci pintu. Sandalnya menggesek lantai menuju kamar.

"Surat untukmu, Pap!" bisik istrinya."Jantungku lemah sekali, Mam," bisiknya sambil terus memakukan matanya di wajah istrinya yang mungil dan manis itu.Istrinya tersenyum. Senvumnya mematahkan semangat lelaki gendut itu.Istrinya membaca.Akhirnya ajalmu makin dekat. Serahkan sepuluh juta. Kalau tidak, saya akan

membongkar segala kecuranganmu di perusahaan!"Hanya sebegitu, Pap," ujar istrinya.Tapi ia sudah tak mendengarkan. Napasnya tersengal satu-satu. Pikirannya

dipusatkan kepada napas ini.

31

Malam itu pun berlalu.Pagi hari sadar kembali. Tapi istrinya masih nyenyak tidur sambil memeluk guling.Ia pungut surat itu lalu membacanya. Ia menggeleng-gelengkan kepala. Orang yang

kemarin dulu juga, keluhnya. Ia mer.enangkan dirinya.Dan ia pun berpikir bahwa orang yang kurus kemarin dulu datang padanya dan

mengancam akan membongkar Kecurangannya. Ia heran karena sepanjang hidupnya ia belum pernah berbuat curang. Kalau pun kini ia memiliki ratusan juta, semata-mata karena dimodali warisan orang tua. Orang biasa memang tak tahu bahwa sejak lima tahun lalu ia bermodalkan warisan yang cukup besar.

Sejak kecil ia telah mengecap hidup senang dan berkecukupan. Bukan mustahil karena orang tua memang kaya. Empat tahun lalu istrinya meninggal dunia tanpa serang keturunan. Dan sejak itulah penyakit jantungnya kambun kembali setelah beberapa tahun mereda.

………………………………………………………………………………………..Ketika ia akan terlelap tidur, bel telepon berdering-dering menyayat-nyayat sisa

denyut jantungnya. Ia tersentak."Brengsek!" gerutunya sambil bangkit. Dering bel telepon itu masih saja memekik-

mekik. Ketika ia akan menjangkau gagang telepon, ia terbanting dan jatuh. Tapi gagang telepon sudah terlepas dari pesawatnya. Dan, sempat ia mendengar tawa hambar yang aneh. Lalu ia lupa segala.

Ketika ia siumar,, ia lantas tahu ia berada di rumah sakit. Badannya sangat lemah dan mata agak berkunang-kunang. Jururawat menghampiri dan mengusap dahinya.

"Sudah berapa lama? " tanyanya."Tiga hari."Tak lama, pintu kamar terbuka dan seorang komisaris polisi menghampirinya

dengan melemparkan senyum mnnis. Kemudian dokter pribadinya telah hadir pula. Ia mencoba senyum, tapi napasnya perlahan sekali.

"Peristiwa telepon dan bel tengah malam yang mengejutkan Tuan, seperti cerita uan, telah saya laporkan kepada polisi!".

Ia mendengar. Terbayang masa yang lewat. Dan ia tidak menduga dokternya akan melaporkan peristiwa itu kepada polisi.

"Lelaki itu telah ditsngkap. Tapi maaf, istrimu pun juga ditangkap !"tukas polisi.Ia kaget dan jantungnya berdenyut keras."Lelaki itu tunangan istrimu!"."Tapi apa maksud istri saya?" tanyanya perlahan."Ia ingin memiliki hartamu. Dan karena itu ia tahu kau berpenyakit jantung, maka

ia ingin membunuhmu dengan mengejutkanmu, Tuan!" polisi menerangkan.Ia merasa dirinya tersiksa. Dokter pun mendekati lalu menginjeksinya. Ia lupa pada

apa pun!Keesokan harinya in :;adar kembali. Tapi ia merasa sudah sangat lemah. Lalu ia

meminta keras kepada jururawat. Di atas kertas itu ia menuliskan bahwa bila ia meninggal seluruh harta kekayaannya agar diserahkan kepada rumah fakir miskin.

Lalu ia memejamkan mata.Perlahan-lahan matanya terbuka dan ia melihat istrinya telah berdiri di sisinya."Maafkan saya, Pap!"Hanya itu yang didengarnya. Matanya berkunang-kunang. Denyutan jantung bagai

tak terasa. Sakit mengiris di ulu hati. Ia pejamkan mata dan pasrahkan semua. Ia pun lupa pada sega<a.

