kutipan novel anggi

Download Kutipan Novel Anggi

Post on 08-Nov-2015

29 views

Category:

Documents

12 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

f

TRANSCRIPT

Selasa, 19 April 2011KUTIPAN NOVEL "REMAJA DILANDA CINTA" Sarman, itu adalah nama seorang anak SD kelas enam di SD sabilunnaja, dia mempunyai lima sahabat yang selalu menemani nya, terutama ada satu sahabat yang paling dekat dengan nya, namanya iman. Iman adalah seorang anak yang sangat pintar, bahkan iman memiliki kepintaran melebihi sarman, iman selalu mendapat peringkat pertama pada kenaikan kelas, itu memberikan rasa iri pada sarman, tapi..., mungkin rasa iri ini rasa iri yang baik yang baik untuk sarman, conto nya dengan rasa iri nya ini dia jadi semangat belajar demi mendapat peringkat seperti iman, dan akibat semangat belajar sarman dia juga bisa mendapat kedua setelah iman. "Lumayan lah!!!..... daripada gak sama sekali?!" ujar sarman. Seperti anak-anak yang lain, sarman juga merasakan cinta, cinta pertama nya yaitu pada sinta, anak yang baik, putih, cantik, juga pintar, banyak orang yang juga cinta sama sinta, iman juga pernah menyimpan perasaan terhadap sinta, walau mungkin cinta mereka ber tepuk sebelah tangan, berbeda dengan cinta nya sarman yang diterima dan di balas sinta, orang bilang cinta sarman adalah cinta monyet, namun sarman merasa itu cinta sejati. Malam itu sarman menelpon sinta, dengan niat ingin mengungkapkan cintanya pada sinta, namun, "Man, kamu bicara sama aku lewat SMS aja!" jawab sinta. Akhirnya sarman menuruti nya, dia menembak sinta lewat SMS dan sinta pun menuruti nya. Jadilah mereka pacaran!!! Hubungan nya dengan sinta berlangsung cukup lama, dan hubungan mereka berakhir saat mereka masuk SMP yang berbeda. Saat mereka perpisahan sarman mendapat kabar bahwa sinta akan pindah ke caringin karna mengikuti ia mengikuti orang tua nya, tentu saja itu kabar yang buruk buat sarman karna ia tidak bisa bertatap wajah lagi dengan sinta. Akhirnya mereka berpisah, yang sarman miliki hanya nomor HP dan foto sinta yang sinta berikan supaya sarman tetap mengingat sinta. Pada suatu hari, HP sarman hiang sehingga nomor HP sinta pun hilang, dan sarman tidak bisa menghubungi sinta lagi, yang sarman miliki hanya foto sinta yang ia simpan di dompet nya, sarman tidak menyangka bahwa ia benar- benar berpisah dengan sinta wanita yang sangat di cintai nya. karna rasa cinta nya yang amat dalam, sarman tidak menyerah, ia terus mencari informasi tentang sinta, ibarat pribahasa bumi pun di tembus oleh nya, terbukti dengan bertemunya mereka d akun facebook, sarman juga mendapatkan kembali nomor sinta juga di akun facebook, itu saat sarman kelas dua SMP, dan tau gak? sinta juga setia loh sama sarman, jodoh memang gak kemana, kemana pun sinta pergi ia pasti kembali pada sarman, meskipun belum bisa ketemu sih!!! tapi itu sudah jadi anugrah buat sarman.Label:Karya; saepul rohmanSinopsis Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Ada seorang anak remaja yang bernama Keke. Umurnya 13 tahun. Dia remaja aktif yang duduk di kelas 2 SMP. Suatu pagi Dia terbangun dengan mata memerah kemudian hidungnya berdarah. Ayahnya membawa dia ke Dokter untuk diperiksa.

Awalnya Dia pikir, keke hanya flu biasa dan kelelahan sehabis mengikuti olah raga volley. Tetapi Dia salah, ayahnya mendapatkan kabar kalau keke terserang kanker ganas. Kanker itu dapat membunuhnya dalam waktu lima hari. Ayah keke merahasiakan kanker itu darinya, ia takut bila keke tahu harus dioperasi dengan kehilanagan sebagian wajah kirinya.

