lapkas combustio

Download lapkas combustio

Post on 24-Nov-2015

34 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAB ILAPORAN KASUS

1.1. IDENTIFIKASINama: Ny. NurlinaJenis Kelamin: PerempuanUsia: 25 tahunKebangsaan: IndonesiaAgama: IslamStatus: MenikahPekerjaan: IRTAlamat: Jl. Sempurna Medan TembungMRS: 4 Februari 2014

1.2. ANAMNESIS (alloanamnesis tanggal 4 Februari 2014) Keluhan Utama:Luka bakar api pada wajah, dada, perut, kedua lengan, dan kedua tungkai Riwayat Perjalanan Penyakit: 4 jam SMRS penderita tersambar api oleh karena ledakan gas saat memasak. Luka terdapat pada wajah, dada, perut, kedua lengan, dan kedua tungkai, penderita tampak sesak nafas (+), sukar bicara (+), nyeri (+), lalu penderita dibawa ke Rumah Sakit Haji Medan. Riwayat terperangkap dalam ruangan tidak ada Riwayat penyakit sistemik yang pernah diderita tidak ada

1.3. PEMERIKSAAN FISIK Survey primerA : BaikB : Pernafasan = 24x/ menit C : Tekanan Darah = 110/70 mmHg Nadi = 80x/ menit Suhu badan = 36,0 C Berat badan = 65 kg Tinggi badan = 150 cm

Survey sekunder : Tampak luka bakar api pada : Wajah dan leher: 4,5% Dada dan perut: 18% Lengan kanan: 4,5% Lengan kiri: 4,5% Tungkai kanan: 9% Tungkai kiri: 9% TOTAL: 49,5%

1.4. PEMERIKSAAN PENUNJANGPemeriksaan Laboratorium (tanggal 7 Februari 2014) Hb: 10.3 g/dlHt: 25.2 vol% Eritrosit : 3.400.000 mmLeukosit : 25.200 mmTrombosit : 188.000 mmHitung jenis : 2/0/0/88/7/61.5 DIAGNOSIS KERJALuka bakar api derajat II 50%.

1.6 PENATALAKSANAAN Pipa Endotrakeal + Oksigen Resusitasi dengan RL Pemasangan Kateter urin Antibiotik Analgetik Antitetanus Wound toilet : Silver Sulfadiazine cream Observasi vital sign dan urin output Debridement

1.8 PROGNOSISDubia et bonam

BAB IITINJAUAN PUSTAKA

I.Definisi1,3Luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh panas(api, cairan panas, arus listrik,radiasi) bahan kimia, dan penyebab lain dengan akibat serangan yang mengenai kulit, mukosa dan jaringan lebih dalam1.

II.Etiologi1,2,4,6,7Luka bakar disebabkan antara lain oleh api, air panas, bahan kimia, listrik, petir, radiasi, sengatan sinar matahari dan arena tungku panas atau udara panas1.Pada luka bakar listrik harus dibedakan :-akibat ledakan -akibat arus listrik disini ada luka masuk dan luka ke luar yang kecil tetapi dalam.