(Harmoni, Ras Siregat)

Cerpen 2Di Bawah Serumpun Bambu

Nurhayati membalik-balik sebuah majalah luar negeri. Mengamat-amati gambar yang indah dan tempat pariwisata yang menarik di luar negeri, gedung bertingkat dan kehidupan yang maju di daerah asing itu. Tapi hati Nurhayati berkecamuk pikiran akan keindahan luar negeri itu dan surat yang datang dari orang tuanya seminggu lalu.

32

Surat itu mengharus'can Ni'rhayati pulang ke kampung untuk dikawinkan dengan Azis yang telah dipertunangkan sejak kecil, sesuai adapt kampung itu. Azis sendiri telah tiba di Jakarta ini, dua hari yang lalu, khusus untuk menjemput Nurhayati. Juga bermaksud melihat-lihat Jakarta. Dan, selama dua hari itu, Azis terus menerus mengunjunginya.

Ketika masih anak-anak, mereka berdua memang teman baik. Mereka sering bermain masak- masakn atau pun pengantiri-pengantinan di bawah serumpun pohon bambu di samping rumah Nurhayati. Menjelang dewasa, Nurhayati menuju Jakarta dan tinggal di Harmoni. Karena sekolahnya tak maju, Nurhayati pun beketja di salah satu kedutaan.

Azis sendiri sudah bekerja di Medan dan ia masih melanjutkan studi pada sore hari. Entah kenapa, Azis meninggalkan Medan dan kembali ke kampong. Kabarnya, ia tak menyukai kota yang penuh kepalsuan dan lebih menyukai suasana pepohonan bambu dengan angin sejuk di atas dataran subur dan persawahan makmur.

Ketika pertama kali Nurhayati menerima Azis, ia merasa ada kelucuan, seorang perjaka melamar seorang gadis dengan ucapan tak langsung dan janggal. Ia melihat Azis yang sehat, kuat, dan berwajah simpatik. Tapi di balik wajah itu terpancar semacam keluguan yang cenderung ketololan. Memang sukar menolak kenyataan pertunangan sejak kecil antara mereka. Azis menerima dan Nurhayati menganggap kontradiksi.

Sore tadi Azis mer.gajak Nurhayati, Nurhayati merasa tersinggung."Betul! aku ingin menonton di Jakarta ini, Ati, terutama dengan kau !""Sorry, aku ada janji ""Besok?""Mengapa mesti dengan aku, sih?"Ia menunduk. Ia berharap sekali. Tapi Nurhayati tampak tak suka."Aku merasa, aku berhak!" ucap Azis polos sekali."Apa hakmu ? Kita bukan anak kecil lagi, Azis !""Kita sudah bertunangan dan sebentar lagi dikawinkan. Bukankah itu baik?"

Nurhayati terhenyak. Napasnya bersikejaran. Azis melihat perubahan wajah Nurhayati."Maaf, Ati. Aku sangka kau masih seperti dulu, suka berterus terang. Besok atau lusa aku kembali. Mudah-mudahan kau tak ada janji!"Azis meninggaikan ruangan itu dengan perasaan tanda Tanya, sedangkan Nurhayati

merasa terekan. Karena itu Nurhayati beriari ke majalah, membalik halaman demi halaman dengan berbagai keindahan luar negeri.

Sesungguhnya, setalah ia bekerja di kedutaan itu, hatinya terpaut sangat dengan salah seorang anggota diplomatic, Slaughter. Hati yang terpaut ini telah mendapatkan balasan hangat pula. Diam-diam ia menyebut cinta. Slaughter ramah dan pintar bicara.ia juga suka akan lagu-lagu kampungnya. Bahkan pernah meminta catatannya.

Diam-diam ia pun bernyanyi, lagu kesukaan Slaughter. Tapi mendadak lagu itu dihentikan. Ia seakan teringat akan sesuatu. Kemudian ia ingatbahwa lagu itu kegemaran Azis. Bahkan Nurhayati dan Azis pernah berbareng menyanyikan lagu itu di bawah serumpun pohon bambu di sebelah rumahnya ketika masih kanak-kanak, masa lampau sehabis main pengantin-pengantinan.