Hari berlanjut, di wajah keke mulai tumbuh gumpalan sebesar bola tennis dan perlahan sebesar buah kelapa. keke menangis, tapi tak ada yang mau memberi tahu penyakit apa yang ada di wajahnya. Keke jalani hidupnya senormal mungkin, namun kanker itu menghalangi langkahnya, keke tidak ingin menangis dan berpikir dia sakit. Walau Dia sadar bahwa hidupnya tidak akan lama lagi.

Tuhan memberikan nafas panjang padanya untuk bertahan selama tiga tahun dari penyakit ini. keke pun menulis surat kecil pada Tuhan, semoga tidak ada lagi orang yang mengalami hal yang sama dengannya.Ini adalah Surat Kecil Untuk Tuhan yang ditulis dengan keke :TUHAN ANDAI Aku BISA KEMBALIAku INGIN TIDAK ADA TANGISANANDAI Aku BISA KEMBALIAku TIDAK INGIN ADA LAGI HAL YANG SAMA TERJADI PADAKUTERJADI PADA SIAPAPUN

TUHAN ANDAI Aku BISA MEMOHONJANGAN ADA TANGIS DAN DUKA DI DUNIA LAGITUHAN ANDAI Aku BISA MENULIS SURAT UNTUKMUJANGAN PISAHKAN Aku DARI SAHABAT DAN ORANG YANG Aku SAYANGIN.

Aku INGIN MENJADI DEWASA SEPERTI BURUNG YANG BISA TERBANG KETIKA IA DEWASAAku INGIN AYAH MELIHAT Aku KETIKA Aku MEMILIKI LAGI KEINDAHAN GERAIAN RAMBUT..

