lapora study tour ke malang

Judul Laporan : Study Tour & Liburan Di Malang Waktu kunjungan : 20.00 WIB Malang Tempat kunjungan : Malang , Jawa Timur Tujuan kunjungan : 1.) Taman Selecta 2.) Pusat oleh-oleh 3.) Taman Safari Indonesia ll 4.) Masjid Klenteng 5.) Pusat kerajinan kulit,Sidoarjo Study Tour & Liburan Di Malang ,Jawa Timur Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kesehatan ,karunia,rahmat dan hidayah Nya kepada kita semua. Hanya kepada Nya kami meminta dan hanya kepada Nya kami memohon pertolongan dan ampunan dan atas ridho Nya sehingga kami dapat menyampaikan hasil laporan perjalanan pada tanggal 15 maret-16 maret 2015 di Malang Jawa Timur,sebagai berikut :

Upload: firdika-arini

4.) Masjid Klenteng

5.) Pusat kerajinan kulit,Sidoarjo

Study Tour & Liburan Di Malang ,Jawa Timur

Nya kami memohon pertolongan dan ampunan dan atas ridho Nya sehingga kami dapat

Jawa Timur,sebagai berikut :

Kunjungan pertama kami adalah di Taman Selecta Jawa Timur.Taman ini di dirikan

oleh seorang warga negara Belanda selitar tahun 1930-an,dan diresmikan pada tanggal 19

Januari 1950,tingginya yakni 1150M dari permukaan air laut.Keindahan Taman Selecta

semakin lengkap karena lokasinya yang berada dipuncak bukit dengan dikelilingi gunung

Panderman ,gunung Arjuna,gunung Anjasmoro,serta gunung Welirang.Keempat gunung

tersebut saat ini masih mengepulkan asap belerang.Wahana rekreasi yang terdapat di

Taman Selecta adalah :

14.Aquarium raksasa

15-Goa singa(lion tunnel)

Khusus kolam renang airnya asli dari mata air pegunungan yang berasal dari 3

sumber air yaitu,Sumber Jobranti ,Sumbr air Sri Agung yang keseluruhan mata air itu

berada dikawasan Seleecta.Di sana siswa siswi SMP 2 MEJOBO dibebaskan berkeliling di

taman selecta dan juga ada yang berenang,di taman selecta juga terdapat pemandiam air

hangat.Suhu udara di taman selecta sangat dingin sekali apalagi pada saat fajar .Di sana

kami juga dibebaskan untuk melihat pemandangan - pemandangan alam yang sangat indah

sekali.

Taman selecta juga banyak dikunjungi wisatawan ,di sana ada juga yang membeli

bunga ,berfoto dan lain lain. Bukan hanya siswa siswi SMP 2 MEJOBO saja yang

berkunjung kesana,banyak sekali siswa -siswi yang datang dari sekolah lain untuk

menikmati keindahan disana.

Sebelum kami melanjutkan perjalanan ketempat lainnya,kami juga menyempatkan

diri untuk membeli sovenir yang ada dipusat oleh-oleh deduwa,malang.Disana banyak

sovenir-sovenir yang terkenal,diantaranya adalah keripik berbagai rasa buah,beberapa

buah-buahan yakni buah apel,buah jeruk,buah nagka dan segagainya.Jika kita ingin

membeli,kita tidak perlu khawair jika uang kita akan habis karena mahalnya berbagai

sovenir disana.Karena semua barang yang dijual d isana adalah barang yang berkualitas dan

harganya yang sangat terjangkau bagi pengunjung.Setelah puas berada di sana semua

siswa siswi kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke prigen,perjalanan berlangsung

cukup lama .

Di dalam bus 1 keadaan nya sangat tenang dan tidak gaduh tetapi ada yang mabuk

,setelah menunggu lama akhirnhya kami semua sampai jiga di prigen ,pemandu wisat a

membangunkan siswa siswi yang tertidur .Akhirnya supir pun memakirkan bus ke area

parkir dan pemandu wisata membagikan tiket masuk ke prigen.

Taman Safari Indonesia ll adalah salah satu safari park terluas di Asia yan terletak

dibawah gunung Arjuna Jawa Timur ,Taman Safari Indonesia ll diresmikan oleh Gubrnur

Jawa Timur yaitu Bapak Basofi Iskandar .

Setelah kami menunggu di area parkir dan semua sudah memperoleh tiket ,siswa

siswi SMP 2 MEJOBO langsung naik ke bus untuk melakukan perjalanan masuk ke taman

safari dan kita berkelililng melihat-lihat satwa liar yang berada di hutan tersebut ,hutan

diTaman Safari masih asli dan murni.Di hutan tersebut satwa tidak dikurung melainkan

dilepaskan di hutan secara bebas dan pohon-pohon yang berada di hutan itu diberi

pelindung dari besi agar tidak dirusak oleh satwa liar yang ada di sana.