"Ah, lagu itu lagu celakal"Ia termangu-mangu. Cermin wajahnya menggelisahkan. Ia mengejar cinta hati ke

hati anak mudakah atau ikut tata kekeluargaan ?Ketika pinu diketuk. Slaughter menyembul di ambang pintu. Memandang

senyumannya, Nurhayati lupa segala. Malem itu mereka berdansa di wisma Nusantara sampai jauh malam. Dan malam itu malam yang aneh bagi Nurhayati karena Slaughter mengajukan lamaran kawin dengannya. Malam itu seolah-olah Tuhan menjodohkan Nurhayati dengan memerangi diri sendiri. Antara Slaughter yang dicintai dengan Azis berikut seluruh keluarga.

"Setelah kita kawin, kita berangkat ke negeri saya dan menetap di sana. Sebab dinas saya di Indonesia bulan depan berakhir. Pikirlah, Ati. Besok saya datang lagi.

Salughter pamit dengan kecupan di kening. Nurhayati sendiri masih termangu di ambang pintu dengan pikiran bercabang-cabang.

"Ke luar negeri?" ia tersentak.

33

Malam itu ia habisi dengan berbaring bolak-balik dan dengan perasaan gelisah.Esok hari menjelang senja, Azis datang. Seperti biasa, Nurhayati menerimanya

dengan sikap dingin."Rumpun bambu di sebelah rumahmu itu masih rindang dan nyaman, Ati?" seru Azis."Aku tak begitu suka cerita tentang kampongl"."Karena suasana kota sudah menggairahkanmu!" potong Azis."Bukan itu soalnya. Cuma lantaran kekolotan orang kampong.""Tepat!" seru Azis.Nurhayati mengangkat alis dan mengernyutkan kening."Tapi mestikahmereka terus-menerus hidup dalam kekolotan?" tanya Azis.Nurhayati merasa digurui. Wajahnya cemberut. Matanya bersinar penuh was-was."Lembah di kaki kampung kita masih tetap diselimuti awan. Hawanya dingin.

Pemandangannya tetap kekal!""Sekekal kekolotan itu!" potong Nurhayati."Tradisi !""Kuno !""Tapi tetap kekunoan itu sumber kemajuan kebudayaan!" bela Azis."Tapi tetap mencerminkan kecengengan.""Yah, karena itu kita angkatan muda mesti berani merombaknya, asal jangan

merusak kepribadian," kata Azis dengan senyum lebar."Jangan bertingkah terhadapku. Aku bukan anak kecil lagi!" bentak Nurhayati."Maaf. Kau sudah tidak rindu akan kampungmu sebab hatimu telah dirantai kota.

Cintamu disini! Apa boleh buat, aku pun tak memaksa," kata Azis.Suasana sepi. Nurhayati lebih menghayati dirinya dan tidak peduli pada segala.Ketika Azis akan pamit, pintu diketuk. Dengan sebuah senyum, Slaughter telah

berdiri di ambang pintu. Nurhayati memperkenalkan Azis pada Slaughter, sebagai teman masa kanak-kanak dulu, lalu mempersilakan duduk. Nurhayati berbicara asyik sekali dengan Slaughter dengan menggunakan bahasa asing yang kurang dimengerti Azis. Pembicaraan itu diselang-selingi tawa berderai sehingga Azis merasa tersiksa. Azis permisi pulang lalu keluar memasuki malam di bawah lampu neon kota.

"Bagaimana dengan pembicaraan kemaren ?" tanya Slaughter.Nurhayati tersentak sebab tanya itu bagai badai yang menghanyutkan kegembiraan

sejenak bersua dan bergembira sebentar tadi. Ia gelisah karena ia belum memutuskan apa-apa.

"Masih ada waktu. Besok pun bisal" sela Slaughter.Dengan Slaughter ia bercinta. Lelaki itu menarik hatinya, karena menarik dan

simpati, juga tampaknya punya persesuaian. Dalam segala hal, Slaughter memahami jalan pikirannya. Yang menjadi keraguan baginya sekarang, mengapa ia harus ke negeri asing? Mengapa harus tinggal di negara Slaugher?

