kutipan novel anggi

of 59 /59
Selasa, 19 April 2011 KUTIPAN NOVEL "REMAJA DILANDA CINTA" Sarman, itu adalah nama seorang anak SD kelas enam di SD sabilunnaja, dia mempunyai lima sahabat yang selalu menemani nya, terutama ada satu sahabat yang paling dekat dengan nya, namanya iman. Iman adalah seorang anak yang sangat pintar, bahkan iman memiliki kepintaran melebihi sarman, iman selalu mendapat peringkat pertama pada kenaikan kelas, itu memberikan rasa iri pada sarman, tapi..., mungkin rasa iri ini rasa iri yang baik yang baik untuk sarman, conto nya dengan rasa iri nya ini dia jadi semangat belajar demi mendapat peringkat seperti iman, dan akibat semangat belajar sarman dia juga bisa mendapat kedua setelah iman. "Lumayan lah!!!..... daripada gak sama sekali?!" ujar sarman. Seperti anak-anak yang lain, sarman juga merasakan cinta, cinta pertama nya yaitu pada sinta, anak yang baik, putih, cantik, juga pintar, banyak orang yang juga cinta sama sinta, iman juga pernah menyimpan perasaan terhadap sinta, walau mungkin cinta mereka ber tepuk sebelah tangan, berbeda dengan cinta nya sarman yang diterima dan di balas sinta, orang bilang cinta sarman adalah cinta monyet, namun sarman merasa itu cinta sejati. Malam itu sarman menelpon sinta, dengan niat ingin mengungkapkan cintanya pada sinta, namun, "Man, kamu bicara sama aku lewat SMS aja!" jawab sinta. Akhirnya sarman menuruti nya, dia menembak sinta lewat SMS dan sinta pun menuruti nya. Jadilah mereka pacaran!!! Hubungan nya dengan sinta berlangsung cukup lama, dan hubungan mereka berakhir saat mereka masuk SMP yang berbeda. Saat mereka perpisahan sarman mendapat kabar bahwa sinta akan pindah ke caringin karna mengikuti ia mengikuti orang tua nya, tentu saja itu kabar yang buruk buat sarman karna ia tidak bisa bertatap wajah lagi dengan sinta. Akhirnya mereka berpisah, yang sarman miliki hanya nomor HP dan foto sinta yang sinta berikan supaya sarman tetap mengingat sinta. Pada suatu hari, HP sarman hiang sehingga

Author: ithaa-margarithaa

Post on 08-Nov-2015

47 views

Category:

Documents


12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

f

TRANSCRIPT

Selasa, 19 April 2011KUTIPAN NOVEL "REMAJA DILANDA CINTA" Sarman, itu adalah nama seorang anak SD kelas enam di SD sabilunnaja, dia mempunyai lima sahabat yang selalu menemani nya, terutama ada satu sahabat yang paling dekat dengan nya, namanya iman. Iman adalah seorang anak yang sangat pintar, bahkan iman memiliki kepintaran melebihi sarman, iman selalu mendapat peringkat pertama pada kenaikan kelas, itu memberikan rasa iri pada sarman, tapi..., mungkin rasa iri ini rasa iri yang baik yang baik untuk sarman, conto nya dengan rasa iri nya ini dia jadi semangat belajar demi mendapat peringkat seperti iman, dan akibat semangat belajar sarman dia juga bisa mendapat kedua setelah iman. "Lumayan lah!!!..... daripada gak sama sekali?!" ujar sarman. Seperti anak-anak yang lain, sarman juga merasakan cinta, cinta pertama nya yaitu pada sinta, anak yang baik, putih, cantik, juga pintar, banyak orang yang juga cinta sama sinta, iman juga pernah menyimpan perasaan terhadap sinta, walau mungkin cinta mereka ber tepuk sebelah tangan, berbeda dengan cinta nya sarman yang diterima dan di balas sinta, orang bilang cinta sarman adalah cinta monyet, namun sarman merasa itu cinta sejati. Malam itu sarman menelpon sinta, dengan niat ingin mengungkapkan cintanya pada sinta, namun, "Man, kamu bicara sama aku lewat SMS aja!" jawab sinta. Akhirnya sarman menuruti nya, dia menembak sinta lewat SMS dan sinta pun menuruti nya. Jadilah mereka pacaran!!! Hubungan nya dengan sinta berlangsung cukup lama, dan hubungan mereka berakhir saat mereka masuk SMP yang berbeda. Saat mereka perpisahan sarman mendapat kabar bahwa sinta akan pindah ke caringin karna mengikuti ia mengikuti orang tua nya, tentu saja itu kabar yang buruk buat sarman karna ia tidak bisa bertatap wajah lagi dengan sinta. Akhirnya mereka berpisah, yang sarman miliki hanya nomor HP dan foto sinta yang sinta berikan supaya sarman tetap mengingat sinta. Pada suatu hari, HP sarman hiang sehingga nomor HP sinta pun hilang, dan sarman tidak bisa menghubungi sinta lagi, yang sarman miliki hanya foto sinta yang ia simpan di dompet nya, sarman tidak menyangka bahwa ia benar- benar berpisah dengan sinta wanita yang sangat di cintai nya. karna rasa cinta nya yang amat dalam, sarman tidak menyerah, ia terus mencari informasi tentang sinta, ibarat pribahasa bumi pun di tembus oleh nya, terbukti dengan bertemunya mereka d akun facebook, sarman juga mendapatkan kembali nomor sinta juga di akun facebook, itu saat sarman kelas dua SMP, dan tau gak? sinta juga setia loh sama sarman, jodoh memang gak kemana, kemana pun sinta pergi ia pasti kembali pada sarman, meskipun belum bisa ketemu sih!!! tapi itu sudah jadi anugrah buat sarman.Label:Karya; saepul rohmanSinopsis Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Ada seorang anak remaja yang bernama Keke. Umurnya 13 tahun. Dia remaja aktif yang duduk di kelas 2 SMP. Suatu pagi Dia terbangun dengan mata memerah kemudian hidungnya berdarah. Ayahnya membawa dia ke Dokter untuk diperiksa.

Awalnya Dia pikir, keke hanya flu biasa dan kelelahan sehabis mengikuti olah raga volley. Tetapi Dia salah, ayahnya mendapatkan kabar kalau keke terserang kanker ganas. Kanker itu dapat membunuhnya dalam waktu lima hari. Ayah keke merahasiakan kanker itu darinya, ia takut bila keke tahu harus dioperasi dengan kehilanagan sebagian wajah kirinya.

Hari berlanjut, di wajah keke mulai tumbuh gumpalan sebesar bola tennis dan perlahan sebesar buah kelapa. keke menangis, tapi tak ada yang mau memberi tahu penyakit apa yang ada di wajahnya. Keke jalani hidupnya senormal mungkin, namun kanker itu menghalangi langkahnya, keke tidak ingin menangis dan berpikir dia sakit. Walau Dia sadar bahwa hidupnya tidak akan lama lagi.

Tuhan memberikan nafas panjang padanya untuk bertahan selama tiga tahun dari penyakit ini. keke pun menulis surat kecil pada Tuhan, semoga tidak ada lagi orang yang mengalami hal yang sama dengannya.Ini adalah Surat Kecil Untuk Tuhan yang ditulis dengan keke :TUHAN ANDAI Aku BISA KEMBALIAku INGIN TIDAK ADA TANGISANANDAI Aku BISA KEMBALIAku TIDAK INGIN ADA LAGI HAL YANG SAMA TERJADI PADAKUTERJADI PADA SIAPAPUN

TUHAN ANDAI Aku BISA MEMOHONJANGAN ADA TANGIS DAN DUKA DI DUNIA LAGITUHAN ANDAI Aku BISA MENULIS SURAT UNTUKMUJANGAN PISAHKAN Aku DARI SAHABAT DAN ORANG YANG Aku SAYANGIN.

Aku INGIN MENJADI DEWASA SEPERTI BURUNG YANG BISA TERBANG KETIKA IA DEWASAAku INGIN AYAH MELIHAT Aku KETIKA Aku MEMILIKI LAGI KEINDAHAN GERAIAN RAMBUT..