III.Patofisiologi3Akibat pertama luka bakar adalah shok karena kaget dan kesakitan, pembuluh kapiler yang terkena suhu tinggi rusak, aliran listrik akan merangsang jaringan atau organ yang yang dilalui, misalnya - Otot Otot yang teraliri listrik akan kontraksi, sehingga telapak tangan yang memegang listrik tidak akan melepaskan kabel, diafragma akan lumpuh sehingga penderita berhenti bernapas bila berkepanjangan akan terjadi hipoksi- JantungTerjadi fibrilasi sampai cardiac arrest dan asidosis. Pada resusitasi harus diberi bicarbonas natricus.- Tulang Akibat tulang yang dialiri panas, otot disekitarnya akan terbakar . Mioglobin akan keluar melalui urin dan urin berwarna hitam.Meningkatnya permeabilitas menyebabkan oedem dan menimbulkan bullae. Hal ini menyebabkan berkurangnya volume cairan intravaskuler, tubuh kehilangan cairan antar -1% blood volume setiap 1% luka bakar. Kerusakan kulit akibat luka bakar menyebabkan kehilangan cairan karena penguapan yang meningkat(insensible water loss meningkat). Bila luka bakar terjadi lebih dari 20% akan terjadi shok hipovolemik dengan gejala-gejala seperti gelisah, pucat, nadi kecil dan cepat, tekanan darah menurun.jumlah produksi urine yang turun pada luka bakar dapat mengakibatkan kegagalan ginjal.Pada luka bakar yang mengenai muka dapat terjadi kerusakan mukosa jalan napas karena gas, asap atau uap panas yang tersisa. Gejala yang timbul adalah sesak napas, takipnue, stridor, suara serak, dan berdahak berwarna gelap karena berjelaga.Dapat juga terjadi keracunan gas co2, tanda-tanda keracunan yang ringan adalah lemas, bingung, pusing, mual, dan muntah.Pada luka bakar yang berat terjadi ileus paralitik. Pada edema yang luas dan mendadak akibat luka bakar dapat terjadi gangguan sirkulasi karena perubahan permebilitas pembuluh darah. Koloid dengan berat 300.000 dapat keluar dari pembuluh darah menyebabkan menurunnya tekanan onkotik. Hal ini menyebabkan mudahnya cairan ke luar dari pembuluh darah. Perubahan tekanan onkotik juga menyebabkan potensial membrane sel menurun akibat na dan air masuk kedalam sel dan kalium keluar sel, hal ini menyebabkan peristaltik usus menurun.

IV.Diagnosis1Diagnosis luka bakar ditegakkan berdasarkan:1. Luas2. Kedalaman3. Penyebab4. Lokasi

IV.aLuas Luka Bakar2 Perhitungan luka bakar berdasarkan rules of nine dari Wallace:- kepala, leher 9%- lengan, tangan2x9%- paha, betis, kaki4x9%- dada, perut, punggung, bokong4x9%- genitalia1%

Gambar 1. rule of nine, luas luka bakar

untuk anak umur 5 tahun(menurut Lund and Browder): - kepala 14%- tungkai, kaki16%- bagian yang lain sama dengan dewasa

Gambar 1.2 modifikasi rule of nine menurut Lund and Browder

bayi 1 tahun(menurut Lund and Browder):- kepala, leher18%- tungkai,kaki14%- bagian lain sama dengan dewasa

Gambar 1.3 modifikasi rule of nine menurut Lund and Browderuntuk luka bakar yang distribusinya tersebar, rumus luas permukaan telapak tangan(tidak termasuk jari-jari) penderita sama dengan 1% luas permukaan tubuhnya.

IV.bKedalaman Luka Bakar1,3,4,5,6,8 Luka Bakar Derajat 1Kerusakan terbatas pada lapisan epidermis, ditandai dengan kemerahan, nyeri karena ujung-ujung saraf sensori teriritasi, dan setelah 24 jam timbul gelembung yang kemudian kulit mengelupas, penyembuhan kulit spontan tanpa pengobatan khusus.

Luka Bakar Derajat 2Kerusakan sampai lapisan dermis, ditandai dengan timbulnya bullae, luka bakar dengan kedalaman ini sering kali disertai dengan rusaknya struktur di bawah kulit, seperti folikel rambut, kelenjar sebaseus (minyak), atau jaringan kolagen sangat terasa nyeri karena ujung-ujung saraf teriritasi. Dalam fase penyembuhan akan tampak daerah bintik-bintik biru dari kelenjar sebacea dan akar rambutLuka bakar derajat dua dibagi menjadi : A. SuperfisialMengenai epidermis dan lapisan atas dermis, akan sembuh dalam 2minggu tanpa terbentuk sikatrik.B. DalamKerusakan seluruh bagian dermis dan sisa-sisa jaringan epitel tinggal sedikit. Penyembuhan terjadi lebih lama dan disertai parut hipertofi, penyembuhan melalui jaringan granulasi tipis dan sempit akan ditutup oleh epitel yang berasal dari dasar luka selain dari tepi luka.biasanya penyembuhan luka terjadi lebih dari satu bulan.

