leaflet asi eks

Click here to load reader

Post on 09-Apr-2016

246 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

asi

TRANSCRIPT

Keunggulan

Air susu ibu

Prodi DIII Jurusan Keperawatan

Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Kalimantan Timur

Tahun 2013Manfaat Bagi Sang Bayi

1.Kekebalan tubuh non spesifikBayi yang mendapatkan ASI dari ibunya memiliki resiko lebih kecil terinfeksi amur, virus dan diare. Salah satu contoh kekebalan non spessifik dalam ASI adalah lisozym dan Lactobacillus bifidus

2. Kekebalan tubuh spesifikSetelah ibu melahirkan ASI yang pertama kali keluar merupakan ASI terbaik karena mengandung sistem kekebalan tubuh yang spesifik yang dapat membunuh bakteri patogen. Dan dalam ASI juga mengandung anti alergi. Oleh karena itu hingga saat ini tidak ada bayi yang alergi terhadap ASI.

Air Susu sapi (Ass) baik untuk sapi, ASI baik untuk bayi

1.Protein dalam ASI ASI mengandung protein lebih rendah daripada ASS, tetapi protein dalam ASI lebih berkualitas dibandingkan ASS

2. Karbohidrat dalam ASIASI megandung karbohidrat lebih tinggi terutama laktosa yang membuat usus bayi dalam suasana asam yang baik untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Selain laktosa juga mengandung galaktosa dan glukosamin yang baik untuk pertumbuhan otak bayi.

3. Lemak dalam ASI

ASI memiliki bentuk emulsifikasi yang lebih baik karena mengandung enzim yang disebut dengan lipase serta mengandung DHA yang baik untuk perkembangan otak bayi.

Apakah itu ASI EKSKLUSIF ?ASI Eksklusif adalah perilaku dimana hanya memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja kepada bayi sampai umur 6 (enam) bulan tanpa makanan dan ataupun minuman lain kecuali sirup obat.

Manfaat ASI Bagi Ibu

1.Murah dan ekonomis

ASI lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan akibat pemberian susu formula. Bayi usia 6 7 bulan pertama menghabiskan sekitar 150 liter susu yang setara dengan 22 kg susu bubuk formula.Bila harga susu formula 400 gr setara dengan Rp. 50.000 maka biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 2.750.000 Belum termasuk biaya pembelian dot, botol susu, alat pemasak, pendingin susu, bahan bakar termasuk biaya pengobatan pada bayi yang diberi susu formula yang membengkak 10 kali lebih besar daripada yang diberi bayi yang diberi ASI.

2. Membantu penurunan berat badan

Jika ibu yang menyusui sedikitnya selama 4 bulan, dia akan kehilangan sedikitnya 5 Kg ditambah juga dengan materi yang dikeluarkan saat lahir seperti plasenta, janin dan darah. Kemungkinan ibu akan mengalami penurunan sebesar 10 Kg

4. Vitamin dalam ASI

Kadar vitamin dalam ASI lebih lengkap dibandingkan dengan ASS begitu juga dengan kandungan mineralnya.

Cara Menyusui Yang Benar1.Cuci tangan yang bersih dengan sabun

2.Perah sedikit ASI dan oleskan disekitar putting

3.Duduk atau berbaring dengan santai.

4.Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi sanggah seluruh tubuh bayi, jangan hanya leher dan bahunya saja, kepala dan tubuh bayi lurus, hadapkan bayi ke dada ibu, sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting susu

5.Dekatkan badan bayi ke badan ibu, menyetuh bibir bayi ke puting susunya dan menunggu sampai mulut bayi terbuka lebar.

6.Segera dekatkan bayi ke payudara sedemikian rupa sehingga bibir bawah bayi terletak di bawah puting susu.

3. Sebagai alat kontrasepsi

Pemberian ASI secara eksklusif akan merangsang sebuah horman yang mempunyai kemampuan untuk menekan terjadinya pembuahan dalam sel telur. Akan tetapi cara ini hanya efektif 98 % saja.4. Hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi

Dengan menyusui terjalin hubungan (kasih sayang) yang lebih erat antara bayi dan ibunya karena secara alami dengan adanya kontak kulit, bayi merasa aman. Hal ini sangat penting bagi perkembangan psikis dan emosi dari bayi.

5.Mengurangi terjadinya kemungkinan kanker

Ibu yang menyusui akan memiliki resiko kecil terhadap terjadinya kanker payudara karena tidak ada ASI yang menumpuk pada payudaranya dan ibu juga rajin dalam melakukan perawatan payudara.

Masalah Dalam Menyusui

dan Cara Mengatasinya1.Putting susu datar atau terbenam

pijat dengan ibu jari dan telunjuk pada puting susu menuju ke arah yang berlawanan

2.Putting susu tidak lentur

lakukan latihan seperti cara mengatasi putting susu yang terbenam 3. Putting susu lecet

A.kalau lecet tidak terlalu berat, ibu bisa terus menyusui bayi. Putting susu diolesi ASI dan biarkan mengering.B.Menggunakan BH yang tidak terlalu ketat.

C.Apabila nyeri hebat, atau luka makin berat, putting susu yang sakit diistirahatkan sampai memungkinkan untuk kembali menyusui bayi D.Selama putting susu yang bersangkutan diistirahatkan, ASI dikeluarkan oleh ibu dengan tangan.4. Payudara Bengkak

A. bayi disusui sampai payudara harus kosong.

B. gunakan BH yang dapat menopang dengan nyaman.

C. kompres dingin dapat mengurangi rasa tidak enak.D. ASI dapat diperas sedikit dengan tangan, frekuensi pengeluaran harus lebih sering. Dalam waktu 1-2 hari keluhan akan reda.