TUHAN SURAT KECILKU INI..ADALAH PERMINTAAN TERAKHIRKUANDAI Aku BISA KEMBALI..Analisis Unsur Intrinsik : Tema : Perjuangan seorang Remaja melawan penyakit kanker Ganas (Rabdomiosarcoma),tetapi memiliki semangat untuk Hidup. Penokohan : ~Keke (Tokoh utama yang Berperan Sebagai Aku) : Seorang remaja yang aktif,cerdas,dan percaya diri.Memiliki Keinginan dan cita-cita dirinya sendiri,walau hidupnya tidak akan lama- Lagi.Hal ini dapat dilihat dari Bacaan hal 11 : Satu Lagi kebiasaanku setiap pulang sekolah Sambil menunggu ayah selesai bekerja di kantor sekolah.Aku Sering ikut ekstrakulikuler volley dengan kakak-kakak kelas dan kedua Kakakku.Selain itu, aku juga suka ikut membantu mereka untuk mem- Buat Mading (Majalah Dinding).Kemudian aku diarahkan oleh kakak Kelasku menjadi team Kreatif MADING karena kata mereka aku ber- Bakat menggambar dan daya imajinasiku tinggi.Bagitu kata mereka. ~Ayah Keke (Dalam cerita Disebut Ayah) :Seorang ayah yang bijaksana dan perhatian kepada ketiga Anaknya.Hal inidapat dilihat dari Bacaan Hal 61 :Aku menolak di gigitan kedua, tetapi ayah dengan setia berada disam-pingku dan terus memberikan dukungan kepadaku sambil merayuku untukmemakan obat-obat herbal tersebut.Ayo, KekeDimakan sayang kanKamu mau sembuh.Kita berangkat umroh sama-sama nanti kalau kamuSembuh.Nanti di tanah suci kita bersyukur kepada Allah karena kamu dibe-rikan kesehatan.Kamu mau kan sayang??? Kata Ayah ~Andi : Pehatian dan Penyayang.Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 72. : Keke, Andi tau kamu marah terhadap keadaan! Tapi bukanlah menyiksa- diri seperti ini bukanlah Keke yang sesungguhnya?! Keke yang sesu- ngguhnya adalah orang yang Andi cintai dan seorang gadis yang tabah.Keke yang Andi cintai adalah putri yang selalu tersenyum dan riang dalam keada- an apapun! Ujar Andi.~Pak Iyus : Sangat setia pada keluarga Keke.Baik penyabar, perhatian terhadap Keke. Hal ini dapat dilihat Dari bacaan Hal 113 : Kamu tenang aja, Ke. Nggak usah khawatir.Ada ayah,ada kak Chika,ada kak Kiki dan ada pak Iyus yang nemenin kamu kemana aja. Pokoknya kamu tenang aja. Mendingan kita lanjutkan Makan kita ini, oke? Ujar pak Iyus sambil mengajakku bercanda.~Sahabat-Sahabat Keke. (Fadha,Maya,Shifa,Ida,Andhini)Baik, setia menemani Keke Disaat-saat terakhir Keke baik, setia Kawan.Hal ini dapat dilihat dari Bacaan Hal 99 :Hal pertama yang kulakukan ketika aku kembali ke bangku sekolahku, yaitu..Kuletakkan tanganku dan kusentuh dengan jariku.Rasa lembut meja coklatIni nyaris telah kulupakan. Fadha dan Sahabat-sahabatku hanya tersenyumPadaku sambil berkataWelcome back,Keke..!!Ujar Mereka..~Bibi : Seorang Pembantu rumah tangga yang baik dan perhatian kepada Keke. Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 13-14 : Ayah sudah menunggu di mobil bersama supirnya. Aku berlari menuju bangku belakang.Lalu ayah berkata padaku, Lama banget sih Katanya mau latihan dulu sebelum upacara pagi ini! Aduh ayah.. Maaf, tadi kesiangan sedikit.. Lalu Bibi memberikan roti kepada ayah untuk diberikan padaku Ini, makan roti yang sudah disiapkan Bibi!~Kak Kiki : Suka Bercanda dan sedikit jahil kepada Keke.Hal ini dapat dilihat dariBacaan Hal 29: Kak Kiki tidak percaya begitu saja.Saat aku lengah, dia langsung mencopot Kacamata hitamku. Akhirnya semua pun tau. Benar saja dugaanku!! Tawa Kakakku meledak dan ia terlihat senang melihat wajahku. Untungnya ayah Langsung melotot ke arah kakakku dan kak Kiki pun terdiam. Ayah mem- perhatikan keadaan mataku. Ia sedikit panik melihat aku bisa tertular pe- nyakit mata karena sejak kecil aku terbilang jarang sakit.~Angel : Sombong,norak,dan suka mengejek sesama temannya.Hal ini dapat dilihat Dari bacaan Hal 33 : Sebelum pertandingan,Angel sempat mendatangi timku. Aduh, kayaknya kalau memang dengan keadaan musuh yang sakit nggak Enak juga ya? Tapi apa boleh buat.. Kita terpaksa harus menang dengan Keadaan kayak gini! Fadha langsung bangkit. Aku menarik tangannya untuk tidak melayani Ejekan Angel. Oops. Awas ada yang mau nubruk. Sebaiknya simpan aja tenaganya buat Ngalahin kita.. Daa Ucap Angel sambil meninggalkan kami.~dr.Adi Kusuma : Seorang Dokter yang pertama merawat Keke ketika Keke sakit.dr.Adi sangat Baik merawat Keke.Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 35-36 : Jadi, Keke kenapa dok? Kok sakit mata sampe mimisan gitu? Hmm.. Sampai sejauh ini sih saya kira Sinus. Tapi belum tau juga kalau belum di Ronsen. Sekarang saya tulis resep aja. Kalau bisa sih Keke jangan sekolah dulu selama proses pengobatan.. Iya.. Jawabku singkat. Obat ini diminum dulu secara teratur selama 5 hari. Bila tidak ada peru- bahan, saya akan buat surat pegantar ke dokter THT (Telinga Hidung Teng- gorokan).Ujar dokter Adi Kusuma.~Prof.Mukhlis : Seorang Profesor yang ahli dalam bidang kanker.Prof Mukhlis sangat berju- ang dalam mengatasi penyakit kanker Keke.Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 115 : Kita coba lakukan hal yang sama, yaitu dengan proseskemoterapisatu Seri lagi,dilanjutkan denganRadioterapidengan disinar. Jika ini belum ber- Hasil maka akan saya diskusikan dengan teman-teman saya di Universitas Indonesia. Kita bedoa saja, semoga cara ini berhasil. Kalimat pesimis dari Prof Mukhlis. Latar/setting : ~ Latar tempat kejadian dalam cerita ini adalah di Kota Jakarta. Tepatnya di kawasan Green Garden-Jakarta menuju kePedagang Kaki lima. ~ Latar waktu kejadian dalam novel tersebut adalah malamHari ~ Suasana Kejadian dalam novel tersebut adalah Menyenangkan Ketiga latar dalam kutipan novel tersebut terungkap dalam cerita pada Ba- caan Hal 111. . . .Ayah pun mangajak kami makan malam diluar sambil menikmati udara malam Kota Jakarta, karena hari ini menu makan malam kami tidak tersedia. Sejenak kami menikmatisea fooddi kaki lima yang enak di kawasanGreen Garden.Aku senang kami bisa tertawa bersama- sama dan aku berhasil melenyapkan rasa gundah dihati ayah dan kakak-kakakku. Alur/plot : Dari kutipan novel Surat Kecil Untuk Tuhan memiliki alur yang Bersifat maju.Jalinan cerita disusun berdasarkan urutan waktu- yang berjalan ke depan.Bukan berbalik ke masa lalu/lampau.1.Tahap perkenalan/Penyituasian :Tahap ini dapat dilihat dari bacaan Hal 5 :Hai sobat,,kenalkan. Namaku Gita Sesa Wanda Cantika.terlalu panjang ya.Ok!Biargampangsebut saja namaku Keke. Aku anak ke-tiga dari tigaBersaudara. Aku mempunyai dua kakak laki-laki,namanya juga dipersingkatSaja.Panggil mereka Chiko yang tampan dan Kiki yang manis.Hehehe.Jadi diantara keluarga ku, aku adalah anak perempuan satu-satunya.Chika adalah kakak tertuaku.Dia lebih tua 8 tahun dari aku. Saat ini selainkuliah, dia juga bekerja di salah satuFree Magazinedi Jakarta. Tentu sajadia adalah kakak kebanggaanku karena ia dapat membagi waktu antarakuliah dan bekerja tanpa merepotkan orangtua kami.2.Tahap permunculan konflik :Tahap ini dapat dilihat dari bacaan hal 28 :Setelah kakakku sembuh, sepertinya ada yang aneh ketika aku terbangun di pagi hari.Aku merasa mataku terasa perih .aku segera melihat di cermin di lemari kamar.Astaga!! Mataku memerah.Apa yang aku takutkan benar-benar terjadi!Aku tertular penyakit mataDari kakak. Aku memang sudah berpikir akan menerimapenyakitini karena Karma meledek kak kiki. Kalau sudah begini aku hanya bisapasrah. Mungkin aku dikutuk kakak karena ejekan saat itu. Untuk menghindarkeadaanmemalukan, aku sengaja memakai kacamata hitam saat hendak makan pagi.Rasanya malu sekali untuk makan pagi bersama bila kakakku melihatwajahku ini.3.Tahap peningkatan konflik :Tahap ini dapat dilihat dari bacaan Hal 34 (Ketika keke sedang bermain Volly) :Saat sebuah bola melayang di depanku, Fadha berteriak padakuUntuk mengoper bola padanya, tapi kepalaku merasa sedikit pusing sehingga akhirnya gagal.Mataku berkunang-kunang. Tiba-tiba Maya mendekati aku sambil berkata,Ke,, hidung loe mimisan..Apa? Aku menyadari seluruh kaos olahragaku tersiram tetesan darah. Per- tandingan langsung dihentikan. Aku terkejut tak menyadari hidungku mulai mengeluarkan darah segar. Dan aku mulai merasa tambah sulit ber-nafas sehingga harus menggunakan mulutku sebagai bantuan.4.Tahap Klimasi : Tahap ini dapat dilihat dari bacaan Hal 39 (Ketika keke sedang diperiksa Oleh Prof. Lukman)Aku hanya melihat ayah masih sempat bercanda denganku walauaku tau kamisendiri bingung dengan permintaan Prof. Lukman padaku.Aku duduk dikursi yang ada didepan ruangan. Suara di dalam ruangan tidakTerdengar sehingga keadaan menjadi sunyi. Prof. Lukman mulai menghelaNafas untuk memulai pembicaraan dengan ayah sambil memperhatikanHasil copy scenen kepalaku.Pak Jody..Panggil Prof. lukman pada ayahku.Iya, Prof.Bagaimana hasil diagnosacopy scenen-nya? Tanya Ayah. Hmm Mohon Bapak kuat mendengar semua ini! Jelas Prof. LukmanYang mulai membuat ayah sedikit bingung.Ada apa dengan putri saya, Prof? Tanya ayah. Hasil diagnose saya menunjukkan secara positif putri bapak terinfeksiPenyakitRabdomiosarkoma. Hah???Rabdo. Ujar ayah kesulitan mengulang kata-kata yang baruDidengarnya.Ya,Rabdomiosarkoma Penyakit ini secara luas dikatakan tergolongKanker.Astaga. Kanker?? Ayah terkejut.Benar, putri bapak positif positif terinfeksi penyakitRabdomiosarkomaatau dalambahasa lokalnya kanker jaringan lunak!5.Tahap Penyelesaian :Tahap ini dapat dilihat dari bacaan Hal 79-80 (saat penyembuhan melaluiTahap Kemoterapi) Pecakapan Ayah & Prof Mukhlis.:Prof., adakah cara lain untuk putri saya? Sebab Keke adalah putri sayaSatu-satunya yang saya miliki. Saya tidak sanggup melihat dia kelak me-natap masa depan tanpa wajah yang sempurna! Ujar Ayah menangis.Saya mengerti pak,, Saya mengerti! Tapi walaupun ada cara lain sayaTidak yakin ini bisa berhasil.!Ayah bangkit dan seperti terjadi harapan mendengar kalimat itu.Apapun caranya selain operasi, Saya rela Prof. Saya tidak ingin terjadiHal yang buruk akibat operasi ini dan menjadikan masa depan putri sayaSebagai taruhan!! Jelas ayah.Prof Mukhlis hanya diam sejenak dan mulai bicara pilihan lain.Kemoterapi Mungkin cara ini bisa membuat Keke sembuh tapi saya tidakMenjamin sama sekal. Saya akan berusaha agar cara ini berhasil! Apa itu Kemoterapi? Tanya ayah.Kemoterapi sejenis pemberian obat-obat tertentu melalui darah yang bisaMembunuh pertumbuhan sel kanker. Obat ini adalah obat keras. PadaKasus putri anda karena masih terlalu kecil, saya hanya takut adanya pe-nolakan dalam tubuhnya! Gaya bahasa :Gaya bahasa bentuk ungkapan : Hal ini dapat dilihat dari bacaan hal 83 : Aku merasa bagaikan makhluk asing yang tiba di Bumi. Ditempatkan Di sebuah ruang kosong. Sudut Pandang : Sebagai Orang Pertama yang menceritakan tentang dirinyaSendiri. Bukti dapat dilihat dari bacaan Hal 5 : Hai sobat,,kenalkan. Namaku Gita Sesa Wanda Cantika.terlalu panjang ya.. Ok! Biar gampang sebut saja namaku Keke. Aku anak ke-tiga dari tiga Bersaudara. Aku mempunyai dua kakak laki-laki,namanya juga dipersingkat Saja.Panggil mereka Chiko yang tampan dan Kiki yang manis.Hehehe. Jadi diantara keluarga ku, aku adalah anak perempuan satu-satunya. Amanat/pesan : `Jangan mudah menyerah menjalani hidup ini, meskipun harus menderita Penyakit kanker (Kanker Rabdomiosarkoma) Bukti Hal 64 : Ayah..Keke udah cukup sabar.Tapi Keke sudah tidak sanggup Lagi!! Keke ingin menyerah dan lebih baik Keke mati saja..!!1. IDENTITAS BUKUJudul Buku /Novel : Surat Kecil Untuk TuhanPenterjemah : Penerbit : Inandra PublishedTahun Terbit : 2008Cetakan : Jakarta,September 2011Edisi : Ke 8Tebal Buku : vii+232Harga Buku :Rp.38.800,-Pengarang : Agnes Danovar2. KEPENGARANGAN

Latar Belakang PengarangAgnes davonar adalah sebuah fenomenal di dunia sastraIndonesia. Ia memulai kariernya sebagai penulis amatir di sebuah blog. Kemudian dengan cepat berkembang menjadi penulis yang mau belajar hingga melahirkanlima novel online dan 42 cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca situs pribadinya. Tak heran bila sebuah kutipan dari sebuah portal informasidetik.commengatakan bahwa tidak sulit untuk mencari karya dari seorang Agnes davonar . Keunikan sendiri terdapat dalam nama Agnes davonar. Agnes berasal dari namanya sedangkan Davonar diambil nama dari adiknya. Jadi mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya.Agnes lahir diJakarta8 oktober, sedangkan Davonar lahir diJakarta, 7 Agustus . mereka adalah Dua saudara yang besar dalama lingkungan seni. Ayahnya adalah seorang penulis kaligrafi Cina sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang tangguh. Mereka berdua membentuk sebuah blog dengan situsHttp://lieagneshendra.blogs.friendster.comAgnes berkerja sebagai karyawan swasta dan Davonar berkuliah di Universitas sastra Jepang Bina Nusantara. Keduanya memiliki hobby yang sama yakni menyukai olahraga. Tapi kelihaian menulis telah mengantarkan keduanya sebagai penulis muda berbakat dalam jajaran sastraIndonesia. Agnes Davonar menyebutnya sebagai novelis dan cerpenis online. Karena ketulusan dan kedisplinan dalam berkarya sebuah situs peringkat BlogTopseratus.commenempatkan Blognya sebagai peringkat pertama dari 100 blog terbaik diIndonesia. Sangat mencengangkan, sebuah Blog sastra mengalahkan Blog dan situs internet yang pada umumnya lebih mengfokuskan pada musik ataupun tips tips mencari uang marketing lewat internet. Karyanya juga tak kalah mencengangkan hingga menjadi fenomenal. Kisah Gaby dalam Lirik lagu terakhir, diadaptasi dari sebuah lagu jauh yang dibawakan oleh penciptanya band caramel dianggap sebagai kisah nyata dan menjadi Kontroversial karena berhasil menarik opini masyarakat jika kisah kematian dalam tokoh itu adalah kisah nyata. Tidak pernah dalam sejarah SastraIndonesiadimulai dari Anak anak sekolah, pengamen , ibu ibu rumah tangga hingga tukang bangunan tau tentang kisah Gaby karyanya.Di paruh kedua bukunya berjudul kisahsuratkecil untuk Tuhan adalah sebuah kisah nyata yang penuh ispiratif, diangkat dari sebuah perjalanan panjang gadis cilik bernama Gitta sesa wanda cantika. Kisah ini mengajarkan tentang kehidupan diujung pengharapan dimana Gitta yang divonis kanker ganas berjuang untuk hidup. Walau pada akhirnya ia menyerah namun ia tidak kalah karena penyakit itu , ia pun menuliskansuratterakhirnya kepada Tuhan yang ia beri judulsuratkecil untuk Tuhan.4. KELEBIHAN,KEKURANGAN DAN KELEMAHAN Kelebihan buku :A. Kelebihan dari novel ini adalah dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan didalam novel ini.B. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh.C. Novel ini juga melampirkan beberapa foto perjuangan Keke dalam melawan kanker ganas hingga foto sahabat-sahabat Keke di pemakaman saat Keke menghadap Sang Pencipta.D.Mengajarkan kita agar ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya Kekurangan buku :Novel ini hampir tidak mempunyai kekurangan,Namun setiap karya manusia pasti memiliki kekurangan. Kekurangan dari novel ini adalah masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. KelemahanKelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.5.KRITIK DAN SARANKisah yang mengajarkan kita tentang arti kehidupan yang sebenarnya. 2 pribadi yang amat sangat berbeda. Salut banget sama ceritanya, tapi sayang penulisannya masih ada yang kurang menarik. Pokoknya yang belum baca novel ini harus baca karena sangat bagus dan mengharukan. Mungkin itu saja yang dapat saya katakana. Jangan lupa baca novelnya.SINOPSIS NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA4:06 AMFidian Rahman1 commentSinopsis Novel Laskar PelangiKarya Andrea Hirata