Luka Bakar Derajat 3Kerusakan seluruh lapisan kulit atau lebih dalam sampai mencapai subkutan, otot dan tulang. Tampak epitel terkelupas dan daerah putih karena koagulasi protein dermis. Tidak dijumpai bullae, tidak dijumpai rasa nyeri dan hilang sensasi karena ujung-ujung sensori rusak. Dermis yang tebakar kemudian mengering dan menciut, disebut esker. Bila eskar melingkar akan menekan arteri, vena dan syaraf perifer. Yang tertekan pertama biasanya saraf dengan gejala rasa kesemutan. Sayatan longitudinal lapisan dermis dan tanpa memotong vena akan membebaskan penekanan dan tanpa perdarahan yang berarti. Setelah minggu kedua eskar mulai lepas karena lesi diperbatasan dengan jaringan sehat kemudian tampak jaringan granulasi dan memerlukan penutupan dengan skin graft. Bila granulasi dibiarkan, akan menebal dan berakhir dengan jaringan parut yang menyempit. Keadaan ini disebut kontraktur.Gambar 2.1 derajat luka bakar

IV.cPenyebab Luka Bakar3,91. Luka bakar panas (thermal)Luka bakar panas (thermal) disebabkan oleh karena terpapar atau kontak dengan api, cairan panas atau objek-objek panas lain.

2. Luka bakar kimia (chemical)Luka bakar kimia (chemical) disebabkan oleh kontaknya jaringan kulit dengan asam atau basa kuat. Konsentrasi zat kimia, lamanya kontak dan banyaknya jaringan yang terpapar menentukan luasnya injuri karena zat kimia ini. Luka bakar kimia dapat terjadi misalnya karena kontak dengan zat-zat pembersih yang sering dipergunakan untuk keperluan rumah tangga dan berbagai zat kimia yang digunakan dalam bidang industri, pertanian dan militer. Lebih dari 25.000 produk zat kimia diketahui dapat menyebabkan luka bakar kimia3. Luka Bakar listrik (Electric)Luka bakar listrik (electric) disebabkan oleh panas yang digerakan dari energi listrik yang dihantarkan melalui tubuh. Berat ringannya luka dipengaruhi oleh lamanya kontak, tingginya voltage dan cara gelombang elektrik itu sampai mengenai tubuh.4. Luka bakar radiasi Luka bakar radiasi disebabkan oleh terpapar dengan sumber radioaktif. Tipe injuri ini seringkali berhubungan dengan penggunaan radiasi ion pada industri atau dari sumber radiasi untuk keperluan terapeutik pada dunia kedokteran. Terbakar oleh sinar matahari akibat terpapar yang terlalu lama juga merupakan salah satu tipe luka bakar radiasi.

V.Komplikasi Luka Bakar21. Syok karena kehilangan cairan.2. Sepsis / toksis.3. Gagal Ginjal mendadak4. Peneumonia

VI.Prognosis :1. Tergantung derajat luka bakar.2. Luas permukaan3. Daerah yang terkena, perineum, ketiak, leher dan tangan karena sulit perawatandan mudah kontraktur.4. Usia dan kesehatan penderita.

VII. Penggolongan Luka Bakar1,31. luka bakar berat - derajat 2, luas luka 25% pada orang dewasa dan 20% pada anak-anak.- derajat 3, luas luka bakar 10% - luka bakar mengenai muka, telinga, mata, kaki, tangan, dan genitalia/perineum .- luka bakar disertai trauma jalan napas dengan cedera inhalasi, trauma jaringan lunak yang luas, atau fraktura.- luka bakar akibat listrik.

2. luka bakar sedang- derajat 2, luas luka bakar 15-25% pada orang dewasa dan 10-20% pada anak-anak.- derajat 3 kurang dari 10%, kecuali muka tangan, kaki.

3. luka bakar ringan- derajat 2 kurang dari 15% pada orang dewasa dan kurang dari 10% pada anak-anak.- derajat 3 kurang dari 2%

Indikasi Rawat Inap1:1. derajat 2 lebih dari 15% pada orang dewasa dan lebih dari 10% pada anak-an