Perkembangbiakkan di taman safari memiliki tempat khusus bagi setiap

binatang.Contohnya sperti di kawasan amerika,eropa.di kawasan ini terdapat beberapa

binatang seperti:

Waterbuck

Sabley Antelope

Kuda Nil

Setelah kami berkeliling melihat satwa liar akhrinya kami pun sampai di area bermain

yang berada di Taman Safari indonesia ll ,di sana ada berbagai macam fasilit as -

fasilitas,seperti:

Safari park terluas se Asia

Water park

Aksi live show

Tak kenal maka tak sayang,burung hantu,orang utan dll

Bid of prey,burung elang

Lumba-lumba

Jurney to the temple of terror

Global warning show,orang utan

Elephant education,gajah asia

Baby zoo

Ticketing & computer fiber optick,touchscreen

Didalam Taman Safari kami segera menuju ruang persinggahan untuk makan siang

dilanjutkan dengan bermain.Makan siang kami bukanlah makan siang yang selalu kami

makan jika dirumah,melainkan hanyalah nasi kotak.Lalu kami menyempatkan diri untuk

bermain tapi kami hanya diberi waktu sampai jam 3 ,bercanda gurau dengan sesama

teman.

Di sana kami bermain wahana-wahana yang tidak pernah kami lalui bersama,seperti

wahana puri misteri,gajah terbang,rollercoaster,safari swinger,cangkir,gokart,antique car,rio

bravo,safari jeep,safari paint ball war game,indian kayak bom bom boat. Setelah waktu

menunjukkan pukul 3 kami pun langsung berkumpul dan naik ke bus untuk melanjutkan

perjalanan ke Masjid Muhammad Cheng Ho di Malang.

Letak masjid muhammad cheng ho berada disisi barat jalan antara surabaya dan

malang. Lokasi ini dikatakan sangat strategisdan sering menjadi persinggahan orang yang

melintas didaerah ini.

Masjid bernuansa Tionghoa ini terletak di Jalan Gading, Kecamatan Genteng,

Surabaya. Lokasinya sekitar 1 km sebelah utara Balaikota Surabaya dan sekitar 100 meter

dari Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

Konon,menurut informasi yang diterima direktori wisata dilokasi masjid ini diambil dari

nama saudaga muslim dari china yang pertama masuk islam ke Indonesia ,seorang seorang

saudagar yang memiliki jiwa petualang.Beliau bukan hanya dikenal sebagai saudagar

kaya,namun beliau juga dikenal sebagai seorang muslim yang taat dan turut berdakwah

menyebarkan agama islam di indonesia.

Setelah kami shalat di sana,kami semuapun langsung melanjutkan perjalanan ke

tujuan selanjutnya yaitu ke pusat kerajinan kulit sidoarjo.Saat perjalanan menuju ke sana

kami melewati lokasi lumpur lapindo disidoarjo tapi kami hanya melihat tanggulnya,setelah

kami menunggu lama,akhirnya kami pun sampai di pusat kerajinan kulit tanggulangin.

Kami sampai di sana sekitar jam 5 sore dan pada waktu itu cuaca nya sedang

hujan.Di sana ada bermacam-macam kerajinan kulit seperti, tas,sepatu dll,di sana juga ada

makanan.

Pusat kerajin n kulit di tanggulangi bernama permata .harga yang ditawarkan pun

jauh dari harga rata - rata yang ada di pertokoan dengan kualitas yang sama saat

ini.Contohnya jaket berbahan kulit sapi di pertokoan atau pusat perbelanjaan minimal

ditawarkan dengan harga satu jutaan rupiah, bahkan lebih, padahal di Tanggulangin

kisaran harga hanya Rp700 hingga Rp800 ribu.

Setelah kita puas disana,kami pun melanjutkan perjalan ke rumah

makan,Tuban.perjalanan menuju ke sana memakan waktu lama. Semua siswa tertidur

pulas,setelah sampai disana kami pun dibangunkan untuk turun dari bus,kami sampai

disana sekitar pukul 10 malam.Saat itu kami pun bergegas turun dari bus untuk makan

malam di restaurant tsb.Makanan yang ada di sana disiapkan secara prasmanan,makan

dengan mengantuk itulah yang kami rasakan saat itu.Setelah perut telah terisi kami pun

langsung bergegas masuk kedalam bus untuk melanjutkan perjalanan.Di perjalanan,kami

tidur dengan nyenyak,menunggu pemandu bus membangunkan kami semua.Sekitar jam

01.30 WIB kami semua telah tiba di Kudus dengan selamat,dan kami pun bergegas untuk

turun dari bus dan mengambil oleh-oleh yang ada di dalam bagasi bus.

Uuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhh............sungguh pengalaman yang tak terlupakan &

mengesankan.

I LIKE THIS

Kesimpulan:

Liburan ini sungguh mengesankan,karena kami melakukan semua hal bersama teman-

teman dengan penuh kebahagiaan dan keceriaan.Liburan yang memperluas wawasan serta

IPTEK yang mungkin belum kita ketahui.