TUHAN SURAT KECILKU INI..ADALAH PERMINTAAN TERAKHIRKUANDAI Aku BISA KEMBALI..Analisis Unsur Intrinsik : Tema : Perjuangan seorang Remaja melawan penyakit kanker Ganas (Rabdomiosarcoma),tetapi memiliki semangat untuk Hidup. Penokohan : ~Keke (Tokoh utama yang Berperan Sebagai Aku) : Seorang remaja yang aktif,cerdas,dan percaya diri.Memiliki Keinginan dan cita-cita dirinya sendiri,walau hidupnya tidak akan lama- Lagi.Hal ini dapat dilihat dari Bacaan hal 11 : Satu Lagi kebiasaanku setiap pulang sekolah Sambil menunggu ayah selesai bekerja di kantor sekolah.Aku Sering ikut ekstrakulikuler volley dengan kakak-kakak kelas dan kedua Kakakku.Selain itu, aku juga suka ikut membantu mereka untuk mem- Buat Mading (Majalah Dinding).Kemudian aku diarahkan oleh kakak Kelasku menjadi team Kreatif MADING karena kata mereka aku ber- Bakat menggambar dan daya imajinasiku tinggi.Bagitu kata mereka. ~Ayah Keke (Dalam cerita Disebut Ayah) :Seorang ayah yang bijaksana dan perhatian kepada ketiga Anaknya.Hal inidapat dilihat dari Bacaan Hal 61 :Aku menolak di gigitan kedua, tetapi ayah dengan setia berada disam-pingku dan terus memberikan dukungan kepadaku sambil merayuku untukmemakan obat-obat herbal tersebut.Ayo, KekeDimakan sayang kanKamu mau sembuh.Kita berangkat umroh sama-sama nanti kalau kamuSembuh.Nanti di tanah suci kita bersyukur kepada Allah karena kamu dibe-rikan kesehatan.Kamu mau kan sayang??? Kata Ayah ~Andi : Pehatian dan Penyayang.Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 72. : Keke, Andi tau kamu marah terhadap keadaan! Tapi bukanlah menyiksa- diri seperti ini bukanlah Keke yang sesungguhnya?! Keke yang sesu- ngguhnya adalah orang yang Andi cintai dan seorang gadis yang tabah.Keke yang Andi cintai adalah putri yang selalu tersenyum dan riang dalam keada- an apapun! Ujar Andi.~Pak Iyus : Sangat setia pada keluarga Keke.Baik penyabar, perhatian terhadap Keke. Hal ini dapat dilihat Dari bacaan Hal 113 : Kamu tenang aja, Ke. Nggak usah khawatir.Ada ayah,ada kak Chika,ada kak Kiki dan ada pak Iyus yang nemenin kamu kemana aja. Pokoknya kamu tenang aja. Mendingan kita lanjutkan Makan kita ini, oke? Ujar pak Iyus sambil mengajakku bercanda.~Sahabat-Sahabat Keke. (Fadha,Maya,Shifa,Ida,Andhini)Baik, setia menemani Keke Disaat-saat terakhir Keke baik, setia Kawan.Hal ini dapat dilihat dari Bacaan Hal 99 :Hal pertama yang kulakukan ketika aku kembali ke bangku sekolahku, yaitu..Kuletakkan tanganku dan kusentuh dengan jariku.Rasa lembut meja coklatIni nyaris telah kulupakan. Fadha dan Sahabat-sahabatku hanya tersenyumPadaku sambil berkataWelcome back,Keke..!!Ujar Mereka..~Bibi : Seorang Pembantu rumah tangga yang baik dan perhatian kepada Keke. Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 13-14 : Ayah sudah menunggu di mobil bersama supirnya. Aku berlari menuju bangku belakang.Lalu ayah berkata padaku, Lama banget sih Katanya mau latihan dulu sebelum upacara pagi ini! Aduh ayah.. Maaf, tadi kesiangan sedikit.. Lalu Bibi memberikan roti kepada ayah untuk diberikan padaku Ini, makan roti yang sudah disiapkan Bibi!~Kak Kiki : Suka Bercanda dan sedikit jahil kepada Keke.Hal ini dapat dilihat dariBacaan Hal 29: Kak Kiki tidak percaya begitu saja.Saat aku lengah, dia langsung mencopot Kacamata hitamku. Akhirnya semua pun tau. Benar saja dugaanku!! Tawa Kakakku meledak dan ia terlihat senang melihat wajahku. Untungnya ayah Langsung melotot ke arah kakakku dan kak Kiki pun terdiam. Ayah mem- perhatikan keadaan mataku. Ia sedikit panik melihat aku bisa tertular pe- nyakit mata karena sejak kecil aku terbilang jarang sakit.~Angel : Sombong,norak,dan suka mengejek sesama temannya.Hal ini dapat dilihat Dari bacaan Hal 33 : Sebelum pertandingan,Angel sempat mendatangi timku. Aduh, kayaknya kalau memang dengan keadaan musuh yang sakit nggak Enak juga ya? Tapi apa boleh buat.. Kita terpaksa harus menang dengan Keadaan kayak gini! Fadha langsung bangkit. Aku menarik tangannya untuk tidak melayani Ejekan Angel. Oops. Awas ada yang mau nubruk. Sebaiknya simpan aja tenaganya buat Ngalahin kita.. Daa Ucap Angel sambil meninggalkan kami.~dr.Adi Kusuma : Seorang Dokter yang pertama merawat Keke ketika Keke sakit.dr.Adi sangat Baik merawat Keke.Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 35-36 : Jadi, Keke kenapa dok? Kok sakit mata sampe mimisan gitu? Hmm.. Sampai sejauh ini sih saya kira Sinus. Tapi belum tau juga kalau belum di Ronsen. Sekarang saya tulis resep aja. Kalau bisa sih Keke jangan sekolah dulu selama proses pengobatan.. Iya.. Jawabku singkat. Obat ini diminum dulu secara teratur selama 5 hari. Bila tidak ada peru- bahan, saya akan buat surat pegantar ke dokter THT (Telinga Hidung Teng- gorokan).Ujar dokter Adi Kusuma.~Prof.Mukhlis : Seorang Profesor yang ahli dalam bidang kanker.Prof Mukhlis sangat berju- ang dalam mengatasi penyakit kanker Keke.Hal ini dapat dilihat dari bacaan Hal 115 : Kita coba lakukan hal yang sama, yaitu dengan proseskemoterapisatu Seri lagi,dilanjutkan denganRadioterapidengan disinar. Jika ini belum ber- Hasil maka akan saya diskusikan dengan teman-teman saya di Universitas Indonesia. Kita bedoa saja, semoga cara ini berhasil. Kalimat pesimis dari Prof Mukhlis. Latar/setting : ~ Latar tempat kejadian dalam cerita ini adalah di Kota Jakarta. Tepatnya di kawasan Green Garden-Jakarta menuju kePedagang Kaki lima. ~ Latar waktu kejadian dalam novel tersebut adalah malamHari ~ Suasana Kejadian dalam novel tersebut adalah Menyenangkan Ketiga latar dalam kutipan novel tersebut terungkap dalam ce