laporan hasil audit dpm im telkom

Download Laporan Hasil Audit DPM IM Telkom

Post on 05-Jul-2015

219 views

Category:

Documents

9 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Untuk audit RAPBLK 2012

TRANSCRIPT

BADAN AUDIT KEMAHASISWAAN INSTITUT MANAJEMEN TELKOM

LAPORAN AUDITOR INDEPENDEN (FINAL)Kami telah melakukan audit terhadap laporan pertanggung jawaban kegiatan RAPBLK 2012 yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut Manajemen Telkom 2011, (selanjutnya disingkat DPM IM Telkom) per tanggal 11 Mei 2010, serta laporan aktvitas internaleksternal dan laporan arus kas untuk kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2011. Kami juga melakukan pengujian atas kepatuhan DPM IM TELKOM terhadap peraturan perundang-undangan dan pengendalian internal. Laporan pertanggung jawaban serta kepatuhannya terhadap peraturan perundang-undangan dan pengendalian internal adalah tanggung jawab DPM IM TELKOM. Tanggung jawab kami terletak pada pernyataan pendapat atas laporan pertanggung jawaban, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan pengendalian internal berdasarkan audit kami. Kami melaksanakan audit berdasarkan Standar Audit Lembaga Kemahasiswaan yang diterbitkan oleh Badan Audit Kemahasiswaan dan standar auditing yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia dengan penyesuaian pada beberapa hal. Standar tersebut mengharuskan kami merencanakan dan melaksanakan audit agar memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan bebas dari salah saji material. Suatu audit meliputi pemeriksaan atas dasar pengujian bukti-bukti yang mendukung jumlahjumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Audit juga meliputi penilaian atas prinsip akuntansi yang digunakan dan estimasi signifikan yang dibuat oleh DPM IM TELKOM dengan disertakan penilaian terhadap penyajian laporan keuangan secara keseluruhan. Selain itu audit mencakup pengujian atas kepatuhan DPM IM TELKOM terhadap standar laporan pertanggungjawaban dalam hal ini format keuangan yang diminta oleh BAK IM Telkom serta pasal-pasal tertentu standar operating procedure keuangan BEM IM Telkom. Hasil pengujian kepatuhan kami mengungkapkan hal material dari ketidakpatuhan berikut ini, yang berdampak material terhadap kewajaran laporan pertanggung jawaban.

o Kesalahan 1 : Terdapat penerimaan yang dicatat didalam laporan arus kas yang dianggap tidak valid dikarenakan tidak adanya bukti maupun otorisasi yang dilakukan oleh pemberi dana dan pemakai dana atau tidak lengkapnya otorisasi untuk dapat diakui sebagai bukti transaksi sesuai ketentuan SOP keuangan. Jumlah penerimaan tersebut sebesar Rp 100.000 o Kesalahan 2 : Pelanggaran atas apa yang telah diatur dalam SOP Keuangan yang diterbitkan oleh menteri keuangan BEM IM TELKOM dalam bab III pasal 3 tentang larangan transakasi dengan pihak yang tidak mengeluarkan bukti valid dan walaupun ada tidak mampu untuk meyakinkan BAK IM Telkom untuk melakukan auditnya. Hal ini tercantum dalam bukti pengeluaran kas yang berasal dari kantin pak Bambang dimana tidak adanya otorisasi yang meyakinkan atas bukti tersebut. Jumlah pengeluara tersebut adalah Rp 38000,o Kesalahan 3 : Terdapat kesalahan penulisan angka material yang tidak balance antara apa yang tertuang dalam laporan arus kas dengan catatan atas laporannya. Hal ini kita yakini sebagai human-error dan atas hal itu diperlukan untuk membuat penyesuaiaanya. o Kesalahan 4 : Atas laporan ini juga tertuang pelanggaran terhadap format penyusunan laporan bukti aktivitas eksternal maupun internal yang telah diajukan oleh BAK IM Telkom dan telah disetujui oleh seluruh perwakilan ORMAWA IM Telkom.