SD Muhammadiyah tampak begitu rapuh dan menyedihkan dibandingkan dengan sekolah-sekolah PN Timah (Perusahaan Negara Timah). Kesulitan dan keterbatasan fasilitas sekolah membuat dua orang guru untuk mewujudakn sekolah yang sederhana.Sekolah itu diasuh oleh duaorang guru,yaitu seorang kepala sekolah yang sudah tua yang bernamaBapak Harfan Efendy Noor dan seorang ibu guru muda yang bernama Ibu Muslimah Hafsari, yang juga hidup sederhana. Namun semangat untuk memajukan sekolah itu terus mengebu-gebu dihati mereka.Sekolah yang nyaris dibubarkan oleh pengawas sekolah Depdikbud Sumsel karena kekurangan murid itu, terselamatkan berkat seorang anak idiot yang sepanjang masa bersekolah tak pernah mendapatkan rapor.

Sekolah yang dibangun dariuluran tangan para donatur di komunitas marjinal itu begitu memprihatinkan,gedung sekolah bobrok, ruang kelas beralas tanah, beratap bolong-bolong, berbangku seadanya,jika malam dipakai untuk menyimpan ternak, bahkan kapur tulis sekalipun terasa mahal bagi sekolah yang hanya mampu menggaji guru dan kepala sekolahnya dengan sekian kilo beras, sehingga para guru itu terpaksa menafkahi keluarganya dengan mencari pekerjaanlain.Bapak kepala sekolah bekerja mencangkul dan menguruskebun, danibu guru Muslimah menerima jahitan.

akan tetapi, walaupun sekolah itu terlihat seperti bukan seolah, keajaiban selalu muncul setiap hari di sekolah itu. Semuanya terjadi karena sejak hari pertama kelas satu Bapak kepala sekolah dan ibu guru muda yang hanya berijazah SKP (Sekolah Kepandaian Putri) telah berhasil mengambil hati sebelas anak-anak kecil miskin .

setiap hari, Bapak Kepala Sekolah dan Ibu guru selalu memberikan suport dan dukungan kepada kesebelas muridnya ituagar percaya diri, berani berkompetisi, agar menghargai dan menempatkan pendidikan sebagai hal yang sangat penting dalam hidup ini. Mereka mengajari kesebelas muridnya agar tegar, tekun, tak mudah menyerah, dan gagah berani menghadapi kesulitan sebesar apapun. Kedua guru itu juga merupakan guru yang ulung sehingga menghasilkan seorang murid yang sangat pintar dan mereka mampu mengasah bakat beberapa murid lainnya. Pak Harfan dan Bu Mus juga mengajarkan cinta sesama dan mereka amat menyayangi kesebelas muridnya. Kedua guru itu memberi julukan kesebelas murid itu sebagai para Laskar Pelangi.

Keajaiban terjadi ketika sekolah Muhamaddiyah, dipimpin oleh salah satu laskar pelangi mampu menjuarai karnaval mengalahkan sekolah PN dan keajaiban mencapai puncaknya ketika tiga orang anak anggota laskar pelangi (Ikal, Lintang, dan Sahara) berhasil menjuarai lomba cerdas tangkas mengalahkan sekolah-sekolah PN dan sekolah-sekolah negeri. Suatu prestasi yang puluhan tahun selalu digondol sekolah-sekolah PN.

Tak ayal, kejadian yang paling menyedihkan melanda sekolah Muhamaddiyah ketika Lintang, siswa paling jeniusanggota laskar pelangiitu harus berhenti sekolah padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. Ia harus berhenti karena ia anak laki-laki tertua yang harus menghidupi keluarga, sebab ketika itu ayahnya meninggal dunia.

Belitong kembali dilanda ironi yang besar karena seorang anak jenius harus keluar sekolah karena alasan biaya dan nafkah keluarga justru disekelilingnya PN Timah menjadi semakin kaya raya dengan mengekploitasi tanah leluhurnya.

Meskipun awal tahun 90-an sekolah Muhamaddiyah itu akhirnya ditutup karena sama sekali sudah tidak bisa membiayai diri sendiri, tapi semangat, integritas, keluruhan budi, dan ketekunan yang diajarkan Pak Harfan dan Bu Muslimah tetap hidup dalam hati para laskar pelangi. Akhirnya kedua guru itu bisa berbangga karena diantara sebelas orang anggota laskar pelangi sekarang ada yang menjadi wakil rakyat, ada yang menjadi research and development manager di salah satu perusahaan multi nasional paling penting di negeri ini, ada yang mendapatkan bea siswa international kemudian melakukan research di University de Paris, Sorbonne dan lulus S2 dengan predikat with distinction dari sebuah universitas terkemuka di Inggris.

Semua itu, buah dari pendidikan akhlak dan kecintaan intelektual yang ditanamkan oleh Bu Mus dan Pak Harfan. Kedua orang hebat yang mungkin bahkan belum pernah keluar dari pulau mereka sendiri di ujung paling Selatan Sumatera sana.

Banyak hal-hal inspiratif yang dimunculkan buku ini. Buku ini memberikan contoh dan membesarkan hati. Buku ini memperlihatkan bahwa di tangan seorang guru, kemiskinan dapat diubah menjadi kekuatan, keterbatasan bukanlah kendala untuk maju, dan pendidikan bermutu memiliki definisi dan dimensi yang sangat luas. Paling tidak laskar pelangi dan sekolah miskin Muhamaddiyah menunjukkan bahwa pendidikan yang hebat sama sekali tak berhubungan dengan fasilitas. Terakhir cerita laskar pelangi memberitahu kita bahwa bahwa guru benar-benar seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

KUTIPAN NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADIOkey ini postingan pamungkas dari terusan postingan aku yangini,inidanini. Semuanya sepaket dengan postingan mengenai "Trilogi Negeri 5 Menara". Bagi yang penasaran sama cover depan novel Negeri 5 Menara, ini aku kasii gambarnya.

Seperti biasa sebelum menuju ke kutipan-kutipan dari novel Negeri 5 Menara ini, aku akan menuliskan sebuah Syair dari Imam Syafii (767-820M) yang terdapat di halaman depan novel Negeri 5 Menara ini. So, teteap stay tuned yaa.... #maksa.

Orang berilmu dan beradap tidak akan diam di kampung halamanTinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orangMerantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawanBerlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahanJika mengalir menjadi jernih, jika tidak,kan keruh menggenang

Singa jika tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsaAnak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diamTentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambangKayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan

Itulah syair dari Imam Syafii yang terdapat di halaman depan novel Negeri 5 Menara ini, semoga dapat memotivasi kita semua. Berikut kutipan-kutipan yang memotivasi dari novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi.1. "Man Jadda Wajada." (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil).2. "Amak ingin anak laki-lakiku menjadi seorang pemimpin agama yang hebat dengan pengetahuan yang luas. Seperti Buya Hamka yang sekampung dengan kita itu. Melakukanamar ma'ruh nahi munkar, mengajak orang kepada kebaikan dan meninggalkan kemungkaran."3. "Menjadi pemimpin agama lebih mulia daripada jadi insinyur, Nak."4. "...Belajar ilmu agama sama dengan berjihad di jalan Allah."5. "Uthlubul ilma walau bisshin", artinya "tuntutlah ilmu, bahkan walau ke negeri sejauh China." "Ke Cina saja disuruh, apalagi hanya sekedar ke Jawa Timur."6. "Bagi kita disini, seni penting untuk menyelaraskan jiwa dan mengekspresikan kreatifitas dan keindahan. Hadis mengatakan:Innallaha jamiil wahuwa yuhibbul jamal. Sesungguhnya Tuhan itu indah dan mencintai keindahan."7. "Allahumma zidna ilman war zuqna fahman... Tuhan tambahkanlah ilmu kami dan anugerahkanlah pemahaman..."8. "Akhi, sekarang semakin banyak orang menjadi tak acuh terhadap kebobrokan yang terjadi di sekitar mereka. Metode jasus adalah membangkitkan semangat untukawaredengan ketidakberesan di masyarakat. Penyimpangan harus diluruskan. Itulah inti dariqulil haqqa walau kaana murran. Katakanlah kebenaran walau itu pahit. Iniself correction, untuk membuat efek jera."9. "Mandirilah maka kamu akan jadi orang merdeka dan maju. I'timad 'ala nafsi, bergantung pada diri sendiri, jangan dengan orang lain. Cukuplah bantuan Tuhan yang menjadi anutanmu."10. "Man shabara zhafira. Siapa yang bersabar akan beruntung. Jangan risaukan penderitaan hari ini, jalani saja dan lihatlah apa yang akan terjadi di depan. Karena yang kita tuju bukan sekarang, tapi ada yang lebih besar dan prinsipil, yaitu menjadi manusia yang telah menentukan misinya dalam hidup."11. "Misi yang dimaksud adalah ketika kalian melakukan sesuatu hal positif dengan kualitas sangat tinggi dan di saat yang sama menikmati prosesnya. Bila kalian merasakan sangat baik melakukan sesuatu hal dengan usaha yang minimum, mungkin itu adalah misi hidup yang diberikan Tuhan. Carilah misi kalian masing-masing. Mungkin misi kalian adalah belajar Al-Qur'an, mungkin menjadi orator, mungkin membaca puisi, mungkin menulis, mungkin apa saja. Temukan dan semoga kalian menjadi orang yang bahagia."12. "Ada dua hal yang paling penting dalam mempersiapkan diri untuk sukses, yaitu going the extra miles. Tidak menyerah dengan rata-rata. Kalau orang belajar 1 jam, dia akan belajar 5 jam, kalau orang berlari 2 kilo, dia akan berlari 3 kilo. Kalau orang menyerah di detik ke 10, dia tidak akan menyerah sampai detik 20. Selalu berusaha meningkatkan diri lebih dari orang biasa. Karena itu mari kita budayakan going the extra miles, lebihkan usaha, waktu, upaya, tekad dan sebagainya dari orang lain. Maka kalian akan sukses."13. "Resep lainnya adalah tidak pernah mengizinkan diri kalian dipengaruhi oleh unsur di luar kalian. Oleh siapa pun, apa pun, dan suasana bagaimana pun. Artinya, jangan mau sedih, marah, kecewa dan takut karena ada faktor luar. Kalianlah yang berkuasa terhadap diri kalian sendiri, jangan serahkan kekuasaan kepada orang lain. Orang boleh menodong senapan, tapi kalian punya pilihan, untuk takut atau tetap tegar. Kalian punya pilihan di lapisan diri kalian paling dalam, dan itu tidak ada hubungannya dengan pengaruh luar."14. "Jadi pilihlah suasana hati kalian, dalam situasi paling kacau sekalipun. Karena kalianlah master dan penguasa hati kalian. Dan hati yang selalu bisa dikuasai pemiliknya, adalah hati orang sukses."15. "Jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Sungguh Tuhan Maha Mendengar."16. "Bacalah Al-Qur'an dan hadist dengan mata hati kalian. Resapi dan lihatlah mereka secara menyeluruh, saling terkait menjadi pelita bagi kehidupan kita."17. "Bila kamu melihat kemungkaran, ubahlah dengan tanganmu, kalau tidak mampu, ubahlah dengan kata-kata, kalau tidak mampu juga, dengan hatimu."18. "Surga itu ada di bawah telapak kaki ibu."19. "Janganlah ananda lihat di bawah selop ibu kalian ada surga, yang ada hanya tanah. Yang harus kalian cari adalah ridho ibu, karena dengan ridhonyalah pintu-pintu surga terbuka buat kalian. Surga yang air sungainya adalah madu dan susu, dan buah-buah aneka warna dan rasa bergelantungan setinggi tangan saja."20. "Tahukah kalianbirrul walidain? Artinya berbakti kepada orang tua. Mereka berdua adalah tempat pengabdian penting kalian di dunia. Jangan pernah menyebutkan kata kasar dan menyebabkan mereka berduka. Selama mereka tidak membawa kepada kekafiran, wajib bagi kalian untuk patuh."21. "Seorang pernah bertanya urutan orang yang harus dihormati dan dihargai. Rasulullah menjawab, "ibumu". Dia bertanya lagi, "kemudian siapa?". Beliau menjawab, "ibumu". Dia bertanya lagi, "Kemudian siapa?", Beliau menjawab,"ibumu", dia bertanya lagi, "kemuadian siapa?". Beliau menjawab, "ayahmu".22. "Anak-anakku, ilmu bagai nur, sinar. Dan sinar tidak bisa datang dan ada di tempat yang gelap. Karena itu, bersihkan hati dan kepalamu, supaya sinar itu bisa datang, menyentuh dan menerangi kalbu kalian semua."23. "...siapa yang menuntut ilmu dengan niat yang ikhlas, dia mendapat kehormatan sebagaimujahid, pejuang Allah. Bahkan kalau mati dalam proses mencari ilmu, dia akan diganjar dengan gelarsyahid, dan berhak mendapat derajar premium di akhirat nanti. Tidak main-main, Rasulullah sendiri yang mengatakan agar kita menuntut ilmu dari orok sampai menjelang jatah umur kita expied.Uthlub ilma minal mahdi ila lahdi. Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat."24. "Kerahkan semua kemampuan kalian belajar! Berikan yang terbaik! Baru setelah segala usaha disempurnakan berdoalah dan bertawakkal lah. Tugas kita hanya sampai usaha dan doa, serahkan kepada Tuhan selebihnya, ikhlaskan keputusan kepadaNya, sehingga kita tidak akan pernah stres dalam hidup ini. Stres hanya bagi orang yang belum berusaha dan tawakal.Ma'annajah, good luck."25. "Man thalabal 'ula sahiral layali. Siapa yang ingin mendapatkan kemuliaan, maka bekerjalah sampai jauh malam."26. "Tuhan itu bisa mendatangkan rezeki kepada manusia dari jalan yang tidak pernah kita sangka-sangka."27. "Sampaikanlah kebaikan dan nasihat walau satu ayat."28. "I'malu fauqa ma'amilu. Berbuat lebih dari apa yang diperbuat orang lain."29. "Kullukum ra'in wakullukum masulun an raiyatihi. Setiap orang itu pemimpin, dan setiap orang bertanggung jawab atas apa yang dimpimpinnya. Setiap orang adalah pemimpin, tidak peduli siapa pun, paling tidak untuk diri mereka sendiri."30. "Allahumma zidna ilman warzuqna fahman.... Tuhan tambahkan ilmu kami dan anugerahkan pemahaman kepada kami...."31. "Maksudku, kalau kita berusaha sedikiiiiiiiiiit saja lebih baik dari orang kebanyakan, maka kita jadi juara. Ingat, filosofinya: sedikit saja lebih baik dari orang lain. Itu artinya perbedaan sepersekian detik, satu ruas jari tadi. Kita bisa dan kita mampu jadi juara kalau mau!"32. "Anakku, selamat berjuang. Hidup sekali, hiduplah yang berarti."33. 34. Sinopsis Novel Negeri 5 Menara35. 36. REP| 23 June 2013 | 16:2237. 38. 1198039. 40. 041. 42. 043. Beberapa bulan yang lalu, saya mendapat tugas Bahasa Indonesia; disuruh membuat sinopsis novel Negeri 5 Menara.WAAAAH! .-. tebal sekali?! Pikir saya.Tapi ternyata setelah saya baca, novelnya cukup memotivasi.Nah. sekarang saya ingin nge-share sinosis negeri 5 menara! ~check it out44. Alif Fikri adalah seorang yang sangat menginginkan sekolah di SMA Bukittinggi Sumatera Barat dengan berbekal nilai ujian yang lumayan bagus. Namun mimpinya seakan sirna, musnah tak berbekas, karena Amaknya tidak mengijinkan. Beliau ingin Alif sekolah di Madrasah Aliyah yang berbasik agama, dengan alasan Amak ingin Alif menjadi Ustad (Ulama) Atas saran dari pamannya dikairo alif kecil pun memutuskan untuk melanjutkan sekolah di pondok yang ada di Jawa Timur : PONDOK MADANI. Walaupun awalnya amak berat dengan keputusan Alif yang memilih pondok di Jawa bukan yang ada di dekat rumah mereka dengan pertimbangan Alif belum pernah menginjak tanah diluar ranah minang , namun akhirnya ibunya merestui keinginan Alif itu.Hal yang paling berat dijalani di PM adalah pada saat ujian, semua murid belajar 24 jam nonstop dan hanya beberapa menit tidur. Mereka benar-benar harus mempersiapkan mental dan fisik yang prima demi menjalani ujian lisan dan tulisan yang biasanya berjalan selama 15 hari. Namun disela rutinitas di PM yang super padat dan ketat. Alif dan ke 5 selalu menyempatkan diri untuk berkumpul dibawah menara mesjid , sambil menatap awan dan memikirkan cita-cita mereka kedepan. Ditahun kedua dan seterusnya kehidupan Alif dan rekan-rekannya lebih berwarna dan penuh pengalaman menarik. Di PM semua teman, guru, satpam, bahkan kakak kelas adalah keluarga yang harus saling tolong menolong dan membantu. Semua terasa begitu kompak dan bersahabat, sampai pada suatu hari yang tak terduga, Baso , teman alif yang paling pintar dan paling rajin memutuskan keluar dari PM karena permasalahan ekonomi dan keluarga. Kepergian Baso, membangkitkan semangat Alif, Atang, Dulmajid, Raja dan Said untuk menamatkan PM dan menjadi orang sukses yang mampu mewujudkan cita-cita mereka menginjakkan kaki di benua Eropa dan Amerika.45. Novel ini benar-benar memberikan inspirasi bagi siapa saja yang ingin sukses dan berhasil, bahwa dimana ada usaha disitu ada jalan. Dan ikhlaslah dalam menjalani apapun yang ada dikehidupan kita, niscaya usaha dan keikhlasan hati akan diridhoi Tuhan Yang Maha Esa. Buku ini juga mengajarkan kita untuk : jangan pernah meremehkan impian, walau setinggi apapun. Tuhan sungguh Maha Mendengar.SINOPSIS SEBELAS PATRIOT11 Mei 2012 bymichobarchox Bookmark thepermalink. JudulBuku/Novel: Sebelas PatriotPengarang : Andrea HirataPenerbit : PT. Bentang PustakaTahun terbit : Juni 2011Cetakan :PertamaJenis buku : FiksiJumlah halaman: 108 HalamanSebelas PatriotAndrea Hirata adalah salah seorang penulis Indonesia yang lahir di Belitung, 24 Oktober 1982. Penulis ini sangatlah mahir dalam merangkai kata-kata dalam sebuah novel indah yang sangat memikat pembacanya. Salah satu karyanya adalah novel yang berjudulSebelasPatriot.DalamNovel ke-enamnya ini, Handrea Hirata mengajak pembacanya untuk mengenang jasa para pemain PSSI yang gagah berani bagaikan seorangPatriot. Ikal, tokoh inilah yang menjadi peran utama dalam novel ini. Ikal adalah penggemar klub sepak bola Real Madrid, para penggemar klub dari Spanyol ini menyebut dirinya Madridista. Namun klub yang paling dicintai oleh Ikal ini bukanlah Madrid, melainkan klub negaranya sendiri. Yaitu PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), dalam karya Andrea Hirata ini penggemar PSSI disebut dengan Patriot PSSI. Di benak kita pada saat mendengar kata patriot adalah pahlawan. Nah, dalam novel inilah diceritakan tentang sebutan patriot itu.Ikal mulai mencintai bola sejak dia menemukan album foto yang disembunyikan oleh keluarganya. Karena rasa penasarannya itulah dia terus mengungkap misteri sebuah foto yang terus membuatnya penasaran. Sampai akhirnya ia berhasil mengetahui lelaki yang memengang sebuah piala di dalam foto tua tersebut. Ternyata lelaki tersebut adalah ayahnya sendiri sewaktu ayahnya berumur 13 tahun. Sejak itu dia juga sangat bangga dengan ayahnya sendiri.Ayah Ikal sewaktu masa mudanya adalah seorang pemain bola yang sangat mahir memainkan bola di lapangan hijau. Dia adalah salah satu dari 3 bersaudara yang menjadi pemain sepak bola yang sangat disegani oleh penontonnya. Saat itu Belanda masih mengusasai Tanah Air. Saat itu klub pribumi tidak diperbolehkan untuk mengalahkan klub terbaik dari Belanda. Jadi semua tim sepak bola di Indonesia terpaksa mengalah untuk kemenangan di pihak Belanda dalam pertandingan yang diselenggarakan Belanda dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ratu Belanda.Sampai akhirnya kepiawaian bermain sepak bola 3 bersaudara terdengar sampai ke telinga Belanda. Hal ini menyebabkan pihak Belanda sangat takut. Belanda pun melakukan politik khasnya yaitu mengancam pelatih tim 3 bersaudara. Namun 3 bersaudara ini tidak menghiraukan ancaman itu dan pada bakak final si Bungsu yaitu ayah Ikal berhasil mencetak 1 gol, sebagai gol kemenangan di pihak 3 bersaudara. Van Holden, utusan dari Belanda, sangat marah dengan kekalahan Belanda.Van Holden melakukan segala cara agar tiga bersoudara ini tidak dapat bermain lagi di lapangan hijau. Sampai-sampai pihak Belanda melakukan kekerasan terhadap Tiga bersaudara dan lelaki yang telah melatih klub mereka dengan kerja keras. Itulah sebabnya kaki kiri ayah Ikal pincang sehingga tidak bisa bermain sepak boa lagi. Teriakannya yang menyerukan Indonesia! Indonesia! Indonesia! Itulah yang membuat Belanda malu di depan seluruh masyarakat Indonesia dan tidak segan-segan menghancurkan tempurung kaki kiri ayah Ikal.Kecintaan ayah pada PSSI, membuat Ikal bertekad untuk menjadi pemain PSSI yang tangguh dan berjiwa Patriotisme seperti ayahnya. Dia berlatih keras untuk bisa menjadi pemain PSSI, namun sayang, dia tidak bisa meraih cita-citanya itu.Setelah cerita perjuangan Ikal untuk menjadi pemain PSSI. Cerita di novel ini beranjak ke Spanyol semasa Ikal berkuliah di Universitas Sorbone, Perancis. Dalam perjalanannya di Spanyol terdapat kisah seru ketika ia berjuang untuk mendapatkan Kaos Real Madrid yang berisi tanda tangan asli Luis Figo. Dalam petualangannya mencari kaos itu, ia juga pernah berfoto di samping mobil klub Barcelona FC. Dia berusaha keras untuk mendapatkan. Dengan bekerja apapun untuk menambah uangnya yang belum cukup untuk membeli kaos mahal itu. Kaos Madrid itu untuk diberikan pada ayahnya yang sangat gemar terhadap tim Spanyol ini. Di Spanyol, ia juga bertemu dengan seorang gadis yang bernama Adriana. Wanita bermata biru ini juga sangat gemar dengan sepak bola. Ikal juga pernah menonton pertandingan antara Barcelona dan Valencia. Itu pun berkat bantuan dari Adriana yang membelikannya tiket masuk untuk menonton pertandingan seru itu.Setelah lama bekerja serabutan dan berhasil menumpulkan uang yang cukup untuk membeli kaos Luis Figo. Lalu ia memberikan kaos itu pada ayahnya yang sangat dia cintai.KUTIPAN-KUTIPAN DARI NOVEL "SEPATU DAHLAN" DAN "SURAT DAHLAN"

Ini nih draf postingan di blogku yang paling lama nangkring di draft blog ini, coz postingan ini pertama kali dibuat sebelum lebaran kemaren, tapi karena males lagi menyerang makannya postingan ini dengan sukses terbengkalai. Akhirnya setelah lama nangkrin N tinggal di draft blogger ini, alhamdulillah aku nyatakan sudah selesai hehe, prok..prok..prok.. Selamat membaca..... Happy reading all.... ^_^ ^_^Kutipan Novel "Sepatu Dahlan"