Dulu ia pernah mengangankan agar bisa berkunjung ke negeri asing. Melihat keramaian koa, keindahan alam, dan pedesaan di sana. Melihat rumah yang menjulang ke langit dan salju yang memutih. Tapi ia tak pemah mengangankan untuk menetap di suatu bagian dunia selain Indonesia, biarpun kemulukan meraja di situ."Apakah yang kau beratkan?" tanya Slaughter di senja hari berikut."Aku takut karena aku mesti rindu!""Aku 'kan ada ?""Orangtuaku dan kampungku. Keluargaku dan kebiasaanku \"

"Ah, itu Cuma pendambaan. Karena keasyikan dan kesibukan, kita bisa lupa semua," bisik Slaughter."Aku ragu.""Mengapa? ""Aku takut.""Takut? ""Ya, takut pada rindu. Lahirku, besarku, dan manjaku di sini. Mengapa kita tak di sini ?""Ah, kau!""Sungguh, darling!"

34

Slaughter terdiam dan dalam hatinyatimbul juga cetusan, mungkin selama ini ia kesepian saja. Hanya karena tanggung jawab, ia memang menjelajahi jejak bumi. Hati kecil bergumam, bagaimana pun ia punya tanah leluhur yang harus dicintainya.

Kemudian, Nurhayati berjalan sendiri. Slaughter pun berjalan sendiri untuk tugas baru di negaranya sendiri. Dalam hati kedunya, pendaman cinta sudah bersemi, ternyata dikalahkan alam dan kebiasaan.

Azis sendiri telah kembali ke kampung. Yang ditemuinya, nanyalah proses kehidupan seperti yang dirasakannya dulu-dulu. Namun kini, ia merasakan dengan kewajiban untuk membangunnya. Keindahan itu harus sesuai sepanjang abad.

Bila senja, ia tetap duduk-duduk di bawah serumpun bambu yang rindang di sebelah rumahnya. Majalah luar negeri itu dibolak-baliknya. Tapi hatinya bukan pada gambar, tapi jauh melambung ke kelembutan angina lembah. Namun, Azis tak pulang jua.

{Harmoni, Ras Siregar)

1. Setelah membaca Cerpen 1, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!a. Siapakah yang mondar-mandir dengan gelisah di dalam kesunyian malam dalam

cerita tersebut?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

b. Mengapa ia gelisah dan denyut jantungnya makin cepat?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

c. Apa yang menyebabkan jantung lelaki itu berdebar keras?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

d. Siapa yang mengambil secarik kertas di atas meja beranda rumah lelaki gendut tersebut?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

e. Ditujukan kepada siapa isi kertas tersebut? Apa isinya?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

f. Apakah lelaki itu sudah membaca keganjilan sikap istrinya menanggapi teror yang dilakukan padanya? Tunjukkan kalimat yang menjadi bukti……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

g. Apa yang menyebabkan lelaki gendut itu terbaring di rumah sakit?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

h. Berita apa yang disampaikan komisaris polisi dengan dokter pribadi lelaki itu?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

i. Apa reaksi lelaki itu setelah mengetahui bahwa istrinya di balik semua itu?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

j. Jelaskan isi pesan terakhir lelaki itu sebelum menghembuskan napasnya yang terakhir?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

2. Tentukan tema cerita tersebut!…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

3. Tentukan alur cerita tersebut! Tunjukkan bagian yang merupakan bukti!

35

…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

4. Tentukan latar cerita tersebut!…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

5. Sebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita tersebut!…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

6. Setelah membaca Cerpen 2, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!a. Siapakah penulis cerpen tersebut?

……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

b. Di mana Nurhayati tinggal?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

c. Apa yang selalu dibayangkan Nurhayati?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

d. Siapa Azis?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

e. Ada hubungan apa Nurhayati dengan Azis?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

f. Di mana Nurhayati dengan Azis sering bermain pengantin-pengantinan?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

g. Bagaimana tanggapan Nurhayati terhadap kedatangan Azis?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

h. Apakah yang menyebabkan Nurhayai bersikap dingin terhadap Azis?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

i. Apa yang dilakukan Azis setelah mengetahui Nurhayati tidak sepaham lagi dengannya?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

j. Apa yang dilakukan Nurhayati sepeninggal Azis?……………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………….