Kesalahan-kesalahan tersebut diatas kemudian berdampak pada menurunnya kepercayaan auditor terhadap laporan posisi kas yang dibuat oleh DPM IM Telkom untuk kegiatan RAPBLK 2012. Selain kesalahan-kesalahan tersebut kami tidak menemukan kesalahan pada pengendalian internal, kami yakin DPM IM Telkom sudah memiliki pengendalian yang memadai untuk meyakinkan terciptanya pencatatan akuntansi yang memadai. Setelah dilaksanakannya beberapa tahap pembetulan, maka kesalahan pada poin tiga maupun poin empat, dianggap kesalahan non-material sehingga BAK IM Telkom terbuka atas perbaikan dari kedua jenis kesalahan tersebut. Menurut pendapat kami, Laporan Pertanggung Jawaban atas proker yang kami sebut di atas telah menyajikan dengan penilaian Bagus atau berada pada Kategori 1 untuk semua kesalahan yang kami anggap material pada laporan bukti eksternal maupn internal, serta laporan arus kas DPM IM Telkom per tanggal 26 Mei 2011 untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di internal KM IM Telkom.

Bandung, 21 Mei 2011Auditor Utama Keuangan IM TELKOM Penanggung Jawab Audit

Sumayya Syahidah (Anggota merangkap Kepala Departemen Audit BAK IMT 2011) Bandung, Jawa Barat

Bukti nonformal

Format penempatan salah. Bukti internal harus diletakkan tepat dibawah bukti internalnya.

Bukti ?

The real number is ?

LAMPIRAN

Tanggapan atas Temuan Audit Berikut ini adalah tanggapan kami, DPM IM Telkom terhadap hasil audit BAK IM Telkom: 1. DPM IM Telkom belum bisa memberikan bukti penerimaan dari BKA kepada BAK kerena dari BKA belum memberikan bukti tersebut, Tetapi Jika BKA telah memberikan bukti maka akan segera kami serahkan kepada BAK IM Telkom. 2. Untuk kesalahan kedua akan menjadi bahan evaluasi bagi DPM IM Telkom untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari. 3. Untuk kesalahan ke tiga ini ada yang salah dalam pengetikan angka yang kedepannya akan kami perbaiki kembali. 4. Untuk kesahan ke empat karena ada miss komunikasi. DPM IM Telkom baru mengetahui format setelah Laporan PertanggungJawaban (LPJ) di serahkan ke BAK IM Telkom. Kami menerima rekomendasi dari pihak auditor independen dalam hal ini BAK IM Telkom. Dimana sebagian besar dari rekomendasi mereka adalah guna memperbaiki pengendalian internal terhadap keuangan DPM IM Telkom itu sendiri. Hal itu guna memperpaiki Laporan Pertanggungjawaban DPM IM Telkom 2011.

Hormat Kami

DPM IM Telkom

Adalah tanggapan kami, BAK IM Telkom, atas tanggapan dari DPM IM Telkom. 1. Pengendalian internal atas keuangan adalah menjadi tanggung jawab BAK IM Telkom. Permasalahan-permasalahan keuangan dapat muncul sewaktu-waktu karena fungsi desain pengendalian internal yang sudah dirancang dengan baik, tidak dijalankan dengan semestinya. Desain yang telah dibuat seharusnya sudah disesuaikan dengan fungsi dan tujuan organisasi dalam melakukan penjagaan terhadap kas dan pengelolaan dana tersebut sehingga dapat meminimalisir timbulnya kecurangan, penghilangan, maupun kesalahpenyajian/pencatatan. Oleh karena itu, dengan alasan apapun desain yang sudah dibuat seharusnyalah diikuti dan dijalankan dengan baik kecuali jika manajemen organisasi memutuskan untuk melakukan review dan revisi dari SOP keuangan yang sudah ada agar lebih efektif dan efisien dengan tidak mengesampingkan fungsi dan tujuan dari pengendalian internal tersebut yang tentunya dikomunikasikan lebih lanjut dengan pihak terkait agar dapat dijalankan dengan sebaikbaiknya. 2. Pihak ketiga dalam hal ini BKA, telah kami mintai persetujuan untuk selalu memberikan bukti penerimaan kepada siapapun ORMAWA yang mengambil dananya untuk kepentingan Proker yang tercantum dalam APBLK tahun 2011 yang merupakan dasar pelaksanaan audit BAK IM Telkom. Atas temuan-temuan ini, kami harapkan bahwa kedepannya pengendalian internal atas keuangan DPM IM Telkom semakin baik. Untuk LPJ selanjutnya, kami harapkan DPM IM Telkom bisa semakin baik dalam hal penyajian LPJnya baik kesesuaian atas format keuangan yang telah kami berikan maupun kepatuhan atas pasal-pasal yang tertuang dalam SOP Keuangan 2011. kami telah melakukan perubahan terhadap temuan audit terkait sehingga berpengaruh terhadap opini audit pada draft yang telah direvisi pada laporan audit ini. Atas perhatian dan komitmennya kami ucapkan terima kasih.