1. "Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya."2. "Tuhan, terserah Engkau sajalah!"3. "...kemiskinan bukan halangan untuk menuntut ilmu."4. "Ojo kepingin sugih, lan ojo wedi mlarat." "Jangan berharap jadi orang kaya dan jangan takut hidup melarat."5. "Sumber bening ora bakal nggolek timbo." "Sumur jernih ndak akan nyari timba."6. "Pilih ngendi, sugih tanpa iman opo mlarat ananging iman?"7. "Kemiskinan bukan halangan untuk mereguk ilmu sebanyak mungkin..."8. "Tuhan selalu mengabulkan doa orang-orang yang memiliki keyakinan dan kemauan kuat untuk mewujudkan harapan."9. "Ilmu, kata beliau, adalah pijakan dasar dalam bertindak dan beribadah. Amal adalah anak tangga yang kedua, ilmu yang sudah diterima wajib ditunaikan. Dan, puncak dari kedua anak tangga sebelumnya adalah takwa."10. "Tak ada salahnya bermimpi punya sepatu, tapi jangan karena mimpi itu belum tercapai lantas kamu putus asa."11. "Waktunya kita berhenti merawat luka."12. "Tak ada kegembiraan bagi setiap pencoba selain keberhasilan pada percobaan pertama yang dia lakukan."13. "Sesal, sesungguhnya, memang tak pernah datang lebih awal daripada peristiwa."14. "Kata Bapak, kemiskinan yang dijalani dengan cara yang tepat, akan menatangkan jiwa."15. "Ada juga di antara kita yang menyimpan dendam berlama-lama, menahan rasa amarah di dada, seperti Murid Kedua yang 'menggendong sang Gadis di benaknya' sejauh tujuh kilo. Kisah tadi bukan semata-mata berkutat pada 'siapa yang salah' atau 'siapa yang benar', tetapi bagaimana sikap kita menghargai perbedaan. Bayangkan, jika mereka bersikeras pada pendapat masing-masing, persahabatan mereka akan terancam. Jadi, yang penting kita dahulukan cuma belajar saling memahami."16. "Disiplin itu lahir dari kemauan dan kesungguhan kalian sendiri, bukan dari peraturan atau ketegasan guru-guru dalam menegakkannya."17. "Kita boleh miskin harta, Dik, tapi kita ndak boleh miskin iman."18. "Kita harus berusaha sendiri, kita harus mencari, bukan berleha-leha menunggu belas kasihan orang lain."19. "...rezeki akan datang dengan cara yang bisa jadi tak pernah kalian duga. Jadi, bergembiralah. Tak perlu berkecil hati karena hidup kita yang miskin seperti sekarang."20. "Makna ojo kepingin sugih itu ndak hanya mewanti-wanti agar kita tidak terlalu memburu harta, tapi supaya kita juga ndak meminta-minta jabatan."21. "Terpilih menjadi pemimpin bukan berarti menjadi penguasa yang berhak memerintah sekehendak hati, melainkan jadi pelayan bagi orang-orang yang dipimpinnya."22. "Dunia ini persinggahan semata. Jabatan adalah amanat yang dilimpahkan kepada kita, kelak kita akan dimintai tanggung jawab. Menjadi pemimpin bukan untuk gagah-gagahan atau cari pamor."23. "Cinta yang bersyarat akan memudar tatkala syarat itu tak terpenuhi."

Kutipan Novel "Surat Dahlan"

1. "...mereka yang membiarkan semangatnya terus menurun adalah orang-orang yang merugi."2. "...kunamai kepalaku dengan kebun harapan. Kebun yang segala jenis bibit bisa tumbuh di sana."3. "Hidup bukan rentetan kenikmatan belaka. Kadang kita butuh kegagalan untuk memahami betapa nikmatnya keberhasilan."4. "Aku ingin menjadi ibu dengan keluarga yang hanya mengenal satu sumber air mata: karena bahagia."5. "Harapan yang berlebihan selalu menjadi pintu masuk bagi pelbagai kekecewaan."6. "Sebab cinta, katamu, seperti hujan. Selalu bermula dari tetesan. Lambat laun makin lebat. Dan, sekali hati diusik rindu, betapa sulitnya untuk dibuat bahagia."7. "Tuhan, memang selalu punya cara untuk membahagiakan hamba-Nya."8. "Apa yang kita yakini benar belum tentu dianggap benar oleh orang lain."9. "Kalian tidak akan berhasil meraih cita-cita, kecuali kalian bersabar atas apa yang kalian tidak inginkan."10. "Tak peduli salah atau benar, guru harus selalu dihormati."11. "Kita hidup dari apa yang kita dapatkan dan kita bahagia dari apa yang kita berikan."12. "Gusti Allah ndak mencantumkan gelar sarjana sebagai syarat bagi hamba-Nya untuk menetap di atas bumi ciptaan-Nya."13. "...kata-kata selalu jauh lebih mudah dari aplikasi."14. "Tak ada jalan yang mudah, selalu ada rintangan. Serahkan segalanya kepada Allah, maka hatimu akan tenteram."15. "Wahai para pengikutku, kalian tidak akan berhasil meraih cita-cita, kecuali kalian bersabar atas apa yang kalian tidak inginkan. Kalian takkan sanggup meraih keinginan, kecuali kalian meninggalkan apa yang kalian gandrungi." (Nabi Isa. A. S)16. "Selesaikan apa yang telah dimulai."17. "Kita senasib-seperuntungan. Jika di antara kita ada yang berbuat salah, cepat dan tuluslah memaafkan. Bila rebah, kita harus saling menegakkan. Bila lupa, kita wajib saling mengingatkan."18. "Perjuangan harus dilanjutkan."19. "...orang yang bahagia adalah mereka yang mengemas kegagalan menjadi tangga kesuksesan."20. "Jodoh memang punya cara sendiri untuk menyatukan sepasang hati."21. "Rasa percaya diri dan harapan berlebihan niscaya melahirkan rasa kecewa."22. "Katatapiitu diciptakan hanya bagi mereka yang malas dan suka cari alasan."23. "Hati itu angin, Lan, gampang berubah. Begitu jatuh, katakan pada hati tempatnya jatuh."24. "Kita memang dilahirkan bersama rasa takut, tapi kita tak boleh gentar menghadapi apa pun."25. "Lidah dan hati mesti kau jaga lebih hati-hati."26. "Selagi ada jangan dimakan, Nak. Setelah tak ada baru dimakan."27. "Ora becik nglarani atine liyan."28. "Selera memang hak pribadi yang paling sulit diterka."29. "Kadang kita luput mensyukuri anugerah yang kita terima. Mungkin karena rahmat itu kita anggap kecil atau memang sesuatu yang lumrah, lantas kita lalai menjaganya."30. "Kehilangan telah mengajari aku agar lebih gigih. Memang, cinta memastikan bahwa kehilangan adalah dunia tersendiri di samping kebahagiaan. Sebab terlalu kerap kehilangan, aku harus lebih gigih apabila menginginkan kebahagiaan."31. "Pujian yang tepat, dengan cara yang tepat pula, akan membuat seseorang merasa dihargai."BY KHRISNA PABICHARASepatu Dahlan

Identitas Buku

1. Judul buku: Sepatu Dahlan (trilogi)2. Pengarang: Khrisna Pabichara3. Penerbit: PT. Mizan publika4. Tahun terbit: Juli 2012 (cetakan iv)5. Tempat terbit: Jakarta

