laporan praktikum teknologi informasi er mapper

Download Laporan Praktikum Teknologi Informasi Er Mapper

Post on 20-Jan-2016

19 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNOLOGI INFORMASIER MAPPER

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata KuliahTeknologi Informasi

(TKP143)

Dosen Pembimbing :

Widjonarko, ST, MT

Pangi, ST, MT

Disusun Oleh :

Elza Zetira

21040113060023

PROGRAM STUDI DIPLOMA III

PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGOROSEMARANG2013

A. Latar BelakangKita sebagai calon seorang perecana haruslah belajar atau mempelajari tentang mengolah data mempelajari peta . Berbeda dengan penggunaan aplikasi sketchup den autocad, softwere ini digunakan untuk melihat peta menggunkan google earth atau yang lainnya. Kita diharuskan belajar tentang peta karena kita adalah calon planner. Dijaman sekarang ini seorang perencana haruslah mengerti dan belajar dalam pembuatan peta dan cara membaca peta. Softwere atau aplikasinya ada autocad, sketch up, SPSS, er mapper dan lainnya. Saat sekolah SMP dan SMA dulu kita belom diajarkan. Kecuali kita belajar sendiri. Saat ini kita belajar diperencana atau belajar menjadi seorang perencana. Jadi kita diberi ilmu tentang bagaimana mengaplikasikan SPSS dengan benar. Agar mahasiswa dan mahasiswi mengerti dan dapat mengaplikasikan aplikasi itu sendiri.B. Kajian Teori

ER Mapper adalah salah satu software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengolah data citra atau satelit. Masih banyak perangkat lunak yang lain yang juga dapat digunakan untuk mengolah data citra, diantaranya adalah Idrisi, Erdas Imagine, PCI dan lain-lain. Masing-masing perangkat lunak mempunyai keunggulan dan kelebihannya sendiri. ER Mapper dapat dijalankan pada workstation dengan sistem operasi UNIX dan komputer PCs (Personal Computers) dengan sistem operasi Windows 95 ke atas dan Windows NT.Pengolahan data citra merupakan suatu cara memanipulasi data citra atau mengolah suatu data citra menjadi suatu keluaran (output) yang sesuai dengan yang kita harapkan. Adapun cara pengolahan data citra itu sendiri melalui beberapa tahapan, sampai menjadi suatu keluaran yang diharapkan. Tujuan dari pengolahan citra adalah mempertajam data geografis dalam bentuk digital menjadi suatu tampilan yang lebih berarti bagi pengguna, dapat memberikan informasi kuantitatif suatu obyek, serta dapat memecahkan masalah.

C. Tujuan Teori

1. Agar mahasiswa paham bagaimana mengaplikasikan er mapper.2. Agar mahasiswa dapat memahami apa saja yang ada di er mapper.3. Agar mahasiswa mudah mengolah data dengan er mapper.D. Metode dan langkah kerjabuka er mapper akan keluar hasil dibawah ini.

Kemudian masukkan gambar dengan cara

\Untuk memasukkan gambar.

Menggabungkan band dengan klik kanan - algoritm . lalu duplicad .

Lalu akan prosses

Bukalah google earth untuk menentukan titik koordinatnya, pilih new place- buka juga citra semarang yg ingin di koordinatkan -process-Geocoding Wizard

Pada kotak Geocoding Wizard ada 5 tahapan yang harus dilewati yaitu:

Start: input file - pilih triangulation ; Polynomial Setup: pilih linear ; GCP Setup: change - Datum (WGS84), Projection (SUTM49), Coord System Type (Eastings/Northings) - ok ; GCP Edit: eastings atau northings tentukan titik koordinat pada google earth ; Rectify: output info-> save file and start rectification.

E. Pembahasan

Dari langkah yang teah dilewati kita dapan menggambungkan band lalu menentukan titik koordinatnnya dan mengrectify.F. Kesimpulan Langkah-langkah yang telah kita lewati dicara atau metode langkah kerja dapat kita ambil kesimpulan,kita dapat memanipulasikan data citra yang telah ada datanyadan menghasilkan output yang sesuai dengan yang kita harapkan. Karena kita telah menentukan semuanya.