7. Tentukan tema cerita tersebut!…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

8. Tentukan alur cerita tersebut! Tunjukkan bagian yang merupakan bukti!…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

36

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

9. Tentukan latar cerita tersebut!…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

10. Sebutkan watak tokoh-tokoh dalam cerita tersebut!…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...…………………………………………………………………………………………...

37

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : IX / II

Tema : Berkreasi

A. STANDAR KOMPETENSIMampu menungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk tuiisan sastra. Mengubah pikiran novel teks drama, menulis puisi bebas dan menyusun naskah drama berdasarkan bentuk karya sastra lain.

B. KOMPETENSI DASARMenulis puisi bebas

C. INDIKATOR1. Mampu menulis puisi bebas sesuai dengan pengalaman masing-masing.2. Mampu memilih/mengunakan kata disksi dalam penulisan puisi.3. Mampu menggunakan citraan yag tepat.

D. MATERI POKOKTeks puisi:1. Pilihan kata2. Rima3. Citraan

E. RINGKASAN MATERI PELAJARANMenulis Puisi Bebas

Adakah hubungan antara puisi dan pendidikan ? Tentu saja ada. Di dalam puisi banyak pelajaran berharga yang dapat kalian petik. Puisi mengandung pesan moral yang ingin disampaikan penulisnya.

Di kelas sebelumnya dan juga pada pelajaran sebelumnya, kalian telah berlatih menulis puisi. Tentunya kalian sudah semakin mahir mengungkapkan gagasan dalam bentuk puisi. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika kalian terus mengasah kemampuan kalian dalam menulis puisi. Barangkali kemampuan kalian iu dapat mengantarkan kalian menjadi seorang penyair hebat.

Jangan lupa untuk menyampaikan pesan moral di dalam setiap puisi yang kamu tulis. Pesan moral itu akan berharga bagi teman-teman yang akan membaca puisi.

Untuk memperkenalkan kalian terhadap keragaman gaya puisi, bacalah puisi berikut! Puisi 1

DERAI-DERAI CEMARAKarya: Chairil Anwar

Cemara menderai sampai jauh,Terasa hari akan jadi malam,Ada beberapa dahan di tingkap merapuh, Dipukul angin yang terpendam.Aku sekarang orangnya bisa tahan,Sudah beberapa waktu bukan kanak lagi, Tapi dulu memang ada satu bahan,Yang bukan dasar perhitungan kini.Hidup hanya menunda kekalahan,Tambah terasing dari cinta sekolah rendah, Dan tahu, ada yang tetap tidak diucapkan, Sebelum pada akhirnya kita menyerah.

38

HASIL PEMERIKSAAN GURU MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA

NILAI: Tanggal :

Neti Kurniati, M.PdNIP.

Puisi 2

ELANG LAUTKarya: Asrul Sani

Ada elang laut terbang Senja hariAntara jingga dan merah Surya hendak turun Pergi ke sarangnya

Apakah ia tahu juga Bahwa panggilan cinta Tiada ditahan kabut Yang menguap pagi hari?

Bunyinya menguak suram Lambat-lambat Mendekat ke atas runyam Karang putih Makin nyata.

Sekali ini jemu dan keringat Tiada akan punya daya Tapi topan tiada mau Dan mengembus kea lam luas.

Jatuh elang laut Ke air biru, tenggelam Dan tiada timbul lagi.

Rumahnya di gunung kelabu Akan terus sunyiSatu-satu akan jatuh membangkai Ke bumi, bayi-bayi kecil tiada bersuara

Bagaimana pendapat kalian tentang puisi tersebut? Apa yang kalian rasakan setelah kalian membaca puisi tersebut? Mungkin kalian juga merasa sedih atau terharu seperti yang dirasakan Chairil Anwar dan Asrul Sani.

F. TUGAS MANDIRI / LEM EAR KERJA SISWAKalian tentu juga telah menyaksikan peristiwa penyerangan dan pembantaian Israel terhadap Palestina melalui siaran berita di televisi atau membaca berita di surat kabar. Apa yang kalian rasakan ketika melihat banyak orang yang meninggal dalam peristiwa itu? Coba kalian bayangkan peristiwa tersebut dan tuangkan dalam bentuk puisi!

39