D

i sebuah kampung di Magetan. Lahir seorang anak kampung yang mempunyai tekad yang luar biasa untuk meraih cita-citanya.Dahlan, begitu akrab ia disapa, ia adalah seorang anak yang dilahirkan dari keluarga kurang mampu di Kampung Kebon Dalem, Magetan. Ia adalah anak ketiga dari empat saudara. Kedua kakaknya tinggal diluar kota untuk sekolah di perguruan tinggi dan bekerja dan adiknya, Zain belum mulai bersekolah. Ayahnya bekerja serabutan, dan ibunya adalah seorang ahli pembatik di kampungnya.Dahlan hidup dalam suasana keluarga yang miskin, tak jarang ia dan keluarganya sering berpuasa hanya karena tak punya uang untuk membeli makanan,tiwuladalah makanan yang sangat istimewa baginya. Memang, dalam keadaan keluarga seperti itu, Dahlan sadar untuk tidak macam-macam dalam hal memilih makanan, sudah bisa makan sesuap nasi pun sudah sangat beruntung. Namun, hal itu tak membuatnya lekas putus asa, sosok keluarga terutama sosok ibunya yang selalu memberikan senyuman indah kepada Dahlan, membuat ia kuat untuk menjalani kehidupan dengan segala keterbatasannya, ia jalani kehidupan yang penuh liku ini dengan semangat dan keikhlasan.Cita-cita kecil Dahlan kala itu ialah memiliki sepasang sepatu dan sepeda. Hal inilah yang kemudian membuat Dahlan kecil berpetualang dalam kehidupan yang penuh warna yang tidak dialami oleh anak-anak lain seusianya.Dahlan yang kala itu masih duduk di bangku Sekolah Rakyat (sebutan untuk Sekolah Dasar untuk sekarang) sudah harus ikut banting tulang untuk membantu beban orang tuanya, ia kadang iri melihat teman-temannya yang bisa bermain dengan sangat puas tanpa harus memikirkan tanggung jawab Mencari nafkah seperti yang dilakukannya setiap hari. Bila ia bisa bermain pun, waktunya harus dibagi dengan pekerjaannya sebagaikuli nyesetdankuli tandur.Untuk sampai ke sekolahnya pun ia harus melalui beberapa tantangan, jarak yang jauh dan teriknya matahari yang membuat permukaan tanah menjadi panas, terasa membakar kaki Dahlan yang tak terbungkus oleh sepatu, hal itulah yang membuat Dahlan mempunyai cita-cita untuk memiliki sepasang sepatu.Setelah lulus dari Sekolah Rakyat, Dahlan lulus dengan nilai pas-pasan. Hal itu membuat Dahlan merasa takut dan merasa gagal untuk membahagiakan orang tuanya, terutama pada ayahnya yang terkenal tegas dalam mendidik anak-anaknya.Impian Dahlan setelah lulus dari Sekolah Rakyat adalah melanjutkan sekolah ke SMP favorit di Magetan, yaitu SMP 1 Magetan, kualitas sekolah dan banyak temannya yang melanjutkan ke SMP 1 Magetan adalah alasan Dahlan untuk bersekolah di SMP 1 Magetan. Namun, ayahnya tidak menyetujui keinginan Dahlan tersebut, ayahnya lebih memilih MTs Takeran daripada SMP 1 Magetan. Dahlan pun mencoba untuk meyakinkan ayahnya agar dia di izinkan untuk bersekolah di SMP 1 Magetan, namunayahnya tetap tidak menyetujuinya. Memang ayah Dahlan adalah orang yang sangat teguh dengan pendiriannya, kalau ayah Dahlan bilang A ya harus A, tidak boleh B.Keputusan ayah Dahlan tersebut memang bukan tanpa alasan, bukan karena nilai Dahlan yang terbilang pas-pasan. Ayah dahlan mempunyai maksud lain kenapa ia tidak menyetujui pilihan Dahlan untuk bersekolah di SMP 1 Magetan. Ayahnya tetap kekeh pada pilihannya yaitu MTs TakeranPernah disuatu hari, Dahlan mencoba membantu ibunya untuk membatik, namun tidak sengaja Dahlan menumpahkan lilin, sehingga merusak batik pesanan tetangganya tersebut. Sungguh Dahlan sangat sedih dan marah pada dirinya sendiri atas kejadian tersebut.Beberapa hari berselang. Ketika Dahlan pulang dari sekolah, Dahlan mendapati ibunya muntah darah dan sedang tergeletak di lantai, Dahlan pun sangat panik melihat itu. Kemudian ibu Dahlan pun dibawa ke rumah sakit, berharap agar ibunya lekas sembuh. Selama ibunya dirawat di rumah sakit, Dahlan hanya tinggal berdua dengan adiknya Zain karena ayahnya harus menjaga ibunya di rumah sakit. Pernah suatu ketika Dahlan terpaksa harus mencuri tebu untuk mengganjal perunya dan adiknya yang tak kuat lagi menahan rasa lapar. Namun sial bagi Dahlan, perbuatannya ketahuan oleh sang mandor yang waktu itu sedang berjaga, Dahlan sangat panik dan takut, takut kalau perbuatannya itu akan diketahui oleh ayahnya. Karena perbuatannya, sang mandor pun memberi hukuman padanya.Setelah kejadian tersebut, Dahlan tetap menjalani aktivitas sehari-harinya, yaitu sekolah dan bekerja. Diceritakan ketika Dahlan berjalan untuk berangkat ke sekolah ia bertemu dengan Maryati yang sedang menaiki sepeda cantiknya. Pada waktu itu Maryati menawarkan Dahlan untuk belajar sepeda, namunDahlan menolak tawaran Maryati tersebut karena Dahlan takut bila nanti ia akan terjatuh dan akhirnya merusak sepeda Maryati. Tetapi, Maryati terus memaksa Dahlan untuk mencobanya, pada akhirnya Dahlan pun mau menerima tawaran Maryati tersebut, karena memang sebenarnya Dahlan pun ingin merasakan sensasi naik sepeda yang sebelumnya tak pernah ia rasakan. Ketika Dahlan menaiki sepeda Maryati, perasaan Dahlan sangat bahagia, ia baru merasakan sensasi naik sepeda yang sebelumnya tak pernah ia rasakan. Namun, tiba-tiba Dahlan dan Maryati yang diboncengnya seketika jatuh ke selokan, kecelakaan tersebut membuat baju Dahlan basah kuyup, dan sepeda Maryati yang ia naiki penyok-penyok. Dahlan pun langsung meminta maaf pada Maryati atas kejadian tersebut. Untunglah Maryati orangnya baik, sehingga mau memaafkan Dahlan, dan Maryati pun memaklumi Dahlan bahkan ia sama sekali tidak menyalahkan Dahlan karena Maryati sendirilah yang memaksa Dahlan untuk meminjamkan sepedanya kepada Dahlan, padahal sebelumnya Dahlan sudah menolaknya.Setelah kejadian tersebut Dahlan pun terpaksa pulang kembli untuk mengganti bajunya yang basah kuyup. Namun ditengah perjalanan, Dahlan bertemu dengan seorang wanita cantik, Aisha namanya. Wanita itu memberikan senyuman kecil pada Dahlan yang mungkin merasa heran melihat Dahlan yang sedang basah kuyup.Singkat cerita. Setelah Dahlan pulang dari sekolah, ia melihat bendera kuning yang dipasang didepan rumahnya, sontak hala tersebut membuat jantung Dahlan berdegup kencang, ia takut terjadi apa-apa pada ibunya yang sedang sakit itu. Ternyata, apa yang ia takutkan ternyata benar terjadi. Sosok ibu yang sangat ia sayangi, sosok ibu yang selalu membuat ia tetap bersemangat untuk menjalani kejamnya kehidupan, meninggal dunia. Ia merasa sangat sedih dengan kejadian tersebut, ia merasa hatinya disayat-sayat oleh sebilah pedang. Ia tidak tau apakah ia masih mampu untuk menjali kehidupan ini tanpa seorang ibu. Perasaan itu pun seketika tumpah kedalamdiary, memang ia adalah seorang anak yang selalu menumpahkan segala perasaannya kedalam suatudiary.Setelah kejadian tersebut, kehidupan Dahlan kecil pun makin tersiksa, ayahnya pun yang dasarnya adalah sosok ayah yangjarang bicara, makin menjadi pendiam. Ditambah dengan kejadian sepeda Maryati yang rusak akibat terjatuh ke selokan, ayah Maryati meminta ganti rugi pada Dahlan atas apa yang telah ia perbuat. Karena Dahlan tak punya cukup uang untuk menggantinya, Dahlan pun menggantinya dengan seekor domba yang ia miliki, ayah Maryati kemudianmemberikan sepeda rusak Maryati pada Dahlan.Semenjak kelas II di MTs Takeran, Dahlan aktif di kegiatan organisasi dan kegiatan sekolah. Dahlan pun terpilih menjadi pengurus Ikatan Santri dan juga terpilih menjadi ketua tim bola voli MTs Takeran. Karena ada perlombaan bola voli se-kecamatan, Dahlan dan teman-temannya berlatih keras agar permainan tim-nya kompak satu sama lain. Singkat cerita, tim bola voli MTs Takeran berhasil menjadi juara tanpa perlawanan berarti dari para lawannya, tim bola voli MTs Takeran pun sekaligus mewakili kecamatannya untuk bertanding dalam skala kabupaten. Kemenangan tersebut membuat Dahlan semakin menggebu-gebu untuk mempunyai sepasang sepatu.Setelah beberapa bulan, pertandingan demi pertandingan mereka lewati dengan kemenangan, dan pada akhirnya mereka sampai juga di babak final, tim lain yang masuk babak final adalah tim bola voli yang sangat di takuti di Magetan, tim itu adalah tim dari SMP1 Magetan. Namun, Dahlan dan teman-temannya selalu optimis dan tak sedikitpun merasa takut.Menjelang Pertandingan melawan SMP 1 Magetan di babak final, ada sedikit kendala yang mereka alami. Panitia pertandingan bola voli, memberikan peraturan yang harus ditaati oleh semua tim, yaitu Mempunyai seragam tim dan setiap pemain wajib memakai sepatu. Memang awalnya mereka merasa berat dengan peraturan tersebut. Namun, mereka dibantu dengan pihak sekolah bersama-sama berusaha untuk membuat seragam tim. Sedangkan untuk sepatu, Dahlan harus bergantian dengan temannya agar bisa bermain.Pertandingan itu pun tiba. Tim bola voli SMP Magetan, yang kebanyakan pemainnya berasal dari keluarga mampu, kompak memakai sepatu. Mereka juga memakai seragam tim dengan warna terang yang membuat mata para pemain tim bola voli MTs Takeran menjadi silau.Setelah peluit tanda pertandingan dimulai, kedua tim saling jual beli serangan. Pertandingan tersebut berjalan dengan sengit. Tak ayal, penonton yang memadati lapang voli tersebut menjadi bersorak sorai demi mendukung tim kebanggan mereka.Singkat kata, tim bola voli MTs Takeran akhirnya berhail menjadi juara. Para guru dan orang tua pun sangat bahagia dan bangga atas perjuangan tim bola voli MTs Takeran.Atas keberhasilan Dahlan dalam memimpin tim bola voli MTs Takeran, tim bola voli Gorang-gareng melirik Dahlan untuk dijadikan pelatih. Karena pemain tim Gorang-gareng yang mayoritas adalah anak dari orang kaya, Dahlan pun dibayar dengan upah yang lumayan besar, upahnya jauh melebihi hasil dari pekerjaan saat itu, yaitu sebagai kuli nyeset dan kuli tandur.Hari demi hari ia lewati, uang pun semakin terkumpul dari hasil melatih tim bola voli Gorang-gareng, kemudian pada akhirnya ia bisa mewujudkan impian besarnya, Membeli sepasang sepatu.Hari demi ia lewati dengan penuh perjuangan, keringat yang sering menetes dari kulitnya, dan kakinya yang berwarna hitam sebagai bukti perjuangannya dalam mencari ilmu, semua kisah yang pernah ia lewati akan selalu digoreskan melalui tinta pada secarik kertas . Ia sangat mencintai keluarganya, ayahnya, ibunya, adiknya, dan kakak-kakanya.Setelah lulus dari Madrasah Aliyah, ia tak menduga akan menjadi siswa dengan nilai tertinggi. Hal itu membuat ayahnya merasa bangga dengan pencapaian tersebut.Namun, setelah lulus dari Madrasah Aliyah, Dahlan merasa bingung dengan tujuan dan cita-citanya. Antara, Tetap tinggal di kampung dan tetap bekerja sebagai kuli nyeset/tandur dan menggembalakan domba atau merantau ke kota, sedangkan teman-temannya sudah mempunyai rencana yang jelas.Kalau misalkan ia memutuskan untuk pergi merantau ke luar kota, Zain adiknya tidak mengizinkan, begitupun Dahlan yang tidak tega untuk meninggalkan adiknya. Disamping itu, ayahnya tak menyetujuinya.Namun suatu ketika, Aisha mengirim surat kepada Dahlan, isinya yaitu harapan Aisha kepada Dahlan untuk mengikuti jejaknya untuk berkuliah. Surat tersebut menggugah perasaan Dahlan, kemudian ia pun memutuskan untuk mengikuti jejak Aisha, yaitu Kuliah.Tugasnya sekarang ialah meyakinkan ayahnya dan adiknya agar mengizinkan impiannya untuk berkuliah. Setelah beberapa kali membujuk ayahnya, akhirnya Dahlan pun diizinkan ayahnya untuk kuliah.Selama menjadi mahasiswa, mimpi baru pun bermunculan pada diri Dahlan si anak kampung yang memiliki keterbatasan ekonomi, namun ia selalu berusaha, berusaha, dan berusaha dalam menjalani ganasnya kehidupan.

Sinopsis Novel Sang Pelopor Karya Alang-alang Timur

OPINI| 04 May 2015 | 05:42

10

0

0Sang pelopor adalah sebuah novel satire dunia pendidikan. Novel ini melejitkan motivasi tentang keberanian untuk bermimpi dan indahnya menghadapi kegagalan. Sebab dunia ini milik mereka yang berani menginginkannya.Sang pelopor memakai setting sebuah tempat di desa Nengahan, Klaten, Jawa Tengah. Sebuah desa yang bulat memanjang dikelilingi bukit-bukit tandus di sebelah selatannya. Bukit-bukit itu hanya tampak hijau ketika musim penghujan. Ketika kemarau, mereka hanyalah bukit kerontang dengan pokok-pokok tetumbuhan menjulang. Tepat di bawahnya, beberapa sungai mengalir dari dua bukit yang sempit. Desa tersebut disebut Nengahan, karena desa tersebut terletak tepat di tengah-tengah Pulau Jawa.Sang pelopor memiliki enam tokoh utama. Empat tokoh sebagai siswa dan dua tokoh sebagai guru. Diawali dari persahabatan Ali dan kawan-kawannya. Persahabatan mereka tak bisa dipisahkan. Bagaikan langit dan bumi, air dan api. Empat sekawan ini awalnya, bersekolah di sebuah SD yang biasa mereka namakan SD Negeri. Selama bersekolah di SD tersebut, cara mengajar guru-gurunya membuat mereka malas. Tak ada senyuman diwajah para pengajarnya. Sekolah yang tak bermotivasi. Hingga pada suatu saat empat sekawan itu memutuskan untuk berpindah sekolah karena salah satu dari mereka dikeluarkan dari sekolah hanya karena alasan yang tidak masuk akal.Akhirnya, mereka memilih sebuah sekolah yang mereka namakan Madrasah Kampung Sawah.Di Madrasah (sekolah) Kampung Sawah, semua bisa menjadi ruang kelas. Kadang mereka belajar di halaman yang rindang, dengan punggung temannya sebagai bangku secara bergantian, kadang di lapangan, kadang di sawah sambil panen jagung atau kadang di saung belakang sekolah dengan salah satu dari mereka menjadi guru. Bahkan mereka juga belajar di tempat-tempat yang kelak akan benar-benar menjadikan mereka sebagai MANUSIA: di pasar, bengkel, jalanan, dan tempat apa pun yang mereka suka. Semboyan mereka, DUNIA LUAS ADALAH RUANG KELASKU. Ya, di Madrasah Kampung Sawah, mereka belajar apa saja, dari matematika, agama, persahabatan, kehidupan, dan bahkan cinta. Cintalah yang menuntun mereka untuk bertanggung jawab!Bekerjalah, Anakku, sebab semesta menginginkanmu bekerja, bukan menghafal. Mencoba, dan teruslah mencoba, sampai engkau menemukan legenda hidupmu sendiri. Di dalam kemiskinan dan keterbatasan, janganlah kita membuat pembenaran untuk kalah atau menyerah! ucap Bu Kasmini kepada semua muridnya di Madrasah Kampung Sawah.Novel ini harus dibaca oleh para guru, orang tua, juga birokrat yang mengurusi dunia pendidikan kita. Sebagai karya sastra, penggalian tema pendidikannya sangat dalam dan pilihan bahasanya sangat indah. Sebagai inspirasi dan motivasi, sangat nikmat dibaca dan diresapi. Ini novel best-seller! Tak kalah dibanding kehebatan Laskar Pelangi! Sunardian Wirodono, produser, sutradara, peneliti, dan pengarang Syair Panjang Aceh (Syahie Panyang Aceh).***Biarlah mereka belajar sambil melakukan, bukan sekadar mem-bayangkan, sebab cita-cita mereka lebih tinggi dari cita-cita kita, kata bapak kepala sekolah menjawab pertanyaan ustadz Fairus tentang modul yang diterapkan di madrasah itu.Sinopsis Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin TereLiyeDaun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Tere LiyeNovel ini mengisahkan kehidupan kakak beradik Tania dan Dedeyang harus putus sekolah dan menjadi pengamen karena keterbatasan ekonomi keluarga sepeninggal ayah mereka. Mereka berdua tinggal di rumah kardus dengan ibu mereka yang sakit-sakitan.Kehidupan mereka berubah setelah bertemu dengan seorang pria bernama Danar. Danar adalah seorang karyawan yang juga penulis buku anak-anak. Danar begitu baik sehingga keluarga ini menganggapnya seperti malaikat. Tania sangat mengagumi Danar karena selain baik, dia juga punya wajah yang menawan.Suatu ketika Danar memberikan mereka rumah kontrakan sehingga Tania, Dede dan ibunya tidak perlu lagi tinggal di rumah kardus. Tania dan Dede bisa kembali sekolah dan ibunya berjualan kue. Mereka pun semakin dekat seperti keluarga. Suasana agak berubah ketika danar membawa teman dekatnya yang bernama Ratna. Tania merasa cemburu, ia tidak suka melihat kedekatan Danar dengan Ratna. Rasa tidak suka itu bukan sekedar perasaan iri seorang adik tapi Tania kecil belum bisa menerjemahkan apa arti perasaan itu.Kebahagiaan mereka berkurang saat ibu Tania meninggal. Berat sekali bagi Tania menerima kenyataan bahwa kedua orang tuanya telah tiada dan sekarang ia yang harus bertanggung jawan menjaga adiknya. Untung saja ada Danar yang selalu berada di samping mereka. Tania tumbuh menjadi gadis yang cantik dan pintar. Ia berhasil mendapatkan beasiswa ke Singapura. Sederet prestasi berhasil ia raih dalam studinya. Semua pengalaman hidup yang telah Tania alami menjadikannya lebih dewasa dari gadis-gadis lain seumurannya. Perasaannya terhadap Danar juga semakin jelas. Lambat laun Tania tahu, perasaan itu bernama cinta.Tapi cinta Tania terhadap danar tidaklah mudah. Bertahun-tahun mereka bersama dalam status kakak adik, terlebih lagi mereka terpaut usia 14 tahun. Bagi ABG seperti Tania, jatuh cinta kepada pria yang jauh lebih tua darinya cukup membuatnya pusing. Sisi remajanya membuatnya ingin mengekspresikan perasaannya meskipun ia tidak tahu apakah Danar memiliki perasaan yang sama dengannya atau tidak. Keadaan semakin sulit saat Danar memutuskan untuk menikah dengan Ratna. Tania patah hati. Ia memutuskan untuk tidak hadir dalam pernikahan mereka meskipun Danar dan Ratna telah membujuknya.Beberapa waktu berselang, Tania tahu bahwa kehidupan rumah tangga Danar dan Ratna tidak bahagia. Ratna bercerita kepada Tania bahwa Danar telah banyak berubah. Danar menjadi pendiam dan seringkali tidak berada di rumah. Ratna tahu ada sesuatu yang menghalangi mereka, ada seseorang di antara ia dan Danar tapi ia tidak pernah tahu siapakah bayangan itu. Dari cerita Dede akhirnya Tania tahu bahwa Danar juga mencintai Tania. Danar menuliskan perasaannya dalam novel Cinta Pohon Linden yang tidak pernah selesai ia tulis. Perbedaan usia yang cukup jauh membuat Danar merasa tidak pantas mencintai Tania. Tidak seharusnya ia mencintai gadis kecil seperti Tania.Ketika Tania dan Danar sama-sama tahu perasaan mereka masing-masing, semua sudah terlambat. Biar bagaimanapun Danar telah menikah dengan Ratna. Akhirnya Tania kembali ke Singapura dan memutuskan untuk meninggalkan semua cerita cintanya.***Menurut saya ceritanya klise, agak mirip sinetron. Karya Tere Liye yang lainnya selalu bisa membuat saya betah membaca tanpa ada keinginan untuk melompati masing-masing bagian cerita. Tapi ketika membaca novel ini, berkali-kali saya lewatkan bagian-bagian yang terasa membosankan.Berbeda dengan karya Tere Liye yang lain, yang meskipun sederhana tapi bisa terasa istimewa lewat penuturannya yang apa adanya.Tapi tetap saja novel ini memberikan pelajaran. Terutama filosofi daun yang jatuh tak pernah membenci angin. Apapun yang kita alami, jangan pernah menyalahkan keadaan.Daun yang jatuh tak pernak membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan. Mengikhlaskan semuanya.Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yangtulus.Takpeduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan. Biarkan dia jatuh sebagaimana mestinya. Biarkan angin merengkuhnya, membawa pergi entah kemana. (Tere Liye, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin)

resensi novel "my idiot brother"Senin, 16 Desember 2013Resensi novel

Judul :My Idiot BrotherPenulis : Agnes DavonarPenerbit : Inandra PublishedCetakan : Cetakan Pertama,Tahun : 2011Jenis Buku : FiksiHalaman Buku : 267 halamanTebal Buku : 20 cmB.Sinopsis:Angel,gadisremajaberumur13tahuntidakpernahbisamenerimakeadaankakaknya,Hendra,yangterlahirdenganketerbelakanganmental.WalaupunAngelbegitumaludanmembencinya,Hendratidakpernahbersedihhati.Iatetapsetiamemberikankasihsayingseoragkakakkepadaadiknya.Karenamemilikikakakyangseringdiejekolehteman-temannyaidiot,Angelselalumendapatkanhinaandancacianteman-temansekolahnya,terutamaAgnesyangmerasaAngelsebagaiancamanuntukdiamendapatkanhatiAji.Suatuhari,AngelmengalamisebuahkecelakaandimanatakadaseorangpunyangmampumenyelamatkandirinyaselainHendra.Demicintanyakepadasangadik,HendrarelamengorbankanapapuntermasuknyawanyasendiriuntukAngel.

C. kekurangan pada novel tersebutbahasanya yg digunakan kurang cocokbanyak kesalah dalam ketikan

D. kelebihan pada novel tersebutamanatnya bagus untuk dicontohkan pada kehidupan sehari-harinovel ini memiliki alur yg menarik tidak bikin bosan bagi pembacanya

E. Tidak hanya itu,novel ini banyak sekali memiliki amanat yang sangat penting dalam kehidupan. Salah satu amanat yang dapat diambil dari novel ini adalah kita harus menerima apapun keadaan saudara kita dengan ikhlas, dan jangan malu dengan keadaan saudara kita tersebut. Seharusnya sebagai saudara kita harus saling membantu dan saling menyanyangi, sebab tak ada yang lebih berharga di dunia ini selain seorang saudara, apalagi seorang kakak kandung. Jadi, novel ini sangat lah menarikdan dapat di jadikan sebagai salah satu inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, novel inspiratif ini dapat dibaca oleh semua kalangan.

Diposkan olehrayhan adhadi17.19Tidak ada komentar:Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke PinterestSenin, 25 November 2013Menganalisinovel"Malaikat dunia yang baik pada adiknya"

A.UnsurIntrinsik 1 judul buku :MyIdiotBrother1.Tema:Angel,Seoranggadisberusia13tahunyangtidakbisamenerimakeadaankakaknya,Hendra,yangmengalamicacatmental.Walaupunbegitu,hendratidakmembencidantetapmenyayangiAngel.(Keluarga)2.Alur:MajuA.Pengenalan:AngelseoranggadisyangcantiktapiselalumaluterhadapHendrakarenakakaknyaitumengalamicacatmentalB.Pemunculankonflik:semenjakAngelmemaskisekolahnya,iaselaludicacimakiolehAgnesdankawan-kawanyangmengetahuikeadaanHendra,Kakaknyasehinggaseluruhkelastaukeadaannkakaknyadanikutmenghinadirinya.C.Konflikmemuncak:Aji,seorangmuridbaruyangtampan,pintarbermainbasket(samadenganAngel)datangkesekolah.AjimulaitertarikdenganAngelkarenamemilikihobiyangsama.SementaraAgnesdanteman-temannyamerasatidakterimadanmengancamAngleakanmemberitahukeadaanHendrakepadaAji.D.Klimaks:AjimengundangAngelkepestaulangtahunnya.AngelinginmembelikanhadiahuntukAjitapiiatidakmempunyaiuangkarenaiatidakpernahmenabunguangjajannya.HendramemberikanseluruhuangtabungannyauntukAngel.AkhirnyaAngelmembelikansebuahhelmkeremuntukAji.SaatulangtahunAji,Angellupamembawahadiahnya.IaberniatuntukkembalidanmengambilhadiahuntukAji,tapiHendrasudahlebihdulumengantarkannya.KarenamaluAjimengetahuibahwakakaknyacacatmental,Angelberlaridanakhirnyatertabrakolehsebuahmobil.E.Penyelesaian:Angeldilarikankerumahsakitdankehilanganbanyakdarasementarastokkantungdarahsudahhabis.Hendramendonorkandarahnyawalauitumembahayakanhidupnya.Iaingatbahwabesokadalahhariulangtahunadiknya.IamembuatsuratkepadaadiknyakarenaiatidakmempunyaiuanguntukmembelikanbonekababiyangbiasadibelinyasaatAngelulangtahun,saatinginmenyimpansuratitu,kepalaHendraterbenturdantaklamakemudianiameninggal.Angelmenemukansuratdarikakaknyadanmenangis.iamenyadaribahwaHendraadalahsegalanya.Hendramungkinbukankakakyangsempurna,tapiiaadalakakakterbaikyangdiciptakantuhanuntukadadisampingyasebagaimalaikatyangmencintaidanmenyelamatkanhidupAngel.3.Penokohan:A.Angel:cantik,pintarbermainbasket,pemarah,tidaksopan,selalumaluterhadapkeadaanHendra,Kakaknyayangmengalamicacatmental.B.Hendra:mengalamicacatmental,gendut,baikhati,dermawan,pemaaf,selalusayangpadaadiknyadanrelamenyelamatkanhidupadiknya.C.IbuAngel:baikhati,perhatian,penyayang.D.Agnes:kurus,tinggi,langsing,sukamenghina,pendengki,tidaksopan.E.Aji:baikhati,pintarmainbasket,ramah,bersahabat.4.Suasana:Mengharukan5.Latartempat:RumahAngel,Sekolah,CafHijau,Rumahsakit6.Sudutpandang:Sebagaiorangpertamayangmenceritakandirinyadankehidupannya.7.Amanat:terkadangkitatidakakanmenyadarikehilangansebelumbenar-benarterjadi.seorangkakakmungkintidaksempurna,tapiiaadalakakakterbaikyangdiciptakantuhanuntukadadisampingkitasebagaimalaikatyangmencintaikita.

B.UnsurEkstrinsik1.NilaiAgama:Kitatidakbolehmenyalahkantuhanatasapayangterjadi2.Nilaimoral:Kitatidakbolehmembencikeluargasendiri,janganmengejekoranglain.3.NilaiSosial:kitaharusmenghargaidanmenerimakekuranganoranglain4.NilaiBudaya:BudayaanakJakartamerayakanacaraulangtahunnyadisebuahkafe.

Sinopsis Novel 5 CmKategori :5 Cm,Novel Indonesia

Penulis: Dhonny DirghantoroPenerbit: PT. GrasindoJumlah Halaman: 381Tahun Pertama Terbit: 2005

Buku ini secara garis besar bercerita mengenai persahabatan dan nasionalisme. Banyak di antara kita yang beranggapan nasionalisme adalah perkara yang pelik. Melalui5 Cm,kita diajak bermain-main dengan rasa cinta pada negeri ini secara sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utama novel besutan penulis muda, Donny Dirghantoro. Novel ini dibuka dengan perkenalan masing-masing tokoh yaitu Arial, Zafran, Genta, Riani dan Ian. Dengan cerdas, sang penulis merekatkan karakter kuat pada masing-masing tokoh. Hal ini yang membuat 5 Cm unggul dari novel lain. Jika secara umum pada permulaan novel kita dibiarkan menebak seperti apa karakter para tokoh, maka di dalam 5 cm, kita tidak dibiarkan menebak sebab karakter tokoh sudah terbaca kuat di halaman awal.

Kelima tokoh utama ini telah berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih 7 tahun. Hingga suatu saat mereka diliputi kebosanan. Kehidupan yang monoton membuat mereka berpikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa berpisah tersebut, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan hal baru. Dengan rasa rindu yang saling menyilang. Tentang tokoh Riani yang mencintai salah satu sahabatnya. Tentang Zafran yang merindui adik Arial, sahabatnya sendiri. Tentang Genta yang memilih mengagumi Riani dengan diam. Dan masih banyak lagi lainnya. Sampai pada bagian ini, konsep nasionalisme masih blur.

Ide mengenai nasionalisme disisip penulis dengan cerkas pada bagian saat mereka kembali bertemu. Kelima sahabat ini memutuskan menunaikan rindu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru. Surga dunia yang dititip Tuhan di Nusantara. Alasan yang lebih dari cukup bagi orang-orang (khususnya anak muda) untuk mencintai bangsa ini dan memajukannya dengan tekad yang disimpan di jidat, tak lebih dari5 cm.Pada bagian ini pula, penulis merubah kisah persahabatan menjadi kisah petualangan yang dibumbui kisah cinta yang manis. Cinta segitiga di antara mereka dikemas dengan tawa bukan tangis. Hal ini yang menjadikan5 Cmmenarik. Hal kecil yang mainstream dibuat berbeda tetapi natural. Hal lain yang mempertegas semangat nasionalisme dalam buku ini adalah petikan-petikan quote yang powerful misalnya:

Sebuah Negara Tidak Akan Pernah Kekurangan Seorang Pemimpin Apabila Anak Mudanya Sering Berpetualang di Hutan, Gunung & Lautan.(Hendry Dunant)

Pemakaian Bahasa

Jika ditelaah, Donny Dhirgantoro menggunakan bahasa sehari-hari khas anak muda Jakarta. Bahasanya ringan namun tetap sanggup menghantarkan makna yang dalam. Dalam novel ini, penulis juga banyak menyisip kata-kata asing sebab ada banyak kutipan lirik lagu yang dimasukkan. Bagi sebagian orang, hal ini menciderai jiwa nasionalis yang mencoba dibangun novel ini di bagian akhir. Namun, jika kita jernih melihat, nasionalisme tak ada hubungannya dengan selera musik. Secara umum, dari pemilihan bahasa, Donny dengan jelas membidik pembaca muda.

Kelebihan, Kekurangan Dan Pesan Moral

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, novel ini berhasil membuat nasionalisme lebih mudah dicerna, hal ini menjadi keunggulan tersendiri. Hal lainnya adalah adalah kisah percintaan dan persahabatan yang dikemas dengan ringan. Jangan berharap Anda akan menemukan tokoh yang merana sebab orang yang dicintainya, mencintai orang lain. Berbicara soal kekurangan, novel ini memasukkan terlalu banyak lirik lagu untuk menggambarkan beberapa keadaan. Hal ini bisa saja membuat pembaca yang awam musik luar menjadi terusik dan sulit memahami.

Menyoal pesan moral, poin ini telah disisip penulis dengan cerdas pada pemilihan judul: 5 Cm. Bagi yang belum membaca, pasti bertanya-tanya Mengapa 5 cm? atau Ada apa dengan 5 cm? Jawabannya cukup filosofis. 5 cm adalah jarak kita menaruh mimpi dan cita-cita di depan mata. Biarkan mengambang agar kita selalu melihatnya dan bertekad mengejarnya.

Sinopsis novel 5 Cmini disusun tidak untuk menyampaikan semua isi buku terkait. Melainkan memperkenalkan kepada pembaca yang ingin mengintip seperti apa kisah di balik Novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro sebelum memutuskan untuk membeli. Selamat berburu!Identitas bukuJudul : 5 cmPenulis : Dhonny DhirgantoroPenerbit : PT. GrasindoKota Terbit : YogyakartaTahunTerbit : Mei 2005Tebal Buku : 381 HalamanISBN : 979-759-151-4 SinopsisDidalam Buku 5cm ini menceritakan tentangpersahabatanlima orang anakmanusiayang bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Dimana mereka memiliki obsesi dan impian masing-masing. Arial adalah sosok yang paling ganteng diantara mereka, berbadan tinggi besar. Arial selalu tampak rapi dan sport. Riani adalah sosok wanita berkacamata, cantik, dan cerdas. Ia mempunyai cita-cita bekerja di salah satu stasiun TV. Zafran seorang picisan yang berbadan kurus, anak band, orang yang apa adanya dan kocak. Ian memiliki postur tubuh yang tidak ideal, penggila bola, dan penggemar Happy Salma. Yang terakhir adalah Genta. Genta selalu dianggap sebagai the leader oleh teman-temannya, berbadan agak besar dengan rambut agak lurus berjambul, berkacamata, aktivitas kampus dan teman yang easy going.Limasahabatini telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Suatu ketika mereka jenuh akan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama. Terbesit ide untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Ide tersebut pun disepakati. Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan.Didalam perjalanan tersebut mereka menemukan arti manusia sesungguhnya.Perubahannya itu mulai dari pendidikan, karir, idealisme, dan tentunya love life. Semuanya terkuak dalam sebuah perjalanan reuni mereka mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Dan di sanalah cerita bergulir, bukan hanya seonggok daging yang dapat berbicara, berjalan, dan punya nama. Mereka pun pada akhirnya dapat menggapai cita-cita yang mereka impikan sejak dulu.Setengah dari buku 5 cm bercerita tentang keseharian lima sahabat ini, dari sifat-sifat mereka yang berbeda satu dengan yang lain sampai dengan perilaku dan aktifitas mereka yang penuh canda tawa, diselingi cerita tentang permasalahan antar-sahabat. Setengahnya lagi, buku ini menuliskan petualangan kelima sahabat dalam mendaki gunung Semeru.Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu. Dansehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa, percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu.Sinopsis Novel Jokowi Si Tukang Kayu

Novel : Jokowi Si Tukang KayuPengarang : Gatotkoco SurosoTebal Buku : 246 halamanPelaku Utama : Joko WidodoPenerbit : PT Ufuk Publishing House

SINOPSIS

Joko Widodo dilahirkan di Bantaran Kali Pepe, utara Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah. Bapaknya, Notomiharjo merupakan pedagang kayu dan bambu. Ibunya Sujiatmi. Ia adalah anak sulung dari 3 adik perempuan, Iit Sriyantini, Hidayati, dan Titik Ritawati. Bantaran Kali Anyar menjadi tempat tinggal ketiga keluarganya.Sebelumnya mereka pernah tinggal di daerah Bantaran Kali Pepe kemudian pindah ke Srambatan sampai ia selesai sekolah TK. Kini ia tinggal di Pasar Gilingan di Bantaran Kali Anyar ini.Menjadi penghuni liar bantaran kali serba tidak enak, harus siap jika sewaktu-waktu digusur paksa. Itulah yang dialami ia dan keluarganya. Sehari-hari, saat ia kecil, ia dihadapkan pada kehidupan yang keras. Setiap pulang sekolah, ia membantu bapaknya bongkar-muat gerobak kayu dan bambu. Begitu juga di hari libur, hanya ada waktu sedikit untuk bermain. Sebagai sulung dari empat bersaudara, dipundaknya ada tanggung jawab yang harus dipikul, membantu dan menggantikan peran bapaknya dalam berbagai hal. Dan, seperti tradisi pada umumnya, anak pertama diharapkan dapat mewarisi dan meneruskan apa yang telah diperjuangkan orangtua: menjadi tukang kayu. Waktu begitu cepat berlalu , liburan panjang sebentar lagi datang. Hari ini adalah hari terakhir ia masuk sekolah serta hari penerimaan raport kenaikan kelas 3 SMP. Semester lalu ia memang selalu juara kelas lantaran ia rajin belajar. Namun akhir akhir ini, ia lebih sering bermain daripada belajar. Pak Jumadi wali kelasnya mengumumkan bahwa ia mendapat rangking satu walaupun nilainya sama dengan Dewi, teman sekelasnya. Ia segera memberitahukannya pada orang tuanya. Orang tuanya senang dengan apa yang didapatnya. Liburannya diisi dengan bermain bersama Giman dan Harno, temannya. Dan ia juga membantu bapakknya. Pernah suatu ketika, Giman mengajaknya melihat pentas musik rock Trenchem di lapangan Jebres samping Kelurahan Jebres. Akhirnya ia pun menyukai musik rock.

Ini hari pertamanya masuk sekolah setelah pembagian kelas. Ia masuk kelas 3A bersama Giman, sementara Harno berada di kelas 3C. Namun mereka tetap saling berhubungan saat jam istirahat. Senin kemarin Jokowi mendapat teman baru yang bernama Rudi. Anak sekampung dengan Giman itu mulai akrab dengannya. Tak terasa tiga bulan lagi akan ada ujian kelulusan. Semua anak diliputi rasa ketengangan. Tiap saat diisi dengan belajar. Sebagai anak Surakarta, Jokowi akrab dengan Terminal Tirtonadi. Disana ia sering membeli poster grup band rock favoritnaya.Mencangklong tas slempang bersisi berkas pendaftaran ke SMA, Jokowi dengan semangat menuju SMA 1 Surakarta. Meskipun ia berprestasi di sekolah namun untuk menjadi siswa SMA 1 memang harus punya DANEM (Daftar Nilai Ebtanas Murni) yang mencapai angka yang ditetapkan, dan angka itu masih di atas angka yang dipetiknya di ujian kelulusan SMP. Dengan nekat ia mendaftar ke SMA 1 Surakarta dengan harapan ada bangku cadangan. Sesampainya di SMA 1 Surakarta ia langsung ditolak. Setelah gagal di SMA 1 Surakarta ia kemudian mendaftar di SMA 6. Di sekolah itu nilainya kelebihan, yang artinya ia akan diterima menjadi siswa di sekolah itu.Tak terasa waktu terus berlalu. Sebentar lagi ujian kelulusan. Jokowi lebih sering belajar daripada bermain dan membantu bapaknya. Akhirnya ujian kelulusan bisa ia lalui ia memperoleh nilai yang memuaskan dan ia berhasil lulus dengan menjadi juara umum di sekolahnya. Ia ingin melanjutkan sekolahnya di perguruan tinggi. Orang tuanya menyetujuinya meskipun orang tuanya sempat berpikir pikir karena masalah biaya.Masa perploncoan telah usai. Ia diterima menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dengan segala keterbatasan ia sementara tinggal di Asrama Putra Darmaputra. Usai perploncoan selama 1 minggu, pada Sabtu siang usai penutupan masa orientasi, ia pulang ke Surakarta. Libur akhir pekan telah usai ia kembali ke asrama. Karena suasana asrama kurang mendukung ia dan teman - temannya memutuskan untuk indekos.

Di akhir pekan ia pulang ke Surakarta. Setelah sampai di Terminal Tirtonadi ia bertemu Rudi teman SMP dan SMAnya dulu. Rudi pun mengantarnya untuk pulang. Sesampai di rumah ia melihat adiknya, Iit sedang belajar bersama seorang gadis cantik yang bernama Iriana. Di kamarnya Jokowi selalu terbayang wajah Iriana. Setelah setahun lebih saling kenal Jokowi menyatakan perasaan perasaannya kepada Iriana. Iriana pun menerima Jokowi sebagai pacarnya. Sejak berpacaran dengan Iriana, banyak hal yang mereka lewati bersama. Meskipun Jokowi kuliah di jogjakarta dan Iriana di Surakarta mereka tetap saling berkomusikasi hampir setiap akhir pekan.Setelah lulus kuliah Jokowi menerima tawaran bekerja di pabrik kertas di Aceh.Jokowi saling berkomunikasi dengan Iriana lewat surat. Setelah satu setengah tahun hanya saling kirim surat, isi surat terakhir Jokowi akan segera melamar Iriana. Setelah melamar Iriana, dengan rembuk keluarganya dan keluarga Iriana, ditentukan tempat pernikahan, yaitu di Turisari, rumah keluarga Iriana. Mereka pun menikah pada hari Rabu, 24 Desember 1986. Usai pernikahan Jokowi membawa istrinya ke Aceh. Setelah berada selama satu setengah tahun dan Iriana hamil, Jokowi berencana pulang ke Surakarta. Sesampainya di Solo, untuk sementara mereka tinggal di Turisari. Jokowi bekerja di Toko Roda Jati milik pakdhenya. Beberapa bulan kemudian anak pertamanya lahir yang diberi nama Gibran Rakabuming. Kurang lebih setelah setahun bekerja di toko Pakdhenya, Jokowi ingin membuka usaha sendiri. Setelah berkonsultasi dengan bapaknya, akhirnya sertifikat tanah ia agunkan ke bank dengan nilai riga puluh juta rupiah. Dengan modal itu ia menyewa lahan senilai satu setengah juta rupiah di daerah Sekip, Kadipiro. Bangunan untuk memajang hasil dagangannya masih terbuat dari gedek dan hanya memperkerjakan 3 orang karyawan. Lambat laun, seiring bergantinya hari, usaha yang dirintisnya mengalami kemajuan. Pada suatu hari Jokowi mendapat banyak pesanan. Tapi setelah barang itu dikirim ia tidak menemukan alamat pemesannya. Ternyata ia ditipu oleh seorang pemesan. Ia memutuskan berhenti produksi. Tetapi setelah delapan bulan tidak produksi ia memutukan untuk produksi lagi. Banyak pembeli datang dari luar negeri. Bisnisnya pun menggeliat kembali. Setelah beberapa hari ia memutuskan terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri sebagai wali kota. Ia memberitahukan niatnya itu kepada istrinya. Walaupun awalnya istrinya tidak menyetujuinya akhirnya dengan banyak diskusi istrinya pun menyetujui niatnya tersebut. Ia juga memberi tahukan niatnya tersebut kepada ibunya. Ibunya menyetujuinya dengan syarat jika ia ia terpilih dia tidak boleh mengecawakan rakyatnya.